Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - koboy

Pages: [1] 2
1
kalau banyak fenomena seperti itu, kenapa saya tidak pernah ketemu satu pun? saya meragukan statistik anda itu

banyak kali, biasa nya yg belum belajar secara mendalam, misal nya nih, dy orang buddhist tapi bikin status semoga Tuhan memberkati dia.

2
lebih baik anda belajar dulu, baru bertanya !
dari pada memancing2 tapi tidak karuan.

bukan kah boleh bertanya kalau tidak mengerti,, ada juga koq orang yang bikin statement tapi salah, apa dy jg suruh belajar dulu, trus ga boleh nanya? trus knpa dianggap memancing? :o

3
anda sebenar nya ngerti arahat ?

arahat itu tingkat kesucian tertinggi, arahat adalah sebutan untuk seseorang yg telah mencapai penerangan sempurna.

sammasambuddha adalah sebutan untuk orang yg telah mencapai penerangan sempurna karena usaha nya sendiri dan mengajarkan dhamma yg ditemukan nya.

seorang sammasambuddha juga merupakan seorang arahat. tapi seorang arahat belum tentu sebagai sammasambuddha.

so arahat atau sammasambuddha, ketika beliau belum parinibbana?

4
kalau anda umat buddha dan anda terpengaruh oleh itu, saya pikir itu masalah anda, saya seorang buddhis tapi tidak terpengaruh hal2 spt itu.

saya tidak terpengaruh koq, cuma kan banyak fenomena seperti itu, jadi ditanyakan, tentang topik ini

5
Tidak ada yang perlu di koreksi.

siddharta menemukan kebenaran/dhamma dengan usaha nya sendiri, setelah ia mendapatkan nya, ia mencapai penerangan sempurna/buddha, sejak itu siddharta telah menjadi seorang sammasambuddha (buddha yang mencapai penerangan sempurna dengan usaha nya sendiri dan mampu mengajarkan dhamma).

para murid nya, yang mempelajari dhamma dan mempraktekan nya serta dapat mencapai kesucian arahat, maka pada saat itu ia adalah seorang arahat/savaka-buddha (mencapai kesucian sebagai murid dari seorang sammasambuddha)

jadi sewaktu masih hidup sudah sammasambuddha,, bukan arahat sammasambuddha.. atau bisa dibenar kan kedua peryataan tersebut? mohon petunjuk nya :)

6
saya ingin bertanya, pandangan keliru yg manakah yg dipengaruhi oleh ajaran agama lain? dan keajaiban versi mujizat [sic] apakah yg mirip ajaran agama lain itu?

keberadaan agama Buddha di tengah2 ajaran agama lain yang lebih dominan di Indonesia kan harus diakui beberapa umat Buddha terpengaruh,, seperti keberadaan Tuhan sebagai suatu makhluk,, bahkan beberapa umat Buddha di indonesia menganut sinkretisme.

ya misal nya mr. J bisa menghidupkan orang mati, dsb.

7

Yah salah sewaktu beliau hidup juga sudah jadi sammasambuddha, Mereka yg telah menjadi arahat sewaktu hidup juga sudah arahat bukan setelah meninggal baru di beri gelar arahat , mgkn hal ini terjadi karena kita ga mengenal sosok arahat ketika msh hidup ketika meninggal banyak meninggalkan relik2 tubuh (misalnya) sehingga murid2nya memberi gelar arahat

ada yang mau koreksi? _/\_

8
nih koreksian nya.. udah bener blom,,

sewaktu hidup pangeran siddhartha yang telah mencapai penerangan sempurna disebut arahat sammasambuddha, baru setelah parinibbana menjadi sammasambuddha.

ntar klo salah kasih tau dmn. wkwkwkk..

9
Aduh bro, ini gaya bahasa agama sebelah banget....  #-o   

Emang bro dari sana ya?  :-?

mxd nya agama sebelah,,
hmm,, coba kamu aja yang terang kan.

10
Nah ini pengertian agama tetangga, diberi sesuatu di 'surga'  :D

Arahat itu, masih hidup juga sudah menjadi buddha, ga perlu nunggu parinibbana (wafat).

hmm,, permainan kata2 ya,, sewaktu hidup dalam raga pangeran siddhartha sang Buddha Gotama juga disebut arahat sammasambuddha, baru setelah parinibbana menjadi sammasambuddha. cmiiw

11
ya itu lah manusia,, makhluk yang bisa membedakan mana yang baik dan buruk. tapi karena ada nya kekotoran batin maka dy ada perasaan curiga, merasa paling pintar dan benar. positif thinking aja lah,, klo dalam sejarah nya ada yang pernah menyerang agama Buddha ya biarlah,, jangan dilayani. saya disini kan bertanya,, koq dikira nya macam2.  _/\_

12
Menjadi buddha? bukan kah arahat juga adalah Buddha hanya saja atas bimbingan sammasambuddha.. Saya ga ingat pernah membaca kotbhah agar murid2 Nya menjadi sammasambuddha

arahat sebenar nya makhluk suci yang sudah terbebas dari kelahiran kembali, dan setelah parinibbana maka yang bersangkutan akan menjadi Buddha. tidak hanya atas bimbingan sammasambuddha saja seseorang bisa mencapai kesucian arahat. sebelum memahami lebih jauh,, kosong kan dulu cangkir anda. _/\_


13
Diskusi Umum / Re: Bisakah pencapaian arahat dilatih dialam dewa
« on: 30 October 2012, 07:43:45 AM »
Kan ada sutra nya ketika Buddha membabarkan abidhamma di alam surga dan banyak yg mencapai tingkat kesucian arahat termasuk sang ibunda Buddha sendiri... Cuma agak bingung aja kalau memang tingkat kesucian arahat hanya bisa dilatih di alam manusia maka berharga se x kita yg bisa lahir sebagai manusia

koreksi bukan ibunda Buddha, tapi ibunda pangeran Siddhartha.

14
Bukankah ketika mengatakan "semoga semua mahluk berbahagia" kita
sesungguhnya juga termasuk merujuk kepada mahluk-mahluk dari alam para Dewa?

Meskipun para Dewa bukanlah makhluk sempurna dan memiliki wewenang untuk
mengatur umat manusia. Para Dewa tunduk pada hukum mistik yang mengikat diri
mereka pada karma dan samsara (http://id.wikipedia.org/wiki/Dewa

Dalam artian seperti itulah saya mengartikan Politheisme.

CMIIW ^:)^

setahu saya,, para dewa memang termasuk dalam 31 alam kehidupan dan kehidupannya itu tidak kekal,, beberapa diantara mereka bisa mengkodisikan agar karma baik seseorang berbuah pada saat yang tepat,, sehingga seseorang menganggap bahwa keinginan nya dikabulkan oleh dewa2 tersebut,, sehingga menyembah dewa tersebut.

15
anda tidak mgkn menjadi arahat hanya dengan mengerti hal2 sederhana seperti ini menjadi arahat artinya anda sudah mengikis akar2 kebodohan,ketamakan, dan kegelapan batin, seperti yang sudah dijelaskan oleh bro dato tono kalau anda tetep ga trima dengan penjelasan itu sebaiknya anda mencari kepercayaan lain, agama buddha bukanlah tempat mencari Tuhan tapi tempat melatih diri untuk bebas dari penderitaan

maka nya dari itu saya bertanya,, semua jalan yang kita tuju kan menjadi Arahat kemudian Buddha pada akhir nya. kenapa ga disingkat aja,, menjadi arahat berarti sudah membinasakan 10 samyojana.

Pages: [1] 2