umat buddha mahayana memang suka mengada-ada, rasionalitasnya gemanaTheravada tidak ada di India. Theravada hanya ada di Srilanka (selatan India)? Jangan berargumen tendensius dan sepotong-sepotong. skolastik Theravada secara historis perpedoman pada kanonikal Pali (Tipitaka), dan Tipitaka tekstual dan kontekstual berasal dari verbalitas konsili pertama (pengulangan ajaran Buddha pada konsili pertama) diadakan di di Goa Satapani di Rajagaha (India), yang dipimpin oleh arahat Mahakassapa. Kesahihan hasil konsili I (sanghasamaya I) tidak perlu diragukan lagi, karena yang mengulang Vinaya oleh arahat Upali, dan pengulang Dhamma oleh Arahat Ananda. seorang arahat tidak lagi tercemar oleh kebohongan dan kekotoran batin, sehingga apa yang di ungkapkan merupakan kebenaran mutlak.
Mahayana? mahayana menolak hasil konsili 1 yang dipelopori oleh bhikkhu purana kassapa (yang tingkat spirityalnya tidak jelas, mungkin hanya mencapai kesucian tingkat rendah).Logikanya kesucian tingkat rendah (sotapana dan sakadagami) masih belum membasmi beberapa nivarana, sehingga apa yang dilakukan masih bisa ternoda, hal ini berbanding terbalik dengan kesucian arahat.
menurut mahayana, peserta sangha samaya yang diklaim sebagai sangha samaya versi mahayana memperbolehkan pesertanya para bhikkhu tingkat kesuciannya tidak harus arahat, artinya: apa yang dikatakan oleh orang suci tingkat rendah masih ternoda oleh kekotoran batin sehingga pengulangan Ajaran Buddha bisa saja interpretasinya atau opini pribadi anggota sangha mahayana tingkat rendah.
kesimpulannya Theravada asalnya dari India bung Ngawor bukan dari kampungmu. kalaupun era kontemporer kiblat perkembangan diluar India itu lain soal, sama toh dengan mahayana dalam perkembangannya berkiblat ke negeri tiongkok.
bila mempermasalahkan mahayana secara kebahasaan sebagai kendaraan besar representasi dari kuantitas sumber ajaran yang dikembangkan itu juga SANGAT SALAH. justru yang mengklaim identitas mahayana (bukan kebahasaan) itu kerdil dan picik.kenapa? bagaimana mungkin mahayana mengakui referensi ajaran mahayana lebih banyak dan lebih besar dari Theravada? pada prinsipnya pokok-pokok Ajaran Buddha adalah 84.000. cuma implementasi dan penerapannya yang barangkali dikalim sebagai berasal dari skolastik mahayana.
Sadar atau tidak skolastik mahayana mengingkari keabsahan Dhamma dan Vinaya diulang pada konsili 1. kalau benar demikian ajaran mahayana berada diluar kategori Dhamma Buddha Sakyamuni, kalau mengaku ajaran mahayana adalah Ajaran Buddha Sakyamuni itu bentuk pencemaran Dhamma. apalagi sutra-sutra mahayana yang berasal dari antah berantah substanasi dan esensinya ilusi dan halusinasi.
jangan bangga lu mengaku mahayana (kendaraan besar) dan menyebut theravada sebagai hinayana (kendaraan kecil).
kalau mengacu istilah kendaraan, mahayana kendaraan besar berarti truk, termasuk truk sampah dong. (dari saya, Nendy Abrianto, praktisi Ajaran Buddha Sakyamuni).
Mahayana? mahayana menolak hasil konsili 1 yang dipelopori oleh bhikkhu purana kassapa (yang tingkat spirityalnya tidak jelas, mungkin hanya mencapai kesucian tingkat rendah).Logikanya kesucian tingkat rendah (sotapana dan sakadagami) masih belum membasmi beberapa nivarana, sehingga apa yang dilakukan masih bisa ternoda, hal ini berbanding terbalik dengan kesucian arahat.
menurut mahayana, peserta sangha samaya yang diklaim sebagai sangha samaya versi mahayana memperbolehkan pesertanya para bhikkhu tingkat kesuciannya tidak harus arahat, artinya: apa yang dikatakan oleh orang suci tingkat rendah masih ternoda oleh kekotoran batin sehingga pengulangan Ajaran Buddha bisa saja interpretasinya atau opini pribadi anggota sangha mahayana tingkat rendah.
kesimpulannya Theravada asalnya dari India bung Ngawor bukan dari kampungmu. kalaupun era kontemporer kiblat perkembangan diluar India itu lain soal, sama toh dengan mahayana dalam perkembangannya berkiblat ke negeri tiongkok.
bila mempermasalahkan mahayana secara kebahasaan sebagai kendaraan besar representasi dari kuantitas sumber ajaran yang dikembangkan itu juga SANGAT SALAH. justru yang mengklaim identitas mahayana (bukan kebahasaan) itu kerdil dan picik.kenapa? bagaimana mungkin mahayana mengakui referensi ajaran mahayana lebih banyak dan lebih besar dari Theravada? pada prinsipnya pokok-pokok Ajaran Buddha adalah 84.000. cuma implementasi dan penerapannya yang barangkali dikalim sebagai berasal dari skolastik mahayana.
Sadar atau tidak skolastik mahayana mengingkari keabsahan Dhamma dan Vinaya diulang pada konsili 1. kalau benar demikian ajaran mahayana berada diluar kategori Dhamma Buddha Sakyamuni, kalau mengaku ajaran mahayana adalah Ajaran Buddha Sakyamuni itu bentuk pencemaran Dhamma. apalagi sutra-sutra mahayana yang berasal dari antah berantah substanasi dan esensinya ilusi dan halusinasi.
jangan bangga lu mengaku mahayana (kendaraan besar) dan menyebut theravada sebagai hinayana (kendaraan kecil).
kalau mengacu istilah kendaraan, mahayana kendaraan besar berarti truk, termasuk truk sampah dong. (dari saya, Nendy Abrianto, praktisi Ajaran Buddha Sakyamuni).
