Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - pannadevi

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 132
1
Kesempatan Berbuat Baik / Re: Bantuan untuk WAL
« on: 05 November 2011, 10:23:45 PM »
saya tiba2 hari ini ingin menengok DC yang telah sekian lama tidak saya buka, ternyata ada berita seperti ini,

untuk bro Wang yang baik, hiburlah istri bro dengan semangat, karena semakin depresi akan semakin memicu pertumbuhan tumor, bahkan kadang menjadi kanker, yang saya pribadi udah punya pengalaman dengan saudara sepupu saya dan kakak kandung saya. semoga istri bro dapat pulih sedia kala.

maaf bila terlambat ikut simpati, karena baru hari ini saya buka DC.

mettacittena,

2
itu yg ambil kesimpulan siapa?  ::)

3
Diskusi Umum / Re: Apakah Guru Buddha Seorang Seksis?
« on: 01 August 2011, 12:00:49 PM »
Bhikkhuni-bhikkhuni pertama di-tabhiskan langsung oleh sammasambuddha (Ehi Bhikkhuni). dan untuk selanjut-nya penabhisan bhikkhuni dilakukan oleh Sangha Bhikkhuni dan ini sesuai dengan Vinaya (Theravada) yang diakui.

Jika pada jaman sekarang tidak ada lagi sangha bhikkhuni, bagaimana memulai penabhisan bhikkhuni yang tidak melanggar vinaya (yang mengharuskan samaneri ditabhiskan oleh sangha bhikkhuni yang sudah tidak eksis lagi) ?
Ajahn Brahm yang menabhiskan ?



saya coba bantu menjawab ya bro Dilbert yg baik,
dalam hal ini saya secara pribadi tidak terlalu mau ikut campur pro dan kontra ttg ke-sah-an dari penahbisan bhikkhuni Theravada. tetapi jika kita melihat dari Cullavagga pali X, memang seorang bhikkhu bisa menahbiskan hanya saja ketika itu masih ada sammasambuddha dan masa kini garis kebhikkhunian Theravada telah punah. akan tetapi dari yang saya lihat disini (dasasilamata ada 3.000 lebih dan bhikkhuni ada 500 lebih) awal pertama bhikkhuni mereka dpt diupasampada atas bantuan Taiwan, dimana aliran tersebut juga menerapkan vinaya sama dg vinaya Theravada. sehingga hingga kini berkembang terus menjadi lebih dari 500 bhikkhuni. tapi sekali lagi saya tekankan ya bro, mohon saya jangan dilibatkan dalam debat kusir utk hal ini, saya hanya menyampaikan info saja. dan juga sekali lagi sy tekankan saya belajar dhamma bukan mengejar status bhikkhuni, saya masih samaneri hingga sekarang. dan saya tinggal di nunnery dasasilamata ini sejak th.2006. bagi saya belajar dhamma adalah PENTING. semoga anda dapat menerima penjelasan saya. sebaiknya pro kontra ttg bhikkhuni Theravada tidak perlu dilanjutkan lagi.

mettacittena,

4
Seremonial / Re: Happy B'Day, Rina Hong
« on: 01 August 2011, 11:51:09 AM »
mengucapkan "HAPPY BIRTHDAY" utk sis Rina sorry telat ya...

semoga bertambah sukses dan selalu bahagia.


mettacittena,

5
Diskusi Umum / Re: Apakah Guru Buddha Seorang Seksis?
« on: 01 August 2011, 11:49:03 AM »
Jadi ada fakta yang simpang siur mengenai usia Ananda. Hmmm...  :-?

saya juga pikir demikian, mereka yg menulis itu kelolosan utk re-check kelihatannya.

mettacittena,

6
No offence, sampai saat ini saya masih belum ngerti kalau cuma di baca-in bahasa pali...

 ^:)^


 ;D ;D

7
Diskusi Umum / Re: Apakah Guru Buddha Seorang Seksis?
« on: 01 August 2011, 11:22:16 AM »
menurut catatan riwayat Ananda, Ananda menjadi bhikkhu pada usia 37 tahun, Ananda berusia sama dengan Sang Buddha, itu artinya Ananda menjadi bhikkhu pada tahun ke 2 atau ke 3 setelah Sang Buddha mencapai Penerangan Sempurna. ini terjadi pada kunjungan pertama Sang Buddha ke Kapilavatthu


iya batara Indra bener juga, saya udah cek kesini : http://www.palikanon.com/english/pali_names/aa/aananda.htm

tapi kalo di salah satu thread di DC juga ttg mimpi ananda, kok dikatakan disana umur beliau 20 thn ya? http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=20490.0

mettacittena,

8
lucu juga baca thread ini. jadi pengin ketawa. daripada nunggu ada yg jadi peta lalu ol di DC khan blm tentu kapan. mending manggil aja yg udah pengalaman. tuh nanya aja ama dato sultan yg udah pengalaman ama mahkluk halus.

kalo saya secara pribadi merasakan bahasa pali adalah bahasa universal yg dapat dicerna semua mahkluk, sehingga mereka paham dg maksud kita.

mettacittena,

9
Diskusi Umum / Re: Apakah Guru Buddha Seorang Seksis?
« on: 31 July 2011, 08:58:19 PM »
bro Sobat Dharma yg baik,
setelah sy ikuti thread ini dari page awal, sy membaca point2 penting yg ingin anda sampaikan dan saya bisa menerima argumen2 anda. kirim dah +doorprize utk anda.

1. anda ingin menyampaikan bhw Ven.Ananda dikala Ven.Mahapajapati Gothami menjadi bhikkhuni beliau belum menjadi bhikkhu adalah BENAR. coba aja dilihat kembali di thread yg pernah di bahas Rev.Peacemind. disitu dijelaskan Ven.Majapajapati Gothami menjadi bhikkhuni setelah Raja Suddhodana wafat beserta 500 wanita istana yg suaminya meninggal setelah perang antar suku (lupa nama sukunya). sehingga POINT2 bantahan dari kaum "scholar's buddhist" baik yg berjubah maupun tidak TETAP DITOLAK. mereka teguh memegang pandangan Ven.Ananda telah menjadi bhikkhu dan menjadi pembantu sang Buddha. (saya dalam hal ini cenderung memilih sbg ilmu pengetahuan saya saja. as it is).

2. sedang sang Buddha tinggal dalam Vihara yg besar dan megah BENAR adanya, bahkan selama 25 tahun masa vassa beliau, tinggal di 2 Vihara besar dan megah atas dana Anathapindika dan Visakha. Jetavana Vihara dari Anathapindika dan Pubbarama dari Visakha. sama2 memiliki 1500 kamar. (saya rasa ini adalah Vihara besar dan megah BUKAN gubuk). dalam hal ini sayapun memilih ini sbg ilmu pengetahuan saya, as it is.

3. point2 penting dari link2 yg anda berikan sudah sy buka dan butuh waktu utk membacanya, secara keseluruhan saya bisa menerima ini sebagai MASUKAN untuk kita semua. dan sekali lagi saya tekankan saya lebih memilih semua yg saya pelajari ttg Buddhism di negara Sri Lanka ini hanya akan saya pakai sebagai ilmu pengetahuan saja "as it is" karena jika saya pakai sebagai PEDOMAN yang POKOK maka saya hanya akan menjadi orang yg PICIK. saya akan tetap beragama Buddha dan menganut ajaran Sang Buddha dari aliran Theravada yg saya anggap COCOK untuk saya dan saya tetap akan mengikuti petunjuk2 menuju PEMBEBASAN selebihnya saya hanya anggap sbg pengetahuan as it is saja.

thanks bro Sobat Dharma, saya hargai pandangan2 anda.

mettacittena,

10
Diskusi Umum / Re: Apakah Guru Buddha Seorang Seksis?
« on: 31 July 2011, 11:07:37 AM »
Coba baca yang ini juga, sebagai pelengkap argumennya:


Kalau ini, Bhikkhuni Tathaaloka, apakah termasuk anggota sangha yang cari popularitas?

sory sy ketinggalan kereta, cerita udah panjang sekali, baru baca bentar utk page yg ini. disini sy hanya ingin menambahkan sedikit keterangan ttg bhikkhuni Tathaaloka, beliau sekarang mengucilkan diri, tidak mau lagi keluar menghadiri seminar atau conference apapun. ini saya ketahui baru belakangan saja setelah saya ingin menghubungi beliau. sy berusaha mencari informasi ttg beliau dari seorang bhikkhuni senior yang berkebangsaan Ausi. nampaknya keputusan beliau ini diambil setelah terjadi kontroversial penahbisan bhikkhuni yg beliau lakukan bersama Ven.Ajhan Bram. sejak itu beliau tidak lagi muncul utk publik ataupun melakukan penahbisan bhikkhuni. sehingga pandangan bro Sobat Dharma ttg beliau BENAR adanya, beliau BUKAN jenis yg suka mencari popularitas. saya amat mengagumi beliau.

utk page yg berikut sy baca pelan2 dulu deh, udah panjang banget soalnya.


mettacittena,

11
wah bro tuwino dan saya bersamaan mengetiknya ttg masalah ini pernah dibahas (kita hanya selisih 2 detik saja).


12
dulu Tuhan pernah buat thread ttg pelimpahan jasa, disana udah dibahas bahwa alam deva pun bisa menikmati pelimpahan jasa dari kita. dalam Sigalovada Sutta sang Buddha juga membabarkan bahwasanya tugas anak kepada orang tua setelah meninggal harus melakukan pelimpahan jasa atas nama almarhum. jadi saya secara pribadi tetap percaya dimanapun almarhum orang tua saya terlahir kembali beliau tetap dapat menikmati pelimpahan jasa dari saya yang saya lakukan untuk beliau. bila beliau tidak dpt menikmati sebaiknya sang Buddha merubah saja Sigalovada Suttanya. selama ini saya tinggal di negara buddhist yang amat kental buddhism nya, mereka masih selalu melakukan patidana walau almarhum sudah meninggal lebih dari 25 thn. jadi saya makin kuat keyakinan pribadi saya, bahwa almarhum masih tetap dapat menikmati pelimpahan jasa yg dilakukan untuk beliau.

mettacittena,

13
Seremonial / Re: ciakakakak DC ulang tahun..hahahahah
« on: 31 July 2011, 10:41:11 AM »
sory telat tahunya, ga apa2 deh telat tapi ikutan mengucapkan :

"HAPPY BIRTHDAY" ke:5 tahun utk DC
semoga makin maju dan sukses dalam menyebarkan dhamma melalui media internet, sehingga dapat menjangkau diseluruh dunia, terutama utk rekan2 sebangsa yg berada diluar Indonesia sangat terbantu sekali dg DC. (termasuk saya yg awal2 dulu juga banyak belajar dari DC). selamat ya DC....

mettacittena,


14
Seremonial / Re: Sabbe Sankhara Anicca
« on: 31 July 2011, 10:32:10 AM »
maaf terlambat, baru bisa online.

selamat jalan bhante, semoga bhante merealisasi magga dan phala, terlahir dialam bahagia. akhir mencapai nibbana disana.sadhu.

namaskara,

15
Game / Re: game bahasa Pali
« on: 20 July 2011, 09:58:43 PM »

kokanada ?


walah...TS nya mana nih....kok ga ditanggapi....?

kokanada : teratai merah (red lotus)

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 132