Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya ? Jawab untuk Pemula  (Read 353503 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Tanya ? Jawab untuk Pemula
« on: 14 March 2009, 08:01:22 PM »
Salam sejahtera semua teman-teman...  _/\_

Thread ini dibuat karena saya melihat antusias dari rekan-rekan yang cukup besar pada Board Buddhisme untuk Pemula ini. Saya bermaksud untuk menjadikan thread ini sebagai forum tanya-jawab seputar Buddhisme, khususnya untuk rekan-rekan yang ingin menggali pemahaman lebih lanjut tentang Buddhisme. Topik pertanyaannya bebas, asal masih berada dalam jalur sudut pandang Ajaran Sang Buddha. Saya harap thread ini dapat memfasilitasi rekan-rekan yang masih pemula, dan juga sebagai media bacaan yang ringkas, menyenangkan dan mencerahkan.

Untuk menjaga kenyamanan di thread ini, ada beberapa ketentuan yang saya buat, yaitu :
1) Thread ini adalah dari, oleh dan untuk kita bersama. Oleh karena itu, semua rekan boleh memberikan pertanyaan atau menyampaikan jawabannya masing-masing.
2) Thread ini adalah kolom tanya-jawab seputar Buddisme untuk pemula. Oleh karena itu, semua rekan diharapkan untuk tetap menjaga format Q&A ini.
3) Postingan yang hanya berisikan pernyataan Out of Topic, akan saya tindak-lanjuti dengan tegas; dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.
4) Semua pertanyaan, jawaban maupun pernyataan harus disampaikan dengan bahasa yang sopan.

Semoga semua berbahagia.

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1 on: 14 March 2009, 11:34:06 PM »
Mods U....

ayeeeeeeeeee mau tanyaaaaaaaaaaaaaaaa.....

apa maksudnya " akan saya tindak-lanjuti dengan tegas; dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya"? apakah itu artinya tiba2 thread dilock?atau dicuekin? bagaimana jika itu dilakukan tanpa sengaja, apakah baik jka tdk mmeberikan penjelasan apapun, yang dgn mksd agar lain kali tidak terulang?

dgn bahasa yg sopan....bagaimana kejelasan definisinya? apakah hrs dgn subjek sopan, "saya", "kamu" atau dgn ejaan bahasa EYD yang berlaku?

apakah tidak terkesan kaku?

mhn dpt ditanggapi

Thanks


Salam sejahtera semua teman-teman...  _/\_

Thread ini dibuat karena saya melihat antusias dari rekan-rekan yang cukup besar pada Board Buddhisme untuk Pemula ini. Saya bermaksud untuk menjadikan thread ini sebagai forum tanya-jawab seputar Buddhisme, khususnya untuk rekan-rekan yang ingin menggali pemahaman lebih lanjut tentang Buddhisme. Topik pertanyaannya bebas, asal masih berada dalam jalur sudut pandang Ajaran Sang Buddha. Saya harap thread ini dapat memfasilitasi rekan-rekan yang masih pemula, dan juga sebagai media bacaan yang ringkas, menyenangkan dan mencerahkan.

Untuk menjaga kenyamanan di thread ini, ada beberapa ketentuan yang saya buat, yaitu :
1) Thread ini adalah dari, oleh dan untuk kita bersama. Oleh karena itu, semua rekan boleh memberikan pertanyaan atau menyampaikan jawabannya masing-masing.
2) Thread ini adalah kolom tanya-jawab seputar Buddisme untuk pemula. Oleh karena itu, semua rekan diharapkan untuk tetap menjaga format Q&A ini.
3) Postingan yang hanya berisikan pernyataan Out of Topic, akan saya tindak-lanjuti dengan tegas; dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.
4) Semua pertanyaan, jawaban maupun pernyataan harus disampaikan dengan bahasa yang sopan.

Semoga semua berbahagia.
Life is about living...

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2 on: 15 March 2009, 06:25:08 AM »
[at] aitristina

"Postingan yang hanya berisikan pernyataan Out of Topic, akan saya tindak-lanjuti dengan tegas; dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya."
-> Maksudnya : Jika postingan hanya berisikan pernyataan OOT, flame, maupun ngejunk semata; saya akan mengambil tindakan tegas dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada rekan yang bersangkutan. Saya mungkin akan mengambil tindakan menegur, mensensor, ataupun menghapus postingan yang dirasa tidak berada dalam jalurnya. Ini demi kepentingan bersama, agar thread ini menjadi topik dan bacaan yang rapi serta mencerahkan.

"Semua pertanyaan, jawaban maupun pernyataan harus disampaikan dengan bahasa yang sopan."
-> Maksudnya : Bahasa yang digunakan sebaiknya tidak kasar, pedas, maupun berupa umpatan. Saya tidak mengharuskan setiap kata diketik dengan Bahasa Indonesia yang baku atau sesuai EYD. Tapi saya mengharapkan agar semua postingan tidak bersifat intimidasi ataupun kurang etis. Perlu kita sadari, kalau Forum DhammaCitta tercinta ini adalah forum publik. Di mana semua pengguna layanan internet di seluruh dunia bisa mengaksesnya. Oleh karena itu, untuk menjadi thread yang baik dan rapi, alangkah bijaknya kalau kita mulai membiasakan diri memberikan pernyataan-pernyataan yang sopan.

Semoga keterangan ini dapat dipahami.
:)

« Last Edit: 15 March 2009, 06:26:50 AM by upasaka »

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #3 on: 15 March 2009, 11:13:09 AM »
tanya donk ..

Dlm pancasila Buddhist sila ke5 .. menghindari makanan/minuman yg menghilangkan kesadaran.
kalo kita mengkonsumsinya tp tdk sampai kehilangan kesadaran/mabuk,  apakah kt udh melanggar sila ini n udh termasuk karma burukkah ..?

Dlm atthasila ada sila yg melarang mendengarkan musik.
kalo mendengarkan chanting nama Buddha .. atw alunan parita/keng yg versi musik ,
apakah udh melanggar sila ini ..?

thanks..
thanks Buddha...

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #4 on: 15 March 2009, 11:34:15 AM »
 [at]  4kupak,

anda tinggal didaerah berhawa dingin atau minum minuman berakohol untuk kepentingan kesehatan??

sifat mendgr itu sama dengan memanjakan indria pendengaran yang akan membawa kita terhanyut pada kenikmatan indria, hal tersebut sebaiknya dihindari walaupun itu alunan paritta/keng versi musik, akan tetapi kembali ke diri kita sendiri apakah hal tersebut bermanfaat atau tidak bagi kita sendiri...

Offline 7 Tails

  • Sebelumnya RAIN
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 864
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #5 on: 15 March 2009, 11:40:41 AM »
coba baca ini dulu ;D
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=418.0

objek netral oiii :whistle:
korban keganasan

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #6 on: 15 March 2009, 12:24:23 PM »
 [at]  Hendra susanto,

Sy tdk mengkonsumsinya boss haa , hnya skdar bertanya tuk nambah wawasan .

kalo chanting nama Buddha yg nienfo .. sejauh itu terasa bermanfaat ktk mendengarnya , berarti tdk menjadi masalah walau sdg menjalankan atthasila ..?

thanks
thanks Buddha...

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #7 on: 15 March 2009, 02:02:00 PM »
coba baca ini dulu ;D
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=418.0

objek netral oiii :whistle:

:)) objek netral klo sudah bs mengendalikan indria... kenyataannya 6 indria kita (dalam bbrp kasus misalnya musik, gw jd terlena ;D ) sulit untuk dijaga/dikendalikan.

 [at]  siku...

prinsipnya adalah pengendalian indria bro... bukan malah memanjakan indria. salah satu bentuk pemanjaan indria dalam kasus ini adalah mendengar alunan musik...

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #8 on: 15 March 2009, 04:13:47 PM »
numpang tanya tadi aku baru baca buku dari vihara tentang cara memperbaiki nasib yaitu dengan memperbanayk karma baik. nah di situ dikasi contoh kalo orang yang selama hidupnya jahat kalo mati bakal masuk neraka terus di siksa dan lahir lagi di kehidupan berikutnya dengan nasib yang jelek karena nanggung karma buruk.. nah yang aku mau tanyain emangnya ada neraka dalam ajran Buddha???  mohon petunjuknya soalnya aku masi dalam tahap belajar... _/\_ _/\_ _/\_
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #9 on: 15 March 2009, 08:50:26 PM »
numpang tanya tadi aku baru baca buku dari vihara tentang cara memperbaiki nasib yaitu dengan memperbanayk karma baik. nah di situ dikasi contoh kalo orang yang selama hidupnya jahat kalo mati bakal masuk neraka terus di siksa dan lahir lagi di kehidupan berikutnya dengan nasib yang jelek karena nanggung karma buruk.. nah yang aku mau tanyain emangnya ada neraka dalam ajran Buddha???  mohon petunjuknya soalnya aku masi dalam tahap belajar... _/\_ _/\_ _/\_

Tidak semua orang jahat akan terlahir kembali (pergi) ke neraka. Neraka merupakan salah satu dari alam-alam rendah, yang terdapat penderitaan hebat di sana. Penderitaan yang dirasakan para penghuni neraka bukan datang dari penyiksaan para algojo atau juru siksa. Makhluk-makhluk penghuni neraka merasakan penderitaan, karena memang kondisi alam neraka yang amat sengsara dan menyedihkan. Coba Anda bayangkan hidup di istana dengan hidup di daerah kumuh. Perbedaan kontras seperti itu adalah sebagai simbolisasi perbedaan alam kehidupan manusia dengan kehidupan para penghuni neraka.

Niraya
Niraya biasa sering disebut sebagai “neraka”. Alam Niraya adalah alam kehidupan yang penuh dengan penderitaan hebat. Makhluk-makhluk yang berada di alam ini akan selalu merasa dirinya tersiksa, menderita, kesakitan, kepanasan, dan berbagai penderitaan lainnya yang tanpa henti. Terdapat delapan Maha Niraya (Neraka Besar), yang masing-masingnya terbagi lagi sehingga keseluruhannya terdapat 136 Neraka. Delapan Maha Niraya itu antara lain :

<1> Sanjiva Niraya
      Makhluk yang berada di alam ini akan merasakan penderitaan tubuhnya terpotong-potong menjadi kepingan-kepingan tiada putusnya. Makhluk di alam ini akan mati dan bertumimbal lahir lagi di alam ini lagi, sampai berkali-kali hingga kamma buruknya telah habis. Kata “Sanjiva” itu berarti “hidup lagi dan hidup lagi”.
<2> Kalasuta Niraya
      “Kalasuta” berarti “benang hitam”. Penghuni alam ini akan merasakan seluruh tubuhnya terjerat oleh benang hitam dan selalu merasakan hantaman dan pukulan ke arah tubuh mereka.
<3> Sanghata Niraya
      Sanghata Niraya (Neraka Penghancur) adalah neraka yang penghuninya merasakan dirinya dihantam dan dihancurkan oleh batu karang raksasa yang menyala-nyala.
<4> Roruva Niraya
      Penghuni Neraka Roruva (daerah Tartarus) merasakan nyala api dan asap memasuki tubuh mereka melalui sembilan lubang seperti telinga, hidung, mulut, mata, dan sebagainya.
<5> Maha Roruva Niraya
      Sementara itu di Neraka Maha Roruva (Roruva Besar), penghuninya merasakan dipanggang dalam nyala api yang besar sekali.
<6> Tapana Niraya
      Makhluk yang menghuni alam ini akan berada dalam satu keadaan dimana mereka terikat dan melekat pada batang yang menyala, dan di seluruh lantai dan sekelilingnya pun menyala kobaran api yang luar biasa.
<7> Patapa Niraya
      Sementara itu di Patapa Niraya (pembakaran yang hebat), penghuninya merasa dipaksa oleh pukulan “senjata otomatis” dan menyala-nyala, untuk mendaki gunung yang diliputi api, dan api itu menyerangnya kembali dengan kuat sehingga mereka terjatuh ke bawah dan kembali terikat pada `batang besi menyala, dan menderita demikian serta tidak dapat bergerak.
<8> Avici Niraya
      Neraka Avici (yang berarti tanpa penghentian), yang merupakan neraka terbesar dan neraka yang paling menakutkan dan amat sengsara. Penghuni neraka ini akan merasakan semua penderitaan yang ada di 7 neraka lainnya, dan dengan frekuensi dan kualitas yang lebih dashyat.
« Last Edit: 15 March 2009, 08:52:41 PM by upasaka »

Offline ChangAn

  • Sebelumnya: Heri
  • Teman
  • **
  • Posts: 73
  • Reputasi: 3
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #10 on: 15 March 2009, 08:52:25 PM »
Nanya

Akhr2 ini wa bermasalah terus sama org Karesten.. Td sore, ada kk yg ngajak saya ke vihara tuh, dia ternyata temennya temen saya, emg udh direncanain mau ngajak saya ke viharanya  :)) lg debat ma 1 org Karesten. Awalnya sh pengen ajak dia ke vihara juga, ternyata stlh ngmng2 panjang lebar eh br tau dia Karesten.

Ada bbrp pertanyaan yg masih menjangal nih.. Temen2 bantuin yah..
Dia nanyanya banyak, gw tulis yg seingetnya aja ya

T : Di dalam agama Budha itu yg paling tinggi posisinya siapa sih? Saya bingung, banyak sekali Budha di dalam agama Budha.
J : Semua ajaran sama, menuju ke 1 titik yaitu Tuhan.
T : Kalo yg paling tinggi itu Tuhan, kenapa ga berdoa langsung ke Tuhannya saja?

T : Inti semua ajaran kan sama. Cuma jalannya aja yg beda kan? Tapi masalahnya bisa sampe ga?

T : Pernah denger 10 ajaran ga? Lupa*
Yg saya inget salah satunya tuh ada yg blg gini "ga boleh sembah patung2" krg lebih gt
J : Kk yg ngajak saya itu da jelasin kalo itu cuma simbol doank bkn sembah berhala bla2..

T : Ok, saya ngerti. Sekarang kalo mis saya pecahin patung Budhanya di depan kamu, kamu marah ga?
J : Ya pasti marah lah.
T : Knp marah? Itu kan cuma benda mati? Kalo kamu patahin salib depan saya, saya ga marah. Kalo kamu bakar alkitab depan saya, saya juga ga marah. Knp? Soalnya itu cuma benda mati. Yg hidup itu adalah firman kita bla2..

Kk saya yg ajak itu : ...............................................

Ada yg bisa bantu isiin ga?  :'( :'( :'(
Jujur temen2 sekalian disini, kalo ada yg nanya gitu gmn? Kalo ada yg pecahin patung Budha di depan kalian gmn? Kalo gw sih pasti ga rela lah.. Tapi.. *censored* tuh agama Karesten. Punya kepercayaan sendiri ya sendiri lah, parah banget sih. Wa br tau ternyata pandangan agama Budha di depan dia gitu tuh? Knp sih banyak yg mojokin agama Budha......
« Last Edit: 15 March 2009, 09:16:59 PM by upasaka »

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #11 on: 15 March 2009, 09:13:13 PM »
[at] ChangAn

Buddhisme tidak membicarakan Tuhan. Tuhan adalah konsep spiritual dari Timur Tengah. Mungkin thread ini : http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=9560.0 bisa memberikan sedikit pemahaman untuk Anda.

Umat Buddha tidak menggantungkan nasib sendiri di tangan pribadi lain. Adalah kesalahan apabila Umat Buddha berdoa dan memohon kepada Patung Sang Buddha. Buddhisme bukanlah suatu ajaran dogmatisme yang harus diterima secara bulat-bulat. Sang Buddha, selaku Guru Junjungan Umat Buddha, pun pernah menyatakan bahwa janganlah langsung percaya pada kata-kata dan ajaran-Nya sendiri. Coba tegaskan pernyataan ini. Tunjukkan bahwa dalam Buddhisme, tidak ada unsur paksaan dan rayuan untuk menerima ajaran ini.

Mengenai Patung Sang Buddha, mungkin thread ini : http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=8901.0 juga bisa memberikan pemahaman untuk Anda.

Umat Non-Buddhis cenderung memandang Buddhisme dengan kaca mata agamanya, bukan sebagai pemikir bebas. Jadi apapun yang Anda jelaskan bahwa menghormat patung bukanlah menyembah berhala, kebanyakan mereka tetap tidak bergeming. Di titik ini, Anda tidak perlu lagi memaksakan kehendak. Anda sudah menjalankan tugas, mengklarisifikasinya dan meluruskan pandangan.

Lebih baik Anda menjalankan Dhamma dengan bijaksana. Dengan bertindak bijak, kita menunjukkan bahwa para penyembah berhala seperti kita ini bisa berbuat lebih banyak kebajikan untuk semua makhluk hidup.


*NB : Lain kali jangan diulangi lagi yah... :)
« Last Edit: 15 March 2009, 09:37:21 PM by upasaka »

Offline ChangAn

  • Sebelumnya: Heri
  • Teman
  • **
  • Posts: 73
  • Reputasi: 3
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #12 on: 15 March 2009, 09:24:31 PM »
Ah dr dolo post dikasih link teruz..
Ketahuan deh saya jarang buka2 forum..  :)) Abis males sih banyak bgt.. Ada yg suruh saya buka tuh halamannya da sampe 50 apa 80 tuh.. Buset kejam amat suruh baca dr awal lg, lom lg ada topik2 yg OOT. Ga bisa ditulis disini aja  :))

Wkkkkkkkkkkk
Anyway thx yah

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #13 on: 15 March 2009, 10:46:14 PM »
Nanya

Akhr2 ini wa bermasalah terus sama org Karesten.. Td sore, ada kk yg ngajak saya ke vihara tuh, dia ternyata temennya temen saya, emg udh direncanain mau ngajak saya ke viharanya  :)) lg debat ma 1 org Karesten. Awalnya sh pengen ajak dia ke vihara juga, ternyata stlh ngmng2 panjang lebar eh br tau dia Karesten.

Ada bbrp pertanyaan yg masih menjangal nih.. Temen2 bantuin yah..
Dia nanyanya banyak, gw tulis yg seingetnya aja ya

T : Di dalam agama Buddha itu yg paling tinggi posisinya siapa sih? Saya bingung, banyak sekali Buddha di dalam agama Buddha.
J : Semua ajaran sama, menuju ke 1 titik yaitu Tuhan.
T : Kalo yg paling tinggi itu Tuhan, kenapa ga berdoa langsung ke Tuhannya saja?
Untuk apa persoalkan sapa yang paling tinggi?membanding2kan hanya akan menimbulkan kesombongan saja... :)
Lagian mengandalkan diri sendiri lebih baik... janganlah terlalu berharap kepada orang lain... :) :) Karena orang lain belum tentu dapat membantu diri kita... hanya diri sendirilah yang dapat menolong diri sendiri...

T : Inti semua ajaran kan sama. Cuma jalannya aja yg beda kan? Tapi masalahnya bisa sampe ga?

T : Pernah denger 10 ajaran ga? Lupa*
Yg saya inget salah satunya tuh ada yg blg gini "ga boleh sembah patung2" krg lebih gt
J : Kk yg ngajak saya itu da jelasin kalo itu cuma simbol doank bkn sembah berhala bla2..

T : Ok, saya ngerti. Sekarang kalo mis saya pecahin patung Buddhanya di depan kamu, kamu marah ga?
J : Ya pasti marah lah.
saya gak akan marah... :) :) :)
silahkan aja... ;D ;D ;D
guru pengganti guru agama w sementara juga pernah bilang seperti ini:
ketika dia sedang ceramah di suatu vihara, ia membelakangi patung Buddha,
lalu, ada salah seorang yang ikut kebaktian menegurnya, lalu ia pun menjelaskannya,
bahwa bukannya dirinya membelakangi patung tersebut tidaklah salah, karena hal tersebut hanyalah patung... kalaupun yang dibelakangnya itu adalah Sang Buddha sendiri, toh Sang Buddha sendiri tidak akan marah, karena dirinya bermaksud baik(membantu Sang Buddha membabarkan Dhamma), jadi Sang Buddha pun tidaklah akan marah ataupun yang lain...
Sang Buddha saja tidak akan marah kalau patungnya dihancurkan, napa kita harus marah? :D :D :D :D ;D ;D ;D
Kita sebaiknya tidak perlu marah kalau patung Buddha diapa2kan(ataupun kalau Sang Buddha dihina, kita tak perlu marah juga... ;D ;D ;D ;D ;D , ketika Sang Buddha difitnah aja Sang Buddha tidaklah marah ataupun apapun... :) :) :) , Sang Buddha bersikap bijaksana... :) :) :)
Jadi kitapun seharusnya mencontoh sikap Sang Tathagatha dalam menghadapi berbagai hal tersebut ;D ;D ;D ;D  ;D )
tak perlu marah\<^0^>/ karena Buddha saja tidak marah(padahal itu patungNya sendiri lho... ^-^ ) napa juga kita harus marah?
Klo itu patung kitapun, kita tidak perlu marah... ;D ;D ;D , soalnya bukankah segala sesuatu itu sifatnya anicca? toh nanti suatu saat patung tersebut akan rusak juga... jadi janganlah melekat akannya... hanya akan menimbulkan penderitaan saja... ;D ;D ;D ;D


T : Knp marah? Itu kan cuma benda mati? Kalo kamu patahin salib depan saya, saya ga marah. Kalo kamu bakar alkitab depan saya, saya juga ga marah. Knp? Soalnya itu cuma benda mati. Yg hidup itu adalah firman kita bla2..

Kk saya yg ajak itu : ...............................................

Ada yg bisa bantu isiin ga?  :'( :'( :'(
Jujur temen2 sekalian disini, kalo ada yg nanya gitu gmn? Kalo ada yg pecahin patung Budha di depan kalian gmn? Kalo gw sih pasti ga rela lah.. Tapi.. *censored* tuh agama Karesten. Punya kepercayaan sendiri ya sendiri lah, parah banget sih. Wa br tau ternyata pandangan agama Buddha di depan dia gitu tuh? Knp sih banyak yg mojokin agama Buddha......
byk yg mojokin agama Buddha...<= only your perseption... :)
Patung Buddha itu hanyalah simbol, klo vihara dibakar juga tak masalah..., klo Tipitaka dihancurin juga tak masalah..., Klo Sangha dibunuh juga gak masalah...
TAPI, Kalau Dhamma dicemari, kita haruslah bertindak ;D , jangan hanya berdiam diri, Lestarikanlah Buddha Dhamma\<^0^>/

Klo dia berpandangan begitu tentang agama Buddha, luruskan bro... jangan biarkan dirinya salah paham tentang Dhamma itu... ;D ;D ;D ;D


Klo ada yang tidak berkenan atau ada yang salah mohon diluruskan dan mohon maafnya juga ;D ;D ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^


Metta Cittena,
Citta _/\_
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #14 on: 15 March 2009, 11:33:18 PM »
Dari pada berdebat...

bilang aja kalau berani...
minggu ini bersama-sama ke gereja..
   minggu berikutnya ke wihara (dan seterusnya)..

supaya sama2 bisa memahamin lebih mendalam..
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya