chanda

Started by maya devi, 12 February 2010, 09:19:41 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

maya devi

teman2 bisa dijelaskan lebih detail tentang chanda?
apakah keinginan untuk menjadi pintar, punya keahlian, menjadi presiden, orang kaya itu termasuk chanda?

apa yg membedakan lobha dg chanda?

terima kasih. :)


Nevada

IMHO...

Chanda adalah "keinginan luhur". Keinginan untuk mempraktikkan Dhamma guna mencapai Kebijaksanaan, Pencerahan, Nibbana. Yang bisa diartikan secara garis besar, bahwa chanda adalah "keinginan" untuk tidak memiliki keinginan (nafsu).

Riky_dave

Quote from: upasaka on 12 February 2010, 11:27:08 PM
IMHO...

Chanda adalah "keinginan luhur". Keinginan untuk mempraktikkan Dhamma guna mencapai Kebijaksanaan, Pencerahan, Nibbana. Yang bisa diartikan secara garis besar, bahwa chanda adalah "keinginan" untuk tidak memiliki keinginan (nafsu).

Ko..Mohon diperjelas yang di bold di atas?

Anumodana _/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

marcedes

Quote from: Riky_dave on 13 February 2010, 01:03:33 PM
Quote from: upasaka on 12 February 2010, 11:27:08 PM
IMHO...

Chanda adalah "keinginan luhur". Keinginan untuk mempraktikkan Dhamma guna mencapai Kebijaksanaan, Pencerahan, Nibbana. Yang bisa diartikan secara garis besar, bahwa chanda adalah "keinginan" untuk tidak memiliki keinginan (nafsu).

Ko..Mohon diperjelas yang di bold di atas?

Anumodana _/\_
maksudnya terbebas dari nafsu duniawi.....

misalkan seseorang yg ingin mencapai pencerahan itu termasuk chanda.
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Jerry

Kalo lobha artinya keserakahan, chanda artinya keinginan. Hampir sama sih.. Kecuali bahwa sementara lobha lebih terkait dengan konotasi negatif, chanda meliputi semua jenis keinginan mulai dari keinginan yang bersifat rendah dan hina hingga keinginan yang bersifat luhur seperti keinginan untuk pencerahan. Oleh Sang Buddha dikatakan bahwa keinginan (chanda) untuk mencapai pencerahan bukanlah keinginan yang harus dikurangi dan ditinggalkan, pada porsi yang sepantasnya itu malah membantu kita untuk mencapai pencerahan.

Oya, chanda yang bukan membawa pada pencerahan dan mengikat kita pada Samsara, yaitu berkenaan dengan 6 indera kita dinamakan kamacchanda.
appamadena sampadetha

Nevada

Quote from: marcedes on 14 February 2010, 06:39:45 PM
Quote from: Riky_dave on 13 February 2010, 01:03:33 PM
Quote from: upasaka on 12 February 2010, 11:27:08 PM
IMHO...

Chanda adalah "keinginan luhur". Keinginan untuk mempraktikkan Dhamma guna mencapai Kebijaksanaan, Pencerahan, Nibbana. Yang bisa diartikan secara garis besar, bahwa chanda adalah "keinginan" untuk tidak memiliki keinginan (nafsu).

Ko..Mohon diperjelas yang di bold di atas?

Anumodana _/\_
maksudnya terbebas dari nafsu duniawi.....

misalkan seseorang yg ingin mencapai pencerahan itu termasuk chanda.

Terima kasih atas penjelasan lebih lanjut dari Bro Marcedes dan Bro Jerry.

Chanda dapat diartikan sebagai motivasi, sifatnya bisa motivasi positif, motivasi negatif, maupun netral. Chanda dapat dibagi menjadi kamma chanda, kattu-kamyata chanda, dan dhamma chanda. Penjelasan saya sebelumnya ini ditujukan kepada jenis chanda ketiga; yakni "dhamma chanda".

...Maksudnya adalah motivasi untuk melepaskan semua nafsu-keinginan (lobha).

markosprawira

dalam visuddhimagga, chanda didefinisikan sebagai :

"Keinginan utk berbuat. Jadi chanda mempunyai karakteristik untuk berbuat. Fungsinya adalah menandai (scanning) obyek. Dan hasilnya adalah kebutuhan (need) akan obyek. Obyek yg  sama merupakan sebab utamanya. Dapat dianggap sebagai perpanjangan tangan dalam melihat obyek secara menyeluruh"

Atthasalini : chanda mencari obyek sesuai dengan yg sudah dikenal oleh citta. Chanda membutuhkan obyek, yg juga menjadi sebab utamanya

misal chanda yang berhubungan dengan salah satu dari 8 jenis lobha mula citta. Sulit untuk memisahkan mana yang lobha dan mana yang chanda
Jika kita ingin memperoleh obyek yang menyenangkan, lobha melekati obyek dan chanda-lah yang memungkinkan utk memiliki obyek tersebut.

namun bisa juga untuk obyek yang tidak perlu dimilik, tetap ada juga chanda yang berhubungan dengan lobha

Saat berhubungan dengan dosa mula citta, chanda mencari obyek yang tidak disenangi. Disini bisa dilihat bedanya chanda dengan lobha dimana lobha tidak mungkin bisa berpasangan dengan dosa mula citta

Namun chanda tidak bisa berpasangan dengan moha mula citta.

Untuk moha yang didominasi oleh vicikiccha, fungsinya "ragu-ragu", tidak bisa memegang obyek sehingga tidak memungkinkan chanda utk dapat mencari obyek yg dibutuhkan
pun dalam jenis moha ini, tidak adanya adhimokkha yang menentukan obyek

sedangkan dalam moha yg didominasi oleh uddhacca, juga tidak bisa bersekutu dengan chanda karena sifatnya yang "gelisah"

maya devi

makasih penjelasannya om markos.

bisa kasih contoh di kehidupan sehari2 ga biar mudah dicerna. ^:)^


:)

markosprawira

untuk contoh lobha + chanda

misal liat makanan enak, lobha yang melekati pada obyek makanan itu
sedangkan chanda yang melihat obyek sesuai bayangan yg sudah dikenal misal warna, bau, dsbnya lalu membuat jadi terealisasi

tentunya dalam tindakan yang sebenarnya terlibat banyak sekali cetasika2 lainnya namun kira2 seperti itu bedanya antara lobha dengan chanda

kira2 jadinya dari chanda dikenali obyeknya, lalu dilekati oleh lobha, dan (biasanya) jadi action utk merealisasi misal makan
walau bisa juga setelah chanda mengenali makanan enak, lobha melekatinya namun tidak makan

demikian yg bisa saya jelaskan

maya devi

terima kasih om markos, sekarang sy da mengerti. :)

Lily W

#10
 Chanda = harapan untuk melakukan. Terdapat tiga jenis chanda, yaitu :
   Kammacchanda : nafsu indera, satu dari rintangan batin (immoral)
   Kattukamyata chanda : harapan untuk melakukan (unmoral)
   Dhammacchanda : harapan kebaikan (moral)
Chanda yang dimaksud didlm cetasika ini adalah kattukamyata chanda.
chanda kalo bersekutu dg akusala cetasika maka akan menjadi akusala...begitu jg sebaliknya... kalo bersekutu dgn yg kusala maka akan menjadi Kusala.


Lobha : faktor batin yg menyebabkan batin terikat sama obyek. ---> ini selalu akusala.

_/\_ :lotus:

~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are