//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - D1C1

Pages: [1] 2 3
1
Theravada / Musik dan mata pencaharian
« on: 20 December 2019, 05:56:20 PM »
Alo semua,

Untuk umat awam, mata pencaharian yang dilarang oleh Sang Buddha adalah dagang senjata, berdagang manusia, berdagang daging, berdagang racun dan berdagang alkohol.

Artinya musik dan termasuk mengajar musik seperti biola, piano, dll tdk termasuk.
Tetapi di Talaputa Sutta dikatakan bahwa aktor yang menghibur penontonnya akan jatuh dalam neraka.

Musik dapat menghibur orang, lalu apakah mengajar musik akan berakhir di neraka juga? Gimana pendapat temen2 disini?

2
Theravada / suami dan keluarga
« on: 15 May 2019, 10:34:58 AM »
Alo semua,

Di jaman tradisional, seorang suami diharapkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga. Di jaman modern sekarang ini, dimana tuntutan dan biaya hidup yg begitu tinggi, tidak jarang kita menemui banyak suami dan istri sama2 bekerja untuk bersama2 memenuhi kebutuhan rumah tangga. Di dalam sigalovada sutta Buddha tidak berbicara mengenai siapa pencari nafkah. Pertanyaannya, apakah seorang suami yg istrinya juga bekerja bisa dikatakan sebagai suami yg tidak bertanggung jawab? Kenapa?

3
Theravada / Makanan dan pesta pernikahan
« on: 21 January 2019, 02:11:14 PM »
Alo temen2,

Pertama2 pertanyaan ini ditujukan utk mereka yang sudah pernah mengalami atau punya pengalaman  mengenai hal yg bersangkutan.
Sang Buddha mengajarkan kita boleh makan daging tetapi dengan catatan daging itu tidak dipesan dahulu. Lalu ketika kalian ingin menikah tentu ada pesta pernikahan, lalu bagaimana kita menyiapkan menu makanannya tanpa memesan terlebih dahulu? Bagaimana menghadapi hal ini? Trima kasih.

4
Theravada / Telur ayam kampung dan negeri
« on: 20 December 2018, 10:39:02 PM »
Alo semua,

Kita seringkali dengar banyak umat Buddha mengatakan kalo makan telur lebih baik telur ayam negeri jgn telur ayam kampung. Terutama org yg vegetarian, mrk pasti bilang makan telur ayam kampung saja.

Padahal kalo kita mengerti, semua ayam betina baik kampung maupun negeri pasti tetap akan bertelur, namanya ovulasi. Yang membedakan telur itu ada calon anak ayam atau tidak bukan dari ras nya kampung atau negeri tp apakah ayam betina tsb sudah berhubungan dg jantan atau tidak.

Jika ayam betina tsb telah berhubungan dg jantan, maka telur itu bakal jadi anak jika dierami, jika tidak bertemu dg jantan maka tdk akan bs telur itu jd anak.

Pertanyaannya, lalu kenapa banyak orang menyarankan utk tidak makan telur ayam kampung, ada yang bisa menjelaskan mungkin?

5
Theravada / Kontrasepsi dan agama Buddha
« on: 23 October 2018, 05:48:16 PM »
Alo temen2,

Kontrasepsi ada banyak macam, kontrasepsi yang bersifat hormonal bisa bekerja lebih dari 1 strategi, ia mencegah pertemuan antara sel telur dan sperma dan juga menipiskan dinding rahim sehingga sel telur yang telah terbuahi (jika ada) tidak akan bisa menempel di dinding rahim sehingga kehamilan tidak terjadi.
Maka banyak umat Buddha, sejauh yang saya tau, menghindari kontrasepsi semacam ini, katanya itu pembunuhan. Tentu banyak teman2 disini yg saya pikir setuju dengan ini.

Tapi disaat yang sama, untuk membunuh, semua syarat2 harus dipenuhi. Beberapa syaratnya adalah harus ada makhluk hidup dan harus ada niat membunuh. Ketika seseorang minum pil KB, sebagai contoh, sebelum melakukan hubungan seksual, niatnya adalah untuk mencegah kehamilan/pembuahan, bukan niatnya mau membunuh.

Bagaimana pendapat kalian mengenai kontrasepsi di atas, apakah anda setuju tidak ada niat berarti tidak ada karma sehingga metode kontrasepsi di atas dapat dipakai? Saya memperuntukan pertanyaan ini untuk semua teman2 yang memiliki pengalaman dan mendalami serta memahami akan topik ini atau juga perumah tangga yang mungkin sudah punya pengalaman dan keluarga. Terima kasih.

6
Diskusi Umum / Anak Indigo Indonesia
« on: 05 October 2018, 10:30:17 PM »
Alo temen2,

Dari banyak anak Indigo yg asal Indonesia apa benar Roy Kiyoshi itu yang istilahnya paling tinggi tingkatnya? Dikatakan karna dia bukan cuma bs melihat kehidupan lampau tapi juga melihat masa depan, dan juga bisa menolong serta mencari solusi utk org2.

Apa temen2 disini ada yang pernah punya pengalaman ketemu anak Indigo buddhis/ Roy? Bagaimana pengalaman anda?

7
Theravada / Cetiya atau Vihara STI?
« on: 14 July 2018, 08:19:51 PM »
Halo temen2,

Mau nanya pertanyaan singkat aja nih. Apakah cetiya dhamma manggala yg terletak di sunter, Jakarta Utara adalah cetiya asuhan Sangha Theravada Indonesia?  Jika bukan asuhan siapa ya? Terima kasih.

8
Theravada / Penyakit yg diturunkan
« on: 06 May 2018, 10:52:33 PM »
Alo temen,

Misalkan kita dilahirkan di keluarga yg memiliki penyakit turunan, penyakit turunan ada banyak sekali jenisnya, jasmani dan jiwa. Contohnya, diabetes, kanker, gangguan kecemasan, dll.

Pertanyaannya, kalo kita terlahirkan di keluarga yg memiliki penyakit turunan. Jika kita suatu hari menikah dan memiliki anak, otomatis penyakit turunan ini akan turun juga ke anak kita, apakah kita berbuat karma buruk? Ada orang berkata lebih baik tdk menikah dan punya anak.

9
Theravada / Pasangan tidak bisa berhubugan seksual
« on: 23 April 2018, 06:51:26 PM »
Halo teman,

Ada satu kisah nyata, dimana ada sepasang suami istri yang baru menikah. Suatu hari si istri diperiksa dokter, hasil pemeriksaan menyatakan si istri tidak boleh berhubungan seksual dikarenakan penyakit yang dideritanya. Namun demikian, si istri mengijinkan suami untuk berhubungan seksual dengan orang lain, jika suami membutuhkannya.

Kalo kita berkhianat terhadap pasangan kita, sudah pasti itu pelanggaran sila ke 3. Di jaman Sang Buddha banyak laki2 poligami, istrinya mengijinkan. Untuk kasus seperti di atas, saya mendapat banyak jawaban, suami mendapat ijin dari istri, jadi menurut teman2 apakah suami tersebut melanggar sila ke 3?

10
Theravada / Apakah bisnis restoran mata pencaharian benar?
« on: 22 April 2018, 12:50:56 PM »
Halo semua,

Ada banyak pendapat mengenai pertanyaan di atas. Tapi setahu saya berdasarkan sumber yg tertera di bawah ini, bisnis restoran bukan mata pencaharian yg salah.

Vaṇijjāsuttaṃ

“Pañcimā, bhikkhave, vaṇijjā upāsakena akaraṇīyā. Katamā pañca? Satthavaṇijjā, sattavaṇijjā, maṃsavaṇijjā, majjavaṇijjā, visavaṇijjā — imā kho, bhikkhave, pañca vaṇijjā upāsakena akaraṇīyā”ti. Sattamaṃ.

Jika seseorang memelihara babi, lalu dipotong utk kemudian dijual daging nya, ini adalah jual beli daging, sehingga termasuk mata pencaharian salah.

Tapi apakah ada yang tahu terjemahan yg akurat dari kutipan bahasa pali di atas, apakah buka restoran adalah mata pencaharian yg benar?

Jawaban berdasarkan Buddhisme Theravada lebih saya utamakan, terima kasih.

11
Theravada / Perbuatan anak dan perbuatan orang tua
« on: 18 April 2018, 09:50:28 PM »
Namo Buddhaya,

Kita sering mendengar kalo seorang anak tidak baik terhadap orang tuanya, anak tersebut melakukan kamma buruk. Yang belum pernah saya dengar adalah bagaimana kalo orang tuanya yang tidak baik dan melakukan perbuatan2 buruk terhadap anaknya. Apakah orang tua tersebut menanam kamma buruk?

12
Theravada / Apakah makan telur sama dengan membunuh?
« on: 02 April 2018, 01:10:20 PM »
Hi semua,

Semua jenis ayam baik negeri ataupun kampung akan menetaskan telur baik dg kehadiran pejantan ataupun tidak. Bedanya setelah berhubungan dg pejantan telur itu adalah fertile/subur = bs jadi anak ayam jika dieram, tp telur yg dihasilkan tanpa berhubungan dg pejantan adalah telur infertile/tidak bs menghasilkan anak ayam.

Di luar negeri peternakan ayam telur tdk memiliki jantan, mereka hanya memelihara betina penghasil telur, sehingga bisa dipastikan 100% telurnya tdk dibuahi dan tdk memiliki nyawa.

Bagaimana dg Indonesia, bagaimana kita bs memastikan telurnya belum dibuahi? Apakah makan telur sama dg membunuh? Mungkin ada yg tau? Terima kasih.

13
Diskusi Umum / Master Lu Jun Hong
« on: 10 March 2018, 02:36:33 PM »
Ada yang pernah denger master lu Jun Hong? Orang yang bisa bantu menyelesaikan masalah dan menyembuhkan penyakit banyak orang.
Besok ada acaranya di ICE, Tangerang. Ada yg pergi?

Apakah pernah ada lembaga agama Buddha Indonesia yang menyatakan kalau master lu adalah termasuk agama Buddha?

http://indo.guanyincitta.info

14
Theravada / Samsara
« on: 19 February 2018, 06:13:50 PM »
Alo temen2,

Dikatakan panjangnya samsara itu tak terhitung, kita udah berkelana di enam alam kehidupan tak terhitung banyaknya.
Juga dikatakan kita pernah lahir jadi dewa, manusia, asura, peta dan lain2.

Tapi apakah kita pernah menjadi/mengalami apapun yg dialami orang lain di dunia ini? Di dunia ini kan ada orang cacat, orang lepra, orang kaya, banci, dll. Kita pernah jadi itu semua?

15
Theravada / Hubungan yg sah
« on: 14 February 2018, 09:05:23 AM »
Alo temen2,

Kita menjalankan pancasila untuk menghindari perbuatan yg merugikan diri sendiri dan orang lain.

Kalo sepasang orang telah disetujui oleh orang tua mereka untuk menjadi suami istri, ini berarti mereka sudah sah sebagai suami istri kan ya?  _/\_


Pages: [1] 2 3
anything