//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - D1C1

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 9
1
Theravada / Musik dan mata pencaharian
« on: 20 December 2019, 05:56:20 PM »
Alo semua,

Untuk umat awam, mata pencaharian yang dilarang oleh Sang Buddha adalah dagang senjata, berdagang manusia, berdagang daging, berdagang racun dan berdagang alkohol.

Artinya musik dan termasuk mengajar musik seperti biola, piano, dll tdk termasuk.
Tetapi di Talaputa Sutta dikatakan bahwa aktor yang menghibur penontonnya akan jatuh dalam neraka.

Musik dapat menghibur orang, lalu apakah mengajar musik akan berakhir di neraka juga? Gimana pendapat temen2 disini?

2
Theravada / Re: suami dan keluarga
« on: 15 May 2019, 10:19:24 PM »
Ya baik terima kasih. Mungkin ada teman2 yg lain yang memiliki  sisi pandang lain?

3
Theravada / Re: suami dan keluarga
« on: 15 May 2019, 04:12:59 PM »
Kalo dalam peraturan RT/R_ bagaimana? Mari kita balik lagi ke topik. Terima kasih.

4
Theravada / suami dan keluarga
« on: 15 May 2019, 10:34:58 AM »
Alo semua,

Di jaman tradisional, seorang suami diharapkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga. Di jaman modern sekarang ini, dimana tuntutan dan biaya hidup yg begitu tinggi, tidak jarang kita menemui banyak suami dan istri sama2 bekerja untuk bersama2 memenuhi kebutuhan rumah tangga. Di dalam sigalovada sutta Buddha tidak berbicara mengenai siapa pencari nafkah. Pertanyaannya, apakah seorang suami yg istrinya juga bekerja bisa dikatakan sebagai suami yg tidak bertanggung jawab? Kenapa?

5
Theravada / Re: Makanan dan pesta pernikahan
« on: 24 January 2019, 02:10:18 PM »
up

6
Theravada / Re: Makanan dan pesta pernikahan
« on: 23 January 2019, 04:21:09 PM »
Ada lagi yang pernah menjalani ini mgkn bersedia berbagi? Apakah mgkn kt bisa memesan stok yg ada saja atau bagaimana ya? Oh ya ini di Tradisi Theravada ya semoga reply yg diharapkan jg bisa dalam sekte yg bersangkutan.  _/\_

7
Theravada / Re: Makanan dan pesta pernikahan
« on: 22 January 2019, 09:00:23 AM »
Sampai saat ini belum ketemu solusi nya , selain pesan vegetarian....

Saya pikir ambil jalan tengah saja mungkin ya, cuma penerapannya itu. Karna kan tdk semua vegetarian nanti jadi perselisihan kan tdk baik juga bukan?

8
Theravada / Re: Makanan dan pesta pernikahan
« on: 22 January 2019, 08:58:56 AM »
Untuk menghormati banyak pihak mgkn bs dilakukan dgn cara tidak pesan ya, ada seberapa ya seberapa cukup. Mungkin ada yg bersedia berbagi untuk komunitas disini?

9
Theravada / Makanan dan pesta pernikahan
« on: 21 January 2019, 02:11:14 PM »
Alo temen2,

Pertama2 pertanyaan ini ditujukan utk mereka yang sudah pernah mengalami atau punya pengalaman  mengenai hal yg bersangkutan.
Sang Buddha mengajarkan kita boleh makan daging tetapi dengan catatan daging itu tidak dipesan dahulu. Lalu ketika kalian ingin menikah tentu ada pesta pernikahan, lalu bagaimana kita menyiapkan menu makanannya tanpa memesan terlebih dahulu? Bagaimana menghadapi hal ini? Trima kasih.

10
Theravada / Telur ayam kampung dan negeri
« on: 20 December 2018, 10:39:02 PM »
Alo semua,

Kita seringkali dengar banyak umat Buddha mengatakan kalo makan telur lebih baik telur ayam negeri jgn telur ayam kampung. Terutama org yg vegetarian, mrk pasti bilang makan telur ayam kampung saja.

Padahal kalo kita mengerti, semua ayam betina baik kampung maupun negeri pasti tetap akan bertelur, namanya ovulasi. Yang membedakan telur itu ada calon anak ayam atau tidak bukan dari ras nya kampung atau negeri tp apakah ayam betina tsb sudah berhubungan dg jantan atau tidak.

Jika ayam betina tsb telah berhubungan dg jantan, maka telur itu bakal jadi anak jika dierami, jika tidak bertemu dg jantan maka tdk akan bs telur itu jd anak.

Pertanyaannya, lalu kenapa banyak orang menyarankan utk tidak makan telur ayam kampung, ada yang bisa menjelaskan mungkin?

11
Theravada / Re: Kontrasepsi dan agama Buddha
« on: 26 October 2018, 09:55:57 AM »
Selama sel telur belum terbuahi artinya belum ada atau tercipta kesadaran atau mahkluk hidup, jadi apa yg dibunuh.
Itu yang saya paham.

Ya tp tidak ada niat membunuh ya, jd kontrasepsi ada yg bekerja mencegah implantasi sel telur di dinding rahim, bekerja dgn lebih dr 1 cara. Cara ini baik buat brp org yg sy tau karna tdk ada niat. Dan jg jauh lebih efektif tp sering dijauhi oleh brp org jg. Tdk mengerti sebabnya walaupun tdk ada niat membunuh, lalu kenapa salah?

12
Theravada / Kontrasepsi dan agama Buddha
« on: 23 October 2018, 05:48:16 PM »
Alo temen2,

Kontrasepsi ada banyak macam, kontrasepsi yang bersifat hormonal bisa bekerja lebih dari 1 strategi, ia mencegah pertemuan antara sel telur dan sperma dan juga menipiskan dinding rahim sehingga sel telur yang telah terbuahi (jika ada) tidak akan bisa menempel di dinding rahim sehingga kehamilan tidak terjadi.
Maka banyak umat Buddha, sejauh yang saya tau, menghindari kontrasepsi semacam ini, katanya itu pembunuhan. Tentu banyak teman2 disini yg saya pikir setuju dengan ini.

Tapi disaat yang sama, untuk membunuh, semua syarat2 harus dipenuhi. Beberapa syaratnya adalah harus ada makhluk hidup dan harus ada niat membunuh. Ketika seseorang minum pil KB, sebagai contoh, sebelum melakukan hubungan seksual, niatnya adalah untuk mencegah kehamilan/pembuahan, bukan niatnya mau membunuh.

Bagaimana pendapat kalian mengenai kontrasepsi di atas, apakah anda setuju tidak ada niat berarti tidak ada karma sehingga metode kontrasepsi di atas dapat dipakai? Saya memperuntukan pertanyaan ini untuk semua teman2 yang memiliki pengalaman dan mendalami serta memahami akan topik ini atau juga perumah tangga yang mungkin sudah punya pengalaman dan keluarga. Terima kasih.

13
Diskusi Umum / Re: Anak Indigo Indonesia
« on: 06 October 2018, 10:52:52 PM »
Member dhammacitta banyak semua tdk punya pengalaman ini?

14
Diskusi Umum / Anak Indigo Indonesia
« on: 05 October 2018, 10:30:17 PM »
Alo temen2,

Dari banyak anak Indigo yg asal Indonesia apa benar Roy Kiyoshi itu yang istilahnya paling tinggi tingkatnya? Dikatakan karna dia bukan cuma bs melihat kehidupan lampau tapi juga melihat masa depan, dan juga bisa menolong serta mencari solusi utk org2.

Apa temen2 disini ada yang pernah punya pengalaman ketemu anak Indigo buddhis/ Roy? Bagaimana pengalaman anda?

15
Theravada / Re: Cetiya atau Vihara STI?
« on: 16 July 2018, 10:34:13 AM »
Halo ada orang mungkin?

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 9