Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - ashlynn_nicole

Pages: [1] 2
1
Kafe Jongkok / Re: RAMALAN 99% GRATIS(khusus manusia 1/2)
« on: 09 July 2009, 07:18:50 PM »
om, mau diramal juga dong...  ;D  gw lahir 6 desember 1989. cocok ga ama yg lahir 16 april 1986? ;D
 ^:)^  ^:)^

2
hoo... iyaa yg suhu kasih ituu yg benerr... ;D ;D ;D
soalnya wnya ambilnya dari threadnya suhu=>>http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,195.0.html
thanks suhuu \;D/\;D/\;D/ dah dikasih tau link yg benarr\;D/\;D/\;D/

hohoho.. thanks loh..  _/\_


[at] ashlynn
yah tu dalam bahasa awamnya ngomongnya begitu, kalo dalam versi buddhist, kalo kondisinya memungkinkan mereka untuk bertemu kembali ya pasti ketemu lagi.... kalo kondisinya ga muncul ya ga bakal ketemu.........:)

maksudnya kondisinya ga muncul gimana?

misalnya spt membuat kue bolu... kue bolu bisa jadi kalo ada kondisi temperatur/oven yg cukup panas, pengocokan adonan yg cukup, bahan baku yg cukup. kalo x1 dr kondisi tersebut ga ada, mis. gada oven buat memanaskan, maka kue bolu itu ga kan jadi. spt bunga, bisa mekar krn kelembaban cukup, cahaya matahri cukup, iklim mendukung, kesuburan tanahnya, dsbnya. makanya kdg qta bisa liat ada bunga yg bisa mekar sekali, ada yg br aja mo mekar uda layu, ada yg bahkan ga smpt mekar sama sekali..... dan semua itu bergantung pd kondisi :)
story ttg bunga ini bisa juga dibaca di buku Thich Nhat Hanh yg covernya putih terbitan penerbit dr palembang. sayangnya gw lupa judul bukunya, maybe ada yg inget? di hal2 depan tu dijelaskan dg bagus sekali ttg perumpamaan bunga ini :)


oh jadi begitu.. tapi kalo misalnya kita udah tau kondisinya ga memungkinkan, tapi kalo kita coba ubah kondisi yang bikin ga memungkinkan itu, apa bisa jadi memungkinkan?


yang penting hatinya soal bahasa adalah nomer 2.
bisa mengerti dan memberikan penghormataan dari hati dan pikiran yang tulus itu yang terutama.
nih rekomendasi buku paritta untuk pemula, jaman dahulu thn 1996 ini buku paritta di jual  gramedia seharga 20.000, bukunya ukuran saku warna biru dengan gambar teratai warna perak bagian tepinya. sangat disayangkan tidak ada tulisan siapa penerbit nya. tapi ada kata sambutan dari Y.A.M.N.S Ashin Jinarakkita (Bandung 1993).sangat di sayangkan buku paritta ini tidak ada keluaran terbarunya.

Ada lagi Parita suci ini terbitan yayasan dhammadipa arama yang ini untuk tingkat menengah dan ahli. untuk paritta kecil mungkin masih jelas tapi kalau sudah seperti kariniya metta sutta bagi pemula mungkin akan kesulitan dan akan terjadi percabangan dalam pemikiran hingga tidak memfokus pada apa yang dibaca.

ada lagi Bacaan puja terbitan Yayasan Ashin Jinarakitha. nah ini untuk tingkat menengah.
yang pali di kiri dan terjemahan nya di kanan untuk pemula mata nya akan melirik kekiri dan kekanan terus menerus untuk membandingkan teks antara kanan dan kiri. 


kalo buku paritta yg untuk pemula selain yg disebut di atas td ga ada y?  _/\_

3
cola colaaaaa... ;D ;D ;D
inii nihhh.... wnya dah nemuin mp3nyaa parittaaa\;D/\;D/\;D/
http://www.dhammacitta.org/perpustakaan/mp3/chanting-pali/paritta-1
Nahh, sekarang bisa belajar baca parittanya dari sini duluu lhoo...\;D/\;D/\;D/
ntar klo ada waktu ketemu lilin, baru belajar baca paritta sama lilinn lhoo\;D/\;D/\;D/
this lagii ;D ;D ;D =>>http://www.dhammacitta.org/archives/category/perpustakaan/mp3/chanting-pali



thx citta...  _/\_ _/\_
tp kok link yg ke 2 ga bisa dibuka yah?  ???

4
Quote
btw, kan kadang orang sering ngomong tuh, 'kalo jodoh, walaupun skrg pisah, pasti ntar juga balik lagi.' kalo di agama Buddha, menerima pernyataan itu ga sih?

Ini sepertinya menghibur membohongi diri sendiri...  ;D

 ;D ;D


[at] ashlynn
yah tu dalam bahasa awamnya ngomongnya begitu, kalo dalam versi buddhist, kalo kondisinya memungkinkan mereka untuk bertemu kembali ya pasti ketemu lagi.... kalo kondisinya ga muncul ya ga bakal ketemu.........:)



maksudnya kondisinya ga muncul gimana?


hm skr si br dptnya jadwal yg tgl segitu yah, tar d kalo ada dpt info lg. kmrn nanya tmnku di vhr sunter, ktnya cm setahun sekali.. tar tgg jadwal di tmpt lain lg aja yah....

ok deh.. thx loh, uda ditanyain..  _/\_ 
o ya, tp kalo bs, yg di daerah jakbar aja viharanya. soalnya ga ngerti jalan kalo kejauhan dr jakbar.  :P

5
dari dulu penasaran, si pecinta meong ini catwoman atau catboy ya??
btw, setahu saya tidak ada yang namanya buang sial,coca cola asinn. kita kan adalah pemilik dan pewaris karma yang kita perbuat, jadi mau buang di mana? apakah semudah itu, hanya dengan melempar recehan di pinggir jalan?
kalau sarannya si virya, mendanakan recehan ke pengemis/ anak jalanan, menurut saya sudah termasuk karma baik baru. bagaikan air di dalam sebuah ember terasa asin (karma buruk), kalau kita tambahkan airnya lebih banyak (membuat karma baik baru), maka asinnya akan lebih tidak terasa...

itulah makanya gw nanya. soalnya kekny kan ga mungkin tuh, buang receh ruz sial lgs pergi. hehehe..  :)
perumpamaan yg pas.. hehe..


ada satoe kebiasaan jelek yg ditanamkan secara ga sadar dlm diri qta sejak masih kecil. sewaktu kecil kalau qta jatuh, ortu qta memukul lantai n menyalahkan lantai krn nyebabin qta jatuh. shg lama kelamaan qta jd sll mencari sesuatu yg bisa disalahkan.

spt kejadian tmn ashlynn td, mrk menyalahkan kesialan yg menimpa truz dg 'gampang'nya dibuang lewat lempar receh.... itu sih cuma tradisi, yg membuat org merasa nyaman n tenang setelah melakukannya. dengan mengatakan "kesialan pergi jauh2 dari gw'' org tsb mensugesti dirinya bahwa kesialan telah dilepaskan dr dirinya sehingga org tsb merasa terbebas n aman. setelah mereka tenang maka pikiran yg dimunculkan pun pikiran2 baik n menyenangkan. jd tradisi ini hanya untuk membuat qta merasa lbh aman. sedangkan di dalam buddhist tidak ada yg spt itu. karna apapun yg qta terima semuanya adalah karma qta sendiri, bukan karma orang lain spt yg dikatakan virya td...

suatu perbuatan yg bisa menghasilkan akibat kalau terdapat cetana/ kehendak di dalamnya. misalnya qta sdang berjalan kaki n menginjak semut tanpa sengaja, dimana qta tidak tahu bahwa ada semut disana dan tidak memiliki kehendak untuk menginjak/ membunuh semut tersebut, maka disana tidak ada akibat yg dihasilkan. sedangkan misalnya kalau qta melihat sebuah coklat di atas meja, muncul keinginan qta untuk mengambilnya, qta mengambilnya dan memakannya pdhl coklat tsb milik org lain, nah disini ada kehendak untuk mencuri, sehingga akan ada akibat dr perbuatan ini.

wah kalo jodoh2an mesti tanya siti nurbaya tuh hahahahha.............
qta bisa bersama seseorang baik cm sebagai teman, pacar maupun pasangan hidup krn qta sama2 memiliki keyakinan yg sama, kebijaksanaan yg sama. dan hal ini bisa berubah pd msg2 org. selama kondisi ini masi lebih kurang sama, maka masih bersamalah kedua org tsb, tapi kalau sudah berbeda jauh, maka kedua org itu pun akan berjauhan/ berpisah...


oh, jadi kalo ga sengaja nginjak semut nggak menambah karma buruk? kirain sengaja ato ga sengaja, tetep nambah karma buruk..  ;D

btw, kan kadang orang sering ngomong tuh, 'kalo jodoh, walaupun skrg pisah, pasti ntar juga balik lagi.' kalo di agama Buddha, menerima pernyataan itu ga sih?


ashlyn ada tuh kursus dasar agama buddha di Vihara Pluit Dhamma Sukha (VPDS) Jl. Pluit Permai I No. 26 Jakut. 11-12 Juli 2009, 13.00-20.00 Wib, biaya pendaftaran Rp. 20.000,- coba ikutan aja  _/\_

yah, tanggal segitu gw ada ujian.. kalo selain tanggal itu ga ada ya?

6
Cetana = kehendak/ keinginan

Sang Buddha mengatakan : “Para Bhikkhu, kehendak-lah(cetana) yang kusebut kamma, setelah kehendak muncul, maka seseorang melakukan perbuatan melalui jasmani, ucapan dan pikiran.” (Anguttara Nikaya)



maksudnya kehendak yg kusebut kamma itu gimana sih? bukannya kamma itu krn perbuatan? sori kalo salah.. masih bingung soalnya..  ;D


istilah buang sial ...... itu suatu kepercayaan/tradisi setempat ato mungkin juga kerpercayaan yg bersifat personal .......
Tidak ada ajaran Buddha seperti itu ......
Buddha Dhamma menerangkan seperti di bait ini : "Sesuai dengan benih yang di tabur, begitulah buah yang akan dipetiknya. Pembuat kebajikan akan mendapatkan kebaikan, pembuat kejahatan akan memetik kejahatan pula. Taburlah biji-biji benih dan engkau pulalah yang akan merasakan buah dari padanya".


mengenai buang recehan diperempatan jalan ....... seandainya ini akan membuat sis Coca cola asin  ;D menjadi nyaman dan tenang ....... yaaah lakukan saja
tapi kalo ada keyakinan tidak melakukan buang recehan dan tidak akan terjadi apa-apa .....
yaaah ...... jangan buang recehan diperempatan jalan

saran sick ...... kasih aja recehan itu pada pengemis
perasaan jadi nyaman dan itu termasuk berdana juga ......  :)





oh begitu.. gw sih ga yakin2 banget soal recehan itu.. makanya nanya ke senior di sini.. hehehhe..
o iya, 1 lagi, kalo di agama Buddha, ada ga sih soal ramal2an kek nanya2 di vihara gitu? soalnya dulu bonyoknya mantan gw pernah nanya2 ke vihara gitu ttg hubungan gw ama mantan gw. ruz katanya, dr 10x nanya, hasilnya bilang kalo qt itu berjodoh, tp masa depannya ga jelas. n krn mantan gw jadi ragu, akhirnya qt org jadi putus. emang yg kek gitu ada juga yah di agama Buddha? ruz kalo kek jodoh2 gitu, gimana sih menurut pandangan Buddha?
thx lagi sebelumnya.. ^^  _/\_

7
^
pangandaran kali? pandanaran ga tau.. kalo panda nababan tau, petinggi PDIP itu hehehe

Pandanaran brooo..
Itu nama jalan di Semarang... yg buaaanyak toko Bandeng presto.. ;D
Emang uda terkenal bgt kok ama bandeng nya..

boleh2.. mw berapa kilo bandengnya? hehehehe... tp gw balik jkt lagi 18 agustus loh..
btw, jd inget, di pandanaran itu sepanjang jalan toko bandeng semua. mwnya yg merek apa?

gpp kok, Elin ambil di bln Agustus...
hehehe jd malu nih :-[
nanti Elin kabarin lagi beli ditoko mananya deh.. paling cuma 1-2 kg aja kok... ;D

kasih GRP +1 deh buat ashlynn krn uda mau dititipin bandeng presto.. :)

hehehe... oke deh, cc.. sekalian ntar kalo ketemu, ajarin gw baca paritta nya..  ;D

btw, jd out of topic nih.. sori om momod..  ;D
 :backtotopic: deh..

mw nanya lagi dong, para senior..
cetana itu apaan yah?
ruz kalo di buddhist itu,  ada ga sih, istilah buang sial gitu? soalnya tadi temen gw kan ke vihara, ruz dy kepeleset 2 x n jatuh sekali. ruz dy jd takut n temen gw yg lain nyaranin buat buang recehan di perempatan jalan sambil ngomong 'kesialan pergi jauh2 dari gw'.. yg kek gitu itu cuma kepercayaan doang ato emang ada ajarannya di agama Buddha?
thx sebelumnya.. ^^  _/\_

8
Wooow...si coca cola asin rajin ya..
Semangat ya coca cola:D :D :D :D
btw saya mah jaman jebot kuliah di untar-nya. Udah cerita lamaaa ngambil psikolog (tapi udah dibalikin ke dosen semua ilmunya) :D :D :D :D

sebenernya bukan rajin, tapi terpaksa..  :hammer: :hammer: ;D


 [at] forte
jangan galak2 atuh ama anak baroe... ;D
tapi ada bagusnya jg seh bisa jd nara sumber hehe... :P


di ospek dulu..
hehehe..
btw asiin.. di sini ada calon arahat juga yang sama2 kuliah kedokteran.. tapi di UNAIR Surabaya..
terus ada nobby_ta.. sudah jadi dokter.. tapi masih PTT tuh..

sharing2 lah ilmunya..


diospekin.. teganya..  :'( :'( ;D
wah, ternyata banyak dokter juga di sini..  :)


pulang kampungnya ke semarang..   :)

 =P~ jika tidak merepotkan, mau donk nitip bandeng presto Pandanaran..
nanti Elin ganti uangnya disini... :)

boleh2.. mw berapa kilo bandengnya? hehehehe... tp gw balik jkt lagi 18 agustus loh..
btw, jd inget, di pandanaran itu sepanjang jalan toko bandeng semua. mwnya yg merek apa?

9
[at] citta:
thanks buat link nya loh..  :D :D
btw, berarti baca parittanya harus pake bahasa pali dong? selama ini kalo gw baca, gw baca pake bahasa indonesianya.
samee sameee cola colaaa \;D/\;D/\;D/
gak haruss kokk cola colaaa\;D/\;D/\;D/
klo pake pali, gak dimengerti artinya, sptnya kurang bermanfaat yaa... :-? :-? :-?

tapi, klo menurut wnya, pake bahasa indo bacanya juga bolehh2 ajaa\;D/\;D/\;D/
ditambah lagi meresapi artinyaa\;D/\;D/\;D/
lalu dipraktekann, akan lebih bermanfaatt\;D/\;D/\;D/
Quote
salah ternyata..  :hammer: :hammer:
gak salah kokk...\;D/\;D/\;D/ boleh2 ajaa\;D/\;D/\;D/
toh gak ada yg melarangg\;D/\;D/\;D/
klo pali susah bacanya, pake yg indo juga boleh2 ajaa\;D/\;D/\;D/ (menurt w ;D )

Metta Cittena,
Citta _/\_


thx lagi buat infonya..
 ^:)^ ^:)^ ^:)^ ;D


[at] ashlynn
wah untar yah, tinggal nyebrang, jalan dikit sampe deh gw wkwkwkwkw....deket bener...silakan mampir...bersih2 kos gw yah... ;D
kalo di theravada biasa baca paritta dalam bahasa Pali.
kalo di mahayana ada 2 versi, ada yg bahasa Pali n ada yg mandarin.
kalo tantrayana kebanyakan dalam bahasa tibet...

btw ashlynn kan baroe neh, gmn kalo coba ikutan kursus dasar agama Buddha? tar diajarin dasar2 ttg agama Buddha, seperti 4 kesunyataan mulia, 31 alam kehidupan, hukum karma, pancasila Buddhist, dsbnya... jadi tar boeat ke depan kalo mo memperdalam jadi lebih mudah...bingungnya uda di-reduce duluan :)

 [at] forte
jangan galak2 atuh ama anak baroe... ;D
tapi ada bagusnya jg seh bisa jd nara sumber hehe... :P



oh ya? emang cc epicentrum di mana? citraland?  ;D
hmm.. gw baru tau kalo ada kursus dasar agama Buddha.. di tiap vihara ada ga sih?
selama ini sih nyari2 sendiri dari internet, ruz baca2 buku di gramedia doang..  ;D

10
eh ada si elin....bisa aja u lin, meluk guling doang...
sana gih ym/ telponan sama si napis..
malem2 gini, besok bursa libur ya jd ol terus?
btw, hebat yah coca cola asinn..ngambil SP (maksudnya spesialisasi)kah? sama dong...gw juga anak untar (maksudnya mantan) hehe...

oh, cc dulu kul di untar juga?
ambil apa? angkatan?
 :)
sebelum u tanya yang lain2..
ini ada kerjaan dikit buat loe..
jawab2 neh pertanyaan di board ini => SINI





wado...
 #-o #-o
gawat..  ^-^

11
eh ada si elin....bisa aja u lin, meluk guling doang...
sana gih ym/ telponan sama si napis..
malem2 gini, besok bursa libur ya jd ol terus?
btw, hebat yah coca cola asinn..ngambil SP (maksudnya spesialisasi)kah? sama dong...gw juga anak untar (maksudnya mantan) hehe...

oh, cc dulu kul di untar juga?
ambil apa? angkatan?
 :)

12
wah, jadi rame..  ;D
kemarin udah ngantuk, jadi tidur duluan.  ;D

yang penting cetana, coca cola asinn...
kalau baca bahasa pali beratus2 halaman , tanpa tau arti dan tanpa cetana yang baik....ummm i think seperti burung beo.
btw malem amat masih ol?

btw, cetana apaan yah?
duh, jadi bingung..  ???
iya, kemarin ga bisa tidur, jd masih OL. hehehe..  :)


^
^
IMO, boleh2 aja kok berdoa dlm bahasa Indo..
tp lbh enak dlm bhs Pali seh..

oh u lg ambil SP? ya uda gpp, klo ada waktu luang aja...
kbrin di thread ini / via message jg boleh kok..
semoga kuliahnya makin sukses deh..

pulang kampung kemane tuh?


btw sis Yuri kok jam 2 gini blm bobo?
kacian kan suami na cuma meluk guling doank.. wakakakakak :))


hmm, kok bisa lebih enak kalo pake bahasa pali? lebih menjiwai gitu yah?
sori nanya aneh2.. masih ga ngerti soalnya..   :-[

o iy, kemungkinan ada waktu yg kosong sih sekitar agustus.. soalnya uda kuliah biasa, jadi waktu luangnya banyakan. hehe.. :)
ntar deh, gw kabarin lewat PM.. thx lho..  ^:)^ ^:)^

pulang kampungnya ke semarang..   :)


coca cola asin,
salam kenal ya...
Hmmmm...menurut saya baca paritta apa saja terserah yang penting terus menerus menghindari lima sila dan berpikir yang baik...
saya juga cuman ngafal paritta kl ada yang bareng2 bc paritta. kalo gak, ehm...sometimes namakaragatha aja lupa :P btw kalo vandana saya hafal soalnya ada 2 anak manis yang baca tiap hari :D


salam kenal juga.. ^^
dipanggil coca cola asin lagi..  :'( :'( ;D
thx buat infonya yah.. ^^
abis namanya susah bener..
mentang2 anak FK, jangan2 nama latin juga dijadikan nick.. :))
kenapa tidak ascaris aja.. ^^



 ;D ;D ;D
padahal tadinya emang mau pake nama latin buat dijadiin nick. tp keknya susah, makanya ga jadi.. hehehehe...  ;D
wah, kalo ascaris kan cacing, geli ah.. mendingan brachio_cephalica.. wkwkwkwkwk...  :P

paling pinter emang si citcitcuit kalo bikin nama kesayangan tiap member....but coca cola asinn is sooo funny.. btw, coca cola kalau dikasih garam memang lebih tak banyak gas ya..(tapi jadi asin)

 ;D ;D ;D ;D ;D

13
hi ashlynn... :) welcome to DC yach..

kalo Elin sih setiap ada Buddha rupang di Vihara / tmp lainnya yg juga ada altar/tdk, selalu baca Namaskara Gatha & tentunya sujud (namaskara) 3x..

untuk kamu yg masih baruu bgt mau belajar baca Paritta, Elin sarankan baca aja Namaskara Gatha, trus Vandana, Tisarana, Pancasila..
itu aja dulu.. gak panjang2 kok, arti nya kan uda tau...
Citta uda kasih link thread Kumpulan arti Paritta yg uda Elin bikin.. :) memang dulu tujuan buat thread itu agar kita semua juga mengetahui arti dari Paritta yg sering dibaca..

Nanti kalo uda terbiasa baca Paritta yg diatas, bisa baca juga Buddha Dhamma Sangha Nusati, Karaniya Metta Sutta, Etavata, dll...
Tapi kalo sis ashlynn mau langsung baca yg banyak juga no problem... malah bagus kok..
it's up to u..

Kalo sis ashlynn bersedia, Elin mau kok ajarin cara baca Paritta... sis ashlynn masih kuliah di Untar & kost di grogol kan?
Nah Elin kerja di Sudirman & kost di Slipi.. Next time if u dont mind, kita janjian ketemu aja..
Nanti kita kebaktian bareng ke Vihara juga boleh kok... :)

Feel free, sis.. _/\_


hi, cc Elin.. salam kenal yah.. ^^
beberapa hari belakangan ini, suka baca paritta yg tisarana ama namakara gatha, tapi dalam bahasa indonesia. boleh nggak sih sebenernya baca dalam bahasa indonesianya? soalnya masih susah ngucapin bahasa pali nya.  :(

wah, cc Elin, thanks loh, mw ajarin baca Paritta..  ^:)^ ^:)^ gw masih kuliah di Untar n kos di grogol kok.  :)
iya deh, ntar kapan2 janjian ketemu dulu. tp kekny ga bisa kalo deket2 ini deh, soalny gw masih ambil SP sampe bulan depan. ruz abis itu lgs balik kampung  :(
jd sementara kekny dr forum ini dulu deh blajnya..  :)

14
Dikebaktian, memang khan memakai bhs Pali, kita tinggal ngikutin aja  ;D

ashlynn_nicole (nicknya ribet amat scik  :P ;D) lom pernah ikutin ke baktian?
kebaktian di Vihara Theravada memakai bhs Pali
kebaktian di Vihara Mahayana, setahu gw yg pernah ikut .... memakai bhs mandarin

Selama kita mengikutin kebaktian dan membaca paritta, bersikap anjali
yaaah ..... kalo sedikit pegel2 dan capek bisa juga tangannya taro di buku paritta sambil belaga liat2  ;D


wah, ketahuan deh, gw blm pna ikut kebaktian...  :P
btw, kalo lagi ga kebaktian (baca paritta buat sehari2) itu pake bahasa pali juga yah?
thx.. ^^

15
[at] citta:
thanks buat link nya loh..  :D :D
btw, berarti baca parittanya harus pake bahasa pali dong? selama ini kalo gw baca, gw baca pake bahasa indonesianya. salah ternyata..  :hammer: :hammer:

Pages: [1] 2