untuk sharing saja ...
sebenernya bukan "kabar gembira" melainkan "kabar buruk" dan yang ryu katakan tentang access pointnya tidak semuanya benar.
"Menggunakan APN (Access Point Name): internet atau telkomsel (sharing)"
Untuk pengguna computer dengan menjadikan mobilephone sebagai modem:
kalo access pointnya "internet", kita secara otomatis masuk ke unlimited paket. tapi kalo kita set access pointnya "telkomsel", secara otomatis kita akan di kenakan biaya per kb meskipun kita daftar sebagai paket unlimited. jadi dalam bill bulanan, kita akan membayar lebih dari 125,000. ini yang telah di konfirmasi oleh customer care telkomsel. meskipun setelah beberapa kali saya menelepon mereka dan mendapat jawaban yang berbeda-beda dari beberapa customer care tersebut.
Untuk pengguna internet langsung di mobilephone:
untuk paket unlimited, setelah di konfirmasi oleh customer care telkomsel, kita tidak dapat menggunakan access point "internet" untuk mengakses internet di mobilephone. bila kita secara tidak sengaja menggunakan access point "telkomsel", maka kita akan di kenakan biaya per kb meskipun kita daftar sebagai paket unlimited. jadi untuk pengguna nokia yang memakai setting-an automatis, harap berhati-hati karena settingan automatis akan memakai "telkomsel" sebagai akses pointnya. yang anehnya kenapa paket unlimited tidak dapat mengakses internet dari mobilephone sedangkan paket per kb dapat mengakses.
Kenyataannya:
- Telkomsel membuka access point "internet", "flash", "telkomsel" untuk pelanggan. Dan bila ada pelanggan paket unlimited yang salah memasukan access pointnya, maka terjebaklah si pelanggan dan si pelanggan harus membayar biaya per kb di atas paket unlimitednya. Biaya tersebut bisa berjuta-juta rupiah karena si pelanggan merasa paketnya unlimited dan terus mengakses internet tanpa batas.
- Ketika mendaftar di telkomsel, saya tidak diberitahu tentang akses point ini dan resikonya (kena biaya per kb). Juga saya tidak diberitahu tentang paket unlimited tidak dapat mengakses langsung internet lewat mobilephone.
- Telkomsel seharusnya menutup akses point yang lain selain "internet" untuk paket unlimited. Ini jangan dijadikan jebakan.
- Bila ada setting-an otomatis di mobilephone dan computer, kenapa perlu susah-susah memakai setting-an manual dengan mengetikan "internet" sebagai akses pointnya. Tidak semua orang ingat akan hal itu dan akan banyak orang yang terjebak.
- Customer care telkomsel tidak dapat memberikan jawaban yang jelas bila kita menanyakan "paket saya unlimited dan bila saya memakai access point telkomsel apakah akan kena biaya per kb?". mereka selalu akan menjawab "kemungkinan (bukan ya atau tidak)" dan jawaban mereka berputar-putar karena mereka tidak tahu jawabannya dan tidak berani memberikan jawaban "ya" atau "tidak".
- Customer care telkomsel akan memberikan nomor khusus untuk mencek jumlah pemakaian kita yang menurut saya nomor tersebut tidak ada gunanya. Silahkan mencobanya.
- Saya belum menerima tagihan saya, tapi menurut informasi yang saya dapatkan dari beberapa customer care telkomsel, saya akan dikenakan biaya tambahan per kb di atas biaya paket unlimited saya. sialnya terjebak .. coba lembaga konsumen indonesia membantu dalam hal ini.
- Saya akan menutup account saya meskipun belum satu bulan menjadi customer.
Pesan saya:
- Berhati-hatilah dan konfirmasi terlebih dahulu ke customer care telkomsel sebelum mendaftar atau memakai paket mereka.
