Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - Boboey

Pages: [1]
1
Trims buat semua jawabannya,

 [at] Sumedho and Wolverine
1. mental self.
--> Iya, saya sampai sekarang statusnya masih menerjemahkan sebagai batin/diri mental. tapi sepertinya diri mental agak membingungkan, tidak jelas artinya. Karena buku ini adalah untuk awam.
kata-kata mental self ini muncul di banyak kalimat, salah satunya : Mental journey belongs to mental self. (u. kalimat2 lain, saya tidak hapal, kebetulan ga bawa bukunya sekarang  ;D). Nanti coba saya postingkan besok.

 [at] Encarta :
Trims untuk sarannya, Yang Tak Tercela sepertinya ok, akan saya jadikan alternatif selain Yang Mulia.
Yang Berharga walaupun memang arti secara harafiah, saya sendiri kurang sreg, karena rasanya tidak tepat menggambarkan Buddha  :-?

Sekali lagi, trims banget buat semuanya...
 _/\_





2
Maaf menyambung di topik yang sama, tapi dengan istilah yang berbeda.

Saya sedang menerjemahkan buku buddhis, dan terbentur beberapa istilah
- Kalau istilah "mental self" dalam bahasa Inggris apakah tepat diartikan sebagai "batin"? atau apakah teman-teman ada saran lain?
- Istilah "The Worthy ones" untuk sebutan bagi Buddha apakah tepat diartikan sebagai "Yang Mulia"?
- Istilah "percepts" apakah bisa diterjemahkan bebas ke bahasa Indonesia sebagai "sila"? ataukah bisa menggunakan kata "aturan"?

Mohon bantuannya. Saya agak mentok di tiga istilah ini. :(
Trims banyak sebelumnya... ^:)^


3
Keluarga & Teman / Re: ALamat2 vihara di jakarta pusat
« on: 20 August 2008, 04:17:19 PM »
Kalau dari ke Dhammacakka kayaknya ga ada busway yang lewat.
Dari sabang si, mungkin deketnya ke vihara Buddha Metta yang di jalan terusan lembang ya. Saya sendiri ga tau persisnya dimana, tapi daerahnya deket taman suropati, jl. diponegoro.

Saya sendiri tinggalnya di jakartapusat juga, daerah senen, dan perginya ke vihara ekayana (karena tidak tau letak vihara yang lain, dan tidak ada yang kenal, :) ). Kalau dari Sabang mo ke ekayana, sebenarnya bisa langsung naek busway dari depan Sarinah, nantinya ambilnya ke arah kalideres, turun di halte Jelambar (samping citraland), setelah itu naek angkot 03 dari belakang citraland, nyampe de dekat vihara.

Dulu pertama di Jakarta, saya juga bingung nyari vihara yang deket (mpe sekarang juga masih ke ekayana, yang notabene agak jauh), tapi karena sudah kenal jalannya, jadi berasa lebih enak dan nyaman.

TAMBAHAN : ALAMAT VIHARA HUI  :D

1. VIHARA MAHAVIRA GRAHA PUSAT (MAHAYANA)
JL. LODAN RAYA 6B, TURUN TOL ANCOL UDH NYAMPE  :D

2. VIHARA DHARMA JAYA SENEN (MAHAYANA)
JL. SUNTER AGUNG UTARA NO. 1 (STS) TEPATNYA DI BELAKANG SUPERMARKET GIANT DAN DI SEBELAH SEKOLAHAN...  :D DIKOMPLEKS SITU ADA YANG JUAL SOTO AYAM LHO SAMA BAKMI BANGKA...RASSSAAAANNYYAAAA...PPPPPPPPPPOOOOLLLLLL  =P~ =P~ =P~

3. VIHARA JAKARTA DHAMMACAKKA JAYA (THERAVADA)
JL. AGUNG PERMAI 15 NO.12 SUNTER AGUNG PODOMORO....  :D DI DEPAN VIHARA ADA YANG JUAL PECEL AYAM...ENAK LHO  :)) BIASA KL MALAM GAK ADA SAYUR, AYE BELI DISANA  ;D

SEMUA VIHARA DIATAS DEKET RUMAH HUI... AYU AYU... DATENG KE VIHARA  ;D
SEMOGA MEMBANTU YAH  _/\_

cara kesananya gimana? saya orang baru di jkt. kalo bisa rute busway. hehehe..... thx, ya

Pages: [1]