Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - markosprawira

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 88
1
Gadget dan Toys / Enam Cara Mengetik Cepat dengan Android
« on: 19 August 2010, 04:05:15 PM »


PONSEL cerdas (smartphone) menawarkan berbagai kemudahan, tak terkecuali yang berbasis Android. Berikut ini enam cara mudah untuk mengetik teks pada ponsel-ponsel berbasis Android.

1. Gunakan Android Voice-to-Text

Fitur pengenal suara itu dapat ditemui pada ponsel berbasis Android 2,1 dan versi yang muncul sesudahnya. Berbekal Android Voice-to-Text, pengetikan dapat dilakukan melalui suara. Untuk menggunakannya, ketukkan microphone key yang terletak pada sudut kiri bawah keyboard. Cara lain, geser jari menyusuri keyboard dari kanan ke kiri. Tindakan itu akan memunculkan boks Speak Now. Jika boks sudah muncul, Anda dapat mulai bicara dan sistem akan menerjemahkan kata-kata dalam bentuk teks. Namun, saat ini sistem hanya mengenali kata-kata berbahasa Inggris seperti comma, point, sad face untuk mengetik tanda baca koma dan titik, serta ekspresi wajah sedih.

2. Pakai Vlingo

Aplikasi Vlingo dapat diunduh secara gratis di toko aplikasi online Android Market. Vlingo dapat mendiktekan suara pada ponsel berbasis Android. Aplikasi itu memiliki kemampuan yang lebih canggih ketimbang fungsi Voice-to-Text. Sebagai contoh, cukup dengan satu sentuhan pada layar, pengguna ponsel dapat langsung menghubungi nomor-nomor yang terdapat di dalam contact.

Vlingo juga dapat digunakan untuk membuat dan mengirim SMS dan email, mencari situs web, memberi petunjuk dan
membuka aplikasi lain hanya dengan mengucapkan beberapa patah kata. Untuk mengaktifkan Vlingo, ketuk widget pada home screen atau tekan Search pada ponsel.

3. Manfaatkan Google Voice Actions

Fitur yang baru diluncurkan beberapa hari lalu itu hanya dapat digunakan di ponsel-ponsel berbasis Android 2,2. Google Voice Actions bekerja dengan mengombinasikan kemampuan mengenali suara dan fungsi pencarian (Search) pada ponsel. Sejumlah perintah pada Voice Actions mirip dengan yang terdapat pada Vlingo. Sebut saja perintah send text to, call, send e-mail to, navigate to, directions to dan map of. Meski begitu, ada pula perintah yang belum dapat dijalankan di aplikasi lain seperti note to self, go to dan listen to. Voice Actions disediakan secara gratis melalui Android Market.

4. Mengetik dengan Swype

Swype memungkinkan pengguna ponsel berbasis Android mengetik hanya dengan menggeserkan jari-jari mereka pada keyboard virtual. Artinya, pengguna tidak perlu mengetukkan jari pada huruf atau angka untuk mengetik teks. Pencipta aplikasi Swype mengklaim sistem tersebut dapat mempercepat waktu pengetikan sekitar 20-30 persen lebih cepat ketimbang menggunakan keyboard standar.

5. Gunakan fitur prediksi SwiftKey

Ingat fitur prediksi T9 yang dapat digunakan untuk menebak kata? Nah, fitur prediksi SwiftKey mirip dengan itu. Seperti tercantum dalam situs pcworld.com, SwiftKey dapat memprediksi apa yang pengguna ingin katakan dengan brilian. SwiftKey bekerja dengan menyusuri kata-kata yang telah diketik, lalu menggunakannya sebagai landasan untuk menebak. Program dapat mulai memprediksi setelah pengguna mengetik dua karakter. SwiftKey dapat diperoleh secara gratis di Android Market.

6. Manfaatkan BlindType

Seperti namanya, aplikasi BlindType dibuat agar pengguna dapat mengetik tanpa perlu melihat layar ponsel. Aplikasi itu unik karena dapat menghasilkan tulisan yang pengguna coba katakan meski jari jemari mereka menunjuk angka atau huruf yang salah. (Noy/OL-06)

sumber : mediaindonesia

2
Teknologi Informasi / Panther 2.0, Laptop Setara Server
« on: 19 August 2010, 04:03:36 PM »
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sebuah pabrikan komputer asal Kanada menawarkan komputer jinjing dengan kapasitas "jumbo". Laptop yang diberi nama Panther 2.0 itu menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 4 Tera Bita dan prosesor Intel tercepat, enam core.

Panther 2.0 dirancang untuk menjalankan grafis high-end dan program Computer Aided Design (CAD). Di situsnya, pembuatan PC Eurocom mengatakan sudah membuka pemesanan bagi peminat laptop jumbo tersebut.

Dengan kapasitas penyimpanan mencapai 4TB, artinya sama atau melebihi yang ditawarkan desktop bahkan server yang ada saat ini. Peminat Panther 2.0 juga dapat meiliki penggunaan pocessor Intel Core i7 Extreme Edition atau chip Xeon 5600, yang memiliki hingga enam core prosesor dan dijalankan pada kecepatan hingga 3.33GHz. Chip ini biasanya ditemukan di desktop high-end atau server.

Laptop tersebut juga memiliki layar yang luas, yakni 17,3 inci dilengkapi memori 24 Giga Bita dan webcam 3.0-megapixel -padahal kebanyakan laptop hanya memberikan webcam sebesar 1.3 sampai 2.0 megapixel.

Kinerja grafis pada Panther 2.0 menggunakan Nvidia GTX480M dan Advanced Micro Devices ATI Radeon HD5870 graphics card. Laptop ini juga didukung teknologi AMD CrossFire X dan Scalable Link Interface Nvidia (SLI) untuk menghubungkan kartu grafis bersama-sama.

Soal harga tentunya juga tak sama seperti notebook kebanyakan. Panther 2.0 dibanderol dengan harga US$8,634 atau sekitar Rp 80 juta per unit.

3
Gadget dan Toys / Dell Hentikan "Pre Installed" Ubuntu
« on: 29 July 2010, 08:20:06 AM »
AKARTA, KOMPAS.com - Dell telah memutuskan untuk menghentikan penjualan laptop dan PC yang menggunakan sistem operasi Ubuntu, salah satu distro yang berbasis open source Linux. Meski demikian, perusahaan itu mengatakan tetap akan melakukan penjualan laptop dan PC menggunakan Ubuntu bila ada permintaan dari pelanggannya saja.

Dell telah menawarkan sistem konsumen pilih dengan Ubuntu pre-installed selama lebih dari dua tahun. Namun, Dell memutuskan untuk menghapus mesin Ubuntu dari saluran penjualan online-nya karena platform itu dinilai lebih cocok untuk pengguna tingkat lanjut dan penggemar komputasi. Dengan demikian Dell berusaha menyederhanakan penjualan onlinenya dan berfokus pada produk-produk unggulannya.

Keputusan ini sedikit mengejutkan karena pada bulan lalu, Dell menyatakan bahwa Ubuntu lebih aman dibandingkan dengan sistem operasi Microsoft Windows dan menawarkan perlindungan lebih saat browsing web. "Ubuntu lebih aman dibandingkan Windows, sebagian besar virus dan spyware tidak menargetkan Linux untuk menjadi sasaran serangan yang di lakukan para hacker," ungkap Dell.

Linux telah eksis selama hampir 20 tahun dan selalu diunggulkan karena stabil dan handal selain itu Linux juga bisa di modifikasi sesuai keninginan pemiliknya. Hingga saat ini Linux telah digunakan di banyak komputer, mulai dari komputer dengan ukuran besar hingga ukuran kecil.

4
Gadget dan Toys / Parade Tablet Setelah iPad
« on: 29 July 2010, 08:08:23 AM »


TEMPO Interaktif, Jakarta - Membeludaknya antrean pembeli Apple iPad di Amerika Serikat saat peluncuran perdana produk ini, April lalu, belum hilang dari ingatan kita. Produk vendor komputer berlambang buah apel ini memang mendulang sukses. Hanya dalam tiga bulan sejak peluncuran perdana, tablet yang diluncurkan dalam dua varian (Wi-Fi dan 3G) ini mencatatkan rekor penjualan hingga 3 juta unit. Tak mengherankan jika lantas banyak vendor yang ingin meraup keuntungan dari demam iPad ini.

Tak terkecuali di Indonesia. Dua pabrikan lokal, seperti Zyrex dan Skybee, memulainya dengan meluncurkan PC tablet di Indonesia Cellular Show 2010. Zyrex meluncurkan tablet bernama OnePad, sedangkan Skybee merilis Skypad. Zyrex bahkan menyediakan dua pilihan sistem operasi untuk produknya itu.

Embel-embel "pad" membuat orang mudah menebak: kedua produk anyar ini mencoba menyamai iPad, meski bentuknya tak sama persis. CEO PT Sykbee Tbk Kendro Hendra optimistis produknya itu mampu mengobati rasa penasaran pengguna lokal terhadap iPad. Kendro tak menampik anggapan bahwa sukses iPad yang mendorong mereka membuat perangkat mirip iPad atau yang sering disebut "iPad wannabe" itu.

"Kami memang follower, tapi kami harus punya sesuatu yang berbeda untuk dilirik konsumen," ujar Kendro. Dia menyebutkan Skypad sebagai mobile Internet device.

Adapun Zyrex, selain menyediakan dua pilihan sistem operasi, mengandalkan teknologi multitouch. "Kami tak takut bersaing. Dari sisi teknologi tak jauh beda, secara kualitas juga sama, tinggal konsumen apakah mau memilih brand lokal ini," kata Nursam, Manajer Komunikasi, Promosi, dan Pemasaran PT Zyrexindo Mandiri Buana.

Selain dua vendor lokal itu, Huawei turut meramaikan parade PC tablet di pameran tersebut. Vendor Cina ini meluncurkan SmaKit S7, PC tablet yang juga bisa berfungsi sebagai telepon seluler. Menyusul OnePad, Skypad, dan SmaKit S7, kabarnya sejumlah "iPad wannabe" lainnya akan meluncur tahun depan. Informasi mengenai hal ini bertebaran di Internet. Sebut saja iPed, EzyPad, inPad, LifesPad, atau Meizu Mbook.


DIAN YULIASTUTI | DIM | BERBAGAI SUMBER


1. OnePad

a. OnePad MS110:

- Prosesor: Samsung ARM Cortex A-8 S5PC100

- Memori: 512 MB DDR3, 16 GB iNand

- Layar: 10 inci 16 : 9 multitouch screen

- Kamera: tak ada

- Konektivitas: Mini USB 3,0, mini HDMI, Wi-Fi 802,11b/g/n

- Sistem operasi: Android

- Fitur lain: stereo speaker, G-sensor

- Dimensi: 253 x 164 x12,5 mm, 620 gram

- Harga: Rp 3,5 juta

- Tombol sentuh tak terlalu responsif


b. OnePad MP1210

- Prosesor: Intel Atom N450 166 GHz

- Memori: 1 GB DDR2

- Layar: 10 inci 16 : 9 multitouch screen

- Kamera: 1,3 MP webcam

- Konektivitas: USB 2,0, LAN, Wi-Fi 802,11b/g/n

- Sistem operasi: Windows 7

- Dimensi: 263 x 168 x 18 mm, 900 gram

- Harga: Rp 4,5 juta, belum termasuk harga sistem operasi

- Tombol sentuh tak terlalu responsif


2. Skypad

- CPU Rockchip RK2808 Chipset (ARM 926EJC [at] 600 MHz+DSP)

- Display 800 x 480/7 inci LCD

- Input resistive single point touch screen

- Sensor rockchip accelerometer

- Kamera 1,3 MP

- Jaringan konektivitas Wi-Fi 802,11 Wireless b/g

- Internal memory ROM 128 MB, Nan Flash 2GB, Micro SD Trans Flash hingga 16 GB

- Sistem operasi Android 1,6

- Dimensi 190 x 120 x 14 mm, 400 gram

- Harga Rp 2,5 juta


3. Huawei SmaKit S7

- Sistem operasi Android

- Layar 7 inci WVGA 800 x 480, layar sentuh resistif dan kapasitif

- Sensor gravitasi

- Bluetooth 2.1 dan Micro USB 2.0, Wi-Fi, speaker Hi-Fi, jack audio 3,5 mm

- Slot kartu SIM dan Micro SD

- Multimedia: media player dan photo browser


4. Inkia Pad-inPad 702

- Prosesor Rockchip RK2808 600 Mhz

- Memori 4 GB atau 16 GB SSD, RAM 128-256 MB

- Dua model didukung dua USB port, mini HDMI

- Baterai 2.200 mAH

- Konektivitas Wi-Fi, HDMI port

- Sistem operasi Android


5. LifesPad

- CPU 1 GHz Freescale

- Memori 512 MB DDR2 RAM

- 3G module

- Sistem operasi Android 2,1

- Multitasking


6. Meizu Mbook

- Processor chip 1,5 GHZ

- Berkapabilitas GPS

- Konektivitas Wi-Fi, 3G

- Baterai diharapkan mencapai 12 jam

- Sistem operasi mirip Android

- Layar sentuh selebar 8,4 inci dengan display 1.024 x 768

- Dimensi 210 x 140 x 14 mm

- Rencana dirilis pada 2011


7. Ezy Tablet PC

- Prosesor Atom 1,6

- Hard drive 250 GB RAM 2 GB

- Sistem operasi Windows 7

- Jaringan konektivitas Wi-Fi, 3G, tiga USB port

- Kamera 1,3 MP

- Harga US$ 679

- Layar sentuh 10,2 inci


8. iPed

- Prosesor Intel Chip

- Memori 16 GB RAM 128 MB

- Harga US$ 105

5
Teknologi Informasi / Layanan Data AHA Rambah Bandung
« on: 29 July 2010, 08:06:06 AM »





VIVAnews - Bakrie Connectivity (BConnect), terus memperluas layanan data berbasis teknologi 3,75G, EVDO Rev A.

Bila di awal peluncuran layanannya bulan lalu anak perusahaan Bakrie Telecom itu memulainya dari bagian Timur Pulau Jawa, kini BConnect mulai merambah wilayah Jawa Barat.

Untuk wilayah Bandung sendiri BConnect telah menyiapkan 250 BTS yang semuanya telah dipasangi teknologi EVDO. Direktur Utama Bconnect Erik Meijer mengatakan, dengan tersedianya layanan data Affordable High-Speed Access (AHA), masyarakat Bandung tak perlu lagi khawatir untuk mendapatan kecepatan akses internet cepat.

Pasalnya Bconnect memang telah menginvestasikan dana sebesar US$100 juta untuk memenuhi kepuasan konsumen yang selama ini mengeluh dengan layanan internet mobile yang ada.

"Kami berkomitmen untuk memberikan keseimbangan antara jumlah pengguna dengan jumlah bandwidth. Kita akan terus meningkatkan kapasitas jika suatu wilayah tersebut sudah padat," ujar Direktur Utama Bconnect Erik Meijer, pada Media Launch layanan AHA di Bandung, 28 Juli 2010.

Investasi US$100 juta tadi antara lain dialokasikan untuk melakukan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) baru, maupun upgrade BTS yang sudah ada dengan perangkat baru.

AHA sendiri memanfaatkan jaringan BTS Esia yang telah ada sebelumnya, sekaligus menambahkan EVDO Card dan kanal ekslusif data. "Dengan adanya kanal ekslusif data maka trafik data tidak akan tercampur dengan Esia," ungkapnya.

Laporan: Iwan Kurniawan | Bandung

6
Sains / Mengenal Lebih Dekat Hepatitis
« on: 29 July 2010, 08:04:05 AM »


JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak peringatan Hari Hepatitis Dunia akan dilakukan pada Rabu, 28 Juli 2010. Peringatan ini sebagai bagian dari kampanye berkelanjutan yang diluncurkan oleh World Hepatitis Alliance sejak 2008. Apa yang sebaiknya kita ketahui?

Hepatitis berarti radang hati dan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab hepatitis kronis yang paling umum adalah infeksi virus. Hepatitis B dan C adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B dan virus hepatitis C.

Kedua virus itu secara bersama-sama telah dilaporkan membunuh sekitar 1 juta orang setahun di seluruh dunia, hampir 500 juta orang saat ini terinfeksi hepatitis B atau C kronis, serta 1 dari 3 orang telah terkena salah satu atau kedua virus tersebut. Tidak seperti hepatitis C, hepatitis B dapat dicegah dengan vaksinasi yang efektif.

Hepatitis B adalah infeksi hati yang berpotensi mengancam jiwa dan disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB).

Penyakit ini merupakan masalah kesehatan utama di seluruh dunia dan jenis yang paling serius dari hepatitis virus, yang mengenai dua kali lipat lebih banyak dibandingkan hepatitis C. Penderita yang menjadi kronis terinfeksi dengan VHB berada pada risiko yang lebih tinggi untuk mengalami sirosis hati dan kanker hati.

Empat cara utama penularan HBV adalah kontak seksual, transmisi parenteral dari ibu ke bayi saat lahir (melalui kulit atau melalui pembuluh darah), dan melalui cairan tubuh yang terinfeksi.

Di seluruh dunia, sekitar 2 miliar orang diperkirakan telah terinfeksi virus hepatitis B dan lebih dari 350 juta telah menjadi infeksi hati kronis.

Sebuah vaksin untuk melawan hepatitis B telah tersedia sejak 1982, telah diberikan kepada hampir semua bayi, dan dimasukkan ke dalam program imunisasi nasional di banyak negara, termasuk di Indonesia. Vaksin hepatitis B mencapai tingkat efektivitas 95 persen dalam mencegah infeksi kronis VHB sehingga dianggap sebagai vaksin pertama untuk melawan penyakit kanker.

Hepatitis B seri imunisasi primer terdiri dari tiga dosis vaksin dengan dosis pertama diberikan secepat mungkin setelah bayi lahir.

Sampai akhir 2009, 46 negara di Eropa telah melaksanakan imunisasi hepatitis B universal dengan 29 negara menerapkan imunisasi universal bayi yang baru lahir, 15 negara menerapkan imunisasi bayi pada usia 2-3 bulan, 3 negara menerapkan pada anak-anak dan remaja, serta 6 negara menerapkan vaksinasi untuk orang dewasa dengan risiko tinggi oleh karena perilaku seksual dan pengguna narkoba suntik.

Yang kronis dan akut

Virus hepatitis C (VHC) merupakan penyebab utama dari hepatitis akut dan penyakit hati kronis.

Secara global, 130-170 juta orang diperkirakan terinfeksi dengan VHC kronis dan 3-4 juta yang baru terinfeksi setiap tahun. VHC menular terutama melalui kontak langsung dengan darah manusia dan terutama ditularkan secara parenteral dan vertikal dari ibu ke anak.

Penyebab utama dari infeksi VHC di seluruh dunia adalah penggunaan transfusi darah tanpa diskrining ketat, penggunaan kembali jarum atau jarum suntik yang tidak disterilkan secara memadai.

Berbagi jarum, jarum suntik dan perlengkapan medis oleh pengguna narkoba suntikan merupakan kontribusi infeksi yang signifikan, terutama di Eropa.

Hepatitis C kronis menyebabkan risiko lebih tinggi terjadinya sirosis dan kanker hati. Saat ini belum ada vaksin terhadap VHC yang tersedia.

Beberapa tindakan pencegahan yang efektif, termasuk skrining, tes darah, dan donor organ yang lebih ketat, penggunaan produk plasma darah yang diperketat, pengendalian infeksi yang lebih baik dan praktik injeksi yang aman dalam perawatan pasien di rumah sakit.

Kampanye

Pada 2008, World Hepatitis Alliance meluncurkan kampanye peningkatan kesadaran global dengan tema program ”Am I No 12?”.

Kampanye ini memiliki pesan sederhana dan dirancang untuk mengomunikasikan fakta bahwa satu dari 12 orang di seluruh dunia hidup dengan virus hepatitis B atau C. Dengan demikian, prevalensi hepatitis adalah jauh lebih tinggi daripada HIV atau kanker apa pun.

Hal tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong orang mempertanyakan diri sendiri, apakah dirinya termasuk salah satu dari 12 orang yang terkena. Dengan mempertanyakan diri ini, bukan oleh orang lain yang terkesan mencela, pada umumnya akan lebih berhasil guna dan jika gejalanya sesuai, diharapkan segera menjalani pemeriksaan medis dengan sukarela.

Kampanye tersebut telah sukses besar dan pada 2010, World Hepatitis Alliance meluncurkan tema kampanye baru, ”This is hepatitis&hellip”. Kampanye ini untuk pertama kali mengungkapkan kisah penyebaran virus hepatitis yang sebenarnya dan justru disampaikan oleh orang yang paling dekat dengan orang yang terkena penyakit tersebut.

Inisiatif kampanye ini dipimpin sepenuhnya oleh para pasien hepatitis itu sendiri yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas terhadap bahaya hepatitis B dan hepatitis C.

Tujuan jangka panjang dari kampanye ini adalah untuk mencegah terjadinya infeksi baru dan untuk meningkatkan kualitas hidup para pasien yang terpaksa harus hidup dengan hepatitis B dan C.

Dengan peringatan Hari Hepatitis Dunia tahun ini, diharapkan perhatian semua pihak akan bahaya dan perhatian akan pencegahan untuk hepatitis dapat terus ditingkatkan. Semoga para penderita hepatitis kronis tetap dapat mengisi dan menikmati hari-harinya meski penuh dengan banyak keterbatasan.

FX WIKAN INDRARTO Dokter Spesialis Anak di RS Bethesda, Yogyakarta

7
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi / Crossover Anyar BMW X1 Laris Manis
« on: 22 July 2010, 04:20:57 PM »
Metrogaya-Meski baru saja diluncurkan Kamis pekan lalu,  Crossover anyar milik BMW, X1 nampaknya sudah laris manis di pasaran. Buktinya, deretan penginden mobil yang dimiliki BMW ini  sudah mencapai angka ratusan.

Tercatat sudah 150 orang yang sudah memastikan diri membeli produk ini dan bila ada yang mau memesan lagi, maka harus bersabar memboyongnya ke garasi rumah hingga tahun depan.

"Sudah 150 pre-booking order. Delivery akan kita mulai lakukan di minggu ketiga dan keempat di bulan Juli ini, kalau ada yang pesan lagi baru dapat tahun depan," ujar Corporate Communication Director PT BMW Indonesia, Helena Abidin.



PT BMW Indonesia sendiri secara resmi memboyong duo X1 yakni All new BMW X1 sDrive20d dan BMW X1 sDrive 18i dengan banderol masing-masing sebesar Rp 686 juta dan 598 juta.

Hadirnya kedua mobil anyar ini pun menurut Helena dipercaya akan menambah pundi-pundi pemasukan BMW setelah pada bulan Juni lalu total melepas 112 unit seri X yang saat itu terdiri dari X3, X5 dan X6."X5 kita leading, memimpin di segmennya," tambah Helena. (yc/forum-auto/butuhmobil)


8
Sains / 2011 Orang Buta Bisa Menyetir Mobil Sendiri
« on: 22 July 2010, 03:54:00 PM »



 Metrogaya-Para ilmuwan di Amerika Serikat dan National Federation of the Blind (NFB) atau Federasi Tuna Netra Nasional mengembangkan mobil untuk orang buta dan akan diluncurkan tahun depan.

Kendaraan itu akan dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan orang buta mengenderai mobil secara independen, menurut NFB dan Universitas Virginia Tech.Perlengkapan yang dipasang termasuk sensor dengan sarung tangan bergetar untuk menunjukkan tikungan jalan.

Alat lain yang dipasang adalah rompi yang dapat bergetar untuk memperingatkan pengendara terkait kecepatan, setir yang dilengkapi dengan audio berisi instruksi arah jalan.

Tahun lalu Virginia Tech mengubah mobil kecil yang digunakan di pantai sebagai kendaraan uji coba untuk para pengemudi tunanetra. Mereka menggunakan sensor laser dan kamera yang digunakan sebagai 'mata' kendaraan itu.

Kendaraan baru yang akan diluncurkan tahun depan merupakan mobil modifikasi Ford Escape."Kami menjajahi sektor-sektor yang sebelumnya dianggap tidak mungkin untuk dikerjakan," kata presiden NFB, Marc Maurer.

Ia menambahkan proyek-proyek baru seperti mobil ini dapat mengubah pandangan orang terkait tunanetra. "Kita beralih dari teori bahwa kebutaan menghambat kemampuan manusia, menjadi kebutaan memberikan kontribusi kepada masyarakat,"ungkapnya.

Maurer mengatakan ia mulai mendiskusikan mobil untuk pengendara tunanetra sepuluh tahun lalu. "Sejumlah orang menganggap saya gila," katanya. Mobil jenis baru ini akan diuji coba oleh seorang tunanetra di sirkit balap Daytona di Florida bulan Januari depan. (yc/bbc)

9
Sains / Ikan Sili Nyaris Punah
« on: 22 July 2010, 08:27:00 AM »



SANUR, KOMPAS.com - Ilmuwan biologi dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah, mengatakan populasi salah satu ikan sungai yang dikenal dengan nama sili (Mastacembelidae Eel) terancam menurun.
     
"Oleh karena itu, diperlukan konservasi untuk penyelamatan agar tidak punah," kata Dr rer. nat. Windiarini Lestari, peneliti dari Fakultas Biologi Unversitas Jenderal Sudirman (Unsoed Purwokerto di arena pertemuan tahunan Association for Tripical and Conservation (ATBC) di Sanur, Bali, Rabu (21/7/2010).
     
Ia mengatakan diperlukan budi daya agar populasi ikan sili ini tidak semakin menurun. Pada pertemuan ATBC, 19-23 Juli 2010 yang diikuti sekitar 900 ilmuwan dalam negeri dan mancanegara itu, ia memaparkan tema "Ekologi dan Konservasi Mastacembelidea Eel berduri di Sungai Klawing, Jawa Tengah".
     
Ia menjelaskan ada satu spesies ikan sungai yang dikenal dengan nama lokal sili, diketahui sudah menurun populasinya. Dalam arti jumlah ikan tersebut sudah menurun, khususnya pada beberapa sungai di Banyumas dan Purbalingga, termasuk Sungai Serayu di Wonosobo, Jawa Tengah.
     
Dalam penelitian yang dilakukan sejak 2000 di Sungai Klawing, salah satu sungai di Kabupaten Purbalingga, diketahui bahwa tingkat keterancamannya cukup serius.
     
Berdasarkan data penelitian yang dilakukannya sejak tahun 2000-an, tidak pernah didapatkan dalam satu lokasi di sungai lebih dari 10 individu. "Jadi memang (jumlah yang bisa ditemkan) kecil sekali," katanya.
     
Ia memberi contoh di Sungai Klawing, paling banyak hanya bisa
diperoleh tiga hingga empat ekor, itu pun untuk mendapatkan sudah susah sekali, jadi ini memang harus segera mendapat perhatian khusus untuk kita upayakan konservasi dengan budi daya," katanya menengaskan.
     
Menurut dia, membudidayakan ikan itu agar tidak punah, mestinya juga dilakukan oleh otoritas berwenang, seperti dinas perikanan di daerah setempat. "Balai penelitian perikanan memang ada, tapi belum mengarah ke ikan sungai, masih sebatas ikan-ikan konsumsi," katanya.
     
Ikan sili, selain ditangkap untuk konsumsi, juga dikenal sebagai ikan hias. Biasanya orang kalau mau pilih ikan hias itu kalau yang cantik dan bagus.
     
"Nah, salah satu ikan ini dijadikan ikan hias karena motifnya seperti batik berwarna coklat, dan diambil orang karena bentuknya seperti pita, itu diambil untuk dipelihara di aquarium," katanya.
     
Ketika ditanya apakan penurunan populasi ikan itu karena ditangkap untuk konsumsi atau kepentingan ikan hias, ia menjelaskan bahwa masyarakat menangkap ikan itu tanpa sengaja. Jika dapat, dijual ke pedagang ikan.

       
Dasar berlumpur
     
Ia menjelaskan bahwa untuk habitat khusus, ikan ini tidak punya, dan bisa tinggal di hampir di semua sungai. Hanya saja, ikan itu lebih suka tinggal di pinggiran sungai dengan dasar yang berlumpur.
     
Selain itu, sungai tempat habitat ikan itu dinaungi pohon dan tidak bisa kena matahari langsung, dengan makanan utama udang.
     
Menurut dia, masyarakat menangkap di sungai untuk dijual atau dipelihara di akuarium. "Jadi ikan ini diambil di habitat alamnya, sehingga menimbulkan terus menurunnya populasi," kata Windiarini Lestari, doktor lulusan Universitas Goettingen, Jerman dengan spesialisasi "Nature Conservation".
     
Diakuinya bahwa ikan sili yang di Indonesia tercatat ada 11 species, termasuk di Pulau Jawa ada tiga species itu, juga terdapat di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.
     
"Di Jawa ada tiga species, dan di Unsoed kami hanya mendapatkan dua species, dan satu lagi hingga saat ini satu species belum ditemukan," katanya.
     
Ia mengatakan budi daya ikan itu di Indonesia belum berhasil, dan penelitian yang dilakukan pihaknya saat ini sedang mengarah ke penemuan cara budi daya.
     
"Kami sedang mencoba ke arah sana, sementara ini kami sedang belajar ekologi, yang kalau kita bilang ekologi itu adalah rumah dari ikan tersebut agar bisa diketahui tempat tinggalnya yang khas yang dia sukai, seperti berlumpur, di bawah naungan, dan agak gelap," katanya.
     
Menjawab pertanyaan apakah di Unsoed ada contoh untuk penelitian budi daya, ia menjelaskan bahwa penelitiannya memang harus ke sungai. "Sampat saat ini kami belum sanggup untuk budi daya," katanya.
     
Ia menambahkan bahwa pihaknya masih studi mengenai berapa populasi yang ada di alam. Jika jumlahnya sedikit, maka harus dicari tempat yang disukai sehingga diketahui persis.
     
Setelah itu, baru dibuatkan manipulasi untuk lokasi yang mirip di alam, dan setelah itu baru dipindahkan. "Setelah bisa bertahan hidup, baru kita coba untuk dikawinkan, yang mengarah ke budi daya," katanya.
     
Menurut dia, melalui forum ATBC 2010 itu, ia hanya ingin mengingatkan bahwa ikan-ikan sungai sudah selayaknya mendapat perhatian karena populasinya sudah menurun. Penurunan itu, baik pada spesies maupun jumlah keragamannya, terutama karena kerusakan habitat sungai akibat penggalian, pencemaran--limbah rumah tannga-- dan juga kegiatan penggalian pasir dan batu.
     
"Padahal tempat itu merupakan sumber utama makanan dan tempat tinggal ikan tersebut," katanya.

10
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi / IIMS ke - 18
« on: 22 July 2010, 08:05:11 AM »
Sharing berita mengenai IIMS ke - 18 di JIEXPO

11
Sains / Bintang Terbesar Ditemukan Astronom Inggris
« on: 22 July 2010, 08:03:32 AM »
 TEMPO Interaktif, Jakarta - Sebuah bintang terberat yang diketahui dengan massa 320 kali lebih besar dari matahari telah ditemukan di tepi galaksi kita oleh para astronom Inggris.

Para ilmuwan di University of Sheffield menemukan bintang raksasa bernama R136a1 menggunakan Teleskop Observatorium Eropa di Chile dan data dari Teleskop Ruang Angkasa Hubble.

Bintang tersebut terletak di Tarantula Nebula di Awan Magellan Besar, sebuah galaksi satelit kecil yang mengorbit Bima Sakti.

Sebelumnya, bintang terberat yang diketahui adalah sekitar 150 kali massa matahari, dan ini diyakini dekat dengan batas ukuran kosmis.

Saat bintang-bintang semakin besar, jumlah energi yang dibuat dalam inti mereka tumbuh di tingkat yang lebih cepat daripada gaya gravitasi yang mengumpulkan mereka bersama-sama. Energi yang dihasilkan pada akhirnya menjadi begitu kuat sehingga bintang-bintang itu terkoyak-koyak.

Hal ini dikenal sebagai "Batas Eddington", setelah fisikawan Inggris Arthur Eddington pada tahun 1919 membuktikan teori relativitas Einstein dengan menunjukkan bahwa cahaya dibengkokkan oleh gravitasi.

Ia percaya bahwa Batas Eddington dicapai pada sekitar 150 massa matahari.

Namun, R136a1 telah diukur 265 kali massa matahari. Karena bintang besar dengan cepat kehilangan massa saat mereka tumbuh lebih tua dengan mengubahnya menjadi energi, R136a1 telah kehilangan 20 persen dari massa dalam kehidupan jutaan tahun. Diyakini awalnya dia berukuran 320 massa matahari.

Matahari, sebagai perbandingan, telah terbakar selama 4,57 miliar tahun dan telah mengkonversi hanya 0,03 persen dari massanya menjadi energi.

Peneliti utama dalam tim Sheffield, Profesor Paul Crowther, mengatakan pada Astronomi Now: "Karena kedekatannya dengan Batas Eddington dia kehilangan massa pada tingkat yang cukup tinggi." R136a1 diyakini memiliki temperatur permukaan lebih dari 40 ribu derajat Celcius, dan adalah 10 juta kali lebih terang dari matahari.

Di antara bintang-bintang terbesar yang diketahui sebelumnya adalah Bintang Pistol, antara 80 dan 150 massa matahari, dan Eta Carinae, sekitar 100 massa matahari. Bintang Pistol memancarkan energi dalam 20 detik sama dengan yang dipancarkan matahari kita dalam satu tahun. Namun, keduanya sama sekali kerdil dibandingkan penemuan baru itu.

Menurut Astronomi Now, R136a1 mengeluarkan energi lebih banyak dibanding semua bintang dalam Nebula Orion.

Ada empat bintang di cluster RCM 136a di mana R136a1 berada, dengan massa lebih dari 150 kali massa matahari. Empat bintang itu saja memberikan setengah dari energi cluster keseluruhan, yang berisi total 100 ribu bintang.

Bintang seperti R136a1 diyakini terbentuk dari penggabungan beberapa bintang muda bersama-sama, dan hanya ditemukan di jantung gugus bintang.

Prof Crowther mencurigai bahwa ini adalah sebesar-besarnya bintang yang tercipta. Dia mengatakan: "Karena kelangkaan monster ini, saya pikir tidak mungkin catatan baru ini akan dipecahkan dalam waktu dekat."

Hasil kerja tim ini dapat ditemukan dalam edisi terbaru Royal Astronomical Society.

TELEGRAPH | EZ

12
Sains / Sebuah Area Misterius Terekam Google Map
« on: 22 July 2010, 08:02:32 AM »


TEMPO Interaktif, Beijing - Google Map menemukan sebuah kawasan misterius di daratan padang pasir Cina. Wilayah yang belum dapat diidentifikasi fungsinya itu diperkirakan merupakan area yang dibangun oleh militer Cina.

Gambar yang ditunjukkan pada layanan peta mesin pencari Google itu berbentuk bentangan gambar garis putih raksasa itu yang terletak pada koordinat 40°27’4.87 Utara, 93°44’42.90 Timur.

Salah satu indikasi bahwa wilayah itu dibangun oleh militer Cina karena ada sebuah area yang mirip dengan lapangan parkir pesawat jet yang terletak pada koordinat 40°27’23.66 Utara, 93°23’7.78 Timur.

Pada Februari lalu, layanan Google Map dan Google Earth juga menemukan "kuburan" bangkai pesawat militer Amerika Serikat. Pada tampilannya, lokasi makam pesawat yang diberi nama The Boneyard ini menunjukkan deretan pesawat yang sudah usang.

Sedikitnya 4000 pesawat dikuburkan di tempat yang luasnya sekitar 1430 lapangan sepak bola itu. Jenis pesawat yang sudah usang seperti pesawat jet F-14 yang tak digunakan lagi sejak 2006.

PC World|Rini K

13
Sains / Google Gunakan Tenaga Angin Untuk Hidupi Pusat Data
« on: 22 July 2010, 07:57:16 AM »



TEMPO Interaktif, San Francisco - Google Inc sepakat untuk membeli tenaga angin dari NextEra Energi Inc selama 20 tahun ke depan untuk menghidupkan pusat data.

Kesepakatan itu terjadi kurang dari tiga bulan setelah perusahaan raksasa asal Silicon Valley itu menginvestasikan US$ 38,8 juta untuk menghidupi "ladang" angin di wilayah North Dakota. Wilayah penghasil angin itu dikelola oleh NextEra Energy Resources dan mampu menghasilkan energi yang cukup untuk daya lebih dari 55 ribu rumah.

Dalam sebuah blog di situs Google, Wakil Presiden Google Urs Hoelzle menulis Google Energi LLC akan mulai membeli tenaga angin dari NextEra di Iowa pada 30 Juli mendatang. "Memindahkan energi ke tenaga angin memang rumit, tapi ini cukup kuat untuk mensuplai energi untuk beberapa pusat data," kata Hoelzle.

Reuters|Rini K

14
Gadget dan Toys / iPad Generasi Kedua Bisa Digulung
« on: 22 July 2010, 07:53:19 AM »
TEMPO Interaktif, Taipei -  iPad generasi kedua yang rencananya akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun ini memiliki bentuk yang unik, bisa digulung.

Digitimes Taipei menyatakan iPad nantinya akan lebih ramping dengan layar ukuran 5,6 dan 7 inci. Sementara Apple iPad yang sudah beredar di pasaran sekarang memiliki layar seluas 9 inci. Layar iPad bisa digulung karena memiliki teknologi Organic Light-Emitting Diode atau OLED.

Menurut sumber Digitimes Taipei, Apple telah memesan komponen untuk iPad terbarunya itu pada sebuah perusahaan di Taiwan. Rencananya komputer tablet gulung itu akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun ini atau awal tahun 2011.

Ada tiga model layar yang sudah dipesan, yakni layar 9,7 inci, 5,6 inci, dan 7-inci. iPad model 5,6 dan 7 inci akan menyasar pasar pembaca e-book, sedangkan model 9,7 inci akan menjadi perangkat hiburan multimedia.

Namun pembuatan layar OLED memakan biaya yang cukup mahal. Menurut analis senior Digitimes Research, Mingchi Kuo, harga layar LCD iPad ukuran 9,7 inci sebesar US$ 60 sampai US $ 70, sementara harga layar OLED dengan ukuran yang sama sekitar US$ 500.

PC World|Rini K

15
Gadget dan Toys / HP Patenkan Merek PalmPad, Pesaing iPad?
« on: 22 July 2010, 07:52:24 AM »


JAKARTA, KOMPAS.com - Hewlett-Packard telah mematenkan sebuah merek dagang dengan nama "PalmPad" yang diprediksi kuat sebagai nama komputer tablet yang bakal dipasarkannya. Sebab, kategori paten untuk merek tersebut adalah untuk komputer, hardware komputer, software komputer, peripheral komputer, komputer portable, handheld, komputer mobile, PDA, notepad elektronik, dan perangkat elektronika digital mobile.

Bisa jadi, PalmPad merupakan tablet berbasis WebOS, sistem operasi yang dikembangkan Palm setelah akuisisi Palm. HP rela merogoh kocek sebesar 1,2 miliar dollar AS untuk membeli Palm.  Tidak lama setelah akuisisi selesai, HP mengumumkan keinginannya untuk mengkombinasikan antara WebOS dan perangkat mobile-nya termasuk tablet PC di masa yang akan datang. Selain itu HP juga mengatakan bahwa WebOS juga dapat digunakan untuk perangkat non komputer dan printer.

Hp awalnya menjalin kerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan komputer tablet berbasis Windows 7 dengan nama Slate. Komputer tablet ini pertama kali diperkenalkan oleh CEO Microsoft Steve Ballmer dalam World Mobile Congress 20101 di Barcelona, Spanyol, awal tahun ini. Namun, begitu HP mengakusisi Palm, kerja sama tersebut seolah hilang begitu saja. Bahkan, Ballmer dalam presentasi belum lama ini tak memasukkan nama HP dalam daftar mitra pengembangan komputer tablet.

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 88