Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - metra

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 18
1
Theravada / Re: Vegetarian atau tidak
« on: 09 December 2017, 09:19:14 PM »
Setelah bertahun tahun membohongi drii sendiri dgn daging palsu yang umumnya terbuat dari gluten yang mencedrai usus kecil akhirnya menderita celiac disase yang tidak dapat di sembuhkan

https://en.wikipedia.org/wiki/Coeliac_disease

Coeliac disease is caused by a reaction to gluten, which are various proteins found in wheat and in other grains such as barley, and rye.[9][18][19] Moderate quantities of oats, free of contamination with other gluten-containing grains, are usually tolerated.[18][20] The occurrence of problems may depend on the variety of oat.[18][21] Upon exposure to gluten, an abnormal immune response may lead to the production of several different autoantibodies that can affect a number of different organs.[4][22] In the small-bowel this causes an inflammatory reaction and may produce shortening of the villi lining the small intestine (villous atrophy).[10][11] This affects the absorption of nutrients, frequently leading to anaemia.[10][19]

Tidak perlu membohongi (musavada) kepada diri sendiri dgn daging palsu, lebih baik makan daging sungguhan bila tidak bisa mengurangi makan daging karena konsekuensi nya bisa fatal bila kena coeliac disase.

GLUTEN susah di cerna oleh pencernaan, wa ada tulis "BAO HE WAN"  di bagian kesehatan resep Bao he wan di tambah Maiya 3-9 gram untuk makan nasi, tepung (carbohidrat) sebenarnya karena tepung biasa mengandung gluten yang susah di cerna maka resep bao he wan dan plus maiya sepecial untuk menolong pencernaan membuang gluten dari system pencernaan secepat mungkin.

1.hindari sumber gretongan spt wiki
2.latihan menghilangkan gejala epilepsi itu paling lama 2 bulan.tdk lebih
3.penting bagi orang yg vege untuk melihat persoalan vege non vege ada pada manusia nya , bukan pada paha dan ceker di piring.

2
Kafe Jongkok / Re: Shoutbox 2
« on: 09 December 2017, 08:36:21 PM »
ya..saya pernah membaca tapi tidak ingat persis kata2nya.kalau tidak salah faktor bermanfaat mana yang meningkat dan yang mana yang tidak.Ketika seseorang melakukan tindakan dana seperti itu, dia akan berbahagia.dan rasa bahagia itu disukai atau perasaan menyenangkan.sehingga mengakibatkan seperti ketagihan.sehingga membuat kita ingin...ingin dan ingin.mencari dan mencari rasa itu.maka nanti ketika meninggal bisa jadi setan kelaparan mencari itu.bagaimana?

Tidak mungkin menjadi mahluk spt itu.dan itu bukan tamak tapi murah hati.

3
Theravada / Re: Vegetarian atau tidak
« on: 09 December 2017, 08:34:14 PM »
Apalagi kalau lihat daging dipiring sambil berpikir,ini mama ayam dipiring saya.bagaimana ya anak-anaknya?saya akan memakan ibunya.sama seperti anak kecil yang dibilang seperti itu.menjadi bersedih2 dan ga mau menyentuh dagingnya sama sekali apalagi memakannya.apalagi kalau diajak berpikir setelah dagingnya masuk duluan ke mulut.bagaimana dia mau memuntahkan kembali tapi ga bisa2.setelah itu dia akan penuh penyesalan.kasihan anak2 ayamnya nangis cariin mamanya terus.

yg begini tidak boleh diulang terus.itulah yg menimbulkan gejala epilepsi ketika melihat paha atau ceker ayam asli.cara yg sampaikan sebelumnya, palsu palsu palsu dst akan membuka tabir misteri bahwa gejala tangan epilepsi krn vege itu disebabkan oleh manusianya.bukan paha dan ceker di piring.

4
Theravada / Re: Vegetarian atau tidak
« on: 09 December 2017, 08:27:13 PM »
Wa tidak mengatakan tidak boleh makan daging tapi coba kurangi makan daging (less meat) bila memang mampu melakukan nya

Less meat tapi sendok gemetar lihat ceker atau paha ayam untuk apa.latihan.lihat tulisan shoutbox2 mengenai tukang minyak.tidak ada satupun yg tumpah.itu krn latihan dan terbiasa selama 30 tahun jd tukang minyak.
Ingat .palsu palsu palsu.terus demikian sampai gemetar hilang.pakai daging palsu dulu.jika sdh mahir boleh naik tingkat.

5
Theravada / Re: Vegetarian atau tidak
« on: 09 December 2017, 08:23:59 PM »
Hmm, hanya mengunakan metta untuk ego sendiri, bisa patisankha yonisso have knowledge, berapa banyak yang bisa seperti itu? Dan berapa banyak yang melekat terhadap kesenangan, kenikmatan dan kemelekatan akan rasa daging?

trial dulu.hal demikian akan mengurangi keterikatan dengan sayur dan kawan kawannya.

6
Theravada / Re: Vegetarian atau tidak
« on: 09 December 2017, 08:21:07 PM »
Satu lagi.pesan masakan vege.minta di bentuk sedemikian rupa spt paha atau ceker ayam.
Sebelum makan selalu mengulang di pikiran, ini palsu palsu palsu.
Terus demikian.nanti jika tidak nyaman itu sudah hilang, baru anda boleh naik tingkat pakai paha dan ceker ayam asli. Caranya sama .ini palsu palsu palsu terus demikian.
Anda pasti heran, kenapa tidak nyaman itu bisa hilang dgn yg asli.persoalannya ada pada manusianya, bukan pada paha dan ceker ayam

7
Theravada / Re: Vegetarian atau tidak
« on: 09 December 2017, 08:13:17 PM »
Coba baca" karineya metta sutta "atau" brahma vihara parana" (bagian metta) atau" Ratana sutta" saat makan dan di piring makan mu ada udang, ikan dan paha ayam,  berasa ada yang  tidak sesuai?

Anda vege, tapi baca paritta bukan sutra.saya ajarkan anda, jika merasa tidak nyaman melihat daging,
1.jangan baca sebelum makan.baca sesudah makan
2.jika memang harus sebelum makan baca itu, tambah 1 paritta lagi patisankha yonisso...dst dst
   saya makan makanan ini bukan untuk serakah menggemukan jasmani, dst dst
3.jangan sinkritis belajar agama, termasuk agama Buddha.pilih salah satu dimana keyakinan paling kuat.jika memang harus sinkritis, jangan dicampur renungannya.pilih salah satu aliran saja u doanya.yg lain ditinggal.sinkritis mantra atau paritta atau sutra itu berat dan sedikit manfaatnya.

8
Kafe Jongkok / Re: Shoutbox 2
« on: 09 December 2017, 08:04:44 PM »
Berbahagia sebelum,saat melakukan dan setelah melakukan perbuatan berdana.Bukankah itu salah satu syarat melakukan perbuatan baik?Ketika syarat ini terpenuhi apakah mengondisikan moral yg baik?atau berlanjut dengan ketagihan sehingga menjadi tamak untuk berdana atau berbuat baik?

buddha mengajarkan .hindari perbuatan yg menyebabkan penderitaan, tambah perbuatan yg menyebabkan kebahagiaan.tidak ada berbuat baik banyak disebut tamak.tamak itu mengambil barang bukan milik, merubah anggaran dari 1 jadi 10, istri dari 2 jadi 5 dsb..

Murah hati adalah istilah u gemar berbuat baik.mengapa demikian.krn pasti ada pengorbanan.waktu, tenaga, materi, uang.berbuat berbuat baik itu give bukan take apalagi take all.
Apa hubungannya dgn sila.

kalyanamitra.teman baik mudah ditemui ketika kita berkumpul bersama sama berbuat baik.misal di vihara.dari kalyanamitra ini, timbul hiri dan ottapa jika mereka menjalankan sila.biasanya perbuatan buruk timbul krn pergaulan salah.naaaaa demikian pula perbuatan baik timbul krn pergaulan benar.


9
Kafe Jongkok / Re: Shoutbox 2
« on: 09 December 2017, 07:51:03 PM »
Mungkin bisa dianggap benar seperti itu.mungkin juga tidak.metra terkesan pelawak.

Apa adanya.jawaban diatas menunjukkan bagaimana kwalitas keyakinan.jika keraguan banyak, itu berarti keyakinan rendah.demikian sebaliknya.ada seorang member id myn.dia membaca buku di beranda rumah tanpa pakaian.sampai jam 2 malam.banyak nyamuk, tapi tidak tahu digigit nyamuk.pertanyaannya inikah dhyana .jawabnya mungkin ya.mungkin tidak, ya , tidak juga dst dst.
ini contoh keraguan yg banyak.jika memiliki nyana jhana , dia tidak ragu sedikitpun.bahkan tahu orang lain di wihara memiliki dhyana atau tidak.dhyana bhs sankrit u jhana.

meski sy ada unsur sedikit humor, namun tulisan sy tegas. Hitam dan putih bisa dibedakan jelas.

10
Halo, salam kenal Ryan

1. Untuk belajar atau menjadi umat Buddha, tidak perlu ada persyaratan khusus. Anda boleh mengikuti suatu ritual yang disebut visuddhi, tetapi tidak juga tidak apa-apa.
Umat Buddha dikatakan menjadi penganut agama Buddha jika di dalam hatinya telah berlindung pada Buddha, ajarannya, dan komunitas umat buddhis (terutama Bhiksu-Bhiksuni yang telah mencapai kesucian)

2. Sangat baik sekali anda ingin belajar. Sebelum anda memutuskan untuk masuk ke agama Buddha, pikirkanlah baik-baik, dan selidikilah dengan teliti.

Bagi pemula, saya merekomendasikan buku ini:
https://dhammacitta.org/buku/pertanyaan-baik-jawaban-baik.html

dan biografi singkat Buddha :
https://dhammacitta.org/download/ebook.html#kronologi

Mengenai karma, saya menyarankan buku-buku berikut
1. https://dhammacitta.org/download/ebook.html#karma
2. http://dhammacitta.org/pustaka/ebook/umum/Teori%20Kamma%20Dalam%20Buddhisme.pdf
3. Karma pencipta sesungguhnya hadayavatthu.org/?wpdmdl=2529
4. Prinsip Karma :https://www.kadamchoeling.or.id/transkrip/karma-1
dan https://www.kadamchoeling.or.id/transkrip/karma-2

Lebih jauh lagi, anda bisa membaca tentang apa saja yang diajarkan Buddha:
1. https://dhammacitta.org/download/ebook.html#ikhtisar
2. Sang Buddha dan ajarannya http://hadayavatthu.org/?wpdmdl=2538
dan jilid 2: http://hadayavatthu.org/?wpdmdl=2541

Jika anda ingin mencoba meditasi, silahkan baca:
https://dhammacitta.org/download/ebook.html#meditasi-pernafasan

dan https://dhammacitta.org/download/ebook.html#1

Itu saja dulu.

Jangan dengar nasehat di atas.jika belum bisa jgn visudhi.jadi umat Buddha biasa.danda kamma jikamengucapkan di depan altar Buddha, ada bhikkhu dan umat lain sbg saksi.
Nanti jika sudah diijinkan orang tua, mandiri bisa dewasa dalam bersikap dalam arti tidak takut krn sila bersihdan mata pencarian benar baru visuddhi.




11
Theravada / Re: Alat kecantikan
« on: 09 December 2017, 12:59:22 PM »
lho, rancu dong, kl ini unt bhikkhu dan bukan unt umat awam

krn yg mengenai mengambil keuntungan tadi, ga boleh 2x or lebih,,
yg jualan kan umat awam, bhikkhu kagak kan?
kl sutta itu dikatakan unt bhikkhu,,  emangnya bhikkhu boleh jualan?

Naaaaa kalau memang sutta ini ditujukan kepada para Bhiikhu, kenapa kalian mendiskusikannya.
Bukankah umat biasa puthujana hendaknya merenungkan Bhikkhu sebagai anggota sangha.merenungkan, berucap mengenai anggota sangha hendaknya sama dgn Buddhanusati eh salah sanghanusati.
sangha siswa sang Buddha telah bertindak benar,  dst dst....

Khan demikian.danda kamma lho jika benar ada 1 atau 2 dr mereka yg mencapai 1 diantara 4 phala, kmd kalian memperbincangkan  dgn cara yg salah sbg umat puthujana.

12
Theravada / Re: Alat kecantikan
« on: 09 December 2017, 12:53:48 PM »
kl emosi penonton teracak acak krn melihat sesuatu, bukankah itu tergntung penontonnya sendiri?

kl aktor mainnya ga bagus, maka emosi penonton ga muncul
kl emosi penonton ga muncul, maka aktornya = ga bs main

kl dikatakan aktor = spt itu, bgmn dengan pengaran buku? org yg baca buku bisa sampai nangis2, bs ngakak2
bukankah itu emosi jg teracak acak?

jd, pengarang buku jg ga boleh dong=mata pencaharian tidak benar


Salah posting



 

13
Kafe Jongkok / Re: Shoutbox 2
« on: 09 December 2017, 12:42:20 PM »
Gak sekalian protes kenapa Alam Brahma ada yang namanya "Vehapphala" tapi gak ada yang namanya "Vehammagga"... Kalo definisi kata maunya seenaknya sendiri mah susah...  :p

Itu salah.kaynin otak atik gatuk.danda kamma menghubungkan istilah Buddha yg satu dgn yg lainnya karena istilah yg mirip.
karniawan, bagaimana seandainya kota london berhubungan dengan biskuit merk london di jakarta.itu si kainin.
Adalagi danda kamma dihubungkan dgn danda kammato.jadinya penebusan kesalahan.
Danda artinya hukuman
Kamma artinya karma.

Samanera yg melakukan kesalahan itu kena hukuman karma dari bhikkhu senior.artinya danda kamma samanera itu masak dan berbuah melalui tangan dan pecut bhikkhu senior.istilab pecut artinya hukuman keras.
Kalau tdk ada yg melapor, tentu danda kamma itutetap ada dan tidak masak dan berbuah melalui seniornya.tapi bisa masak melalui hal lain.misal sakit sakitan, kecelakaan atau tidak kerasan di sangha krn banyak melanggar kmd lepas jubah.


14
Theravada / Re: Vegetarian atau tidak
« on: 09 December 2017, 12:31:38 PM »
Temen2 disini ada yang tau gak bagaimana caranya perusahaan daging meningkatkan produksi daging dengan cepat untuk memenuhi permintaan pasar? Untuk membesarkan hewan ternak kan butuh waktu, sebagai contoh membesarkan sapi sampai ke ukuran siap disembelih dibutuhkan waktu 2 tahun, nah bagaimana perusahaan daging ini bisa memenuhi permintaan pasar yang meningkat dengan cepat, misalnya?

Salah posting

15
Kafe Jongkok / Re: Shoutbox 2
« on: 09 December 2017, 12:27:05 PM »
maaf,dari mana  "vonis" tidak memiliki keyakinan muncul?dan apa maksud kata yang tersisa itu? bisa jelaskan lebih detail?

ciri tidak memiliki keyakinan adalah keraguan.
Begitu muncul bagaimana jika menjalankan 5 sila bisa begini begitu dst
Ya apalagi yg tersisa selain keraguan.



Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 18