Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - mina

Pages: [1] 2
1
Kafe Jongkok / Re: Tebak: Siapa dia ?
« on: 20 September 2014, 12:21:45 PM »
Inisial B atau N?

2
Keluarga & Teman / Re: masalah keluarga
« on: 19 September 2014, 11:47:12 AM »
Hari ni mertua beli kepiting hidup lagi dipasar. Saya blg beli rajungan saja yg sudah mati dijwb kptg lebi enak dan murah. Lucunya waktu suru penjual potong diblg saya vege jd gak bole potong. Bukankah menjual juga sama saja. Dan apakah menyuruh org membunuh sama dengan membunuh? Mertua sempat mau beli kerang dan nila tapi saya blg gak usa la masih hidup, dijb bego kali. Kalo dia gak ada pantangan.

3
Keluarga & Teman / Re: masalah keluarga
« on: 17 September 2014, 04:41:56 PM »
Q. disuruh mertua pergi ke pasar beli ikan, trus di potong idup oleh si penjual ?
A. memungkinkan ga beli ikan yg uda mati ? klo tdk memungkinkan, ya mau ga mau beli ikan tu ikan, asal bukan sis yg bunuh dan sis jgn makan masakan ikan itu. bsok klo sis ada waktu, ya beli ikan lele idup, trus lepaskan di sungai terdekat.

Q. saudara beli lobster idup, yang masak bukan sis ?
A. ya di info aja ke saudara, lebih baik kedepannya jgn beli lobster idup, beli aja lobster yg uda mati. sis jgn ikut memasak maupun memakan, terlebih sis ga selera makan jg kan ?

terkadang memang ada kondisi yg tdk bs kita hindari, sis menolak permintaan mertua dan keluarga besar, efek nya sis ribut/bertengkar dgn mereka blm lg bs merembet smpai ribut dgn suami, tentu hal ini jg tdk di inginkan. jd kudu bijak menyikapi keluarga demikian.

Tidak memungkinkan kecuali menyadarkan mertua, kira2 alasan apa lg yg bisa dipergunakan? Bbrp hari lalu mertua juga beli ikan lele besar sekali yg hidup langsung dipotong penjual untuk cucunya yg bayi. Katanya enak kali kalo buat bubur. Untuk fangsen saya gak tau habitatnya khawatir nanti akan membuat ekosistem jadi tidak seimbang gpp?
Untuk lobster sy gak berani menasehati yg beli. Saya hanya tanya napa gak beli yg mati dijb hrs yg hidup, mati gak bole makan lagi n bilang saya juga ada piara lobster jd tidak brani makan. Saya ada menasehati yg memasaknya kalo gak bole membunuh. Katanya dia juga gak berani tapi terpaksa karena gilirannya masak.

4
Keluarga & Teman / Re: masalah keluarga
« on: 17 September 2014, 11:15:02 AM »
Sya sudah mencoba mengatakan ajaran agama Buddha sila pertama tdk bole membunuh, jdi lebi baik pilh yg mati aja. Dijb kan bukan kita yg bunuh, org itu yg bunuh.. trus esoknya mertua pesan lele yg di potong hidup2 banyak sekali. Bawa dr pasar ke rumah kepalanya uda dipotong tapi badannya masih bisa bergerak. Kasihan banget. Bbrp waktu lalu juga saudara beli lobster hidup pulang, memang bukan saya yg masak, tapi melihat proses pemasakan itu membuat sy sedih n tidak selera makan. Adakah saran gmn sebaiknya sikap sy melihat hal tsb?

5
Keluarga & Teman / Re: masalah keluarga
« on: 16 August 2014, 02:29:20 PM »
^ ^ kalau dengan tidak ikut makan ikan (nila) dan kerang bisa membuatmu bebas dari 'keharusan' untuk membantu, kenapa nggak?

Bukan gak mau membantu cm gak mau membunuh. Mis kamu disuru masak. Ada menu kerang atas permintaan keluarga besr, apa kamu bakal suru mama yg masak aja kerangnya soalnya sy gak mau membunuh. Ato gmn?

6
Keluarga & Teman / Re: masalah keluarga
« on: 16 August 2014, 02:27:49 PM »
^ ^ kalau dengan tidak ikut makan ikan (nila) dan kerang bisa membuatmu bebas dari 'keharusan' untuk membantu, kenapa nggak?

Bukan gak mau membantu cm gak mau membunuh. Mis kamu disuru masak. Ada menu kerang atas permintaan keluarga besr, apa kamu bakal suru mama yg masak aja kerangnya soalnya sy gak mau membunuh. Ato gmn?

7
Keluarga & Teman / Re: masalah keluarga
« on: 16 August 2014, 08:24:33 AM »
tiap keluarga pasti memiliki masalah keluarga sendiri.. Hal yang dialami sist itu sangat biasa dan lazim terjadi. Solusinya adalah mengutarakan apa yang menjadi kendala sist.. Namun apa daya terkadang merasa gak enakan dll itu hal yang wajar.

Solusi lain sebenarnya anda bisa ngomong dengan suami anda apa yang menjadi kendala. Dan cobalah berdua mencari solusinya, bagaimana pun juga suami anda "idealnya" lebih mengerti temperamen orang tuanya bukan, dan bisa menyampaikan kepada orang tuanya dengan halus dan gak bawa2 nama sist.

Dan ide lain, tidak perlu membawa sila-silaan tidak ingin membunuh dll, itu bukan "alasan" yang tepat. Manusia cenderung lebih "menghargai" jika hal itu "berguna" baginya..

Coba bandingkan statement ini :

Ma.. jangan beli dan makan kerang terus.. saya kan tidak suka membunuh.
Ma.. jangan beli dan makan kerang terus.. saya baca di internet.. kalau makan terlalu banyak seafood tidak baik untuk kesehatan. Saya tidak mau mama sakit karena kebanyakan makan seafood..

Kira2 mana yang lebih didengarin oleh mertua anda ? ;D

sy sdh blg ke suami, suami mengerti sy tp jg tidak berani menasehati ortu. Bagi mereka membunuh nyamuk n lalat masih hal biasa.. Terus terang sy gak suka ke pasar krn byk pembunuhan, ayam hidup, kepala babi, ikan sekarat, dll... Apakah sebaiknya sy juga tidak memakan ikan, kerang tsb?  Nanti diblg cuma mau makan saja, gak mau bantu.

8
Keluarga & Teman / Re: masalah keluarga
« on: 15 August 2014, 11:59:31 PM »
masalahnya mmg sy tidak bs menolak, juga tidak enak menasehati mertua, sy tdk ingin membunuh... jd ap yg hrs sy lakukan y?

9
Keluarga & Teman / Re: masalah keluarga
« on: 15 August 2014, 02:17:06 PM »
Saya pikir anda perlu memilah2 step by step kejadian untuk menjawab permasalahan anda.
Kalau diilustrasikan urutan kejadian seperti ini :
1. Ke pasar
2. Beli sayur
3. Beli ikan sekarat<= Tidak bisa menolak
4. Membunuh dan memasak ikan
5. Merasa bersalah dan tidak nyaman
6. Bagaimana baiknya ?

Point permasalahan anda sebenarnya bukanlah di nomor 5 dan 6, melainkan di nomor 3.
Jika anda bisa menolak, tentu otomatis no. 4 - 6 tidak akan terjadi bukan ?
Jadi dalam hal ini jika anda ingin menyelesaikan masalah anda, selesaikan di bagian root cause ;D daripada memusingkan di bagian akhir.

Intinya yang perlu anda tanyakan, apa yang harus anda lakukan agar tidak membeli ikan hidup. Kembali lagi pada hidup adalah pilihan.

- Apakah makan ikan/kerang itu suatu kewajiban / pilihan ?

Semoga bisa mendapatkan esensi dari apa yang saya sampaikan ;D

Tapi apakah kalau menolak bisa dianggap tidak berbakti karena tidak mau membantu, karena sayasy sudah secara halus mengatakan ikannya masih hidup, np ga beli yg mati saja, tp diblg ga da yg mati. Yg ikan itu enak dsb.

10
Keluarga & Teman / Re: masalah keluarga
« on: 15 August 2014, 01:20:51 PM »
^ ^ ups.. saya ga tau kamu sudah balas (tadi saya edit postingan saya). Tapi ga apa, esensinya sama.

Bukan kamu yang membunuh ikan itu sih.. kamu tidak melakukan pembunuhan.

Btw, itu jenis ikan apa ya? kenapa hanya ada yang hidup?

Tapi sy yg menyuruh tentu saya juga merasa bersalah. Apakah hal itu tidak bertentangan dgn agama buddha? Salah satu contoh ikan nila. Apalagi kalau sy diminta memasak kerang tsb. Sy sudah membunuh byk nyawa.

11
Keluarga & Teman / Re: masalah keluarga
« on: 15 August 2014, 01:05:03 PM »
kalau begitu jangan dilihat ;D

Tetap termasuk pembunuhan bukan? Gimana sebaiknya?

12
Keluarga & Teman / Re: masalah keluarga
« on: 15 August 2014, 12:31:33 PM »
Jenis ikan itu hanya ada yg hidup/sekarat. Apa hrs ditunggu sampai mati dulu baru dibeli?

13
Keluarga & Teman / masalah keluarga
« on: 15 August 2014, 11:18:48 AM »
Halo... saya ingin masukan dari teman2... saya diminta ke pasar untuk membeli sayur. kadang disuru membeli ikan hidup(sekarat), kerang hidup, kepiting. Sy tidak bs menolak. Saya sangat shock wkt melihat ikan yg masi hidup langsung di sikat sisiknya n dipotong tp kepalanya masi bergerak. porsi makan untuk keluarga besar(lbh dr 10 org). Gmn sebaiknya yg hrs sy lakukan?

14
Hobi dan Kegiatan Ektrakulikuler / Re: MUSIK
« on: 10 May 2013, 10:13:29 AM »

15
Seremonial / Re: Happy Birthday to Cumi Polos (Sacheng) ;D
« on: 10 May 2013, 09:28:41 AM »
Happy bday....  :)

Pages: [1] 2