Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - Balhamoth

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 9
1
Diskusi Umum / Re: [share] suka-duka jadi bhikku
« on: 18 April 2011, 10:21:44 PM »
memang kehidupan kebhikkhuan tidaklah mudah.. di tempat2 yang sudah banyak bhikkhu maupun yang masih sedikit bhikkhunya.. selalu ada saja kesulitan-kesulitan yang dihadapi...

jadi berpikir kembali... :-?

nice post.. thanks for share~ _/\_ _/\_

2
Diskusi Umum / Re: Pemuda Buddhis??!!what we must do??!!
« on: 14 April 2011, 11:32:35 AM »
thread yang menarik.. ikut menyimak dan membaca.. karna di kota saya sedang kritis pemuda.. vihara2 kalo ada pemuda-nya ibarat permata, dikejar2, di tarik2, dkk~

3
Tolong ! / Re: Bantuan saran?
« on: 10 March 2011, 08:55:32 PM »
ah! i get the point!!!! thanks om indra!

4
Theravada / Re: Grup Meditasi
« on: 10 March 2011, 01:26:47 PM »
thanks mas tidar.. iya bhante Uttamo selalu mengadakan sesi meditasi ketika masa vassa..

tapi maksud saya seperti one day mind full ness.. 3 day retret at surabaya.. aja.. sekedar memperkenalkan meditasi untuk pemula.. agaknya belum dapat terlaksana di Surabaya.

5
Tolong ! / Re: Bantuan saran?
« on: 10 March 2011, 01:21:27 PM »
om indra.. bisa di jelaskan tentang profesionalisme dalam dunia organisasi sosial.. karena jika tidak berlatih prof komitmen yang sudah di pegang akan sembarangan di lupakan kan... hmmm~ (terjadi)

6
hahahahaha terdengar seperti agama tetangga om lu dong bin.. kalo cuman ngikutin kata hati...

wa sekedar bertanya.. kalo jawabannya begitu gawat juga... >.>'

wa juga ndak tau dia itu dari mana, asal mana, ngajar apa, praktik apa... karena melihat2 di forum sepertnya cuman ada keributan.. sejatinya dia itu siapa?

apakah yang di ajarkan itu dhamma? mengapa penuh dengan mistis dan ke gaiban..
sedangkan sang buddha sendiri mengajarkan bahwa praktik jalan muliah berunsur 8 adalah yang paling utama.. jika di ceritakan cerita mistis terus.. bagaimana seseorang dapat melepas pandangan nya yang salah... sebenarnya kita musti bertindak dan berbuat untuk melepas penderitaan..

kalo dia tak mengajarkan dhamma.. mengapa dia berceramah di Vihara? hmmm.....

smg mau di jawab...

7
Tolong ! / Re: Bantuan saran?
« on: 10 March 2011, 10:02:11 AM »
organisasi memang udah begitu dari dulu.. kualitas SDM nya saja yang tak mampu belajar dan berubah.. tidak mampu memanajemen dengan baik sehingga organisasi bukan menjadi sarana.. malah menjadi beban... itu pndpt saya sih~... kalo di bubarkan bisa nangis lho saya.. saya bisa berdiri tegak di depan panggung kalo bukan karena organisasi.. karena apa lagi~ wkwkwkw

8
Tolong ! / Re: Bantuan saran?
« on: 10 March 2011, 09:39:38 AM »
seseorang berada di organisasi tentunya memiliki tujuan dan tekad di awal.. seharusnya tekad dan tujuan ini perlu di pertimbangkan lagi... terkadang tekad dan tujuan ini telah berpindah prioritas sehingga membuat tak ingin berada di dalam organisasi lagi.. sudah selayaknya meninjau kembali tujuan dan tekad awal.. serta tekad kedepan.. tentunya ketika tujuan dan tekad sudah jelas.. maka alasan tsb dapat di utarakan dengan baik langsung kepada senior organisasi..


sekedar info~ di lingkungan saya banyak umat beragama k, saya heran dengan loyalitas, prioritas mereka dalam berorganisasi.. bahkan sampai bertahun2 telah lulus kuliah pun mereka tetap loyal..
sudah kewajiban seorang pemimpin memiliki sistem kaderisasi seperti itu.. hmmM~ just wondering..

smg membantu..

9
Buddhisme untuk Pemula / Re: mohon bantuan nya
« on: 10 March 2011, 08:51:48 AM »
jaman sekarang semuanya menjadi mungkin.. mengutip ajahn bhram.. ia mengatakan banyak bhante(guru2) di internet... maka anda dapat mengunjungi internet untuk belajar lebih dalam agama buddha.. salah satunya forum ini.. nanti akan saya sertakan guru2 dari internet favorit saya.. hohoho..


Mengenai kehidupan berumah tangga.. ada seorang Bhante, yaitu bhante giri (lupa nama lengkapnya) bhante ini mengenal agama buddha lebih mendalam setelah dia menikah.. kurang lebih punya 3 anak(lupa ceritanya) rahula adalah anak terakhir.. akhirnya dia memutuskan menjadi Bhikku.. walaupun istrinya telah memiliki 5 orang anak.. Bhante Giri merupakan salah satu penegak agama Buddha di Indonesia dulu pertama kali.. ketika agama Buddha menjadi lenyap.. ia berkeliling Indonesia membantu menyebarkan agama Buddha yang sekarang sudah lumayan berkembang..

Jadi semua itu tergantung kondisi dan pilihan tiap orang.. semua hal dapat dipertimbangkan.. untuk kisahnya bhante giri.. dapat di baca Panggilan Seorang Bhikku, Viahara yang di bangunnya besar banget di Bali, Banjar.

Berikut web yang saya suka kunjungi dan konsultasi..

Ajahn Bhram - Youtube.. di update setiap minggu dhamma desana dalam bahasa inggris tapi..~, membaca buku2 seperti Si cacing dan kotorannya, super power mindfullness.. (sepertinya anda dapat menemukan versi e book inggrisnya dapat di download)
B. Uttamo - dapat berkonsul melalui email samaggi_jaya [at] yahoo.com (semoga benar)... dapat juga membuka web nya www[dot] samaggi-phala[dot]com(smg tulisannya benar)
Dhammacitta - terbitan bukunya lumayan2 lhoo.. patut di pertimbangkan..
Artikel Buddhis - banyak artikel2 bermanfaat lhoo..

finally.. ibarat membeli sayur.. anda harus bertemu langsung dengan orangnya.. pergi ke vihara2.. ato kalo tidak pergi ke ceramah2 di kota terdekat..

smg membantu...

10
teman2.. mohon nanya..

lsy itu siapa toh.. kok sampe di peributkan? (jujur saya theravada.. dan baru2 mengenal agama buddha)

wa sempat baca bukunya lsy.. mengapa apa yang di tulisnya di katakan dhamma? saya tidak merasa apa yng di tulisnya adalah dhamma(karena saya membandingkan dengan buku yang di tulis oleh beberapa bhikku theravada selama ini) bahkan kutipan2 master cheng yen.. dalai lama.. dan sutta2 sang Buddha.. ..
jadi saya tak cocok deh membaca bukunya... padahal baru 1 buah cerita.. dan langsung saya balik ke akhir buku.. ada saya ingat kata2nya menjauhi seks dst..


mohon pengetahuannya..

11
perasaan dana yang terkumpul bakal di buat untuk buku2 gratis di bagi2kan ke vihara2 daerah.. kan ada tu program perpustakaan.. lagian setau saya dana yang terkumpul ama dana pribadi di pisahkan jadi Ehipassiko foundation dana nya benar2 murni pisah dari rek pribadi..

yah terakhir kembali lagi ke orangnya lah.. mau nya berdana ata ber"dana"...


 [at] ryu.. sapa tau dengan menyumbang, buku itu sampai di seseorang di daerah2 terpencil.. lalu orang tersebut tertarik.. mengajak teman2nya.. salah satu dari teman2nya akhirnya jadi bhikku.. ladang yang salah bagaimana?? rasa2nya berdana cukup berdana saja.. demi kebaikkan itu sendiri..

12
Buddhisme untuk Pemula / Re: Jika non buddhis mempelajari ajaran buddha
« on: 15 February 2011, 06:02:04 AM »
menuai manfaat sila mendatangkan kedamaian
menuai manfaat dana mendatangkan kebahagiaan
menuai manfaat samadhi mendatangkan ketenangan

ketika melakukannya timbul kebijaksanaan yang menuntun pada keyakinan,

maka dari itu banyak2lah latihan sila dana dan samadhi..
meditasi itu mudah! (kebanyakan doktrin.. meditasi itu rumit dan susah) yang penting coba dulu..
lepaskan dan hidup dalam kekinian.. amatilah nafas masuk keluar.. seperti senter yang terus menyoroti sesuatu.. lihatlah dan ikutilah nafas..
mudah, mudah, mudah!! :) ^^v

13
Diskusi Umum / Re: Ketika seorang anak bertanya, apa jawaban kita?
« on: 28 January 2011, 11:04:38 PM »
hmm anak 5-10 tahun...

Tuhan ada gak?
tuhan itu asal katanya dari kata tuan.. nah kalo tuan itu ada, contohnya lord Buddha..
(repot juga.. pancasila pertama ketuhanan yang maha esa.. bukan dari agama tapi dari pancasila dasar sudah ada...=.=')

Mengapa teman2 ku berdoa? untuk apa berdoa..
kita berdoa untuk memberikan ucapan2 baik di dalam hati dan pikiran.. semoga "aku/dia/dst" berbahagia, bebas dari derita dll, berkat kebaikkan yang telah ku lakukan, semoga aku berbahagia.. ajari saja cara doa yang benar secara buddhist..

Mengapa kok ada bencana alam?
alam memang begitu.. dari dulu sudah ada gunung meletus, banjir, jaman es dll.. cuman manusianya aja yang menamakannya "bencana" jadi kamu musti liak ini proses alam yang wajar..

hantu?
hantu itu makhluk yang sama kayak kita ini, hidup, cuman mereka tidak tampak oleh kita.. jikalau mereka menampakkan diri mereka cuman meminta tolong sama kamu.. nah kalo kamu liak kamu kasi tau mama, ntar kita fangshen dll bareng..  ntar pasti dia gak bakal menampakkan diri lagi.. jadi buat pa takut..

kok temen2 jarang agama buddha ya?
soalnya gak banyak~ heheehe

Pikiran itu ada di dalam mana ya?
di surga... ^^ agagagagaga alias ga tau~

14
Tolong ! / Re: Mohon pencerahan, bimbingan, arahan dan nasehat
« on: 28 January 2011, 10:44:56 AM »
sayur yang hangat memang selalu enak di makan..

tunjukkan keinsyafan anda sampai seterusnya.. niscaya ia akan bisa melupakan dan menganggapnya ini kesungguhan dari anda.. seingga akan menjadi kenangan manis baginya karena dapat memafkan anda secara total..

smg berhasil..

15
Meditasi / Re: sadar dalam meditasi atau tidur pada saat meditasi?
« on: 27 January 2011, 05:52:08 AM »
saya juga mengalami hal yang sama, bahkan gara2 banyak cahaya2, banyak denyutan2, dingin2 di badan jadi bingung yang mana narik nafas, yang mana hembus nafas.. bagaimana cara mengabaikannya.. seperti rame sekali...~.~'


thanks~

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 9