//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - D1C1

Pages: 1 2 3 4 [5] 6 7 8 9
61
Theravada / Makan dan keserakahan
« on: 27 December 2017, 05:51:33 PM »
Alo temen2,

Pertanyaan singkat aja nih, apa benar mereka yang bisa makan tanpa keserakahan sama sekali (nol keserakahan) adalah mereka yang telah mencapai kesucian?

62
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 24 December 2017, 11:07:30 PM »
Mungkin di post yg lain sy bs menjabarkan lebih luas pemakan daging memang melibatkan pembunuhan lebih banyak, walaupun 1 org, tp mgkn tidak di Post ini.

Bagaimana dengan keserakahan akan daging yg datangnya dr sumber yg berbeda.

Pertanyaannya:
Burukan mana antara serakah makan daging yg datang dr peternakan hewan yg kejam dengan serakah akan daging yg datangnya dr hewan yg hidupnya relatif bahagia di alam bebas.

Sama2 serakah bedanya daging yg pertama datang dr hewan yg idupnya menderita (peternakan modern yg kejam) dan daging kedua datang dr hewan yg idup bahagia di alam bebas, burukan mana?

mungkin ada yang mau berbagi?

63
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 22 December 2017, 07:44:58 PM »
tidak begitu, tentu saja pembunuhan ayam memang disebabkan oleh adanya konsumsi ayam, tapi ini adalah pengukuran yang tidak adil. dan kalau mau jujur, ayam itu bahkan memang tidak ada jika tidak ada yg mengkonsumsi.

di sini berlaku hukum ekonomi demand and supply, tapi dengan berkurangnya anda seorang tidak akan menurunkan jumlah demand secara ekonomi itu, anda perlu melakukan mogok makan daging secara massal baru bisa mengurangi demand itu.

Dan makan daging juga tidak melulu disebabkan oleh keserakahan, beberapa wilayah di dunia ini memakan daging lebih karena kebutuhan daripada keserakahan.

Mungkin di post yg lain sy bs menjabarkan lebih luas pemakan daging memang melibatkan pembunuhan lebih banyak, walaupun 1 org, tp mgkn tidak di Post ini.

Bagaimana dengan keserakahan akan daging yg datangnya dr sumber yg berbeda.

Pertanyaannya:
Burukan mana antara serakah makan daging yg datang dr peternakan hewan yg kejam dengan serakah akan daging yg datangnya dr hewan yg hidupnya relatif bahagia di alam bebas.

Sama2 serakah bedanya daging yg pertama datang dr hewan yg idupnya menderita (peternakan modern yg kejam) dan daging kedua datang dr hewan yg idup bahagia di alam bebas, burukan mana?

64
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 22 December 2017, 02:35:07 PM »
tanggung jawab kenaikan jumlah pembunuhan tidak dapat dibebankan pada pemakan daging, jika mau jujur, kaum pemakan daging tidak menyebabkan lebih banyak pembunuhan daripada pemakan rumput. anda bisa melakukan hitung2an, brp banyak binatang yg tewas karena pembukaan lahan pertanian, apalagi pembukaan lahan yg dilakukan dengan cara membakar hutan. kemudian brp banyak pembantaian hama tanaman demi agar pertanian bebas dari hama, dst, dst.

soal makan double porsi ini tidak bisa dijadikan indikator keserakahan. seseorang yg makan ayam double belum tentu lebih serakah daripada orang yang makan hanya sepotong. kecukupan makanan berbeda-beda untuk tiap-tiap individu.

Sudah banyak studi membuktikan pemakan daging melibatkan pembunuhan jauh lebih besar drpd pemakan sayur, karna hewan2 ternak itu juga makan sayur yg juga melibatkan pembunuhan, namun saya tidak mau membahas ke sana.

Mungkin pertanyaan saya yang kurang jelas.
Yang saya maksudkan disini bukan kematian hama2 dan serangga kecil namun kematian hewan2 ternak yang khusus diambil dagingnya.

Saya copy lagi pertanyaan saya:
Jadi pendek kata, ia yang serakah makan daging hanya bertanggung jawab atas keserakahannya sendiri? Ia tidak bertanggung jawab atas kenaikan jumlah pembunuhan hewan ternak yang disebabkan oleh keserakahannya, begitu?



65
Theravada / Keserakahan dan daging
« on: 22 December 2017, 02:25:44 PM »
Hai temen2,

Burukan mana antar serakah makan daging yg asalnya dari peternakan hewan yang kejam dengan serakah makan daging yang asalnya dari hewan yang hidup alami di alam bebas. Tidak ada niat membunuh hanya saja serakah dari daging yg sumbernya lain. Di antara kedua keserakahan di atas, mana yg lebih buruk?

66
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 21 December 2017, 12:40:56 AM »
Terima kasih atas kutipan Suttanya, cerita Sang Buddha dengan Jain. Saya juga pernah baca mengenai 3 syarat daging yg boleh dimakan, tapi mungkin itu peraturan untuk para bhikkhu.


karma adalah niat, adalah di penjagal yang berniat membunuh, dan mungkin pihak2 lain yg terlibat langsung dalam pembunuhan itu. tapi si pemakan yang memakan hanya dengan niat untuk makan, tidak terlibat dalam pembunuhan itu. daging yg dimakan itu mungkin akan menambah keserakahannya, namun hal ini tidak berbeda dengan keserakahan terhadap non-daging.



Jadi pendek kata, ia yang serakah makan daging hanya bertanggung jawab atas keserakahannya sendiri? Ia tidak bertanggung jawab atas kenaikan jumlah pembunuhan hewan yang disebabkan oleh keserakahannya, begitu?

Jika seseorang misalkan makan 1 piring nasi goreng ayam, terus setelah habis dia belum kenyang dia tambah lagi 1 piring nasi goreng ayam lagi. Apakah itu termasuk keserakahan? Terima kasih sekali lagi _/\_

67
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 20 December 2017, 03:06:47 PM »
sebuah diskusi yg sehat dan terpelajar tidak tiba2 mempertanyakan pencapaian lawan diskusi, apa hubungannya kesucian saya dengan topik yg dibahas ini?
maaf saya menganggap anda tidak layak untuk berdiskusi, jadi saya tidak akan menanggapi anda lebih jauh lagi

Ya setuju kalau bisa tetaplah pada topik sesuai dengan topik yang diciptakan di awal.

68
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 20 December 2017, 03:04:59 PM »
karma itu adalah niat, apakah niat anda dalam memakan daging? jika dihubungkan dengan sila pertama, apakah memakan daging menyebabkan makhluk terbunuh? bukankah makhluk tersebut memang sudah mati ketika dimakan? dan tidak memakannya juga tidak akan menghidupkan kembali makhluk tersebut.

sulit sekali bahkan mustahil kita tidak memakan atau menggunakan apapun yang tidak berasal dari makhluk hidup. misalnya ketika kita memakai sepatu, dompet, tas, dslb, yang berbahan kulit itu adalah produk dari makhluk hidup. ketika anda naik kendaraan, bahan bakar yang digunakan juga berasal dari makhluk hidup, bahkan ketika anda makan sayur2an, pupuk yang digunakan sering kali juga berasal dari makhluk hidup. mungkin satu2nya cara yang paling aman adalah mati saja.

Ya benar. Tapi mengingat daging berasal dari makhluk hidup, mungkin serakah akan daging karmanya lebih berat karena lebih banyak daging kan artinya lebih banyak pembunuhan. Bukan begitu?

69
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 19 December 2017, 11:55:19 PM »
apa salahnya si daging? keserakahan itu kan dari si pemakannya, bukan menunya.
mungkin aja ada makhluk yang ngiler makan batu, makan tanah, itu tetap keserakahan dan si pemakanlah yang bertanggung jawab atas keserakahan itu bukan makanannya

Mungkin karena daging itu asalnya dari makhluk hidup sehingga karmanya lebih berat, begitu?

70
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 19 December 2017, 11:20:50 PM »
kalau itu, bukan hanya daging, rumput pun bisa bikin ngiler.

Hmm.. bener juga. Jadi ngiler/serakah sama daging sama ngiler/serakah sama tanaman itu sama aja ya, kenapa begitu ya? Bukannya lebih berat karma buruknya kalo ngiler sama daging ya?

71
Theravada / Olahraga dan Buddhisme
« on: 19 December 2017, 06:29:59 PM »
Alo temen2,

Di dalam agama Buddha kita diajarkan untuk makan secukupnya demi menjaga kelangsungan hidup, bukan untuk kesenangan, kecantikan, dll.

Lalu bagaimana dengan orang yg suka olahraga /olahragawan. Dalam hal ini contohnya binaragawan. Mereka tentu makan bukan untuk kelangsungan hidup tapi untuk membesarkan ototnya atau mempertahankan bentuk tubuhnya. Banyak lagi hal2 lain yg bukan untuk menjaga kelangsungan hidup(hidup para bhikkhu),  lalu apakah ini melanggar /Karma buruk?  Terima kasih.

72
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 19 December 2017, 05:17:20 PM »
makanya disarankan untuk makan daging mayat/daging bangkai, jangan daging binatang hidup.

Ya... tapi jika kita ngiler akan daging itu bukankah disitu ada bentuk2 keserakahan? Keserakahan = karma buruk?

73
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 19 December 2017, 03:14:53 PM »
Gak melanggar, tapi kalo ke restoran yang menyediakan hewan segar, pas lu pesen sama aja lu membunuh tuh hewan. Lain cerita kalo emang dah dibunuh duluan. Secara kehendak, pelanggaran Sila gak terpenuhi karena niatnya cuman mau makan daging dari hewan yang telah mati, bukan yg masih hidup. Kamma buruk? Tentu karma buruk Kaloooo: makan gak bayar, kalo ambil jatah orang, dll. sesuai kehendak buruk...  ;D

Trims buat balesannya, seperti yg sudah dibalas di atas ke bro Indra.
Memang kita tidak melanggar sila pertama, tapi apakah ada karma buruk yang dihasilkan dari membeli atau memakan daging?

74
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 19 December 2017, 03:13:05 PM »
karma itu soal lain lagi, dikatakan karma itu adalah kehendak, atau niat, jika anda berniat hanya makan dan yg dimakan itu toh sudah mati, dan jika anda tidak memakannya juga tidak akan menghidupkannya juga, jadi di mana letak keburukannya?

Mungkin letak keburukannya karena itu adalah daging? Atau mungkin kita ingin/ngiler akan daging tersebut?

75
Theravada / Re: Makan daging dan sila pertama
« on: 18 December 2017, 10:29:06 PM »
Terima kasih temen2 ya...jadi makan daging itu tidak karma buruk ya. Lalu bagaimana dengan masak daging, saya pernah dikasih tau sama orang kalo masak daging itu paling tidak menimbulkan karma buruk walaupun sedikit. Apa ini benar?

Pages: 1 2 3 4 [5] 6 7 8 9
anything