Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - abhassara

Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7
16
Diskusi Umum / Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« on: 31 January 2018, 03:44:50 PM »
Kelemahan agama Buddha :

1. tidak mengajarkan kebencian, sehingga tidak ada perang mengatas-namakan agama Buddha.

2. tidak mengajarkan keserakahan, sehingga tidak aktif merekrut member, perebutan kekuasaan dan wilayah. dll

3. tidak mengajarkan kebodohan, sehingga jumlah umat sedikit dan terkesan ekslusif.

4. tidak mengajarkan iri hati, sehingga tidak mencolok dan eksis di dunia. bahkan terkesan tidak peduli dgn agama lain.

Tetapi kelemahan yang paling parah adalah :

Pemimpinnya / Orang suci nya tidak suka berkoar - koar dan ikut campur masalah duniawi.

seperti di antara ada dan tiada...
itu namanya kelebihan agama buddha. Kelemahan agama buddha itu: sulit mencapai Nibbana, diperlukan usaha super, perlu parami yang matang dalam waktu lama.

17
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 31 January 2018, 11:27:23 AM »
sebenernya, kitab suci atau kitab tidak suci, fiksi atau non-fiksi, semuanya bisa dianggap sebagai informasi.

informasi itu akan menyebar kalau dipublikasikan, dibuka untuk publik. mengenai masalah harga murah, mahal atau gratis, itu tidak relevan. sebuah informasi yang disebarkan pada harga berapa pun akan berefek baik pada ketersebaran informasi tersebut.

dalam pasar yang terbuka, pembeli atau konsumen akan mengeliminasi harga yang tidak laku dengan sendirinya. kalau barang yang sama ditawarkan dengan harga yang berbeda2 bahkan gratis, sedangkan barang dengan harga yang mahal survive segitu lamanya di pasar, berarti pembeli dan konsumen memilih dan menginginkan barang dengan harga yg mahal tersebut. gitu aja.

ini juga berlaku untuk dongeng yg sudah public domain, jurnal2 ilmiah, open source project dan semua informasi2 yang open lainnya.
gak ada salahnya kalo ada publisher yang mau cetak ulang cerita cinderella dengan desain dan ilustrasi baru dengan harga mahal.
konsumen akan memilih dengan dompetnya...
u lagi workshop y?

18
Theravada / Re: Objek pelanggaran
« on: 31 January 2018, 11:25:11 AM »
Hahahahaha, nanti muncul pertanyaan baru lagi dong.

Apakah berhubungan seks dengan boneka seks termasuk melanggar sila ke 3 ?
ngelawak aje u ;D

19
[at] sumedho:

Para Sotapanna (pemasuk arus) sudah menghancurkan belenggu "kepercayaan akan adanya roh/jiwa yang kekal" (sakkayaditthi), namun kenapa Anattalakkhana Sutta yang berisi ajaran tentang anatta diajarkan kepada 5 bhikkhu pertama (Kondanna dkk) yang sudah mencapai kesucian Sotapanna?

Seperti yang kita ketahui Sang Buddha mengajarkan Dhammacakkappavattana Sutta di Taman Rusa Isipatana kepada 5 orang pertapa yang telah mengikuti Beliau sejak perjuangan Beliau di Hutan Uruvela untuk mencapai Pencerahan. Ajaran pertama ini berisi tentang Jalan Tengah (Jalan Mulia Berunsur Delapan) dan Empat Kesunyataan Mulia yang menyebabkan Kondanna mencapai mata Dhamma (Dhammacakkhu), yaitu mencapai kesucian Sotapanna, sedangkan keempat rekannya mencapai kesucian yang sama pada hari berikutnya. Setelah para bhikkhu pertama tersebut menjadi Sotapanna, Buddha mengajarkan Anattalakkhana Sutta yang kemudian menyebabkan mereka mencapai kesucian Arahat. Padahal kita tahu bahwa para Sotapanna telah memahami anatta dengan membasmi belenggu sakkayaditthi. Dengan demikian untuk apa Sang Buddha mengajarkan ajaran anatta lagi kepada mereka yang sudah membasmi pandangan salah tersebut? Apakah melepaskan sakkayaditthi belum tentu memahami anatta? Mohon penjelasannya. Thx
itu khotbah ke dua untuk melenyapkan keangkuhan sehubungan dengan "aku". Khotbah pertama sebatas pandangan, khotbah ke dua dari kepemilikian hingga keangkuhan "aku". khotbah ke dua, untuk melenyapkan keangkuhan an-atta itu, hingga akarnya.

20
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 31 January 2018, 11:16:47 AM »
Memang umat Buddha dilarang mencari keuntungan dalam "mata pencharian benar", memang umat Buddha dilarang menjadi kaya raya oleh sang Buddha dan menurut dhamma  ajaran Sang Buddha?
dodol!

21
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 31 January 2018, 11:11:40 AM »
interesting...

jadi menurut abhassara, untung dikit boleh, untung banyak gak boleh.
batasan dikit dan banyaknya berapa? dasarnya dari mana?
dodol, ne maksud gw. Ngapain jual kitab suci, u mau untung apa, artinya u jangan serakah semua u dijual!! apa apa u jual. Morpheus, u jual anak u sana, atau keluarga u! U mau gak? sesuai Dhamma gak? kalau gak, u jawab benar

22
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 31 January 2018, 11:08:50 AM »
Kitab suci yang anda maksud di jual di amazon itu apa anda sama sekali tidak memperlihatkan kitab suci yang di maksud; jelas disini anda hanya menumpahkan kekesalan anda ke semua member di dhammacitta group ini.
u musti tahu fungsi tanda tanya. u pernah baca halaman sebelumnya, DC berikan kitab suci buddha secara free, dan gw tulis sesuai dhamma. Malas gw quote. Cari sendiri, ntr u jalan-jalan lagi

23
Theravada / Pelaksanaan Pemakaman Tionghoa secara Buddhis Theravada
« on: 31 January 2018, 11:00:42 AM »
Sampai saat ini sangha masih ada dan Dhammadesana masih di lakukan oleh anggota sangha untuk umat dan umum.

Ada namanya perpustakan vihara, jadilah anggota perpustakaan vihara dan ini tergantung vihara ada perpustakaan yang anggotanya free dari biaya (yang perpustakaan bergantung dari donasi umat buddhis),

ada juga keanggotaan perpustakaan vihara yang berbayar,  tentu nya iuran keanggotaan perpustakaan ini untuk menambah koleksi buku dhamma maupun sutta budhism yang biasa tergantung perpustakaan vihara ada membeli buku dhamma setahun sekali.

Ada penerbitan yang gratis yang bergantung dari donasi, ada penerbit yang menjual buku yang di terbitkan untuk membiayai buku dhamma berikutnya
u ganti nama jadi DODOL aja. orang bicara kitab suci, u bicara buku lain melulu.
kembali ke topik: https://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=26978.msg475427#msg475427

24
Theravada / Re: Objek pelanggaran
« on: 31 January 2018, 10:41:49 AM »
Iya, kenapa tertarik membahas sila ketiga melulu ?

Apakah ada pengalaman pribadi yang mau di share di forum ini ?

tentu saja melanggar sila ketiga kalau dari cerita itu. tetapi yang melanggar bukan laki2x nya loh...
dia mau cari cara supaya dapat menghalalkan seks selain nikah. Ne gw saranin, beli boneka seks aja ;Dgw seh geli, ngapain cowo main boneka.

25
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 31 January 2018, 10:39:35 AM »
ih, kamu lucu deh....

mau nya yang gretongan terus.

Begini saja jadilah yang pertama memberikan kitab suci gratis, coba dulu memakai sepatu orang lain baru mengerti alasan mereka kenapa harus ada biayanya.

lebih baik menyalakan satu lilin penerangan, daripada mengeluh akan kegelapan.
banci y u? geli gw baca kalimat pertama u. Besok-besok u jual anak u, atau keluarga u y. gw seh gak bakalan jualin mereka, bahkan jual manusia gw gak mau.

27
Theravada / Re: Objek pelanggaran
« on: 31 January 2018, 09:34:42 AM »
Alo temen2,

Di Sutta kan ditulis jika seorang laki2 melakukan hubungan seks dengan wanita yang masih dalam perlindungan orang tua adalah melanggar sila. Nah, sekarang yang tidak dibahas di Sutta adalah bagaimana kalo laki2nya yang masih dalam perlindungan orang tua pergi berhubungan dengan wanita yang sudah tidak dalam perlindungan orang tua, saudara, dll., apakah si laki2 itu melanggar sila ke 3? Terima kasih sebelumnya.  _/\_
kalau sudah menjadi bhikkhu, tidak boleh lagi simpan istri, bhikkhu itu akan kalah dalam Sangha. Walaupun disimpan dan manusia gak tahu, brahma baka bisa mengetahuinya, banyak brahma lain bisa mengetahuinya, bahkan para deva juga tahu itu, gak ada yang bisa disembunyikan.

28
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 31 January 2018, 09:30:04 AM »
Apa isi Tipitaka Tematik? :3
dodol, ne gw kasih tahu y. kitab suci itu = kitab, gak disebut buku lagi, karena berisi naskah suci. namanya sudah kitab, bukan buku lagi. u kalau tamat S3, u gak sarjana lagi atau master, tapi uda doktor. selain itu, namanya buku, yang terdiri dari satuan kertas yang ditumpukkan (gak usah bahas sana sni, u cari aja sejenis lainnya). itu namanya: buku, u pelajari lebih dalam lagi, gak perlu gw jelaskan panjang lebar. u balik ke TK sana. kalau sudah masuk TK lagi, u lanjut SD ampe pendidikan minimal 12 tahun di indonesia ini. baru u balik lagi kemari, kita diskusi tentang buku. gw tunggu u 10 tahunan lg. semoga lulus

29
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 31 January 2018, 09:23:25 AM »
apa dasar pemikirannya "kitab suci harus gratis"?
u mau duit kitab suci buat apa? untung dikit aja. gak perlu serakah. yang buat kitab suci itu bhikkhu. u punya bhikkhu simpan uang gak? kalau gak, u jawab benar, kalau iya, u buat thread baru. jangan mencari keuntungan dari karya orang, para bhikkhu yang susun kitab suci itu untuk dibagikan dengan gratis melalui donatur yang baik hati. atau uang receh sendiri, misalnya di fotocopy atau minjem atau e-book. u mana mau baca yang fotocopy, u ikut tax amnesty gak kemarin!? u klo punya harta lapor yang benar, jaga sila ke empat!

30
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 31 January 2018, 09:18:06 AM »
Seharusnya kitab suci itu diterbitkan penerbit yang memberikan secara gratis, itu cuman alasan keuntungan saja kalau berbayar. Hak cipta memang penerbit, tetapi ada perjanjian tertentu dengan pencipta, antara pencipta/penulis dan penerbit. Seharusya tidak diperjualbelikan karena kitab suci. mencari keuntungan dari kitab suci itu tidak dengan cara jual beli. Kalau jual buku karya non-kitab suci masih sesuai dhamma, tapi kalau kitab suci yang dijual, itu tidak sesuai dhamma, penyelewengan namanya, cari untung dari karya orang.

Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7