Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - markosprawira

Pages: 1 2 3 4 5 6 [7] 8 9 10 11 12 13 14 ... 420
91
Theravada / Re: SILA: berkah bagi semua mahluk
« on: 07 July 2010, 09:00:19 AM »
Apa yang Tidak Bisa Dilakukan Arahat

Di masa lalu, Sutava, dan juga di masa sekarang, kunyatakan bahwa seorang bhikkhu yang juga Arahat - orang yang noda-nodanya telah dihancurkan, yang telah menjalani kehidupan suci, telah mengerjakan tugasnya, telah melepaskan semua beban, telah mencapai tujuannya, telah menghancurkan penghalang dumadi dan menjadi terbebas lewat pengetahuan akhir - tidak bisa melakukan pelanggaran yang berhubungan dengan sembilan hal: dia tidak bisa menghancurkan kehidupan, melakukan percurian, terlibat dalam tindakan seksual, berbohong dengan sengaja, dan menggunakan kenikmatan yang tersedia seperti yang dilakukannya di masa lalu ketika masih sebagai perumah tangga; selanjutnya, dia tidak bisa melakukan tindakan yang salah berdasarkan nafsu keinginan, kebencian, kebodohan atau ketakutan. Di waktu lalu, Sutava, dan juga di masa sekarang, kunyatakan bahwa seorang bhikkhu Arahat tidak bisa melakukan pelanggaran yang berhubungan dengan sembilan hal ini.

==========================================
logikanya arahat saja dia tidak bisa menghancurkan kehidupan, melakukan percurian, terlibat dalam tindakan seksual, berbohong dengan sengaja, dan menggunakan kenikmatan yang tersedia seperti yang dilakukannya di masa lalu ketika masih sebagai perumah tangga apalagi kita semua yang belum mencapai apa2 pengen mencapai tingkat kesucian masa bisa dengan melanggar sila ;D

Bro Ryu yang baik, saya rasa Arahat bukan hanya melekat, tetapi Arahat sudah menyatu dengan sila.
Bagai orang yang pertama kali harus memakai safety belt, merasakan hal itu sebagai beban, tetapi bila telah terbiasa, maka hal itu terasa bagai bagian yang tak terpisahkan ketika ia mengendarai mobil, karena ia merasa tak aman bila tak memakai safety belt.

Demikian juga dengan orang yang tak terbiasa melaksanakan sila, merasakan hal itu sebagai beban, tetapi bila mereka telah terbiasa maka hal itu merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam hidupnya.

 _/\_

kalo istilah mentor, mirip seperti org belajar kungfu.....

awalnya terasa sulit, kaku, kagok, dsbnya..... tapi saat sudah menjadi ahli kungfu, gerakannya sudah otomatis berjalan seperti refleks

92
Theravada / Re: CITTA
« on: 07 July 2010, 08:44:55 AM »
mgkn yg perlu diperjelas disini adalah antara phassa/kontak dengan reaksi kita terhadap objek yang bersangkutan

phassa/kontak adalah vipaka, apakah itu kusala atau akusala..... sedangkan reaksi adalah kamma baru yang diperbuat, dan selama level putthujhana, hanya ada 2 kemungkinan yaitu : akusala, atau sobhana/kusala

93



OTOCOID, Jakarta - Factory visit ke Ferrari, lanjut drifting menggunakan Ferrari 360 dan 430 di Sirkuit Varano, lantas jadi co-driver Ferrari F1 3-seaters di sirkuit Fiorano, Maranello, kemudian shopping di Milan disambung party di salah satu klub ternama di sana, dan diakhiri dengan membintangi movie clip penuh adegan seru mengendarai sports car Ferrari. Inilah yang ditawarkan Marlboro melalui program Marlboro Red Rush.

 

Marlboro Red Rush, adalah inovasi program otomotif seputar roda empat dalam konsep terbaru, unik, dan eksklusif. Program ini menawarkan beragam tantangan dan pengalaman sekali seumur hidup yang lebih fun, exciting serta sesuai keinginan para perokok dewasa Marlboro.

 

Veronica Risariyana, selaku Marketing Manager Marlboro menjelaskan, ”Marlboro Red Rush merupakan hasil inovasi program otomotif seputar roda empat. Konsepnya baru, unik, dan ekslusif. Kami tambahkan lebih banyak unsur urban lifestyle, sehingga perokok dewasa kami memperoleh pengalaman paling fun dan exciting di atas kendaraan roda empat. Proses registrasi dan seleksi-nya pun dibuat lebih mudah dan menyenangkan.“

 

Proses registrasi dan seleksi, 9 Juni – 6 Agustus 2010. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website www.marlboro.co.id atau secara offline melalui Brand Ambassador Marlboro di beragam aktivitas pendukung Marlboro Red Rush. Setelah terdaftar, para peserta diajak mengikuti berbagai tantangan untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin.

 

Pada 7 Agustus 2010, akan diumumkan lima pemenang Marlboro Red Rush yang siap diajak menjalani Marlboro Red Rush Week di Italia pada 11-16 Oktober 2010. Marlboro Red Rush Week tediri dari berbagai macam aktivitas seru, menegangkan, sekaligus menyenangkan yang memberi pengalaman sekali seumur hidup tak terlupakan.

 

Menikmati leisure time dengan wisata kuliner ke pizza house terbaik di Parma dan mengunjungi pabrik Ferrari. Lantas singgah ke Milan untuk shopping lalu menjadi tamu VIP dalam sebuah party di salah satu klub ternama di kota pusat mode dunia itu. Para pemenang juga diajak bermain dengan adrenaline di berbagai urban extreme sports, seperti rally off-road dengan Fiat Panda 4x4 dan parkouring.

 

Marlboro Red Rush Week di Italia juga mampu mewujudkan impian terbesar para pemenang akan kendaraan roda empat. Tersedia beragam sports car yang siap dijajal. Misalnya Ferrari 360 dan 430 untuk drifting di Sirkuit Varano, atau F1 3-seaters yang memberikan pengalaman istimewa sebagai co driver Ferrari di sirkuit Fiorano, Maranello.

 

Tidak berhenti di situ. Dalam Marlboro Red Rush Week di Italia, masing-masing pemenang juga mendapat kesempatan untuk membintangi movie clip mengendarai sports car Ferrari. Movie clip ini akan ditayangkan premiere di sebuah party ekslusif di Jakarta, pada 22 Oktober 2010, sekembalinya mereka dari Italia.

 

”Dalam setiap program yang memiliki konsep unik dan berbeda satu sama lain, kami selalu berusaha memberi pengalaman terbaik pada perokok dewasa Marlboro. Sesuai komitmen kami untuk terus menghadirkan world class experience that only Marlboro can do,” tutup Veronica Risariyana.

 

Untuk mendukung Marlboro Red Rush, diadakan serangkaian program aktivasi. Seperti Marlboro Red Rush Nights, rangkaian dance music interactive party sebagai sosialisasi program di 10 kota besar. Di antaranya Medan, Batam, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Samarinda, dan Makassar.

 

Program aktivasi lainnya adalah Marlboro Red Drive yang siap mewujudkan fantasi perokok dewasa Marlboro untuk naik sports car. Marlboro mendatangkan Ferarri California langsung dari Italia. Perokok dewasa Marlboro akan mendapat kesempatan naik sports car yang bisa menembus 310 km/jam itu didampingi driver terlalih.

 

Selain itu, Marlboro Red Drive juga mengajak para perokok dewasa menggelar private party di dalam mobil mewah. Marlboro secara mendesain khusus sebuah Hummer agar memungkinkan dijadikan sebagai tempat party.

94
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi / Mercedez Viano Menghiasi IIMS 2010
« on: 07 July 2010, 08:22:55 AM »



OTOCOID, Jakarta - Kepopuleran Toyota Alphard di Indonesia ternyata membuat iri Mercedes-Benz Indonesia (MBI). Rencana pun sudah dicanangkan dengan akan meluncurkan MPV mewah Viano pada 23 Juli 2010 atau bertepatan dengan Indonesia International Motor Show 2010. Namun bagi konsumen yang tidak sabar, bisa melakukan pemesanan di dealer Mercedes-Benz mulai hari ini. Bahkan pihak MBI mengaku sudah melakukan sosialisasi ke pembeli potensial.

 

”Harga Viano akan kompetitif dengan Alphard tapi tentunya dengan kualitas tinggi dan dilengkapi fitur hiburan seperti DVD player bagi penumpang belakang. Jadi konsumen Mercedes-Benz yang sudah memiliki sedan atau SUV, kini bisa mendapatkan versi MPV-nya. Kami harapkan Viano ini akan terjual sebanyak 130-150 unit hingga akhir tahun,” ujar Rudi Borgenheimer, Presiden Direktur MBI.

 

Rudi menambahkan terdapat dua varian yang ditawarkan yaitu V220 bermesin diesel yang dibanderol Rp 899 juta dan satu lagi mesin bensin V350 seharga Rp 1,249 milyar. Keduanya akan diiimpor utuh langsung dari Jerman, namun mendapat tambahan komponen lokal seperti DVD player dan ornamen kayu di beberapa bagian. Total kandungan lokal yang terdapat Viano mencapai 20%. ”Jika permintaannya bagus dan mencapai target, kami berencana melakukan perakitan (CKD) di Indonesia,” tutup Rudi. (Lulut)

95
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi / 3008 Crossover Pertama Peugeot
« on: 07 July 2010, 08:22:10 AM »




OTOCOID, Jakarta - PT Astra International – Peugeot Sales Operation selaku Agen Tunggal Pemenang Merek Peugeot di Indonesia resmi memperkenalkan The new Peugeot 3008. Crossover Eropa ini hadir pertama kalinya di ajang  GENEVA MOTOR SHOW 2009. Sejak peluncurannya hingga akhir 2009 lalu telah terjual sebanyak 50.000 unit.

 

Peugeot 3008 memadukan kelincahan hatchback, kenyamanan MPV dan nilai-nilai kebebasan sebuah SUV. Kombinasi tiga jenis mobil  ini menempatkan Peugeot 3008 sebagai produk inovasi masa depan. Membuktikan keunggulan produknya, beberapa award berhasil diraih Peugeot 3008. Antara  lain : 1st in the Crossover category in Great Britain, dan Car of the year 2010 in Great Britain.

 

Peugeot 3008 merupakan Crossover pertama Peugeot yang sangat sesuai bagi keluarga kecil maupun eksekutif muda yang berkarakter kuat, ingin tampil modern, dinamis, sporty dan mempunyai aktifitas tinggi.

 

Mobil yang masih diimpor dalam bentuk Completely Build Up (CBU) ini, hadir di Indonesia dilengkapi dengan mesin 1.598 cc turbo dan transmisi automatic gearbox 6 speed.

 

Peugeot 3008 adalah crossover berkapasitas 5 tempat duduk dengan disain multiflex interior seperti kursi belakang yang dapat dilipat rata. Floor panel bagasi dengan 3 level position memberikan ragam penyimpanan sesuai kebutuhan. Peugeot 3008 dilengkapi dengan 13 tempat penyimpanan termasuk cool box yang terletak di dalam console tengah.

 

Untuk memudahkan akses memasukkan dan meletakkan barang, split rear tailgate dapat dibuka dua bagian. Di dalam bagasi juga terdapat two folding seat control untuk memudahkan melipat kursi belakang dan lampu senter untuk  keadaan darurat.

 

Untuk menambah kenyamanan berkendara, mobil ini dilengkapi electric door mirror, exterior courtesy lighting,

automatic windscreen wiper with rain sensor, automatic headlamp, follow me home, AC Dual Zone, sistem audio RD4 single CD-MP3, cruise control with speed limiter, dan electrochrome rear view mirror

 

Keamanan mobil ini sangat inovatif dan lengkap diterapkan hampir disemua bagian. Pengamanan aktif 3008 meliputi ESP, ABS, EBD, EBA, ventilated disc with diagonal circuit system pada 2 roda depan dan disc diagonal circuit system pada roda belakang.

 

Sedangkan untuk pengamanan pasif antara lain sabuk pengaman 3 titik, 6 airbags (2 front airbags, 2 side airbags,

2 curtain airbags), pedestrian impact, reinforced safety cage. Untuk menambah kenyamanan dan keamanan, Peugeot 3008 telah dilengkapi teknologi terbaru Electronic Parking Brake, yang dapat bekerja secara manual maupun otomatis sesuai keinginan pengemudi. Pada posisi otomatis, ‘Parking Brake’ akan bekerja sehingga kendaraan akan tetap pada posisinya walaupun pedal rem tidak diinjak.

 

Performa yang dihasilkan dengan mesin terbaru EP6CDT Turbo, 16 Valve, VVT, VVL, berkapasitas 1.598 cc,

menghasilkan tenaga 156hp/5800 rpm dengan torsi 240 Nm/1400 rpm. Sistem keamanan 3008 dirancang sedemikian lengkapnya sehingga meraih 5 bintang pada test keamanan Euro NCAP (European New Car Assessment Programme) untuk adult occupant protection

 

Peugeot 3008 dipasarkan dengan harga on the road DKI Jakarta Rp. 429.900.000,- (plus Peugeot maintenance package)

96
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi / Re: [ask] kamera cctv
« on: 07 July 2010, 08:21:25 AM »
sedikit usul aja untuk cctv :
- cek spesifikasinya, misal bisa dicek via gprs, bagaimana media penyimpanannya (Ada harddisk, atau mst ke PC), dsbnya
- garansinya : cari perusahaan yang sudah cukup lama berdiri, dan tidak rewel untuk servisnya
- instalasinya

97
Sains / "Curve Control System" dari Ford
« on: 07 July 2010, 08:11:12 AM »



AMERIKA,KOMPAS.com - Ford menciptakan suatu teknologi Curve Control System (CCS) buat pengendara mobil. Alat ini bisa mencegah terjadi kecelakaan akibat kecerobohan pengemudi yang melakukan manuver di tikungan dengan cepat, sehingga mobil kehilangan kestabilan.

Di Amerika, setiap tahun tercatat 50.000 Kecelakaan karena kesalahan yang membelok sangat cepat (kecepatan tinggi). Nah, dengan fitur ini, Ford berharap bisa bermanfaat, khususnya untuk di jalan tol.

Kelebihan dari teknologi pengontrol belokan ini, keempat roda dapat mengerem dengan halus. Trus, ketika mobil melaju dengan kecepatan di luar batas, torsi mesin bisa dikurangi untuk menurunkan kecepatan sampai 15 km/jam per detiknya. Dengan begitu, mobil bisa kembali berada di jalurnya.

Ford menjelaskan CCS bekerja pada permukaan yang kasar, saat kondisi basah maupun kering. Jadi, jika mobil tidak membelok sesuai yang diinginkan pengemudi, teknologi itu bisa mengembalikan jalur mobil ke posisi yang aman.

Teknologi ini bukalah suatu terobosan. Karena sistem kontrol kestabilan pada mobil sudah diperkenalkan pada 1987 dengan nama Electronic Stability Control (ESC). Hanya, fungsinya mendeteksi dan meminimalkan terjadi roda skid. Jadi, saat ESC berhasil mendeteksi terjadinya kehilangan kendali, ESC secara otomatis akan membantu mengerem untuk menolong setir bisa dikontrol pengemudi.

Pada 1990, Mitsubishi memperkenalkan teknologi sejenis itu dengan sebutan Diamante (Sigma), di mana traksi dikontrol secara elektronik. Dan untuk mobil-mobil terbarunya, Mitsubishi kini memakai Active Skid and Traction Control (ASTC).

Kemudian dua pabrikan mobil Jerman juga mengenadalkan teknologi itu. Seperti BMW mulai dilengkapi pada model produksi 1992 dengan sebutan Continental Automotive System (CAS) yang bisa mengurangi torsi mesin.

Mercedes juga tak mau ketinggalan. Pada 1992, bekerja sama dengan Robert Bosch GmbH (seperti dilakukan BMW juga) menamakannya Electronic Stability Programme (ESP).

Pabrikan mobil Amerika ini berencana akan memasangnya pada jenis crossover, SUV, pikap dan van pada 2015.

Penulis: SBT
Editor: bastian MOTORAUTHORITY
Sumber :

98
Sains / Peugeot-Citroen Gunakan Ultrakapasitor untuk Stop-Start
« on: 07 July 2010, 08:10:40 AM »



KOMPAS.com — Sistem stop-start makin banyak diaplikasikan oleh produsen mobil pada produk terbaru mereka akhir-akhir ini. Bahkan, kendaraan roda dua juga mulai ikutan. Contohnya, Honda PCX. Hanya saja, dengan sebutan yang berbeda (idling-stop).

Kendati demikian, pada mesin diesel, sistem tersebut belum begitu banyak dimanfaatkan. Pasalnya, untuk me-restart (menghidupkan kembali) mesin, butuh tenaga yang lebih besar dibandingkan bensin. Ini bisa menyebabkan baterai tekor. Atau, bila ingin menggunakan baterai berkapasitas besar, akan menambah bobot.

“E-booster”
Produsen mobil yang menyatakan sudah berhasil menggunakan stop-start pada mesin diesel adalah PSA Peugeot-Citroën dari Perancis. Mereka menggunakan ultrakapasitor untuk menyimpan energi listrik, sekaligus membantu baterai menghidupkan mesin saat kekurangan tenaga. Karena itu, sistem oleh PSA disebut e-booster.

Selain tugas utamanya saat sistem stop-start aktif, saat mobil meluncur di jalanan kota yang macet atau banyak lampu merahnya, e-booster juga bisa membantu menghidupkan mesin saat dingin (pagi hari).

Pada sistem stop-start PSA—mesin dieselnya disebut e-HDi—digunakan motor starter yang sekaligus berfungsi sebagai alternator (integrated starter dan alternator). Starter-alternator buatan Valeo tersebut menghasilkan tenaga 2,2 kW. Sistem dilengkapi dengan power electronic (inverter).

Dijelaskan, PSA akan menggunakan fitur in i- tahap pertama—pada mesin diesel 1,4 liter dan 1,6 liter. Mesin juga diperbaiki, antara lain sistem pelumasan turbocharger, meningkatkan tekanan pompa injeksi, bantalan poros engkol, dan memperkuat roda gila dengan dua pemberat.

Juga ada kontrol tegangan alternator yang menghasilkan pengisian regeneratif ke baterai ketika pengemudi mengangkat kakinya dari pedal gas (deselerasi). Ultrakapasitor yang digunakan PSA ini kemampuan kerjanya 600 Farad/5V, yang memperoleh energi dari sistem kelistrikan mobil.

Sebenarnya, e-booster juga berfungsi sebagai penyangga sistem kelistrikan. Dengan menggunakan sistem ini, untuk mesin diesel 2,0 liter, tidak perlu menggunakan baterai 100 Ah dan tentu saja akan mengurangi bobot kendaraan. Bahkan, bisa pula dimanfaatkan untuk menggerakkan power steering bila mesin mati.

Penulis: ZBJ
Editor: zbj

99
Sains / Asteroid : Bencana Terbesar dari Ruang Angkasa
« on: 07 July 2010, 08:08:56 AM »


KOMPAS.com — Bicara soal asteroid, sebuah kabar gembira tiba hari Minggu (13/6/2010). Pesawat penelitian ruang angkasa Jepang, Hayabusa, telah kembali ke Bumi dengan membawa contoh debu dari asteroid Itokawa. Debu tersebut diharapkan bisa membuka teka-teki proses awal pembentukan sistem Matahari pada tata surya kita.

Hayabusa yang mendarat di daerah terlarang militer Woomera di bagian selatan Australia itu mengangkasa tahun 2003. Dia mencapai asteroid berbentuk kentang Itokawa pada 2005. Sekretaris Parlemen Australia untuk Inovasi dan Industri Richard Marles berkomentar, "Sebenarnya, untuk membawa sampel itu ke planet ini sudah terlambat. Namun, itu lebih baik daripada tidak. Sungguh sebuah pencapaian yang menakjubkan."

Sementara itu, ingatan kita mungkin masih segar. Bulan lalu Jakarta digegerkan oleh jatuhnya meteoroid di sebuah rumah di Duren Sawit, Jakarta. Kabar serupa datang dari Bima, Nusa Tenggara Barat—yang kemudian terbukti hanya akibat dari rusaknya jaringan listrik. Sebelumnya, telah ada beberapa catatan meteoroid jatuh di wilayah Indonesia.

Di Australia barat, tahun 1960, dua pekerja di Millbillillie menyaksikan sebuah bola api meluncur ke bumi. Sepuluh tahun kemudian baru ditemukan serpihan meteoroid.

Survei oleh institusi the International Spaceguard sejak tahun 1998 telah menghasilkan katalog berisi semua asteroid yang jaraknya cukup dekat dengan Bumi (near earth asteroids/NEA). Asteroid-asteroid tersebut diameternya lebih panjang dari satu kilometer. Di sisi lain, asteroid kecil yang diameternya berukuran kurang dari satu kilometer sebagian besar masih tidak terdeteksi.

Meskipun impak langsung akibat ditumbuk asteroid kecil tidak bersifat ekstrem, asteroid kecil ini jumlahnya amat banyak. Mereka berkeliaran di luar angkasa. Akibatnya, kemungkinan tertumbuk asteroid kecil semakin besar. Peristiwa inilah yang diteliti dan impak tumbukannya dihitung.

Dari bumi ke angkasa

Sebelum tahun 1991, informasi tentang asteroid hanya bisa didapatkan melalui penelitian yang berbasis di Bumi. Sejumlah penelitian berbasis Bumi yang dilakukan, di antaranya, adalah pada asteroid Toutatis, Castalia, Geographos, dan Vesta.

Toutatis, Geographos, dan Castalia diamati dengan radar saat mereka berada di dekat Bumi, sementara Vesta diamati dengan teleskop ruang angkasa Hubble.

Baru pada Oktober 1991, asteroid 951 Gaspra didatangi oleh pesawat ruang angkasa Galileo. Ini merupakan asteroid yang pertama kali bisa dipotret dengan resolusi tinggi. Galileo kembali mengamati asteroid, kali ini asteroid 243 Ida pada Agustus 1993. Keduanya dimasukkan ke dalam klasifikasi tipe-S, komposisinya dominan unsur silikat.

Pada 27 Juni 1997, pesawat ruang angkasa NEAR mendekati asteroid 253 Mathilde dengan kecepatan tinggi. Hal itu merupakan pertama kalinya para ilmuwan bisa mengamati dari dekat asteroid tipe-C, asteroid ini kaya akan unsur karbon. Penelitian ini unik karena NEAR tidak dirancang untuk melakukan penerbangan di dekat asteroid itu. NEAR ditujukan untuk mengamati asteroid Eros pada Januari 1999.

Dampak tumbukan

Penelitian awal itu dilakukan untuk meneliti dampak dari tumbukan sejalan peningkatan energi. Sebuah asteroid berbentuk telur berkecepatan sekitar 19.000 kilometer per detik dengan diameter bervariasi (bentuknya tidak rata) akan meningkat energi kinetiknya.

Contohnya, sebuah asteroid berdiameter 100 meter akan menyebabkan kematian di lokasi setempat dan kerusakan luas yang bisa menjangkau hingga ke beberapa negara saat asteroid menumbuk Bumi entah di daratan atau di lautan.

Sementara asteroid berdiameter 200 meter yang menghantam Bumi di lautan impaknya amat signifikan, antara lain bisa memicu terjadinya tsunami yang berdampak global. Adapun asteroid berdiameter 500 meter yang jatuh di lautan akan menyebabkan kematian masif dan kerugian ekonomi skala global.

Nick Bailey dari Universitas Southampton Jurusan Ilmu Teknik, Inggris, bersama rekannya, Dr Graham Swinerd dari universitas yang sama, dan Dr Richard Crowther dari Laboratorium Rutherford Appleton Laboratory, Inggris, telah mengembangkan perangkat lunak yang mampu mengukur besarnya potensi risiko tumbukan asteroid pada Bumi.

Perangkat lunak itu dinamai NEOimpactor. Perangkat ini secara khusus dikembangkan untuk mengukur dampak dari tumbukan asteroid berukuran "kecil"—berdiameter kurang dari satu kilometer—ke Bumi.

"Potensi ancaman asteroid menabrak Bumi semakin hari semakin disadari dan diterima sebagai bencana alam tunggal terbesar yang dihadapi oleh kemanusiaan," ujar Bailey.

Tim peneliti tersebut menggunakan data mentah dari simulasi impak beruntun. Hasilnya digunakan untuk menetapkan peringkat setiap negara. Peringkat tersebut didasarkan pada seberapa sering sebuah wilayah akan dihantam asteroid dan seberapa parah dampak dari setiap tumbukan tersebut.

Hasilnya menunjukkan, ada 10 negara yang paling berisiko kejatuhan asteroid, yaitu China, Indonesia, India, Jepang, Amerika Serikat, Filipina, Italia, Inggris, Brasil, dan Nigeria.

Jika dilihat dari sudut korban jiwa, China, Indonesia, India, Jepang, dan Amerika Serikat adalah negara-negara yang paling terancam. Artinya, korban jiwa akan sangat banyak. Sementara dari segi dampak ekonomi terparah, negara-negara seperti Amerika Serikat, China, Swedia, Kanada, dan Jepang adalah yang paling menderita karena hancurnya infrastruktur.

Dari dua aspek dampak tersebut, Inggris berada di urutan kedelapan dalam daftar negara-negara paling rawan terkena dampak. Dari daftar 20 besar untuk kedua dampak itu, lebih dari 10 negara muncul pada kedua daftar dampak. "Dampaknya pada populasi dunia dan pada infrastruktur memang luar biasa besar," kata Nick.

"Sekitar seratus tahun lalu, sebuah lokasi yang terpencil di dekat Sungai Tunguska di kawasan Siberia menjadi lokasi jatuhnya meteoroid. Dampaknya amat luar biasa, padahal asteroidnya hanya berdiameter sekitar 50 meter. Asteroid tersebut meledak di udara. Dampak saat itu hanya berupa hancurnya hutan—yang langsung rata dengan tanah," tambahnya.

Dia melanjutkan, kalau saja asteroid jatuh di London, dampaknya sama dengan dampak yang diakibatkan gempa besar bermagnitudo 25 (M25), yang berarti bisa menghancurkan semua yang ada di sekitar episentrum. Catatan: magnitudo di atas 8 memiliki kategori tersebut: menghancurkan semuanya yang ada di sekitar episentrum.

"Dari hasil itu berarti, negara-negara tersebut merupakan negara-negara yang terbesar berisiko mengalami bencana besar. Oleh karena itu, mereka harus segera menyiapkan langkah-langkah mitigasi menghadapi ancaman itu," tutur Nick.

Bencana yang mengintip dari luar angkasa selama ini memang tidak terlalu populer. Jauh berbeda dibandingkan dengan bencana geologis atau bencana iklim. Bencana dari luar angkasa memang jarang terjadi, tetapi dampaknya sebenarnya bisa amat masif. (Nationalgeographic.com, Solarviews.com/AFP/BRIGITTA ISWORO L)

100
Sains / Murid SMP Temukan Goa Misterius di Mars
« on: 07 July 2010, 08:07:30 AM »



CALIFORNIA, KOMPAS.com — Sekelompok murid kelas VII—setara kelas I sekolah menengah pertama—menemukan goa misterius di Planet Mars. Saat itu, mereka tengah mengerjakan proyek riset guna mempelajari citra yang diambil pesawat ruang angkasa NASA yang mengorbit di planet merah itu. Temuan itu berupa penampakan yang diduga merupakan lubang pada atap goa.

Keenam belas anak tersebut merupakan murid kelas sains dari Dennis Mitchell, guru kelas VII di Evergreen Middle School di Cotton Wood, California. Para murid itu tengah berpartisipasi dalam kegiatan Mars Student Imaging Program di Mars Space Flight Facility di Arizona State University.

Murid-murid diminta membuat semacam proposal riset dan kemudian diperbolehkan menggunakan kamera yang tengah mengorbit di Mars untuk mengambil gambar guna menjawab pertanyaan riset mereka.

Lubang yang mirip dengan temuan baru itu pernah ditemukan sebelumnya di bagian lain Mars pada 2007 oleh Glen Cushing, seorang ahli geologi asal Amerika. Cushing berpandangan, citra yang ditangkap itu menyerupai "lubang atap", tempat sebagian dari atap goa atau lubang aliran lava runtuh.

Liang itu diduga diakibatkan oleh aktivitas vulkanik di planet merah. Pada suatu masa, aliran lava keluar dari permukaan batuan dan meninggalkan bekas berupa liang setelah erupsi usai.

Ujung lubang itu tertutup oleh material yang mendingin dan sebagian "pipa" bekas aliran lava itu bisa saja ada yang ambruk.

Sejauh ini, para ilmuwan belum dapat memastikan jenis material yang tersimpan di dalam goa itu. "Lubang ini baru bagi kami para ilmuwan," ujar Cushing kepada para murid. Dia memperkirakan ukuran lubang itu 190 meter x 160 meter dan kedalamannya 115 meter.

Memburu aliran lava

Riset para murid itu bertujuan memburu pipa lava yang merupakan fenomena vulkanik di Bumi dan Mars.

"Mereka mengembangkan sebuah proyek riset dengan fokus menemukan lokasi "pipa" lava yang paling lazim di Mars. Apakah fenomena itu paling sering terjadi di puncak, sisi, atau dataran sekitar gunung," ujar Mitchell, guru mereka.

Mereka lalu meneliti sebuah foto utama dan cadangan dari Pavonis Monsvolcano (gunung) di Mars. Gambar itu diambil oleh alat penangkap citra Thermal Emission Imaging System (THEMIS) dari Odyssey, milik NASA yang sedang mengorbit. Foto cadangan yang mereka teliti malah memberikan kejutan: sebuah citra bundar gelap. Citra itu merupakan lubang di Mars yang mengarah kepada adanya goa terkubur di planet itu.

Temuan itu akan diperjelas lagi menggunakan kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) pada Mars Reconnaissance Orbiter. Alat itu bisa menampilkan lebih banyak detail guna melihat ke dalam lubang itu. (SPACE.com/INE)

101
Sains / Dua BUnga Raflesia Mekar di Kebun Raya Bogor
« on: 07 July 2010, 08:06:55 AM »
"Grafting" Sukses Mekarkan Raflesia




BOGOR, KOMPAS.com - Berbunganya Rafflesia patma di Kebun Raya Bogor pada Senin dan Selasa (21-22/6/2010) menambah catatan keberhasilan teknik grafting atau menyambung akar tumbuhan inang dalam konservasi eks-situ bunga itu.

Tantangan Kebun Raya Bogor berikutnya adalah menemukan cara budidaya Rafflesia patma (Rafflesia patma blume).

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Bogor-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Mustaid Siregar menjelaskan, dua Rafflesia patma yang mekar pada 3 Juni dan 22 Juni adalah bunga parasit yang membutuhkan tumbuhan inang untuk tumbuh dan mekar.

"Tumbuhan inang bagi Rafflesia patma adalah Tetrastigma spp. Pada 2004, kami mengambil akar Tetrastigma dari habitat asli bunga patma di Pangandaran, yang kemudian disambung dengan akar Tetrastigma yang telah tumbuh di Kebun Raya Bogor dengan teknik grafting," kata Siregar di Bogor, Selasa.

Siregar menjelaskan, akar Tetrastigma yang diambil dari Pangandaran tahun 2004 itu diduga telah terinfeksi bibit Rafflesia patma secara alami. "Kami juga mengintervensi akar dari Pangandaran dengan inokulasi, atau menaburkan biji Rafflesia patma dalam akar itu. Setelah mengalami sejumlah perlakuan, dalam bulan Juni ada dua Rafflesia patma yang mekar. Akan tetapi, kami tidak tahu apakah bunga yang mekar itu berasal dari infeksi alami, atau dari perlakuan inokulasi," kata Siregar.

Botanis PKT Kebun Raya Bogor-LIPI, Melani Kurnia Riswati, menyatakan, efektivitas teknik grafting dalam membungakan Rafflesia patma lebih tinggi daripada teknik setek. "Selain grafting, kami juga menanam sejumlah setek akar Tetrastigma di tiga lokasi di Kebun Raya Bogor. Pada setek tidak pernah muncul kenop atau bakal bunga Rafflesia patma," katanya.

Rafflesia patma yang mekar Senin dan Selasa berwarna merah dengan bercak putih di kelima cuping (perigone) yang tersusun melingkar menyerupai teratai. Pada Selasa siang, diameter terpanjang cuping bunga mencapai 28 cm, dan tinggi keseluruhan mencapai 16 cm.

Di tengah kelima cuping itu terdapat sebentuk periuk yang tingginya berkisar 10 cm dengan lubang berdiameter sekitar 7 cm. Di dalam "periuk" itu terdapat sebentuk mangkok dengan sejumlah duri yang terlihat dari lubang periuk. Rafflesia patma yang mekar pekan ini ukurannya lebih kecil daripada yang mekar 3 Juni lalu, tetapi warna merahnya lebih pekat.

Tetap sarat misteri

Siregar menyatakan, kendati sudah ada dua Rafflesia patma yang mekar bulan ini, bunga itu tetap sarat misteri.

"Kami belum tahu bagaimana cara membudidayakannya. Kami juga belum tahu kenapa grafting Tetrastigma di dua lokasi percobaan lainnya gagal menumbuhkan Rafflesia patma. Meskipun demikian, mekarnya Rafflesia patma di luar habitatnya itu baru pertama kali terjadi dan proses mekarnya terdokumentasi lengkap," kata Siregar.

Botanis PKT Kebun Raya Bogor-LIPI, Sofi Mursidawati, mengatakan, mekarnya bunga Rafflesia patma itu melanjutkan sejarah keberhasilan Kebun Raya Bogor m***karkan bunga jenis raflesia pada 1929. "Bunga raflesia yang berbunga pada 1929 itu adalah spesies Rafflesia rochusenii, spesies yang berbeda dari Rafflesia patma. Ukuran Rafflesia rochusenii lebih kecil dari Rafflesia patma,” kata Sofi.

Sofi berharap, mekarnya Rafflesia patma itu akan meluruskan kesesatan informasi yang menyamakan bunga raflesia dengan bunga bangkai. "Ini bunga yang berbeda dengan bunga bangkai atau Amorpophallus titanum yang mekar di Kebun Raya Bogor dua bulan lalu. Bunga bangkai bukan bagian keluarga bunga raflesia, melainkan masyarakat sering salah mengira bunga bangkai sebagai raflesia karena keduanya sama-sama mengeluarkan bau busuk," kata Sofi.(ROW)

102
Sains / Iran Kembangkan Robot Mirip Manusia
« on: 07 July 2010, 08:05:59 AM »



TEHERAN, KOMPAS.com — Iran berhasil mengembangkan robot jenis humanoid yang bisa berjalan dengan dua kaki layaknya manusia. Robot tersebut akan digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat yang berisiko jika dilakukan manusia.

Robot yang diberi nama Surena-2 (diambil dari nama seorang Prajurit Persia kuno) dipamerkan pertama kali oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad pada hari Sabtu (3/7/2010) waktu setempat. Robot ini berukuran tinggi 1,45 meter dan berat 45 kg.

"Berjalan perlahan-lahan serta menggerakkan tangan dan kaki seirama adalah salah satu kelebihannya," demikian dilaporkan media lokal Pemerintah Iran. Dalam perkenalan robot tersebut tidak diberitahukan tentang kemampuan robot lebih mendalam. Hanya disebut, robot tersebut dirancang dan dikembangkan untuk membantu pekerjaan sulit atau bersifat sensitif yang biasa dikerjakan manusia atau sebagai asisten sehari-hari.

Iran termasuk salah satu negara yang agresif melakukan sejumlah proyek ilmiah dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa keberhasilan gemilang yang sukses dilakukan para ilmuwan Iran antara lain kloning, penelitian sel induk, dan teknologi satelit. Pengembangan teknologi nuklir dengan pengayaan uranium juga dilakukan di tengah tekanan internasional yang meningkat atas program nuklirnya yang kontroversial. (M03-10)

103
Sains / BAHAN BAKAR BIOGAS : BBM dari Ampas Tahu
« on: 07 July 2010, 08:05:24 AM »
TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Warga Brojolan Barat, Kelurahan Temanggung I, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mengolah air limbah pabrik tahu menjadi biogas dan dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah atau gas elpiji untuk menyalakan kompor.

Bendahara Kelompok Swadaya Masyarakat Tirta Guna, Brojolan Barat selaku pengolah limbah, Bambang Kusnanto di Temanggung, Senin (5/7/2010) mengatakan penggunaan bahan bakar dari biogas limbah pabrik tahu itu dilakukan sejak Desember 2008.

Ia mengatakan, di wilayah Brojolan Barat terdapat delapan pabrik tahu dan selama ini air limbah pabrik tahu cenderung membuat pencemaran lingkungan. "Berawal dari kondisi tersebut maka muncul pemikiran untuk mengolah limbah tersebut menjadi bahan bakar," katanya.

Bambang menyebutkan, saat ini ada 29 kepala keluarga Brojolan Barat yang bisa memanfaatkan bahan bakar biogas itu untuk memasak. "Baru 29 kepala keluarga yang bisa memanfaatkannya, karena kapasitas pengolahan limbah masih terbatas," katanya.

Secara ekonomis, katanya, penggunakan bahan bakar biogas ini lebih irit dibanding menggunakan gas elpiji dan lebih aman. Menurut dia, dengan menggunakan bahan bakar secara tidak terbatas untuk keperluan rumah tangga, setiap kepala keluarga ditarik iuran Rp30 ribu per bulan untuk operasional dan pemeliharaan instalasi.

Proses pengolahan limbah, yakni air "manyon" atau air limbah pabrik tahu dialirkan masuk inlet kemudian masuk degister dan terjadi proses fermentasi yang menimbulkan gas metan atau biogas. "Biogas tersebut disalurkan ke rumah tangga dengan menggunakan pipa paralon dan siap digunakan sebagai bahan bakar," katanya.

Ia mengatakan, agar air limbah itu bisa ramah lingkungan maka dari degister masuk ke bak pelimpah dan dialirkan ke instalasi pengolah air limbah, setelah itu baru dibuang ke sungai.

Seorang warga yang menggunakan biogas tersebut, Ny. Asmirah (63) mengatakan dengan menggunakan biogas harga lebih murah. "Dengan harga Rp30 ribu perbulan, kami bisa menggunakan bahan bakar sepanjang hari dengan tidak terbatas sehingga pengeluaran uang bisa lebih irit," katanya.

104
Video Game / Daftar Game Anyar Terbitan Juli 2010
« on: 07 July 2010, 08:04:12 AM »



Jakarta - Banyak game yang ditunggu para gamer akhirnya dirilis Juli 2010 ini. Selain Need for Speed: World Online dan Call of Duty: Modern Warfare 2 Resurgence Pack, game apa lagi yang akan dirilis Nintendo, Sony PlayStation, XboX 360, dan komputer PC, bulan ini?

Seperti detikINET kutip dari Meodia, Minggu (4/7/2010), berikut adalah daftar game tersebut:

Game untuk Nintendo DS:

* Astro Invaders
* Despicable Me
* Paws & Claws: Regal Resort
* Mahjong Journey: Quest for Tikal
* Dragon Quest IX: Sentinels of the Starry Skies
* Animal Planet Vet Collection
* Cats & Dogs: The Revenge of Kitty Galore
* Chuck E. Cheese's Party Games
* Dungeon Raiders
* Little League World Series: Double Play
* Hidden Objects Mystery Stories
* Puzzle Quest 2
* 7 Wonders II
* Monster Rancher DS
* Galaxy Racers
* Harvest Moon: Grand Bazaar
* Duke Nukem Trilogy: Critical Mass

Game untuk Komputer (PC):

* Moonbase Alpha
* Monkey Island 2: Special Edition
* ArmA 2
* Battlefield 1943
* Mytheon
* Need for Speed: World Online
* StarCraft II: Wings of LIberty
* Starcraft II
* Commander: Conquest of the Americas
* Scivelation
* Chaos Online
* Doctor Who: The Adventure Games
* Freejack
* Sam & Max: The Devil's Playhouse -- Episode 4: Beyond the Alley of the Dolls

Game untuk Playstation 2 (PS2):

* Despicable Me
* NCAA Football 11

game untuk Playstation 3 (PS3):

* Call of Duty: Modern Warfare 2 Resurgence Pack
* Monkey Island 2: Special Edition
* DeathSpank
* NCAA Football 11
* Clash of the Titans
* BlazBlue: Continuum Shift
* Landit Bandit
* Little League World Series Baseball 2010
* Quantum Theory

Game untuk Playstation Portable (PSP):


* 5 in 1 Arcade Hits
* Despicable Me
* Hello Flowerz
* Persona 3 Portable
* Ace Combat: Joint Assault
* Arcade Air Hockey & Bowling
* Duke Nukem Trilogy: Critical Mass
* Soccer Bashi

Game untuk Nintendo Wii:

* FlingSmash
* Furry Legends
* Big Beach Sports 2
* The Cages Pro-Style Batting Practice
* Despicable Me
* Tournament of Legends
* Chuck E. Cheese's Party Games
* Trackmania
* Arc Rise Fantasia
* Zany Golf
* Disney Guilty Party
* Soccer Bashi

Game untuk Xbox 360:

* Crackdown 2
* Blacklight: Tango Down
* Monkey Island 2: Special Edition
* Little League World Series Baseball 2010
* NCAA Football 11
* DeathSpank
* DarkStar One
* Alan Wake: The Signal
* BlazBlue: Continuum Shift
* Clash of the Titans
* Quantum Theory

 

( eno / rou )

105
Video Game / Cewek Virtual Banyak Digandrungi Pria Jepang
« on: 07 July 2010, 08:03:09 AM »



Tokyo - Punya kekasih wanita yang cantik, seksi, baik, dan pengertian, jelas jadi impian banyak pria. Namun tak semua pria mampu mendapatkannya. Di Jepang, keinginan untuk memacari wanita seperti itu banyak disalurkan lewat game virtual.

Ya, game simulasi dengan kekasih virtual termasuk paling laris di Jepang. Menurut pantauan Media Create, analis industri game di Jepang, game virtual bertemakan cinta dengan judul "Love Plus+" bertengger di posisi kedua setelah game action seperti "Monster Hunter".

Berbeda dengan Monster Hunter yang menawarkan beragam aksi ciamik dengan alur cerita yang menarik, Love Plus+ sangat digandrungi di Negeri Sakura lantaran memiliki cewek virtual yang bisa dijadikan kekasih oleh pemainnya.

Dalam game tersebut, gamer diberikan kesempatan untuk memadu kasih dengan karakter yang masih berusia remaja. Game ini pun bersifat sangat interaktif bagi pemainnya. Sebagai contoh, gamer bisa mengajak kekasihnya yang masih belia tersebut untuk berkunjung ke tempat-tempat yang menyenangkan.

Namun karena masih duduk dibangku sekolah, pemain harus mengembalikan sang kekasih virtual ke rumahnya sebelum malam tiba. Selain itu percakapan dalam game Love Plus+ juga tergolong bervariatif, gamer bisa bersenda gurau dengan wanita virtualnya.

Selain game Monster Hunter dan Love Plus+, detikINET kutip dari Kotaku, Senin (5/7/2010), berikut adalah 10 game paling laris di Jepang yang berhasil dihimpun oleh Media Create:


   1. Monster Hunter Frontier (Xbox 360)
   2. Love Plus+ (DS)
   3. Totori no Atelier: Arland no Renkinjutsushi 2 (PS3)
   4. Tokimeki Memorial Girl’s Side 3rd Story (DS)
   5. Super Mario Galaxy 2 (Wii)
   6. Hatsune Miku: Project Diva
   7. White Album: Tsuzurareru Fuyu no Omoide (PS3)
   8. Starry * Sky: In Spring – PSP Edition (PSP)
   9. Ghost Trick (DS)
  10. Egokoro Kyoushitsu (DS)

 

 

( rou / rou )

Pages: 1 2 3 4 5 6 [7] 8 9 10 11 12 13 14 ... 420