//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - adi lim

Pages: 1 ... 320 321 322 323 324 325 326 [327] 328 329 330 331 332
4891
sering melepas makhluk hidup 'teraniaya' bisa men'kondisi'kan panjang umur.
sering berdana dan berbuat baik bagi orang lain, bisa men'kondisi'kan dapat jodoh.
tetapi 'kondisi' demikian tidak pasti dan harus 'terjadi' karena masih ada pengaruh kamma kehidupan lalu.
dari pada tidak berbuat, lebih baik berbuat 'kebajikan'.
Yang lalu tidak usah dipikirin, yang akan datang tidak usah diharapkan, konsentrasikan perbuatan yang sekarang dengan berbuat kebajikan yang terus menerus (berdana materi/non materi, jalankan 5 sila bila umat awam, dan melatih meditasi ), niscaya hidupmu akan bahagia.
tidak percaya silahkan buktikan sendiri

Demikian apa adanya, Semoga bermamfaat

 _/\_

4892
Diskusi Umum / Re: Aliran Buddha
« on: 01 February 2009, 08:08:56 AM »
at. may

Kalau udah memang sering kebaktian Theravada, ya udah lanjutkan terus, kalau diajak ke vihara non Theravada juga tidak usah bingung, karena memang beda tata cara kebaktian dan bahasa parittanya, yang pasti anda bingung kalau digabungkan jadi satu.

Kalau di telusuri perbedaannya ndak habis2, jadi lebih baik tetap lanjutkan yang sudah biasa.



4893
Theravada / Re: posting dr milis..ada yg mau nanggapi?
« on: 01 February 2009, 07:24:17 AM »
kalau mau disambut dengan sapa, anjali dan sejenisnya, saya kira bukan di Vihara, tetapi di Bank2, hotel2, tempat pelayanan umum lainnya,  jika ke Bank atau Hotel mau masuk pintu aja, udah dibuka pintu dan disapa selamat pagi, siang oleh satpam, begitu juga ke hotel2, dan tempat pelayanan umum lainnya.

seperti teman2 yang diatas memberikan tanggapan udah benar,
Hendra Susanto, untuk melatih diri
Dilbert, pindah Vihara kalau tidak cocok dengan lingkungannya
Virya, mulai pada diri sendiri, jangan mengharapkan orang lain berbuat sesuatu kepada kita dulu.

Tanggapan saya
Mengenai kasus vihara Saddhapala, memang saya tidak tahu masalahnya, tetapi apakah anda yakin vihara2 merk lainnya baik di Theravada, Buddhayana. Mahayana, Kelenteng pun, emang tidak pernah kejadian keributan ?, Anda harus tahu, bahwa dalam kehidupan ini yang namanya organisasi pasti ada terjadi keributan atau dilingkungan intern vihara tsb !,
Dalam kehidupan organisasi atau pergaulan dimana pun, semua pasti ada terjadi keributan, dan dari pengalaman keributan baru bisa diperbaiki dimana ada kesalahan-kesalahan.
Jadi hidup ini terjadi keributan itu udah biasa, di lingkungan keluarga aja sering terjadi keributan, apalagi dengan orang luar.
kalau anda menjadikan kasus vihara Saddhapala sebagai acuan vihara Theravada jadi tidaklah tepat.

Mengenai penyambutan dengan anjali dan sapa, tidaklah harus dan bukanlah kewajiban, karena masing-masing manajemen & Organisasi Vihara, SDM nya, dan lingkungannya berbeda2, tidak bisa disamakan

Jadi tujuan ke Vihara lebih cocok untuk melatih diri dan belajar mengenal Buddha Dhamma dengan baik dari pada acara2 'penyambutan'.
Kalaupun anda memang perlu dan senang dengan acara 'penyambutan' jadi harus sering mengunjungi ke vihara itu, dari pada tertekan bathinnya sewaktu ke vihara yang tidak punya penyambutan.

Jadi mulai dari diri sendiri, berlatih terus menerus berbuat sesuatu yang berguna, jika kelak perlu di 'servis', tetapi di ajaran Buddha, tidak perlu yang 'begituan', malah tambah melekat.

Semoga bermamfaat ya.
 _/\_








4894
Theravada / Re: Dewa Bodhisatta di Tusita Tidak Mengajarkan dhamma?
« on: 20 January 2009, 06:24:53 AM »
at. chingik

seperti penjelasan 7 tails udah benar.


 _/\_

4895
Diskusi Umum / Re: banning vs buddhism
« on: 18 January 2009, 06:34:27 AM »



apakah sang buddha mampu melarang devadatta menganiayanya ?

ika.
[/quote]

at. Bro Ika

Sang Buddha itu guru para Dewata dan Manusia, memBABARkan DHAMMA kepada 'muridnya', selanjutnya terserah murid2nya mau atau tidak mempraktekan ajaran Beliau.

seperti bro Ika dan teman2nya dulu waktu kecil diajarkan gurunya di sekolah.
Seorang guru yang baik mengajarkan pengetahuan yang dia ketahui kepada murid2nya,
tapi tidak semua murid2 bisa menerima langsung hasil ajaran gurunya, ada murid yang bisa langsung mengerti di sekolah, ada murid yang harus mengulang 'pelajaran' lagi dirumah baru mengerti, dan ada juga murid yang tidak senang dengan guru tersebut malah menganiaya gurunya.
kira2 bro Ika termasuk murid yang mana ?
 _/\_

4896
Ajaran baik adalah baik, ajaran Buddha adalah ajaran Buddha
Walaupun baik namun yang bukan ajaran Buddha janganlah disebut sebagai ajaran Buddha, karena barangsiapa menyebutkan ajaran yang tidak pernah diajarkan Buddha sebagai ajaran Buddha akan menuju alam menyedihkan

Majjhimanikāye; Majjhimapaṇṇāsapāḷi; 2. Bhikkhuvaggo; 3. Cūḷamālukyasuttaṃ 128

Tasmātiha, mālukyaputta,
Abyākatañca me abyākatato dhāretha;
byākatañca me byākatato dhāretha.


Setuju 100% Romo

Walaupun berbeda, tetapi ada patokan dasarnya dong. Gak sembarangan mengklaim si anu lebih tinggi dari Sammasambuddha / Samyaksambuddha.

Bro, emang ada yang lebih tinggi dari Sammasambuddha ? siapa ya ?
 _/\_

4897
Theravada / Re: [ask]mencapai arahat
« on: 06 January 2009, 03:33:16 PM »
[at]  atas...

hah....Pemecah rekor tuch...;D
Waduh... jual kapling aja ada saingan...bisa kagak laku tuch.. :))

_/\_ :lotus:

ci Lily kalau ndak laku2, cari agen penjual Ray white :))
 _/\_

4898
Theravada / Re: [ask]mencapai arahat
« on: 06 January 2009, 03:23:23 PM »
kok bs ada 2 ci? emank ciu taonya 2x yakk? saia juga ada looh =))

ya yalaahhhh.... 1x ciu tao kan dapat 1 kapling... 2x berarti dapat 2 kapling.... btw...ada yang mau beli ga? saya mau jual... :))

_/\_ :lotus:

gue udah 3x ciu tao, berarti ada 3 kapling, woi siapa mau beli nih, jual murah tanpa DP......,obral :))
 _/\_

4899
Diskusi Umum / Re: Seorang Bodhisatva lebih rendah dari Sotapanna ?
« on: 05 January 2009, 09:10:53 PM »
klu seorang boddhisattva emang lebih rendah dari sotapanna?
sedangkan sotapanna hanya manusia biasa yang harus lahir tujuh kali lg didunia
bisa kah dia menolong umat manusia yang kesusahan seperti boddhisattva avalokitesvara? bisa kah?


Bro Naviscope pernah ketemu sotapana ?
cara bodhisatta avalokitesvara menolong umat manusia yang kesusahan bagaimana ?

boddhisattva itu sebenarnya sudah mencapai tingkat ke buddha an, tapi karena welas asihnya dia menunda mencapai nirvana, demi tekad untuk menolong umat manusia, apakah ada yang lebih mulia dari cita-cita ini?
sanggup kah sotappana menunda mencapai tingkat arahat?


tekad seorang manusia untuk membantu manusia itu adalah perbuatan baik yang akan berbuah kebahagiaan itu setiap orang juga tahu.

Bro navscope kalau bisa jangan sotapana, langsung arahat aja, ngapain pake tunda2 segala.
emang gampang mau capai sotapana ?

 _/\_

4900
Pure Land / Tanah Suci / Re: [ASK] Setelah masuk Sukhavati...
« on: 05 January 2009, 04:16:45 PM »
Aku sangat bergembira apabila anda berkenan mengirimkan CD Tripitaka Mahayana, aku sangat membutuhkannya

trims ya sebelumnya, semoga jasa dan budi baik anda menuntun ke alam bahagia Sukhavati, aku sih tinggal di Sukasari Bogor


at. Romo
Udah dekat ni Romo, Sukhavati dan Sukasari, udah sama2 ada kata 'Suka', yang satu ada di Bogor yang satu 'ndak tahu masih dicari'.
 :))
 _/\_

4901
Pure Land / Tanah Suci / Re: [ASK] Setelah masuk Sukhavati...
« on: 05 January 2009, 04:01:58 PM »
bukan cuma nibbana saja yang kekal ya
kalau buddha amitaba bisa kekal di sukhavati berarti yang lain juga bisa ya / memang tidak ada batas umur?
buddha dengan ikrar nya bisa menciptakan alam lain ( seperti benda2 yang ada didalamnya , gunung disana mungkin, dll )
gak jauh dengan tuhan dong cuma kurang menciptakan mahkluk hidup
thanks

Buddha Amitabha kekal?....umur Nya "tak terhingga" bukan "kekal"
Semoga aku juga bisa menciptakan alam kehidupanku sendiri

thuti


Saya minta 1 kapling yaah... :))

_/\_ :lotus:

saya juga mai 1 kapling, sebelahan dengan ce Lily, kalau udah sebelahan kan saya bisa ce L

4902
Pure Land / Tanah Suci / Re: [ASK] Setelah masuk Sukhavati...
« on: 05 January 2009, 01:11:35 PM »
Quote
[at] Adi Lim
Menjustifikasi pemahaman Mahayana hanya dengan berpatokan pada Tipitaka?
Jangan berpikiran sempit please!

Apalagi di sub forum Mahayana ;D
Untuk mengetahui Sukhavati menurut Mahayana, harus mengerti konsep Trikaya dalam Mahayana.

at. Wolverine

waduh, tambah rumit nih !  :o

 _/\_

4903
Pure Land / Tanah Suci / Re: [ASK] Setelah masuk Sukhavati...
« on: 05 January 2009, 01:01:23 PM »
[at] Adi Lim
Menjustifikasi pemahaman Mahayana hanya dengan berpatokan pada Tipitaka?
Jangan berpikiran sempit please!



at. Bro Ed
Emang Mahayana tidak berpatokan Tipitaka ? jadi patokan Mahayana apa ?
kalau tidak berpatokan Tipitaka ya memang tidak sesuai, itu jelas.
Maaf Bro Ed, saya pikir patokan Mahayana itu Tipitaka.
 _/\_


4904
Pure Land / Tanah Suci / Re: [ASK] Setelah masuk Sukhavati...
« on: 05 January 2009, 10:49:58 AM »
Pendapat saya,

Sukhavati = Suddhavasa

Para Bhiksu Mahayana membuat versinya tersendiri, agar kelihatan punya 'nilai plus'.

 _/\_

namaste suvatthi hotu

Apabila benar sukhavati = suddhavasa, maka yang terlahir di sana harus Anagami semua, tul gak?

thuti

Betul Romo... itu menurut abhidhamma juga.

Anagami yang terlahir di alam Suddhavasa 5 tidak akan kemana-mana lagi sampai mencapai kebuddhaan di situ. makanya oleh aliran lain di sebut alam para Buddha.

_/\_ :lotus:

at. Lily
Setuju sekali,

Tapi kalau ada aliran lain, dimana umatnya masih menterjemahkan kalau Sukhavati tidak sama dengan Suddhavasa, maksudnya 'alam tersendiri', diluar 31 alam kehidupan.
akhirnya jadi masalah !, bisa membingungkan bagi yang mau belajar Buddha Dhamma.

 _/\_

4905
Pure Land / Tanah Suci / Re: [ASK] Setelah masuk Sukhavati...
« on: 05 January 2009, 10:42:11 AM »
Ashura dan Niraya dibentuk dari dosa(amarah)makhluk. neraka terus berkembang seiring dengan pikiran manusia,maka kita tidak bisa menentukan neraka setiap orang adalah sama,surga seorang adalah sama.

betul, ashura & niraya ada tingkatan, memang udah jelas ada sesuai dengan Tipitaka.
tapi alam ke 32 Sukhavati, 33, dst ........
yang masih meragukan !!!!

 _/\_

Pages: 1 ... 320 321 322 323 324 325 326 [327] 328 329 330 331 332