Informasi

Started by Pitu Kecil, 27 December 2008, 11:59:00 AM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Pitu Kecil

Quote from: Felix Thioris on 02 March 2008, 09:22:56 PM

Marga di dalam kebudayaan Tionghoa telah mempunyai sejarah selama 5.000 tahun lebih. Marga (hanyu pinyin: xingshi) biasanya berupa satu karakter Han (Hanzi) yang diletakkan di depan nama seseorang. Namun ada pula marga yang terdiri dari 2 atau bahkan 3 sampai 9 karakter, marga seperti ini disebut marga ganda (hanyu pinyin: fuxing). Marga Tionghoa juga diadopsi oleh suku-suku minoritas yang sekarang tergabung dalam entitas Tionghoa. Marga dalam suku-suku minoritas ini biasanya berupa penerjemahan pelafalan dari bahasa suku-suku minoritas tadi ke dalam Hanzi.

Asal usul

Sejarah marga di dalam kebudayaan Tionghoa bermula dari 5.000 sampai 6.000 tahun yang lalu sewaktu masyarakat Tionghoa masih bersifat matrilineal. Pada masa itu, marga diwariskan dari garis ibu, itu yang menyebabkan marga-marga pertama dalam kebudayaan Tionghoa banyak yang mempunyai radikal perempuan.

Dua karakter xing dan shi yang membentuk arti marga sebenarnya berbeda dalam penggunaanya. Seiring bertambah kompleksnya struktur sosial masyarakat Tionghoa, xing merujuk kepada marga dan shi merujuk kepada klan.

Bila xing muncul pada masa 6.000 tahun yang lalu, maka shi baru muncul pada masa pemerintahan Huangdi (bahasa Inggris: Yellow Emperor). Klan (shi) ini sedikit berbeda dengan marga (xing), bertambahnya jumlah penduduk yang memupunyai marga yang sama kemudian menjadikan beberapa keluarga yang sama marga menginginkan adanya pembedaan garis keturunan lagi. Dari sinilah muncul pembedaan klan dalam marga yang sama. Jadi, shi adalah satu marga kecil dalam marga. Dalam satu marga dibagi lagi atas beberapa klan menurut garis keturunan yang berbeda.

Evolusi dan Komposisi Marga

Menurut catatan sejarah, jumlah keseluruhan marga Tionghoa sekitar 12.000 buah marga. Marga dengan karakter tunggal mencapai 5.000 buah, marga ganda mencapai 4.000 buah dan sisanya adalah marga antara 3 karakter sampai 9 karakter.

Namun marga yang masih digunakan sampai sekarang hanya berkisar antara 3.000 lebih marga. Marga tunggal mencapai 2.900 buah sedangkan marga ganda hanya 100 marga. Marga dengan 3 karakter ke atas sangat jarang ditemui. Selain itu banyak pula marga yang telah punah.

Komposisi marga di masyarakat Tionghoa sangat tidak merata. Sekitar 100 marga yang paling banyak diketemukan mencakup 87% dari jumlah seluruh penduduk Tiongkok.

Tingkatan Marga

Di zaman dulu, marga-marga tertentu mempunyai tingkatan lebih tinggi daripada marga-marga lainnya. Pandangan ini terutama muncul dan memasyarakat pada zaman Dinasti Jin dan sesudahnya. Ini dikarenakan sistem Men Di yang serupa dengan sistem kasta di India. Pengelompokan tingkatan marga ini terutama juga dikarenakan oleh sistem feodalisme yang mengakar zaman dulu di Tiongkok. Ini dapat kita lihat di zaman Dinasti Song misalnya, Bai Jia Xing yang dilafalkan pada masa tersebut menempatkan marga Zhao yang merupakan marga kaisar menjadi marga pertama.

Di masa sekarang tidak ada pengelompokan tingkatan marga lagi di dalam kemargaan Tionghoa. Bila beberapa marga didaftarkan maka biasanya diadakan pengurutan sesuai dengan jumlah goresan karakter marga tersebut.

Marga Tionghoa di Suku-suku Minoritas

Marga Tionghoa juga digunakan oleh suku-suku minoritas di Tiongkok dan Taiwan. Ini dikarenakan suku-suku minoritas tadi menerima pengaruh dari kebudayaan Han yang membawa marga. Banyak suku-suku minoritas yang kemudian juga membawa marga Han, dengan karakter Han. Pada mulanya, mereka juga menggunakan marga suku masing-masing dengan mencari nada pelafalan yang lebih kurang sama dengan marga Tionghoa yang umum.

Suku Hui: Marga Ma (yang berasal dari kata Mohammad)
Suku Miao: Marga Dao

Marga Tionghoa di Indonesia

Marga Tionghoa di Indonesia terutama ditemukan di kalangan suku Tionghoa-Indonesia. Suku Tionghoa-Indonesia walau telah berganti nama Indonesia, namun masih banyak yang tetap mempertahankan marga dan nama Tionghoa mereka yang masih digunakan di acara-acara tidak resmi atau yang bersifat kekeluargaan.

Diperkirakan ada sekitar 300-an marga Tionghoa di Indonesia, data di PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) mencatat ada sekitar 160 marga Tionghoa di Jakarta. Di Singapura sendiri ada sekitar 320 marga Tionghoa. Atas dasar ini, karena daerah asal suku Tionghoa di Indonesia relatif dekat dengan Singapura maka dapat diambil kesimpulan kasar bahwa jumlah marga Tionghoa di Indonesia melebihi 320 marga.

Marga Tionghoa di Indonesia mayoritas dilafalkan dalam dialek Hokkian (Minnan). Hal ini tidak mengherankan karena mayoritas keturunan Tionghoa-Indonesia adalah berasal dari Provinsi Fujian (Provinsi Hokkian).

Marga yang lazim di kalangan Tionghoa-Indonesia semisal:

Lee/Lie (di indonesia : li)
Ong (di indonesia : wang)
Tio/Thio/Theo/Teo (di indonesia : zhang)
Tan (di indonesia : chen)
Lauw/Lau (di indonesia : liu)
Oey/Ng/Oei (di indonesia : huang)
Kang/Kong (di indonesia : jiang)
Gouw/Goh (di indonesia : wu)

Masih banyak lagi marga-marga lain yang dapat kita temui. Salah satu fenomena umum di Indonesia adalah karena marga dilafalkan dalam dialek Hokkian, sehingga tidak ada satu standar penulisan (romanisasi) yang tepat. Hal ini juga menyebabkan banyak marga-marga yang sama pelafalannya dalam dialek Hokkian terkadang dianggap merupakan marga yang sama padahal sesungguhnya tidak demikian.

Tio selain merujuk kepada marga Zhang dalam mandarin, juga merupakan dialek Hokkian dari marga Zhao.

Ang selain merujuk kepada marga Hong dalam mandarin, juga merupakan dialek Hokkian dari marga Weng.

sumber : buku kebudayaan china di indonesia
Lex Chan : Hm.. masa sih demikian?
Oey/Ng/Oei (di Indonesia : Huang)
Gouw/Goh (di Indonesia : Wu)

Setahu saya:
Ini aktor veteran Hong Kong (yang sering main film bareng Bo Bo Ho dan Stephen Chow), namanya:
吳孟達 = Wú Mèng chāo (mandarin) = Ng Man Tat (cantonese)

Btw, kenapa marga Lin (di Indonesia, Singapore, Malaysia : Lim) tidak dimasukkan? Padahal banyak juga lho.. ;D

Forte : Setahu saya se :
Wu sering dilafalkan menjadi Goh (Fujian) dan Huang sering dilafalkan menjadi Ng.
Jadi pemberitahuan Lex Chan info baru neh

Lex Chan :
Mudah2an bisa bantu menjelaskan misteri yang terjadi... ^-^
Ternyata Hakka emang beda dari Hokkien dan Teochew.

--------------------------------------
sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Ng

Ng is a Cantonese and Hakka transliteration of the Chinese surnames 吳/吴 (Pinyin: Wú) and 伍 (Pinyin: Wǔ), and Hokkien (Taiwanese) and Teochew transliteration of the Chinese surname 黃/黄 (Pinyin: Huáng). It is pronounced [ŋ̩]. It is sometimes romanized as Ang, Eng, Ing and Ong in the United States and Ung in Australia.

吴 / 吳 (Wú) is the 10th most common Chinese surname in the 2006 List of common Chinese surnames, but used to be the 8th most common in 1990.
--------------------------------------

Oh ya, kalo di Filipina, marga "Huang" ini jadi "Uy" (baca: "Wi", sama seperti baca "Oei")..
Kalo "Wii"? :-? :P :)) :hammer:
Smile Forever :)

Pitu Kecil

Quote from: Felix Thioris on 24 February 2008, 01:13:27 PM
Tanpa disadari rutinitas sehari² dan kebiasaan motorik kita dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Sayang khan kl msh muda sudah blo'on & pikun.
Berikut merupakan rangkuman kegiatan sehari² yg scr tdk lsg dpt merusak otak kita :

1. Tidak Sarapan Pagi
Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.

2. Makan Terlalu Banyak
Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

3. Merokok
Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

4. Mengkonsumsi gula terlalu banyak
Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak

5. Polusi Udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

6. Kurang Tidur
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

7. Menutup kepala saat tidur
Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

8. Menggunakan pikiran saat sakit
Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak.

9. Kurang menstimulasi pikiran
Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

10. Jarang berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

have a nice day ....
__________________
Smile Forever :)

Pitu Kecil

Quote from: Felix Thioris on 27 February 2008, 09:53:24 PM
http://www.fosterandpartners.com/Projects/1235/Default.aspx

Beijing Airport
Beijing, China, 2003-2008

The world's largest and most advanced airport building - not only technologically, but also in terms of passenger experience, operational efficiency and sustainability – Beijing Airport will be welcoming and uplifting. A symbol of place, its soaring aerodynamic roof and dragon-like form will celebrate the thrill of flight and evoke traditional Chinese colours and symbols.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Huihh .. Keren abis dah ...  8->

Kapan yach indonesia tercinta , tanah air kita bisa membangun bandara semegah ini ? , Boro2 bangun bandara megah, banjir aja belum teratasi .. =)) , Ntar dah megah2 kebanjiran , khan ga lucu malah memalukan ... =)) . Fiuh .. kenapa ga ada yang bisa di banggakan dari indonesia yach :-? ^:)^ .

:))
Smile Forever :)

Pitu Kecil

Quote from: Felix Thioris on 02 March 2008, 09:33:45 PM
Banyak misteri yang telah terjadi di dalam otak kita. Banyak hal yang belum dketahui sepenuhnya mengenai bagaimana otak kita bekerja. Kalau Anda ingin mengenal otak Anda lebih jauh, berikut ini adalah delapan misteri otak yang telah terungkap.

1. Bagaimana Memori Terbentuk

Misalnya Anda bertemu teman baru. Pertama kali melihatnya, Anda langsung menyerap semua informasi yang Anda lihat: panjang rambutnya, suaranya, bau sabun yang dipakai, dsb. Ketika Anda mulai bicara padanya, hippocampus, bagian berbentuk kuda laut di cuping temporal otak Anda, telah mengubah semua stimuli eksternal itu ke memori. Semua memori potensial ini memang harus melalui 'gerbang' itu sebelum berakar di memori Anda.

Hippocampus hanyalah tempat penyimpanan awal menuju ke sebuah proses yang jauh lebih kompleks. Setelah memori sudah diproses, maka akan disembunyikan ke dalam berbagai komponen sensor dan didistribusikan ke otak. Jika Anda mengingat teman baru Anda tadi atau melihat wajahnya, maka komponen-komponen tadi akan terkumpul kembali.

2. Efek Alkohol Pada Otak

Alkohol bisa menyebabkan amnesia sementara dengan cara mengganggu kemampuan hippocampus menciptakan memori.

3. Mengapa Anda Tidak Ingat Ketika Dilahirkan

Sesuatu yang traumatis seperti saat ketika kita dilahirkan mestinya bisa meninggalkan jejak di memori Anda. Tapi ternyata tidak. Rata-rata kita bisa mengingat paling lama di usia 5 tahun. Mengapa? Menurut sebagian ahli, ketika kita belajar bicara, kita tidak bisa lagi mengakses memori di waktu kita belum bisa bicara. Ada juga yang mengatakan bahwa di bawah usia 5, tingkat myelin kita sangat rendah. Myelin adalah saraf pelindung yang membantu konduksi signal otak. Akibatnya, memori di bawah 5 tahun tidak bertahan.

4. Siapa Lebih Unggul, Otak Atau Komputer

Persaingan terus terjadi, namun percayalah bahwa hingga kini otak Anda masih menang. Otak kita memiliki 1000- kali memori lebih banyak dari komputer tercanggih sekalipun (minimal sampai tahun 2020). Tidak seperti komputer yang menyimpan info dalam lokasi spesifik, otak manusia menyebar memori ke berbagai saraf. Karena itu kehilangan satu saraf tidak akan mempengaruhi memori secara keseluruhan.

5. Tentang Amnesia

Lupakan apa yang Anda lihat di opera sabun. Amnesia total seperti yang Anda sering lihat di serial tv sangat jarang terjadi. Jika terjadipun, itu karena trauma psikologis yang luar biasa berat, bukan karena terpukul benda keras. Terpukul benda keras bisa menyebabkan sebuah kondisi amnesia tertentu yang bisa membuat orang lupa dalam jangka waktu tertentu. Misalnya Anda berkenalan dengan orang, lalu Anda pergi. Sepuluh menit kemudian Anda datang lagi dan dia sudah melupakan Anda.

6. Mengapa Anda Ingat Cara Bersepeda

Ketika seorang anak belajar naik sepeda, dia sedang membuat dua set memori. Yang pertama yaitu memori eksplisit yang merekam hal-hal seperti warna sepeda dan senangnya bisa bersepeda tanpa ditemani. Yang satu lagi ialah implisit memori, yang merekam semua kegiatan organ tubuh atau mekanikal tubuh dalam menggayung sepeda. Ketika memori eksplisit gagal, memori implisit akan terus ada.

7. Mengapa Anda Sering Kehilangan Kunci

Tidak mungkin untuk mengingat setiap detail dari apapun yang terjadi dalam kehidupan kita. Jadi otak membuat generalisasi dari semua itu. Misalnya apel. Selain mengingat setiap apel yang kita pernah makan seumur hidup, otak menciptakan gambaran umum tentang apel: keras, enak, merah atau hijau. Hal yang sama terjadi pada kunci Anda. Misalnya Anda sudah menyimpan gambaran umum bahwa laci adalah tempat Anda menyimpan kunci. Jadi jikalau Anda menaruhnya di tempat lain, Anda bisa mengalami kesulitan karena tidak sama dengan formula di otak Anda.

8. Ketika Mulai Banyak Lupa

Pada dasarnya, penuaan adalah alasan paling umum bagi manusia untuk kehilangan memori. Anda bisa menjadi sulit menyimpan info baru seperti nama orang, misalnya. Satu-satunya cara melawan ini ialah dengan mendapat pertolongan dari penglihatan Anda. Penglihatan mempengaruhi 60% kerja otak. Jadi kalau ingin mengingat nama orang, coba mengingatnya dengan cara membayangkan wajahnya. Karena itu, sejak pertama mengenal, carilah cara menghubungkan nama dan keunikan wajah orang tersebut.
Smile Forever :)

Pitu Kecil

Quote from: Che Na on 03 March 2008, 03:31:22 PM
10 Cara Cewe Nolak Cowo  ^-^ ^-^ ^-^

1. "Gua masih belum pengen pacaran"
Artinya:
"Maksud gua nggak pengennya itu sama elu, kalau sama cowok lain yang lebih oke, ya pikir-pikir dulu"

2. "Terima kasih, elu cinta sama gua, tapi sori.. gua udah punya cowok di luar negri"
Artinya:
"Cowok gua kan EMINEM, elu mah nggak cute!"

3. "Gua belum biasa jalan berdua sama cowok."
Artinya:
"Udah deh, jangan pake naksir-naksir gua segala, daripada gua malu nanti dikatain orang kalau jalan berdua sama elu."

4. "Gua telepon elu deh seminggu lagi"
Artinya:
"Gua test lu! Biar mampus!"

5. "Gua cuma anggep elu temen biasa"
Artinya:
"Biasa juga PBSI, enak aja mau naik pangkat..."
*PBSI = Pacar Bukan Supir Iya

6. "Gua cuma anggep elu temen deket"
Artinya:
"Gua kira elu homo, makanya gua berani deket"

7. Senyum-senyum tanpa jawaban
Artinya:
"Asyik... lumayan nih, penggemar gua nambah satu. Bisa buat nambah-nambah ban serep."

8. Ketawa
Artinya:
"Hahaha... kasian, lawakannya nggak lucu!"

9. Nangis
Artinya:
"Ya ampun... kenapa cowok yang naksir gua jelek banget begini ?

10. Diam
Artinya:
"Bosen juga nih kebanyakan nolak cowok..."

:whistle: :whistle: :whistle:
Smile Forever :)

Pitu Kecil

Quote from: JackDaniel on 29 March 2008, 04:59:15 PM
Di dalam kegiatan olahraga tradisionil rakyat Tiongkok, permainan layang-layang berperan sangat penting. Pada saat layang-layang membumbung dengan perlahan keatas, bentuk dan gayanya yang indah sanggup mencekam hati, selain membuat anak-anak riang gembira berjingkrak-jingkrak, juga memperoleh perhatian serius dari orang-orang dewasa; Menerbangkan layang-layang selain terasa menggelora, juga bisa membebaskan tekanan, memperkuat kondisi tubuh dan mengasah keteguhan, maka itu bisa membuat orang bagai kecanduan dan tidak kunjung merasa bosan.

Bersumber dari layang-layang kayu tradisional dengan sejarah yang panjang

Pada zaman kuno layang-layang disebut sebagai "Murai Terbang" atau "Alap-alap Terbang". Kitab kuno <Han Fei Zi. Wai Chu Shuo> mencatat: "Mo Zi (baca: Mo Ce) menggunakan waktu 3 tahun, telah membuat sebuah alap-alap terbang dari bahan kayu, berhasil terbang 1 hari baru rontok". Selain itu dari kitab kuno <Mo Zi. Lu Wen> mengisahkan: "Gong Shu Zi meraut bamboo untuk dijadikan murai terbang, berhasil dan terbang, selama 3 hari tidak turun". Mo Zi adalah ahli pikir zaman Musim Semi & Gugur (tahun 770 SM – 221 SM), dari sini bisa diketahui sejarah awal layang-layang, hingga sekarang minimal sudah 2000 tahun lebih.

Cai Lun dari zaman Dong Han (Dynasty Han Timur, tahun 25 s/d 220) sesudah menemukan pembuatan kertas, orang-orang mulai menggunakan kertas dan batangan bamboo membuat "Murai Terbang" dan di punggungnya diikatkan seutas senar busur, atau di bagian kepalanya dipasang pipa bamboo, pada saat murai kertas itu terbang di udara, angin kencang meniup masuk melalui pipa bamboo atau telah menimbulkan senar itu bergetar, maka bisa mengeluarkan bunyi-bunyian bagaikan kecapi, oleh sebab itu dari sinilah layang-layang / Feng Zheng ini dinamakan (Feng = angina dan Zheng = kecapi, Kecapi Angin).

Layang-layang dipergunakan dalam penyampaian berita kemiliteran, diduga pada awalnya oleh kaisar Liang Wu Di dari dynasty Selatan / Nan Chao (tahun 420 - 589) sewaktu terkepung dalam kerusuhan pernah melepas layang-layang untuk meminta bantuan dari luar. Sesudah lahirnya industri kertas, layang-layang masuk ke lingkungan rakyat jelata, maka bermain layang-layang menjadi semacam kegiatan tradisional rakyat, terutama pada hari Ceng Beng (tgl 5 April, hari berkunjung nasional ke pemakaman keluarga), orang-orang melepas layang-layang begitu jauh dan tinggi, kemudian memutus benangnya agar layang-layang tersebut terbawa kesana kemari oleh angin, bermakna melepas tuntas selurus "Hawa Sial" sepanjang tahun tersebut dan mendoakan seluruh penyakit dimusnahkan.


Berbagai bentuk tradisional layang-layang

Pada zaman dynasty Tang (tahun 618 s/d 907) dan Sung (tahun 960 s/d 1279), layang-layang menjadi trend masyarakat, berdasarkan catatan dari dalam puisi karya Lu You pada zaman dynasty Sung <Mengamati Anak Udik Bermain di Kali>: "Kuda bamboo terhuyung-huyung menerjang lumpur dekil, layang-layang dengan angkuh memaksa angin bersiul". Dari sini bisa diketahui bermain layang-layang kala itu sudah menjadi salah satu dolanan anak-anak; Gao Ding dari dynasty Qing (tahun 1644 s/d 1911) di dalam karya puisinya yang berjudul <Bermukim di Desa>: "Alang-alang panjang burung pengicau pada cuaca bulan dua, pohon Willow/Poplar menyapu tanggul mabuk kepayang kabut musim semi. Kanak-kanak pulang sekolah di pagi hari, mumpung berhembus angin timur sibuk bermain layang-layang". Semakin gamblang bahwa pada zaman dynasti Qing orang-orang gemar bermain layang-layang; sampai dengan hari ini, bermain layang-layang semakin meluas saja dan makin diperhatikan serta disukai, ia telah menjadi semacam kegiatan masyarakat dikala santai.

Aneka macam bentuk, teknik dan seni yang prima

Seiring dengan perkembangan zaman, bahan baku untuk pembuatan layang-layang juga mengalami kemajuan, perkembangan bentuk pun juga aneka ragam dan melimpah ruah, sebutlah: Burung, hewan dan berbagai benda, telah menjadi thema dari pembuatan layang-layang. <Seputar Kota Kecamatan Wei> dari dynasty Qing mencatat dengan rinci: "Sewaktu Ceng Beng, anak-anak kecil laki-perempuan membuat layang-layang, permainan ayunan, pembuatan layang-layang tidak ada yang sama, selain ada yang berbentuk bangau, sriti, kupu-kupu, garengpung dlsb juga membuat berbagai tokoh, tidak ada yang tidak menakjubkan, beraneka keanehan".


Layang-layang model perlombaan

Akhir dinasti Qing, kota Wei Fang di provinsi Shan Dong telah menjadi pasar layang-layang permanent, pedagang seluruh negeri berbondong-bondong ke Wei Fang untuk belanja layang-layang, sedangkan layang-layang modern Wei Fang mewariskan inti sari budaya layang-layang tradisional, inovasi berbagai model tak pernah berhenti, dalam bidang teknik dan seni juga semakin prima, yang berbentuk kecil bisa ditaruh dalam genggaman, yang besar bisa beberapa ratus meter panjangnya, diantaranya yang paling menonjol adalah layang-layang-panjang Kelabang Berkepala Naga.

"Layang-layang Wei" dari Tian Jin yang terkenal di seluruh dunia, teknik pembuatannya berasal dari warisan leluhur selama beberapa generasi. Setelah tahun 1950 an, "Wei Ji" yang teknik pembuatan tradisionalnya mewarisi "Layang-layang Wei" berhasil memperoleh juara I pada Perlombaan Perdana Layang-layang Seluruh Negeri, hasil karyanya seperti: Layang-layang kelabang berkepala naga raksasa berbentuk 3 dimensi, Dua naga sepasang mutiara, Elang jantan membentangkan sayap dan Burung Hong Emas dll. Pada era tahun 1980an , tercipta "Layang-layang bermetamorfosa" dari "Wei Ji", ketika layang-layang menjelajah di angkasa, si pemain menarik benangnya dengan kuat-kuat maka layang-layang tersebut langsung terurai menjadi beberapa layang-layang mini dan di udara membentuk formasi atas bawah, kanan, kiri yang 3 dimensional.


Layang-layang raksasa berbentruk kelabang berkepala naga

Belakangan ini, teknik pembuatan layang-layang di Taiwan mengalami kemajuan cukup pesat, bentuknya semakin kaya, beraneka ragam, tapi sayangnya bahan dari kertas sudah langka dan digantikan dengan layang-layang plastic atau kain nylon.

Bermain layang-layang membutuhkan teknik dan latihan yang matang (menggulung benang, mengulur benang, mengibaskan benang, menarik benang dll), tenaga penuh dan tekad kuat, selain itu harus sering meneliti arah angin dan perubahan cuaca, setiap saat menyesuaikan panjang-pendeknya benang dan kendor kencang, kadang-kadang perlu berlari cepat aatau bergerak perlahan, maju atau mundur, baru bisa menjamin sifat kestabilan layang-layang di ketinggian angkasa, memamerkan penampilan keunggulan, keindahan dan keanggunan layang-layang.

Layang-layang yang berbeda terdapat teknik menerbangkan berbeda pula, terutama layang-layang raksasa atau berekor super panjang. Badan yang fit, keuletan, tekad yang teguh, suasana hati yang tentram damai dan koordinasi keselarasan untuk kelompok adalah persyaratan wajib.

Kini bermain layang-layang telah mengakar di masyarakat, telah menjadi semacam dolanan anak dan permainan/perlombaan, musim semi yang indah dan angin yang lembut atau medio musim gugur cerah dengan angin sejuk, di atas lapangan ataupun padang alang-alang di luar kota, sering dijumpai orang-orang yang sedang bermain layang-layang, atau seluruh keluarga bermain bersama, atau pertukaran jurus para pakar, terlihat layang-layang beraneka warna beterbangan, terlihat sangat bagus.

Sumber :
http://www..or.id/k_11_art_22.htm
Smile Forever :)

Pitu Kecil

Quote from: Sumedho on 25 March 2008, 11:49:35 AM

Artikel berikut adalah 7 skenario tabrakan yg didasari dari
kecelakaanyg sebenarnya dimana si pengendara2 motor ybs tewas.
Mereka tak sempatmenerangkan apa yg salah, jadi dibuatlah skenario
ini, menghindari mautdan tetap selamat dgn mempelajari kesalahan
mereka.

1. Perpotongan Jalur Berbahaya (Junction Jeopardy)

Pembunuhnomor satu, tabrakan di perpotongan jalur selalu sama dan
berakibatserius, dapat terjadi pada siapa saja yg biasanya
pengendara lain ygterlibat mengklaim bahwa mereka tak melihat ada
motor datang, meskipunbegitu pengendara motor bisa menghindari dgn
defensive riding dan tetapawas.

Apa yg salah :
Pengendara motorberjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tsb
belok kiri, motormelaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan,
ternyata dari arahkiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun
belok kanan/kiri.

Cara menghindar kesalahan :
-jangan pernah mendahului dari kanan dimana bisa jadi ada
kendaraanmasuk/ belok di jalur anda tanpa peringatan, dahului dari
kanan bilajelas2 perpotongan jalur tsb bersih dan aman tak ada
kendaraan lain.
-masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan
daninformasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sen, tapi
janganmenyimpulkan apa2. Nantikan yg tidak dinanti nanti.
- tanyakan padadiri sendiri "sudahkah saya terlihat?", pastikan anda
di garis lihatpengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata,
bila ragu2 siapkanyg terburuk.

2. Tikungan yg Kacau (Cornering Chaos)

Jujursaja, tewas ditikungan adalah mati konyol, karena bisa
dihindari dantak ada alasan yg pantas utk itu. Tetap hidup, dlm
kasus ini sangatsederhana, berkendaralah dgn keterbatasan anda.
Status membuktikanbahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg
sudah lama tak bawamotor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan
ini, yg mengejutkanadalah terjadi meski jalan tidak basah.

Apa yg salah :
Pengendaramotor memasuki tikungan terlalu cepat hingga gagal
prediksi radiustikungan dan tak sempat melihat keadaan di ujung
tikungan lalu beradadi garis tikung yg tdk tepat hingga terlalu
dekat dgn jalur arah lawandan gagal menikung dgn benar hingga panik
(ada yg menurunkan gas danmengerem) hingga ketika keluar tikungan
motor malah lari jauh ke arahlawan hingga bertabrakan dgn kendaraan
dari depannya.

Cara menghindar kesalahan :
-rem dan atur posisi gigi segera, atur kecepatan hingga bisa
merubahjalur menikung bila diperlukan, perhatikan keadaan tikungan
bila adatanda2 marka jalan kemana arah tikungan tsb.
- masuki garis tikungandgn penglihatan terbaik utk melewatinya -
bukan garis tikungan balapan,dgn menyisakan ruang antara anda dan
kendaraan dari arah lawan.
-jika tiba2 tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada
kendaraanlain) , jangan panik, karena panik bisa membuat motor
hilang kendali.

3. Mendahului yg Kebablasan (Overtaking Oblivion)

Tabrakanketika mendahului adalah kasus paling banyak ke tiga dlm
kecelakanmotor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa
mendahului kendaraanyg melaju lebih lambat.

Apa yg salah :
Pengendaramotor melaju terlalu dekat pada kendaraan didepannya
hingga bantingsetir kekanan dan berusaha mendahuluinya, ternyata
didepan kendaraantsb ada kendaraan lagi hingga si pengendara motor
berusaha melewatikeduanya, karena salah perhitungan dan salah atur
jarak lalu keluarjalur masuki arah lawan dgn tak ada waktu dan jarak
lagi utk pindahjalur hingga terjadilah tabrakan dgn kendaraan dari
arah lawan.

Cara menghindar kesalahan :
-kunci mendahului adalah perencanaan yg matang, jangan gak
sabaran,terburu2 atau agresif, posisikan diri anda dgn penglihatan
terbaikkearah jalan didepan, pastikan posisi gigi yg pas utk
menaikkanakselerasi .
- perhatikan jalan didepan dgn seksama, adakah hal2 ygberpotensi
bahaya? jika ada sedikit saja keraguan di hati, janganmendahului! ,
karena sebentaran saja anda dapat lagi kesempatan utkmendahului.
- lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spionlalu nyalakan
lampu sen dan segera mendahului secepat dan semulusmungkin, ambil
segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dankendaraan lain
seluas mungkin.

4. Pemilahan yg Rusak (Filtering F**k-Up)

Bisamemilah melaju melewati kendaran2 di jalanan yg ramai adalah
praktismaju yg terbesar dalam mengendarai motor sekaligus berbahaya.

Apa yg salah :
Pengendaramotor melaju terlalu cepat di jalur 2 atau 3 dgn estimasi
kecepatan45kpj lebih cepat dari kendaran lain disekitarnya yg akan
didahului,tiba2 salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat
didepannyahingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan
terjadilahtabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
-berkendaralah dgn kecepatan yg memungkinkan anda utk berhenti
ataubermanuver dgn tepat, disarankan jangan lebih dari 15kpj dari
kendaraanlain disekitar yg akan didahului.
- duduk tegak dan fokus terhadapjalan didepan, perhatikan tanda2 yg
berpotensi bahaya, awas terhadaplampu2 sen kendaraan lain,
perempatan2, pejalan kaki yg nyebrang dll,sisakan ruangan antara
anda dan kendaraan lain.

5. Berkendara kelompok yg Berdukacita (Group Riding Grief)

Berkendaradgn teman2 bisa menyenangkan sekaligus dapat menimbulkan
masalah.Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus
kecelakaanbermotor, tapi secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang
yg tidakbisa diabaikan. Porblem terbesar adalah si pengendara motor
beresikokecelakaan karena keinginan utk show off atau pamer
kebisaanya bermotordidepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan
anda sendiri, janganterpancing oleh ulah teman anda.

Apa yg salah :
4motor atau lebih berkendara kelompok, dgn 3 motor di belakang
sebuahkendaraan lain dan satu motor didepan kendaraan lain tsb
sekalgus dibelakang kendaraan lain, satu dari 3 motor dibelakang
mencobamendahului, tiba2 satu motor didepan tsb juga mendahului
kendaraandidepannya tanpa memberi tanda dan tak melihat spion, motor
ygdibelakangnya tak sempat menghindar hingga terjadi tabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
-kecuali anda memiliki kepercayaan penuh terhdp teman2
kelompokberkendara di sekitar anda, tetaplah dalam formasi dan
memberi ruanggerak yg banyak utk mereka, jangan coba2 menerka apa
aksi dan manuveryg akan mereka lakukan.
- beri kejelasan terhadap teman2 kelompokberkendara di sekitar anda
bila anda ingin bermanuver, menolehlah danberi tanda2 yg jelas.
- ketika mendahului, pertimbangkan pula teman2kelompok berkendara di
sekitar yg dibelakang dgn memberi ruang gerak ygcukup. jika
mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului andadgn motor
yg ada didepan.

6. Tragedi Putaran (Turn Tragedy)

Adabeberapa kecelakaan yg melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn
dgnpengendara motor yg melaju dari arah lawan. Pengendara motor
biasanyajarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi
tetaplahberhati- hati.

Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dankeberadaan kendaraan lain di
jalur lawan dari kemungkinan berputartiba2, jangan percaya pada
lampu sen yg diberikan karena bisa terjadikesalahpaham an (seperti
ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelahdijalur lawan masuk
ke kiri jalur).

Beri ruang gerak jikanampaknya kendaraan dari arah lawan akan
berputar, jika mendahului disatu jalur yg padat merayap, kendaraan
yg antri didepan biasanyabermanuver kekanan mencari celah jalan
didepannya.

7. Tabrakan belakang (Rear-end Wreck)

Melajukencang di belakang kendaraan lain sepertinya terdengar bodoh
ya? bisajadi, tapi mengejutkan, terhitung 10% kecelakan bermotor
dalam 9 grupcontoh kecelakaan fatal dan menurut status, pengendara
motor biasanyabanyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada
kecelakan jenislain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor
yg masih muda, lakilaki dan mengendarai motor yg kecil.

Perhatikan jalan didepan,jangan terganggu dgn "pemandangan" yg ada
disekitar, bereaksilah segeraterhadap lampu rem yg menyala didepan
atau tanda2 yg menyebabkanterjadin ya kelambatan didepan.

Kenali rem motor anda, banyakpengendara motor tak menyadari potensi
akan rem motor mereka, sering2lah tes rem mendadak dan kuat rem
motor anda di empat yg sepi danberaspal bagus utk mengetahui
seberapa cepat motor anda berhenti,jangan berhenti mencoba pada tes
pertama, terus lah mencoba, usahakanberangsur angsur hingga
didapatkan perhentian yg maksimal.

Kesalahan dalam Percobaan (Error on Trial)

Kecelakaantidak begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia
menjadifaktor utama. Berlawanan dari opini populer yg ada, tak semua
kecelakaandisebabka n oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun
berbuat kesalahan.Dari Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :

Mobil
- gagal melihat dgn semestinya 18%
- gagal memutuskan10%
- kecerobohan 9%
- manuver yg buruk 8%
- kehilangan kendali 8%

Motor
- kehilangan kendali 14%
- gagal melihat dgn semestinya 14%
- gagal memutuskan10%
- manuver yg buruk 10%
- kecerobohan 9%

Smile Forever :)

Pitu Kecil

Quote from: Felix Thioris on 26 March 2008, 07:35:35 AM



Mr. Peebles terdaftar dalam Guinness Book of World Records sebagai kucing terkecil di dunia. Saat ini ia hidup di sebuah klinik hewan di Illinois, Amerika Serikat. Kucing yang berumur empat tahun pada tahun 2006 ini, mempunyai tinggi 15 cm dan berat sekitar 1 Kg dan dapat masuk ke dalam gelas berukuran 200 ml !.

Mr. Peebles diadopsi oleh Dr. Donna Sassman dari salah seorang kliennya. Kliennya tersebut kurang menyukai Mr. Peebles karena ukurannya. Saat ini kucing tersebut dirawat bersama-sama oleh semua pekerja di klinik hewan milik Dr. Donna Sassman.

Seorang dokter di klinik tersebut juga mengatakan bahwa Mr. Peebles mempunyai kelainan genetik. Diharapkan ia masih akan memegang rekor sebagai kucing terkecil di dunia selama beberapa waktu. Kucing tersebut tidak akan bertambah besar lagi, karena telah melewati umur di mana bentuk & ukuran kucing dewasa telah tercapai.

Meskipun kecil, Mr. Peebles diberi makan empat kali dalam sehari untuk mempertahankan kesehatan dan berat badannya.

==================================================

Source : http://www.waleg.com/archives/002562.html
Smile Forever :)

Pitu Kecil

Quote from: Sumedho on 14 April 2008, 06:35:40 AM
sumber: http://www.kompas.com/read.php?cnt=.xml.2008.03.30.01311420&channel=1&mn=154&idx=154


Ian Kasolo, mantan peserta kontes Dangdut Mania TPI, kini bekerja mengantarkan katering di kompleks perumahan di kawasan Depok.

Setahun yang lalu, hampir setiap akhir pekan, Muhammad alias Ian Kasolo (39) tampil di televisi sebagai "selebriti" yang tampak glamor. Kini, dia terpaksa bekerja serabutan sebagai pengantar makanan di sebuah usaha katering rumahan.

Ini bukan cerita sinetron, namun sebuah kisah nyata. Ian Kasolo yang dulu sempat menjadi ikon acara kontes menyanyi Dangdut Mania I di stasiun TPI bersama Siti Pijat, Ju pri Asong, dan Agus Kenek, kini jauh dari dunia glamor. Hidupnya bisa dibilang terkatung-katung tanpa pekerjaan dan uang.

Kini, Ian menumpang di rumah Ucok Koki yang juga peserta Dangdut Mania I. Di rumah ini, dia membantu istri Ucok yang menjalankan usaha katering rumahan. Setiap pukul 05.00, Ian bangun dan membantu memasak. Sekitar pukul 07.00, dia keliling mengantarkan rantang berisi makanan pesanan ke pelanggan. "Ya, beginilah kegiatan saya. Yang penting saya punya tempat berteduh dan bisa makan," ujar Ian. Sebelum ditampung di rumah Ucok Koki, Ian sempat menggelandang dan tidak makan dua hari karena tidak mempunyai uang.

Bagaimana kehidupan Ian berubah drastis dalam setahun? Semua ini bermula ketika Ian melihat iklan kontes menyanyi yang seolah-olah bisa menyulap siapa saja menjadi artis terkenal dengan cepat. Ian yang merasa punya bakat menyanyi dangdut dan akting memutuskan ikut salah satu kontes itu. Pilihannya jatuh ke acara Dangdut Mania I.

Singkat cerita, bujangan asal Solo, Jawa Tengah, itu lolos audisi dengan menyingkirkan ribuan peserta dan berhak mengikuti kontes di Jakarta. Karena mimpi menjadi artis begitu besar, pemuda lulusan SMA ini rela meninggalkan pekerjaan tetap sebagai kurir di bank swasta di Solo yang memberinya penghasilan sekitar Rp 1 juta per bulan.

Awalnya semua berjalan sesuai mimpi. Di Jakarta, Ian dan 19 peserta Dangdut Mania lainnya diperlakukan layaknya artis. Produser Dangdut Mania I mengubah nama Muhammad menjadi Ian Kasolo karena wajahnya dianggap mirip vokalis band Radja, Ian Kasela. Penampilannya pun dipermak. Rambutnya dicat kuning acak. Dia juga diberi kostum dan kaca mata hitam seperti yang biasa dikenakan Ian Kasela. "Kami juga diperlakukan seperti raja. Kami tinggal di sebuah vila. Mau makan di restoran mana saja tinggal bilang," ujar Ian mengenang.

Kemewahan semacam itu baru pertama kali Ian rasakan. Pasalnya, kehidupan Ian selama di Solo jauh dari mewah. Dia tinggal berjejalan di sebuah rumah petak berukuran 3 x 4 meter persegi bersama ibu, kakak, dan seorang keponakan.

Pengalaman bersentuhan dengan kemewahan itulah yang membuat Ian semakin bertekad untuk menjadi artis terkenal dan dia merasa pintu itu terbuka baginya. "Bayangkan, setiap kali saya nyanyi, orang- orang memanggil nama saya. Ketika promosi, orang rebutan minta tanda tangan dan foto saya. Saya juga masuk koran," kata Ian yang terkenal dengan "goyang suster ngesot".

Ian makin berbunga-bunga ketika mendengar isu pemenang Dangdut Mania I akan dikontrak menjadi artis TPI. "Saya semakin bertekad memenangi kontes ini. Karena itu, tiap minggu saya ngebom SMS," katanya.

Ngebom SMS yang dimaksud adalah mengirim SMS sebanyak-banyaknya untuk dirinya sendiri agar perolehan suaranya terdongkrak. "Saya bisa menghabiskan uang Rp 5 juta untuk beli voucher pulsa telepon setiap minggu. Kalau ditotal, selama acara ini saya habis Rp 30 juta," kata Ian yang memperoleh uang sebanyak itu dari pinjaman keluarga dan lintah darat.

Hal itu dilakukan juga peserta lain. Ida Nyonya mengaku menghabiskan Rp 20 juta untuk ngebom. Hasilnya, nihil. Ian dan Ida akhirnya tereliminasi juga. "Kalau tahu jadinya begini, saya tidak akan menghabiskan uang jutaan. Sekarang terkenal tidak, terlilit utang iya," ujar Ian.

Manajer Humas TPI Theresia Ellasari mengatakan, pihaknya telah berkali-kali berpesan kepada peserta kontes menyanyi agar tidak usah berlomba mengirim SMS untuk dirinya sendiri. "Itu tidak ada gunanya sebab pemenang ditentukan SMS kiriman pemirsa yang jumlahnya jutaan," katanya.

Korban mimpi

Harapan menjadi artis terkenal sempat muncul lagi ketika Ian diajak TPI main sinetron, menyanyi pada acara off air dan jadi bintang iklan dengan bayaran Rp 500.000-Rp 1.500.000. Namun, setelah itu masa-masa manis menjadi selebriti benar-benar berakhir. Tidak ada lagi order manggung dari TPI.

Setelah itu, Ian kadang ikut manggung di kampung-kampung bersama Ucok Koki atau Pardi Hallo, peserta Dangdut Mania I yang sekarang menjadi penyelenggara konser dangdut kecil-kecilan. Bayaran yang diterima Ian sekitar Rp 100.000-Rp 200.000 sekali tampil. Namun, order seperti ini tidak selalu datang tiap minggu.

"Saya sempat frustrasi dan mau bunuh diri. Mau pulang ke Solo saya malu karena keluarga dan teman-teman sudah telanjur menganggap saya sebagai artis sukses yang banyak duit," katanya.

Nasib serupa juga dialami Jupriadi alias Jupri Asong dan Ida Nyonya. Jupri mengaku, setelah menjadi juara II Dangdut Mania I, dia berhenti mengasong. "Kata teman-teman, saya tidak pantas lagi mengasong sebab saya sudah jadi artis," ujarnya.

Jupri Asong pun mencoba mengandalkan hidup dengan menyanyi. Namun, undangan menyanyi belum tentu muncul satu bulan sekali dengan bayaran paling besar Rp 500.000. "Akhirnya, uang hadiah yang jumlahnya sekitar Rp 28 juta habis untuk makan keluarga. Sekarang saya benar-benar miskin. Mau ngasong lagi, saya tidak punya modal," ujar Jupri yang harus menghidupi istri dan tiga anaknya.

Kini, Jupri berniat menjual rumah tipe 21 miliknya di Tangerang yang merupakan harta dia satu-satunya saat ini. Uangnya akan digunakan untuk modal berdagang lagi. "Saya benar-benar kapok ikut acara semacam ini. Saya kira, pemenangnya akan diorbitkan jadi artis."

Theresia mengatakan, TPI tak pernah berjanji mengorbitkan peserta Dangdut Mania I menjadi artis. "Kami hanya memberi kesempatan kepada mereka untuk tampil di televisi. Kalau mereka disukai penonton dan kemudian jadi artis, itu adalah bonus," katanya.

Ya, inilah drama dari sebuah kebudayaan instan yang terus direproduksi televisi melalui kontes menyanyi, idola-idolaan, mama-mamaan, dan juga sinetron. Sebuah kebudayaan yang selalu memberikan mimpi bahwa sukses dan popularitas bisa diperoleh dalam waktu singkat.

Sialnya, karena gempuran mimpi-mimpi itu kian gencar, banyak orang tidak bisa membedakan mana yang mimpi dan mana yang nyata. Kisah Ian Kasolo, Jupri Asong, dan Ida Nyonya hanyalah contoh kecil.

Budi Suwarna
Smile Forever :)

Pitu Kecil

Quote from: Lex Chan on 26 February 2008, 12:46:25 PM
Orang Jepang memang kreatif...

Ada emoticon yang punya sebutan kaomoji, yang mulai merebak  penggunaanya di kalangan netter dan pengguna SMS. Kaomoji berasal dari Jepang.  Secara harafiah, kao berarti wajah, dan moji berarti huruf. Jadi, bisa diartikan  bahwa kaomoji adalah huruf-huruf yang dapat mencerminkan ekspresi wajah.  Tampilan kaomoji lebih ekspresif, dibandingkan face mark buatan Amerika, seperti  :-D atau :-P atau :-). Memahaminya pun tidak perlu memiring-miringkan kepala  Anda. Cukup sedikit berimajinasi dengan menatapnya secara tegak lurus, seperti  kita membaca biasa. Unsur-unsur karakter khusus yang membentuknya biasanya  terdiri dari tanda kurung tutup sebagai wajah, tanda kutip sebagai mata, dan  garis bawah sebagai mulut. Kadang kita pun dapat menambahkan gerakan tangan  dengan menyisipkan karakter tertentu. Sekilas mirip dengan tokoh-tokoh kartun  gaya Jepang. Mukanya bulat, dengan ekspresi mata khas kartun anime. Elemen  utamanya adalah karakter tanda kurung yang membentuk pipi dan dan garis bawah  yang membentuk mulut.

Contohnya, (^_^) yang digunakan untuk  mengekspresikan senyum, atau sedang bahagia. Kalau senyum terpaksa, hilangkan  saja tanda kurungnya, sehingga menjadi ^_^. Ingin menggunakan ekspresi tangan?  Bisa saja. Misalnya ingin mengacungkan jempol tanda salut, tinggal ketik seperti  ini (^_^)d. Selain itu, Anda juga bisa menampilkan simbol keringat atau air mata  yang sedang mengalir seperti (^ ^;) atau (T-T).

kaomoji ini cukup  fleksibel. Dengan karakter-karakter dasarnya, Anda masih bisa berkreasi lebih  jauh untuk menciptakan simbol ekspresi yang lebih unik. Misalnya, saat Anda  sedang ber-chatting ria dengan kawan Anda, dan ditanya apa yang sedang Anda  lakukan, Anda bisa menjawabnya dengan gaya anime yang unik. [Aku lagi santai  sambil merokok nih (^ o ^)y-~~~~~]. Menarik kan ?


Tersenyum  (^_^) :)

Tertawa  lebar  (^O^) ;D

Senyum  simpul  (^ . ^)

Bersorak  riang   \(^O^)/ :))

Berseru   (^ 3 ^)

Senyum  malu, tersipu   (*^_^*) ^-^

Senyum  merona  (o^-^o) :-[

Merasa  terganggu   ( "- "; )

Gugup   ( -_-; )

Garuk-garuk  kepala  f(^_^) #-o

Menangis   (T_T) :'(

Menitikkan  air mata  ( ; _ ; )

Manyun   (" ~ ")

Geram   (>_<) >:(

Marah   (-_- #)

Bete   (+_+)

Pusing   (x_x) ???

Bertanya-tanya   ( ?_?) :-?

Melotot,  heran  ( [at] _ [at] )  [at] -)

Tidur   (_ _)zzZZ |-)

Bosan  sampai ketiduran  (_ _')

Good  bye  (^o^)/~~

Memohon  m(_ _)m ^:)^

Mendengarkan   w( ^_^)

Mencium   (*^3^ ) :-*

Dicium   (*^.^* )

Malu   (=_=)

Tersipu   (#^^# )

Bermimpi   (_ _)..ooOO

Menulis    X(. . )

Berlari       (((  (((;^ ^)

Tergesa-gesa     C= C=(;' _')

Putus  asa   (o_ _)o

Acungkan  jempol   (^ _^)d

Tanda  peace   (^ _^)v :>-

Ngajak  berantem   (p^ ^)p

Merokok    (" 3 ")y-~~~-

Merokok    y(^o^ )..ooOO

Ultraman    ( [at] | [at]  )

Satria  Baja Hitam  ( [at] w [at] )

ET      (-)(-)

Tikus   (" )~

Kodok  n("~")n

Babi    (^o_o^)
           
<)"_""_"(>
   (  (..)  )

Kucing   (=^.^= )
(o_o)  -> alien
Smile Forever :)

Pitu Kecil

Quote from: JackDaniel on 29 March 2008, 04:57:32 PM
Biografi Kong Hu Chu (Confucius)

Sekilas Kehidupannya
Konghucu dilahirkan 551 SM, pada masa pemerintahan Raja Ling dari Dinasti Zhou di Desa Chang Ping negara bagian Lu (sekarang Chu-fu, Provinsi Shandong). Kelahirannya ditandai dengan penampakan qilin, binatang sejenis kuda yang bertanduk. Leluhurnya merupakan anggota wangsa bangsawan penguasa negara Sung yang termasuk dalam wangsa raja-raja Shang, yakni dinasti yang berkuasa sebelum berkuasanya Dinasti Zhou. Akibat kekacauan politik menyebabkan orang tuanya kehilangan kebangsawanannya dan pindah ke negara Lu, hingga ia dilahirkan. Nama keluarganya adalah K'ung dan nama kecilnya adalah Khung Chiu atau Zhong Ni. Ketika berumur tiga tahun, ayahnya meninggal dunia, ia dibesarkan ibunya dalam keadaan melarat.

Sejak masa kecil anak itu telah memperlihatkan kebijaksanaan yang luar biasa dalam pergaulan sehari-hari. Pada usia 17 tahun ibunya meninggal. Menginjak usia 19 tahun, ia menikahi gadis dari negara bagian Song bernama Yuan Guan. Setahun kemudian ia mempunyai anak yang diberi nama Khung Li. Kehidupannya berubah setelah ia berhasil menjadi pegawai pemerintahan di negara Lu yang dijalaninya sejak usia 35 hingga 60 tahun.

Namun akibat adanya konspirasi politik mengharuskannya meletakkan jabatan dan hidup dalam pembuangan. Hampir selama 13 tahun ia hidup mengembara ke setiap wilayah, dengan satu harapan dan cita-cita untuk dapat melakukan perombakan di bidang politik dan kemasyarakatan, sampai-sampai ia mendapat julukan "raja tanpa takhta".Akhirnya ia memutuskan untuk menjadi seorang guru keliling, berjalan kaki mengajar kebaikan kepada semua orang yang sudi menerima buah pikirannya. Karena profesi inilah, ia sampai sekarang dihormati sebagai "guru teladan sepuluh ribu generasi."
Kegagalan mewujudkan impiannya, mengantarkannya kembali ke tanah kelahiran untuk mengajar dan mengabadikan karya-karya tradisi klasik. Ia menuliskan satu-satunya kitab yang disusunnya sendiri, yakni Kitab Rangkaian Ch'un Ch'iu (Spring and Autums Annals). Kitab tersebut mencatat berbagai kejadian dalam sejarah Tiongkok pada era Ch'un Ch'iu hingga ia wafat pada 479 SM, bulan ke-4 tahun ke-16 dalam masa pemerintahan bangsawan Ai, atau sekitar permulaan abad ke-5 SM.

Bunga Rampai Ajaran Konghucu
Selama dua ribu lima ratus tahun, ajaran Konghucu menjadi tata susila (ethics), dasar pendidikan, dasar tradisi sosial rakyat Chungkuo (Negara Tengah), yaitu nama yang diberikan orang China kepada kerajaan mereka. Gagasan-gagasannya dapat diketahui dalam Lun Yu (Bunga Rampai Ajaran Konfusius), yakni kumpulan ucapan-ucapannya yang dihimpun oleh sejumlah cantriknya.

Menurut Konghucu, alam semesta berjalan atas peraturan tertentu. Agar kehidupan manusia selaras dengan alam semesta, maka memerlukan tata tertib. Tata tertib itu berdasar pada "pembenaran nama." Segala sesuatu di dunia ini punya nama. Di dalam nama terkandung fungsinya. Begitu pula di dalam masyarakat, setiap orang punya nama. Di dalamnya terkandung tanggung jawab dan kewajiban masing-masing. Jika setiap orang membenarkan dan tidak memalsukan namanya, pergaulan sosial akan berjalan baik.
Seperti yang dikatakan Konghucu dalam Bunga Rampai, "hendaknya seorang penguasa bersikap sebagai penguasa, seorang ayah menjadi seorang ayah, seorang anak lelaki menjadi seorang anak lelaki, seorang menteri menjadi seorang menteri." Selain pembenaran nama, konfusius menyatakan bahwa dalam pergaulan tindakan seseorang selalu berhubungan dengan orang lain. Hubungan ini dapat dikelompokkan menjadi lima pertalian pokok, yaitu antara ayah dan anak, saudara dan saudara, suami dan istri, sahabat dan sahabat, serta yang berkuasa dan yang dikuasai.

Berhubungan dengan hal tersebut, setiap pihak berkelakuan sesuai dengan kedudukannya. Ayah mencintai anak, anak menghormati. Kakak berbaik hati, adik menjunjung. Suami tulus, istri patuh. Sahabat lebih tua peka, sahabat muda hormat. Yang berkuasa murah hati, yang dikuasai setia. Tiga dari lima pertalian itu merupakan hubungan keluarga, memang keluarga dapat dianggap sebagai dasar masyarakat. Dalam lembaga sosial inilah, manusia dididik, diajar kebajikan, dan dibentuk tabiatnya. Kalau manusia dibesarkan secara tepat maka dunia akan damai. Konghucu berkata, "Jika ada kebenaran di hati, ada keindahan di watak. Jika ada keindahan di watak, ada harmoni di rumah. Jika ada harmoni di rumah, ada tata tertib di negara. Jika ada tata tertib di negara, ada damai di dunia." Perlu ditambahkan bahwa dalam keluarga kewajiban anak terhadap orang tua sangat dititikberatkan. Anak harus taat atau berbakti kepada orang tua.

Lima Kebajikan
Ada lima kebajikan yang diutarakan Konghucu yang kesemuanya bertujuan sosial. Yang pertama dan paling luhur ialah jen, artinya perikemanusiaan, murah hati, kecintaan. Jen merupakan perwujudan akal budi luhur dari seseorang. Dalam hubungan antarmanusia, jen diwujudkan dalam cung, atau sikap menghormati terhadap seseorang (tertentu) ataupun orang lain (pada umumnya), dan shu, atau sikap mementingkan orang lain (altruisme).

Seperti ucapan Konfusius, "Janganlah engkau lakukan kepada orang lain apa yang tidak ingin engkau lakukan terhadap dirimu sendiri." Kata jen tidak hanya untuk menyebut satu jenis kebajikan tertentu, melainkan juga untuk menyebut segenap kebajikan secara keseluruhan, sehingga istilah 'manusia jen' menjadi searti dengan manusia serba bajik. Dalam hubungan demikian, jen dapat diterjemahkan sebagai 'kebajikan sempurna.'

Kebajikan yang kedua disebut yi, keadilan atau kebenaran. Yi berarti keadaan "yang seharusnya" terjadi. Ini merupakan amar tanpa syarat (categorical imperative). Setiap orang memperlakukan sesama manusia sesuai dengan kesusilaan dan bukan karena pertimbangan lain, "jangan perlakukan orang lain dengan cara yang kita sendiri tidak ingin diperlakukan seperti itu walaupun cara itu digunakan terhadap kita". Inilah tindakan yi.

Yang ketiga ialah li, yakni tindakan yang pantas, sopan santun, sesuai dengan keadaan. Konfusius menyelaraskan kelakuan lahir dengan keluhuran batin. Biar haus sekali, tidak pantas minum langsung dari teko, itu wu li (tidak ada li). Wu li juga kelakuan yang mengakibatkan rasa kurang enak bagi orang lain. Diceritakan bahwa kalau di kalangan orang dusun, Konghucu itu sederhana dan ikhlas, kalau di keraton kata-katanya teliti dan diucapkan dengan penuh perhatian. Tindakan lahir harus dilakukan dalam harmoni dan keseimbangan. Seorang luhur, mengetahui istilah-istilah yang patut dipakai dan tingkah lakunya sesuai dengan maknanya.

Kebajikan keempat disebut zhi, "kebijaksanaan". Pengetahuan diperoleh dengan mempelajari fakta-fakta luar, tetapi kebijaksanaan berkembang dari pengalaman batin. Dalam hidup, aspek yang kedua lebih bermutu. Kebajikan kelima ialah hsin, yang mengandung pengertian 'percaya terhadap orang lain'. Seperti yang dikatakan Konghucu, "Dalam pergaulan terlebih dahulu saya mendengarkan apa yang dilakukan orang dan mempercayai kelakuannya, sesudah itu baru saya dengar lagi perkataannya dan mengamati kelakuannya."

Konghucu yakin bahwa keluhuran hati serta kebajikan dapat diperoleh karena ia percaya manusia dapat dididik. Ia mengajarkan bahwa Tao, yakni 'jalan' sebagai prinsip utama dari kenyataan, merupakan "jalan manusia." Artinya bahwa manusia sendirilah yang dapat menjadikan Tao luhur dan mulia, kalau ia hidup dengan baik. Bagi Konghucu keutamaan merupakan jalan yang dibutuhkan. Kebaikan hidup dapat dicapai melalui perikemanusiaan (jen), yang merupakan model untuk semua orang. Secara hakiki semua orang sama walaupun tindakan mereka berbeda.
Smile Forever :)

Pitu Kecil

Quote from: Felix Thioris on 06 April 2008, 02:19:05 PM




Saat itu saya dengan dua orang teman sedang liburan ke kota kecil di Thailand Selatan, Krabi. Ketertarikan saya pada Krabi, selain indah, di sekitarnya, terdapat pantai-pantai yang dengan pemandangan yang memesona.

Salah satunya adalah Maya Beach, Kho Phi Phi Island, yang menjadi lokasi syuting film The Beach yang dibintangi oleh aktor ganteng, Leonardo de Caprio.

Setelah lelah mengitari obyek wisata di sekitar Krabi pada hari pertama, kami diajak oleh seorang teman dari Krabi, mengunjungi night market alias pasar malam. Letaknya tidak jauh dari tempat kami menginap, hanya 15 menit berjalan kaki santai. Udara malam itu juga cerah.

Pasar malam disana tidak jauh berbeda dengan suasana pasar malam di Jakarta. Sama seperti pasar malam di Indonesia, pasar malam di Krabi juga menyediakan berbagai macam barang untuk dijual, mulai dari sepatu, sendal, pakaian, tas, aksesori hingga makanan. "Hati-hati dengan tas kalian, banyak copet disini," kata teman saya itu. Ternyata, sama saja dengan di Jakarta, banyak copet, pikir saya.

Selain mencari barang-barang etnik Thailand, tujuan saya ke pusat keramaian itu sudah jelas, makanan. Di antara sekian banyak pilihan, pandangan saya terhenti pada satu gerai di ujung jalan masuk pasar malam.

Gerai makanan itu menjual aneka macam serangga yang biasa dimakan oleh warga Thailand. Ada belalang, jangkrik, kecoa, kumbang dan yang lainnya. Sayang, saya tidak menemukan kalajengking malam itu. Di negeri Gajah Putih ini, aneka serangga memang menjadi santapan sehari-hari.

Di Indonesia, menu serangga seperti jangkrik dan belalang, juga tidak asing lagi bagi sebagian penduduk di sejumlah daerah, seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta. Serangga termasuk makanan yang sehat untuk dimakan, rata-rata mengandung protein sebesar 40-60 persen dan lemak sebesar 10-15 persen.

Kembali ke pasar malam Krabi, serangga-serangga itu digoreng kering dan ditata rapi berjajar di nampan-nampan putih di meja. Jadi, pembeli tinggal tunjuk saja jenis yang akan disantap.

Dua teman saya dari Jakarta tidak berani mencobanya. Jadilah saya sendiri yang memakan serangga -serangga itu. Saya memilih kecoa, belalang dan jangkrik. Di Thailand memang ada jenis kecoa tertentu yang bisa dimakan, termasuk telurnya. (Nggak tahu ya, apakah sama dengan jenis kecoa di Jakarta..)

Ketiga serangga itu dimasukkan ke plastik yang berbeda. Cara memakannya, saya diberi semacam bambu seperti tusuk sate, untuk menusuk serangga itu dan memakannya. Agak dag dig dug juga untuk mencicipinya, apalagi membayangkan kecoa yang biasanya berkeliaran di kamar mandi. Duh...!!

Dari ketiga jenis tadi, pilihan pertama untuk dirasa adalah kecoa, karena ini adalah tantangan yang paling menarik ketimbang dua lainnya. Saya lalu mengambil satu kecoa goreng dengan tangan, sementara kedua teman saya langsung menunjukkan raut muka aneh (jijik lebih tepatnya...).

Rasa penasaran membuat saya tetap akan menyantapnya. Udah jauh-jauh dari Jakarta, masa' melewatkan kesempatan langka ini. Lumayan, buat pengalaman ekstrim kuliner (nggak ekstrim-ekstrim amat sih...).

Setelah menghela napas panjang, dengan mata sedikit terpejam, akhirnya saya masukkan si serangga satu ini utuh-utuh ini ke dalam mulut saya. Well, tenyata tidak 'sejijik' yang saya bayangkan. Kecoa ini terasa gurih, garing dan kriuk-kriuk, seperti udang goreng yang kecil-kecil.

Tetapi, meski saya sudah menyantap kecoa dengan wajah tenang, kedua teman saya tetap saja bertahan tidak mau makan serangga-serangga itu. Setelah kecoa, saya pun tidak mengalami kesulitan memakan dua serangga lainnya, belalang dan jangkrik. Tidak berbeda jauh dengan kecoa, kedua jenis serangga ini juga gurih, garing dan crispy.

Sepanjang jalan menyusuri keramaian pasar malam, saya pun sesekali memakan serangga-serangga dalam kantong plastik di tangan saya itu....kriuk-kriuk.....

Kecoa goreng, siapa takut !!

Sumber : Kompas ... Mak Nyuss :))
Smile Forever :)