Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - DragonHung

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 56
1
Pengalaman Pribadi / Re: Dukkha “Bukan” Penderitaan
« on: 17 November 2017, 03:19:54 PM »
Jadi, dukkha adalah . . . . . . . . ?

2
Mahayana / Re: Apa makna pesan zen rinzai ini
« on: 06 May 2017, 02:30:49 PM »
Jangan berkhayal

3
Selamat bergabung oliver.
Silahkan bertanya jika butuh bantuan

4
Perkenalan / Re: salam kenal
« on: 15 February 2017, 08:23:40 AM »
Salam kenal juga, silahkan lihat2 dulu.
Ada yg mau ditanyakan silahkan posting

5
Perkenalan / Re: Salam Sejahtera Semua
« on: 11 February 2017, 11:53:45 AM »
Salam kenal juga. Jika ada perlu bantuan silahkan ditanyakan

6




Bagi yg berminat bisa pm saya untuk info dan bantuan
Pin BBM 51B3DEE5

7
Segala macam penyakit mental seperti pusing, halusinasi, paranoid, insomnia dll.

8
Meditasi / Re: mau tanya meditasi(pemula)
« on: 11 August 2016, 01:08:30 PM »
Bisa di jelasin lagi soal "kesadaran yg melihat padam" dan "tidak memiliki" itu
Kayaknya menarik sekali.

9
Perkenalan / Re: Namo Buddhaya
« on: 14 July 2016, 04:29:49 PM »
Selamat bergabung bro

10
Theravada / Re: Hasil kamma
« on: 30 May 2016, 09:39:43 AM »
Analoginya sama dengan ini.
Coba anda pikirkan atau sebutkan, ujung dari bilangan negatif atau bilangan positif itu angka apa?

11
Tolong ! / Re: Tolong isi kuesioner - untuk keperluan skripsi
« on: 09 May 2016, 09:21:41 AM »
Done

12
Meditasi / Re: Kadar....
« on: 22 April 2016, 01:29:15 PM »
Saya pernah mengalami kondisi sama Persis seperti bro Allucard Lloyd... Kondisi yang benar2 jernih, tenang, "bisa mengamati" namun tidak bereaksi, tidak Ada yang dipikirkan benar2 kosong....
Karena saat itu retreat meditasi 7 hari DG pembimbing, pada hari terakhir itulah yg saya rasakan....
Namun Sekarang krn sibuk, waktu pencapaian kondisi tersebut tak lg stabil...
Yg mau saya tanyakan apakah kondisi fisik waktu bermeditasi pengaruh terhadap apa yang akan dialami oleh meditator, seperti kelelahan fisik atau kesibukan sehari2....
Yg kedua idealnya kalau tiap hari latihan meditasi itu sebaiknya berapa lama ya? Saya ingin mulai tekun lagi tapi tidak bisa memastikan brp waktu untuk meditasi kadang 1/2 jam, namun kalau enak ya 2 jam lewat  ;D
Sila?? Maksudnya Sila apa ya bro... Apakah seperti Attha sila yg dikasih tahu org2 sewaktu hari upposatha??
Bagaimana kaitan antar sila Dan meditasi sehingga dapat dikatakan sila jatuh maka konsentrasi jatuh???
Oh ya bro...
Maaf nih banyak nanya. .  :P
Kadang klo mulai meditasi koq t4 diantara 2 Alis agak tegang trus sakit... Namun klo udh memperhatikan objek meditasi berangsur2 hilang... Itu kenapa yaa???
Thanks and mohon pencerahannya _/\_

Yang pertama, kondisi jasmani jelas saja sangat mempengaruhi kondisi batin terutama utk meditator tahap awal.
Terlalu capek, pasti susah konsentrasi.  Malahan gampang tertidur.
Terlalu sibuk dengan aktifitas sehari-hari, biasanya sewaktu mulai meditasi hanya tumpukan pikiran tentang pekerjaan sehari2 yang belum selesai terus berseliweran dalam batin.
Terlalu santai pun biasanya juga mengganggu.  Batin biasanya melayang-layang terbang teringat kesenangan yang lalu.

Waktu ideal utk bermeditasi itu tergantung masing2 orang.  Yang penting berkesinambungan jangan sampai putus.  Misalnya hari ini ada acara, maka meditasinya di tunda.  Atau lagi capek maka hari ini gak meditasi, besoknya baru ganti 2x lipat.
Kalo saya pribadi cocoknya minimal sejam baru puas waktu utk meditasinya.


Soal SILA, agama buddha itu agama praktek.  Seperti yang buddha katakan Ehipassiko, buktikan oleh diri sendiri.

Nanti kalo anda berkesempatan ikut retreat lagi dengan pembimbing yang bagus, kemudian anda berhasil mencapai kondisi "bahagia" yg seperti pernah anda alami itu, coba aja anda langgar sila sedikit, misalnya sengaja berbohong atau ngomong besar, atau sengaja mencuri makanan sedikit. Pasti anda akan langsung merasakan batin itu drop.

Kalau anda sudah merasakan sendiri nantinya, tekun bermeditasi maka batin tenang bahagia, terus melanggar sila. Batin drop lagi.
Ulangi lagi bermeditasi.  Batin bisa tenang bahagia lagi.  Dan melanggar sila lagi. Batin drop lagi.
Berulang-ulang demikian halnya nanti sila itu akan otomatis menjadi bagian sikap hidup yang anda akan jaga dengan sendirinya.
Karena anda akhirnya tahu, melanggar sila = kondisi batin jatuh.
Kondisi batin jatuh = tidak bisa mencapai samadhi yang tenang.

Soal dahi yang tegang dan sakit itu hal yang wajar, itu suatu proses.
simpul di dahi anda masih tersumbat, kalo rutin latihan suatu saat simpul itu akan lancar dan anda akan merasakan kelegaan yg luar biasa nantinya.

13
Meditasi / Re: Kadar....
« on: 20 April 2016, 09:27:34 AM »

Seperti yg pernah anda alami sendiri, begitu pernah merasakan keheningan yg damai tenang dan bersih seperti itu otomatis anda akan tahu, ada sesuatu yg luar biasa dalam meditasi. Bukan cuman sekedar duduk dan merem.

Sila jelas sangat berpengaruh dalam mencapai kemajuan meditasi.
Sila jatuh, konsentrasi pasti jatuh.
Kadang untuk memperbaiki kondisi itu sangat sulit. Sehingga banyak yg mengalami "dulu saya pernah mengalami kedamaian itu. Sekarang kok gak bisa yah?" Dan akhirnya pasrah dan tidak melanjutkan lagi latihannya. Padahal jalan yg ditempuh sudah benar.

14
Meditasi / Re: Kadar....
« on: 19 April 2016, 02:11:16 PM »
1. Secara bahasa sederhana yah, meditasi yg mencapai jhana itu konsentrasi pikiran pada obyek kuat, terus diliputi kebahagiaan yg besar, disertai kegiuran utk mengulang2 atau berada pada kondisi itu.

2. Parameternya kalo secara teori yaitu : pikiran yg mulai terpusat, batin diliputi kegiuran, batin diliputi kebahagiaan dan terakhir, batin menjadi seimbang.
Kalo sebagai orang luar yg menilai perlu kemampuan mata dewa atau seorang guru yg sangat berpengalaman sekali baru bisa menentukan seseorang mencapai jhana atau tidak.

3. Tanpa latihan yg tekun dan berulang2 yah susah lo mengharapkan dapat mencapai itu.

4. Perbedaan secara fisik sih gak ada, cuman orang yg sudah pernah mencapai itu pasti akan lebih rajin bermeditasi, karena mereka mengetahui kebahagian yg dicapai itu melebihi kebahagian yg didapat dari kesenangan duniawi

15
Theravada / Re: Kondisi yang dibutuhkan untuk berbohong
« on: 02 April 2016, 10:29:00 AM »
Sesuatu yg benar pun kalo ada niat untuk dipelintir bisa saja jadi ucapan salah.
Contohnya mengadukan suatu hal dengan tujuan memecah belah.
Ini termasuk ucapan salah juga.

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 56