Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - Riky_dave

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 282
1
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 02 April 2013, 03:22:06 PM »
ketidakpatuhan bhikkhu dalam menerapkan vinaya itu salah satu kondisi untuk semakin cepat berakhir-nya buddha sasana, berakhir-nya pencapaian kesucian.

masa ?apakah tidak ada pencapaian tanpa adanya sangha ?

2
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 02 April 2013, 03:18:30 PM »
jadi yang anda ikuti itu menurut anda, versi yang mana ?
versi ehipassiko donk....

3
Jurnal Pribadi / Re: Merespon Pertanyaan Rekan-rekan
« on: 02 April 2013, 10:02:08 AM »
asal sebut aja, tr jd mantra jg tuch

4
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 02 April 2013, 09:29:04 AM »
"Sayang sekali Buddha terlalu cepat parinibbana..." "Sayang sekali ajaran hanya bertahan sebentar..." "Sayang sekali sangha bhikkhuni punah ..."

Sebetulnya itu, yang sangat disayangkan adalah kalau kita ga sadar bahwa Buddha ngomong udah entah berapa ribu kali bahwa semua fenomena berkondisi itu tidak kekal. Sikap kita yang mempertahankan yang tidak kekal sebagai kekal itu yang bikin penderitaan.

jadi, apa kita buat bro ?

5
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 02 April 2013, 09:28:24 AM »
Emang Sang Buddha ga tau kl bhikkhuni bisa punah ya? Kayanya kl mau membuat bhikkhuni ada lagi bukan hal yang jelek juga kan? Mgkn cara penggalangan dananya aja yg salah ya?

Buddha aja pada awalnya tidak setuju dalam pembtkkan sangha bhikkhuni, search google baca kisahnya....

6
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 01 April 2013, 09:57:08 PM »
Kita semua berpikir bagaimana caranya menghindari penderitaan, tetapi kita tidak pernah berlatih, kita tidak pernah berusaha untuk memahami arti dari sutta/paritta, lalu dimanakah penderitaan akan berakhir dengan begitu ?

Walau mereka memiliki sutta/paritta untuk dapat menyadari kebenaran, tetapi mereka malah menggunakannya untuk memperbesar khayalan mereka ! Mereka sesungguhnya telah membelakangi jalan yang benar !

Jika kita meneliti persoalan ini, kita akan mengetahui bahwa kebanyakan dari mereka malah semakin tersesat, tetapi kita tidak bisa memberitahukannya kepada mereka disebabkan segala sesuatu telah dirubah dan diaminkan menjadi sebuah bentuk ritual/upacara, kebanyakan dari mereka senang untuk membacakan paritta, tetapi sayang mereka membacakannya dengan avijja bukan dengan kebijaksanaan...

Mereka mengatakan bahwa mereka mengajarkan orang menjadi lebih memahami Dhamma, lebih mengerti Dhamma, lebih pinter tentang Dhamma, tetapi sesungguhnya mereka hanya jika kita melihat dari segi kebenaran maka sesungguhnya apa yang mereka ajarankan kepada orang hanya untuk membuat orang-orang tersebut menjadi lebih tersesat dan terikat pada khayalan !

7
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 01 April 2013, 09:51:15 PM »
nasib2, Buddha ada aja belum tentu tercerahkan, apalagi Buddha gk ada....:D

8
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 01 April 2013, 09:45:25 PM »
jangan disalahartikan dengan semuanya harus serba diri sendiri...
umat awam juga masih butuh bimbingan orang yang lebih bijaksana..
Bhikkhu zaman dulu aja masih butuh bimbingan Sang Buddha kok...
yang di grey zone baru kita nilai sendiri, tapi kalo yang udah jelas yang mana hitam, yang mana putih, yah gak usah ditafsir2kan lagi.. ;D
yang ada nanti makin ngaco... ;D

terlalu banyak bimbingan tar bentrok juga, makanya di bilang selami ke dalam batin masing - masing, jadilah pelita bagi dirimu sendiri....gitu loch bro...

9
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 01 April 2013, 09:33:24 PM »
anggota sangha sendiri berbeda pendapat  :))
jadi gimana menilainya?

selami ke dalam batin masing - masing.... :-)

10
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 01 April 2013, 09:29:09 PM »
ikutin kata hati sendiri, atau kata hati Sangha lebih bagus?? :P
secara general, setidaknya anggota Sangha lebih berkompeten dalam hal Dhamma daripada kita umat awam..

lho.....jadilah pelita bagi dirimu sendirii ???....

11
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 01 April 2013, 09:24:01 PM »
jadi bagaimana konsili ke-6 ini memutuskan apakah meditasi vipassana kering tanpa jhana atau meditasi samatha berjhana untuk mencapai kesucian? kedua2nya mengklaim pendapat yang berseberangan itu salah...

bagaimana dengan pendapat abhidhamma itu adalah sisipan belakangan? dengan otoritas konsili ke-6 apakah itu berarti yang menolak abhidhamma itu sesat dan salah?

apakah otoritas ini bisa menyelesaikan polemik2 tadi?


mungkin mengurangi polemik yang ada, nanti kita buat katedral aja...biar seru...hahaha....

12
Sekolah itu gak penting penting banget....tapi sosialisasi dan hubungan masyarakat adalah kunci kesuksesasan dalam segala bidang, bahkan SammaSambuddha sendiri terus menerus bersosialisasi dengan masyarakat awam, begitu juga dengna Sangha ...

13
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 01 April 2013, 09:18:34 PM »
kalau memang mengurangi LDM dan condong arah ke Nibbana
tidaklah mengapa.

Nah, soal mengurangi LDM sama condong ke arah Nibbana, no comment dah....Nobody know....

14
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 01 April 2013, 08:41:02 PM »
Konsili Sangha ke-6 di Myanmar tahun 1954 - 1956 tidak bisa jadi otoritas tertinggi ?

di-ikuti 2.500 bhikkhu theravada dari 8 negara Buddhis Theravada, yaitu Myanmar, Thailand, Cambodia, Laos, Vietnam, Sri Lanka, India, and Nepal.

Selama 2 tahun, teks literatur buddhis dikumpulkan dari berbagai negara tersebut, diperiksa secara seksama, dan perbaikan-perbaikan di lakukan jika ada. dan hasil-nya tidak banyak perbedaan berarti di antara teks-teks yang ada pada saat itu...

Mahasi Sayadaw sebagai pemimpin Konsili menanyakan banyak teks dhamma kepada  Bhadanta Vicittasarabhivamsa (Mingun Sayadaw) yang terkenal sebagai orang yang berhasil menghapal Isi Tipitaka untuk pertama sekali pada jaman modern ini.
(Note : tercatat dalam Guiness Books of Record)



Pak, aku paling ragu sama yang gituan, karena di revisi oleh "orang yang belum tentu telah mencapai kesucian", ya walau ada 2 kebijaksanaan, yang 1 kebijaksanaan murni, yang satu lagi kebijaksanaan duniawi...at least, people always make mistake....

So?Ikutin kata hati ajaaaaa ??

15
Theravada / Re: AJAHN BRAHM kontroversi
« on: 01 April 2013, 10:28:50 AM »
brahmajala sutta gak mengcover semua perbedaan pendapat yang ada itu...

brahmajala sutta gak mengcover semua perbedaan pendapat yang ada itu...


solusi anda ?

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 ... 282