Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - sala45

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8
1
Sudah 2 hari, tdk ada balasan.
Ajakan diskusi sy tutup sj.sutra ini sulit dipahami jika tdk menguasai tantra sepenuhnya.( belajar dr dasar).

Salam
 sala.

2
Sis ini baru mau sy share untuk pembanguna..... Karena pembanguna yg klentengnya sudah selesai.... Untuk penggalangan dana saat ini yaitu diperuntukkan untuk pembanguna darmasala.... Dan setahu saya blm ada data bukan mei sampai juli ini... Karena kami baru mulai untuk mencari donatur untuk pembanguna ini.....

Kebijakan membangun dharmasala di klengteng adalah baik.harapannya generaxi penerus yg lebih muda, yg mendapat pelajaran agama Buddha sd s.d sma, yg notabene adalah theravada bisa kebaktian diklenteng.
tidak perlu orang tua nya ke klenteng, anaknya sibuk di sekolah minggu vihara theravada.

seiring dgn perkembangan jaman, (internet) , komunitas yg di dharmasala akan meningkat.sebaliknya komunitas di vihara klenteng menurun.switch berlangsung alami tanpa harus orang tua berpisah dgn anak di hari minggu atau saat uposattha, bulan purnama, bulan mati.

ditempat yg pernah dikunjungi, sekarang sdh 57 tahun pembangunan dharmasala.Saat kebaktian theravada,
minimal 200 orang dua sift.jam 7 dan jam 9 pagi.
kebaktian kldnteng nya ya cuma sisa 10 orang saja.

Dari umur, yg theravada berkisar 5 thn s.d 50 thn.
Yg klenteng rata rata 60 tahun semua.

dari bahasa, yg theravada bhs pali , terjemahan indonesia
yg klenteng bhs mandarin, tdk diterjemahkan.

dari pelatihan meditasi
Yg theravada rutin sabtu malam jam 07 s.d jam 8.30 malam
Yg klenteng tdk mau meditasi.

Guru meditasi setingkat jhana 1.
yg theravada sudah 3 orang.ketiganya tdk diberitahu itu jhana.
jika diberitahu, timbul nafsu u jhana2, jhana 1 hancur.
seperti kelana yg membuang batu permata u mendapatkan perak.
belum perak siap dicari, permatanya sdh dibuang.biasanya krn ingin cepat.
selain itu karena tulisan dibuku (sutta) yg keliatan sederhana, padahal prakteknya tdk semudah itu.

Yg klenteng
tdk ada guru meditasi.mendatangkan suhu dr luar negri.ceramah meditasi di hotel bintang4.
habis itu pamer idhi jhana4.melihat masa depan melalui wajah, garis tangan, tgl lahir,
nama ketika dilahirkan, dsb.habis itu bubar.yg mau lebih langsung kontak ke suhunya dikamar hotel.
Daftar sama asistennya.perjam sekian jeti.biasanya tanya tata letak, bisnis, saingan dagang,
musuh dikeluarga.semua dijawab benar.

tdk ada yg suka samadi.cukup bayar sj.
Krn mahal, yg daftar paling 7 orang sj.

Yg ditanya tdk ada hubungan dgn pelajaran agama Buddha.krn itu sedikit peminat.
bayar mahal lagi.

Kalo itu tdk minta ijin dahulu, pasti jawaban shu luarnegri itu salah semua.
Kalo jhana4 palsu, pasti sy permainkan saat praktek.
Tidak ada gunanya menyebarkan dharma dgn jhana 4. selain sulit, 1 diantara 10 juta manusia u
saat ini, thn 2017, juga menyebabkan agama Buddha ditinggal.yg dicari hanya itu saja.
jadi ini kebijakan sangha.

jaman sudah begini, masih juga ada cerita begini di wihara.10 tahun lagi baru berhenti.

jadi ayo dukung penggalangan dana ini.semampunya. jika nyumbang beda sekte, ya jgn ngomong divihara
asalnya.spy tdk cemburu. Pakai nik name paling safe. Spy tdk dikejar proposal.






3
Bhagavan, semua makhuk  hidup  memunculkan   kualitas kebajikan  (puṇyaṃ prasavanti)  melalui pengamatan mendalam  (darśana) , mendengar  (śravaṇa)    dan memuliakan (paryupāsana)  nirmānakāya . Apa  keterkaitan antara  nirmāṇakāya dan Tathāgata?
 
Mañjuśrī,  ,   keterkaitan antara nirmānakāya dengan Tathāgata terletak pada landasan yang diperoleh  (adhyālambana)  melalui  pengamatan mendalam , disamping itu   nirmāṇakāya juga merupakan kediaman sempurna  (adhiṣṭhita)  dari semua Tathagata

Bhagavan, jika [Tathāgata]  bebas terhadap  manifestasi  aktivitas dari jejak mental  halus  [faktor pengkondisian] (anabhisaṃskāraṃ). Mengapa  kekuatan agung  (māhaprabhāva) dalam tataran  pengetahuan  agung (mahājñānaloka) dan  kekuatan pemberkatan agung untuk  makhuk hidup (sattvamahāprabhāvāhiṣṭhānāt)  hanya berasal dari dharmakāya  walaupun refleksi dari  objek  mental yang telah diinterpretasi dan dirubah oleh proses koginitif  terus  bermanifestasi  dengan tidak berstandar  dalam tindakan [tidak terukur]   (aprameyanirmāṇapratibimba) dan bukan berasal dari dari vimuktikāya para Śrāvaka dan Pratyekabuddha?"

 Mañjuśrī,  ini dapat dianalogikan dengan  kristal bulan [ air]  ( candrakānta)  dan kristal  matahari [api ] (sūryakānta) dalam [susunan] mandala bulan dan matahari (candrasūryamaṇḍala) dimana kristal bulan [ air]  ( candrakānta)  berfungsi untuk  mendinginkan cairan ataupun  sinar matahari dan kristal  matahari [api ] (sūryakānta) berfungsi untuk mengakumulasi sinar matahari [ seperti kaca pembesar]   untuk menyalakan api suci . Kedua kristal ini berfungsi dengan tanpa ada usaha apapun sementara kristal lain [ yang  tersusun dalam mandala yang sama ]  tidak  berfungsi demikian. Dengan analogi ini maka kekuatan agung  (māhaprabhāva) dalam tataran  pengetahuan  agung (mahājñānaloka) dan  kekuatan pemberkatan agung untuk  makhuk hidup (sattvamahāprabhāvāhiṣṭhānāt)  dari dharmakāya hanya dapat dimunculkan oleh seseorang yang  menguasai dengan fasih  (pratisamvid)  kekuatan (bala) dan dipengaruhi oleh kekuatan dari tindakan [masa lalu] dari makhluk hidup tersebut (sattvakarmavaśāt).

Disamping itu juga  dapat dianalogikan dengan  seorang ahli permata yang  mengkilapkan permata hingga terbentuk pola struktur tertentu tetapi pola struktur ini tidak akan terbentuk apabila dilakukan oleh orang lain  tidak  menggunakan cara yang sama  dengannya

Dengan menggunakan analogi diatas , maka kekuatan agung  (māhaprabhāva) dalam tataran  pengetahuan  agung (mahājñānaloka) dan  kekuatan pemberkatan agung untuk  makhuk hidup (sattvamahāprabhāvāhiṣṭhānāt)  dari dharmakāya yang telah dimapankan melalui kontemplasi dari metoda dan kebijksanaan (upāyaprajñābhāvana)  dengan pengamatan mendalam terhadap ranah realitas yang  tidak teruk ur (aprameyadharmadhātvālambaka) namun kedua hal ini tidak muncul dalam vimuktikaya

Bhagavan apa yang sedang Bhagavan pikirkan ketika menguraikan bahwa dalam keterkaitannya dengan kekuatan pemberkatan (adhiṣṭhānaprabhāva) dari semua Tathāgata dan Bodhisattva  maka mereka terlahir dengan jasmani  yang  sempurna  (kāyasaṃpad)  di dalam keluarga  ksatriya dan brahmana  seperti pohon sala yang agung [ diberkahi dengan kekayaan , kemasyhuran dan daya tarik ] dalam ranah keinginan  (kāmadhātu), terlahir dengan dengan jasmani  yang  sempurna  (kāyasaṃpad)  sebagai dewa dalam ranah keinginan (kāmadhātu) ,  dewa  dalam ranah bermateri halus (rūpāvacaradeva) ataupun  dewa dalam ranah tidak bermateri halus (arūypāvacaradeva) ?

Mañjuśrī,  dengan kekuatan pemberkatan (adhiṣṭhānaprabhāva) dari semua Tathāgata dan Bodhisattva   baik dalam mempraktekkan  (saṃdhā) ataupun  mengemukakan (abhiprāya) jalan (mārga)  mampu membimbing seseorang untuk mencapai (pratipatti) jasmani  yang  sempurna  (kāyasaṃpad)  dan seperti pohon sala yang agung [ diberkahi dengan kekayaan , kemasyhuran dan daya tarik ]  . Sehubungan dengan ini maka kami menguraikan beragam jalan  kepada mereka   berdasarkan kebutuhan (yathāyogam)  mereka masing masing maka apabila ada seseorang yang melatih jalan ini  dengan benar akan mencapai (pratipatti) jasmani  yang  sempurna  (kāyasaṃpad)  dan seperti pohon sala yang agung [ diberkahi dengan kekayaan , kemasyhuran dan daya tarik ]  dan jika ada seseorang meninggalkan dan mencerca jalan ini  ataupun  berpersepsi dengan penuh antipati  (āgāthacitta)  berpersepsi dengan penuh maksud yang tidak baik (kaṭukacitta) terhadap jalan ini  maka  hanya akan mencapai  kelompok dari kesucian palsu  [yang timbul]  (kāyakuhanā) pada saat akhir dari kehidupannya.

 
Bhagavan,  dalam  tataran eksistensi  yang tidak murni ini (apariśuddhalokadhātu)  , apa yang mudah untuk ditemukan (sulabha)  dan apa  yang sulit untuk ditemukan (durlabha) dan dalam tataran eksistensi yang murni (pariśuddhalokadhātu), apa yang mudah untuk ditemukan (sulabha)  dan apa  yang sulit untuk ditemukan (durlabha) ?

Mañjuśrī, dalam  tataran eksistensi  yang tidak murni ini (apariśuddhalokadhātu)  ada delapan kategori (vastu) yang mudah untuk ditemukan (sulabha) dan dua kategori yang sulit untuk  ditemukan(durlabha).

delapan kategori (vastu) yang mudah untuk ditemukan (sulabha) terdiri dari  tīrthika, makhluk hidup yang tidak puas  (duḥkhitasattva) , perbedaan silsilah ( gotra)  ,  tindakan kejahatan  (duścaritacārin)   , ketidak sesuaian  kode etik moralitas (vipannaśīla) ,  kemalangan , ( durgati) ,   pengetahuan mendalam yang rendah  (hīnayāna), dan para Bodhisattva  yang  mengkontemplasi  dengan usaha  dan aspirasi  yang  rendah. (hīnāśayaprayoga bodhisattva) 

dua kategori yang sulit untuk  ditemukan (durlabha) terdiri dari pelaksanaan dari para Bodhisattva yang bertekad dan berusaha tinggi (āśayaprayogavoropeta bodhisattva)  dan kemunculan Tathagata   ( tathāgataprādurbhāva) di dunia.

Mañjuśrī, , untuk  tataran eksistensi yang murni (pariśuddhalokadhātu) adalah kategori yang berlawanan dengan yang ada pada  tataran eksistensi  yang tidak murni ini (apariśuddhalokadhātu)  dimana delapan kategori diatas adalah kategori yang sulit ditemukan  dan dua kategori diatas adalah yang mudah untuk ditemukan dalam tataran eksistensi yang murni (pariśuddhalokadhātu) 

Bhagavan,  apa nama (nāman)  dari pemutaran [roda] dharma pengungkapan  makna mendalam (saṃdhinirmocana dharmapāryaya) ini ?

Mañjuśrī, , pemutaran [roda] dharma pengungkapan  makna mendalam (saṃdhinirmocana dharmapāryaya) ini dinamakan sebagai  pengulasan pencapaian sempurna dari Tathāgata yang bermakna definitif  (tathāgatakṛtyānuṣṭhananītārthanirdeśa)   ,  anda dapat menamakannya sebagai :  uraian  pencapaian sempurna dari Tathāgata .

Pada saat pencapaian sempurna dari Tathāgata yang bermakna definitif ini selesai  diuraikan  ,  tujuh puluh lima ribu  Bodhisattva   menguasai dengan fasih dan  mencapai  dharmakāya (paripūrṇadharmakāyapratisaṃvid)  , kemudian Mañjuśrīḥ kumārabhūtaḥ   , dan semua yang berada dalam persamuan ini  termasuk para dewa , manusia , āsura, garuda  dan gandharva memuji  doktrin dari Bhavagan.


Parivarta kesepuluh   guṇasaṃbhāraviniścaya telah diuraikan  dengan lengkap

ārya-saṃdhinirmocana-nāma-mahāyāna-sūtra telah diuraikan  dengan lengkap

sdr karmjinge
Apa kabar.syair sutra 3 kaya dari tantra tibet sungguh menggugah hati.
namun jika boleh diskusi, saya mengajak anda membuka topik mengenai kaya yg pertama.
tentu jika anda bersedia dan memiliki tubuh dari teratai, sebagaimana isi sutra itu.

u teman teman yg theravada, yg tdk memiliki kemampuan jhana, yg masa lalu kehidupannya
bukan tantra, tolong pengertiannya u tdk sinkritis.
apapun pengertian dari theravada, kalo melihat tantra , tibet lagi tentu salah.semua juga tahu,
Kalau agama buddha tibet sudh bercampur dgn budaya setempat.sangat berbeda dgn tantrayana
versi asli , sriwijaya yg kemudian masuk ke tibet.

peninggalan sriwijaya punah, namun bukan berarti yg di tibet murni dan asli spt tantra sriwijaya.

moderator tolong selektif sedikit.tidak semua budaya luar sesuai dgn keadaaan di indonesia.
bahkan u pembicara dari luar negri harus lapor pd petugas departemen agama, ceramahnya
mesti di translate ke bhs indo dan bukunya mesti ada terjemahan indo.

kembali lagi mengenai diskusi.sdr karmjinge.jika anda tdk bersedia tolong berhenti menulis.
sutranya tdk sesuai dgn budaya indonesia.tentu sesuai jika anda bersedia diskusi mengenai
kaya yg pertama saja.

Janganlah menjadi katak dalam sumur.sampai bulan dan matahari diatas sumur dianggap yg utama.

Aum namo awigna astu,

   Sala.




4
Menurut pendapat saya, mao pencapaian Jhana atau tidak, yg penting lakukan saja sesuai hati nurani, kumpulkan karma sebanyak2nya...tidak perlu di pikirkan apakah sudah mencapai Jhana atau tidak...
Semoga semua mahluk berbahagia   _/\_ _/\_ _/\_

__________



ketika dihutan parileyaka, beliau ditemani gajah parileyaka. deva dgn wujud gajah.
gajah memberikan persembahan kepada Buddha.setelah 1 vassa, 3 bln gajah bersedih,
krn Buddha akan meninggalkan hutan.

beliau menyatakan , tdk bisa memberi Dhamma, krn perbuatan parileyaka di kehidupan yg lampau,
shg lahir dgn wujud hewan, akibatnya tdk bisa mencapai jhana1 sekalipun Buddha yg membimbing.

dari sana terlihat jelas, jhana 1 adalah dasar, pondasi, u kemajuan tingkat yg lebih tinggi.melebihi kdbahagiaan
alam surga yg memabukan, yg diraih parileyaka krn membantu Buddha di hutan,

Nb.itu bukan gajah sirkus.itu deva wujud binatang.


5
.......
Pertanyaan itu terlalu berani.pertanyaan itu sy kembalikan kepada yg menanya.
Jika tidak mampu seimbang, cepat keluar dr samadhi.
shg hal yg buruk dari ucapan tdk berkembang.

jika takut boleh didampingi seniornya saat samadi.
membaca paritta, mantra tdk berguna jika sdh seperti ini.




6
[qute author=Wts link=topic=6654.msg472514#msg472514 date=1498241063]
Kenapa vegetarian lebih baik???
Dasarnya cinta kasih kepada semua mahluk. Kita memancarkan cinta kasih kita kepada sesama kita (manusia). Buktinya kita tidak menyakiti atau membunuh sesama kita (manusia), juga tidak memakan jasad nya. Meskipun sdh mati. Demikian pula kita memperlakukan hal yg sama kepda semua mahluk hidup dengan tidak membunuh, menyakiti, memakan jasad nya. Jadi cinta kasih yg menjadi dasar kenapa harus vegetarian. Vegetarian bukan cuma melatih mulut kita tentang rasa. Tapi harus juga melatih sikap hati kita. Untuk cinta kasih., kepada semua mahluk.
-----------------------
Vege bukan melatih cinta kasih.
dasar vege adalah samvara, pengendalian.
ini lebih tinggi tingkatNnya dari silapertama.

samvara akan menuju metta, jhana1
Tapi vege bukan jalan menuju metta, jhana1.
banyak yg vege, tdk bisa jhana1.metta cuman bicara sj.
-----------------------


Percuma kalau menjalankan vegetarian masih suka berkata-kata kasar, merendahkan, mencaci. Ingat kata-kata bisa lebih tajam daripada pisau. Hewan dibunuh paling sakitnya cuma 15menit. Tapi berkata-kata kasar kepada sesorang. Bisa bertahun-tahun sakitnya, padahal kata-katanya ngak ada semenit.
Jadi kembali ke cinta kasih kepada semua mahluk.
--------------------
Jika anda memiliki metta, jhana1
kualitas baik, sila baik.
ada batu sebesar kerbau
diceburkan ke pasifik, (samudra)
tdk akan menimbulkan riak sama sekali.
------------------

Semoga semua mahluk berbahagia.
-----------------
 Ahhhhhhh
bicara begini
tidak perlu mettta
semua jg bisa

Ini ucapan baik, belum tentu benar.
bukan metta.
----------------
[/qute]

7
Vegetarian / Re: Tanya tentang Vegetarian
« on: 25 June 2017, 07:16:18 AM »
[quote auhor=Ws link=topic=2754.msg472515#msg472515 date=1498243789]


1. Makan bawang-brambang boleh tidak??

Tergantung aliaran / sekte.

Brambang-bawang ini menaikan napsu sex, mengangu konsentrasi, membersihkam pembuluh darah, memurunkan klolesterol. Juga bisa sebagai obat jantung.

Klu saya ngak usah repot dah. Bawang brambang itu bukan bagian dari hewan. Makan sajalah, klu bisa tidak makan telur, susu, madu. Karena bagian dari hewan.

--------------------
Kalau diucapkan depan altar, ya hindari.itu kebijakan guru setempat.

Dari kesehatan,  mesti hati hati sama yg mentah.jgn banyak.menimbulkan gas.
----------------------


2. Makan buah semangka??

Tergantung aliran / sekte.

------------------------
Buah segar baik pengganti air.fruktosa tdk menaikkan gula darah scr ekstrem spt sativa.
-----------------------

Semangka dapat melenturkan pembuluh darah, juga mengandung antioksidan yg bagus.

Klau saya. Makan saja. Semangka bukan bagian dari hewan. Kok


3. Tidak boleh makan terasi??

-------------------
Ini faktor kesungguhan.jgn sampai mengulang janji didepan altar.
jika ragu, makan dirumah sj.
sederhana.
------------------

Terasi udang / ikan kali yg tidak boleh. Klu terasi vege. Atau buat terasi sendiri dari tempe boleh saja.


4. Makan di kaki 5???

---------------
Pilih yg sehat lah.liat dapurnya.kebersihan prioritas bagi yg vege.
sdh vege , sakit sakitan pula .kasihan.
pecel lebih sehat daripada gado.bahan mentah tdk disarankan u yg vege.
--------------------

Ngak usah terlalu kaku dlm bervegetarian klu beli gado2, pecel, bilang saja. Ngak pakai terasi. Soal tempat nya. Ngak perlu di pusingkan. Kita sudah berusaha untuk vegetarian itu sudah bagus. Soal yg jual di beri daging yg penting kita sudah bilang klu kita pesan vegetarian. Yg dosa bkn anda.

Kecuali anda sudah vegetarian dari lahir. Itu lain lagi. Krn akan timbul alergi pada makanan yg non vege. Alias sensor nya tajem sekali.
---------------
Itulah kelebihan vege.minum a qua 10 hari.jgn ganti air lain.
setelah itu minum air galon merek lain.
baru terasa kelebihan a qua yg 27 x proses filtering.

Yg biasa vege nanti akan mdlihat
daging itu baunya spt ini,
cuma jika lingkungan tdk vege
Ya jgn ngomong spt itu.
--------------------
-----------------

Klu anda vege dari lahir mending bawa makanan sendiri.


5. Jika tdk vege makam daging sapi ???

Tergantung aliran / sekte.

---------------------------
Sapi adalah terlarang bagi brahmana.wujud dewaNandini.
ajudan rajadewata.
jika guru anda sinkritis siwabuda spt j.k murti
sapi pasti terlarang.
Jgn harap belajar jhana dari dia
jika yg pokok sdh dilanggar
----------------------

[/quote]

8
jika dianalogikan dengan burger, apakah orang dari desa pedalaman yang belum pernah lihat burger apalagi makan burger bisa tahu bahwa yang ada di hadapannya itu burger ketika dia dikasih burger?

mohon penjelasannya  _/\_

Petani mengatur pengairan
Satria meluruskan anak panah
pedagang mengatur timbangan (spy tdk rugi)
Para brahmana meluruskan pikiran, dlm jhana

Tiap kasta, spesialisasi punya kelebihan sesuai tujuannya.

Kalau mau jhana, jadilah brahmana, belajar hidup brahmana, tekun samadhi, sampai jhana1.

9
begini penjelasannya
     ketika makan burger,  enak sekali.
krn ingin tahu, burger itu dibuka.yg cokelat itu roti, hijau itu selada,
merah tua itu beef, putih itu moyonise, orange itu chili sauce.

Itulah faktor pendukung burger itu enak.

jika maem roti sj atau beef saja atau mayonise saja tentu rasanya berbeda dgn rasa burger.
demikian pula dgn jhana.
upekka, piti, dst yg dikenali oleh pintu indriya, itu bukan faktor jhana.upekkha palsu sebelum
jhana tercapai Tidak sama dgn upekkha jhana1.sdperti emas dan tembaga. bukan upekkha palsu
yg menyebabkan jhana 1 tercapai.bukan pula gabungan 5 faktor jhana yg diajarkan Buddha, yg menyebabkan
jhana1 tercapai. namun jika ada jhana1, 5 faktor ini ada.dan kualitasnya berbeda dgn mereka yg tdk mampu jhana.


orang biasa, yg tdk mdmiliki kebajikan jhana1, ya seperti menganalisa burger tadi.
mayonise dianggap sama rasanya dgn burger isi mayonise.
selada dianggap sama rasanya dgn burger isi selada
dst..

krn itu orang biasa yg ingin berlatih jhana, mesti mencari guru yg suka jhana. jgn mdncari
guru yg tdk suka jhana.apa sj yg ditemukan komentarnya selalu miring.tdk toleran.
saran sy  jgn membaca buku mencari jhana.anda bisa dipermainkan orang yg mumpuni,
punya kemampuan.buku srilanka memang kelewatan.

yg pasti jika sdh bertemu guru yg baik pasti heran.cara mencapai jhana1 jauh sekali dari menganalisa
   apa yg muncul saat samadhi kmd memadankan dgn buku.






10
Meditasi / Re: Inikah Jhana?
« on: 20 June 2017, 07:12:25 AM »
vitakka, vicara, sukha, piti dan ekagatta
Inilah faktor-faktor jhana...

Apakah ada vitakka dan vicara?
Ya... bacaan-bacaan yang menjelimet...
Yang berujung pada khayalan Kemenyan mengenai bagaimana sulitnya pencerahan

Apakah ada Sukha dan Piti ?
Ya...
bacaan yg mengakibatkan diri berdesir gembira... darah bergejolak...

Apakah ada Ekaggata?
Entahlah...

Terlalu banyak yang tak bisa dijelaskan dengan kata-kata...

anda menganalisa faktor jhana sesuai buku, tdk akan pernah mencapai jhana.
faktor jhana1 ada ketika orang sdh di jhana1.kalau belum jhana1, faktor2 jhana belum ada.
kenapa terbalik.

anda positif melamun ditengah.mdlamun dgn batin cenderung seimbang, tdk memihak.
mirip hudoyo dgn cerita bahiya atau malunkyaputta,
atau alucard dgn metta,
atau tesla dgn pengamatan pasif.

ini semua bukan samadi.

daripada seperti itu, lebih baik mundur ke obyek yg lebih kasar.
misal  anapanasati.

ini nafas masuk
Ini nafas di atas bibir
ini nafas keluar,
ini nafas diatas bibir
demikian seterusnya

anda tdk akan pernah samadi.sampe mati ya begitu terus.



11
Meditasi / Re: Latihan Meditasi di Vihara Metta
« on: 20 June 2017, 06:23:44 AM »
Jika pemula jgn kesana.seperti kdmenyan baru pas latihan disana.jika disana cari waktu menginap,
saat wihara tdk ada kegiatan atau orang.jgn ikut meditasi kelompok.

bhante win mahir jhana, unsur kayu atau tanah.
jika ada murid bhante disana, anda mesti bdlajar darinya.


12
Meditasi / Re: sakit kepala saat meditasi
« on: 20 June 2017, 06:13:59 AM »
Namo Buddhaya teman teman se dhamma
 _/\_
Saya mau bertanya kepada teman-teman, saya baru melakukan praktek meditasi
Awalnya pikiran tenang namun tiba" kepala terasa sakit Dan terus smkin sakit jika meditasi dilakukan, mohon teman" memberikan petunjuk
Terima kasih sebelum nya

tinggalkan tempat samadi itu.cari tempat yg lain.tdk usah membaca karaniya.
jika itu dirumah, undang bhikkhu bukan bhiksu u pdlimpahan jasa.

tempat yg baik sering jadi rebutan.

13
Meditasi / Re: Pengalaman meditasi objek api/lilin
« on: 20 June 2017, 06:05:55 AM »
Bro & Sis sekalian, ijinkan saya bercerita pengalaman pribadi... :D

Dulu sewaktu msh muda :p (lebih dari 10 tahun yang lalu) saya pernah mencoba meditasi tanpa bantuan guru, objek yang saya pilih adalah objek api, karena itu saya menggunakan lilin menyala sebagai objeknya... (tapi krn tidak ada bimbingan, saya meditasi dengan mata agak terbuka, dan melihat api lilin scr terus menerus)
Menggunakan buku samasammadhi sebagai pegangan, saya setiap hari memperhatikan (menyadari) setiap perbuatan, ucapan, pikiran, (menjaga sila) dan melatih sikap duduk dalam meditasi...
Setelah menjalani selama kurang lebih satu bulan, perasaan sakit, pegal, kesemutan, bisa diatasi, duduk bermeditasi sudah dapat bertahan hingga 1jam, saya mengalami pengalaman yang tidak terduga...
pertama-tama suara2 yang ada di sekitar mulai terdengar melemah, seperti menjauh hingga hilang.. lilin yang saya lihat pun yang terlihat hanya nyala api nya saja, hingga akhirnya api lilin pun tak terlihat, hanya 'perasaan' terang meliputi ruang..
pada saat itu saya berpikir, dimanakah saya? tetapi krn keinginan untuk meneruskan meditasi, saya menjawab diri sendiri bahwa saya tidak kemana2, dan masih dalam posisi bermeditasi..
tak lama kemudian seakan2 saya tidak memiliki tubuh, saya tidak dapat merasakan tubuh, pikiran menjadi sangat tenang dan sangat terang, hingga saya merasa saya berada dalam ruang tanpa batas yg sangat terang, tapi tidak tahu dr mana asal cahaya nya dan pada saat itu saya merasa seperti melayang ditengah2nya..
saya masih berusaha terus agar tetap dalam kondisi yang sangat indah ini, begitu tenang, lembut, dan ringan, saya sangat sadar, dan pikiran terkonsentrasi..
ketika saya mencoba untuk menyadari tubuh, saya sangat kaget, karena ternyata saya tidak bernafas...
pada saat itu juga saya langsung dapat melihat, mendengar dan merasakan tubuh, tapi jantung saya sangat berdebar selama hampir 5 menit, dan sejak saat itu, saya tidak pernah mengalami hal yang serupa atau pengalaman yg lebih baik sewaktu bermeditasi...

Mungkinkah diantara bro & sis sekalian ada yang pernah mengalami hal yg mirip?
Apakah yg saya alami adalah arah meditasi yang benar atau salah? ( dalam hal ini tentunya meditasi samatha terlepas dari cara saya yg salah dlm bermeditasi, yaitu dgn mata terbuka )
Jika arah saya benar, bagaimanakah caranya agar saya dapat memperoleh kemajuan dimasa depan?

Mohon sharing nya dr bro & sis sekalian...

_/\_

baik sekali dan tidak ada yg keliru. yg pasti jika mengulang tdk mampu, jgn ngotot.
ubah obyek meditasi ke yg kasar spt nafas.ubah samatha mdnjadi vipasana,
sebagaimana satipathana sutta.shg tdk mengejar tujuan yg salah.

tidak boleh nyontek bahiya atau malunkyaputta di sutta. mereka memiliki pondasi yg lebih mahir.
kemajuan diperoleh dgn mundur ke obyek yg lebih kasar.jika anda tdk mampu mengulang,
sementara orang lain bisa, itu berarti kalah.sati hancur dan padam.



14
_/\_Saudara2i sedharma mw tnya pnglaman mditasi yg sya alami

Sewaktu mgikuti retret 5 hari di Mega mendung bersma shifu dri dri murid Master Sheng Yen ane mdpat pnglaman yg unik

Singkat kata bgni pada saat mdtasi d hari ke 3 ane mrasa ga kuat lg krn mtode yg d praktekkan duduk nya lama dan rasa nya mau mati,dlm pkiran ane kalo ane bgni terus ,ane bs meledak/gila hhahahah

Pada akhirnya saya bertekad untuk menikmati meditasi,ane ga peduli lagi apapun yg terjadi,itu yg d pikiran ane saat itu,

setelah itu napas ane jdi enteng,chaya terang yg ane asumsikan sbgai nimitta muncul,pd saat kemunculan nya ane cuekin hehhee
lama kelamaan kesadaran ane semakin rilex,sensasi2 mlhat ruang yg besar, bdan mulai ga berasa,napas jg ga lg di rasakan
pd saat itu penampakan ruang alam semesta terlihat
itu sperti ane mlintasi ruang angkasa,trus kekuar dr sna hnya ad kesadaran yg sangat sederhana ane umpamakan hnya sebatas saya sadar saya ada di sini hnya itu,setelah itu yg plg mbuat berkesan adlah sya melepas kesadaran saya ada,sya ad di sini

Yg terjadi adlh hnya mrasa bebas,sperti sya terbebas dari diri sya sndri,hnya ad kesejukan

sekian pnglman saya,di harapkn para sesepuh berkomentar atau rekan2 lain bs mjelaskn keadaan ane

sadhu3x _/\_

ini adalah nipu.tdk mungkin nimitta kasina muncul bersamaan ruang tanpa batas.
kalau ada yg begini tanyanya, kemungkinan mdngetes pdmbimbing nya atau audidnce disini.
kalau masih aktif, boleh diskusi.

sy paling senang dgn pertanyaan model begini.tanyanya nipu tentu jawabnya nipu.
langsung sy masukkan di koran wihara , 3 hari jhana1.7 hari jhana 2.
biar mereka muter cari sendiri.

15
Vegetarian / Re: Tanya tentang Vegetarian
« on: 19 June 2017, 10:24:43 PM »
tidak usah dikejar.bukannya semua katanya  tanpaaku.😐.katanyaaà

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8