Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - tania

Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7 8 9 ... 11
16
Kesempatan Berbuat Baik / proyek pembangunan taman arca dan kuti
« on: 10 November 2010, 08:54:00 PM »
Proposal dan Rencana Pembangunan Taman Arca & Kuti
Vihara Dharma Giri Pupuan, Tabanan-Bali

Namo Buddhaya,
Seiring dengan makin bertambahnya kebutuhan akan pelatihan meditasi baik Vipassana maupun Samatha, maka kami Yayasan Vihara Dharma Giri Pupuan bersama-sama dengan kepala vihara, Dayakasabha, memandang perlu untuk menambah sarana dan prasarana sebagai tempat pelatihan meditasi yang memadai.
“Sabbadanam Dhammadanam Jinati” persembahan dana melebihi presembahan apapun juga, dibanding membangun sarana meditasi baik kuti Bhikkhu, wisma para yogi di areal bawah, kami juga akan menata Taman Arca dengan membuat Rupam Reclining Buddha dengan latar belakang hutan dan Gunung Batukaru akan menambah keindahan Vihara dan memperkuat keyakinan kita pada sang Tiratana.
Untuk bisa mewujudkan harapan ini, dengan segala kerendahan hati, kami mengajak semua pihak untuk saling bahu membahu bersama-sama menanam benih-benih kebajikan sesuai dengan kemampuan dengan berdana baik moril maupun materiil, semua itu akan merupakan bantuan yang sangat berarti bagi kami untuk mewujudkan cita0cita luhur ini.
Demikianlah semoga vihara ini nantinya akan dapat bermanfaat sebagai jembatan bagi mereka yang tertarik untuk mengenal, mendalami dan sekaligus mempraktekan Dhamma yang universal secara lebih mendalam, serta mampu untuk memberikan kontribusi yang sangat besar bukan saja bagi umat Buddha namun juga untuk masyarakat luas pada umumnya tanpa memandang perbedaan latar belakang agama, pendidikan, sosial dan budaya.
“semoga semua makhluk berbahagia, terbebas dari semua penderitaan”
Sadhu, Sadhu, Sadhu


Rencana Anggaran Biaya
Proyek Pembangunan Taman Arca dan Kuti
Vihara Dharma Giri Pupuan, Tabanan-Bali
No.   Uraian Pekerjaan   Biaya
1   Pekerjaan lantai dasar – lantai 1   Rp. 372.265.000,-
2   Pekerjaan lantai 1-lantai 2           Rp. 339.678.000,-
3   Pekerjaan lantai 2- lantai 3           Rp. 398.330.000,-
                             Total                           Rp. 1.110.273.000,-
Terbilang : Satu Milyar Seratus Sepuluh Juta Dua Ratus Tujuh Puluh Tiga Ribu Rupiah

Cara berdana :
Dapat ditransfer dalam bentuk material maupun uang melalui rekening :
Simpedes BRI cabang/unit Pupuan, Tabanan-Bali dengan No rekening : 4780-01-003833-53-7
Bank BPD dengan no rekening 01502.42.00645.4
An. Yayasan Vihara Dharma Giri Pupuan, Tabanan-Bali

Panitia yang dapat dihubungi :
Romo Kayan : 081.238.36277
Made Suartana : 081.139.3815
Ketut Ariana, S.H : 081.338.774.028

Atas segala partisipasi dan dukungannya baik moril maupun materiil kami ucapkan anumodana dan terima kasih.
Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitata
Semoga Semua Makhluk Bahagia
Sadhu, Sadhu, Sadhu

ps. diambil dari brosur proposal pembangunan taman arca dan kuti vihara dharma giri pupuan

17
Perkenalan / Re: SINGLE BUDDHIS
« on: 05 September 2010, 08:28:21 PM »
ada link online shopnya? ..  :D

18
Diskusi Umum / Re: Keistimewaan Ajaran Buddha oleh Romo Pannajayo
« on: 06 August 2010, 05:44:48 PM »
thanks ..  :)

19
Theravada / Re: Rekayasa atau Kisah Nyata?
« on: 03 August 2010, 03:25:17 PM »
jadi itu maksudnya bhikkhu Pesala masih hidup sampai sekarang? jadi yg menulis millinda panha sebenarnya sp?

20
Theravada / Re: Rekayasa atau Kisah Nyata?
« on: 03 August 2010, 10:17:48 AM »
sebelumnya, maaf jika ada kesalahan .. berdasarkan info dari http://www.reocities.com/Tokyo/Garden/9609/MilindaPanha/MilindaPanha1.htm disebutkan bahwa millinda panha oleh bhikkhu Pesala. siapakah bhikkhu Pesala ini?

21
Diskusi Umum / Re: Keistimewaan Ajaran Buddha oleh Romo Pannajayo
« on: 29 July 2010, 11:04:38 PM »
18. tanpa kekerasan
Tidak ada kata peperangan yang kita lihat dalam agama Buddha. Buddha mengatakan, “yang menang akan dibenci dan yang kalah hidup dalam penderitaan, siapa yang melepaskan kemenangan dan kekalahan adalah orang yang bahagia dan hidup dalam kebahagiaan.”

19. persamaan derajat
Buddha adalah yang pertama menentang kasta dalam hak asasi manusia. Buddha mengatakan “pergilan semua dan sebarkan ajaran ini, katakan pada mereka bahwa yang miskin dan rendah, yang kaya dan tinggi semuanya satu dan semua kasta menyatu dalam kepercayaan ini seperti semua sungai yang mengalir ke laut.”

20. persamaan dalam jenis kelamin
Gerakannya untuk mengijinkan wanita menjadi anggota sangha sangat radikal pada waktu itu.

21. demokrasi
Buddha adalah yang pertama membela semangat pemusyawaratan/demokrasi. Dalam Sangha, setiap anggota mempunyai hal yang sama untuk memutuskan hal-hal yang umum.

22. peduli terhadap lingkungan
Ajaran Buddha sangat mendukung kepedulian dan menghormati lingkungan sekitarnya karena Buddha melihat dengan jelas hubungan manusia dengan alam.

23. tidak ada upacara pengorbanan
Buddha tidak membenarkan pengorbanan terhadap binatang karena Beliau melihat hal itu sangat kejam dan tidak adil seseorang menghancurkan kehidupan makhluk lainnya hanya untuk keuntungan pribadi yang egois.

24. tidak ada peragaan keajaiban
Keajaiban tidaklah dipandang sebagai pernunjukkan adanya penerangan sempurna atau kebijaksanaan, karena kekuatan spiritual dapat dimiliki oleh siapa saja. Supranatural dilihat sebagai fenomena alami yang tidak dapat dimengerti oleh mereka yang belum tercerahkan. Beliau mengajarkan bahwa keajaiban tertinggi adalah kemampuan untuk mengubah seseorang yang bodoh menjadi seseorang yang bijaksana.

25. tidak menyalahgunakan politik
Buddha berasal dari kasta ksatria dan masuk dalam kategori Raja, Pangeran dan Menteri. Tetapi beliau tidak pernah menggunakan kekuatan pengaruh politikNya untuk menyebarkan ajaran-ajaranNya. Dan Beliau tidak memperbolehkan ajarannya disalah gunakan untuk mendapat kekuatan politik.

26. tidak pendendam
Tidak ada konsep dosa yang tak termaafkan dalam agama Buddha. Buddha mengatakan bahwa semua yang dilakukan bermanfaat ataupun tidak bermanfaat disebabkan oleh tidak adanya kebijaksanaan. Selalu ada harapan selama seseorang menyadari kesalahannya dan berubah untuk menjadi lebih baik.

27. tidak ada eksklusifitas dan fanatisme
Buddha mengajarkan bahwa jika ada kepercayaan yang mengajarkan empat kesunyataan mulia dan jalan mulia berunsur delapan seharusnya dipandang sebagai agama yang benar.

28. penyebaran tanpa kekerasan
Satu contoh yang sabngat tepat dari kualitas dan pendekatan misionaris Buddhist adalah Raja Asoka yang mengirimkan penyebar agama Buddha di berbagai daerah di asia dan dunia barat untuk memperkenalkan ajaran Buddha tentang perdamaian. Salah satu prasasti yang terukir di batu pilar Asoka, yang masih ada sampai saat ini di India menyatakan “Seseorang seharusnya tidak hanya menghargai agamanya dan mencela agama lain, tetapi seseorang seharusnya menghargai agama orang lain, dengan melakukan ini seseorang membantu agamanya untuk tumbuh dan memberikan perlakuan yang baik terhadap agama lain juga. Dengan melakukan yang sebaliknya, seseorang menggali kubur bagi agamanya sendiri dan merugikan agama yang lain.”

29. tujuan yang paling berbahagia
Pencapaian Ke-Buddha-an atau memperoleh kebahagian sejati untuk diri sendiri dan orang lain adalah yang paling sulit, tetapi merupakan hal yang sangat berharga untuk dilakukan. Umat Buddha tidak selayaknya melakukan salah satu bentuk ekstrim.

30. gambaran lengkap mengenai umat manusia dan agama
Buddha menjelaskan secara rasional dan mendetail tentang bagaimana semua kepercayaan spiritual berkembang sepanjang sejarah sejalan dengan perubahan dalam pola pikir manusia. Belia juga member kita gambaran yang jelas mengenai pengaruh agama dalam kehidupan manusia.

31. jalan sempurna untuk mencapai kebahagiaan sejati

32. kebahagiaan dalam hidup ini
Ajaran Buddha bukanlah sebuah agama yang hanya untuk dipraktekan dalam kehidupan dunia lain semata. Walaupun dengan mempraktekkan ajaran Buddha dalam kehidupan ini akan menghasilkan dampak positif untuk kehidupan selanjutnya, sebagian besar dari hasil latihan/praktek kita akan dapat rasakan dalam kehidupan ini juga.

33. segala sesuatu itu terbuka
Menurut Buddha, kebenaran itu merupakan hal yang terbuka untuk ditemukan semua orang.

34. perbuatan baik dan penuh pengertian
Pesan Buddha mengenai perbuatan baik dan penuh pengertian terhadap semua makhluk merupakan pesan universal. Dunia saat ini membutuhkan pesan mulia ini lebih daripada sebelumnya dalam sejarah kemanusiaan.

22
Diskusi Umum / Re: Keistimewaan Ajaran Buddha oleh Romo Pannajayo
« on: 29 July 2010, 11:04:22 PM »
9. pendirian yang teguh
Buddha adalah guru yang tiada bandingnya. Beliau membebaskan dan mengundang semua pengikut-pengikutNya maupun kepercayaan lainnya untuk membuktikan ajaranNya dan bahkan telah mendirikan aliran-aliran Buddhist yang berbeda sesuai dengan pengertian mereka tanpa kekerasan dan pertumpahan darah.

10. tidak ada kepercayaan yang membuta
Buddha tidak pernah menjanjikan kebahagiaan surgawi ataupun penghargaan pada mereka yang mengaku pengikut-Nya. Beliau juga tidak menjanjikan keselamatan pada mereka yang percaya pada-Nya. Bagi-Nya kepercayaan bukan penawaran melainkan jalan hidup yang mulia untuk memperoleh penerangan sempurna.  Buddha mendorong semua orang untuk datang dan tidak hanya sekedar mempercayaiNya. Beliau menasihati kita untuk memilih kepercayaan yang cocok dengan menyelidikinya dari berbagai segi, bukan hanya menerima segala sesuatu dengan emosional atau kepercayaan membuta.

11. keyakinan dari pengalaman dan akal sehat
Ajaran Buddha adalah satu-satunya agama yang dijelaskan kepada umat manusia lewat pengalaman, pencapaian, kebijaksanaan dan penerangan sempurna dari penemunya (Buddha) tanpa mengatakannya sebagai perintah atau pesan dari dewa tertentu. Ini berakar dari pengalaman dan bukannya kepercayaan membuta. Masalah manusia harus dimengerti oleh seseorang melalui pengalaman-pengalaman manusia dan dapat dipecahkan dengan mengembangkan kualitas-kualitas manusia yang sempurna. Seseorang dapat menemukan solusi melalui pemurnian dan pengembangan pikirannya, bukan dari faktor luar. Oleh sebab itu, Buddha tidak pernah menemukan adanya penyelamat seperti itu. menurutNya, kita dapat menjadi penyelamat bagi diri kita sendiri.

12. kebenaran
Keseluruhan Buddha mengatakan bahwa kita harus menghadapi kenyataan hidup dengan berani tanpa bertindak munafik serta menerima kenyataan apapun itu dan kapanpun itu terjadi. Semua yang Beliau ajarkan adalah kebenaran praktis sejati yang membawa kita menuju kebahagiaan sejati.

13. ilmiah
Ajaran Buddha tidak pernah menemukan interpretasi tambahan pada apa yang diajarkan. Penemuan baru yang ditemukan oleh para ilmuah tidak pernah bertentangan dengan ajaran Buddha karena metode dan ajaran Buddha terbukti benar secara ilmiah. Albert Einstein (ahli fisika dan matematika) peraih nobel yang populer sebagai ilmuan yang jenius pada abad ke 20 menyatakan : Agama masa yang akan datang adalah agama kosmik. Agama ini mengatasi Tuhan yang bersikap pribadi dan menghindari dogma dan teologi. Mencakup baik ilmiah maupun spiritual dan berdasar pada rasa keagamaan yang muncul dari pengalaman terhadap segala sesuatu, alami dan spiritual serta melalui pengertian yang menyeluruh. Ajaran Buddha memenuhi ciri-ciri ini.. jika ada agama yang dapat mengimbangi ilmu pengetahuan modern, itu pasti ajaran Buddha.

14. unggul dalam filsafat
Seperti yang dikatakan oleh Bertrand Russel (ahli matematika, fisika, pengarang dan kritikus) pemenang nobel yang dikenal sebagai filsafat terhebat abad 20, “Dari sejarah agama-agama yang hebat, saya lebih suka ajaran Buddha. Ajaran Buddha adalah kombinasi dari berbagai filsafat yang spektakuler dan ilmiah. Ajaran ini memakai metode ilmiah dan pada akhirnya dapat disebut rasional. Di dalamnya dapat ditemukan jawaban dari berbagai pertanyaan yang menarik seperti, “apa itu batin dan jasmani? Dari keduanya mana yang lebih penting? Apakah alam semesta ini bergerak menuju satu tujuan? Apa kedudukan manusia? Ini diambil dimana para ilmuan tidak mampu menjawabnya karena keterbatasan pengetahuan dan peralatan. Penakluknya adalah pikiran.”

15. Unggul dalam psikologi
Dalam perjalanan karirnya banyak psikolog telah menemukan seperti Dr. Carl G.Jung (penemu psikologi analitik – perintis psikologi modern) Buddha telah mengetahui masalah-masalah psikologi dan solusinya lebih dari 2500 tahun yang lalu, jauh sebelum masalah-masalah tersebut muncul pada masa modern ini.

16. Tidak menakut-nakuti.
Buddha adalah figure terbesar yang mengutamakan munculnya keyakinan rasional ketimbang kepercayaan tahayul semata. Ajaran Buddha adalah ajaran yang menggunakan akal dan tidak menakut-nakuti untuk memaksa setiap orang dengan segala cara untuk mempercayainya.

17. Cinta kasih universal

23
Diskusi Umum / Re: Keistimewaan Ajaran Buddha oleh Romo Pannajayo
« on: 29 July 2010, 11:04:07 PM »
1. Teladan yang sempurna.
Buddha merupakan perwujudan dari kebajikan-kebajikan yang telah beliau sampaikan. Beliau mempraktikan semua perkataan yang disampaikan-Nya dalam tingkah laku. Kualitas moral, kebijaksanaan dan belas kasihNya adalah yang paling sempurna yang pernah ada di dunia ini.

2. Kita dapat menjadi sempurna.
Ajaran Buddha dapat membuat kita mencapai tingkat spiritual paling tinggi yang dapat kita peroleh. Buddha mengajarkan bahwa semua makhluk dapat mencapai kesempurnaan. Tidak ada pendiri kepercayaan lainnya yang pernah mengatakan bahwa setiap pengikutnya mempunyai kesempatan yang sama untuk memperoleh kedamaian, kebahagiaan dan pembebasan dirinya. Tetapi Buddha mengajarkan bahwa semua makhluk dapat mencapai kebahagiaan yang sama dari penerangan sempurna jika mereka mempraktekkan dhamma yang telah beliau praktekkan.

3. Melebihi agama
jika definisi 'agama' adalah kepercayaan dan pemujaan pada sesuatu yang tertinggi, dengan kewajiban untuk melaksanakan upacara dan puja, maka ajaran Buddha tidak terbatas hanya sebagai agama.

4. universal
karena perhatian Buddha adalah kebahagiaan sejati bagi semua makhluk, ajaranNya dapat dipraktekan dalam masyarakat maupun dalam hutan sunyi, oleh semua ras ataupun kepercayaan. Ini semua benar-benar memihak dan universal.

5. pemurnian pikiran
Ajaran Buddha adalah satu-satunya ajaran yang tidak hanya berakhir pada menghindari semua kejahatan dan melakukan kebaikan tetapi juga mengajarkan pemurnian pikiran seseorang. Pikiran merupakan akar dari semua kebaikan dan kejahatan dan yang menjadi sebab dari penderitaan maupun kebahagiaan sejati.

6. kepercayaan diri
Ketika Buddha sedang bermeditasi untuk mencapai penerangan sempurna, tidak ada dewa yang datang mengungkapkan rahasia terselubung dari seluruh kekuatan spiritual. Tidak ada satupun yang memberikan beliau kepercayaan untuk diajarkan. Beliau mengatakan, “Saya tidak mempunyai guru atau pemberi pencerahan yang mengajarkan atau memberitahukan saya bagaimana cara memperoleh penerangan sempurna. Saya mendapatkan kebijaksanaan tertinggi dengan usaha, energy, pengetahuan dan pemurnian saya sendiri.” Begitu juga, kita dapat mencapai tujuan tertinggi ini melalui kesabaran dan penyempurnaan diri kita.

7. kebebasan berpikir
Dari kandungan intelektual filsafat ajaran Buddha berkembanglah kebebasan berpikir dan mencari yang mungkin berbeda dengan agama-agamai lain yang ada di dunia. Walaupun Buddha mendorong kita untuk mempraktekkan ajaran-Nya, tidak ada paksaan atau keharusan untuk menerima dan meyakini ajaran Beliau.

8. pelajaran mengenai kebenaran.
Buddha adalah guru terbesar yang mengajarkan kebenaran. Ajaran Buddha adalah pelajaran yang sempurna mengenai kita dan alam semesta tempat kita berada. Ajaran ini melebihi pengetahuan tertinggi, merupakan kebijaksanaan tertinggi yang membawa pada kebahagiaan sejati. Hal yang menarik untuk diketahui bahwa universitas pertama yang didirikan di dunia adalah universitas Buddhist di Nalanda, India, yang berkembang mulai abad kedua sampai ke Sembilan masehi.

24
Diskusi Umum / Keistimewaan Ajaran Buddha oleh Romo Pannajayo
« on: 29 July 2010, 11:03:41 PM »
Keistimewaan Ajaran Buddha oleh Romo Pannajayo dikutip dari 'Be Wise' edisi Januari 2010 .. semoga bermanfaat ..  _/\_

25
Humor / Re: Drama sebuah Pacaran
« on: 29 July 2010, 07:36:28 PM »
kok kayak percakapan antara Rita dan Agus di Jomblo-nya aditya mulya yaa .. hahaha ..

26
Humor / Re: Pemerintah mengganti warna tabung gas 3kg
« on: 29 July 2010, 06:35:29 PM »
 :-?

27
Diskusi Umum / Re: fangsen alias abhaya dana .. sebuah karma buruk?
« on: 27 July 2010, 10:59:54 PM »
Fangsen itu yang penting niat....
Kalau fangsen dengan niat baik maka hasilnya baik...
Kalau fangsen dengan niat jelek maka hasil jelek juaga yang kita terima (krn kita udah berbuat buruk )
fangsen itu ga ada yang jelek kok...
Asal kita didasari oleh cinta kasih yang kuat agar mahluk bisa bebas...
biasanya di bali kita fangsen burung, ikan, dll ^-^

karena kadang kebodohan juga menghalangi niat kita yg sudah baik jadi sebisa mungkin dicari tau untuk melakukan perbuatan yg sesuai niat baik kita .. niat saja tidak cukup, perlu ada realisasi ..  _/\_

28
Buddhisme untuk Pemula / Re: tujuan utama terlahir kembali
« on: 27 July 2010, 10:57:03 PM »
Sebelum bertanya apakah tujuan utama kelahiran kembali adalah A, B, C atau D, ada pertanyaan yang lebih dulu perlu dijawab:
"Apakah memang kelahiran kembali memiliki sebuah tujuan?"

jika tidak, untuk apa terlahir kembali itu ada? ..

29
Buddhisme untuk Pemula / tujuan utama terlahir kembali
« on: 27 July 2010, 06:14:29 PM »
dalam sebuah artikel dari http://berita.bhagavant.com/2010/07/21/dalai-lama-akan-lahir-lagi-di-negara-bebas.html disebutkan :
Jika saya meninggal sebagai pengungsi dan situasi Tibet tetap seperti ini, maka secara logika, kelahiran kembali saya akan muncul di sebuah negara bebas, karena tujuan utama kelahiran kembali adalah untuk melaksanakan pekerjaan yang dimulai dalam kehidupan saya sebelumnya.”

saya ingin tau hal itu pernah diajarkan sang buddha atau tidak? termasuk ajaran theravada/mahayana/tantrayana atau lainnya? dan bisa tolong diberikan kutipan sutta/sutra nya? anumodana ..  _/\_

30
Diskusi Umum / Re: fangsen alias abhaya dana .. sebuah karma buruk?
« on: 27 July 2010, 05:38:54 PM »
menurut teman2 skalian, gimana sih cara terbaik ngelakuin fang shen? supaya niat dan tindakan sama2 baik? ..

salah satu referensi 'dodol' dari teman saya adalah dg masuk ke hutan bersama2 dan melepaskan binatang2 terjerat ..  atau keliling kota melepas binatang2 itu sedikit demi sedikit ..

Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7 8 9 ... 11