//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - senbudha

Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7 8 9 ... 14
16
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi / SELAMAT JALAN NEIL AMSTRONG
« on: 05 September 2012, 04:01:07 PM »
Kompas.5 september 2012.  Pada tahun 1969,Neil Armstrong mengirim berita ke pemerintah Indonesia bahwa dalam perjalanan ke bulan NEIL ARMSTRONG MELIHAT SINAR TERANG YANG MEMBERIKAN DIRINYA RASA DAMAI DAN TENANG DARI BUMI DAN KETIKA DILIHAT DENGAN TELESKOP SINAR ITU BERASAL DARI CANDI BOROBUDUR. Neil Armstrong juga mengirim sampel batu dari bulan sebagai kenang-kenangan. Hal ini telah membantu promosi wisatawan asing datang ke indonesia dan restorasi oleh UNESCO bersama pemerintah Indonesia terlaksana di tahun 1979.

17
Buddhisme untuk Pemula / Re: tolong jawab
« on: 21 August 2012, 12:26:17 PM »
Tuhan mungkin lupa dengan pasangan transgender,tapi kamma tidak sedikitpun meleset mengikuti pikiran,ucapan dan tindakan makhluk hidup di 6 alam kehidupan. Seks tidak selalu harus berpasangan karena yang mendasarinya adalah nafsu birahi.Kata siapa tuhan menciptakan malam  dan siang,apakah anda tidak tahu kalau di kutup utara itu tidak ada malamnya? kalau suatu hari sang bulan sudah ngambek dan  pergi dari bumi,apakah matahari akan sedih dan pergi juga?

18
Maafkan saya mas tidar.

19
Seingat saya,kalau di agama tetangga,setelah mati akan ditanya KTP akhiratnya ha,ha,,ditanya semasa hidup itu  percaya sama siapa dan ditimbang pahalanya? Agama yang satu lagi,kurang lebih sama,tidak akan selamat kalau tidak percaya padanya.Padahal kalau ada yang mau membocorkan rahasianya,sebenarnya sama saja.Lalu bagaimana dengan buddhism?Nah ini dia...bebas memilih ke 6 alam kehidupan sesukamu sesuai watak dan tingkahmu semasa hidup yang seirama dengan 3 akar kemelekatan,suka tidak suka,sudah mati tinggal masuk saja. Hanya satu tempat yang tidak beralamat karena tidak pernah lahir,maka tidak pernah mati, tidak akan musnah,hanya bisa dicapai dengan tidak memiliki apapun lagi.Tempat ini DENGAN TERPAKSA DIKASIH NAMA,padahal TIDAK BERNAMA APAPUN. AH DASAR MANUSIA,SEGALANYA MINTA ALAMAT,TAKUT DICARI si ayu ting ting.

20
At Juanpedro. Kejawen itu adalah mereka pada masa kejatuhan majapahit yang tidak mau masuk 15l4m,tapi juga tidak mau mati konyol di tangan para prajurit wali. Setelah jatuhnya majapahit,pembantaian besar-besaran terjadi di tanah jawa,sama seperti yang terjadi di india setelah raja buddhist dibunuh oleh tentara muslim turki.Masalah seperti ini masih terjadi dengan suku Kurdi sampai hari ini. Pada masa itu,rakyat yang mau  masuk i5l4m,maka akan diberikan tanah dan dijamin keselamatannya.Bila ada orang yang diketahui mempraktekkan tata cara buddhist hindu maka tidak akan segan-segan dibunuh di depan umum,sama seperti sekarang apa yang terjadi di arab sana.Hal yang sama terjadi ketika syeik siti jenar yang asli orang persia malah membela ajaran Buddha,tapi dihukum pancung oleh wali,itu pun setelah diijinkan oleh syeik siti jenar baru bisa terpancung kepalanya,tapi versi 15l4m tentu membanggakan ayat mereka.Setelah kepalanya terpancung,keluar cahaya terang dan wangi,tapi wali licik mengantinya dengan bangkai anjing yang busuk untuk membodohi rakyat majapahit saat itu.Nah,para orang jawa yang shock,demi nyawa,akhirnya ganti agama,inilah cara tercepat dalam menkonversi seseorang ke agama lain.Mereka yang masih setia pada ajaran buddha hindu,dengan diam-diam tetap menjalankan tata ritual dan filsafat ajaran leluhur,tapi demi keselamatan,mereka berbuat seolah-olah mereka mo5l3m.Tampak luar,kalau jaman itu mereka membaca ayat koran kalau diperhatikan,tapi kalau tidak,mereka membaca kidung jawa yang buddhist hindu.Lama-kelamaan,hilang dan lupalah kidung jawa itu,tapi keturunan mereka terus mempertahankan ajaran ini sampai hari ini.Kejawen asli tidak akan sholat-sholatan,tapi cara tapa mereka adalah mirip buddha hindu,tapi sudah melenceng jauh di jaman sekarang,sudah mirip ke 15l4m,kalau kejawen cari selamat,ya sholat kalau dilihat tetangga.Contoh daerah kejawen,gunung kidul itu masih kental.Maka tidak heran,kalau diperhatikan dengan teliti,filsafat orang jawa itu mirip buddism,tapi yang parah adalah orang sunda,99% mereka sama sekali tidak tahu nilai hidup leluhur mereka.Sisa 1% suku badui yang merupakan sisa tentara siliwangi yang setia pada leluhur dan bersumpah tidak masuk 15l4m demi raja siliwangi.Juga ada beberapa kelompok orang sunda di desa terpencil ciwedey yang mempertahankan tradisi sunda kuno.Kejadian jatuhnya kerajaan pajajaran dan pakuan,sama persis dengan jatuhnya majapahit,yaitu anaknya yang mau membunuh ayahnya.Tapi dalam ini,raja siliwangi memilih membawa mereka yang setia untuk pergi menjauhkan diri keramaian.Lebih seru kalau anda mau membeli buku sejarahnya yang tidak kena bumbu dan baca sendiri,cumu sayang sekali,sekali terbit,hilang tanpa jejak,di telepon tidak diangkat.

21
Teringat cerita di jaman majapahit,orang-orang sekarang disuguhkan cerita begitu hebatnya dan saktinya para wali,katanya tidak satu pun orang sakti jawanist yang mampu mengalahkan mereka.Lalu teringatlah para serdadu belanda yang datang dengan membawa senjata sakti hasil jampe-jampe dari pabrik,dikasih butiran besi dikit dan mesiu,eh ternyata dengan senjata sakti ini,orang sakti 15lam pada menyerah ratusan tahun.Inti cerita ini adalah,kalau kita lihat sekarang keadaan dunia timur tengah dan daerah konflik yang melibatkan mo3l3m,maka hampir pasti dunia barat yang turun tangan dengan membawa senjata saktinya,maka mereka bisa dikalahkan.Ada orang yang dihadapi dengan lembut,bukannya tahu diri,tapi malah minta lebih dan suatu hari dia akan menjitakmu sampai mati.Ini sering kita dengar dari kehidupan sehari-hari.Orang Buddhist di burma bukan orang Buddhist jaman dulu yang ketinggalan informasi keadaan dunia,mereka sudah tahu apa yang terjadi dunia mo5l3m,lalu apakah mereka akan membiarkan tanah mereka pelan-pelan dicaplok,seperti philipina,thailand? Mengapa ribut kalau orang rohingya diminta masuk buddhist?Mengapa tidak ribut kalau orang buddhist di bangladesh,kashmir,himachal pradesh dll tempat di perbatasan india pakistan,dipaksa masuk 15lam? Mengapa tidak ada yang ribut kalau pemerintah china memerintahkan para pelajar dan pejabat di provinsi xinjiang tidak boleh berpuasa?Yang berpuasa akan kena sanksi dan bila perlu dipecat.Ingat,menghadapi hal tertentu,tidak selamanya dapat dihadapi dengan lembut,terkadang perlu "suatu tampilan ganas"untuk menaklukkan para iblis.Ini bisa dilihat dari tampilan para Yidam dan dakini dalam buddhist tantra,dimana mereka menaklukkan para iblis harus dengan tampilan ganas.Sejarah panjang burma,kamboja,laos yang tidak terpengaruh oleh perkembangan 15lam di abad 10 ke atas adalah raja mereka yang tidak mau tergoda oleh wanita mo5lem yang disodorkan dengan "strategi tertentu".Raja terakhir majapahitlah yang bodoh dan bernafsu menerima wanita ini tanpa mau mendengarkan nasehat ke 2 penasehatnya.Akhir cerita,seperti kata pepatah"banyak negara jatuh karena raja dan pemimpinnya yang bermain dengan wanita".Cara paling mudah menyebarkan dan meningkatkan jumlah penganut agama tertentu adalah lewat JIHAD BIOLOGIS.

22
At indra,,, Maaf,kalau kata-kataku pasti kasar. Kamu ini seperti "dewa yang turun dari langit kalau lagi mengutip dan menjelaskan sutta,tapi watak setanmu muncul kalau anda meremehkan dan menghina orang lain,seperti setan yang selalu minta dipuja". Tidak setuju? Kepada orang-orang maya.dipersilakan membaca trik-trik masa lalu sampai masa sekarang,silakan nilai sendiri.Silakan kamu memakiku kembali,dengan senang hati saya menerimanya.

23
At sanjiva, saya bukan tidak memahami beda sila dan vinaya menurut sutta,tapi saya lebih menerima ajaran Shantidewa yang menulis buku Bodhicaryavatara. Bagi seorang yang benar-benar ingin mempraktekkan ajaran Buddha,maka harus serius,walau sekedar niat buruk dan pikiran buruk saja,itu harus disadari sebagai penyimpangan dan melanggar sila.Dalam hal ini,saya lebih berpegang pada kitab tantra,dan dalam upali sutta juga sudah dijelaskan.  Berikutnya,kalau kamu tahu peristiwa yang terjadi masa lalu,pelan-pelan kamu menyelidiki,nanti juga kamu akan tahu. Sekarang anda sudah tahu,kebenaran itu tidak menyenangkan pihak tertentu,sama dengan runtuhnya majapahit,sejarah bisa ditulis ulang dengan bumbu untuk membela diri.Contoh saja dengan peristiwa 98,cerita yang benar ada pada mereka yang melihat dan mengalami,tapi apakah akan ada buku sejarahnya? Soal kamu yang menyatakan bermain pelacur itu tidak melanggar sila. Bagaimana kalau pelacur itu saudaramu?Apakah kamu bisa memisahkan antara dia sebagai pelacur dan saudaramu?Bisa,kalau memisahkan dengan cara abhidhamma? Yang lain,saya tidak perpanjang,karena itu tergantung pada kemajuan batin masing-masing dan kalau suatu hari kamu sadar,kamu akan ingat kata-kataku.

24
At rooney. Kalau anda mengatakan ajanh chah menghafal sutta,maka tolong kasih tahu di buku bagian mana kamu menemukan biografi ajanh chah belajar sutta begitu dalam.Saya mengumpulkan buku ajanh chah dan kemarin coba bolak balik,saya tidak menemukan kalau dalam ceramah kepada murid-muridnya selalu memetik sutta.Dialog ajanh chah dengan muridnya lebih menyerupai para Bhiksu zen dan ini yangf sangat menyadarkan saya dalam buddhism,ternyata bagi mereka yang telah mencapai tahap tertentu dalam spiritual,baik dalam tantra,zen,aliran sukawati,aliran tien tai,tingkah mereka mencerminkan kebebasan spiritual yang dalam.Soal sai baba,mengapa kamu tidak mencoba baca bukunya dan mencoba cari tahu apakah tingkah dan watak Sang Swami itu sesuai buddhism atau tidak.Apakah menurutmu,seorang Sai Baba tidak tahu tentang 8 ruas jalan mulia? Saya kasih tahu kamu sekarang,Sang Swami sangat memahami 8 ruas jalan mulia dan menjalankannya.Tapi apa dia harus lapor kepada dunia kalau Dia sangat menghargai ajran Buddha?Apakah Dia menjalankan vinaya?Coba saja kamu baca kisah riwayatnya,itu kalau anda mau.Soal begini,untuk sementara anda bisa belajar dulu dan banyak berdialog dengan Paramitha Dewi,mungkin akan membuka wawasanmu.Sering ke vihara Siripada,coba belajar dari dia,walau kecil tapi sudah matang.

25
At lady chua, Benar tuduhanmu kalau saya pernah tidak tahu diri dalam buddhism. Saya akan ceritakan betapa fatalnya kesalahan saya ini. Pada awal saya belajar buddhism,tidak mudah mendapatkan buku dan orang yang memahami ajaran dengan baik.Tidak seperti sekarang,orang tinggal klik lalu berargumen sana sini tanpa dialog dengan orang yang berpengalaman.Buku yang kubaca adalah terjemahan T.W anda C.A,F. RHYS DAVIDS,penerjemah tipitaka pertama dari bahasa pali ke english.Betapa sombongnya saya ini setelah membaca buku dan mengerti isinya,dan kamu tahu apa yang kulakukan? Bagiku,aliran buddhism yang lain itu tidak benar dan menyeleweng jauh dari ajaran Buddha.Kamu tahu,buku KO ONG KWAN SE IM KENG,saya bakar. tiap kali saya ke vihara dan kelenteng,saya temukan buku ini, bawa buku ini dan saya bakar.Pokoknya,saya yang paling benar dan aliran tertentu yang paling benar.Begitu idealis saya ini,maka suatu hari saya bertemu dengan Bhante Ashin,berdialog dengannya yang ternyata dalam kesejukan batinnya,saya disadarkan akan tindakan saya.Bhante Ashin bertanya padaku,apa isi buku Ko ong kwan se im keng?Saya cerita,dalamnya berisi pujian kepada Buddha,dharma,sangha dan para bodhisatva dalam bahasa mandarin,hok kian,kong hu.Juga ditanyakan buku-buku sutra ,Lalu saya ditanya,apa salah buku itu? saya jawab bla..bla...,lalu dijawab "Apa bedanya anda membaca buddhanusati,dhammanusati,sanghanusati .......dan apa anda berpikir berapa orang yang "benar-benar" berlindung kepada triratna?Berapa banyak orang yang membaca metta sutta dan kebal senjata.....? Mengapa anda membaca sutta menjadikanmu sombong dan buta batin,meremehkan ajaran aliran lain? Saya ditegur di depan orang banyak,mereka mendengarkan dialog saya dengan bhante ashin.Mulai saat itu,saya tersadarkan dan mulai belajar lebih dalam kitab aliran lain,terutama aliran tantra.dan akhirnya saya bisa memahami gambar mandala esotik dalam thangka.Ini adalah tindakan tidak tahu diri saya yang paling fatal dalam pencarian spiritualku.Sekarang lady chua,giliran kamu menceritakan tindakan "tidak tahu dirimu".Atau anda bersih selama pembelajaranmu dalam buddhism?Tolong berbagi ya,jujur adalah salah satu jalan membuku pintu batin.

26
Kalian benar semuanya.terima kasih.

27
At sanjiva,umur kamu berapa saat peristiwa itu terjadi? Apakah kamu ada di tempat menghadapi mereka langsung dan berhadapan dengan polisi yang menghadang para bhikhu Sangha Agung Indonesia yang di laporkan pihak tertentu,katanya mau demo? Kalau kamu tidak tahu,diam saja. Soal buku itu,saya sudah baca. Mau dirikan STI,itu tidak masalah,tapi mau membekukan SAI itu yang jadi masalah.Memangnya kamu tahu apa soal ini?Dimana kamu saat itu.Apakah anda tahu,para tetua STI merasa mereka telah salah pada waktu itu?Tanyakan ceritanya pada Bhante tetua di STI,kalau mereka mau ceritanya,Selesai.

28
Banyak dari mereka yang masih hidup. Tanyakan saja cerita sejarahnya,contohnya bhante surya bhumi,bhante jinadamo,ketua sangha mahayana indonesia,juga beberapa bhante di ekayana,mungkin mereka mau cerita. Kalau tidak paham,tidak perlu pusing. Tanyakan saja juga pada HM yang merebut kursi utusan golongan MPR,lalu diberikan pada bhante G. Ada orang yang tidak kenal dan malah tidak baca sutta,contohnya para bhikhu hutan di thailand,setelah ditahbiskan,masuk hutan,mati hidup itu sudah tidak dipikirkan.Apakah anda pikir, ajanh chah menghafal sutta? banyak dari mereka yang tidak membaca sutta yang lebih memiliki rasa rendah hati.Selesai.

29
Teringat akan masa lalu kalau ingat orang ini.Karma kayaknya bisa berbuah dalam satu kehidupan. Saya sedikit membuka masa lalu,disini hanya ingin mengingatkan orang agar jangan sembarangan bertindak dan merasa yang paling benar kalau menguasai suatu kitab dengan fasih.Orang yang menguasai kitab tidak  serta merta membuat orang jadi berwatak baik dan suci.Cerita bermula dari seorang Bhikhu Ashin jinarakita yang mempunyai satu murid bali yang theravadist.Murid ini sangat menguasai sutta dan mungkin dialah orang indonesia pertama yang berceramah dengan sering mengutip sutta.Pulang dari thailand,dia mengkhianati gurunya dengan mengajak beberapa orang untuk mendirikan STI.Dia selalu meremehkan gurunya dengan mengutip sutta,bahwa Bhikhu Ashin adalah penganut sesat,bukan buddhist sejati.Dengan bantuan pengusaha wanita ini sebagai pendukungnya,maka makin jadilah.Bahkan Sangha agung indonesia hampir dibekukan oleh pemerintah oleh permaianan mereka dengan tujuan hanya STI saja yang ada di indo.Setelah bhikhu Ashin Jinarakita mengangkat guru pada Sai Baba,makin jadilah hujatan yang diterima bhante Ashin.Tapi apa kata Bhante Ashin. "Bersabar dengan orang demikian adalah kesabaran yang sebenarnya". Bhante G ini meninggal duluan,abunya hanya abu orang biasa yang abu-abu.Akhirnya semua berakhir setelah Meninggalnya Bhante Ashin,anggota sangha T yang tadinya ikut menghujat,diam semua setelah mengetahui bukti spiritual Bhante Ashin Jinarakita.Ini hanya satu cerita sangat pendek untuk mengingatkan orang yang sok dan sombong.Bhante Ashin sama sekali tidak hafal sutta juga tidak baca sutra,ajarannya sederhana saja,katanya"Bila anda merasakan ada niat buruk dan pikiran buruk yang timbul,itulah latihanmu yang sebenarnya". Kalau menghafal sutta dan memperlajari sutta bisa membuat seseorang jadi orang baik dan suci,sudah banyak yang suci dan baik.

30
Saya akan memberikan satu contoh kejadian yang nyata. Di tibet,di jaman raja landdharma yang memeluk ajaran bon. Karena hasutan para pemuka bon,sang raja sangat kejam dan setiap hari harus ada Lama buddhist atau yogi buddhist yang dibunuh di depan umum.Semua vihara yang ada di tibet harus dihancurkan,kitab harus dilenyapkan,pokoknya buddhism pada tahap terendah dalam sejarah tibet. Sampai suatu hari,seorang Bhiksu lama yang akan mengajukan dirinya untuk di bunuh,tapi dengan syarat di depan raja dalam suatu upacara.Pada saat itulah sang bhiksu membunuh sang raja dan tentunya dia mati juga oleh pengawal raja. Apa alasannya? Sang bhiksu ingin menghentikan tindakan buruk sang raja agar tidak berkelanjutan lagi dan melindungi ajaran Buddha. Niat baik,pikiran baik tapi tindakan buruk. Dalam buddhism,bila tindakan buruk dilakukan tanpa sengaja,maka tidak melanggar sila. Lalu bagaimana kalau niat baik,pikiran baik tapi tindakan buruk? Contoh lain adalah tindakan yang dilakukan oleh Padmasambawa,mahasiddha dari pakistan.Karena cinta kasihnya pada orang-orang pada suatu kampung di daerah pakistan,yang orang-orangnya sudah tidak bermoral,sangat bejat,saling bunuh untuk makan dan berhubungan intim dengan ibu atau saudara sendiri.Maka Padmasambawa membuat satu gempa besar yang mengubur semua penduduk daerah itu agar mereka membayar tindakan buruk mereka dan tidak terus melakukan tindakan buruk.Tindakan itu dilakukan setelah Sang Mahasiddha memeriksa bahwa di kehidupan lampau mereka ada satu perbuatan baik yang dilakukan bersama demi ajaran. Dalam Kukkuravatika Sutta dibahas 4 tindakan. 1. tindakan hitam menuju hitam. 2,tindakan putih menuju putih. 3. tindakan sekaligus hitam dan putih menuju hasil yang sekaligus hitam putih. 4. tindakan yang bukan hitam maupun putih menuju hasil yang juga bukan hitam maupun putih. Kalau saya di burma,saya akan ikut membela mereka yang buddhist dan membela ajaran buddha,walau harus membunuh atau terbunuh.

Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7 8 9 ... 14
anything