//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - Sumedho

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 [8] 9 10 11 12 13 14 15 ... 800
106
Studi Sutta/Sutra / Re: Tripitaka - Tipitaka
« on: 27 April 2014, 05:48:08 PM »
Untuk tripitaka dan tipitaka kenapa bisa berbeda ko?
karena dari sekte yang berbeda. masing2 memiliki interpretasi terhadap ajaran dari sang buddha. karena berbeda mereka berpisah sekte. karena beda interpretasi dan pandangan maka yang dituangkan dalam teks kitab juga jadi berbeda

107
Teknologi Informasi / Re: Printer Laser atau Printer Inkjet
« on: 27 April 2014, 05:44:32 PM »
kalau printnya banyak terus butuh warna gimana ko?
katanya laser biaya printnya lebih murah ya?
kalau ketahanan laser sama inkjet tahan mana? tahan brp tahun ya ko kalau pemakaiannya awet?
yah ink jet aja deh kalo sering print warna... kalo laser warna mahal
kalo teks doang sih mending laser karena lebih bagus hasilnya dan sebenarnya nda mahal2 amat kalau banyak. kek brother itu bisa beli tonernya isi, jadi drumnya bisa beberapa kali isi sebelum diganti

108
Studi Sutta/Sutra / Re: Tripitaka - Tipitaka
« on: 26 April 2014, 12:46:38 PM »
hal makan daging memang tidak ada dalam patimokkha dan pratimoksha, tapi ada dalam sumpah bodhisatva yg diambil setelah penahbisan.

mungkin yg benar kita perlu membedakan koridor sektenya supaya kgk kecampur2. jadi sah2 saja kalau mau vegetarian karena dia mengikuti sekte yg menganut vegetarian.

109
Teknologi Informasi / Re: Printer Laser atau Printer Inkjet
« on: 26 April 2014, 12:44:03 PM »
kalo kgk perlu warna... go laser.

fyi, inkjet itu setiap kali nyala dan secara periodik akan flush buang tinta utk cleaning jadi kalau sering on-off lebih boros tapi inkjet solusi yg bagus/lebih murah kalau perlu warna.

110
Bantuan Teknis, kritik dan saran. / Re: Ganti display name
« on: 26 April 2014, 10:01:30 AM »
request min _/\_
kelvin19401996 -> kelvin19041996
thanks ;D
mau nanya jd nih kalau reputasi dapatnya dari mana ya? sy msh newbie soalnya ;D
Namo Buddhaya _/\_
utk kasus ini karena typo minor, username dan display name dari kelvin19401996 sudah dirubah semua menjadi kelvin19041996

utk reputasi diberikan oleh member yg sudah lebih senior yg sudah dapet memberikan reputasi

111
Diskusi Umum / Re: Apa itu jodoh dlm pandangan Buddhis
« on: 26 April 2014, 08:10:16 AM »
1. jodoh itu artinya kalau sudah jadian, sudah menikah dan tidak berpisah
contoh:

kalau udah usaha habis2an kgk jadian, maka kgak jodok....
kalau kgk usaha dan kgk jadian, maka kagak jodoh... (kalo jodoh kan kagak kemana)
kalau usaha habis2an dan jadian, maka jodoh ituhh
kalau kgk usaha dan jadian, yah itu jodoh ituuhh

kalau udah jadian lalu kgk menikah, maka kgak jodok....
kalau udah jadian lalu kgk menikah, maka kagak jodoh...
kalau udah jadian dan lalu menikah, maka jodoh ituhh
kalau udah jadian dan lalu menikah, yah itu jodoh ituuhh

kalau udah jadian atau menikah lalu berbisah, maka kgak jodok....
kalau udah jadian atau menikah lalu berpisah, maka kagak jodoh... (kalo jodoh kan kagak kemana)
kalau udah jadian atau menikah, dan masih bersama,  maka jodoh ituhh
kalau udah jdian atau menikah dan masih bersama, yah itu jodoh ituuhh

jadi kesimpulan, jodoh atau bukan itu ditentukan pada kondisi sekarang bukan "ramalan" atau "diatur" dari awal, itu hanya label utk menghibur aja.


2. orang jahat dan baik bukan menentukan bisa dapet jodoh atau tidak. yg penting ketemu orang yg cocok dan mau... kalau sama2 jahat dan cocok yah bisa aja jadi... kalau orang baik kagak ketemu orang yg "cocok" yah kgk jadi jg

3. refer ke mbah morph

112
Buddhisme untuk Pemula / Re: Jalan mana yang benar ?
« on: 25 April 2014, 08:48:22 PM »
Hmmm... Berarti masih perlu banyak penelitian yg lebih lanjut lagi....
yup... so many things to do, so little time -.-! life long research

113
Buddhisme untuk Pemula / Re: Jalan mana yang benar ?
« on: 25 April 2014, 04:42:07 PM »
nah soal adhicitta adhisila adhipanna itu masih jadi pertanyaan sih... apa pulak itu. so far belum dapet ref yg jelas cuma adhicitta itu kekna mengarah pada meditasi karena ada di AN 11.102 yg bilang kalau mengembangkan adhicitta itu dengan memperhatikan tanda-tanda-tanda konsentrasi (samadhinimittam), tanda2 keseimbangan (upekhanimittam) dan tanda2 usaha. harus seimbang ke-3 itu

adhipanna di AN 9.4 dibilang kalau harusnya melengkapi 4 faktor: saddha, sila, ketenangan pikiran internal dan adhipanna terhadap fenomena... could be ini vipassana (as in faktor batin) bareng dengan ketenangan internal pikiran si samatha (as in faktor batin)

adhisila ? dunno, dulu ada yg bilang ini vinaya :))... kgk make sense sih...

back again... sebenarnya isi ajaran dari sutta itu buanyak bener, belum sempet cek satu2... perlu waktu. but so far evam me reading sih dikatakan jalan utk lepas dari dukkha adalah JMB8 bukan sila-samadhi-panna but... ada dikatakan dalam AN berapa jg bahwa bhikkhu disuruh melatih adhisila, adhicitta dan adhipanna.

yg jadi concern adalah bahwa sepengamatan yah... ketika dikelompokkan jadi sila-samadhi-panna, orang ngomonginnya ituuuu aja... lalu mulai belok makna dan konteks.. jadi makin jauh deh

Spoiler: ShowHide
firman tuhan bisa salah, jadi silahkan digugat jika salah :P

114
Buddhisme untuk Pemula / Re: Jalan mana yang benar ?
« on: 25 April 2014, 11:47:20 AM »
Tapi dalam DN 16 Mahaparinibbana Sutta dikatakan:

1.12. Dan kemudian Sang Bhagavā, selagi berada di Puncak Nasar, membabarkan khotbah terperinci: ‘Ini adalah moralitas, ini adalah konsentrasi, ini adalah kebijaksanaan. Konsentrasi, ketika disertai moralitas, akan menghasilkan buah dan manfaat besar. Kebijaksanaan, ketika disertai konsentrasi, akan menghasilkan buah dan manfaat besar. Pikiran yang disertai kebijaksanaan akan secara total terbebas dari kekotoran, yaitu, kekotoran indria, penjelmaan, pandangan salah, dan kebodohan.’

4.2. Dan di sana Sang Bhagavā berkata kepada para bhikkhu: ‘Para bhikkhu, karena tidak memahami, tidak menembus empat hal sehingga Aku dan juga kalian sejak lama mengembara dalam lingkaran kelahiran kembali. Apakah empat itu? Karena tidak memahami moralitas Ariya, karena tidak memahami konsentrasi Ariya, karena tidak memahami kebijaksanaan Ariya, karena tidak memahami kebebasan Ariya,[54] Aku dan juga kalian sejak lama mengembara dalam lingkaran kelahiran kembali. Dan dengan memahami [123] dan menembus moralitas Ariya, konsentrasi Ariya, kebijaksanaan Ariya, dan kebebasan Ariya, maka keinginan akan penjelmaan menjadi terpotong, kecenderungan ke arah penjelmaan telah dipadamkan, dan tidak akan ada lagi kelahiran kembali.’

yup. dalam DN16 itu salah satu sutta yg paling banyak "tampering" nya juga loh #IYKWIM

personally I put this sutta behind other sutta from other nikaya karena nature sutta ini adalah mashup yg masif.

coba kita bedah potongan itu

Konsentrasi +  moralitas ->  buah dan manfaat besar.
Kebijaksanaan + konsentrasi -> buah dan manfaat besar
Pikiran + kebijaksanaan (Paññāparibhāvitaṃ cittaṃ) -> bebas dari kekotoran indria, penjelmaan, pandangan salah, dan kebodohan

jadi cukup pikiran dengan kebijaksanaan aja... which is sepertinya tidak merefer kepada sila-samadhi-panna kan? cukup elemen dalam panna saja? nah loh


Kemungkinan di aliran medhoyana, ada bergitar benar juga dong.. hehe..

Kalau yang saya tangkap (walaupun belum terang), sila samadhi panna lebih luas karena penjelasan definitif JMB8 tidak mencakup keluasan sila samadhi panna. Cmiiw.
enak aja, itu haram dong.... kgk boleh pegang gitar...  bolehnya memanage gitar dalam bentuk dua ato quartet, tapi tidak trio.

utk sila-samadhi-panna dan jmb8, yah kita2 gitu deh hehehe


115
Buddhisme untuk Pemula / Re: Jalan mana yang benar ?
« on: 25 April 2014, 06:58:04 AM »
Kita harus terbuka melihat aliran lain juga yah... di sebuah aliran medhoyana beberapa dari jalan express bertingkat 21 nya seperti ekspresi benar dan bernyanyi benar itu masuk dalam kategori sila. lalu penerawangan benar masuk dalam samadhi serta ngotot benar itu masuk panna.

jadi kita harus jalankan juga ekspresi benar, benyanyi benar, penerawangan benar, ngotot benar itu dalam buddhism jika untuk mencapai nibbana harus menjalankan sila-samadhi-panna.... tapi sayangnya dalam sutta tidak ada satupun khotbah sang buddha menginstruksikan untuk menjalankan sila-samadhi-panna sebagai cara untuk melenyapkan dukkha (CMIIW) Sudah diinstruksikan demikian malahan orang bikin dan pake Sila-samadhi-panna utk menjelaskan ulang, ironis kan? #joke

jika kita menyebutkan sila-samadhi-panna, sila nya itu diartikan sebagai sila as in contohnya pancasila saja, lalu panna dianggap sebagai "hasil" lalu ada usaha menjelaskan dengan meletakkan panna sebagai sebab dan sebagai akibat, jadi circular panna (awal)-sila-samadhi-panna(pembebasan).... pointnya... makin jauh dari konteks dan ribetin aja...
kalo lsg jelasin JMB8, apa itu JMB8 kek http://dhammacitta.org/dcpedia/SN_45.8:_Vibhaṅga_Sutta lalu kek di DN18 itu kan beres.

jadi berusaha menjelaskan dengan 3 pengelompokan itu, imo, makin ribet dan lari dari esensinya. Itu adalah pengembangan dari teoritis Theravāda terhadap early teaching... dan perlu di note bahwa dalam thesis theravada itu bahwa ujungnya bukan samadhi karena jhana tidak bisa membawa pembebasan dalam pandangan theravada, hanya vipassana. (meskipun belakangan ada usaha2 untuk merekonsiliasinya juga supaya bisa kena dari sutta vs thesis belakangan)

ugh... kepanjangan...

jadi jawaban utk pertanyaan ^ -> ada

116
Buddhisme untuk Pemula / Re: Jalan mana yang benar ?
« on: 24 April 2014, 02:00:56 PM »
yg lebih bener lagi adalah tidak membagi JMB8 menjadi Sila-Samadhi-Panna... itu bisa lost in translation nanti. Dalam Sutta2 Sang Buddha tidak membagi jadi 3 kelompok itu...

dalam JMB8 bisa dimasukan dalam sila-samadhi-panna, akan tetapi sila-samadhi-panna bukan JMB8

Semua dikembangkan dilatih (jangan jadi alasan karena belum yg bawah, udah mau yg atas hehehe), tapi ...

http://dhammacitta.org/dcpedia/DN_18:_Janavasabha_Sutta#27

27. ‘“Inilah pokok pembicaraan Brahmā Sanankumāra. Ia melanjutkan: ‘Bagaimanakah menurut Para Tiga-Puluh-Tiga Dewa? Seberapa baikkah Sang Buddha yang mengetahui dan melihat mengajarkan tujuh prasyarat konsentrasi, demi pengembangan konsentrasi sempurna dan kesempurnaan konsentrasi! Apakah itu? Yaitu, pandangan benar, pikiran benar, ucapan benar, perbuatan benar, penghidupan benar [217], usaha benar, perhatian benar.[35] Keterpusatan pikiran itu, yang dihasilkan tujuh faktor ini disebut konsentrasi benar Ariya dengan landasan dan prasyaratnya. Dari pandangan benar muncul pikiran benar, dari pikiran benar muncul ucapan benar, dari ucapan benar muncul perbuatan benar, dari perbuatan benar muncul penghidupan benar, dari penghidupan benar muncul usaha benar, dari usaha benar muncul perhatian benar, dari perhatian benar muncul konsentrasi benar, dari konsentrasi benar muncul pengetahuan benar,[36] dari pengetahuan benar muncul kebebasan benar.[37]

117
Ulasan Buku, Majalah, Musik atau Film / Re: Riwayat Agung Para Buddha
« on: 22 April 2014, 10:36:46 AM »
jika memenuhi rule dan stock masih ada, maka diberikan

in this case, hokben, lsg aja post di board request dan pm ke stevenchow

118
Diskusi Umum / Re: Niyata-Micchaditthi & Prinsip Moral
« on: 21 April 2014, 02:55:57 PM »
niyata-micchaditthi taken from Ditthikathā.-Second chapter of the Mahāvagga of the Patisambhidāmagga. Ps.i.135-62.

119
nanti akan dibentuk teamnya dulu yah... masih on hold

120
Meditasi / Re: Cara mempertahankan nafas natural saat meditasi
« on: 20 April 2014, 01:51:01 PM »
bernafas natural itu kan artinya nda usah dipusingin. ikutin aja. jadi kalo pas mo panjang yah ikutin panjang, pas mau pendek ikutin pendek. jangan dipaksa semua sama panjangnya, semua panjang atau semua pendek. kalau memang perhatikan emang kita bisa kontrol, dan batasannya tipis dengan dilepas.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 [8] 9 10 11 12 13 14 15 ... 800
anything