News:

Semoga anda berbahagia _/\_

Main Menu

kebiasaan buruk saat presentasi

Started by chizz_roll, 08 November 2008, 10:04:25 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

chizz_roll

Kebiasaan buruk yang harus dihindari saat presentasi

1. Selalu melihat jam tangan pada saat presentasi

Memperhatikan waktu merupakan hal yang sangat penting pada saat presentasi,
ini menyebabkan banyak sekali presenter keseringan melihat jam tangan pada
saat presentasi. Kebiasaan ini jika terlalu sering akan mengakibatkan
audiens malah terfokus pada waktu bukan pada informasi yang disampaikan
presentator. Ada baiknya anda menggunakan jam duduk yang anda letakan di
tempat yang mudah terlihat bagi anda tetapi cukup tersembunyi buat audiens,
atau jika memungkinkan minta tolonglah pada audiens yang ada didekat anda
untuk memberitahukan waktu jika 10 menit lagi presentasi akan usai sehingga
cukup waktu anda untuk closing.

2. Menggunakan filler words pada saat presentasi

Seringkali pada saat presentasi kita menggunakan kata ehmm, enggh, atau kata
yang diulang seperti kamu tahu, dan, tetapi yang diulang berkali-kali.
Kadangkala kita melakukan itu tanpa menyadarinya. Ada baiknya kita
menggunakan tape recorder untuk merekam presentasi kita untuk mengetahui apa
yang menjadi filler words kita pada saat presentasi.

3. Jauhkan tangan anda dari pakaian anda

Seringkali kita melihat banyak presentator memasukkan tangan kedalam saku,
atau presentator wanita memegang blus mereka. Hal ini mengganggu audiens,
selain itu akan membuat gesture tubuh anda menjadi terlihat kaku dan anda
tidak dapat memanfaatkan body languange anda secara optimal.

4. Jauhkan pergerakan tubuh yang tidak perlu

Berdiri tegak secara nyaman kadangkala jauh lebih efektif dibandingkan
bergerak ke kiri, kanan, kedepan dan balik ke belakang seperti tarian samba.
Kecuali pergerakan ini berlangsung secara natural sesuai dengan pesan yang
ingin disampaikan.

5. Perhatikan ketika anda berjalan

Usahakan untuk tidak membelakangi audiens, atau bagi anda yang menggunakan
slide projector atau infocus pastikan anda tidak berjalan atau berdiri pas
didepan lampu proyektor.

copas from email, so kalo repost, pls delete  _/\_
ketika kehidupan memberimu seribu alasan untuk menangis, tunjukkan kalo kamu mempunyai sejuta alasan untuk tersenyum.. Tersenyumlah selalu.. :)

andry

tangan kretek-kretek
kadang-kadang menunduk ke bawah (ceritanya mikir)
membenarkan kaca-mata
nada mulai berubah
Samma Vayama

FZ

dan jangan lupa.. biasanya pas ngomong juga ada nada getarannya berapa Hertz gitu.. mungkin sampe GHz kali ya :))

Lex Chan

bukan cuma getaran nada pas bicara, tapi juga getaran dengkul.. ^-^
"Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway"
-Mother Teresa-

meta_girl

kalau udah gemetaran, pikiran jadi ga terkontrol...mau bilang a, eh yang keluar b...
m4y alL bEiN9 b3 haPpy

johan3000

#5
Quote from: chizz_roll on 08 November 2008, 10:04:25 PM
Kebiasaan buruk yang harus dihindari saat presentasi

1. Selalu melihat jam tangan pada saat presentasi

Memperhatikan waktu merupakan hal yang sangat penting pada saat presentasi,
ini menyebabkan banyak sekali presenter keseringan melihat jam tangan pada
saat presentasi. Kebiasaan ini jika terlalu sering akan mengakibatkan
audiens malah terfokus pada waktu bukan pada informasi yang disampaikan
presentator. Ada baiknya anda menggunakan jam duduk yang anda letakan di
tempat yang mudah terlihat bagi anda tetapi cukup tersembunyi buat audiens,
atau jika memungkinkan minta tolonglah pada audiens yang ada didekat anda
untuk memberitahukan waktu jika 10 menit lagi presentasi akan usai sehingga
cukup waktu anda untuk closing.

2. Menggunakan filler words pada saat presentasi

Seringkali pada saat presentasi kita menggunakan kata ehmm, enggh, atau kata
yang diulang seperti kamu tahu, dan, tetapi yang diulang berkali-kali.
Kadangkala kita melakukan itu tanpa menyadarinya. Ada baiknya kita
menggunakan tape recorder untuk merekam presentasi kita untuk mengetahui apa
yang menjadi filler words kita pada saat presentasi.

3. Jauhkan tangan anda dari pakaian anda

Seringkali kita melihat banyak presentator memasukkan tangan kedalam saku,
atau presentator wanita memegang blus mereka. Hal ini mengganggu audiens,
selain itu akan membuat gesture tubuh anda menjadi terlihat kaku dan anda
tidak dapat memanfaatkan body languange anda secara optimal.

4. Jauhkan pergerakan tubuh yang tidak perlu

Berdiri tegak secara nyaman kadangkala jauh lebih efektif dibandingkan
bergerak ke kiri, kanan, kedepan dan balik ke belakang seperti tarian samba.
Kecuali pergerakan ini berlangsung secara natural sesuai dengan pesan yang
ingin disampaikan.

5. Perhatikan ketika anda berjalan

Usahakan untuk tidak membelakangi audiens, atau bagi anda yang menggunakan
slide projector atau infocus pastikan anda tidak berjalan atau berdiri pas
didepan lampu proyektor.

copas from email, so kalo repost, pls delete  _/\_

Selain kebiasaan buruk..........

ya beberapa hal utk sebuah presentasi yg baik.... (kira2 begitu deh)...

1. Kenapa org lain perlu mendengarkan presentasi anda?
   (what is the benefit? apa gunanya, siapa pendengarnya...)
2. Apakah presentasi anda MENARIK (menarik perhatian) ?
3. Apakah presentasi anda JELAS (volume, jelas diucapkan, nada, pause, dll... struktur presentasi)....
4. Apakah presentasi anda MUDAH DIINGAT (... reklame sebaik apapun takkan berguna kalau..
  org lupa begitu selesai melihatnya)....
5. Apakah presentasi anda MEMBERIKAN DAMPAK (perubahan pada org lain?... ajakan utk berubah?,..dll)..
6. Apakah presentasi anda MENGUNAKAN KATA2 YG TEPAT dan RINGKAS (... jangan ngomong yg ngak perlu)...
7. Kalau senang gambar2 spt saya... nah... powerpoint dgn gambar/warna adalah lebih KUAT dari kata2....

(presentasi adalah sesuatu yg harus dilatih terus menerus....utk menjadi bagus...)

semoga berguna....

Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya