Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - CintaViolet

Pages: [1]
1
Buddhisme untuk Pemula / Pertanyaan Detail mengenai Pabajja
« on: 15 September 2013, 04:44:29 PM »
Saya sepertinya belum menemukan thread secara detail mengenai kegiatan pabajja samanera/i dan atthangasila.
*kalau ternyata sudah ada, mohon dipindahkan saja atau di delete y, kk mod..*  :)

Saya coba rangkai pertanyaannya dari sudut pandang umat super awam ya..  ;D

1.   Sangha Theravada Indonesia, Sangha Mahayana Indonesia dan Sangha Agung Indonesia, apakah ketiganya rutin mengadakan pabajja setiap tahunnya?
2.   Bedanya pabajja yang diadakan oleh ketiga Sangha tersebut apa saja?
3.   Jika seseorang sudah mengikuti pabajja samanera/i, berarti dia sudah ditahbiskan menjadi samanera/i kah..? atau belum karena misalnya hanya ikut yang 2 minggu?
4.   Setelah mengikuti 1 kali Pabajja, ketika mengikuti pabajja selanjutnya, apakah ada beda? Apakah boleh mengikuti pabajja dari Sangha yg berbeda (seperti disebut di nomor 1)?
5.   Selain persyaratan minimal umur, rambut, izin ortu/suami/istri, apalagi syaratnya mengikuti pabajja?
6.   Apa perbedaan kegiatan pabajja yg 2 minggu dan 3 bulan?
7.   Apa saja perbedaan pabajja sementara dan pabajja tetap?
8.   Pabajja tetap itu seperti apa dan berapa lama?
9.   Apa perbedaan kegiatan sehari-hari pabajja antara Samanera/i dengan Atthangasila?
10.   Apa perbedaan kegiatan sehari-hari pabajja dengan retret meditasi?
11.   Jubah yang dipakai selama pabajja, apakah dipakai 24 jam selama pabajja berlangsung, atau berganti baju saat tidur?
12.   Apakah mesti mengikuti pabajja atthangasila dulu sebelum mengikuti pabajja samanera/i?
13.   Biasanya apa saja tujuan seseorang mengikuti pabajja samanera/i dan atthangasila selain karena ingin menjadi bhikkhu/ni?
14.   Sila yang dilaksanakan samanera/i 10 kan ya? Ada tambahan apa gtu dari vinaya? (kalo gak salah inget)
15.   Apa saja yang wajib dibawa dan diperbolehkan selama mengikuti pabajja?
16.   Tehnik meditasi apa yang dilakukan selama pabajja ? (ataukah berbeda2 tergantung bhikkhu/ni pembimbing?)
17.   Penahbisan setelah selesai pabajja apakah hampir sama seperti visudhi? Bedanya apa? Yang ditahbiskan itu hanya samanera/i atau atthangasila nya juga?

Maaf yaaa pertanyaan nya banyak..
atau mungkin ada yang belum ditanyakan, bisa tolong ditambahkan..? terima kasih..


Terima kasih juga untuk yang menjawabnya..  ^:)^



2
Kesehatan / 14 Makanan yang Harus dihindari saat Diet
« on: 17 June 2013, 02:08:46 PM »
SEBAGIAN besar kita secara sadar menghindari restoran makanan cepat saji atau camilan berlemak saat sedang berdiet. Namun ternyata, ada beberapa makanan yang tanpa sadar kita beli atau simpan secara teratur di lemari es—yang sesungguhnya bisa membuat agenda diet kita bubar jalan. Mau tahu apa saja?

 1.   Pemanis Buatan
 Dengan menukar gula pasir dengan pemanis buatan, kita pikir akan membantu mempercepat proses penurunan berat badan. Faktanya, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, substansi yang terdapat di dalam pemanis buatan tersebut justru membuat berat badan bertambah.


2.   Nasi Putih
 Berbeda dengan beras merah, tubuh kita akan memroses secara cepat nasi putih sehingga membuat kadar gula dalam sarah meningkat. Hasilnya, kita memang akan terasa berenergi—namun lantas diikuti dngan keinginan ngemil yang tinggi agar tubuh tetap berada pada level energi yang sama. Ganti beras putih dengan beras merah, atau hindari konsumsi beras sama sekali.


3.   Soda Diet
 Selain kandungan pemanis buatan, apapun dengan kata “diet”akan memanipulasi pikiran kita. Membuat kita merasa bisa makan lebih banyak karena merasa apa yang masuk ke dalam perut kita berada pada batasan yang aman. Banyak minum soda saat perut dalam keadaan cenderung kosong juga dapat membuat perut bergolak dan memicu lambung. Nah loh!

4.   Manisan Buah
 Namanya juga manisan, ada banyak penambahan gula saat pembuatannya. Ingin ngemil buah? Selalu pilih buah potong yang segar—atau buat alternatif dengan membuat rujak.

5.   Bumbu Salad
 Makan salad kan sehat. Yup, selama kita mengawasi penggunaan dressing-nya. Sebagian dressing justru (sayangnya) mengandung lemak dan berkalori tinggi. Ganti dengan minyak zaitun atau vinegar—atau buat saja dressing salad kita sendiri, misalnya.

6.   Saus Tomat
 Tomat yang mengandung Vitamin C memang baik bagi tubuh—akan tetapi saat diolah menjadi saus, maka ada tambahan substansi seperti gula, garam dan bahkan pengawet di dalamnya.

7.   Penyedap Rasa
 Bukan hanya berpotensi membuat tekanan darah naik, setelah menyantap makanan berbumbu biasanya hasrat mengemil kita juga jadi lebih tinggi dari biasanya.

8.   Kecap
 Walau terlihat aman, sebenarnya kecap justru memiliki kandungan gula dan garam yang tinggi.

9.   Roti Tawar Putih
 Roti tawar merupakan makanan yang masuk dalam golongan glycemik—atau yang membuat gula darah dalam tubuh kita bereaksi cepat. Selain itu kecenderungan kita untuk menambahkan selai atau coklat membuat cita-cita ingin menurunkan berat badan semakin jauh dari jangkauan. Tetap ingin makan roti? Pilih roti gandum dan ganti cara kita makan roti; dengan mencelupkan ke minuman panas misalnya.

10.   Smoothies
 Paduan smoothies antara buah dan sayur memang baik buat kesehatan karena kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Akan tetapi smoothies juga mengandung kalori yang tinggi—terutama bila diminum bersamaan dengan makanan lainnya. Konsumsi smoothies untuk mengganti porsi makan pagi atau malam saja.

11.   Jus Buah Kemasan
 Walau terdengar sehat karena mengandung kata “buah”, istilah yang tepat untuk menggambarkan jus kemasan sebenarnya adalah air gula berperasa. Mengandung kadar gula yang tinggi, pewarna dan tentu saja pengawet. Triple No!

12.   Camilan Rendah kalori
 Jangan gampang percaya dengan embel-embel ini. Bila sedang sangat ingin mengemil, pilihlah buah potong segar, kacang rebus atau salad dalam porsi kecil. Kebanyakan camilan jenis ini selain memiliki rasa aneh—juga biasanya memiliki porsi yang terlalu kecil untuk mengenyangkan keinginan mengunyah kita—kalau buntut-buntutnya kita jadi membuka tiga bungkus—sama saja bohong, dong?

13.   Makanan Kaleng
 Makanan kaleng bisa jadi solusi praktis bagi kita yang sibuk dan memiliki jadwal padat—termasuk saat kita sedang melakukan program diet. Tinggal ambil dari lemari pendingin, beres toh? Alasan makanan kaleng bertahan lama adalah karena kandungan sodium yang tinggi. Saat kita mengonsumsi makanan dengan kandungan sodium tinggi, tubuh kita akan mengalami kesulitan untuk memberi sinyal kepada tubuh saat tubuh sudah kenyang. Akibatnya, kita cenderung makan lebih banyak dari yang seharusnya.

14.   Alkohol
 Saat berdiet, kita memang tidak selamanya bisa menghindari kehidupan sosial. Hang out saat Jumat malam misalnya. Kita pun tergoda untuk mencicip alkohol dengan berbagai alasan (“kan weekend, ini minggu yang keras, sesekali nggak apa-apa dong!”)—selain kandungan kalori yang terdapat di dalamnya, konsumsi alkohol juga bisa melunturkan semangat awal kita, “Ya sudah deh, pesan kentang goreng saja. nanggung nih!” Kalau sudah begitu, nyesel kan?


source: http://www.dailysylvia.com/2013/06/17/14-makanan-yang-harus-dihindari-saat-berdiet/

3
Kafe Jongkok / Mau Ngerasain Kost di Peti Mati??
« on: 11 June 2013, 02:26:52 PM »
Siapa yang saat ini tinggal di kamar kos? Jika selama ini Anda sering mengeluhkan kamar kos yang sempit atau tidak nyaman, sebaiknya Anda bercermin pada kamar kos yang ada di Jepang. Di sana, kamar kos tidak lebih lebar dari sebuah peti mati.

Walaupun Jepang dikenal sebagai negara yang kaya dan modern, sebenarnya negara ini kekurangan lahan untuk penduduk. Terlebih lagi, untuk para pekerja yang membutuhkan tempat tinggal sementara atau kamar kos. Bayangkan bagaimana sumpeknya tinggal di sebuah petak yang tidak lebih besar dari peti jenazah berukuran 2 x 1,5 x 1,5 m.


Jika dilihat dari depan, kamar-kamar kosan di Jepang lebih mirip lemari penyimpanan jenazah yang ada di rumah sakit. Walau sangat kecil, para pekerja Jepang rela mengeluarkan uang sekitar Rp 6 juta untuk menyewa kamar ini. Paling tidak, mereka bisa duduk dan berbaring di dalam kamar. Nama kamar kos ini adalah geki-sema atau berbagi kamar.

Kamar super duper kecil ini biasanya diberi kasur tipis atau tikar. Jika beruntung, pemiliknya bisa memasukkan televisi atau kipas angin. Ada gantungan baju kecil untuk beberapa helai pakaian. Yang membuat geki-sema sedikit tidak sehat adalah tidak adanya jendela atau ventilasi udara. Walau begitu, geki-sema tetap laku.
Apakah Anda bersedia tinggal di dalam kamar yang super sempit ini?


source: http://www.vemale.com/ragam/20870-kamar-kos-ini-mahal-tapi-hanya-seluas-peti-mati.html


hmmm, ada2 aja yaa???
*untuk gambarnya langsung dilihat ke TKP aja ya.. saya blm tau caranya insert image*  ;D

4
baca judulnya aja udah bikin kaget...  :o :o :o :o


Seberapa pedas kari yang pernah Anda makan? Jika Anda memang suka masakan pedas, kari yang satu ini bisa dicoba. Bagi mereka yang pernah memakannya, kari ini bisa membuat menangis bahkan pingsan dan dibawa ke rumah sakit. Wah wah.. bahkan kokinya harus memakai masker seperti pekerja tambang saat memasaknya.

Dilansir dari situs Dailymail, Anda bisa menemukan kari terpedas di dunia ini jika berkunjung ke The Brick Lane Curry House di New York. Bayangkan, kari ini mengandung cabai Bhut Naga Jolokia yang dipakai Militer India untuk membuat gas air mata, terbayang dong bagaimana 'nonjok'nya rasa kari ini. Mereka yang pernah makan kari ini seringkali berkeringat, menangis, gemetar, muntah, berhalusinasi bahkan pingsan hingga dibawa ambulans ke rumah sakit.


Baru membacanya saja sudah terbayang pedasnya. Bagi pengunjung yang berhasil menghabiskan kari ini, maka pihak restoran akan memberi hadiah bir, sertifikat dan namanya diabadikan dalam Phaal of Fame. Isi kari ini sama seperti kari pada umumnya, tersedia dalam pilihan ayam, daging domba, kambing, keju dan sayuran lain. Harganya antara $ 15 hingga $ sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 210 ribu.


Dhiraj Tiwari, 33 tahun, sang manajer restoran mengatakan, "Kari kami memiliki rasa dan rempah-rempah yang akan terus 'membakar' mulut Anda selama beberapa waktu setelah makan," Karena itulah, pengunjung harus menyetujui secara lisan bahwa kari yang dihidangkan bisa berbahaya. Seorang pengunjung bahkan pernah melempar Dhiraj dengan kari karena merasa sangat kepedasan. "Saya kira itu bisa disebut risiko pekerjaan," ujarnya.


Salah satu pengunjung bernama Michael, 27 tahun tertantang untuk mencoba kari terpedas ini. Meskipun Michael menyukai makanan pedas, dia tidak tahan lebih dari satu suap. "Setelah saya melakukan suapan pertama, saya tahu dalam kesulitan, dan rasanya sangat pedas," ujar Michael. "Rasanya enak, tetapi rasa pedasnya bertahan lama dan tidak bisa hilang," lanjutnya. Michael memutuskan untuk tidak menghabiskannya dan dia sangat kagum pada siapapun yang bisa menghabiskan satu porsi kari terpedas di dunia.


Anda tertarik mencobanya? *gak mauuuuuu...  :-SS :-SS *


source: http://www.vemale.com/kesehatan/22498-kari-paling-pedas-sedunia-bikin-halusinasi-bahkan-pingsan.html

5
Kafe Jongkok / Cara Menghilangkan Rasa Pedas
« on: 11 June 2013, 09:58:05 AM »
gak tahu udah pernah dibahas atau belum, saya nemu ini di vemale.com..

Vemale.com - Menikmati hidangan pedas memang bisa menambah selera makan. Banyak masakan Indonesia yang memiliki citarasa pedas bahkan sangat pedas. Rasanya makan tidak lengkap jika tidak pedas atau tidak pakai sambal. Apakah Anda juga penyuka masakan pedas?
Sayangnya, menikmati makanan pedas seringkali tidak nyaman ketika rasa pedas terlalu membakar lidah. Rasanya sangat panas dan tidak nyaman.

"Minum air putih banyak-banyak!"

Saran tersebut sering diberikan, tetapi sebenarnya tidak efektif karena penyebab rasa pedas pada cabai adalah Kapsaisin, sejenis minyak yang percuma saja jika diberi air. Minum banyak air tidak akan mengurangi rasa pedas, justru perut akan sesak dan kembung.

Coba cara yang lebih ampuh:
Minum Susu
Yup.. susu bisa membantu menghilangkan rasa pedas. Jika di restoran atau rumah makan tidak menyediakan susu, Anda bisa membawa susu kemasan botol kecil. Saat makanan pedas mulai terasa membakar lidah, minum seteguk susu, diamkan dalam mulut hingga rasa pedas berkurang, baru telan. Cara ini sangat cepat dan efektif.

Makan Es Krim atau Yogurt
Tidak ada susu? Pilih es krim yang berbahan dasar susu. Gigit hingga es krim masuk mulut, diamkan beberapa saat hingga mencair dan rasa pedas hilang baru telan. Anda juga bisa mencoba yogurt jika tidak ada es krim.

Kunyah Nasi
Jika tidak mau repot makan es krim atau susu, ambil sesendok nasi dan kunyah perlahan. Tunggu hingga rasa pedas di mulut hilang, baru telan nasi.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa pedas karena cabai. Ingat ya, walaupun makan pedas sangat enak, mengonsumsi cabai berlebihan justru bisa merusak kesehatan, terutama lambung. Makan enak tidak harus berlebihan kan?
Sekarang Anda tidak perlu lagi takut kepedasan.

6
Seremonial / Thank you to youuuu...
« on: 31 May 2013, 01:25:06 PM »
Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada om Sumedho yg telah membuat forum ini dan juga kepada semua rekan member DC..
Dengan saya masuk kesini, saya mendapat banyak wawasan baru baik itu yg berkenaan dengan ajaran Budha Dhamma maupun hal2 lainnya yang sedikit banyak berguna bagi batin dan otak saya..
Semoga DC akan terus berkembang dan rekan member tidak pernah lelah untuk terus berbagi kebaikan dalam Dhamma..

Terima kasih yaaa....

7
Kafe Jongkok / Cara Pemakaman yang Anda Pilih Nantinya??
« on: 26 April 2013, 02:31:59 PM »
 _/\_

gara-gara nonton berita tentang pemakaman Uje..
juga pernah baca di buku, kalau pemakaman secara dikuburkan, lama-lama lahan yang dipakai akan semakin banyak..
kalau di kremasi, bagi ajaran agama lain katanya salah..
kalau di letakkan di atas gunung dan dimakan burung bangkai, katanya sadistis..

jadi, jika nanti anda meninggal, tata cara pemakaman seperti apa yang anda pilih?
lalu apakah akan membuat surat warisan kepada pihak keluarga agar permintaan anda diluluskan?
apakah kremasi itu tidak sembarangan bisa dilakukan?
tata cara pemakaman mana yang paling murah tapi tidak membahayakan atau mengganggu sekitar/orang-orang??

terima kasih..
*bener ngga ya saya taro di sini postingnya?*

8
Film / Java Heat
« on: 20 April 2013, 02:52:41 AM »
teman-teman..

ada yang sudah nonton film Java Heat?

Java Heat is an American action film. The film was directed by Conor Allyn, and stars Kellan Lutz, Mickey Rourke, Ario Bayu and Atiqah Hasiholan. *from Wik*pedia*

pemutaran di Indonesia di mulai tanggal 18 April 2013..

kebetulan saya tadi siang ketemu full movie nya di yutup.. eh, barusan saya cari udah ngga ada..  ;D
untung udah nonton.. walaupun ngga ada text nya.. jadi yang pas adegan berbahasa hokkian, mati kutu deh saya..

shootingnya di Jogja kan ada di Candi Borobudur juga.. cuman itu ceritanya acara apa ya di film itu?
kok ngga cuman ada Bhikkhu dan lampion? tapi ada juga barongsai dan payung seperti biasanya dipakai umat Hindu..

menurut teman-teman DC, bagaimana nih komennya tentang Java Heat ini?

thx u..  _/\_

9
Jurnal Pribadi / Secuil Memori
« on: 16 April 2013, 05:47:42 AM »
 _/\_

tergerak untuk membuat jurnal juga..
untuk memotivasi diri agar lebih baik..

dimulai di Selasa pagi ini, 16 April 2013..

sebenarnya saya masih agak kurang PD untuk posting-posting di DC..
karena jujur saja, saya masih sangat baru mengenal ajaran Buddha..
apalagi KTP saya pun bukan Buddha..
jadi, pengetahuannya masih nol..
*suka malu kalau baca postingan yang muda-muda.. eh, berasa tua sekali ya saya..  ;D*

tapi jika tidak mulai melangkah, kapan lagi akan mulai??
hmm, jadi memberanikan diri lah membuat ini..

10
Perkenalan / Whatsapp
« on: 14 April 2013, 02:20:04 PM »
kalau member Dhammacitta ada yang berkumpul di Whatsapp gak? bikin group gitu di whatsapp?
kalau ada, saya mau join donk..

Whatsapp saya : 0889-1553-123

thank you..  :)
 _/\_

11
Buddhisme untuk Pemula / Visudhi dan Vihara yang mesti didatangi
« on: 14 April 2013, 12:01:44 PM »
saya search mengenai Visudhi di kolom search, tidak menemukan hasil thread..
jadinya saya membuat topik ini..
mohon maaf kalau ternyata sudah ada, bisa tolong momod nya pindahkan saja.

yang ingin saya ketahui:

bagaimana tata cara pelaksanaan Visudhi?
berbuat apa, mengucap apa dll..
selain memakai baju putiih, celana hitam, apalagi yang perlu diperhatikan?

apakah semua umat Buddha sudah menjalani Visudhi (baik yang sejak lahir, maupun yang belajar setelah dewasa)?

apakah Visudhi setiap aliran berbeda tata caranya (Theravada, Mahayana, Vajrayana, Buddhayana)?

jika mengikuti Visudhi misalkan di vihara Theravada, apa kita bisa tetap mengikuti/mempelajari ajaran lain (Mahayana, Buddhayana, Vajrayana) ataupun sebaliknya?

jika di visudhi di Vihara A, apakah untuk selanjutnya harus selalu mengikuti kebaktian/pujabhakti vihara A? atau bebas melakukan di vihara lain (B atau C), dikarenakan pertimbangan jarak tempuh misalnya?

apakah semua vihara selalu mengadakan acara visudhi secara rutin?

apa beda visudhi trisarana dan visudhi upasaka/upasika?

apabila sudah pernah di visudhi, apakah di waktu berikutnya perlu di visudhi lagi?

apakah visudhi sama seperti di baptis atau mengucap syahadat?


Maaf, pertanyaan nya banyak sekali..
kira-kira seperti itu yang saat ini ingin saya ketahui..
terima kasih atas masukan dan jawaban-jawaban nya nanti..
mohon pencerahan..
terima kasih..  :)

12
Perkenalan / Salam Kenal... Newbie banget nih..
« on: 25 June 2010, 06:05:55 PM »
Salam Kenal untuk semuanya...

aq perempuan, 27 tahun di Jakarta Selatan..
sebenernya aq non Buddhis..
aq masuk sini karena aku tertarik belajar ajaran Buddha..
tapi aku gak ngerti harus mulai dari mana?
karena banyak pertanyaan yang membuatku tertarik dengan ajaran Buddha..

mohon bantuannya yah..
terima kasih... :)

Pages: [1]