Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - nyanadhana

Pages: 1 2 3 4 5 6 [7] 8 9 10 11 12 13 14 ... 255
91
[at] Virya:
Bukan terpengaruh agama lain, tetapi berusaha mencari rujukannya dalam Tipitaka atau Tripitaka. Bila memang dalam Tripitaka atau Tipitaka diperbolehkan ya tidak apa-apa. Sebagai umat Buddha sudah sewajarnya kita mengacu para Tripitaka atau Tipitaka.

Salam hormat,

Tan

kadang dibutuhkan kebijaksanaan tidak hanya sekedar bergantung pada Tipitaka :) krn kalo mau mencari referensi yang cuman segelintir doank lebih baik mencari informasi yang mebawa anda pada pencerahan batin.

92
[at] all
tanya dong,
kalo umat Maitreya/ Thien Tao  dan lain-lain masuk ke vihara lalu mengajak umat-umat  disana untuk dateng ke vihara mereka kira-kira bagaimana y. tanggapan rekan-rekan ? 

kisah klasik :)
sama seperti para evangelis pernah melakukan ke vihara.kembali lagi ke iman umat buddha apakah goyah oleh ajakan seperti itu.buat saya itu hak azasi manusia.

93
Dalam Vinaya disebutkan bahwa seorang bhikkhu tidak akan membabarkan Dhamma kepada orang yang mengenakan alas kaki/topi/payung/dll. dengan asumsi bahwa seseorang masuk ke vihara untuk bertemu bhikkhu tentu saja sebaiknya melepas alas kaki, dll. tetapi kalau sekedar mau foto-foto saya kira no problemo.


yang ini masuk di bagian pertanyaan yang satu lagi mengenai turis Taiwan.

94
[at] Nyanadhana:

saya pounya murid Yoga umat Muslim yang senang ikut saya pergi ke Cetiya Dhammamanggala Sunter dan sekarang menjadi vegetarian.menurut anda yang membatasi seseorang ke vihara itu imannya atau apa?

Bukan masalah iman yang membatasi atau bukan. Pertanyaan saya adalah apa yang dikatakan sendiri oleh Sang Buddha, yakni sebagaimana yang termaktub dalam Tipitaka/ Tripitaka. Jadi bukan menurut saya, si A, atau si B.

Demikian sedikit tanggapan saya. Mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan.


di zaman sang Buddha,bahkan sampai kasta buangan pun diterima dengan baik bahkan seorang pembawa kotoran manusia ,sang Buddha menyambut dia dengan tangan Beliau.beberapa kisah mengenai aliran lain datang dan duduk berdiskusi.apalagi jaman sekarang agama lain.inilah keindahan agama Buddha.kita tidak mengkotak2an individu.

95
Salam,

Serombongan turis sedang memasuki sebuah vihara di Taiwan. Mereka tidak melakukan puja bakti dan hanya sekedar potrat potret saja. Tindakan ini bisa dibenarkan tidak?
Ternyata ada salah seorang atau beberapa orang mengenakan topi saat masuk vihara. Apakah ini dibenarkan atau tidak?

Mohon rujukan dan jawabannya berdasarkan Tripitaka/ Tipitaka. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Mohon jangan berikan jawaban yang berupa tanggapan pribadi.

Salam hormat,

Tan

sekelompok umat Buddha memasuki Candi Borobudur dan menggunakan payung,celana seksi dan tank top karena kepanasan.menurut anda pantas tak pantas?
Alamak.. ini turis yg banyak bawa dollar..... kalau gak ada payung kan kepanasan... dan
dan kalau dinegaranya udah biasa pakai tank top... trus sampai di candi gak boleh masuk gimana ?

pikir juga kemudahan utk tamu kita dehhhh

pikir juga deh untuk kemudahan tamu kita dari taiwan.

96
Salam,

Serombongan turis sedang memasuki sebuah vihara di Taiwan. Mereka tidak melakukan puja bakti dan hanya sekedar potrat potret saja. Tindakan ini bisa dibenarkan tidak?
Ternyata ada salah seorang atau beberapa orang mengenakan topi saat masuk vihara. Apakah ini dibenarkan atau tidak?

Mohon rujukan dan jawabannya berdasarkan Tripitaka/ Tipitaka. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Mohon jangan berikan jawaban yang berupa tanggapan pribadi.

Salam hormat,

Tan

sekelompok umat Buddha memasuki Candi Borobudur dan menggunakan payung,celana seksi dan tank top karena kepanasan.menurut anda pantas tak pantas?

97
Salam,

Ini ada pertanyaaan "Bolehkah umat non Buddhis memasuki vihara?" Bagaimana pendapat teman2 sekalian?
Memasuki vihara di sini dalam artian bukan untuk berpuja bakti, melainkan sekedar melihat2.
Persyaratan2 apakah yang harus dipatuhinya?
Haruskah ia turut melepas alas kaki jika memasuki vihara?

Mohon rujukannya berdasarkan Tipitaka/ Tripitaka. Mohon maaf tanggapannya jangan pendapat pribadi. Sudilah kiranya berdasarkan Tipitaka/ Tripitaka karena argumen nanti yang saya berikan harus kuat.

Salam hormat selalu, Namaste,

Tan

saya pounya murid Yoga umat Muslim yang senang ikut saya pergi ke Cetiya Dhammamanggala Sunter dan sekarang menjadi vegetarian.menurut anda yang membatasi seseorang ke vihara itu imannya atau apa?

98
apakah dulu ada fotonya yesus yang asli sehingga semua orang mengatakan itu wajah yesus?

99
kan seperti kasus ariel,semua ikut numpang ngetop :P
bukankah Pak Hud ini juga suka main tusuk belakang dengan menyampaikan informasi di seluruh website dan milis forum buddhist bila dia berdebat dengan seseorang dan akhirnya ia mencoba mencari dukungan.
bukankah yang kita bicarakan disini hanya sebatas di forum dc tidak pernah dibawa sampai forumn lain?
pernah lihat notes yang dibuat pak hudoyo di fb atau di milis lain,banyak mencatut nama2 secara bukan samaran dimana kalo mau dirunut kedalam hukum internet indonesia bahwa sangatlah tidak etis membawa nama asli orang di dalam forum,yang diperbolehkan hanyalah nick.
anda ngasih informasi atau menjustifikasi kejahatan di sini?

jadi untuk orang yang anda anggap jahat, keadilan tidak diperlukan? lucuti semua haknya dan sebarkan aja fitnah yang gak jelas kebenarannya serta balas dengan kekejian karena dia gak pantas mendapatkan keadilan... selama ada justifikasi, hajar bleh!

apakah ini cara buddhis?


katakan ini pada hudoyo,dia juga hajar bleh,tapi wajar dia bukan buddhis tapi saya tidak tahu agama dia apa.
1.pernahkah ia minta ijin mencatut nama orang yang berdebat dengan dia lalu diposting di semua media?
2.pernahkah ia berdiskusi tanpa membuat orang lain makin mengerti.apa yang dinamakan upaya kausalya seorang guru?

tambahan,saya tidak perklu menjustifikasi,anda yang membca tulisan ini yang memberi penilaian.

100
mungkin beda sudut pandang ya bro..
bro mungkin memandangnya dari sisi yg lain...dan yang lain memandang dari sisi yang lain juga...
jadi gak bakalan ketemu kalau mau disatukan cara pandangnya...
kalau menurut saya sih..gak mungkin ada asap,kalau tak ada api...
kalau disebut menjijikan...maksudnya gimana yah...
tidak ada justifikasi untuk penyebarluasan fitnah, bang...
tidak perlu sudut pandang, tidak perlu tau latar belakangpun, penyebarluasan fitnah tetap salah dan menjijikkan, apalagi ini terjadi di forum buddhis.
apakah anda bermaksud untuk mengatakan orang yg dianggap jahat tidak memerlukan keadilan?
balik ke hukum rimba?


1.lebih memalukan mana ya.tindakan seorang guru meditasi mencatut beberapa nama orang yang bertanya/berdebat meditasi dengan beliau lalu disebar luaskan di berbagai media internet mulai forum,milis,facebook dll lalu ketika guru itu sudah mulai kalah atau mulai bosan menanggapi,yang berdebat dengan beliau di ban atau di delete.namun setelah mendelete,guru itu dibelakang dengan lantangnya berkat abahwa ia telah menang.

2.lebih memalukan mana ya seorang guru mengajarkan meditasi lewat internet yang sudah banyak diketahui bahwa internet hanya akan membuat pencabangan pikiran.lihatlah guru meditasi ternama ada tidak yang mengajar lewat internet.manggala sutta menyebutkan mendengarkan dhamma pada saat yang tepat.saya tanya apakah internet saat yang tepat?namun ini masih ditoleransi karena ini urusan beliau

3.beliau sering menjustifikasi seseorang dari aliran meditasi ini meditasi itu,guru ini dan guru itu yang setelah personal orang itu mengklarifikasi ,beliau minta maaf,sangat lucu kalo kita bilang jangan memiliki pandangan terlebih dahulu terhadap seseorang tapi dia sendiri sering begitu

4.maaf perbincangan beliau suka menyalahkan kondisi bhikkhu dan agama Buddha,bila ia ingin merevisi agama Buddha kenapa tidak masuk kembali ke dalam Sangha,namun menjadi penghianat yang berkoar koar.anda tahu ada suatu ketika ia datang ke sebuah vihara dan menceramah dan dengan berapi2nya mengobarkan kebencian terhadap agama buddha dengan berkata bhikkhu telah salah,sangha telah salah.mantap.seluruh umat terhentak

anda tahu apa dengan mengatakan memalukan,kalo bisa pak hudoyo dinasehati dan menerima kritik saran sudah saya acungi jempol,lihat tindakan beliau,justifikasi tidak dinilai dari ajaran meditasinya tapi dari perbuatan,ucapan dan pikirannya.

101
thread ini lucu. orangnya gak ada di sini, tapi rame2 diomongin jelek dibelakang.
apakah mungkin sakit hati dulu akibat kata2 pedas masih terngiang2 ditelinga ya?

thread ini bahkan diawali dengan posting yg menjijikan, dan dibiarkan begitu saja.
gak malu mengaku buddhis? acara infotainment aja gak semenjijikan ini...


kan seperti kasus ariel,semua ikut numpang ngetop :P
bukankah Pak Hud ini juga suka main tusuk belakang dengan menyampaikan informasi di seluruh website dan milis forum buddhist bila dia berdebat dengan seseorang dan akhirnya ia mencoba mencari dukungan.
bukankah yang kita bicarakan disini hanya sebatas di forum dc tidak pernah dibawa sampai forumn lain?
pernah lihat notes yang dibuat pak hudoyo di fb atau di milis lain,banyak mencatut nama2 secara bukan samaran dimana kalo mau dirunut kedalam hukum internet indonesia bahwa sangatlah tidak etis membawa nama asli orang di dalam forum,yang diperbolehkan hanyalah nick.

102
bro ryu apa nya yang tegak?bukannya udah edi tansil dr td.:P

103
wah ternyata ada konspirasi antara moderator SP...nih katanya pak Hud..bener gak ya??? saya kurang paham nih tulisannya...bisa ada yang bantu artikan....

ini linknya : http://www.facebook.com/notes/hudoyo-hupudio/-samaggiphala-update-04-170710-konspirasi-moderator-dg-para-penyerang-saya/409298426639

semakin hari berkurang rasa hormat dan simpati saya.

Pages: 1 2 3 4 5 6 [7] 8 9 10 11 12 13 14 ... 255