Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - abhassara

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7
1
Theravada / Re: Objek pelanggaran
« on: 04 February 2018, 05:32:36 AM »
Alo temen2,

Di Sutta kan ditulis jika seorang laki2 melakukan hubungan seks dengan wanita yang masih dalam perlindungan orang tua adalah melanggar sila. Nah, sekarang yang tidak dibahas di Sutta adalah bagaimana kalo laki2nya yang masih dalam perlindungan orang tua pergi berhubungan dengan wanita yang sudah tidak dalam perlindungan orang tua, saudara, dll., apakah si laki2 itu melanggar sila ke 3? Terima kasih sebelumnya.  _/\_
gw baru baca prtnyaan u. Kayak org bego aja pertanyaan u. Pelanggaran sila ke tiga itu terjadi apabila kelamin masuk salah satu dari 3 lubang (kecuali yg sudah nikah) . Mau cowo cewe yg lakukan apabila disetujui saat pemasukan awal hingga (atau salah satu) penarikan keluar (baca kitab Vinaya. 1 buku uda ada terjemahan indonesianya) maka terjadi tu pelanggaran sila. U kalau mau nanya, jangan prtanyaan konyol. Kalau u punya maksud tertentu, langsung saja tanya ke intinya

3
Kalau etnis (dalam hal ini Tionghoa), mengapa juga dirayakan oleh bangsa-bangsa lain seperti Jepang, Korea, Vietnam dan bangsa lainnya, meski dengan istilah berbeda?

yah krn itu chinese new year... dirayakan dalam cara berbeda dgn japanese new year,
walau hari nya sama...krn pake tanggalan yg sama...
yg jd "chinese"nya krn tradisinya beda... (asal -usul perayaannya beda), cara merayainnya juga beda...krn beda jd khas sendiri

kecuali vietnam new year..krn kebudaayn china udah di serap banyak jd mirip...
imlek itu tradisi orang china. Theravada gak perlu keharusan buat ngerayain itu. ntr dikirain agama china. Theravada rayain hari-hari penting dalam agama buddha, tahun baru theravada itu hari Vaisak atau yang internasional (1 januari). klo jepang, korea, itu ada sejarahnya: kira kira singkatnya orang china sebagian menjalankan misi ke arah matahari terbit (jepang), mereka ditugaskan ke jepang untuk mencari obat abadi, di tengah perjalanan mereka kelaparan, akhirnya mereka makan ikan hidup-hidup (sashimi), karena gak ketemu obat abadi, singkat cerita mereka gak mau kembali ke china, karena kalau misi gagal, bisa tahulah akibatnya; mereka menjadi jepang, (sebagian pindah ke korea). makanya bahasa jepang sama korea dulu pakai tulisan china, korea uda gak pakai tulisan china lagi karena ribet. jepang mencampur tulisan china dengan tulisan buatan mereka (jepang). itu ceritanya tahun baru china bisa mirip jepang, korea. tahun baru china itu ditandai dengan musim gugur, biasanya dipajang bunga plum, klo jepang pakai bunga sakura. bunga sakura itu dari meksiko sebenarnya.

4
Buddhisme untuk Pemula / Re: Fangshen yg Baik n benar
« on: 03 February 2018, 04:45:12 PM »
gak ada fangshen di Theravada. Gunakan istilah pali! jangan pakai istilah bahasa asing, u mau terjemahan apa pun, istilah itu pakai bahasa pali, fangshen fangshen ntr u masuk samaggi phala!!

5
Buddhisme untuk Pemula / Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« on: 03 February 2018, 09:29:56 AM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?" "Apakah patung Buddha?" Sy jawab kami tidak menyembah patungnya tapi kita menghormati pribadi yg ada di patung tersebut. Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yg menarik, bisalah para saudara memberi penjelasan/jawaban yg lebih baik.
tidak ada ritual dalam agama buddha, apa yang mau u sembah? batu? dapat apa? agama buddha itu untuk dipraktekkan, kayak u belajar bahasa indonesia, kimia, biologi, matematika, dan peajaran lainnya, emang u sembah unsur kimia atau aljabar atau apa? yang ada u praktek aja! praktek sesuai dhamma. nah, guru yang ngajar kan u hormati, bukan disembah, itu namanya ber**** kalau disembah!

6
Lingkungan / Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« on: 02 February 2018, 03:17:01 PM »
secara de facto iya, tapi secara de jure tidak. Karena secara resmi Buddhayana bukan aliran, melainkan adalah wadah pemersatu bagi aliran2 Buddhis. Tapi anggapan yg beredar di publik, ya aliran.
oh oh ketahuan, makanya gak bisa disembunyikan, gak ada de fakto atau de jure. sekte itu, sekte buddhayana sama sekte ekayana sama sekte tsu zhi. yang benar adalah theravada = buddhisme awal dari dulu ampe sekarang. tradisi Theravada hanya untuk membedakan dengan tradisi lain, misalnya dengan sekte buddhayana atau sekte ekayana, dll. berdasarkan catatan Mahavamsa, theravada mempertahankan kemurnian ajaran buddha, silakan cek sendiri, bukan mulut gw yang berbicara, tetapi sumber otentik, sumber jelas, gak disembunyikan. Sekte tetap sekte, gak bisa sembunyi. aliran tetap aliran, mazhab tetap mazhab. sekte buddhayana gak perlu disembunyikan, gak ada yang marah kog, hanya saja gak boleh berbohong. kembangkan sekte sendiri, gitu aja.

7
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 02 February 2018, 02:10:35 PM »
Haha... Baiklah, mungkin saya yang salah bertanya... Tolong jelaskan kepada kami semua pemikiranmu... :D
kalau sudah salah, tambahkan kata maaf. silahkan buat thread baru.

8
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 02 February 2018, 02:05:24 PM »
Sudah berkali-kali anda menolak pertanyaan, tolong jelaskan kepada kami semua apa isi kepala anda... :)
mau tahu isi kepala saya, yang jelas gak ada dengkul di kepala gw. siapa? gw donk masa siapa lagi. kalau di kepala kamu ada apa? memeperbolehkan jual anak/keluarga? ayo cepat bersihkan kepala u dari pikiran jual anak

9
Diskusi Umum / Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« on: 02 February 2018, 02:04:02 PM »

klo utk mencari popularitas...tentu pada aktor/aktris....fim jamesBond 007, mission impossible,...dst dstnya...tentu bukan di Buddhism lah...dan juga sang guru gak pernah....dia akan menjadikan agama ini paling populer tohhh
siapa

10
Diskusi Umum / Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« on: 02 February 2018, 01:57:08 PM »
Pesan moderator:
Berdiskusilah dengan baik dan fokus kepada topik diskusi. Gunakanlah bahasa yang baik dan memakai argumen untuk membahas topik yang sedang dibicarakan.
Hindari menghina pribadi teman diskusi dan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan topik pembahasan.
pesan abhassara:
tambahkan spot sekte ekayana dan sekte buddhayana

11
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 02 February 2018, 01:55:42 PM »
Kenapa harus pakek berburuk sangka segala? Padahal cukup mudah menjawab apa isi Tipitaka Tematik itu... :)
siapa pula yang berburuk sangka? u gak bisa membaca y? baca ulang reply sebelumnya, uda ikut polling blm? kalau uda, u sambungkan dengan judul gw. trus ngaca. ngaca itu jangan di parit, tapi di cermin.

12
Diskusi Umum / Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« on: 02 February 2018, 01:35:38 PM »
tidak benar, sudah ada data resmi nya hanya anda yang tidak mau menerima fakta nya...
sayang sekali, otak dengkul lebih cocok berdebat dengan otak dengkul. biar connect _/\_

13
Theravada / Re: Pelaksanaan Pemakaman Tionghoa secara Buddhis Theravada
« on: 02 February 2018, 11:25:34 AM »
ayo share guys, 100k+ shares = dapat kamma baik/share

14
Theravada / Re: Jual kitab suci buddha!?
« on: 01 February 2018, 07:57:19 PM »
Kenapa gak jawab langsung aja? Apa isi Tipitaka Tematik? :)
u mau bilang otak gw kayak u? Pemikiran gw kayak u? U sekolah dulu baru kemari y. Oh iya. U mau jawaban gw gk? Baca aje post sebelumnya. Besok gw buat polling. U harus ikut y. Soal perdebatan kita. Ntr u lulus dulu

15
Diskusi Umum / Re: Kelemahan 'agama' Buddha
« on: 01 February 2018, 07:53:08 PM »
Itu kekurangan agama Buddha. karena hal tersebut Agama Buddha tidak sepopuler agama lainnya.

Sulit mencapai Nibbana ? tidak mungkin dapat mencapai Nibbana...

Diperlukan usaha super ? justru Buddha mengajarkan untuk berhenti berusaha

perlu parami yang matang dalam waktu lama ? mengertilah kalau parami itu tidak mudah dipahami dan tidak perlu dipersoalkan...
otak dengkul. U perlu survey seluruh kalimat u.

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7