Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - Kanna

Pages: [1]
1
Theravada / Re: GUIDE TO ABHIDHAMMA PITAKA
« on: 30 January 2010, 12:00:03 PM »
( ini hasil terjemahan mbah google )

Abhidhamma Piṭaka
[/ color]


I. Dhammasangani Pali

Para Dhammasangani, buku pertama dari Abhidhamma, dan Patthana, buku terakhir, adalah yang paling penting dari tujuh risalah dari Abhidhamma, seperti yang mereka lakukan memberikan intisari dari seluruh Abhidhamma.

Skema Klasifikasi dalam Dhammasangani

(1) Matika

The Dhammasangani enumerates semua dhammas (fenomena) yaitu, semua nama kategori, yaitu, Kesadaran dan mental secara bersamaan, dan, rupa, korporealitas. Setelah disebutkan fenomena, mereka diatur di bawah kepala yang berbeda untuk membawa mereka sifat, fungsi dan hubungan timbal balik baik secara internal (dalam karena kita sendiri) dan dengan dunia luar. The Dhammasangani dimulai dengan sebuah daftar lengkap dari kepala disebut Matika. The Matika berfungsi sebagai meja diklasifikasikan konstituen mental diperlakukan tidak hanya di Dhammasangani tetapi dalam seluruh sistem dari Abhidhamma.

Semuanya yang terdiri Matika seratus twenty dua kelompok, yang pertama keduanya twenty disebut Tikas atau Triad, orang-orang yang terbagi dalam tiga kepala; dan sisanya seratus disebut Dukas atau Dyads, orang-orang yang terbagi dalam dua kepala.

Contoh Triad adalah:

(a) Kusala Tika: dhammas

(i) yang moral, kusala,
(ii) yang tidak bermoral, akusala,
(iii) yang inderterminate, abyakata.

(b) Vedana Tika: dhammas yang berhubungan

(i) dengan perasaan yang menyenangkan,
(ii) dengan perasaan menyakitkan,
(iii) dengan perasaan netral.

Contoh Dyads adalah:

(a) Hetu Duka: dhammas

(i) yang akar, hetus
(ii) yang tidak akar, ne-Hetu.

(b) Sahetuka Duka: dhammas

(i) yang berhubungan dengan hetus
(ii) yang tidak terkait dengan hetus.

The Matika diakhiri dengan daftar kategori dhamma berjudul Suttantika Matika terdiri dari empat puluh dua kelompok dhamma ditemukan dalam sutta.

(2) Divisi Empat

Berdasarkan Matikas dari Tikas dan Dukas, yang Dhammasangani dibagi menjadi empat Divisi:

(i) Cittuppada Kanda. Divisi di timbul kesadaran dan mental concomitants.

(ii) Rupa Kanda, Divisi mengenai korporealitas.

(iii) Nikkhepa Kanda, Divisi yang menghindari elaborasi.

(iv) Atthakatha Kanda, Divisi Tambahan Digest

Dari empat divisi, dua yang pertama, yaitu, Cittuppada Kanda Kanda dan Rupa utama dan membentuk bagian penting dari 'buku. Mereka menetapkan model penyelidikan menyeluruh hakikat, sifat, fungsi dan interaksi masing-masing dhammas terdaftar dalam Matika, dengan memberikan analisis sederhana dan meninjau Tika pertama, yaitu dari Kusala Tika Kusala, Akusala dan Abyakata Dhamma . Kanda Cittuppada berkaitan dengan penghitungan lengkap semua keadaan pikiran yang datang di bawah judul Kusala dan Akusala; Rupa Kanda yang berkaitan dengan semua negara bagian dari materi yang muncul di bawah judul Abyakata; disebutkan juga terbuat dari Asankhata dhātu (Nibbana ) tanpa membahas itu.

The Nikkhepa Kanda, divisi ketiga, memberikan, tidak terlalu rumit atau terlalu singkat, ringkasan dari semua distribusi Tikas dan Dukas, sehingga mereka isi lengkap dan makna akan menjadi sepenuhnya dipahami dan tertutup.

Atthakatha Kanda, divisi terakhir dari buku ini, adalah alam yang sama seperti divisi ketiga, memberikan ringkasan dhammas di bawah kepala berbeda dari Tika dan kelompok-kelompok Duka. Tapi itu menyediakan dalam cara yang lebih kental, sehingga membentuk mencerna tambahan dari buku pertama dari Abhidhamma untuk mudah menghafal.

(3) Order dan klasifikasi jenis Kesadaran seperti yang dibahas dalam Cittuppada Kanda.

Kanda Cittuppada pertama yang memberikan pernyataan mengenai jenis Kesadaran diatur di bawah tiga kepala Tika pertama, yaitu, (i) yaitu Kusala Dhamma, berjasa Kesadaran dan concomitants (ii) Dhamma Akusala yaitu, Demeritorious Kesadaran dan concomitants (iii ) Abyakata Dhamma yaitu, tdk Kesadaran dan concomitants. Daftar mental untuk setiap dhamma concomitants cukup panjang dan berulang-ulang.

Pernyataan dari jenis Kesadaran diikuti dengan identifikasi jenis tertentu, misalnya Kusala Dhamma, dalam bentuk pertanyaan dan jawaban, yang berkaitan dengan pesawat atau bola (Bhumi) of Consciousness: Kamavacara, sensual pesawat; Rupavacara, bidang formulir Arupavacara, pesawat tak-formulir Tebhumaka, berkaitan dengan semua tiga pesawat; atau Lokuttara, supramundane, tidak berkaitan dengan tiga pesawat.

Jenis Kesadaran untuk setiap pesawat dibagi lagi menjadi berbagai macam misalnya, ada delapan macam Kusala Dhamma untuk pesawat sensual: Kusala Citta pertama, kedua Kusala Citta dll; dua belas jenis Akusala Citta; delapan macam Ahetuka Kusala Citta Vipaka dan delapan jenis Sahetuka Vipaka Citta di bawah judul Abyakata Dhamma.

Kemudian berbagai jenis dianalisa lebih lanjut sesuai dengan:

(i) Dhamma Vavatthana Vara misalnya, kualitas tertentu, baik disertai dengan sukacita dan lain-lain yaitu, somanassa, domannassa, sukha, dukkha atau upekkha.

(ii) Kotthgsa Vara, pengelompokan dhammas. Ada dua puluh tiga kategori yang dhammas hasil dari pengelompokan kimis dhammas menjadi beberapa kategori seperti khandhas, ayatanas, dhatus dll

(iii) Sunnata Vara, yang memberikan tekanan pada kenyataan bahwa tidak ada 'diri' (atta) atau jiva dhammas di balik semua ini, mereka hanya komposit, kausal terbentuk. dan dikondisikan, tanpa ada substansi kekal.

Metode yang sama pengobatan diadopsi untuk akusala dan jenis abyakata Kesadaran.

(4) Rupa Kanda

Karena Dhammasangani memperlakukan semua dhammas (namas serta rupas) dalam seragam yang sama sistem klasifikasi, Rupa Kanda hanya merupakan kelanjutan dari distribusi Dhamma di bawah kepala Tiks pertama yang dimulai di divisi pertama, Cittuppada Kanda. Dalam Cittuppada Kanda, yang pencacahan dari Dhamma di bawah kepala 'Abyakata' telah hanya sebagian dilakukan, karena jenis abyakata Dhamma tidak hanya mencakup semua keadaan pikiran yang tidak berjasa atau demeritorious tetapi juga semua negara bagian materi dan Asankhata dhātu atau Nibbana. Bagian Dhamma di bawah judul Abyakata, yang telah dibiarkan keluar dari Kanda cittuppada dihadiri dalam Kanda ini.

Metode pengobatan di sini adalah sama, dengan perbedaan bahwa daripada mental concomitants, para konstituen materi, yaitu, empat unsur utama dan kualitas bahan yang berasal dari mereka dengan sifat dan hubungan mereka dianalisis dan diklasifikasikan.

2
Ulasan Buku, Majalah, Musik atau Film / Re: Buku-buku Ini Dilarang!
« on: 06 January 2010, 02:02:50 AM »
biasanya makin dilarang...makin dicari

3
Sepertinya anda perlu juga menyebutkan dari Ayat-ayat mereka yg sangat "mendukung" anda untuk tidak akan pernah percaya akan "Tuhan kr****n" kepada mereka. Coba download buku Beyond Belief di sini : http://www.4shared.com/file/188934620/fae243fe/beyond-belief_bahasa.html atau yg berbahasa inggris di sini : http://www.4shared.com/file/73602435/4ac9b5f7/ebook_buddhism_Beyond_Belief_-.html?s=1. Mungkin hal ini akan menambah keyakinan anda terhadap agama Buddha, apalagi sekarang sudah ada undang-undang yg mengatur hal-hal seperti mengajak / mempengaruhi orang utk berpindah keyakinan.
Mettacittena
 

Pages: [1]