Senjata Andalan Hyundai i20: Mesin Diesel Turbo Common Rail

Started by markosprawira, 22 July 2009, 09:45:53 AM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

markosprawira





KOMPAS.com –  Hyundai Getz "games over", muncul i20 sebagai pengganti dengan penampilan makin menantang. Bagi PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), i20 adalah produk keduanya yang dipasarkan di Indonesia dengan pembuka "i" setelah i10 yang diluncurkan Maret lalu.

Hyundai i20, masih berada dalam kelompok  mobil kota (city car).   Dengan dimensi dan mesin yang digunakan plus harga, mobil kecil ini dibagi lagi dalam segmen "medium city car". Segmen  ini terbesar pangsa pasarnya sekaligus paling "beringas" arenanya.




Pemain di segmen ini yang sudah malang melintang  Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki SX4 dan Swift, Nissan Livina dan X-Gear 1,5 liter, Daihatsu Sirion, Chevrolet Aveo, KIA Pride, Mazda2, Proton Gen2 dan Neo, Subaru R1 dan R2 dan VW Polo. Juga ada saudaranya i20 sendiri, yaitu Avega.

Mesin Diesel.

Strategi yang dilakukan PT HMI untuk mendukung penjualan i20 cukup menarik. Varian produk yang ditawarkan tidak didasarkan pada fitur atau transmisi. Kali ini, Hyundai menawarkan dua pilihan mesin kepada konsumen mobil kota Indonesia, bensin dan diesel. Keduanya, kapasitasnya sama-sama 1,4 liter. Di beberapa negara, selain kedua mesin di atas, juga ditawarkan i20 dengan mesin bensin 1,2 liter dan 1,6 liter.
Dengan ini, i20 dapat dinilai melakukan terobosan di segmen atau kelasnya. Satu-satunya mobil kota yang menawarkan mesin diesel. Dan bagi mereka yang ingin biaya operasional ekonomis, i20 diesel layak jadi pertimbangan. Apalagi mengingat tingkat kemacetan lalu lintas kota besar, utamanya Jakarta.

Mesin diesel yang diusung i20 adalah versi mutakhir, yaitu common rail, Hyundai menyebutnya, CRDi, 4 silinder, 16 katup. Mesin ini juga dilengkapi dengan senjata pamungkas diesel, yaitu turbocharger.

Kemampuan menghasilkan tenaga  tidak jauh beda dengan versi bensin. Jika mesin bensin menghasilkan  tenaga  100 PS  [at] 6.300 rpm, sedangkan diesel 90 PS  [at] 4.000 rpm.  Namun keunggulan  yang tidak bisa disamai oleh mesin bensin dan dipastikan "pas" buat kondisi lalu lintas macet adalah karakteristik torsi maksimumnya,  22,5 kg-m  [at] 1.750–2.750 rpm (flat). Bandingkan dengan versi bensin: 13,9 kg-m  [at] 4.200 rpm.

Klaim tenaga tersebut berdasarkan hasil tes Hyundai Korea (khususnya diesel) dengan menggunakan bahan bakar diesel yang lebih baik kualitas. Antara lain kadar sulfur yang rendah dan nilai "cetan" yang lebih tinggi. Hal yang sama juga berlaku untuk mesin dengan oktan yang lebih tinggi tentunya atau biasanya paling rendah 92 untuk mesin dengan perbandingan kompresi di atas 10:1.




Solar Biasa.

Inilah yang membuat Jongkie D. Sugiarto, Presdir HMI lebih banyak membahas versi diesel saat memperkenalkan produk terbarunya. Dijelaskan, sebelum dipasarkan, mesin diesel tersebut ini sudah dicoba dengan solar biasa Indonesia.

"Tidak perlu Pertadex karena memang sulit mendapatkannya. Prinsipal  kita membolehkan menggunakan solar biasa. Sama dengan merek lain yang juga sudah menggunakan teknologi yang sama," jelas Jongkie.

Saat KOMPAS.com coba mengamati suara dan getaran dari mesin diesel Hyundai ini, sungguh sangat menarik. Halus sekali dan tidak berbeda jauh dibandingkan dengan bensin. Namun akslerasi belum bisa diuji. Tapi bila melihat torsi yang diperoleh pada putaran rendah dan flat, dipastikan, untuk 0–100 km/jam, diesel  jago!

Penampilan.


Penampilan i20 cukup dinamis. Terutama    gril bemper bawah berukuran besar dengan bentuk trapesium.  Ciri khas lainnya, adalah garis "lepitan" samping yang melintang dari  fender depan sampai ke lampu belakang.



Transmisi.

Untuk transmisi, ditawarkan dua pilihan  manual  (5 kecepatan) dan otomatik (4 kcepatan). Khusus untuk diesel, hanya menggunakan  transmisi manual dengan harga Rp 177,5 juta (off-the road). Dengan tambahan pajak, berarti harga on the road  hampir menyentuh  Rp 200 juta..

Perlengkapan lainnya adalah  audio dengan interface yang sudah disiap untuk iPod. Pada versi yang dipasarkan di Indonesia, audio tampil dengan warna metalik. Sedangkan jok dan sandarannya bermotif dengan warna gelap. Untuk  door trim dan dashboard tampil dengan dua warna.

Varian i20 terdiri dari standar, yaitu: GL  transmisi otomatik dan manual. Varian yang lebih lengkap SG dengan pilihan transmisi manual dan otomatik. Hyundai menyebutnya i20 untuk mereka yang berorientasi keluarga. Versi ini dilengkapi dengan sunroof, lampu kabut  dan setir dengan tombol-tombol untuk mengontrol  audio.

Untuk ban dan roda, varian GL pakai  175-70R14 dan  SG menggunakan ukuran 180-60R15.



ZBJ