//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - D1C1

Pages: 1 2 3 4 5 [6] 7 8 9
76
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 18 December 2017, 07:09:33 PM »
sila pertama dengan jelas melarang membunuh bukan larangan makan. jika anda memakan apapun tanpa membunuh tentu saja tidak ada pelanggaran. misalnya jika anda berusaha menelan ayam yg masih hidup, ini adalah pelanggaran karena ayam pasti mati setelah masuk ke perut anda. tapi jika anda memakan bangkai ayam, tanpa anda makan pun ayam itu memang sudah mati, ini bukan pelanggaran.

Tidak ada pelanggaran sila pertama, apa itu berarti tidak ada karma buruk juga?

77
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 18 December 2017, 06:33:25 PM »
https://suttacentral.net/id/snp2.2

Terima kasih ya untuk linknya, tp sepertinya terlalu umum.
Bisa kita spesifikan saja, apakah makan daging karma buruk atau melanggar sila pertama? Terima kasih

78
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 18 December 2017, 05:00:25 PM »
Terima kasih ya untuk linknya, tp sepertinya terlalu umum.
Bisa kita spesifikan saja, apakah makan daging karma buruk atau melanggar sila pertama? Terima kasih

79
Theravada / Makan daging dan sila pertama
« on: 18 December 2017, 01:12:06 PM »
Alo temen2,

Mau nanya nih. Makan daging itu Karma buruk tidak ya?  Apakah makan daging itu melanggar sila pertama?  Terima kasih.

80
Diskusi Umum / Re: Makan daging dan mengajarkan makan daging
« on: 17 December 2017, 10:30:02 PM »
gizinya ga cukup bro..hehehe...sepupu gw yang vege kok ga dapet ranking kelas ya? hahhaha...pdhl vege dr kecil loh
anyway gw bukan vegan,

cuma menghindari makan daging utk kesehatan aja.
jadi mostly makan tahu + tempe + kecap aja :))

beneran loh, badan terasa lebih ringan
*ya iyalah turun 5kg dlm sbln
kayanya sih gijinya cukup, org2 sekitar udah sakit batuk & flu, gw masih sehat2
sekitar dah sembuh, gw baru mulai sakit :hammer:

Tahu tempe mengandung protein tp kalo sumber gizinya dr tahu tempe aja kurang. Kita jg hrs liat yg lain spt vit b12 (vegetarian sering kurang ini), iron, zinc, omega 3, dll. Coba Google sumber2 protein untuk vegetarian. Dan cek asupan protein untuk org dewasa itu brp gram per harinya.

81
Diskusi Umum / Re: Makan daging dan mengajarkan makan daging
« on: 17 December 2017, 10:24:05 PM »
maka sadarilah
Umat Buddha adalah pemakan bangkai. Sadarilah kita makan mayat.

Tidak boleh membunuh makhluk hidup untuk dimakan, tetapi boleh makan bangkai.

Inilah jalan tengah bebas dari ekstrim (vegetarian) dan ekstrim (bunuh hewan)

Boleh minta sumber nya bro kalo makan bangkai adalah jalan tengah?

82
Theravada / Game dan sila
« on: 17 December 2017, 06:00:59 PM »
Alo temen2,

Apakah misalkan bermain video game yg mengandung kekerasan seperti memukul, membunuh itu melanggar sila pertama? Terima kasih.

83
Diskusi Umum / Re: Boleh gak Oral Sex?
« on: 14 December 2017, 11:23:40 PM »
Andaikan saja masih ada yg bertanya2 apakah oral seks boleh dilakukan.

Oral seks boleh dilakukan dan tidak melanggar sila dr pancasila Buddhis.

Perbuatan asusila seperti tertera di Majjhima Nikaya 41 dr kitab Pali mengatakan: mereka yg melakukan hubungan seks dengan pasangan orang lain, dgn mereka yg mengambil sumpah hidup selibat (bhikkhu /bhikkhuni), tahanan, anak yg masih dibawah pengawasan ayah, ibu, kakak adalah melakukan perbuatan asusila.

Seperti juga yg Bhante Uttamo katakan jika oral, anal seks atau seks konvensional dilakukan pada mereka yg merupakan pasangan orang lain, ini baru adalah pelanggaran sila ke tiga dr pancasila Buddhis.

Jadi di ajaran Buddhis awal (Theravada),  oral seks tidak dilarang. Tidak ada di kitab Pali yg menyatakan oral seks itu tidak diperbolehkan.

Semoga membantu.

84
Theravada / Re: Vegetarian atau tidak
« on: 11 December 2017, 10:20:37 PM »
Dan lagi jika satu orang menjadi Vegetarian apa itu efek, bener2 bisa mengurangi pembunuhan? Pertumbuhan jumlah manusia kan juga meningkat dari hari ke hari.

85
Theravada / Re: Vegetarian atau tidak
« on: 10 December 2017, 09:03:42 AM »
Kabar angin Suntik hormon pertumbuhan dan suntik antibiotik, kabarnya ada sejenis antibiotik yang di pasarkan untuk hewan ternak yang digunakan untuk membunuh bakteri tertentu di pencernaan hewan ternak hingga membuat usus menyerap nutrisi dan gizi lebih baik dari kondisi ada bakteri tersebut, hal ini biasa di lakukan di negara maju yang  mengakibatkan terbitnya peraturan peraturan yang memperketat penggunaan antibiotik buat hewan ternak di usa dan euro.

Menurut kabar angin atau desas desus pro dan contra antibiotik, antibiotik menyebabkan terbunuhnya banyak bakteri baik dan buruk hingga zat makanan yang masuk ke dalam system pencernaan manusia tidak dapat di proses (serap) sebagian oleh bakteri menyebabkan system pencernaan menyerap lebih banyak nutrisi dan gizi lebih banyak tanpa adanya bakteri yang mengolah tersebut hingga meningkat overweight dan obesitas pada populasi manusia saat ini.

Terima kasih kullatiro buat tanggapannya. Tapi walaupun dengan suntik hormon pertumbuhan pun, dibutuhkan sekitar 2 tahun untuk anak sapi tumbuh menjadi sapi layak disembelih, 1 sapi betina hanya mampu melahirkan paling banyak 10 anak sapi seumur hidupnya. Permintaan daging tumbuh jauh lebih cepat, saya heran bagaimana para peternak bisa memenuhi permintaan pasar yg begitu cepat dan tinggi?

86
Theravada / Re: Vegetarian atau tidak
« on: 09 December 2017, 11:18:31 PM »
Temen2 disini ada yang tau gak bagaimana caranya perusahaan daging meningkatkan produksi daging dengan cepat untuk memenuhi permintaan pasar? Untuk membesarkan hewan ternak kan butuh waktu, sebagai contoh membesarkan sapi sampai ke ukuran siap disembelih dibutuhkan waktu 2 tahun, nah bagaimana perusahaan daging ini bisa memenuhi permintaan pasar yang meningkat dengan cepat, misalnya?

Ada yang tahu??

87
Theravada / Re: Vegetarian atau tidak
« on: 09 December 2017, 11:58:42 AM »
Temen2 disini ada yang tau gak bagaimana caranya perusahaan daging meningkatkan produksi daging dengan cepat untuk memenuhi permintaan pasar? Untuk membesarkan hewan ternak kan butuh waktu, sebagai contoh membesarkan sapi sampai ke ukuran siap disembelih dibutuhkan waktu 2 tahun, nah bagaimana perusahaan daging ini bisa memenuhi permintaan pasar yang meningkat dengan cepat, misalnya?

88
Theravada / Re: Alat kecantikan
« on: 06 December 2017, 07:27:18 PM »
Gak usah kosmetik,  bahkan beras yg kita konsumsi tiap hari pun ada kandungan bahan kimianya...  Kalau dikit2 mikir karma buruk maka kita gak pernah akan beranjak dari mana2 hahaha...   :D

Jual kosmetik aja karma buruk...  Tukang obat apaalagi ^:)^

Terima kasih DeNova buat tanggapannya _/\_. Bagaimana dengan jual alat listrik seperti colokan kabel, bohlam, steker, dll. Saya mikirnya binatang2 kecil tentu akan tersetrum dan mati, bagaimana dengan hal ini, apakah ini termasuk karma buruk? Terima kasih sekali lagi

89
Theravada / Re: Alat kecantikan
« on: 06 December 2017, 06:06:21 PM »
IMO, kalo menjual bahan2 kosmetik yang beracun/merugikan kesehatan dan dengan menipu konsumen, maka itu perbuatan tidak baik (karma buruk), tetapi jika menjual bahan2 yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan tidak dengan menipu/membohongi konsumen, maka bukan karma buruk

Terima kasih ya seniya, temen2 buat tanggapannya. Koq sepertinya postnya banyak yang dihapus ya, tidak bisa membalas teman2 yang lain yang telah membantu dech..
Tapi masalahnya sekarang sangat sulit sekali cari barang yang 100% aman. Kalo beras kan mungkin kimianya tidak sebahaya seperti kosmetik. Betul tidak?

90
Theravada / Re: Alat kecantikan
« on: 05 December 2017, 05:58:07 PM »
Kenapa karma buruk? Emang gak boleh mempercantik tubuh  ::)

Terima kasih atas tanggapannya
Rasanya buruk saja karena kan alat2 kecantikan tidak ada yang 100% baik bahan2nya. Misalkan bedak dll, itu kan tentu ada kimianya.

Pages: 1 2 3 4 5 [6] 7 8 9
anything