Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - Fudotakika

Pages: [1] 2 3
1
Kafe Jongkok / Mau Jadi Pria Dambaan? Ini Rahasianya!
« on: 10 March 2009, 04:38:59 PM »
Masih banyak hal mengenai perempuan yang harus dimengerti laki-laki. Dengan mengerti, maka Anda pun bisa menjadi laki-laki idaman para perempuan. Ini beberapa harapan perempuan akan pasangannya!

Karakter Favorit Perempuan
Perempuan suka laki-laki yang cerdas, berpenampilan baik, mapan dan memiliki emosi yang stabil. Hal itu dibuktikan oleh sebuah survei yang diikuti oleh 5.000 perempuan. Sebagian besar dari mereka mengaku mencari laki-laki dengan karakteristik tadi.
Selain itu survei juga membuktikan bahwa perempuan lebih menyukai laki-laki yang bisa menemaninya setiap saat, di saat dibutuhkan. Jadi bagi para laki-laki, mulailah menyediakan waktu yang cukup untuk perempuan yang Anda cintai.

Ucapkan Kalimat Sakti 'Terima Kasih'
Kata-kata simpel seperti ucapan terima kasih ternyata sangat berharga bagi perempuan. Tak ada salahnya mengucapkan rasa terima kasih untuk kesibukan perempuan yang bekerja namun juga masih mampu mengurus rumah dan menjadi ibu yang baik. Kata-kata itu akan membuat mereka merasa dihargai dan dicintai.

Contohlah Brad Pitt
Bukan hanya gaya atau wajah tampan Brad Pitt yang dipuja perempuan. Namun pengertian dan kesabarannya menghadapi kerasnya hati Angelina Jolie yang membuat ia semakin dipuja. Tak ada salahnya untuk mencontoh sikap Brad Pitt yang penuh toleransi dan pengertian itu.

Kurangi Agresifitas
Saat masih remaja, laki-laki dengan perangai keras dan hobi berkelahi biasanya menjadi rebutan. Namun saat beranjak dewasa, ternyata lelaki model itu tak lagi jadi dambaan. Seorang antropolog, Jeffrey Snyder menjelaskan bahwa saat mencari pasangan hidup, perempuan justru menyukai laki-laki yang membuatnya tenang.
Jadi, siap menjadi dambaan perempuan?

2
Seremonial / CUTI ....
« on: 18 October 2008, 11:37:31 AM »
Attention ATTENTIOOOOOON........
Brothers and Sisters...Fudo mo permisi cuti yak, sampe dengan waktu yang tidak bisa ditentukan, hehe...wish you all the best.
Be GOOD ya semuanya...

3
SIAPA tidak tahu karapan (kerabhan) sapi. Tontonan adu kekuatan otot dan kecepatan sapi di Madura ini begitu memikat. Tetapi siapa yang tahu, sapi-sapi perkasa itu diperlakukan sangat bertolak belakang, dimanja sekaligus disiksa?

Sapi karapan menjadi kebanggaan si pemilik yang akan melakukan apa pun agar sapinya selalu berlari terdepan. Termasuk di antaranya memanjakan dan membuat hidup si sapi nyaman bukan kepalang. Bagaimana tidak nyaman, kalau si sapi punya kamar yang selalu bersih.

Tentu, untuk ukuran sapi, kamar itu sangat bersih dan selalu bebas dari kotoran. Setiap saat ada kotoran langsung disingkirkan jauh-jauh. Tak hanya itu, di pantat sapi nyaris tidak pernah ditempeli tlethong, karena rajin diceboki. Agar lebih nyaman lagi, seekor nyamuk atau lalat yang masuk kamar itu pasti diusir oleh tokang obu, orang yang dibayar khusus untuk merawat sapi itu.

Tokang obu itu juga bertugas untuk memijat, menginjak dan memandikan sapi setiap hari. Tidak jarang sapi-sapi itu dimandikan sampai dua kali sehari. "Kalau tidak begitu, sapi-sapi itu kepanasan karena jamunya memang yang menghangatkan tubuh," kata Salam, seorang pemilik sapi karapan.

Pijat dan injak, katanya, dilakukan agar otot-otot sapi tidak kaku dan aliran darahnya lancar. Setiap hari sapi-sapi itu juga dikeluarkan dari kandang dijemur. Belum lagi jamu campuran 25 butir telur dengan  parutan kunyit, jahe, temulawak, kunci, gula merah, dan minuman bersoda yang diberikan dua kali seminggu.

Namun segala kenikmatan itu harus dibayar sapi dengan siksaan selama berpacu. Sapi-sapi itu berpacu dalam kesakitan, dan pantatnya berdarah. Cairan merah itu meleleh akibat garukan paku sang joki yang ditancapkan pada gagang kayu seperti parut. Tidak hanya itu. Mata, pantat yang luka, dan sekitar lubang anus si sapi diolesi cuka, sambal, dan balsem.

Selain paku yang ditancapkan pada  tongkat sepanjang sekitar 15 sentimeter itu, bagian dalam ekor sapi diikat dengan kayu yang juga berpaku. Saat berlari, ekor yang dipasangi kayu berpaku itu naik turun, dan menusuk kulit sekitar dubur sapi.

Sapi-sapi itu terlihat meronta, mengentak-entakkan kaki dan mendengus berulang-ulang. Tidak heran jika setiap pasangan sapi karapan harus dipegang oleh banyak orang agar tidak kalap dan lari sembarangan.

Pada kondisi seperti itu, tidak jelas apakah setiap pasangan sapi karapan, berlari karena kekuatan ototnya atau karena ingin lepas dari rasa sakit. Bisa jadi, pasangan sapi akan diadu beberapa kali. Artinya, sapi-sapi tersebut akan mendapatkan perlakuan menyakitkan berulang-ulang.

Seolah tanpa beban, begitu pacuan usai, para pemilik sapi langsung menyembuhkan luka-luka itu, meski tindakan itu menimbulkan rasa sakit baru. Caranya, luka itu ditetesi spiritus, zat cair yang mengandung alkohol dan mudah menguap. Atau ditetesi air panas bercampur garam. Dengan cairan itu luka-luka diyakini bisa cepat kering dan sembuh.

Sejumlah pemilik sapi karapan di Kabupaten Pamekasan sebetulnya setuju dengan karapan tanpa kekerasan.  Salam, pemilik sapi Se Anak Manja, Saleh, pemilik Se Tossa dan P Elma, pemilik Se Abantal Ombak Asapok Angin menyatakan, mereka tidak keberatan kekerasan dihapuskan.

"Asal semua tidak menggunakan paku dan kekerasan lainnya. Kalau tidak tegas, satunya menggunakan, satunya tidak, maka itu tidak bisa, karena yang tidak pakai paku pasti dirugikan," kata P Elma, warga Murtajih, Kecamatan Pademawu.

Menurut Salam yang juga PNS di Kelurahan Baru Rambat Timur, Pamekasan, sebetulnya tidak semua sapi cocok menggunakan kekerasan. Ada juga sapi yang justru tidak mau lari jika disakiti. "Karena itu saya setuju jika ada aturan karapan sapi tidak membolehkan menggunakan paku," katanya.

Dari catatan pemangku budaya di Madura, penyiksaan itu merupakan penyimpangan dari budaya asli yang terjadi sejak terlibatnya pemilik modal. Karapan yang semula digelar secara santai untuk hiburan setelah panen berubah menjadi sesuatu yang menegangkan. Apalagi setelah melibatkan taruhan.

Ketua Yayasan Pakem Madduh, Pamekasan, Madura, H Kutwa, mengakui adanya penyimpangan dari karapan itu. Ia berharap, karapan sapi dikembalikan ke tradisi asal yang jauh dari kekerasan. "Saya juga tidak terima kalau karapan sapi itu ada unsur kekerasan pada hewan. Padahal waktu saya masih kecil, tidak ada karapan memakai paku," katanya.

Pembantu Rektor I Universitas Madura (Unira), Pamekasan itu, mengemukakan, munculnya penyiksaan pada sapi itu sekitar tahun 1980-an. Diperkirakan, penggunaan paku dan kekerasan lainnya karena semakin kerasnya kompetisi. "Maka cara-cara yang digunakan juga melebihi batas kompetisi seperti itu. Karena itu, alangkah baiknya jika tradisi karapan sapi dikembalikan ke asalnya yang hanya mengadu kekuatan otot sapi," katanya.

Agaknya, tradisi kekerasan terhadap sapi karapan itu belum akan hilang, bahkan dalam ajang Piala Presiden yang akan digelar 25-26 Oktober 2008 di Stadion Sunarto Hadiwijyo, Pamekasan.

4
Kafe Jongkok / Pilih Profesi Berdasarkan Warna Favorit
« on: 16 October 2008, 12:46:52 PM »
Penelitian terbaru menunjukkan, dengan menentukan warna primer, sekunder, dan akromatik, yang Anda sukai, Anda bisa menenemukan karir yang tepat berdasarkan cara kerja, lingkungan kerja dan bagaimana Anda menangani tugas dan tanggung jawab.

Bagaimana caranya? Pertama, pilih dulu warna primer yang paling Anda sukai (warna primer misalnya merah, kuning, atau biru). Dari sini Anda bisa memilih warna sekunder (hijau, ungu, atau oranye), dan warna akromatik (hitam,putih, atau coklat). "Warna yang Anda pilih mencerminkan bagaimana Anda menghadapi tiap tugas. Warna itu bisa menunjukkan bakat Anda, apa yang lebih diprioritaskan untuk sukses," kata Dewey Sadka, penulis buku The Dewey Color System.

Jadi, apakah Anda peneliti, pencipta, manajer, pembujuk, pelaksana, atau pembuat jadwal? Ketahui dengan menentukan warna favorit.

Bila Anda suka: kuning, ungu, dan putih: Anda adalah komunikator

Anda memiliki kelebihan di bidang komunikasi. Dengan skill ini Anda jadi pintar mengetahui keinginan klien sehingga punya strategi tepat agar mereka mau mendengarkan ide-ide Anda. Kemampuan Anda berkomunikasi juga menjadi modal Anda untuk mencari jalan keluar dari masalah-masalah. Karir yang tepat untuk si komunikator adalah di bidang marketing, public relation, atau bekerja di bidang agama.

Bila Anda suka: merah, hijau, dan hitam: Anda adalah investor

Anda punya pengetahuan yang baik dalam menilai uang dan tenaga, juga dalam hal melihat kontribusi yang diberikan tiap karyawan. Anda adalah orang yang suportif, dan punya kemampuan analitik. Karir yang tepat adalah di bidang keuangan, akunting, perbankkan, manajemen properti, manufacturing, analasis produksi, investasi, manajemen keuangan, konsultan, sales produk, atau mengajar.

Bila Anda suka: biru, oranye, dan coklat: Anda adalah aktivis

Anda punya kekuatan untuk membuat orang percaya, selain itu Anda juga bukan orang yang mudah percaya pada hal-hal tak logis. Pekerjaan yang cocok untuk Anda adalah pekerjaan yang memiliki dampak sosial serta profesi yang berkaitan dengan meningkatkan mutu sesuatu yang sudah ada. Pertimbangkan untuk berkarir di bidang engineering, pembangungan, atau membuat program, produk, atau perusahaan baru. Anda juga cocok berkarir di bidang sosial, pegawai pemerintahan, serta pelaksanaan hukum.

Ingin mencari tahu karir yang tepat untuk Anda? silakan lakukan tes warna berikut http://www.careerpath.com/career-tests/colorcareercounselor.aspx


5
Kafe Jongkok / Ciri-Ciri Anak Berbakat
« on: 07 October 2008, 12:40:45 PM »
Dalam bukunya, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Prof. Utami Munandar menuliskan indikator keberbakatan sebagai berikut:

* Ciri-ciri Intelektual/Belajar:
Mudah menangkap pelajaran, ingatan baik, perbendaharaan kata luas, penalaran tajam (berpikir logis-kritis, memahami hubungan sebab-akibat), daya konsentrasi baik (perhatian tak mudah teralihkan), menguasai banyak bahan tentang berbagai topik, senang dan sering membaca, ungkapan diri lancar dan jelas, pengamat yang cermat, senang mempelajari kamus maupun peta dan ensiklopedi.

Cepat memecahkan soal, cepat menemukan kekeliruan atau kesalahan, cepat menemukan asas dalam suatu uraian, mampu membaca pada usia lebih muda, daya abstraksi tinggi, selalu sibuk menangani berbagai hal.

* Ciri-ciri Kreativitas:
Dorongan ingin tahunya besar, sering mengajukan pertanyaan yang baik, memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah, bebas dalam menyatakan pendapat, mempunyai rasa keindahan, menonjol dalam salah satu bidang seni, mempunyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya serta tak mudah terpengaruh orang lain, rasa humor tinggi, daya imajinasi kuat, keaslian (orisinalitas) tinggi (tampak dalam ungkapan gagasan, karangan, dan sebagainya.

Dalam pemecahan masalah menggunakan cara-cara orisinal yang jarang diperlihatkan anak-anak lain), dapat bekerja sendiri, senang mencoba hal-hal baru, kemampuan mengembangkan atau memerinci suatu gagasan (kemampuan elaborasi).

* Ciri-ciri Motivasi:
Tekun menghadapi tugas (dapat bekerja terus-menerus dalam waktu lama, tak berhenti sebelum selesai), ulet menghadapi kesulitan (tak lekas putus asa), tak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi, ingin mendalami bahan/bidang pengetahuan yang diberikan, selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin (tak cepat puas dengan prestasinya), menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah "orang dewasa" (misalnya terhadap pembangunan, korupsi, keadilan, dan sebagainya).

Senang dan rajin belajar serta penuh semangat dan cepat bosan dengan tugas-tugas rutin, dapat mempertahankan pendapat-pendapatnya (jika sudah yakin akan sesuatu, tak mudah melepaskan hal yang diyakini itu), mengejar tujuan-tujuan jangka panjang (dapat menunda pemuasan kebutuhan sesaat yang ingin dicapai kemudian), senang mencari dan memecahkan soal-soal.

Apakah Anda dulu termasuk anak berbakat??

6
Kafe Jongkok / Kesepian Membawa Penyakit
« on: 06 October 2008, 01:34:50 PM »
SEBAGAI makhluk sosial, rasanya tidak ada orang yang ingin kesepian, tanpa punya sahabat tempat berbagi perasaan atau juga tidak punya keterikatan emosional dengan pasangan. Orang-orang yang kesepian cenderung menilai dirinya sebagai orang yang tidak berharga dan tidak dicintai. Akhirnya ia pun tidak nyaman berada di lingkungan mana pun.

Selain mendatangkan penyakit, kesepian yang dirasakan seseorang juga bisa membuatnya kedinginan dan mudah terserang flu. Menurut peneliti dari Universitas Toronto, Kanada, orang-orang yang merasa dirinya terasing sering merasa kedinginan di sebuah ruangan bila dibandingkan dengan orang yang bahagia.

Dr.Chen-Bo Zhong, yang memimpin studi tersebut, mengatakan, perasaan dikucilkan oleh lingkungan sosial berkaitan dengan perasaan dingin," katanya dalam laporan yang dimuat dalam jurnal Psychological Science. Tim peneliti mengungkapkan hasil riset ini akan sangat berguna untuk memperlakukan orang-orang yang sedang dalam kesedihan atau kesepian.

Tim peneliti juga menyarankan, rasa kesepian tersebut bisa dikurangi dengan menaikkan suhu ruangan atau mengonsumsi minuman yang hangat, seperti teh atau kopi. Penelitian ini mendukung studi yang dilakukan oleh tim dari Carnegie Mellon University, Pittsburgh, yang mengungkapkan orang-orang yang gembira, bahagia, dan punya pikiran positif jarang terkena flu.

7
Kesehatan / [INFO] Antibiotik dan Gangguan Otak
« on: 02 October 2008, 09:55:21 AM »
OBAT antibiotik kerap digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Namun, perempuan yang tengah mengandung sebaiknya menghindari mengonsumsi antibiotik karena akan meningkatkan risiko gangguan otak pada anak yang dilahirkan. Demikian hasil penelitian Sara Kenyon dan tim dari University of Leicester, Inggris.

Kelompok Kenyon meneliti 9.000 anak-anak berusia 7 tahun. Mereka meneliti dengan memberikan pertanyaan kesehatan dan hasil kesehatan anak-anak di sekolah.

Ibu yang mengonsumsi antibotik jenis erythromycin saat hamil memiliki anak yang mengalami gangguan fungsi otak lebih besar 18% daripada ibu yang tidak mengonsumsi obat tersebut.

Selain itu, penelitian tersebut mengukuhkan penelitian sebelumnya bahwa merokok, minum minuman beralkohol, dan masalah berat badan dapat meningkatkan potensi kelahiran prematur. Padahal, anak yang lahir prematur akan mengalami gangguan fungsi tubuh.

"Sebelumnya kami tidak berpikir antibiotik akan menimbulkan masalah tersebut. Namun, penelitian kami akan memberikan petunjuk kepada dokter untuk tidak memberikan antibiotik kepada perempuan yang tengah mengandung," ujar Sara.

8
Kesehatan / [INFO] Mencium Wangi Mawar Hindari Mimpi Buruk
« on: 02 October 2008, 09:53:32 AM »
KINI Anda dapat mengatur mimpi dalam tidur. Caranya hanya dengan mencium sesuatu.

Bila Anda menginginkan mimpi indah, ciumlah wangi bunga mawar. Sementara itu, bau telur busuk akan membuat Anda bermimpi buruk. Demikian hasil penelitian Dr Boris Stuck dari University Heidelberg, Jerman.

Stuck meneliti 15 perempuan muda sehat. Mereka terbagi dalam dua kelompok. Sebagian dari mereka diminta mencium wewangian mawar, sedangkan yang lain mencium bau telur busuk sebelum tidur.

Setelah bangun tidur, subjek penelitian diminta menceritakan kembali mimpi mereka dalam skala 0-3. Umumnya mimpi akan memberikan dampak positif sebesar 0,5. Setelah diteliti, partisipan yang mencium harum mawar memberikan skor sebesar +1,2 untuk mimpi indah, sedangkan perempuan yang mencium bau telur busuk memberikan skor -0,4 untuk mimpi mereka.

Hasilnya perempuan yang mencium mawar akan mengalami mimpi indah dalam tidur, sedangkan yang menghirup bau telur busuk akan mengalami mimpi buruk dalam tidur mereka untuk beberapa kali.

9
Kesehatan / [INFO] Ikan Hindarkan Eczema
« on: 02 October 2008, 09:45:30 AM »
PENELITIAN terbaru Dr Sandra McMahan, asisten profesor kesehatan di A&M Health Science di Texas, AS, menemukan bayi berusia di bawah sembilan bulan bila mengonsumsi ikan akan terhindar dari eczema (sejenis penyakit kulit).

Sebelumnya, pada 2000, akademi kesehatan anak-anak di Amerika meneliti 2.000 anak-anak. Mereka menganjurkan kepada orang tua untuk tidak memberikan variasi makanan kepada anaknya yang belum berusia tiga tahun, termasuk menghilangkan unsur ikan.

Namun, penelitian tersebut memutarbalikkan rekomendasi mereka bahwa anak-anak yang baru berusia empat hingga enam bulan justru diharuskan mengonsumsi berbagai jenis makanan, termasuk ikan. Kandungan protein dalam ikan akan memberikan dampak positif, termasuk menghilangkan potensi terkena penyakit eczema.

10
Kesehatan / [INFO] Teh Chamomile Cegah Diabetes
« on: 02 October 2008, 09:42:53 AM »
SUDAH lama diketahui bahwa minum teh bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan penelitian terbaru yang dilakukan Atsushi Kato dan kawan-kawan membuktikan teh jenis chamomile mampu menjauhkan Anda dari penyakit diabetes. Penelitian itu dipublikasikan di ACS Journal of Agricultural and Food Chemistry di Jepang dan Inggris.

Atsushi meneliti bunga chamomile, nama lain manzanilla, yang biasa digunakan untuk pengobatan masalah kesehatan seperti stres, demam, dan gangguan menstruasi.

Untuk mengetahui kegunaan lain, Atsushi meneliti para partisipan yang terkena penyakit diabetes selama 21 hari. Mereka meminum teh dari bunga chamomile. Hasil penelitian menunjukkan penurunan kadar gula dalam peredaran tubuh partisipan sangat signifikan.

Menurut Atsushi, meminum teh chamomile bersamaan dengan waktu menyantap makanan dapat mencegah komplikasi diabetes seperti kehilangan jarak pandang, kerusakan saraf, dan kerusakan ginjal.

"Kandungan bunga chamomile dapat menetralkan kadar gula dalam tubuh sehingga terhindar dari penyakit diabetes," ujar Atsushi.
 _/\_


11
Kesehatan / [INFO] 8 Tanda Kehamilan
« on: 29 September 2008, 06:43:00 PM »
Buat para wanita.....

Hamil enggak ya? Pertanyaan ini seharusnya lebih mudah dijawab bila kita punya siklus menstruasi yang teratur. Cara paling mudah untuk mengetahui bahwa janin telah hadir di rahim memang dengan menggunakan tes kehamilan, tapi sebenarnya ada beberapa tanda yang bisa dijadikan pedoman.

1. Kelelahan
Mudah lelah dan tak bersemangat merupakan salah satu tanda kehamilan. Peningkatan kadar hormon progesteron yang terjadi di awal kehamilan diduga menyebabkan rasa kantuk. Biasanya gejala kelelahan ini akan berakhir setelah usia kehamilan memasuki trimester dua.

2. Payudara bengkak
Tanda awal kehamilan adalah payudara yang bengkak dan sensitif yang disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon, biasanya terjadi seminggu setelah haid terlambat. Rasa tidak nyaman akibat pembengkakan ini mirip dengan gejala yang biasa kita rasakan menjelang menstruasi.

3. Mual dan muntah
Gejala mual dan muntah yang umum dialami ibu hamil biasa disebut sebagai morning sickness. Gejala ini bisa muncul kapan saja, tidak hanya di pagi hari. Pada umumnya ibu hamil baru mengalaminya sebulan setelah terjadinya pembuahan, tetapi ada juga yang merasakannya lebih cepat.

4. Pendarahan sedikit
Sekitar 11-12 hari setelah pembuahan, ada kalanya muncul bercak kemerahan di vagina. Pendarahan ini terjadi karena benih tertanam di lapisan rahim. Umumnya bercak berwarna merah atau agak merah jambu yang terlihat selama 1-2 hari. Pendarahan serupa juga bisa menjadi gejala adanya penyakit di saluran reproduksi.

5. Penciuman lebih sensitif
Pada trimester pertama, banyak ibu hamil yang merasa penciumannya lebih sensitif terhadap aroma tertentu. Ada yang mual mencium bau masakan tertentu atau wangi parfum. Belum diketahui alasan ilmiah gejala ini, tapi mungkin terjadi karena meningkatnya kadar estrogen secara drastis dalam sistem tubuh.

6. Sering berkemih
Di bulan-bulan pertama kehamilan, ibu hamil akan lebih rajin bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil. Mengapa? Ini terjadi karena meningkatnya sirkulasi darah dan cairan dalam tubuh, juga tekanan pada saluran kemih akibat membesarnya uterus.

7. Suhu tubuh naik
Bila pada awal kehamilan Anda mengukur suhu tubuh, Anda akan menyadari suhu tubuh Anda meningkat jadi lebih hangat.

8. Tidak haid
Bila siklus menstruasi Anda sebelumnya selalu teratur tapi bulan ini terlambat, mungkin Anda perlu segera mencari tes kehamilan untuk memastikan adanya kehamilan.

12
Kesehatan / [INFO] Misteri di Balik Tindihan
« on: 21 September 2008, 04:22:29 PM »
Pernah terbangun dari tidur, tapi sulit bergerak ataupun berteriak? Tenang, Anda bukan sedang diganggu mahkluk halus. Ini penjelasan ilmiahnya!

KEJADIAN ini sering saya alami sejak zaman SMA, bahkan hingga sekarang (meski frekuensinya sudah sangat berkurang). Saat hendak bangun dari tidur atau baru saja terlelap, saya merasa seperti ditindih sesuatu. Ini membuat saya sulit bangun ataupun berteriak minta tolong.

Lalu, ada sedikit rasa dingin menjalar dari ujung kaki ke seluruh tubuh. Untuk bisa bangun, satu-satunya cara adalah menggerakkan ujung kaki, ujung tangan atau kepala sekencang-kencangnya hingga seluruh tubuh bisa digerakkan kembali.

Setelah itu, biasanya saya tidak berani tidur. Takut kesadaran saya hilang atau kejadian itu berulang lagi. Apalagi saat kejadian, saya seperti melihat sebuah bayangan di kegelapan.
Pernah saya saya bercerita tentang hal ini pada ibu saya. Beliau mengatakan saya mengalami tindihan. Dan menurut kepercayaan orang tua, yang menindih adalah makhluk halus. Ih, seram ya! Namun, logika saya berusaha mencari penjelasan ilmiah. Inilah hasilnya

Sleep Paralysis
Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Kurang Tidur
Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.

Jangan Anggap Remeh
Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya. Lalu, atasi dengan menghindari pemicu. Bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat.

Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam.

Perlu diketahui juga, seep paralysis umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini.

Nah, jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan menanyakan kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Catatan yang telah Anda buat tadi akan sangat membantu ketika memeriksakan diri ke dokter.

Mitos Sleep Paralysis Di Berbagai Negara
- Di budaya Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back hantu atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.
- Di budaya China, disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.
- Di budaya Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.
- Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand, disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.
- Di budaya Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.
- Di budaya Tuki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.
- Di budaya Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.
- Di budaya Vietnam, disebut ma de yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini terjadi karena makhluk halus merasuki tubuh seseorang.
- Di budaya Hungaria, disebut lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kata boszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur.
- Di budaya Malta, gangguan tidur ini dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut. Dan untuk terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus menaruh benda dari perak atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.
- Di budaya New Guinea, fenomena ini disebut Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis.

13
Kafe Jongkok / Daging Busuk Di Supermarket
« on: 19 September 2008, 10:16:34 AM »
Di Atas Terlihat Segar, Bawahnya Membusuk



Jakarta - David Haryanto sangat terkejut ketika daging yang dibelinya terlihat busuk di bagian bawahnya. Daging jenis Topsid Family Pack seharga Rp 60.770 itu dibeli di salah satu supermarket yang berlokasi di Puri Indah, Jakarta Barat.

"Saya memang sengaja membeli daging di supermarket karena jauh lebih terjamin kesegarannya dibanding beli di pasar tradisional. Tapi saya kaget ternyata daging yang saya beli di supermaket sudah ada yang busuk," jelas David saat dihubungi detikcom.

Pengalaman pahit yang dialami David terjadi, 12 September lalu. Waktu itu ia melihat daging yang sudah dikemas  menggunakan sterofoam dan diplastik terlihat segar. Tapi, begitu sampai di rumah dan daging akan dipotong-potong, ternyata dia melihat bagian bawah daging sudah berwarna abu-abu kehitaman alias sudah busuk. Akhirnya David terpaksa membuang daging tersebut.

Pengalaman ini membuatnya sangat khawatir untuk membeli daging. Sebab di pasar tradisional ramai diberitakan banyak beredar daging sampah atau adur ulang. Sedangkan bila membeli di supermarket ternyata banyak daging yang sudah membusuk.

"Saya sering datang ke supermarket langganan saya dan melihat dagingnya sudah terlihat membusuk. Tapi saya baru sekali membelinya. Sebab malam itu saya melihat dagingnya terlihat segar," ujar David.

Masalah yang sama juga dialami Lucky, warga Perumahan Taman Palem, Jakarta Barat. Dalam surat pembaca yang dikirim ke detikcom mengaku, ia sempat membeli daging di pasar modern yang ternyata bagian bawahnya sudah busuk.

Masalah yang dialami Lucky terjadi 13 September lalu, saat ia membeli daging  di supermarket yang ada di wilayah Daan Mogot, Jakarta Barat. "Saat membuka daging di rumah ternyata bagian bawah daging membusuk," jelas Lucky dalam suratnya.

Beredarnya daging yang sudah membusuk di sejumlah pasar modern menambah kekhawatiran masyarakat untuk membeli daging. Sebab sebelumnya ramai diberitakan banyak daging busuk dan daging sampah yang beredar di pasar-pasar tradisional.

Sejauh ini Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkot Jakarta Barat telah menyita sebanyak 6 kilogram daging sapi busuk dan daging tetelan dari pusat perbelanjaan Makro Meruya, Kembangan, Jakarta Barat. Dari hasil tes laboratorium kesehatan Veterinar daging tersebut busuk karena penyimpanannya kurang baik.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian DKI Jakarta Nurachman saat dihubungi detikcom, mengatakan,  daging busuk sangat banyak beredar  menjelang lebaran. Sebab volume barang meningkat sementara tempat penyimpanan dan pendingin tidak memadai. Sehingga banyak daging yang membusuk. "Tapi saat ini kasus-kasus daging busuk masih ditangani Dinas Peternakan dan Perikanan," ujar Nurachman.

Sebelumnya, pada pekan lalu, Dinas Perindag DKI telah melakukan inspeksi mendadak di dua pusat perbelanjaan terbesar di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tim sidak terdiri dari gabungan petugas Dinas Perindag, Dinas Ketentraman, Ketertiban dan Perindungan Masyarakat, Dinas Perikanan dan Peternakan DKI, serta kepolisian.

Dari hasil inspeksi ditemukan  puluhan produk makanan dan minuman kadaluarsa antara lain kroket Daging Sapi, Coco Pops, CP Fried chicken Wingotik, Hunt Tomatoes, Whipping Cream, dan bakso kemasan.

Nurahman pun mengaku kecewa karena imbauan yang dikeluarkan sebelum memasuki bulan puasa, agar tidak menjual makanan dan minuman yang kadaluarsa dan busuk, tidak digubris pedagang, pengelola pasar tradisional dan modern.

Menurutnya, pedagang dan pengelola pasar yang terbukti menjual makanan busuk dan produk kadaluarsa akan dikenai sanksi sesuai Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan. Ancaman hukuman lima tahun kurangan dan denda Rp 2 miliar.

Humas Carrefour Irwan Karman mengatakan, dari 40 ribuan jenis produk yang dijual, lebih dari separuhnya adalah produk pangan. 10 ribu produk pangan di antaranya diawasi oleh individu-individu (karyawan). "Kita sudah membuat sistemnya. Setiap dua bulan sekali atau seminggu sekali barang kita cek," jelasnya.

Meski sudah dilakukan pengecekan, bukan berarti semua bisa berjalan baik. Misalnya dari hasil yang dilakukan Diperindag DKI Jakarta dan Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta. Dalam operasi tersebut ditemukan barang-barang yang sudah membusuk dan kadaluwarsa.

"Itu disebabkan human eror. Bukan sistemnya. Sebab dari operasi yang dilakukan di toko-toko kami, hanya di Kelapa Gading yang diketahui ada barang-barang kadaluwarsa. Di toko yang lain, seperti di Duta Merlin tidak ditemukan," ujarnya.

Be Careful Guys....

14
Kafe Jongkok / I feel very GRATEFUL for what I have today...
« on: 17 September 2008, 10:34:21 AM »
Fotografernya : Kevin Charter bunuh diri akibat depresi 3 bulan setelah mengambil foto - foto dibawah ini.







Satu lagi "bukti" yang memperkuat alasan, Kenapa kita sepatutnya mensyukuri makanan dan minuman yang masih dengan mudah kita dapatkan...
Sementara itu , ironisnya, bukankah dengan mudahnya kita masih saja sering menyia-nyiakan (membuang) makanan/minuman yang kita anggap lebih?

I feel very GRATEFUL for what I have today...
We are so lucky! contemplate on this...
He who labors diligently need never despair; for all things are accomplished by diligence and labor.



"I felt very fortunate to live in this part of the world. I promise I will never waste my food no matter how bad it can taste and how full I may be. I promise not to waste water. I pray that this little boy be alleviated from his suffering.



I pray that we will be more sensitive towards the suffering in the world around us and not be blinded by our own selfish nature and interests. I hope this picture will always serve as a reminder to us about how fortunate we are and that we must never ever take things for granted.



Think & look at this...when you complain about your food and the food we waste daily..." MAY ALL BEINGS BE FREE FROM SUFFERING!!!!




SABBE SATTA BHAVANTU SUKKHI TATA _/\_

15
Kafe Jongkok / An Incredible Love Story - bandwith warning, gambar besar
« on: 17 September 2008, 10:05:01 AM »
An incredible  love story has come out of China recently and managed to touch the world.
It  is a story of a man and an older woman who ran off to live and love each other  in peace for over half a century.



The 70-year-old Chinese man who hand-carved over 6,000 stairs up a mountain for his 80-year-old wife has passed away in the cave which has been the couple's home for the last 50 years.

Over 50  years ago, Liu Guojiang a 19 year-old boy, fell in love with a 29 year-old widowed  mother named Xu Chaoqin..



In a twist worthy of Shakespeare's Romeo and Juliet, friends and relatives criticized the relationship because of the age difference and the fact that Xu already had children.



At that time, it was unacceptable and immoral for a young man  to love an older woman.. To avoid the market gossip and the scorn of their communities, the couple decided to  elope and lived in a cave in Jiangjin County in Southern ChongQing Municipality.



In the beginning, life was harsh as hey had nothing, no electricity or even food.  They had to eat grass and roots they found in the mountain, and Liu made a  kerosene lamp that they used to light up their lives. 

Xu felt that she had tied Liu down and repeatedly asked him, 'Are you regretful? Liu always replied, 'As long as we are industrious, life will improve.'

In the second year  of living in the mountain, Liu began and continued for over 50 years, to  hand-carve the steps so that his wife could get down the mountain  easily.


Half a century later in 2001, a group of adventurers were  exploring the forest and were surprised to find the elderly couple and the  over 6,000 hand-carved steps.  Liu MingSheng,  one of their seven children said, 'My parents loved each other so much, they  have lived in seclusion for over 50 years and never been apart a single day.  He hand carved more than 6,000 steps over the years for my mother's  convenience, although she doesn't go down the mountain that  much.'



The couple had  lived in peace for over 50 years until last week. Liu, now 72 years, returned  from his daily farm work and collapsed. Xu sat and prayed with her husband as  he passed away in her arms. So in love with Xu, was Liu, that no one was able  to release the grip he had on his wife's hand even after he had passed away.



'You promised me you'll take care of me, you'll always be with me until the day I died, now you left before me, how am I going to live without you?'

Xu spent days softly repeating this sentence and touching her husband's black coffin with tears rolling down her cheeks.

 

In 2006, their story became one of the top 10 love stories from China , collected by the Chinese Women Weekly. The local government has decided to  preserve the love ladder and the place they lived as a museum, so this love  story can live forever.




Pages: [1] 2 3