Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - Shining Moon

Pages: [1] 2 3 4 5 6
1
Diskusi Umum / Tips dalam berdana kepada anggota sangha
« on: 02 November 2010, 04:06:21 PM »
 _/\_
frens...
buat yang punya pengalaman berdana kepada anggota sangha, silahkan di-share...
kalau bisa dana-nya merupakan dana yang memang dibutuhkan oleh anggota sangha, bukan karena keinginan anggota sangha.
Silahkan dimulai...

Saya mulai dari pengalaman saya yak.

1. Selimut

2. gunting kuku

3. botol minum


(yang mau nambahin, silahken)

2
Mahayana / Apakah aliran Mahayana tidak mengenal masa vassa?
« on: 12 October 2010, 11:03:36 AM »
Dear all,
apakah dalam sekte Mahayana tidak ada masa vassa? Pertanyaan saya muncul karena baru saja kita kedatangan Master Thic Nath Hanh yang cukup lama berada di Asia (termasuk Indonesia) selama masa vassa.
Kalau bhiksu dari aliran Mahayana tidak mengenal masa vassa, lantas dengan cara bagaimana anggota sangha aliran Mahayana menghitung  berapa lama mereka menjalani kehidupan kebhiksuan/kebhiksunian? Apakah berdasarkan perhitungan tahun saja, atau bagaimana?
Mohon bagi yang berkenan menjawab, silahkan dijawab dengan baik dan sopan. _/\_

3
Perkenalan / Yuhuuuuuuu
« on: 25 August 2010, 09:55:28 AM »
 _/\_
Salam kenal semuanya,
saya Shining Moon...
Mohon bimbingan rekan-rekan sekalian dalam belajar Dharma. Semoga kita semua semakin maju dalam praktek Dharma

4
Tibetan / NingMa-Pa
« on: 23 August 2010, 10:08:25 AM »
 _/\_
kalau ada rekan-rekan yang bisa membantu untuk menjelaskan aliran NingMa-Pa, tolong ya...
saya berkesempatan menjamu anggota sangha dari aliran NingMa-Pa..jadi, kalau bisa saya tahu sedikit-sedikit mengenai aliran ini...
anyway, buat rekan-rekan yang ingin mendapatkan blessing dari beliau-beliau, silahkan PM saya...
Kamsiah

5
Pengembangan DhammaCitta / Artikel tentang DC di Sinar Dharma
« on: 19 July 2010, 11:18:38 PM »
 _/\_
hari ini daku melihat artikel mengenai DC di majalah Sinar Dharma vol 8, edusu Febuari 2010-Juni 2010...
Sungguh, alangkah bahagianya bila kondisi DC sama dengan tampilan foto yang dimuat di artikel tersebut....tanpa gejolak, tanpa kemarahan, terkendali, dan penuh kebahagiaan.. :-? ;D
Omong-omong, sepintas lalu dibaca ada kalimat yang rasanya perlu diedit ya. Saya coba untuk mengutip kalimat yang tertera di halaman 50: "Selain itu, Dhammacitta Press juga secara unofficially (resmi) menerbitkan revisi Buku Riwayat Agung Para Buddha dan mengatur percetakan ulang dan bekerja-sama dengan The Corporate Body of the Buddha Educational Foundation, Taiwan."
Mungkin, ada yang bisa meminta kepada redaksi untuk meralatnya kepada redaksi? (atau mungkin memang sudah diralat, berhubung ini edisi yang udah liwat dan saya baru sempat lihat)

p.s. siapa pun yang memilih  foto2 yang dimuat di artikel  ini, bener-bener kurang diajar deh. bukannya masang foto suhu kita yang mulia atau abang kumis, eh malah beraninya memajang foto cecurut2 kecil DC  :'(

6
Kesehatan / Sepuluh Buah yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari
« on: 02 July 2010, 02:54:34 PM »
KOMPAS.com — Jika setiap hari Anda harus makan 10 porsi buah, berbeda jenis dan warna, lantas bagaimana memilihnya? Apalagi jika Anda menderita penyakit tertentu, seperti diabetes atau masalah lambung (mag). Tak semua buah aman dikonsumsi setiap hari, bukan?

Karena kita tinggal di negara penghasil beragam varietas buah, sebenarnya tak akan sulit memilihnya. Soal harga, pasti tak semahal blueberry, misalnya. Pilihan buah yang aman dikonsumsi setiap orang, apa pun penyakitnya, juga tak sulit menemukannya. Harganya pun murah.

Ahli gizi klinis, dr Samuel Oetoro, SpGK, menyebutkan bahwa 10 porsi buah yang aman dikonsumsi setiap hari adalah apel, pir, jeruk, jambu, anggur, semangka, melon, pepaya, markisa, dan tomat.

"Wortel dan pisang raja juga aman dikonsumsi. Belimbing sesekali boleh, tetapi kurangi untuk penderita penyakit ginjal," papar dr Samuel kepada Kompas Female seusai peringatan Hari Buah Sedunia di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (1/7/2010).

Dr Samuel menjelaskan, beberapa buah memang tak baik dikonsumsi penderita penyakit tertentu. Nangka, durian, pisang, dan nanas yang mengandung glukosa tinggi perlu dihindari penderita diabetes. Penderita mag sebaiknya tidak mengonsumsi pisang ambon, namun aman untuk jenis pisang lainnya, seperti pisang raja. Bahkan, ada buah yang tidak sehat, kata dr Samuel, yakni durian matang yang mengandung kadar alkohol tinggi.

Lalu bagaimana takarannya? Dr Samuel menjelaskan, buah seperti apel atau markisa satu porsi berarti dimakan utuh. Sedangkan satu porsi anggur takarannya lima butir buah anggur. Sedangkan pepaya dan semangka, satu porsinya sama dengan satu potongan irisan, bukan satu buahnya.

Tak sulit bukan menjadikan buah sebagai bagian pola makan setiap hari?



7
Kesehatan / Hubungan Antara Berat Badan dengan Otak
« on: 01 July 2010, 01:37:29 PM »
Kompas.com - Jaringan otak yang sehat, ternyata dapat dilihat dari timbangan berat badan kita. Ini diketahui setelah sejumlah pakar UCLA melakukan riset. Ingin tahu lebih detail?

Dikatakan, orang-orang dengan berat yang berlebih cenderung mempunyai jaringan otak 4 persen di bawah normal. Tak hanya itu, otak mereka juga dipercaya 8 tahun lebih tua ketimbang golongan orang yang berat badannya ideal.

Ini bisa terjadi karena kadar lemak dan kalori yang tinggi dalam tubuh dapat mempersempit pembuluh arteri otak kita. Alhasil akan menghambat aliran darah, serta ikut menyebabkan pengecilan ukuran otak. Sepertinya penelitian ini mendorong kita untuk semakin semangat menjaga pola makan. Tujuannya, tak semata-mata agar tampilan tubuh tetap menarik, tapi juga demi pusat pengendali kecerdasan kita.

Dan yang dapat kita lakukan untuk membuat timbangan berat badan dapat merefleksikan otak yang sehat adalah dengan memilih makanan serta minuman yang sehat. Untuk makanan kita perlu menimbang kandungan yang ada di dalamnya, yaitu memiliki kandungan air dan sehat yang tinggi. Mengapa? Sebab nilai kalorinya rendah meski secara tampilan -buah dan sayur misalnya- memiliki volume yang besar.

Setelah itu, pastikan juga makanan yang kita pilih tinggi serat. Karena serat inilah yang nantinya membuat tubuh lebih mudah untuk mencerna, plus membuat kita tidak mudah kelaparan. Sandingkan juga pilihan makanan sehat kita dengan minuman yang tepat. Minuman yang tak mengandung soda atau minuman berenergi. Alasannya, minuman-minuman ini memiliki nilai kalori yang sangat tinggi.

Jangan lupa juga untuk melakukan olahraga teratur agar metabolisme tubuh berjalan dengan optimal. Artinya tak ada peluang bagi lemak untuk tertimbun di setiap inci bagian tubuh. Jadi, sudah siap untuk menyehatkan otak kita? Jika iya, mulailah dengan menjaga berat badan kita

8
Kafe Jongkok / Info-info Yang Tidak Perlu Diberitakan di Facebook
« on: 25 June 2010, 06:49:51 PM »
VIVAnews - Perkembangan teknologi memudahkan manusia melakukan komunikasi dengan banyak orang di seluruh dunia. Melalui sejumlah situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, atau MySpace, kita dengan mudah saling bertukar informasi dan berhubungan dengan kawan baru.

Namun, merebaknya kejahatan di dunia maya, ada baiknya selalu mawas diri. Jangan sembarangan mengumbar informasi pribadi lewat jejaring sosial. Jangan sampai informasi yang kita bagi justru mengundang aktivitas penjahat.

Seperti dikutip dari laman Shine, berikut empat informasi pribadi yang sebaiknya tidak dipublikasikan lewat akun jejaring sosial.

Tempat dan Tanggal Lahir
Informasi yang lengkap tentang tempat dan tanggal lahir bisa saja dicuri oleh orang tak bertanggung jawab. Sebuah studi yang dilakukan oleh Carnegie Mellon menunjukkan bahwa tanggal dan tempat kelahiran dapat digunakan untuk memprediksi angka rahasia untuk menarik uang dalam sejumlah rekening.

“Bahkan bisa digunakan pencuri identitas untuk menguras keuangan Anda” kata Givens. Kalau memang perlu menuliskan informasi kelahiran, cukup tulis tanggal dan bulannya saja.

Rencana Liburan
Mengunggah foto ke akun jejaring sosial sepulang liburan sering dilakukan banyak orang. Tapi, hati-hati saat memuat rencana liburan, karena ini bisa mengundang niat jahat seseorang dan menggagalkan rencana manis Anda.

Alamat Rumah
Studi terbaru Institut Ponemon menemukan bahwa pengguna situs jejaring sosial memiliki risiko lebih besar mengalami kekerasan fisik dan pencurian identitas akibat informasi yang mereka bagi. Sekitar 40 persen menuliskan alamat rumah mereka di situs.

Sebanyak 65 persen tidak membuat pengaturan privasi yang baik sehingga semua orang, meski tak kenal, bisa mengakses informasi pribadi mereka. Dan, 60 persen mengatakan, tidak mengenal seluruh 'teman' yang terhubung dengan akunnya.

Password petunjuk
Jika Anda memiliki fasilitas online banking, Anda mungkin pernah menjawab puluhan pertanyaan keamanan yang berbeda. Mulai nama mengatakan bank Anda atau perusahaan pialang, nama anak atau ibu Anda, tempat Anda menikah hingga nama lagu favorit Anda.

Apakah ada hal-hal yang sama pada halaman informasi profil Facebook Anda? Jika ada, sebaiknya segera ubah. Jangan biarkan membuka peluang sedikit pun bagi penjahat menelusuri password Anda.


9
Kesehatan / Minum Jus Buah Bisa Memicu Diabetes
« on: 24 June 2010, 07:02:08 PM »
Okezone  -
DI negara berkembang, diabetes mengalami jumlah peningkatan yang singnifikan. Tak heran, bila Indonesia sebagai salah satu negara berkembang juga memiliki angka pasien diabetes yang cukup tinggi.

"Diabetes disebut penyakit pembunuh darah. Sekali menderita diabetes, bisa kena penyakit pembuluh darah di mana pun. Pembuluh darah kecil yang paling banyak ada di ginjal dan mata," kata Dr Antono Sutandar, Sp.JP, FACC, FSCAI, FAMS, FIHA dalam acara forum media yang diadakan Siloam Hospitals di Le Seminyak, Pacific Place, Jakarta, Kamis (24/6/2010).

Dr Antono mengungkapkan, satu dibanding tiga orang Indonesia mengalami pra-diabetes. Sedangkan untuk di Amerika, orang yang mengidap pra-diabetes mencapai 40 sampai 50 persen dari jumlah penduduk. Penyebab terjangkitnya diabetes, salah satunya berasal dari makanan. Memang tak dapat ditampik, bahwa lidah orang Indonesia lekat dengan makanan berbasis manis dan berbahan dasar tepung terigu, yang mana pola makan seperti ini adalah pemasok terbesar tubuh mudah terjangkit diabetes. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi jus buah dibandingkan makan buahnya langsung bisa menjadi salah satu pemicu diabetes menyerang kita.

"Dan, yang merusak pasaran adalah jus buah. Waktu kita makan buah, perut kita yang ngejus. Waktu perut ngejus, dia sudah buang kalori 20 sampai 40 kalori dibuat untuk ngejus. Sedangkan kalau jus buah, perut kita gak ngejus," papar Dr Antono.

Padahal, dengan memakan buah secara langsung, maka tubuh akan memproduksi insulin lebih rendah. Apa pasal?

"Karbohidrat di dalam buah itu akan melepaskan pelan-pelan. Sehingga gula yang masuk ke dalam darah akan pelan-pelan masuk. Ketika dia masuk ke darah, tubuh perlu produksi insulin. Waktu tubuh produksi insulin, gula darah diturunkan. Tapi kebutuhan insulin itu seberapa cepat makanan di absorsi oleh tubuh. Makan jus buah, kebutuhan insulin lebih tinggi daripada makan buah," jelas Dr Antono.

Penyakit diabetes merupakan suatu kelainan metabolik kronis yang disebabkan oleh kekurangan produksi insulin atau menurunnya sensitivitas reseptor insulin. Insulin itu sendiri adalah sejenis hormon anabolik yang diproduksi oleh sel beta di pulau langerhans pankreas. Lantas apa kaitannya dengan kebiasaan mengonsumsi makanan manis (termasuk gula pasir) dan makanan berbasis tepung terigu?

"Semakin banyak kita makan karbohidrat yang sudah diproses, semakin tinggi kebutuhan insulin. Sampai suatu saat tubuh tidak bisa memproduksi insulin lebih banyak lagi. Itu saat terjadi diabetes. Waktu kadar insulin sudah naik, dan tidak dapat memproduksi lebih banyak, maka terjadinya diabetes," tandas Dr Antono

10
Kesehatan / Makanan Sehat yang Bisa Mengundang Penyakit
« on: 15 June 2010, 12:05:53 PM »
Jakarta, detik health--
Segala sesuatu akan menjadi tidak baik jika berlebihan, termasuk mengonsumsi makanan sehat. Beberapa sumber nutrisi bisa berubah menjadi sumber penyakit jika dikonsumsi terlalu banyak.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat, serta risiko yang ditimbulkan jika dikonsumsi berlebihan sebagaimana dikutip dari Dailymail, Selasa (15/6/2010).

Grapefruit
Buah ini mengandung naringenin, yang membantu mengatur kadar gula darah serta mencegah sindrom metabolik dengan memacu hati untuk membakar kelebihan lemak. Kandungan lainnya adalah vitamin C, serat dan fitonutrien.

Meski baik, mengonsumsi grapefruit secara berlebihan dapat meningkatkan kadar esterogen. Pada wanita tua, makan seperempat potong buah ini dalam sehari dapat meningkatkan risiko kanker payudara hingga 30 persen.

Kunyit
Kandungan curcumin dalam rimpang ini memiliki khasiat anti tumor, melindungi hati dan meningkatkan metabolisme lemak. Menurut penelitian di AS, makan 2 porsi kari tiap sepekan dapat mencegah Alzheimer.

Namun mengonsumsi di atas 100 mg perhari dapat memicu tukak lambung. Selain itu kunyit juga bisa mengencerkan darah, sehingga jangan dikonsumsi terlalu banyak jika memiliki gangguan penggumpalan darah atau hendak menjalani operasi.

Kedelai
Biji-bijian ini ditemukan dalam hampir 60 persen makanan olahan, seperti tahu, tempe maupun susu kedelai. Kandungan lemak tak jenuh dan asam omega 3 yang tinggi baik untuk jantung, di samping 7 asam amino esensial yang penting untuk kesehatan otot hingga rambut.

Di sisi lain, kedelai mengandung banyak senyawa kimia yang menghambat penguraian protein, absorbsi mineral serta metabolismenya. Selain itu, kandungan genistein dan daidzein yang strukturnya mirip progesteron juga bisa mempengaruhi kesuburan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Cabe
Kandungan capsaicin baik untuk menjaga sirkulasi darah dan terbukti efektif melawan tumor. Cabe juga banyak dipakai sebagai penunjang diet thermogenesis yang efektif menurunkan berat badan.

Namun menurut penelitian di Yale University, konsumsi cabe yang terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kanker di perut hingga 15 persen. Cabe juga mengurangi perlindungan dinding lambung, sehingga memicu gangguan pencernaan, refluks asam lambung bahkan nyeri dada.

Ikan
Salmon, mackarel dan sardin mengandung omega 3 yang baik untuk jantung, sekaligus perangsang pertumbuhan otak. Selain itu ikan-ikan tersebut kaya akan vitamin D serta mengandung serotonin, yaitu hormon yang bisa mendongkrak mood.

Namun pencemaran di sejumlah perairan menyebabkan ikan-ikan tersebut terkontaminasi residu limbah termasuk pestisida. Cemaran tersebut bisa menghambat produksi insulin, sehingga menyebabkan diabetes.

11
Kesehatan / Sandal Jepit Tak Boleh Dipakai Terlalu Lama
« on: 08 June 2010, 04:18:33 PM »
KOMPAS.com - Sandal jepit memang merupakan alas kaki paling nyaman, sehingga kita cenderung memakainya kemana-mana. Bahkan di kantor pun, orang sering menyembunyikan sandal jepit untuk dipakai saat tidak harus berada di luar ruangan. Namun tanpa kita sadari, sandal jepit ternyata memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan kaki! Bagaimana mungkin?

Justin Shroyer, asisten profesor kinesiology di University of Louisiana-Lafayette mengatakan, sandal jepit yang baik seharusnya yang lebih mampu menahan kaki pada alasnya. Untuk itu, pakailah sandal jepit dengan penutup tumit dan lengkungan pada telapak kaki (mengikuti kontur pada telapak kaki).

"Semakin jarang kaki Anda bergeser, semakin baik kaki dan tungkai Anda," katanya.

Penemuan ini didapatnya setelah mempelajari lebih dari 100 orang yang mengenakan sandal jepit, dan mengamati bagaimana sandal tersebut mempengaruhi kaki dan tungkainya. Penemuannya tersebut dipresentasikan di pertemuan tahunan American College of Sports Medicine di Baltimore. Ingin tahu apa kesimpulan dari penelitiannya?

* Ketika kita mengenakan sandal jepit, otot-otot pada bagian depan tulang keringnya (tibialis anterior) bekerja lebih keras daripada ketika kita bertelanjang kaki. Peningkatan aktivitas otot ini kemungkinan terjadi karena jari-jari kaki mencoba menjepit sandal supaya sandal tidak "lari" kemana-mana.

* Sandal jepit memendekkan langkah Anda, dan menyebabkan rasa sakit pada bagian kaki yang lebih rendah.

* Sandal jepit yang dilindungi dengan penutup tumit dan lengkungan pada telapak kaki bisa membantu Anda berjalan lebih natural, lanjut Shroyer. "Semakin sandal ini mampu menyesuaikan kaki Anda, semakin baik juga kondisi kaki dan tungkai Anda. Jika sandal itu longgar, kaki harus bekerja lebih keras untuk menjaga sandal tidak lepas."

Penelitian Shroyer didukung oleh Dr Rock Positano. Direktur Non-surgical Foot and Ankle Service di Hospital for Special Surgery ini mengatakan, tanpa dukungan solid di bawah kaki,  kaki akan kehilangan kemampuan meredam kejutan. Kaki bagian bawah, tulang kering, lutut, pinggul, dan punggung, harus bekerja ekstra untuk mendukungnya.

Menurutnya, beberapa tipe patologis kaki (seperti telapak yang memiliki lengkungan, atau telapak yang rata) membuat orang mudah terkena masalah pada kaki dan pergelangan. Beberapa problem jangka pendek yang akan dialami contohnya rasa sakit pada tumit atau telapak, urat, dan tulang kering, serta keseleo, atau cidera pada jari kaki. Sedangkan problem jangka panjang kemungkinan retak, ibu jari membengkak, jari kaki bengkok, atau pertumbuhan tumor pada saraf kaki.

Shroyer tidak menyarankan memakai sandal jepit jika Anda hendak berjalan dalam jarak jauh. Hal ini akan menyebabkan otot tulang kering bekerja makin keras. Akan lebih baik bila Anda mengenakan sepatu olahraga dengan struktur yang baik. Selain itu, pilihlah sandal jepit dengan tali yang lebar.

"Tetapi, kalau Anda hanya berjalan dari mobil ke pantai, atau ke kolam renang, pakai sandal jepit sih oke-oke saja," paparnya.


12
Diskusi Umum / Arti Gajah
« on: 07 June 2010, 10:10:15 AM »
Yuhuu...
apa ada yang tau, apa arti simbol gajah di dalam agama Buddha?
Ratu MahaMaya sebelum hamil kan bermimpi seekor gajah putih yang masup ke perutnya...Lalu, di vihara2 kan banyak rupam Buddha beserta gajah.
Apa sih artinya simbol gajah ini? any one know? _/\_

13
Vegetarian / [ASK] Gelatin sapi
« on: 07 June 2010, 09:45:13 AM »
yuhuuuuuuuuu semuanya...
mau nanya donk. kadang kan, ada permen yang kandungannya tertulis Gelatin sapi. nah, apa ada yang tau, apa itu gelatin sapi? apakah termasuk sesuatu yang diproduksi dari sapi (kayak susu), atau merupakan bagian dari tubuh sapi?
any one know?
 _/\_

14
Kesehatan / Manfaat Susu Coklat
« on: 04 June 2010, 05:34:36 PM »
Seattle, Iklan minuman energi mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Mulai dari bentuk sachet, kaleng maupun botol. Tapi susu coklat bebas lemak ternyata lebih manjur memulihkan tenaga atlet ketimbang beragam minuman energi.

Para ahli sepakat bahwa pemulihan energi bagi atlet dua jam setelah latihan olahraga atau aktivitas berat lainnya adalah penting. Tetapi hal ini sering diabaikan.

Padahal setelah aktivitas berat, periode pemulihan penting bagi orang-orang yang aktif. Ini untuk membantu memaksimalkan stamina dan menjaga kinerja tetap prima pada aktivitas berikutnya.

Peneliti menemukan bahwa susu coklat bebas lemak dapat menjaga tubuh, mengisi dan membangun kembali otot-otot untuk membantu tubuh pulih kembali.

Susu coklat bebas lemak lebih efektif ketimbang cairan karbohidrat yang dirancang khusus untuk menambah energi.

Seperti dilansir dari Telegraph, Jumat (4/6/2010), hasil temuan ini telah dipublikasikan oleh James Madison University pada konferensi American College of Sports Medicine, di Seattle.

Minum susu coklat bebas lemak setelah latihan olahraga atau melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak energi, bisa membantu menyiapkan otot untuk melakukan pertandingan atau aktivitas berikutnya.

Kombinasi karbohidrat dan protein yang terkandung dalam susu coklat ditemukan dalam rasio yang paling menguntungkan dan paling cocok untuk memulihkan tenaga.

Seperti dilansir dari SawfNews, secara khusus peneliti menemukan keuntungan susu coklat, yaitu untuk:

1. Membangun otot kembali

Susu coklat bebas lemak lebih mampu meningkatkan sintesis protein otot rangka, yang berarti merupakan suatu tanda bahwa otot lebih mampu memperbaiki dan membangun kembali, dibanding minuman karbohidrat penambah energi dengan jumlah kalori yang sama.

2. Mengisi 'bahan bakar' otot yang habis

Studi menunjukkan bahwa susu coklat memiliki campuran karbohidrat dan protein untuk membantu otot mengisi 'bahan bakar' yang habis, yaitu glikogen. Hal ini penting untuk memulihkan stamina dan otot. Protein dalam susu coklat bebas lemak juga membantu membangun otot tanpa lemak.

3. Mengurangi kerusakan otot

Atlet berisiko mengalami kerusakan otot setelah latihan dan melakukan aktivitas berat. Peneliti menemukan bahwa minum susu coklat bebas lemak setelah latihan dapat membantu mengurangi kerusakan otot tersebut.

4. Menggantikan cairan tubuh yang hilang

Susu coklat juga memberikan cairan rehidrasi dan elektrolit dalam tubuh, seperti potasium, kalsium dan magnesium yang hilang dalam keringat. Kedua cairan ini sangat diperlukan dalam rangka menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan dapat menggantikan tenaga yang hilang setelah aktivitas berat.

15
Theravada / Pertanyaan soal dana makanan kepada bhikkhu
« on: 04 June 2010, 09:49:25 AM »
Frens,
saya mau tanya...
Apakah sisa dana makan siang seorang bhikkhu boleh didanakan kembali kepada bhikkhu tersebut saat makan berikutnya, misalnya makan pagi keesokan harinya? Apakah perbuatan ini boleh dilakukan atau menambah kamma buruk, atau malah membuat si bhikkhu melanggar vinaya?
Mohon penjelasannya ya...saya nggak gitu ngerti soal vinaya.
Makasih

Pages: [1] 2 3 4 5 6