Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - adi lim

Pages: [1] 2
1
Mohon distributor yang melakukan distribusi Khuddhaka Nikaya THERAGATHA, mengikuti laporan ini dengan format :

1. Nama / vihara penerima - Nama daerah
2. [Jumlah] set buku
3. Tanggal pengiriman [tgl] [bulan] [tahun]
 
_/\_

2
Mohon distributor yang melakukan distribusi Anguttara Nikaya, mengikuti laporan ini dengan format :

1. Nama / vihara penerima - Nama daerah
2. [Jumlah] set buku
3. Tanggal pengiriman [tgl] [bulan] [tahun]

Contoh,

Rudy - Jakarta
3 set Kitab AN
12 Agustus 2015



 _/\_

3
Turut bersamvegacitta atas Kemangkatan Somdhet Phra Nyanasamvara, Somdhet Sangharaja Thailand
Tanggal : Kamis, 24 Oktober 2013 pukul  19.29 WIB
terhitung dalam usia 100 tahun 21 hari

4
Lingkungan / Biksu Thailand ditegur karena hidup mewah
« on: 18 June 2013, 05:55:48 AM »
BBCIndonesia.com - detikNews

Biksu Buddha di Thailand diminta mematuhi ajaran Buddha untuk tetap sederhana.

Badan nasional Buddha Thailand mengatakan mereka mengawasi aktivitas para biksu menyusul laporan tentang kehidupan mewah mereka.

Pengawasan ini dilakukan setelah muncul satu video yang menunjukkan para biksu melakukan perjalanan dengan jet pribadi.

Baru-baru ini, video di YouTube menampilkan seorang biksu yang mengenakan kaca mata hitam mahal, tas mewah serta headphone nirkabel.

Badan nasional Buddha mengatakan para biksu yang bergaya hidup mewah itu telah diperingatkan bahwa tindakan mereka bertentangan dengan ajaran Buddha yang tidak mementingkan materialisme.

Direktur jenderal badan itu, Nopparat Benjawatananun mengatakan mereka telah melihat video tersebut.

Minuman beralkohol dan berhubungan seks
Thailand - negara dengan populasi beragama Buddha terbesar di dunia- menerapkan doktrin Buddha yang telah berusia 2.600 tahun melalui berbagai cara, termasuk melarang penjualan alkohol selama hari libur keagamaan.

Namun sejumlah upaya itu justru dilanggar oleh para biksu sendiri.

Tahun lalu, sekitar 300 dari 61.416 biksu Buddha di Thailand ditegur - sebagian di antaranya dicabut statusnya- karena berperilaku tidak layak, termasuk menenggak minuman beralkohol, berhubungan seks dengan perempuan sampai pemerasan.

Badan nasional Buddha juga menerima pengaduan terkait biksu yang mengendarai mobil dan tuduhan penggunaan ilmu hitam.

Nopparat mengatakan para biksu Buddha yang terekam di video bertindak "secara tidak layak dan tidak mematuhi ajaran Buddha untuk tetap sederhana dan menahan diri."

(bbc/bbc)

5
Segera, BlackBerry Messenger Bisa di Android dan iOS

CEO BlackBerry menyatakan, BBM di Android tersedia musim panas ini

VIVAnews - CEO BlacBerry Thorsten Heins mengumumkan, BlackBerry Messenger (BBM) sebentar lagi tersedia di perangkat Android dan iOS. Messaging app ini akan diluncurkan secara global musim panas ini.

"Ini bentuk kepercayaan diri," kata Heins dalam acara BlackBerry Live di Orlando, Amerika Serikat, Selasa 14 Mei 2013. "Platform BB10 sangat kuat dan respons terhadapnya baik sehingga ini waktunya bagi BBM untuk menjadi platform mobil messaging mandiri."

App ini akan digratiskan di Android dan iOS. Seperti messaging app lainnya, BBM akan menjadi aplikasi berdiri sendiri. Menurut TechCrunch, BBM akan tersedia di iOS 6 atau Android yang menggunakan OS Ice Cream Sandwich.

Awalnya, hanya fitur pesan dan grup yang akan tersedia. Namun Heins menjanjikan, selebihnya segera menyusul seperti fitur screen sharing, BBM Voice dan fitur yang baru diluncurkan, BBM Channels.

"Kami sedang mengembangkan platform BBM yang lebih perkasa daripada sebelumnya," kata Heins.

Meski terkesan terlambat, di tengah berkembang luasnya Whatsapp, LINE, KakaoTalk dan WeChat, langkah BlackBerry ini merupakan sebuah lompatan besar. Menurut TechCrunch, "BlackBerry sudah bangun".


sumber Vivanews
Rabu, 15 Mei 2013, 00:08 Arfi Bambani Amri

6
Lingkungan / Patung Buddha Tertinggi di Indonesia Dibangun di Bali
« on: 01 February 2013, 11:27:45 AM »
Patung Buddha tertinggi ini dibangun di dalam area vihara

VIVAnews - Patung Buddha tertinggi di Indonesia dibangun di Gilimanuk, Jembrana, Bali. Patung Buddha ini akan menjadi ikon baru Pulau Bali dan diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Bali.

Patung Buddha ini dibangun di dalam area Vihara Empu Astapaka, Gilimanuk, Jembrana. Dibangun selama satu tahun, biaya yang akan dihabiskan ditaksir mencapai biaya Rp1 miliar lebih. Rencananya, patung ini akan diresmikan pada 6 Juni 2013 mendatang.

"Tingginya 25 meter. Ini akan menjadi patung Budha tertinggi di Indonesia karena selama ini belum pernah dibuat patung Budha setinggi ini," kata Ketua Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Magabudhi) Bali, Sudiarta Indrajaya, di Denpasar, Jumat 1 Februari 2013.

Desain patung Buddha yang dibangun di Vihara Empu Astapaka Gilimanuk ini juga berciri khas Indonesia. "Patung Buddha ini akan menjadi ikon baru, yakni Bali sebagai Pulau Dharma. Jadi wisatawan yang baru masuk Bali lewat Gilimanuk akan melihatnya," ujar Sudiarta.

Patung ini nantinya diharapkan akan menjadi daya tarik baru di kawasan Gilimanuk, Jembrana. "Patung Buddha ini bukan semata untuk keperluan ibadah saja. Nantinya bisa juga menjadi tempat singgah bagi warga maupun wisatawan yang kebetulan melintas di Gilimanuk," katanya.

Jum'at, 1 Februari 2013, 10:56
Arfi Bambani Amri, Bobby Andalan (Bali)
Sumber Vivanews


 _/\_

7
Lingkungan / Ateis Terbanyak Ketiga di Dunia Setelah kr****n dan Islam
« on: 19 December 2012, 03:46:45 PM »
Orang yang tidak menganut agama mencapai 1,1 miliar di seluruh dunia.

VIVAnews - Jumlah orang yang tidak menganut agama apapun atau ateis tercatat sebagai terbanyak yang ketiga di seluruh dunia, setelah kr****n dan Islam. Ateis terbanyak dilaporkan terdapat di negara China yang menganut paham komunis.

Laporan ini berdasarkan hasil survei lembaga Pew yang dilansir Reuters, Selasa 18 Desember 2012. Dalam laporan bertajuk "The Global Religious Landscape” yang ditulis oleh Pew Forum on Religion and Public Life, ateis, orang-orang yang tidak beragama, atau penganut aliran kepercayaan berjumlah sekitar 1,1 miliar di seluruh dunia.

Sebanyak 62 persen atau sekitar 700 juta penduduk ateis tinggal di China. Jumlah ini melingkupi 52,2 persen dari populasi keseluruhan China. Penduduk ateis kedua terbesar adalah Jepang dengan 72 juta orang atau sekitar 57 persen dari populasi negara itu. Ketiga adalah Amerika Serikat dengan 51 juta orang, sekitar 16,4 persen dari populasi keseluruhan AS.

Sebanyak 405 juta atau sekitar 6 persen dari populasi dunia menganut aliran kepercayaan, di antaranya adalah suku-suku Afrika, Amerika Serikat dengan penduduk Indiannya dan Australia dengan suku Aboriginnya.

Sekitar 58 juta orang yang masuk dalam kategori "tanpa agama" ini adalah penganut kepercayaan dan agama yang bukan mainstream. Di antaranya adalah Baha'i, Jainisme, Shinto, Sikh, Tenrikyo, Wicca dan Zoroaster. Kebanyakan tinggal di wilayah Asia-Pasifik.

Islam Paling Berkembang

Sementara itu, jumlah penganut kr****n adalah yang terbesar di dunia sebanyak 2,2 miliar orang, atau sekitar 31,5 persen populasi dunia. Sebanyak 50 persen dari jumlah ini adalah penganut ka****k Roma, sisanya Protestan, Anglikan dan aliran-aliran non-denominasi lainnya.

Penganut Islam adalah kedua terbesar dengan jumlah 1,6 miliar orang di seluruh dunia, atau sekitar 23 persen dari populasi global. Sebanyak 90 persennya adalah Sunni, sisanya Syiah.

Menurut riset Pew, Islam akan menjadi agama paling berkembang di dunia di masa depan. "Muslim akan berkembang seiring tersebarnya populasi dunia dan penganutnya kebanyakan berada di usia muda," kata peneliti di Pew, Conrad Hackett.

Agama keempat terbesar adalah Hindu dan Buddha. Penganut Hindu terbanyak terdapat di India, Nepal dan Bangladesh. Sementara Buddha terbanyak terdapat di China, Thailand dan Jepang.

Pew juga memprediksi, agama dengan perkembangan paling lambat di masa depan adalah Yahudi. Pemeluk Yahudi hanya 14 juta orang, atau 0,2 persen dari populasi dunia. Pemeluk terbanyak adalah di Israel, dengan 40,5 persen dari porsi Yahudi di seluruh dunia.

Hackett mengatakan bahwa penelitian ini didasarkan pada data tahun 2010, yang meliputi 2.500 konsensus, survei, dan jumlah populasi terdaftar. (umi)

Sumber Vivanews

8
Lingkungan / Gagal Jadi Bhikkhu karena Berkelamin Ganda (Hemaprodit)
« on: 30 November 2012, 11:46:10 AM »
TEMPO.CO, Bangkok - Seorang pria, Krittapak Duangchai, 30 tahun, ditolak menjadi biksu gara-gara berkelamin ganda (hemaprodit). Pemimpin kuil di Provinsi Lambang menolak keinginan Krittapak, karena pada akta kelahirannya dia tercatat sebagai perempuan. Padahal, dia ingin menjadi biksu sejak usia 17 tahun.

"Aku patah hati. Itu adalah saat yang sulit bagiku karena aku tidak meminta lahir dalam kondisi ini," ujarnya.

Krittapak dilahirkan dengan status perempuan. Namun, dia dibesarkan orang tuanya sebagai laki-laki. Tak ada yang mengetahui kondisi fisik Krittapak selama ini, selain ayahnya yang seorang polisi dan ibunya yang berprofesi sebagai wiraswasta.

Sejak kecil, dia bingung dengan orientasi seksualnya. Sebab, Duangchai punya vagina dan mengalami menstruasi. Namun, dia juga mengalami perbesaran p*n*s. Orang tua Krittapak terlalu miskin untuk membiayai operasi. "Saya sangat sedih karena tak bisa membiayai operasi untuk menghilangkan vaginanya," tutur Ibu Krittapak kepada koran lokal.

Krittapak menuturkan, kini hormon lelakinya jauh lebih banyak ketimbang hormon perempuan. Namun, dua organ reproduksi itu tak berfungsi seratus persen. Dia menerima takdir tak akan pernah memiliki keturunan. "Aku menerima kenyataan ini," ujar dia.

Sejak Krittapak mengungkapkan identitasnya dan berniat menjadi 100 persen laki-laki pada 4 Oktober lalu, dia mendadak populer. "Aku bisa mengumpulkan donasi hingga 300 ribu baht (Rp 93 juta)," katanya. Uang itu cukup untuk memperbesar p*n*s dan operasi rekonstruksi lainnya.

Kini Krittapak bekerja sebagai relawan biara di Chiangmai. Dia mengajar bahasa Inggris, matematika, dan ilmu alam. Dia juga memiliki kekasih perempuan yang bekerja sebagai perawat. "Dia pekerja keras dan sangat pemalu," kata Krittapak tentang kekasihnya.

MALAYSIACHRONICLE | DIANING SARI

Yahoo.com

9
Lingkungan / Gigi Sang Buddha Disimpan di Vihara Ini
« on: 09 September 2012, 06:40:05 AM »
Kandy - Di Kandy, Sri Lanka, ada vihara Buddha paling suci. Di sana, tersimpan relik suci berupa gigi asli dari Siddhartha Gautama. Penasaran dengan gigi Sang Buddha?

Kandy adalah bekas ibukota Sri Lanka, sebelum dijajah Inggris. Kota yang berjarak 116 km dari Colombo ini menjadi kota suci untuk umat Buddha di Sri Lanka, karena menjadi tempat persemayaman relik suci gigi Sang Buddha.

Sri Dalada Maligawa atau Vihara Gigi adalah tempat yang paling banyak dikunjungi traveler di Kandy, Sri Lanka. detikTravel berkunjung ke kota yang sejuk ini beberapa waktu lalu.

Sri Dalada Maligawa ini terletak di tepi Danau Kandy yang luas dan cantik. Di pelatarannya banyak terdapat stupa, namun yang paling menarik adalah Pohon Bodhi, pohon suci umat Buddha sebagai tempat Buddha bertapa.

Wisatawan asing membayar 1.000 Rupee dan tambahan 300 Rupee untuk kamera (total Rp 91.000). Karena ini tempat suci, banyak tata krama yang harus ditaati, seperti melepas alas kaki sebelum masuk ke kompleks istana Kandy ini.

Sri Dalada Maligawa adalah sebuah bangunan besar dua lantai dengan taman di bagian tengah. Di tengah taman itu ada sebuah rumah kayu dua lantai yang diukir indah. Itulah tempat persemayaman gigi Sang Buddha. Langit-langitnya dipenuhi ornamen-ornamen teratai yang terbuat dari emas!

Pengunjung tidak bisa melihat langsung gigi Sang Buddha, melainkan hanya dari luar rumah kayu ini. Sayang memang, tapi begitulah aturannya. Gigi Sang Buddha hanya dikeluarkan sekali dalam 5 tahun dalam festival tahunan Esala Perahera.

Aturan berfoto di sini pun sangat keras! Pengunjung tidak boleh berfoto dengan posisi memunggungi rumah tempat gigi Buddha berada, karena dianggap menghina. Jika ingin ada wajah Anda bersama rumah persemayaman gigi Buddha, Anda harus berdiri menyamping atau berdiri sejajar di samping rumah kayu ini.

Orang-orang naik ke lantai dua Sri Dalada Maligawa untuk berdoa kepada Buddha di sini sambil menyerahkan bunga teratai kepada penjaga. Di lantai ini, Anda harus sangat tenang dan tidak mengganggu aktivitas peribadatan.

Setelah melihat rumah persemayaman gigi Buddha, kita diajak melihat aula dengan patung Buddha emas. Di situ ada relief perjalanan sejarah hidup Buddha, sampai bagaimana akhirnya gigi Buddha bisa berada di tempat ini.

Sri Dalada Maligawa menawarkan pesona lain. Cobalah bercengkerama dengan masyarakat lokal yang berkunjung ke Sri Dalada Maligawa. Anda akan terpesona dengan keramahan mereka terutama anak-anak sekolah.

bisa melihat foto :
http://travel.detik.com/read/2012/09/08/082451/2011912/1383/1/gigi-sang-buddha-disimpan-di-vihara-ini991104topnews

Oleh: Fitraya Ramadhanny - detikTravel
Sabtu, 08/09/2012 08:24 WIB

10
Lingkungan / Jangan Coba-coba Terima Telepon Saat Isi Bensin!
« on: 07 August 2012, 08:26:46 PM »
Jakarta - Saat ini setiap orang dengan mudahnya menerima panggilan telepon di mana saja. Tapi jangan coba-coba untuk menerima panggilan telepon ketika Anda sedang mengisi bensin!

Mantan pembalap yang juga pemerhati dunia otomotif Alex Asmasoebrata memaparkan kalau menerima telepon saat berada di dekat bahan bakar adalah hal yang berbahaya. Terlebih ketika sedang mengisi bensin karena uap bensin banyak di udara dan sedikit percikan saja dapat menimbulkan api.

"Teman saya seorang pebalap mati terbakar gara-gara HP. Dia meninggal. Itu dapat membuktikan bagaimana sensitifnya, uapnya saja bisa menyala," ujarnya di Jakarta.

Saat itu sang teman menurut Alex sedang memegang corong untuk isi bensin ke mobil di rumah.

"Dan begitu ada untuk telepon, pertama dia diamkan, lalu akhirnya dia angkat. Begitu dia terima dan bilang 'iya', buzz, langsung dan dia terbakar," cerita Alex.

"Karena itu, kalau ada telepon pas di pom bensin jangan diangkat. Kalau mau hangus ya silahkan. Jangan pikir, 'ah kalau sekali saja tidak apa-apa. Sekali dua kali tidak apa-apa', tapi kalau lagi apes ya Anda akan hangus," lugas Alex.

Itulah sebabnya, Alex mencerikakan betapa rentannya sebuah mobil yang memiliki konstruksi kompartemen mesin dimana mesin, injector dan aki saling berdekatan. Karena, sekali saja ada kebocoran dan terpercik, maka mesin akan terbakar.

Sumber, detik.com
Selasa, 07/08/2012 20:02 WIB
Syubhan Akib - detikOto

11
Lingkungan / Sah! Borobudur Jadi Candi Buddha Terbesar di Dunia
« on: 04 July 2012, 04:19:09 PM »
Jakarta - "The Single Largest Buddhist Temple in the World", julukan itu kini disandang Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Guinness World Records resmi mencatat Borobudur sebagai candi Buddha terbesar di dunia.

Indonesia patut berbangga, salah satu candi peninggalan sejarah, yaitu Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, resmi menjadi candi Buddha terbesar di dunia. Klaim ini resmi dikeluarkan oleh Guinness World Records 27 Juni kemarin, di London, Inggris.

"Borobudur resmi tercatat menjadi candi Buddha terbesar di dunia," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko, Purnomo Siswoprasetyo kepada detikTravel di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, lt. 17, Jl Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (4/7/2012).

Gelar "The Largest Buddhist Temple in the World" pun resmi disandang Borobudur. Pengakuan ini telah dicatat Guinness World Records dengan nomer klaim 396-198.

"Kita tiga bulan mengajukan Borobudur sebagai candi Buddha terbesar di dunia, dan akhirnya diakui Guinness," tambah Purnomo.

Memang tidak perlu diragukan lagi, dengan struktur batuan candi sebesar 60.000 m3, pantas menyandang gelar candi Buddha terbesar di dunia.

"Nantinya, pada setiap event akan kami munculkan Guinness World Records ini, supaya banyak orang tahu, dan semakin banyak ke Borobudur," lanjut Purnomo.

Sebagai catatan, tahun 2011 lalu Candi Borobudur sukses menarik wisatawan sebesar 250.000 orang. Untuk setengah tahun 2012 ini, jumlah turis yang datang sudah meningkat sekitar 16 persen. Semoga dengan pengakuan ini, semakin banyak wisatawan yang datang ke Borobudur

Sumber detik.com
Oleh: Putri Rizqi Hernasari
Rabu, 04/07/2012 13:42 WIB

12
Lingkungan / Biksu di Thailand Koma Disengat Lebah
« on: 24 June 2012, 05:31:08 PM »
VIVAnews - Lebih dari 70 biksu muda di Chiang Mai, Thailand, harus mendapat perawatan di tiga rumah sakit setelah diserang kawanan lebah. Beberapa di antaranya dalam kondisi yang cukup parah sehingga belum diizinkan kembali ke biara.

Harian Bangkok Post melaporkan, sebanyak 76 biksu sedang menyapu halaman biara Chedi Luang Worawiharn, ketika beberapa kawanan lebah tiba-tiba menyengat, kemarin siang. Sebanyak 35 biksu dilarikan ke rumah sakit Maharaj Nakorn Chiangmai, dan lainnya dirawat di rumah sakit Chang Phuek dan rumah sakit Rhuampath Chiangmai.

"Dari 35 biksu yang dirawat di sini, 19 di antaranya berada dalam keadaan yang cukup kritis. Enam orang bahkan sampai koma karena tekanan darahnya sangat rendah," kata kepala RS Maharaj Nakorn Chiangmai, Naren Chotirosnimitr.

Biksu yang mengalami luka serius harus tinggal lebih lama untuk mendapat perawatan intensif. Sementara mereka yang keadaannya tidak terlalu parah, mengalami ruam kulit dan mual-mual, telah diizinkan kembali ke biara

Kepala biara, Phra Ratcha Jetiyajarn, mengatakan tidak mengerti mengapa kawanan lebah yang sarangnya terdapat di sekitar biara tiba-tiba menyerbu para biksu. Ini baru pertama kali terjadi.

"Kami tidak akan menyingkirkan sarang-sarang lebah itu setelah insiden ini. Kami hanya akan mengimbau orang-orang, terutama wisatawan dan orang luar biara untuk menghindarinya saja," kata Jetiyajarn.(adi)

Sumber Vivanews
24 Juni 2012

13
Lingkungan / Biksu Korea direkam sedang berjudi dan merokok
« on: 12 May 2012, 05:20:32 AM »
Dengan kamera tersembunyi, para biksu terlihat berjudi dan menghisap rokok.

Kepala Ordo Buddha terbesar di Korea Selatan menyampaikan permintaan maaf di depan umum setelah muncul rekaman video yang menunjukkan para biksu berjudi, minum alkohol, dan merokok.

"Para biksu itu melakukan tindakan yang bodoh dan saya mengakui dosa atas perlakuan mereka," kata Kepala Ordo Jogye, Jongjeong Jinjae, kepada stasiun televisi Yonhap.

Jongjeong Jinjae menyampaikan permintaan maaf pada Jumat 11 Mei setelah beredar rekaman video yang menggemparkan itu.

Mereka tampak berjudi menggunakan permainan poker sambil minum-minum dan merokok di sebuah hotel mewah pada April lalu.

Rekaman yang dilakukan secara diam-diam itu disebarkan oleh seorang biksu dan kasus ini memunculkan spekulasi mengenai persaingan di dalam tubuh organisasi tersebut.

Mengundurkan diri
Media Korea Selatan mengatakan rekaman diperkirakan diambil oleh seorang biksu dari ordo yang sama, yang disebut-sebut sebagai penentang kepengurusan sekarang.

Ordo Jogye dilaporkan mempunyai 10 juta pengikut Buddha di Korea Selatan.

Seorang biksu senior mengatakan dia melaporkan insiden tersebut kepada pihak berwenang, lapor kantor berita Reuters.

Jumlah uang yang berputar dalam judi itu dilaporkan mencapai 1 miliar won atau sekitar Rp8 miliar.

Sementara itu enam pemimpin Ordo Jogye menawarkan diri untuk mengundurkan diri dari posisi mereka.

BBCIndonesia.com - detikNews
Jumat, 11/05/2012 22:04 WIB

14
Lingkungan / Cedera Otak, Gadis Malaysia Bisa Empat Bahasa
« on: 09 February 2012, 02:11:15 PM »
VIVAnews -- Seorang gadis berusia 17 tahun mengalami kondisi tak biasa pasca kecelakaan yang menyebabkan cedera di bagian kepala. Ia bicara dengan "bahasa aneh" yang ternyata gabungan dari Bahasa China, Jepang, Korea, dan Indonesia. Demikian disampaikan Harian Metro, yang dimuat kembali situs berita Malaysia, oleh The Star, Kamis 9 Februari 2012.

Saat insiden kecelakaan terjadi, Noraini Ismail -- nama gadis itu, sedang mengendarai sepeda motor, berboncengan dengan saudara lelakinya. Nahas, kendaraan mereka menabrak truk di kawasan Besut, bulan lalu.

Noraini lantas dirawat di Rumah Sakit Universiti Sains Malaysia di Kubang Kerian. Ia sempat tak sadarkan diri selama 11 jam. Dokter menemukan gumpalan darah di bagian otaknya.

Ibunya, Mansena Daud (48) mengatakan, hasil scan kedua yang dikeluarkan rumah sakit sama menunjukkan gumpalan itu telah hilang. Namun kondisi Noraini memburuk, bahkan tak bisa bicara.

Tak lama kemudian ia membaik, dan mulai bisa bicara. Tapi kata-kata yang meluncur dari mulutnya tak bisa dimengerti. Bahkan Noraini sendiri mengaku merasa aneh, saat ia bicara dalam bahasa yang juga tak ia pahami.

Sementara seperti dimuat New Straits Times, Mansena mengatakan, putrinya itu hanya bisa bicara bahasa asing dari pagi hingga petang, pukul 18.00. "Bahasa yang digunakannya berubah setiap hari. Kami baru mengetahui, bahasa apa yang akan ia gunakan, setelah ia Salat Subuh," kata dia.

Karena sering tak mengerti omongan putrinya, Mansena dan keluarganya menggunakan bahasa isyarat.

Tak hanya bicara, selera makan Noraini pun berubah pasca kecelakaan. Ia kini lebih suka makan ikan dan minum susu kedelai, makanan favoritnya dulu, petai dan kecap "budu" sama sekali tak disentuh.

Ia juga makin feminin, tak tomboy seperti sebelumnya. "Makin hormat pada orang tua," kata Mansena.

Saat diwawancarai wartawan, Noraini bicara Bahasa China bercampur Indonesia. "Saya bingung dengan kemampuan bahasa asing saya yang mendadak," kata dia.

Padahal, ia sama sekali tak belajar bahasa-bahasa itu. Meski, ia mengaku gemar nonton drama Korea dan China di televisi sebelum celaka. "Tak pernah terlintas dalam benak, saya bisa bicara dalam bahasa yang sama dengan para aktor dalam drama itu."

Kini, Noraini akan memanfaatkan bakat barunya itu. Ia sudah minta pada orang tuanya untuk pindah sekolah, ke sekolah berbahasa China.(np)

• VIVAnews

15
Lingkungan / Tradisi Mendonorkan Mata di Sri Lanka
« on: 23 January 2012, 07:13:12 AM »
VIVAnews - Premathilake, 32, mendapatkan hadiah yang tidak ternilai harganya. Dia baru saja menjalani transplantasi mata di sebuah rumah sakit di Kolombo, Sri Lanka. Donornya adalah seorang yang baru saja meninggal lima jam  sebelumnya.

Dengan mata kirinya yang baru, Premathilake tidak perlu lagi bergantung pada orangtuanya. Setelah matanya tersiram cairan asam di tempatnya bekerja, penglihatan Premathilake memudar. Beruntung, sebuah tradisi mulia di negara tersebut membuatnya dapat kembali melihat dunia, walaupun agak buram.

Sri Lanka tidak pernah kekurangan donor mata, pasalnya, banyak orang di negara tersebut bersedia mendonorkan mata mereka jika mereka mati nanti. Bahkan, mereka yang masih hidup juga ingin mendonorkan matanya dengan cuma-cuma.

"Mereka sering bertanya, 'Dapatkah kami menyumbangkan mata ketika kami masih hidup? Karena kami punya dua mata, bisa kami sumbang salah satunya?' Mereka bersedia mendonorkannya karena mereka ingin membantu sesama, mereka tidak mendapat apa-apa," kata Dr Sisira Liyanage, direktur Rumah Sakit Mata Nasional Sri Lanka, dilansir dari CBS News, Minggu 22 Januari 2012.

Aksi mulia rakyat Sri Lanka ini menjadi semacam simbol tidak tertulis tentang martabat dan budaya negara. Bantuan ini diberikan oleh seluruh lapisan rakyat Sri Lanka, baik yang kaya maupun yang miskin.

Rakyat Sri Lanka yang 67 persennya menganut agama Buddha yakin tindakan mereka ini akan memberikan penghidupan yang lebih baik di kehidupan mereka selanjutnya setelah reinkarnasi.

Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr Hudson Silva, tahun 50-an lalu di Sri Lanka. Kala itu, Hudson merasa frustasi akibat kekurangan kornea untuk didonorkan. Saat itu, mata hanya diperoleh dari tahanan yang dihukum gantung.

Akhirnya, Silva bersumpah akan menyumbangkan korneanya sendiri saat dia mati. Di sebuah koran, dia menuliskan artikel yang berjudul "Kehidupan untuk Mata yang Mati." Respon pembaca luar biasa, dia kebanjiran kornea mata setelah itu.

Dengan fasilitas seadanya, dia bersama dengan istrinya mulai mengambil kornea mata pendonor dan menyimpannya di kulkas rumahan. Lalu dia mendirikan Komunitas Donasi Mata yang pada 1964 untuk pertama kalinya mengirimkan kornea ke luar negeri menggunakan termos es sederhana. Sejak saat itu, sudah 60.000 kornea diterbangkan keluar Sri Lanka.

Saat ini, Rumah Sakit Mata Nasional Sri Lanka mencatat, sedikitnya 900.000 orang telah menandatangani perjanjian mendonorkan mata mereka setelah mati ke bank mata di rumah sakit ini. Setiap tahunnya, sebanyak 3.000 jaringan mata dikirimkan ke 57 negara di seluruh dunia dari rumah sakit ini. (umi)

Sumber : Vivanews

Pages: [1] 2