News:

Semoga anda berbahagia _/\_

Main Menu

Mengapa Metta tdk termsk JMB8?

Started by Dhamma Sukkha, 01 September 2010, 10:14:44 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Jerry

Quote from: Dhamma Sukkha on 02 September 2010, 01:35:10 PM
JMB8 terdiri dari Pandangan Benar... Ucapan Benar... Pikiran Benar.... Perbuatan Benar... Mata Pencaharian Benar.. dan Daya Upaya Benar, ma Perhatian Benar... ma Konsentrasi Benar...

Lantas, Kenapa Sang Buddha mengurutkan Pandangan Benar sbg yg pertama? (kenapa gak loncat2 aja gituu...  :whistle: kan lbh gampang hapalnyaa... ^-^ ^-^ :P :)) :)) :)) )
Kenapa Sang BUDDHA mengurutkan Ucapan Benar sbg yang kedua juga yaa ::) ::) ::) ?
Kenapa Sang BUDDHA mengurutkan Pikiran Benar sbg yg ketiga juga yaa? :-?
Kenapa Sang BUDDHA mengurutkan Perbuatan Benar sbg yg keempat juga yaa? :-?
Kenapa Sang BUDDHA mengurutkan Mata Pencaharian Benar sbg yg kelima juga yaa? :-?
Kenapa Sang BUDDHA mengurutkan Daya Upaya Benar sbg yg keenam juga yaa? :-?
Kenapa Sang BUDDHA mengurutkan Perhatian Benar sbg yg ketujuh juga yaa? :-?
Kenapa Sang BUDDHA mengurutkan Konsentrasi Benar sbg yg kedelapan juga yaa? :-?

Pikiran benar yang kedua dan ucapan benar yang ketiga, cit...
appamadena sampadetha

fabian c

#16
Dijawabin deh untuk Citta. Samma-Samadhi adalah konsentrasi benar konsentrasi benar disini bisa berarti Jhana dan konsentrasi non-Jhana.

Jhana bisa dicapai dengan berbagai objek konsentrasi, diantaranya Anapanasati, Kasina dan Brahmavihara.

Salah satu objek Brahmavihara adalah Metta Bhavana, lainnya adalah Karuna Bhavana dan Mudita Bhavana. Bila telah mencapai Jhana ketiga dengan salah satu dari objek Brahmavihara ini maka bisa melanjutkan ke Jhana ke empat dengan objek Upekkha Bhavana.

Bila mau ber Vipassana dengan Metta Bhavana, maka meditator terlebih dahulu masuk ke Jhana dengan objek Metta, kemudian berdiam beberapa waktu dalam Metta Jhana tersebut, lalu keluar kembali memperhatikan proses yang terjadi pada batin dan jasmani.

Meditator yang mencapai tingkat kesucian Arahat dengan basis Metta Jhana dalam Visuddhi Magga kalau tidak salah disebut "liberation by the beautiful". Jadi Metta bisa dikatakan termasuk dalam Jalan Ariya Berunsur Delapan.
Semoga Citta mengerti.

_/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata