Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - Alucard Lloyd

Pages: 1 2 [3] 4
31
Pengalaman Pribadi / hidup bahagia mencapai nibbana
« on: 04 May 2012, 10:17:55 AM »
Rumus perubahan hidup.
1.   Pola pikir
2.   Tekad / niat
3.   Semangat
4.   Action / perbuatan
5.   Kebiasaan / gaya hidup
Tujuan hidup.
1.   Mendapat
2.   Memberi
3.   Mendapat dan memberi tanpa melekat
Rumus tenang seimbang.
1.   Hidup saat ini
2.   Sadari nafas masuk dan nafas keluar
3.   Tidak terpengaruh oleh perasaan yang bergejolak
4.   Senyum bahagia
5.   Doa dalam bathin yang dapat membuat bathin menjadi tenang
Rumus manusia bahagia (sempurna).
1.   Sadari perubahan hidup untuk selalu beradaptasi atas setiap kondisi.
2.   Tidak melekat pada apa yang didapat dan apa yang diberi.
3.   Tenang seimbang setiap saat.
4.   Kebijaksanaan dalam berpikir, berucap, dan tingkah laku.
5.   Berpandangan terang tentang kehidupan.
Kehidupan hanya saat ini, apa yang terjadi dimasa lalu hanyalah sebuah goretan pena diatas kertas. Apa yang akan terjadi dimasa depan hanyalah ilusi belaka. Kehidupan saat ini pun hanya sekejap kedipan mata. Begitu sadar kita sudah berlalu dari masa lalu. Tiada hidup saat ini karena hidup saat ini begitu singkat. Pikiran membodohi diri beranggapan ini adalah kekal abadi. Kehidupan saat ini hanyalah sebuah kata untuk membuat sadar diri. Manusia beranggapan dirinya abadi tidak sadar bahwa dirinya sudah mati. Mati dari masa lalu dan kembali lagi mati dari masa lalusetiap detik. Apa yang terjadi hanyalah sebuah intrik, berpikir bahwa ini adalah diri. Siapakah diri ini ? hanyalah kumpulan dari kondisi kondisi. Siapakah aku ? tiada aku , aku hanyalah sebuah pikiran akan diri. Hidup dapat bahagia juga dapat menderita ini semua hanyalah kondisi pikiran sendiri. Mengapa seorang dapat bahagia karena ia mendapat yang ingin didapat. Mengapa seseorang dapat membuat dirinya bahagia ? karena ia membuat kondisi yang ia inginkan dengan berbuat seperti ini dan itu sehingga ia memdapat yang ia inginkan. Mengapa ada orang tenang seimbang karena dengan ia tidak melekat apa yang ia dapat dan yang ia berikan maka ia tidak terpengaruh pada perasaan , persepsi, dan pikiraannya ia dapat sadar pada saat ini pada perubahan kondisi yang terjadi dan mengerti tujuan hidup bahagianya maka ia tenang seimbang. Dengan ia tenang seimbang maka prilakunya menjadi bijaksana. Dengan ia tetap tenang seimbang maka ia sadar akan kehidupannya maka ia dapat pandangan terang tentang kehidupan, asal mula kehidupan dan berakhirnya kehidupan. Apa yang harus dilakukan sudah dilakukan tiada lagi hasrat dalam diri maka ia akan mencapai kebahagiaan tertinggi nibbana.

Nibbana adalah mulia.
Nibbana adalah rumah sejati.
Nibbana adalah suci.
Nibbana adalah indah.
Nibbana adalah jalan akhir para ariya.

Jakarta 4 mei 2012
Semoga semua mahluk berbahagia.

32
Pengalaman Pribadi / hidup manusia
« on: 27 April 2012, 02:45:05 PM »
Manusia hidup hanya hidup lahir berlangsung dan mati. Secara realita manusia hidup hanya berlangsung, lahir adalah awal kehidupan berlangsung adalah kehidupan dan mati adalah akhir kehidupa. Bila manusia hanya hidup seperti yang tertulis apa tujuan hidup manusia? Secara realita adalah beradaptasi atas kondisi yang sedang berlangsung. Contoh bila orang itu sedang lapar maka untuk dapat bertahan maka ia akan makan. Bila orang itu sedang letih maka ia akan tidur. Yang jadi permasalahan hanya pikiran manusia itu sendiri keinginan manusia untuk menjadi dan kebodohan manusia yang tidak tahu caranya.
Apa itu pikiran manusia?
Apa itu perasaaan manusia?
Apa itu keinginan manusia?
Apa itu kebahagiaan manusia?
Apa itu ketenang seimbangan manusia?
Apa itu nibbana?
Dan kenapa manusia terjebak terbelenggu oleh kebodohan?
Apa yang membuat manusia celaka dalam dunia samsara ini?
Banyak debu menutup mata ini sehingga mata ini buta dan tidak dapat melihat dengan sebenarnya melihat sebagaimana adanya.
Hidup ini sebebnarnya sangatlah mudah kita hanya butuh bernafas dan apa yang terjadi kita membuatnya sulit. Dengan pikiran kita keinginan kita dengan kebodohan kita sehingga kita melihat dunia ini adalah alam samsara ( sengsarah ).
Bayangkan bila dunia ini tempat kita tinggal bila hanya diisi dengan keinginan dasar manusia untuk hidup dan bercukupan maka tiada sengsara dalam dunia ini. Yang membuat kita menderita adalah diri kita sendiri.
Ini adalah awal dari perjalanan samsara ini adalah awal mula penderitaan kehidupan kita pada awal mulakita dilahirkan kita sudah menderita karena keinginan kitaakan kebutuhan hidup, yaitu makan.
Bukan yang lain, bayi sejak dalam kandungan sudah menderita akan kebutuhan makan, begitu lahir ia lebih menderita lagi karena kebutuhan makan lebih besar. Karena lebih butuh banyak secara fisik secara realita kehidupan. Semakin ia besar ia menjadi lebih banyak keinginan dan terbelenggu akan konsep diri ( aku ). Ke aku an mulai tumbuh dari dalam dirinyadan debu debu kebodohan semakin banyak menutupi matanya (bathin )sehingga ia buta. Kamma berkerja dalam kehidupan hukum yang sangat universal dalam alam semesta ini. Menjadi kaya atau menjadi miskin bukan lah hal yang menakjubkan hanya sebuah status sosial dalam bermasyarakat. Penderitaan tetap ada dan datang pada mereka semua.
Apa tujuan hidup manusia?
Secara real adalah mati maka pertanyaannya saya ganti dengan apa tujuan saat anda hidup didunia?
Jawaban nya mungkin akan bermacam macam. Saya akan menjawab singakat dan rangkuman tujuan nya adalah menjadi hidup lebih baik dari saat sekarang dengan mencapai kebahagiaan dalam diri sehingga saat kita menghadapi kematian kita dapat tersenyum bahagi. Ini adalah tujuan kita yang sebenarnya yang harus kita raih dalam masa saat kita hidup.
Kematian adalah hal yang pasti terjadi pada manusia, kematian adalah akhir ujian. Saat berlangsung kehidupan adalah latihan kita. Saat ini adalah latihan kita karena kita tidak tahu kapan kita mati. Masa lalu sudah berlalu, masa depan masih angan angan saat ini adalah kehidupan kita. Sadari saat ini karena itulah kehidupan kita yang sebenarnya. Maka tiada orang kaya tiada orang miskin kita semua sama manusia yang sedang bernafas. Semua pikiran dan keinginan sama dengan nafas kita muncul berlangsung dan lenyap. Pikiran kita dan keinginan kita bukanlah diri karena ia seperti monyet yang loncat dari pohon kesatu kepohon satu lagi yang tidak pernah diam. Pikiran dapat ditenangkan hanya dengan kesadaran diri dengan memaksa pikiran melihat diri saat ini.
Keinginan adalah bukan diri sebab keinginan datang dan pergi sesuka hatidan selalu berubah ubah tidak pernah sama hanya serupa. Keinginan adalah kemelekatan diri.
Apa itu kemelekatan diri?
Kemelekatan diri adalah virus penyakit belenggu dunia samsara. Yang membelenggu kita yang terus membuat anda sakit virus yang membuat kita menderita. Jadikan lah keinginan anda sederhana dan jadi kan senjata untuk menghancurkan belenggu kita sendiri.yang mungkin  membawa kita mencapai kebahagianan. Penderitaan dan kebahagiaan selalu saling mengikuti, begitu kebahagiaan datang maka tanda akhir dari penderitaan dan begitu juga sebaliknya penderitaan datang tanda akhir dari kebahagiaan.
Bagaimana kita dapat mendapatkan kebahagiaan tentu dengan sadar hidup saat ini. Dengan cara tenang seimbang, apa itu tenang seimbang? Tentu saja tenang ,santai, releks. Seimbang disini adalah tidak ragu ragu, tidak berat sebelah. Tenang seimbang adalah seperti orang yang berjalan diatas tali ditengah jurang maka ia berjalan kurus tenang seimbang. Dengan sada r saat ini dengan keadaan pikiran tenang seimbang maka nibbana mungkin terrealisasikan dalam kehidupan kita saat ini.
Nibbana adalaha buah yang berharga dalam menjalankan kelangsungan kehidupan didunia ini.
Dapakah nibbana terrealisasikan? Dapat!
Dapatkah nibbana diperoleh kita? Dapat!
Nibbana adalah hasil yang indah didalam kelangsungan hidup karena nibbana adalah buah dari ketenangan seimbang + (plus ) dengan panna ( kebijaksanaan ) bisa disebut pandang terang dengan memiliki kedua unsur ini ketenang seimbang dan pandangan terang maka saat itu lah nibbana terbuka untuk kita. Nibbana adalah hasil nibbana adalah akhir dari tujuan perjalanan samsara nibbana adalah rumah terakhir kita. Maka dengan ini tujuan kehidupan kita adalah nibbana. Kenapa nibbana dapat terelakkan dari hukum kamma ( sebab akibat )?
Kamma adalah hukum kehendak saat kita berkehendak ingin melakukan sesuatu maka hukum ini berkerja kepada kita. Sedangkan buah dari kamma adalah hasil dari tindakan. Saat kita marah maka bauh dari marah adalah kondisi yang tidak nyaman / gelisah dan sebagainya. Begitu juga sebaliknya saat kita berbuat kebaikan maka buah dari perbuatan itu adalah kondisi yang membuat kita tenang, nyaman, ataupun bahagia. Hukum kamma adalah hukum yang sangat adil dan tidak adil dimata hukum yang kita kenal. Sebab satu perbuatan dalam hukum kamma bisa berbuah berkali kali seperti menanam pohon mangga maka buah yang kita dapat bukan satu atau pun dua tapi bisa 10, 20, bahkan lebih, Tergantung kondisi yang mendukungnya. Begitu juga dengan hukum kamma ini berlaku pada kita. Hukum ini adalah yang mengatur dari awal kehidupan kita sampai dengan akhir kehidupan kita yang sesungguhnya yaitu parinibbana.

Manusia hidup tiada awal tiada akhir.
Apa yang dicari dalam kehidupan mulia ini.
Hanya sebuah nafas dapat membuat anda bahagia.
Saat manusia mencapai ketenang seimbangannya maka ia sadar akan hidup ini.
Saat manusia mencapai pandangan terang maka ia sadar tujuan akhir hidup ini.
Manusia mahluk yang bodoh seonggok kotoran diperebutkan demi kepuasan diri.
Manusia mahluk yang bijak merasa jijik dengan seonggok kotoran yang melekat pada diri.
Manusia mahluk yang mulia hanya dia yang jenuh akan beratnya roda samsara ini.
Maka ia akan mencari dimana kah dahmma dan vinaya yang ada dimuka bumi ini.
Mahluk mulia hanya ia yang sudah mencapai nibbana saat ini.

Sabbe satta bahvantu sukittata
Jakarta,27 april 2012
Seorang manusia yang ingin menjadi ariya.

33
Tolong ! / Help you tube
« on: 30 March 2012, 09:18:38 PM »
Help me please

Bagamana down load file you tube di komputer :'(

34
Diskusi Umum / Apa yang kita percaya
« on: 16 March 2012, 10:25:07 PM »
Halo semuanya saya ingin kita saling berbagi cerita apa yang kita percaya,.....

Semoga dapat menambah pengalaman kita dalam berbagi cerita ini.

35
Buddhisme untuk Pemula / Tujuan hidup manusia?
« on: 04 March 2012, 10:26:41 PM »
Apa tujuan manusia dudunia ini?

36
Hobi dan Kegiatan Ektrakulikuler / Ada yg jual anjing american pitbul
« on: 23 February 2012, 08:14:58 PM »
Halo semua saya ingin bertanya ada yg tau yg menjual anjing american pitbul ?

37
Hobi dan Kegiatan Ektrakulikuler / Seputar cesar millan
« on: 23 February 2012, 08:10:45 PM »
Halo semua saya ingin bertanya anda yang tau tentang cesar millan
Dari biografinya atau apspun tentang cesar millan yang para member dc tau.

Btw saya curiga cesar millan itu agama nya apa ya? Kenapa cara dia mengajarnya seperti ajaran buddha yang paling sering dia bilang live in the moment.

38
Theravada / Cara berpuasa ala umat awan aliran buddha
« on: 06 February 2012, 06:46:10 AM »
Kepada semua anggota dc saya ingin bertanya adakah cara berpuasa ala umat awan dan tata caranya?
Sebab yg saya tahu hanya boleh makan sampai batas tengah hari selepas itu tidak makan lagi sampai bsk pagi hari.
Dan hanya boleh minum air, putih dan teh kalau tidak salah.
Untuk kekurang tahu an saya maka mohon pencerahannya.

39
Kafe Jongkok / apa keunggulan mac book or mac pro?
« on: 23 January 2012, 07:26:26 PM »
kepada semua anggota dc saya ingin bertanya apa enak nya pakai mac book or mac pro dan apa ga enak nya?

40
Tolong ! / Bisa bantu cara buat siup
« on: 07 November 2011, 08:35:30 PM »
Tolong bisa bantu saya cara buat siup ( surat izin usaha perdagangan ) benar ga ya singkatannya.
Dari awal sampai jadi dan dokumen apa saja yg harus saya siapkan dan harus kemana saja.
Tq b 4

41
Theravada / Dhamma
« on: 23 September 2011, 08:47:40 PM »
Siapa saja yang ingin mengabarkan dhamma silak kan _/\_

42
Diskusi Umum / Punya tubuh sungguh menderita
« on: 20 September 2011, 09:34:50 PM »
Hanya sedikit curhat,...

Saya berpikir dan merenung tubuh fisik ini sungguh membawa derita.

Saya seorang manusia biasa yg beraktivitas normal bangun pagi jam 7 WIB dan tubuh ini sudah merengek ingin minta ke WC untuk main air besar ( kegiatan rutin saya ) dan kebenaran saya sedang panas dalam jadi acara main air besarnya agak sedikit lama. Dan saya punya lubang dasar sangat terasa perih dan panas, dan ini membawa saya pada penderitaan. Selesai main air saya biasanya mulai berpikir untuk mencari sarapan pagi ( Abis di buang di isi lagi ) belum juga lubang dasar saya adem perut ini sudah kriuk kriuk seakan cacing diparut saya pada demo. Dan sekali lagi saya berpikir tubuh ini membawa derita. Selesai saya sarapan perut saya terasa perih kembali karena saya kebanyakan makan sambal ( karena saya suka pedas ) dan ini membuat saya menderita kembali,... Karena saya harus main air besar kembali dan bolos kerja karena saya kena diare karena terhitung dari pagi sampai sore sudah main Air besar 7 x dan ini membuat saya menderita karena saya makin banyak beban,....

Hidup penuh penderitaan tubuh ini adalah sumber penderitaan sungguh indah Ia yang terlepas dari penderitaan ini sungguh damai Ia yang sudah sampai ke nibbana,....

Semoga semua mahluk berbahagia.
 _/\_

43
Diskusi Umum / Orang berbuat sesuatu apakah didorong dari karmanya?
« on: 11 September 2011, 10:39:56 PM »
Seseorang berbuat baik apakah karmanya yang lampau yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan itu?
Seperti berdana, membantu orang yang sedang membutuhkan, dll sebagai contohnya. Bila Ia apakah berlaku juga dengan sebaliknya orang berbuat buruk didorong oleh karma lampaunya?

Saya sangat berpikir kenapa ada orang baik dan ada orang jahat, kenapa dia bisa berbuat baik dan kenapa dia dapat berbuat jahat? Yang sebenarnya baik dan jahat adalah sebuah ungkapan dari sebuah tindakan seseorang. Contoh Robin hood dia berbuat kejahatan merampok tetapi dia juga berbuat kebaikan dengan membantu orang miskin dengan diberinya hasil rampokannya berupa uang, ataupun makanan.

Jadi bagaimana menurut kalian,...?

Mohon diberikan pendapatnya  ^:)^

44
Diskusi Umum / hukum alam
« on: 16 March 2011, 10:16:15 AM »
tolong jelas kan saya tentang hukum alam

45
Buddhisme untuk Pemula / mohon bantuan nya
« on: 05 March 2011, 11:02:40 PM »
kepada semua senior dan junior DC

saya ingin bertanya suatu pertanyaan yang sebenarnya klise atau sudah basi. sebelum nya saya ceritakan riwayat perjalanan spirtual saya, agar dapat nyambung apa yang saya pertanyakan dalam forum ini.

saya dari kecil hidup dengan orang tua pria karena ibu saya telah meninggal sejak saya masih balita, dari keluarga saya terdapat berbagai agama dan berbasic agama buddha keturunan yang dimana sembahyang adat kelenteng saja tau nya. sepanjang pengenalan akan agama saya lebih mengenal agama kr****n dan islam karena pengaruh sekolah ( saya sekolah yang berbasic agama kr****n ) dan islam karena pengaruh lingkungan rumah. tetapi saya tetap beragama buddha karena dirumah saya ada sembahyang ( meja altar ) buddha. sepanjang saya dewasa saya hanya tau sembahyang tung tung cep kalau kata orang ( ada unntung ditancap ) dan ini berjalan 5 (lima ) tahun kebelakang ini. saya mengenal sutta dan agama buddha dharma setelah saya bertemu dengan teman saya yang mengajak saya belajar abhidama. disini saya mulai mengenal dengan 4 ( empat ) kebenaran mulia, 3 ( tiga ) corak kehidupan, dan 8 ( delapan ) jalan. yang sanggat mengena dalam batin saya.

cuma sejak kelima tahun kedepan ini saya hanya belajr sutta dari buku tanpa pernah berkonsultasi dengan para bhante atau suhu atau pun para pelajar dhamma. saya hanya belajar dan berusaha mengerti dengan pendapat saya sendiri. yang dimana saya mencapai suatu pertentangan batin dengan apa yang ada dengan kondisi saya, saya seakan sanggat tertarik ingin masuk persanghaan tapi saya tidak bisa karena saya  pria beristri dan yang sebentar lagi akan menjadi ayah.

pertanyaan saya adalah
1, perlukah saya mencari seorang bhante, suhu, atau pun para pelajar dharma ?
2, kalau perlu dimana kah saya harus mencarinya ? karena saya tidak pernah pergi kevihara.

mohon bantuan dan pendapat para senior dan junior DC sekalian ^:)^
 _/\_

Pages: 1 2 [3] 4