Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - allthingmustpass

Pages: 1 2 3 4 5 [6] 7 8 9 10
76
Regional / [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
« on: 01 November 2013, 08:19:21 PM »
suhu saya ingin menanyakan mengenai vihara wimala dharma:
1. kapan saja jadwal kebaktiannya? benarkah jam 8 pagi hari minggu?
2. saya ktp tidak buddhis dan non suku tionghoa (NO SARA, cuma penjelasan ciri saya saja), apakah saya diterima? atau malah dikasih kelas khusus pemula (hehe), atau malah disuruh ke gereja disamping vihara tsb?  :D
3. tradisi apakah vihara tsb?
4. kenapa kalau saya beberapa kali lewat vihara tsb, terkesan terkunci dan tidak ada orang? kapan saja kira-kira terbuka buat bersembahyang?

terima kasih dan salam sejahtera bagi kita semua. mohon maaf jika ada salah-salah kata

salam metta,
Allthingmustpass

77
Pengalaman Pribadi / Re: Dompetku hilang
« on: 28 October 2013, 01:02:00 PM »
kayaknya dompetnya dibalikin karena
Spoiler: ShowHide
gedean dosa kalau ngambil dompetnya ketimbang "isi" dompet itu sendiri


piss bro indra ;D

semoga penemu dompet hidupnya tambah berbahagia ya _/\_

78
20.000 trilyun = 2 trilyun dollar... hampir setengah GDP total jepang (negara ekonomi terbesar ketiga)
itu baru dari sektor tambang dan migas tok  :-?

ada data yang lebih rinci mengenai data ini?

79
baru tau kalau tradisi theravada ada bhikkuninya
maklum nubi

80
Buddhisme untuk Pemula / Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« on: 20 October 2013, 12:04:10 AM »
apa yg seharusnya dikatakan seorang Buddhist,
   kalao mendengar tetangganya beli mobil baru, atao rumah baru ?

 :x

mode biasa: wah keren ya mobil baru/rumah barunya. blablalala (memuji2)

mode ekstrim:
Sabbe sankhara anicca

Sabbe sankhara dukkha
Sabbe dhamma anatta

sambil ber _/\_

81
Kafe Jongkok / Re: Curhat Kamu
« on: 19 October 2013, 04:59:25 PM »
[at]dhammadina
lagi belajar sendiri dari ebook atau penjelasan di DC. ya yang saya lakukan kalau lagi stres sebelum tidur-tiduran, bernapas dalam dan dikeluarkan pelan sampai agak tenang.

sebenernya sudah ada janji dari teman untuk dicarikan bhante yang mau menuntun belajar dhamma dan meditasi. tapi lagi ada kendala, terutama diri sendiri yang takut-takut dan berhalusinasi



[at]shinichi
ya kadang sudah 1-2 minggu mencoba membangun moral. sudah mulai semangat. sudah sering ketawa dll
eh tiba-tiba pikiran itu muncul lagi... langsung beruntun-beruntun pikiran negatif datang setelah pemicunya dipikirkan. alhasil "berkandang" lagi di kamar. haha

pengen hidup kayak anak kecil saja. ga ada kesusahan. tiap hari mikirnya bermain dan tidak ada beban hidup.
memang benar semakin banyak kita tahu semakin tidak bahagia kita.



82
Kafe Jongkok / Re: Curhat Kamu
« on: 19 October 2013, 03:57:30 PM »
gimana mau kerja bro? keluar kamar aja malas banget... kadang malah takut. banyak kayak halusinasi. tau sih sebenernya ini belum kejadian, tapi di kepala ini selalu dipikir dalam-dalam.

[at]  cumpol
ya nyuci mobil juga butuh modal bro  ;D
kita bisa tidak menyerah karena kita masih ada keinginan. cth: tidak menyerah belajar supaya jadi sarjana, tidak menyerah jualan di toko supaya ada duit buat ekspansi/sekolah anak. nah masalahnya saya ga ada keinginan ngapa2in nih. mungkin keinginan dengan wanita cantik (maaf agak vulgar) yg masih ada. kalau makanan enak, duit banyak, jabatan ga ada keinginan lagi sekarang

baru makan nasi padang nih... puah kenyang


83
Kafe Jongkok / Re: Curhat Kamu
« on: 19 October 2013, 04:37:21 AM »
uang tabungan semakin habis... untuk hidup sebulan pun ga tau cukup atau ga
mau berhutang malu... mau minta orangtua sudah ketuaan
sudah hampir 48 jam ane ga makan apa2 (cuma kacang garuda sebungkus yang seceng, roti lapis seceng dan satu cangkir kopi dan beberapa gelas air)
selain menghemat memang ane ga semangat mau makan apa-apa. apalagi kalau makanannya enak, terasa bersalah makannya.

pengen semangat lagi bekerja tapi menyemangati diri sendiri juga ga bisa-bisa
pengen mengakhiri tapi nyali tidak ada

pengen ke tempat baru memulai hidup baru, siapa mau nampung?

semoga karma baikku cepat berbuah, maupun aku rasa aku tidak banyak berbuat baik di kehidupanku ini.
semoga jika yang kuterima sekarang adalah karma burukku, cepatlah usai

semoga semua mahluk berbahagia  _/\_

84
Diskusi Umum / Re: 10 pandangan spekulatif
« on: 18 October 2013, 06:05:43 AM »
cuma spekulasi dan hitungan kasar, tidak ada yang bisa menghitung dengan tepat dan jitu, seperti menghitung air di botol
begitu juga pasir di pantai

apa yang dimaksud dengan hitungan tepat?

Quote
“Kalau begitu, Baginda, apakah engkau memiliki seorang akuntan atau juru hitung atau matematikawan yang dapat menghitung jumlah air di samudera raya sebagai berikut: ‘Ada seberapa ratus galon air,’ atau ‘Ada seberapa ribu galon air,’ atau ‘Ada seberapa ratus ribu galon air’?”
 
 “Tidak, Bhikkhunī. Karena alasan apakah? Karena samudera raya sangat dalam, tidak terbatas, sukar diukur.”
[/qoute] [/qoute]


sekali lagi, IMHO, statemen ini untuk jaman sains sekarang, kalau secara eksplit, tidaklah benar. karena:

-samudera raya sangat dalam. dalamnya samudera sudah dapat dhitung, bahkan yang terdalam seperti palung mariana
-tidak terbatas. jelas salah. samudera raya terbatas.
-sukar diukur. samudera bisa diukur secara saintifik dengan rentang galat seperti pada link yang saya berikan. tidak menutup kemungkinan semakin canggihnya ilmu pengetahuan kedepannya, rentang galat itu akan jauh mengecil.


jadi kutipan sutta diatas jelas tidak benar secara sains. mungkin yang dimaksud Sang Buddha itu berupa kiasan sajakah? karena mungkin dijamannya, samudera adalah kiasan yang tepat menunjukkan sesuatu yang sangat luas dan masif kepada orang lain.

 _/\_

85
Diskusi Umum / Re: 10 pandangan spekulatif
« on: 18 October 2013, 05:05:46 AM »
Quote

 
 “Kalau begitu, Baginda, apakah engkau memiliki seorang akuntan atau juru hitung atau matematikawan yang dapat menghitung jumlah air di samudera raya sebagai berikut: ‘Ada seberapa ratus galon air,’ atau ‘Ada seberapa ribu galon air,’ atau ‘Ada seberapa ratus ribu galon air’?”
 
 “Tidak, Bhikkhunī. Karena alasan apakah? Karena samudera raya sangat dalam, tidak terbatas, sukar diukur.”
[/qoute]
http://darchive.mblwhoilibrary.org/bitstream/handle/1912/3862/23-2_charette.pdf?sequence=1
sedikit berkomentar, ada yang sedikit menganjal dari kutipan ini di dunia modern. bukankah samudra itu terbatas dan airnya sudah bisa dihitung sekarang? apa ini makna kiasan saja?

86
belum tutup larrr..

so yang sabar ya nunggunya  ;D

yoi jangan ditutup lah.
soalnya kalimat "hidup ini adalah penderitaan" yang pertama kali membuat saya tertarik dengan Buddhisme  ;D .  ketika saya bertanya-tanya apa hidup ini, pertanyaan sangat esensial bagi eksistensi manusia. kalimat "Hidup adalah penderitaan" yang paling sesuai dengan jalan pikiran saya

bukan "Hidup adalah rencana Ilahi", "Hidup adalah untuk memuja X", "Hidup tidak bertujuan/abstrak"

87
Okee.. Thanks semua atas tanggapannya.

Saya tetap merasa tidak setuju dengan slogan itu. Alasannya, sama seperti postingan awal saya.

Bagi yang masih mau pakai, silakan. Tapi jangan lupa dijelaskan pengertian 'hidup' dan 'penderitaan'.

Sebagai penutup, ada yang bisa copy paste, samyutta nikaya 22:59 ? Dari khanda vagga (samyutta nikaya, buku ke 3).

Saya online pake hp, jadi repot. Bagi yang mau copas, posting dulu kalau mau copas biar tidak dobel. Tapi kalau tidak ada, nanti saya yang copas kalau sudah bisa online pake komputer.

misi suhu, nubi ikut berpendapat

mungkin permasalahannya disini tidak ada kata yang pas untuk padanan kata "dukkha".
karena yang diajarkan Buddha "Sabbe Sankhara Dukkha". dan Dukkha tidak ada padanan yang pas apakah langsung diartikan "suffering=penderitaan",  "ketidakpuasan=dissatisfaction"...

kalau ada statemen, "hidup adalah penderitaan",definisi penderitaan tersebut kebanyakan (ini menurut saya ya) dikategorikan salah satu bagian dari tiga jenis dukkha yaitu dukkha-dukkha (penderitaan fisik/emosional)

Quote
Kata "hidup" dalam ungkapan itu adalah biang keroknya. Kata itu begitu luas sehingga bisa diterjemahkan secara salah bahwa Buddhisme tidak mengakui adanya perasaan menyenangkan dan kebahagiaan (duniawi dan adi-duniawi).
bukan di kata "hidup"nya mungkin ya suhu, tapi luasnya definisi dukkha yang tidak ada padanan langsung yang sesuai, di bahasa indo atau inggris.

Buddhisme mengakui adanya perasaan bahagia kok, tapi itu tidak permanent/berubah. itulah yang mungkin disebut Viparinama-dukkha.
kebahagiaan itu cuma penderitaan yang tertunda

terima kasih

89
Regional / Re: Srilanka
« on: 15 October 2013, 11:55:32 PM »
permisi samaneri dan teman-teman yang pernah menetap srilanka.

saya mau nanya tentang perpolitikan di Sri Langka. saya melihat di yotube bhikku-bhikku disana bentrok (ada yang sampai agak anarkis) dengan 3 agama lain (hindu, islam dan kr****n). sebenernya bagaimana posisi buddhis disana? apakah tertekan (atau malah menekan) oleh 3 agama lain itu?

saya melihat secara historis sri langka merupakan basis buddhisme yang kuat, namun statistik yang terakhir, buddhis disana "cuma" tinggal 70 persen dari total populasi. apakah kecenderungan disana semakin sedikit buddhisnya apa malah makin kuat?

sayang juga kalau satu demi satu negara buddhis di dunia lepas ke tangan agama lain.  :(

90
Buddhisme untuk Pemula / Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« on: 15 October 2013, 11:31:09 PM »
Namo Buddhaya,


Nama saya Michael. saya ingin bertanya. Beberapa teman-teman saya mengatakan bahwa Buddhist itu munafik karena mengajarkan metta kepada semua makhluk tapi tidak melarang umatnya untuk makan daging.
mereka mengatakan apalah bedanya makan daging dengan membunuh hewan? kan sama saja intinya.


mohon bantuan teman-teman untuk memberikan penjelasan yang sederhana (mungkin jika pernah ada Bhante atau tokoh Buddhist yang pernah menjelaskan hal ini, bisa sharing alamat web nya) kepada saya sehingga saya bisa menyampaikan kepada teman-teman saya bahwa makan daging berbeda dengan membunuh hewan. mohon penjelasan sederhana untuk orang non-Buddhist


Namo Buddhaya

halo salam kenal michael, namanya persis nama asli saya di dunia nyata. selamat bergabung di DC

silahkan baca
http://dhammacitta.org/dcpedia/Pandangan_Sang_Buddha_Tentang_Makan_Daging_%28Dhammavuddho%29

Quote
Beberapa teman-teman saya mengatakan bahwa Buddhist itu munafik karena mengajarkan metta kepada semua makhluk tapi tidak melarang umatnya untuk makan daging.
mereka mengatakan apalah bedanya makan daging dengan membunuh hewan? kan sama saja intinya.
[/qoute]

teman-temannya kayak devadatta abad 21 nih  :P , atau anaknya La* M*

Pages: 1 2 3 4 5 [6] 7 8 9 10