Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - sarojaputto

Pages: [1] 2 3
1
Buddhisme untuk Pemula / Mohon Share Pengalaman Meditasi
« on: 25 March 2019, 09:19:08 PM »
Namo Budhaya, Sothi Hotu,
Rekan sedhamma, saya mohon bantuan share pengalaman terbaik meditasi untuk anak.

Anak saya usia pria usia 10 tahun sekarang, pada usia 8 tahun saya konseling dengan psikolog mendiagnosis anak saya ADHD (googling), memang waktu usia tersebut dia urakan dan sering membantah, tapi sejak usia 10 tahun dia sangat pelupa dan pemalas, seperti tanpa semangat, bahkan sampai sekarang dia tidak pernah bergaul, walaupun dia tidak ada perasaan malu-malu atau takut sama orang, di kelas selalu tiduran di mejanya, maksudnya kepalanya diletakan di meja, sering bengong, makanya saya memutuskan untuk meditasi, baru beberapa hari saya rutin melaksanakan meditasi anapanasati, meditasi ini yang saya pahami adalah fokus menyadari keluar masuk nafas yg kita rasakan tepat di mulut lubang hidung.

Pertanyaannya adalah apakah meditasi ini sudah tepat cocok/ideal untuk anak2, ataukah ada meditasi obyek lain yang lebih tepat untuk anak saya,
Atas perhatian dan share nya saya ucapkan terima kasih.

2
Keluarga & Teman / Re: Mohon Saran Cara Menyampaikan Pada Orang Tua
« on: 07 June 2015, 01:43:17 PM »
thanks atas atensi & saran rekan-rekan.  _/\_
walaupun sampai skrng si wanita belum "berani" , mudah2an waktu yang membantu menyelesaikan masalah ini secepatnya, hingga semuanya bisa berbahagia. sadhu....

3
Keluarga & Teman / Re: Mohon Saran Cara Menyampaikan Pada Orang Tua
« on: 04 June 2015, 07:42:54 PM »
Bgung jg, maslah na dmn ???
Maslah na apa krn ortu si istri skrg beragama Kristxx??
ingin meyampaikan pada ortu si wanita sudah berkeyakianan ajaran buddha, tapi belum berani

4
Keluarga & Teman / Re: Mohon Saran Cara Menyampaikan Pada Orang Tua
« on: 04 June 2015, 07:36:05 PM »
sebentar bacanya agak bingung, si orangtua wanita beragama apa?
yang di bold kedua

5
Keluarga & Teman / Re: Mohon Saran Cara Menyampaikan Pada Orang Tua
« on: 04 June 2015, 07:34:57 PM »
IMO, kalo berkeyakinan Buddhis tidak mau dibicarakan kepada orang lain dan keluarga sebenarnya tidak apa2 juga, apalagi cuma utk mendapatkan "restu" dari orang tua karena menjadi Buddhis sebenarnya untuk perbaikan diri sendiri menjadi lebih baik dan dengan demikian, orang lain yang melihat hal ini juga bisa terinspirasi....
penyataan anda benar sy setuju, mempelajari buddha dhamma bukan status yg paling penting, tapi ini masalah ganjalan hati si wanita ingin ortunya tahu kalau ia sudah mempunyai keyakianan terhadap ajaran buddha. dan keberanian tuk memyampaikannya belum didapat, karena background kisah tersebut

6
Keluarga & Teman / Re: Mohon Saran Cara Menyampaikan Pada Orang Tua
« on: 03 June 2015, 07:57:14 PM »
 :(

7
Keluarga & Teman / Mohon Saran Cara Menyampaikan Pada Orang Tua
« on: 02 June 2015, 11:31:13 PM »
ada sepasang anak manusia saling mencinta. si pria dari dalam kandungan sudah ada cap beragama buddha ;D , dan sejak SD sudah aktif mempelajari triratna baik dari cetiya dan guru agama buddha nya di sekolah. Dan ia bertekad untuk mempunyai istri yang sejalan dengan way of life nya yaitu triratna. si wanita pun sejak SD sudah mengenal agamanya sendiri yaitu K*****n bahkan ia dibiayai sekolah oleh organisasi agamanya dari SMP sampai SMK (6 Tahun) full, di tambah lagi dia aktif sebagai pengurus dan guru sekolah minggu di organisasi itu, ditambah lagi yang agak berat beban nya mamah n papahnya yang cuma KTP beragama buddha bahkan istilah "cung cung cep" pun ga dijalani berhasil diajaknnya beragama seperti ia .

singkat cerita mereka berhubungan dengan pergolakan bathin hebat selama 4 tahun putus nyambung kurang lebih 7x ;D, yang tentu saja dengan background mereka mempunyai idealisme masing-masing menginginkan sang pasangan ikut keyakinannya. sampai akhirnnya sang wanita mengalah untuk kedepannya menjalani keyakianan masing-masing dan  anak-anak mereka di persilahkan memilih ikut keyakinan papah or mamah nya. tapi sang pria tetap teguh menginginkan si wanita mengikuti keyakinannya dan anak-anaknya pun nanti harus di perkenalkan dan diarahkan mengenyam ajaran buddha saja. sampai sang pria memberikan pernyataan " kalau memang kamu tidak bisa ikut saya , berarti anggap saja kita tidak berjodoh" . sungguh pernyataan yang sangat berat dengan kondisi yang di bold pertama.

pada akhirnya dengan perjuangan yang sangat berat dan bermodalkan pengetahuan yang minim mengenai paramatha sacca (hukum kebenaran absolut yang dijelaskan guru agung kita sang buddha), sang pria berhasil sedikit demi sedikit open mind si wanita bahwa inilah kebenaran hidup dan kehidupan yang diajarkan guru agung kita sang buddha, si wanita akhirnnya dapat menerima ajaran sang buddha, lambat laun makin meningkat keyakianan si wanita selama kurang lebih 2 tahun diajak ke vihara dan dan saling tanya jawab. hingga akhirnya mereka menikah di vihara dan si pria mampu menyakinkan orang tua si wanita dan keluarganya bahwa harus menikah di vihara dengan status ortu n kluarga si wanita tidak tahu bahwa si wanita sudah mengenyam dan mulai meniti keyakinan terhadap triratna.

waktu berlalu hingga sekarang anak meraka berusia 6 tahun lebih meraka bertiga ke vihara bareng, tercapailah keinginan si pria yang menginginkan keluarga sesuai sigalovada sutta (mempunyai pasangan yang sama keyakinannya). sang wanitapun semakin tebal keyakiananya dan malah lebih bersemangat daripada si pria dalam mempelajari triratna.

akan tetapi si wanita ada perasaan yang sangat mengganjal dari sejak mau menerima ajaran sang buddha sampai sekarang ini ingin mengatakan terutama kepada kedua orang tua nya, bahwa dia sekarang ini sudah mempunyai keyakiana terhadap sang triratna. sang priapun juga masih bingung menggunakan cara apa untuk menyelesaikan masalah ini, karena masalah ini bukan cara menyampaikan kata-kata, akan tetapi masalah keberanian sang wanita untuk mengatakan karena berdasarkan background yang tertulis di atas.

kepada rekan-rekan mohon berikan saran, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih  _/\_



"udah sekian kali waisak koh, aku mau ngomong masih belum berani...... "

~Now and Forever I will Be Your Man~

8
Seremonial / Re: Selamat hari Waisak 2559 BE / 2015
« on: 02 June 2015, 09:50:07 PM »
Selamat Hari Vesak 2559

~Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia Dan Selalu Dapat Mempertahankan Kebahagiaannya
~Semoga Semua Makhluk Terbebas Dari Penderitaan.
Terbebas Dari Dibenci dan Membenci.
Terbebas Dari Disakiti dan Menyakiti.
Terbebas Dari Disukari dan Menyukari.
Terbebas Dari Dibodohi dan Membodohi.

Sarojaputto & Family   _/\_

9
namo buddhaya.. mohon bimbingannya kepada para senior. saya belum pengalaman dalam agama buddha. mohon petunjuk. saya sanggat ingin berbuat baik, beramal. selama ini saya sudah peraktekan amal burung di depan vihara, sumbang panti asuhan melalui internet banking, dan sumbang peti mati di bangkok. pertanyaan saya, dari semua itu manakah nilai tingkat amal yg lebih baik?? dan apakah fungsi dari kita sumbang peti mati?  namo buddhaya.

Fungsi Berdana

Berdana memiliki nilai yang luar biasa pentingnya dalam skema Buddhis untuk pemurnian mental. Karena berdana merupakan senjata yang ampuh untuk melawan keserakahan (lobha). Keserakahan merupakan yang pertama dari 3 akar motivasi tak bajik (akusalamula). Keserakahan selalu diselubungi oleh egoisme dan sifat mementingkan diri sendiri, karena kita mengukuhi kepribadian kita dan kepemilikan kita sebagai ‘AKU’ dan ‘MILIKKU’. Berdana membantu mengikis egoisme. Berdana merupakan penangkal untuk menyembuhkan penyakit egoisme dan keserakahan. “Atasilah noda keserakahan dan praktekkan dana,” penjelasan Devatasamyutta (S. i, 18). Dhammapada mengingatkan kita untuk menaklukkan kekikiran dengan kedermawanan (jinekadariyam danena, Dhp 223).

Sumber : http://www.samaggi-phala.or.id/naskah-dhamma/mengapa-berdana/

semoga bisa menjawab pertannyaan anda

10
apakah sedmua org menerima karmanya sendiri ?
trus gmana mrubah karma tsb ? naahhh :o
saya coba kasi tanggapan ya bro cumpol sepengetahuan saya ;D
karma = perbuatan dengan kehendak
apakah semua orang menerima karmanya sendiri?
> pasti dan mutlak, sama seperti hukum paramatha sacca yang lain (catarri ariya saccani, tilakhana, paticcasamupada, punabhava) karma berlaku bagi siapa saja, dimana saja (31 alam kehidupan), dalam kondisi apa saja.

trus bgmn merubah karma?
> ya harus dengan karma juga, sepengertian saya buah karma tidak dapat di ubah pasti berbuah (mutlak, tanpa nego). tapi bisa di modif dengan perbuatan lagi. CMIIW

11
kalau saya berprinsip, "kalau kusalakamma di analogikan seperti menanam, paritta lah pupuk nya"  :)

kalau punya pupuk tapi tidak ada tanamannya ya percuma, kalu ada tanaman tapi tidak ada pupuk, ya buahnya standard.
jadi jelas mana yang main , mana yang komplementer.

12
Ada juga tokoh nasional Indonesia yang Buddhis tetapi ketahuan melakukan hal2 yang tidak pantas dan memalukan bagi semua orang, itu gimana???
ya jangan di contoh  ;D

13
yg penting praktek kehidupan dlm sehari-hari mereka spt apalah !...
Benar... ini yang pertama, tetapi kurang elok dijadikan yang utama  :)
"hidup akan berarti kalau kita mempunyai arti bagi orang lain", contoh anda berada disini bro cumpol (cumi polos  ;D) untuk berbagi pencerahan  ;)

Quote
bukan apa yg tertulis tapi apa yg dilakukannya...
saya pikir semua masyarakat indonesia sudah tahu apa saja yang tokoh2 dia atas perbuat tuk banyak orang :)

monggo dilanjutken.... tambahkan tokoh-tokohnya  :)

14
Thread ini saya buat, terinspirasi saat tahu andri wongso itu seorang buddhist  ;D .
ternyata banyak tokoh nasional yang punya banyak sumbangsih untuk negara tercinta kita ini INDONESIA yang menganut ajaran buddha dhamma. silakan ditambahkan tokoh nasional indonesia yang menganut buddha dhamma (kategori Nasional disini saya maksudkan baik yang diakui secara media, sosial ataupun pemerintah). CMIIW

R.A Kartini dalam beberapa suratnya ada menyebutkan buddha, bodhisatva http://berita.bhagavant.com/2013/04/23/ketika-r-a-kartini-mengenal-agama-buddha.html


YM Bikkhu Bhikkhu Ashin Jinarakkhita & YM Bhikkhu Girirakkhito Pernah mendapatkan penghargaan nasional dari pemerintah http://pak-diyon.blogspot.com/2012/02/tokoh-pejuang-penyiaran-agama-buddha.html


Andriwongso seorang motivator no.1 indoneisa berkelas internasional, entah sudah berapa banyak masyarakat indonesia tercerahkan motivasinya


DR. Ponijan Liaw Seorang Komunikator no.1 indonesia, memberi pencerahan komunikasi yang baik dan benar bagi masyarakat indonesia


Eddhi Sutarto calon hakim agung tahun ini menganut buddha dhamma http://news.detik.com/read/2015/05/25/133235/2924080/10/calon-hakim-agung-eddhi-pendeta-buddha-yang-idolakan-umar-bin-khattab


Semoga tokoh2 ini menjadi inspirasi kita atau sanak family kita semakin banyak umat buddha yang bersumbangsih bagi negara indonesia tercinta ini

monggo silakan di tambahkan  ;D

15
Buddhisme untuk Pemula / Re: Butuh Tanggapan Teman-teman
« on: 27 May 2015, 12:21:26 AM »
teman2, saya butuh tanggapan teman-teman tentang artikel "kesaksian mantan Budhis" yang terdapat di sini :

http://www.angelfire.com/anime/elishaerick/Saksi4.html

kalu persoalan tersebut udah pernah di bahas di sini, tolong kasih tahu aku link thread nya ya!

 ;D jadi inget kaos dagadu djokdja yang kerjaannya nyambungin kata-kata  :))

lagu lama kaset baru kek gini mah.... jadul woi cari cara baru donk http://www.angelfire.com/anime/elishaerick/Saksi4.html
emaknya anak-anak gw aj dulunya guru sekolah minggu g****a, sekarang tiap malam minggu selalu ingetin gw "koh jgn begadang besok kan kita ke vihara"  ;D ga pernah tuh niatan kesaksian2  :))

Pages: [1] 2 3