//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - Sunny Tan

Pages: [1]
1
"Saat melampaui gender" rasa cinta itu pun hilang. Tak ada perasaan cinta-benci. Tak ada nafsu indrawi. Dan tdk ada pria-wanita. Yg ada hanya "makhluk"... itu saja..!  Sungguh sebuah tipuan muslihat, ketika kita lahir dlm badan jasmani sbg pria atau wanita. Kita meyakini.. saya pria..! saya wanita..! . "Ketika keinginan (salah)mu terhenti, maka batinmu akan bertumbuh".


Brothers & Sisters, yuk.. ikut "ABHIDHAMMA CLASS" bersama Pak SELAMET RODJALI pd tgl 2/1/2011, jam 4 sore, di Vihara Dhammacakka sunter. FREE!
:-)


INFO TAMBAHAN: ABHIDHAMMA CLASS BERSAMA PAK SELAMET RODJALI DISELENGGARAKAN SECARA RUTIN SETIAP MINGGU 1 DAN 3 DI VIHARA DHAMMACAKKA JAYA SUNTER.

2
JADWAL PUJA BAKTI - JANUARI 2011 - DI VIHARA JAKARTA DHAMMACAKKA JAYA, SUNTER


JADWAL PUJA BAKTI SABTU SORE JANUARI 2011 - SABTU - PK. 16.00
Tgl 01 Januari 2011 - Bhikkhu Sangha- Majjhima Nikaya Sutta 37
Tgl 08 Januari 2011 – Romo Rusdiyansah - Majjhima Nikaya Sutta 38
Tgl 15 Janari 2011 – Upc. Dharmawan Lukman - Majjhima Nikaya Sutta 39
Tgl 22 Januari 2011 - P.My.Sumedho - Majjhima Nikaya Sutta 40
Tgl 29 Januari 2011 - Pdt. Dhammawan Banten - Majjhima Nikaya Sutta 41

 
JADWAL DHAMMACLASS  JANUARI 2011 - MINGGU - PK. 12.00
Tgl 02 Januari 2011 – Pdt. dr Dharma Kumara
Tgl 09 Januari 2011 – P.Md. Arya Aan Suherman
Tgl 16 Januari 2011 - P.Md. Pernan
Tgl 23 Januari 2011 - P.My. Narindo Gunawan Sutardi
Tgl 30 Januari 2011 - Bhikkhu Sangha.
 

JADWAL PUJA BAKTI MINGGU SORE JANUARI 2011- MINGGU - PK. 16.00
Tgl 02 Januari 2011 -  Bp.Selamet Rodjali - Abhidhamma dan Penerapannya di dalam kehidupan sehari hari
Tgl 09 Januari 2011 - Upc. Endra - Pengantar Abhidhamma
Tgl 16 Januari 2011 -  Bp.Selamet Rodjali - Abhidhamma dan Penerapannya di dalam kehidupan se hari hari
Tgl 23 Januari 2011 - Upc. Endra - Pengantar Abhidhamma
Tgl 30 Januari 2011 -  Bhikkhu Sangha.




JADWAL PUJA BAKTI JANUARI 2011 di CETIYA DHAMMAGUTTA, TELUKGONG - SABTU Pk. 19.30

Tgl 01 Januari 2011  -  Libur Tahun Baru
Tgl 08 Januari 2011  -  Upc. Dharmawan Lukman
Tgl 15 Januari 2011  -  P.My. Brahmaputera
Tgl 22 Januari 2011  -  Upc. Franklien
Tgl 29 Januari 2011  -  P.My. Sumedho
 
Alamat Cetiya Dhammagutta:
Jalan Terusan Telukgong Gang Lontar no. 18 Telukgong
kalau dari Jemb 3 sebelum deretan orang jual babi panggang,
di sebelah kanan kanan gangnya ada rest ampera dan ada Gapura.
Lokasi berada disebelah kiri kalau dari Jemb 3/Seberang gereja Methodist





JADWAL PUJA BAKTI JANUARI 2011 - di VIHARA DHAMMADWIPA, TEGAL ALUR - MINGGU Pk. 9.30

Tgl 02 Januari 2011 - Libur Tahun Baru
Tgl 09 Januari 2011 - Upc. Yusmin
Tgl 16 Januari 2011 - Upc. Pernan
Tgl 23 Januari 2011- Upc. Franklien
Tgl 30 Januari 2011- Dhamma Gita
 
Alamat Vihara Dhammadwipa
Jalan Pemakaman / Jalan Baru no. 20
Tegal Alur - dekat daerah Lingkungan 3






JADWAL PUJA BAKTI JANUARI 2011 - di VIHARA DHAMMA MANGGALA ,SUNTER - KAMIS Pk.19.00

Tgl 06 Januari 2011 - P.My. Sumedho
Tgl 13 Januari 2011 - P.My. Suwarto
Tgl 20 Januari 2011 - Upc. Yusmin
Tgl 27 Januari 2011 - Bhante Viyasilo
 
Alamat Vihara Dhamma Manggala, Sunter  ;
Jalan Danau Suner / Green Lake Apt Komplex
Seberang Sun Lake Hotel-Sebelah Sport Center Sunter.



 _/\_

3
Studi Sutta/Sutra / MAHASATIPATTHANA SUTTA
« on: 30 December 2010, 04:06:55 PM »
Oleh: VEN. WERAGODA SARADA MAHA THERO

 
Di dalam "KHOTBAH BESAR TENTANG LANDASAN KESADARAN/KEWASPADAAN" ada 4 bagian utama, yaitu:

1. Perenungan-JASMANI

2. Perenungan-PERASAAN

3. Perenungan-PIKIRAN

4. Perenungan-FENOMENA/REALITA (DHAMMA)


 

Empat bentuk utama dari LANDASAN KESADARAN/KEWASPADAAN ini telah dikhotbahkan oleh Sang Buddha utk MEMUDAHKAN orang merealisasi Nibbana sehubungan dgn KARAKTER - yaitu sifat-sifat setiap orang.

 
Berikut Perenungan-perenungan yg cocok utk masing-masing karakter:


1. Bagi orang yg memiliki watak melekat, tetapi kebijaksanaannya rendah, PERENUNGAN-JASMANI cocok baginya.

 
2. Bagi orang yg memiliki kebijaksanaan yg dalam, tetap memiliki watak melekat, PERENUNGAN-PERASAAN cocok baginya.


3. Bagi orang yg memiliki pandangan yg jahat, yg kebijaksanaannya rendah, PERENUNGAN-PIKIRAN cocok baginya.

 
4. Bagi orang yg memiliki kebijaksanaan yg dalam, tetapi memiliki pandangan-pandangan jahat, PERENUNGAN TERHADAP FENOMENA/REALITA (DHAMMA) cocok baginya.

 

Dgn demikian, LANDASAN KESADARAN/KEWASPADAAN BERUNSUR-EMPAT telah dinyatakan oleh Sang Buddha sebagai sarana yg memungkinkan manusia dgn watak yg berbeda-beda utk merealisasi Nibbana, melalui suatu metode yg cocok utk setiap orang.

 
Pengembangan Perhatian Berunsur-Empat ini telah dijelaskan sebagai Empat Gerbang Kota, dan Kotanya adl Nibbana. Mereka yg sampai di kota itu dari empat arah, yaitu Timur, Barat, Selatan, dan Utara, membawa hasil yg terdapat di arah masing-masing.

  _/\_
****************************************************************************************

4
Vihara Buddha Guna (Karawang) mengundang teman-teman yg sempat/berada di area karawang dan sekitarnya utk mengikuti acara One Day Mindfullness (Meditasi sehari penuh) dibawah bimbingan YM BHANTE GUNASIRI pd tgl 28 nov 2OIO dari jam 7.3O-15.3O.

Dilanjutkan dgn acara Puggalika Dana kepada para Bhante.

Pendaftaran utk peserta ODM dpt menghubungi
1.Sdri : RITA MELITA O8997226788
2.Sdri Jenny 085715463900.
3.Sdr Sandy 08997224909
 
NB: bila hanya ingin menghadiri acara Puggalika dana kpd para Bhante saja, silakan datang jam 4 sore.paket dana sudah disediakan oleh pihak panitia. Anumodana _/\_

5
Dhamma menjelaskan:
"DAPAT TURUT SERTA DLM PEMBANGUNAN PUSAT MEDITASI, MERUPAKN DHAMMADANA YG BERNILAI SNGT TINGGI"
BHIKKHU GUNASIRI memberikan kesempatan baik kpd kita semua utk berbuat kebajikan dgn ikut berpartisipasi dlm PEMBANGUNAN PUSAT MEDITASI DI HUTAN di daerah Cianjur yg dberi nama SUKHESIKKHARAMA MINDFULNESS FOREST
Arti kata dan maksud SUKHESIKKHARAMA MINDFULNESS FOREST:
SUKHE = Sukha/bahagia
SIKKHÃ = Latihan
ARAMA = Tempat/pedepokan
MINDFULNESS = Kesadaran penuh atau perhatian penuh secara terus menerus (SATI SAMPAJANA), mksd mindfulness adl setiap peserta yg datang melatih diri hrs penuh perhatian pada setiap saat terhadap fenomena yg muncul baik dari batin maupun jasmani.
FOREST = Hutan, kehidupan hutan mencerminkan kehidupan yg sederhana di tengah suasana yg alami, sejuk, teduh, rindang, segar hawanya.
LOKASI SUKHESIKKHARAMA MINDFULNESS FOREST (SUMMIT):
Kampung Bakom Dusun Barulimus, Desa/kelurahan: Cakancane, Kecamatan: Sukaresmi, Kabupaten Dati 2-Cianjur, Kode Pos 43254
*Jika ingin ikut berdana, dpt menghubungi saya lewat imel [kupon dana/tanda penghargaan dana dpt diperoleh melalui saya]* ^_^'
*KUPON DANA RP.50.000*
Anumodana _/\_


PROFIL BHIKKHU GUNASIRI

Bhante Gunasiri , Pendiri Yayasan Satipatthana Indonesia (YASATI), Pertama berlatih meditasi Vipassana ketika mengikuti pelatihan pabbajja selama 3 bulan yang di adakan oleh Shangha Theravada Indonesia. Saat itu beliau mendapat kesempatan berlatih meditasi selama 1 bulan di Padepokan Dhammadipa  Arama, Batu, Malang di bawah bimbingan Y.M. Bhante Khantidaro.

Beliau kemudian melanjutkan meditasi di bawah bimbingan Y.M Bhante Thitaketuko, sampai berlanjut pada tahun 2000 dimana beliau mengikuti pelatihan intensive selama 3 bulan masa Vassa di Brahma Vihara , Banjar Bali.

Pada bulan November 2001 beliau melanjutkan meditasi secara intensive di Myanmar selama 2 bulan dan dilanjutkan kembali pada bulan November 2002, kemudian pindah ke Panditarama Forest Center selama 2 bulan, kemudia pindah ke Panditarama Yangoon Center dan berlatih secara intensive secara terus menerus sampai bulan November 2007 - selama kurang lebih 5 tahun lamanya.

Pada bulan November 2006 ,  beliau mengambil keputusan untuk menjadi Bhikku dimana beliau di Upasampada dan diberi nama "Gunasiri"  oleh Upajaya Sayadaw  U Pandita dan Acariya Cautan Sayadaw.

 
 

6
Sangat Penting

Dikarenakan maraknya penculikan akhir2 ini

Di siang hari, tambah pengetahuan anda akan hal di bawah ini dengan melakukan tindakan penyelamatan dalam situasi darurat…

Ini untuk anda, dan untuk anda bagikan kepada

istri anda, 

anak anda,

Siapapun yang anda kenal.

Setalah membaca 9 tips penting ini,

Teruskan kepada orang2 yang anda sayangi.

Tidak akan pernah menyakiti anda dengan peduli kepada sesama di dunia yang penuh kegilaan yang kita tinggali ini
1.  Tip dari Tae Kwon Do :

Sikut anda adalah bagian terkuat di tubuh anda.

Jika memungkinkan anda untuk bisa menyikut pelaku kejahatan itu, lakukan!
2..  dipelajari dari seorang pemandu turis.

Jika seorang perampok meminta dompet atau tasmu,

JANGAN BERIKAN LANGSUNG KEPADANYA

Lempar jauh2 dompet/tas anda…

Kesempatannya adalah saat dia lebih tertarik pada dompet atau tas anda daripada dengan anda,

Dan dia akan pergi mengambil dompet/tas.

LARI SEKENCANG2NYA KEARAH YANG BERLAWANAN!

3. jika anda disekap di dalam bagasi mobil,

tendang lampu belakang mobil dari dalam bagasi dan keluarkan tangan anda ke lubang tersebut

dan mulailah melambai2 sekuat tenaga..

Pengemudi tidak akan melihatnya, tapi semua orang akan melihat. Tindakan ini pernah menyelamatkan beberapa nyawa.

4. Wanita punya kebiasaan saat masuk ke dalam mobil mereka

sehabis berbelanja, makan, bekerja, dll., dan hanya masuk begitu saja (mencatat pengeluaran, atau membuat daftar, dll.

JANGAN LAKUKAN INI!)

Sang predator sedang mengamati anda, dan ini

adalah kesempatan emas untuknya untuk masuk kedalam mobil anda melalui kursi penumpang, menodongkan pistol ke kepala anda, dan mulai memerintahkan anda untuk menyetir ke suatu tempat.

BEGITU MASUK KEDALAM MOBIL,

LANGSUNG KUNCI MOBIL DAN TINGGALKAN TEMPAT..
Jika seseorang ada dalam mobil anda dengan menodongkan senjata di kepala anda

JANGAN MENGEMUDI

Diulangi:

JANGAN MENGEMUDI!

Tapi jalankan mobil  dengan kecepatan penuh ke sembarang arah, dan tabrakan mobil,

Kantong udara anda akan menyelamatkan anda.

Jika orang tersebut ada di kursi belakang mereka akan lebih terluka.

Begitu mobil tertabrak merangkaklah keluar dan lari.

Ini lebih baik daripada membiarkan orang lain menemukan mayat anda di lokasi terpencil.

5. beberapa catatan bagaimana masuk

 ke dalam mobil anda di area parkir, atau garasi parkir:

A.) waspadalah :

amati sekeliling anda, lihat kedalam mobil anda, 

di lantai kursi penumpang, dan di kursi belakang

B.)  jika anda parkir di sebelah mobil van besar,  masuk kedalam mobil anda melalui kursi penumpang.

Kebanyakan seri pembunuhan menyerang korbannya

Dengan menarik korbannya ke dalam van ketika wanita tersebut sedang memasuki mobil.

C.) Perhatikan mobil

yang diparkir di sebelah kursi pengemudi anda, dan di sebelah kursi penumpang…

jika seorang pria sedang duduk sendiri di dalam mobilnya, anda sebaiknya kembali ke dalam mall, atau kantor, dan minta seseorang/satpam untuk menemani anda keluar.

SELALU LEBIH BAIK BERHATI2 DARIPADA MENYESAL NANTINYA (dan lebih baik paranoid daripada mati.)

6. SELALU turun dengan elevator daripada tangga.

Ruang tangga adalah tempat yang mengerikan jika sendirian dan menjadi tempat yang sempurna untuk berbuat kejahatan.

Khususnya di  MALAM HARI!)

7. Jika pelaku kejahatan memiliki pistol dan anda sedang tidak dibawah kendali dia,

LARI!

Pelaku kejahatan itu hanya akan menembak anda (target yang sedang lari) 4 kali dalam 100 kali percobaan menembak; dan menembak lurus,

seperti TIDAK AKAN menjadi mengenai organ vital.

LARI, sebaiknya dengan pola zig-zag!

8. Sebagai seorang wanita, kita selalu berusaha bersimpati terhadap orang lain :

STOP

Ini mungkin akan membuat anda diperkosa, atau dibunuh.

Ted Bundy, pembunuh berantai, berpenampilan baik, pria berpendidikan, yang SELALU mengambil kesempatan atas simpati wanita yang tidak menaruh curiga.

Dia berjalan dengan tongkat, atau berjalan pincang, dan sering kali meminta tolong untuk memapahnya ke mobil,ketika itulah ia menculik korbannya

9. Point Keamanan yang Lain:

Seseorang baru saja memberitahu saya bahwa temannya mendengar bayi yang menangis di terasnya malam hari, dan dia menelpon polisi karena saat itu sudah larut malam

Dan dia merasa ada yang aneh… polisi memberitahu dia

'apapun yang terjadi, JANGAN buka pintunya..'

Wanita tersebut kemudian mengatakan bahwa sepertinya bayi itu merangkak dekat jendela, dan wanita tsb khawatir kalo bayi itu akan merangkak ke jalan dan menyeberang.

Polisi bilang, 'Sudah ada polisi yang sedang menuju kesana, apapun yang terjadi, JANGAN buka pintu”

Polisi tsb memberitahu wanita itu bahwa sebuah rekaman pembunuhan merekam suara bayi menangis dan menggunakannya sebagai tipuan

Wanita di dalam rumah akan berpikir bahwa ada seseorang yang menelantarkan bayinya di luar mereka. Polisi belum memastikan, tapi polisi sering mendapat telepon dari beberapa wanita yang mengatakan bahwa mereka mendengar tangisan bayi di luar rumah mereka ketika mereka sedang sendiri di rumah pada malam hari.

  10. Air yang bocor!

Jika anda bangun di tengah malam dan mendengar semua keran di luar rumah anda terbuka atau anda berpikir ada pipa yang bocor, JANGAN KELUAR UNTUK MEMERIKSANYA! Ada orang yang sengaja membuka semua keran di luar rumah anda sehingga anda akan keluar untuk memeriksa dan kemudian orang itu mulai menyerang anda.


Tetaplah waspada, jaga diri anda, dan hubungi tetangga anda!

Tolong teruskan pesan ini

e-mail ini sebaiknya ditanggapi secara serius karena

Modus tangisan bayi di sebutkan di “Penjahat Paling Dicari” di America ketika mereka merinci profil pembunuhan berantai di

Louisiana

saya menyarankan anda untuk meneruskan pesan ini kepada semua wanita yang anda kenal.

Ini mungkin bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Sebuah lilin tidak akan redup jika lilin tersebut digunakan untuk menyalakan lilin yang lain..

 Saya hanya akan mengirimkan ini kepada wanita saja,

 Tapi para pria, jika anda sayang ibu anda, istri anda, saudari anda, anak perempuan anda, dst.,

 Anda sebaiknya meneruskan ini kepada mereka juga.


kirim pesan ini kepada semua wanita yang anda kenal yang mungkin butuh untuk diingatkan kembali bahwa dunia yang kita tinggali ini memiliki banyak kegilaan dan lebih baik berhati2 daripada menyesal nantinya..

setiap orang hanya memerlukan waktu 5 menit untuk membaca ini. Ini mungkin dapat menyelamatkan anda atau seseorang yang anda cintai.

 _/\_

7
VIHARA DHARMA JAYA SEGITIGA SENEN
JL. SUNTER AGUNG UTARA BLOK A SEGITIGA SENEN NO.1
JAKARTA UTARA 14350 INDONESIA
TELP. (021) 641.0550
FAX. (021) 640.1762

KESEMPATAN MELAKUKAN KEBAJIKAN :
1.   MELAKUKAN SECARA LANGSUNG, MIS: BERBUAT BAJIK YG DILAKUKAN LANGSUNG OLEH DIRI SENDIRI
2.   MELAKUKAN SECARA TIDAK LANGSUNG, MIS: MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA ORANG LAIN UTK BERBUAT BAJIK / MENGAJAK ORANG LAIN UTK TURUT SERTA BERBUAT BAJIK

VIHARA DHARMA JAYA SEGITIGA SENEN MEMBUKA KESEMPATAN BERBUAT KEBAJIKAN KEPADA KITA SEMUA DALAM RANGKA MEMPERINDAH VIHARA DENGAN RENCANA PEMBANGUNAN MANDALA BODHI BERUAS DELAPAN / BUDDHA GAYA, TEMPAT TATHAGATA MENCAPAI PENCERAHAN SEMPURNA. DALAM RENCANA PEMBANGUNAN INI, DANA YG DIBUTUHKAN SEKITAR: Rp. 108.474.500,- DAN SAMPAI SAAT INI BARU TERKUMPUL KURANG LEBIH 2% NYA.
BAGI YG INGIN IKUT BERDANA, DANA DAPAT DISALURKAN KE REKENING PEMBINA SEKALIGUS PENDIRI VIHARA DHAMMA JAYA SEGITIGA SENEN LANGSUNG KE:
NAMA: DJAYA GUNAWAN
BANK: BCA KCU PASAR BARU
NOREK: 0021544948

CONFIRM NAMA DAN JUMLAH DANA KE:
1.   PAK DJAYA GUNAWAN (MELALUI TELP. TOKO: (021) 425.6455)
2.   SDRI. FUNNY (MELALUI SMS: 0898.8968.488)

SABBE SATTA BHAVANTU SUKHITATHA!
SEMOGA SEMUA MAKHLUK BERBAHAGIA. SVAHA!  :))

 _/\_

LINK: http://www.facebook.com/video/video.php?v=138999756113305#!/note.php?note_id=427640087240&id=1210550756&ref=mf[/glow]

8
VIHARA DHARMA JAYA SEGITIGA SENEN
JL. SUNTER AGUNG UTARA BLOK A SEGITIGA SENEN NO.1
JAKARTA UTARA 14350 INDONESIA
TELP. (021) 641.0550
FAX. (021) 640.1762

KESEMPATAN MELAKUKAN KEBAJIKAN :
1.   MELAKUKAN SECARA LANGSUNG, MIS: BERBUAT BAJIK YG DILAKUKAN LANGSUNG OLEH DIRI SENDIRI
2.   MELAKUKAN SECARA TIDAK LANGSUNG, MIS: MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA ORANG LAIN UTK BERBUAT BAJIK / MENGAJAK ORANG LAIN UTK TURUT SERTA BERBUAT BAJIK

VIHARA DHARMA JAYA SEGITIGA SENEN MEMBUKA KESEMPATAN BERBUAT KEBAJIKAN KEPADA KITA SEMUA DALAM RANGKA MEMPERINDAH VIHARA DENGAN RENCANA PEMBANGUNAN MANDALA BODHI BERUAS DELAPAN / BUDDHA GAYA, TEMPAT TATHAGATA MENCAPAI PENCERAHAN SEMPURNA. DALAM RENCANA PEMBANGUNAN INI, DANA YG DIBUTUHKAN SEKITAR: Rp. 108.474.500,- DAN SAMPAI SAAT INI BARU TERKUMPUL KURANG LEBIH 2% NYA.
BAGI YG INGIN IKUT BERDANA, DANA DAPAT DISALURKAN KE REKENING PEMBINA SEKALIGUS PENDIRI VIHARA DHAMMA JAYA SEGITIGA SENEN LANGSUNG KE:
NAMA: DJAYA GUNAWAN
BANK: BCA KCU PASAR BARU
NOREK: 0021544948

CONFIRM NAMA DAN JUMLAH DANA KE:
1.   PAK DJAYA GUNAWAN (MELALUI TELP. TOKO: (021) 425.6455)
2.   SDRI. FUNNY (MELALUI SMS: 0898.8968.488)

SABBE SATTA BHAVANTU SUKHITATHA!
SEMOGA SEMUA MAKHLUK BERBAHAGIA. SVAHA!  :))

 _/\_

LINK: http://www.facebook.com/video/video.php?v=138999756113305#!/note.php?note_id=427640087240&id=1210550756&ref=mf

9
Buddhisme untuk Pemula / NO AJAHN CHAH (PENCERMINAN)-PART 1
« on: 22 June 2010, 02:41:48 PM »
Suatu ketika ada seorang umat datang menemui Ajahn Chah dan bertanya, “Siapakah Ajahn Chah itu”. Ajahn Chah melihat pengetahuan spiritual dari orang tersebut belumlah maju, maka ia menunjuk kepada dirinya sendiri, lalu ia berkata, “Inilah Ajahn Chah”.
Pada kesempatan lain, Ajahn Chah ditanya dgn pertanyaan yg sama oleh umat yg lain. Karena ia melihat orang ini memiliki pengetahuan Dhamma lebih tinggi, maka ia mengatakan, “Ajahn Chah? Tidak ada Ajahn Chah”

“Buddha membabarkan kepada kita penyebab kesedihan di dalam pikiran kita dlm kehidupan ini. Kekotoran batin adl menyedihkan. Hal itu bukan krn pikiran yg sedih. Kita tdk tahu apa pikiran dan kekotoran batin itu. Dlm segala hal, kita tdk pernah puas. Dan kita tdk ingin berhubungan dgn hal tsb. Sebenarnya jalan hidup kita tdklah sulit. Yg menyebabkan kesulitan adl krn ketidakpuasan, tdk bersedia menerima keadaan. Sifat-sifat kekotoran batin itulah yg menyebabkan timbulnya kesulitan/penderitaan. Bila pikiranmu bahagia, kamu akan bahagia kemanapun kamu pergi. Bila kebijaksanaan bangkit dlm dirimu, kamu akan melihat kebenaran dimanapun kamu melihat. Kebenaran berada dimana saja. Sama halnya ketika kamu sedang belajar membaca – kamu dpt membaca kemana pun kamu pergi.”

(kumpulan kutipan dibawah ini diambil dari: BODHINYANA; A TASTE OF FREEDOM; A STILL FOREST POOL; SAMADHI BHAVANA; SEEING THE WAY; LIVING DHAMMA; FOOD OF THE HEART; AND VENERABLE FATHER; A LIFE WITH AJAHN CHAH. Sedangkan beberapa kutipan lainnya berasal dari koleksi pribadi yg sampai sekarang belum diterbitkan.)


DAFTAR ISI
I.   KELAHIRAN DAN KEMATIAN
II.   BADAN JASMANI
III.   PERNAFASAN
IV.   DHAMMA
V.   HATI DAN PIKIRAN
VI.   KETIDAKKEKALAN (ANNICA)
VII.   KAMMA
VIII.   LATIHAN MEDITASI
IX.   ANATTA (TANPA DIRI)
X.   KETENANGAN
XI.   DUKKHA (PENDERITAAN)
XII.   GURU
XIII.   PANDANGAN (PENGERTIAN) DAN PAŃŃA (KEBIJAKSANAAN)
XIV.   KEBAJIKAN
XV.   SERBA-SERBI

I.   KELAHIRAN DAN KEMATIAN
1.   Latihan yg baik adl bertanya kepada diri sendiri dgn sungguh-sungguh, “mengapa saya dilahirkan?”. Bertanyalah kepada dirimu tiap pagi, sore, dan malam hari…..…setiap hari.
2.   Kelahiran dan kematian kita merupakan suatu ikatan. Kita tdk memiliki kematian tanpa kelahiran dan sebaliknya. Suatu hal yg lucu bila melihat kematian, orang-orang menangis dan sedih, tetapi menerima kelahiran dgn begitu bahagia dan gembira. Ini merupakan pikiran yg salah. Saya kira bila anda ingin menangis, lebih baik dilakukan pada saat seseorang dilahirkan. Menangislah di awal, krn jika tdk ada kelahiran, maka tdk akan ada kematian. Bisakah anda memahami hal ini?
3.   Anda bisa mengkaji, apakah orang akan mengerti bagaimana hidup di dalam kandungan seorang ibu? Betapa tidak nyamannya! Lihatlah, seperti tinggal di dlm sebuah gubug yg satu hari saja sulit utk dilalui. Bila anda mengunci semua pintu dan jendela, maka anda akan mati lemas. Bagaimana keadaan anda bila anda berada di dalam kandungan seorang ibu selama Sembilan bulan? Sekalipun demikian anda masih ingin dilahirkan kembali! Sangat tdk nyaman berada di dalam kandungan: kepala kamu akan menempel di dalam kandungan, juga leher kamu akan tersimpul sekali lagi.
4.   Mengapa kita dilahirkan? Kita dilahirkan supaya kita tdk terlahir kembali!
5.   Bila mereka tdk memahami kematian, hidup dapat menjadi sangat membingungkan.
6.   Buddha bersabda kepada Murid-Nya, Ananda, utk melihat ketidakkekalan, melihat kematian dlm setiap pernafasan. Kita harus mengetahui kematian! Kita harus mati supaya hidup. Apakah artinya ini? Mati adl mengakhiri semua keragu-raguan kita. Semua pertanyaan kita hanya sampai disini dgn realita yg ada. Anda tdk akan pernah mati besok! Anda harus mati sekarang. Dapatkah anda memahami hal ini? Jika anda dapat memahaminya, anda akan mengalami ketenangan dan tdk akan ada pertanyaan lagi.
7.   Kematian adl sama dekatnya seperti pernafasan kita.
8.   Bila anda telah terlatih dgn benar, anda tdk akan takut pada waktu anda jatuh sakit, juga tdk sedih bila seseorang meninggal dunia. Pada waktu anda pergi ke rumah sakit utk suatu perawatan, pasti dlm pikiran anda terbetik suatu pertanyaan, jika anda sembuh, itu hal yg baik; tetapi jika anda mati, itu juga hal yg baik. Saya pastikan jika dokter memberitahu saya bahwa saya menderita kanker dan akan segera mati dlm beberapa bulan, saya akan mengingatkan dokter tersebut, “hati-hati, krn kematian akan datang pada anda juga. Hanya ada satu pertanyaan, siapa yg akan mati terlebih dahulu dan siapa yg akan mati kemudian.” Dokter itu tdk akan menyembuhkan kematian atau mencegah kematian. Hanya Buddhalah dokternya. Jadi mengapa tdk datang dan menggunakan obat Buddha?
9.   Jika anda takut terhadap penyakit, jika anda takut terhadap kematian, maka anda harus merenung sesaat, “darimana penyakit dan kematian itu berasal?” mereka timbul dari kelahiran. Jadi jgn bersedih bila seseorang mati – itu sesuatu yg alami, penderitaannya dlm kehidupan ini telah berakhir. Bila anda ingin bersedih, bersedihlah saat seseorang dilahirkan! Oh, tidak, mereka telah datang kembali. Mereka akan menderita dan mati kembali!
10.   Mereka yg telah mengerti, mengetahui dgn pasti bahwa semua fenomena yg terkondisi adl tdk penting. Jadi “mereka yg telah mengerti” tdk menjadi gembira atau sedih, tdk mengikuti perubahan keadaan. Tdk menjadi gembira krn kelahiran; tdk menjadi sedih krn kematian. Krn kita mati, maka kita dilahirkan kembali. Bila dilahirkan, kita akan mengalami kematian kembali. Kelahiran dan kematian berasal dari satu moment ke moment berikutnya dlm perputaran roda samsara yg belum berakhir.

II.   BADAN JASMANI
1.   Bila badan jasmani dpt berbicara, dia akan berkata kepada kita setiap saat, “anda bukan tuan saya.” Sebenarnya badan ini telah mengatakan kpd kita setiap saat, tetapi dlm bahasa Dhamma, sayang kita belum mampu memahaminya.
2.   Kondisi bukan milik kita. Kondisi mengikuti keadaan alam. Kita tdk dpt melakukan pekerjaan seperti yg dilakukan tubuh kita. Kita dapat mempercantiknya sedikit, membuatnya kelihatan menarik dan membersihkannya utk sesaat, seperti remaja putri yg memoles bibirnya dan membiarkan kuku jarinya menjadi panjang, tetapi bila usia tua tiba, setiap orang akan mengalami hal yg sama. Itulah cara tubuh bekerja. Kita tdk dpt mengubahnya. Tetapi kita dpt mengembangkan dan mempercantik pikiran kita.
3.   Bila tubuh kita sungguh-sungguh milik kita, tubuh ini akan mematuhi perintah kita. Bila saya katakan, “jangan menjadi tua!” atau “saya melarang kamu menjadi sakit”, apakah tubuh ini akan mematuhi kita? Tidak! Tubuh ini tdk akan memperhatikan perintah kita. Kita hanya menyewa ‘rumah’ ini. Namun tdk memilikinya. Bila kita berpikir bahwa tubuh ini milik kita, maka kita akan menderita pada saat kita harus meninggalkannya. Tetapi kenyataannya, tdk ada diri yg kekal. Segala sesuatu pasti akan berubah, tdk ada sesuatu yg solid, yg dapat kita pakai utk berpegang.

III.   PERNAFASAN
1.   Mereka yg dilahirkan dan mati tdk pernah sekalipun sadar akan nafasnya yg keluar masuk ke dalam tubuhnya. Betapa jauh mereka hidup dari dirinya sendiri.
2.   Waktu adl pernafasan kita saat ini.
3.   Anda berkata bahwa anda terlalu sibuk utk bermeditasi. Apakah anda memiliki waktu utk bernafas? Meditasi adl pernafasan anda. Mengapa anda memiliki waktu utk bernafas, tetapi tdk memiliki waktu utk bermeditasi? Bernafas adl sesuatu yg vital bagi kehidupan seseorang. Bila anda mengetahui bahwa praktik Dhamma adl vital dlm kehidupan anda, maka anda akan merasakan bahwa bernafas dan praktik Dhamma adl sama penting.

IV.   DHAMMA
1.   Apakah artinya Dhamma? Dhamma adl suatu kebenaran.
2.   Bagaimana Dhamma menuntun ke jalan kehidupan yg benar? Dhamma menunjukkan jalan kehidupan. Dhamma mempunyai banyak jalan utk memperlihatkan kehidupan - ada di batu karang atau di pohon atau tepat di depanmu. Dhamma adl suatu ajaran, bukan kata-kata. Jadi tenangkan pikiran, hati, dan belajar utk melihatnya. Anda akan menemukan seluruh Dhamma yg menampakkan dirinya di sini dan sekarang ini. Apa yg akan anda lihat di lain waktu dan lain tempat?
3.   Pertama, mengerti Dhamma dgn pikiran anda. Bila anda mulai menegrti Dhamma, maka anda akan melaksanakannya. Dan pada saat anda melihatnya, anda adl Dhamma dan anda telah memiliki cinta kasih Sang Buddha.
4.   Dhamma harus dicari dgn melihatnya di dalam hatimu sendiri dan melihat yg mana kebenaran dan yg mana bukan kebenaran, yg mana keseimbangan dan yg mana bukan keseimbangan.
5.   Sulit menemukan mereka yg mendengarkan Dhamma, yg mengingat Dhamma, dan yg mempraktikan Dhamma, yg mencapai Dhamma dan yg melihatnya.
6.   Tanpa menghiraukan waktu dan tempat, semua praktik Dhamma menuju tempat penyelesaian dimana tdk ada sesuatu. Ini adl tempat pelepasan, pengosongan, dan peletakan beban. Ini adl suatu akhir penyelesaian.
7.   Dhamma itu tidaklah jauh. Dhamma itu ada bersama kita. Dhamma bukan tentang Dewa-Dewa di langit atau semacamnya. Dhamma adl mengenai diri kita, mengenai apa yg sedang kita kerjakan saat ini. Amatilah dirimu! Kadang-kadang bahagia, kadang-kadang menderita, kadang-kadang nyaman, kadang-kadang sakit…………………….inilah Dhamma. Apakah anda melihatnya? Utkmengetahui Dhamma ini, anda harus merasakannya dari pengalaman anda sendiri.
8.   Sang Buddha ingin kita berhubungan dgn Dhamma, tetapi orang-orang hanya berhubungan dgn kata-kata, buku-buku dan kitab suci. Hubungan ini adl tentang “teori Dhamma”, dan bukan berhubungan dgn “Dhamma yg sesungguhnya”, yg diajarkan oleh Guru Agung kita. Bagaimana mungkin dapat mengatakan bahwa mereka sedang praktik Dhamma dgn baik dan benar bila mereka hanya melakukan hal itu? Mereka masih berada jauh dari Dhamma.
9.   Bila kamu mendengarkan Dhamma, kamu harus membuka hatimu dan bawalah dirimu ke hatimu. Jgn coba mengakumulasi apa yg kamu dengar atau berusaha dgn sungguh-sungguh menyimpan apa yg kamu dengar melalui memori. Biarlah Dhamma mengalir ke dalam hatimu, seperti Dhamma telah menampakkan dirinya, dan menjagamu tiada hentinya, terus mengalir hingga saat ini. Apa yg telah siap disimpan, biarlah berjalan dgn sendirinya, dan hal ini akan terajdi secara alamiah bukan melalui usaha yg dipaksakan.
10.   Sama halnya ketika kamu membabarkan Dhamma, kamu tdk harus memaksa dirimu. Dhamma harus terjadi dgn sendirinya dan mengalir secara spontan dari moment dan lingkungan saat ini. Setiap orang memiliki tingkat kemampuan menerima yg berbeda, dan ketika kamu berada di tingkat yg sama, maka Dhamma itu akan mengalir. Sang Buddha memiliki kemampuan mengenal temperamen dan kemampuan menerima seseorang. Beliau menggunakan metode pengajaran yg spontan, bukan krn beliau memiliki tenaga khusus yg melebihi manusia utk mengajarkan umat, tetapi beliau sensitif terhadap kebutuhan spiritual umat yg datang pada-Nya. Jadi, Beliau mengajarkan ajaran yg disesuaikan dgn umat-Nya.

V.   HATI DAN PIKIRAN
1.   Hanya adl satu buka yg patut dibaca, yaitu: Sang Hati.
2.   Sang Buddha membabarkan kepada kita penyebab kesedihan di dalam pikiran kita dalam kehidupan ini. Kekotoran batin adl menyedihkan. Hal ini bukan karena pikiran yg sedih. Kita tdk tahu apa pikiran dan kekotoran batin itu. Dalam segala hal, kita tdk pernah puas. Dan kita tdk ingin berhubungan dgn hal tsb. Sebenarnya jalan hidup kita tidaklah sulit. Yg menyebabkan kesulitan adl karena ketidakpuasan, tdk bersedia menerima keadaan. Sifat-sifat kekotoran batin itulah yg menyebabkan timbulnya kesulitan/penderitan.
3.   Dunia berada dalam keadaan sangat demam. Pikiran berubah dari suka menjadi tdk suka krn demam dunia. Bila kita dapat belajar membuat pikiran kita tenang, hal ini merupakan bantuan yg sangat besar bagi dunia.
4.   Bila pikiranmu bahagia, kamu akan bahagia kemana pun kamu pergi. Bila kebijaksanaan bangkit dalam dirimu, kamu akan melihat kebenaran dimana pun kamu melihat. Kebenaran berada dimana saja. Sama halnya ketika kamu sedang belajar membaca -  kamu dapat membaca kemana pun kamu pergi.
5.   Bila kamu alergi terhadap suatu tempat, kamu akan alergi dimana pun kamu berada. Tetapi yg bermasalah bukanlah tempat di luar dirimu, yg bermasalah adl “tempat” yg berada di dalam dirimu.
6.   Lihatlah ke dalam pikiranmu sendiri. Orang yg membawa barang-barang berpikir bahwa dirinya telah mendapatkan barang-barang tsb, tetapi mereka yg berpikir seperti itu hanya melihatnya sebagai beban semata. Buanglah pikiran seperti itu, biarlah ia menghilang dan carilah penerangan.
7.   Pikiran itu sebenarnya tenang. Diluar ketenangan itu, kegelisahan dan kecemasan telah lahir. Bila seseorang melihat dan mengenali kecemasan ini, maka pikirannya akan menjadi tenang kembali.
8.   Agama Buddha adl agama hati. Hanya itu. Seseorang yg berlatih mengembangkan hatinya adl orang yg telah mempraktikkan agama Buddha.
9.   Bila lampu itu buram (tdk terang), tdk mudah melihat sarang laba-laba tua di sudut-sudut ruangan. Tetapi bila lampu itu teran, kamu dpt melihatnya dgn jelas dan dapat membersihkan sarang laba-laba itu. Ketika pikiranmu terang, kamu juga dapat melihat kekotoran batin di dalam dirimu dgn jelas, maka bersihkanlah kekotoran batin itu.
10.   Menguatkan pikiran tdklah dilakukan dgn membawa pikiran itu berputar-putar, seperti mengencangkan otot-otot tubuh, tetapi bawalah pikiran itu berhenti, biarkan pikiran itu beristirahat (mengendap).
11.   Krn orang-orang tdk bercermin pada diri mereka sendiri, maka mereka melakukan semua jenis perbuatan buruk. Mereka tdk melihat pada pikiran mereka sendiri. Bila mereka ingin berbuat sesuatu yg buruk, mereka akan melihat dahulu ke sekitar mereka, apakah ada seseorang yg sedang melihatnya. “apakah ibu saya akan melihat saya?”, “apakah suami saya akan melihat saya?”, “ apakah anak-anak saya akan melihat saya?”, “apakah istri saya akan melihat saya?”, bila tdk ada seorang pun yg sedang memperhatikan, mereka maju dan melakukan perbuatan buruk itu. Ini sangat memalukan. Mereka mengatakan tdk seorangpun memperhatikannya. Jadi mereka cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan mereka sebelum orang lain melihatnya. Dan bagaimana dgn diri mereka sendiri? Bukankah mereka adl orang-orang yg sedang memperhatikan?
12.   Gunakan hatimu utk mendengarkan Ajaran, bukan telingamu.
13.   Ada orang yg bertarung dgn kekotoran batin dan menenangkannya. Ini disebut berperang ke dalam. Mereka yg berperang ke luar membawa bom dan senjata, melempar dan menembak. Mereka dapat menaklukkan dan ditaklukkan. Menaklukkan orang lain adl cara dunia. Di dalam praktik Dhamma, kita tdk semestinya berperang dgn orang lain, tetapi ke dalam diri sendiri: taklukkanlah pikiranmu sendiri, bersabar menahan semua suasana hati dari dalam dirimu.
14.   Darimana asalnya hujan? Hujan berasal dari air kotor yg menguap dari tanah, seperti urine dan air yg kamu buang setelah cuci kaki. Bukankah menakjubkan bagaimana langit dapat menyerap air kotor dan merubahnya menjadi murni, air bersih? Pikiranmu pun dapat melakukan hal yg sama terhadap kekotoran batin yg ada di dalam dirimu, jika kamu menginginkannya.
15.   Buddha mengatakan kepada kita utk menghakimi diri sendiri dan tdk menghakimi orang lain, tdk memeprsoalkan apakah mereka baik atau jahat. Sang Buddha hanya mengajarkan hal-hal pokok utk keluar dari cara itu, sabda-Nya, “Kebenaran adl seperti ini.” Sekarang, apakah pikiranmu seperti ini atau tidak?   

VI.   ANNICA (KETIDAKKEKALAN)
1.   Kondisi ada melalui perubahan. Kamu tdk bisa mencegahnya. Coba pikirkan, bisakah kamu mengeluarkan nafas tanpa menghirup udara? Apakah hal ini baik? Atau dapatkah kamu hanya menghirup udara? Kita menginginkan semuanya itu permanen, tetapi tdk bisa. Itu merupakan hal yg tdk mungkin.
2.   Bila kamu tahu bahwa semuanya itu tdk kekal, maka cara berpikirmu akan berangsur-angsur berubah, tdk menjadi berbelit-belit, dan kamu tdk perlu berpikir terlalu banyak. Bilamana suatu hal terjadi, yg perlu kamu katakan adl, “Oh, yg lainnya!” Hanya itu.
3.   Ungkapan apa saja yg mengabaikan ketidakpastian bukan berasal dari seorang pujangga.
4.   Bila kamu sungguh-sungguh melihat ketidakpastian dgn jelas, kamu akan melihat sesuatu yg pasti. Kepastian adl sesuatu yg tdk mungkin dihindari dan diubah menjadi ketidakpastian dan mereka tdk dapat dibalik. Dapatkah hal ini dipahami? Hanya dgn mengenali hal ini dgn baik, kamu dapat mengenali Sang Buddha, kamu akan menghormati Sang Buddha dgn benar.
5.   Bila pikiranmu mencoba memberitahumu bahwa seseorang telah mencapai tingkat Sotapanna, datang dan menghormatlah kepadanya. Ia sendiri yg akan memberitahumu tentang semua ketidakpastian. Jika kamu bertemu dgn seorang Sakadagami, datang dan menghormatlah kepadanya. Bila melihatmu, ia akan berkata, “Bukan suatu hal yg pasti.” Bila ada seorang Anagami, datang dan menghormatlah. Ia hanya akan memberitahumu satu hal, “Ketidakpastian”. Bahkan jika kamu bertemu dgn seorang Arahat, datang dan menghormatlah. Ia bahkan akan mengatakan dgn tepat “Itu semua bahkan lebih tdk pasti!”. Dan kamu akan mendengar kata-kata yg paling utama, “Segala sesuatu itu tdk pasti Jangan berpegang pada benda apapun.” 
6.   Kadang-kadang saya suka pergi dan melihat tempat-tempat keagamaan yg tua dgn vihara-vihara yg kuno. Di beberapa tempat bangunan itu tampak retak. Mungkin salah satu teman saya akan berkata, “Alangkah memalukannya, bukan? Bangunan itu retak.” Saya akan menjawab, “Bila bangunan-bangunan itu tdk retak, berarti tdk sama dgn ajaran Sang Buddha. Tdk ada Dhamma. Bangunan itu retak seperti ini, karena itulah sesungguhnya ajaran Sang Buddha.”
7.   Kondisi terjadi secara alamiah. Pada saat kita tertawa atau menangis, maka kondisi tsb terjadi apa adanya. Tdk ada ilmu pengetahuan yg dapat mencegah kondisi itu terjadi. Kamu bisa meminta bantuan dokter gigi utk memeriksa gigi-gigimu, tetap tetap saja gigi-gigi itu tumbh secara alamiah. Akhirnya bahkan dokter gigi itupun mengalami hal yg sama. Segala sesuatunya juga berakhir.
8.   Apa yg dapat kita pegang utk kepastian? Tidak ada! Tdk ada suatu apapun, kecuali perasaan. Penderitaan muncul, berkembang, lalu lenyap. Kemudian kebahagiaan menggantikan penderitaan – hanya ini. Di luar hal ini, tdk ada apapun. Tetapi kita adl orang-orang sesat yg sedang berlari dan merampas perasaan terus-menerus. Padahal perasaan itu bukanlah sesuatu yg nyata, dia tdk lebih hanyalah perubahan-perubahan.


~continue~

10
Oleh: Yoseph Goldstein
Petunjuk: Silakan baca dari PAGE yg mana saja, tdk harus urut dan temukan PAGE FAVORITEMU

PAGE (1)
Kita semua telah memulai suatu perjalanan.. suatu PERJALANAN MENGENALI PIKIRAN KITA. Suatu perjalanan utk menemukan dan mengeksplorasi siapa dan apa kita ini
Langkah pertama sangat sulit, dan pada hari-hari pertama latihan sering mengalami kegelisahan, atau ngantuk, bosan, malas, keragu-raguan, dan mungkin saja menyesal telah ikut dalam latihan ini.

PAGE (2)
BUKAN HAL YG MUDAH bahwa kita telah memutuskan utk melakukan latihan memurnikan pikiran ini.

PAGE (3)
Tidak ada seorangpun yg dapat melakukan latihan ini utk kita. Kita sendiri yg harus melakukannya utk diri kita sendiri. Memiliki kesadaran setiap momen ke momen. Memperhatikan apa yg terjadi dgn penuh perhatian. Tdk ada hubungannya dgn mistik! Latihan ini begitu sederhana, langsung dan mudah dimengerti, tetapi latihan ini memerlukan usaha yg sungguh-sungguh.
--SEMUA URAIAN DIATAS ADL YG DISEBUT DENGAN MEDITASI --

PAGE (4)
Langkah pertama pasti sulit bagi setiap orang. PENCARIAN SPRITUAL YG KITA SEDANG AWALI ADL USAHA YG JARANG DAN BERHARGA, jadi harus SABAR dan TEKUN dlm melalui awal yg sulit.

PAGE (5)
Gunakan kesempatan RETREAT sampai selesai: jangan sia-siakan waktu atau menganggap anda telah cukup berlatih.


PAGE (6)
Jenis kebahagiaan tertinggi adl KEBAHAGIAAN VIPASSANA, kebahagiaan pandangan terang, melihat bagaimana sesuatu bekerja. Keadaan yg sangat bahagia ketika seseorang mulai menghargai dgn pikiran pemula setiap saat, sebagai sesuatu yg baru, sebagai sesuatu yg segar, jadi ada kebahagiaan besar dlm kehidupan pada pikiran si pemula, dari pikiran yg tak terkondisi, pikiran yg langsung mengalami bukan berpikir macam-macam.

PAGE (7)
Hari pertama latihan mungkin sulit krn konsentrasi belum berkembang dgn baik. Ibarat mendaki gunung, anda membutuhkan kekuatan fisik. Jika anda tdk kuat, diawal anda akan merasa letih dan tdk nyaman. Namun jika tubuh menjadi lebih kuat, mendaki akan lebih mudah. Sama halnya dlm meditasi, krn konsentrasi berkembang, maka praktek ini menjadi lebih mudah utk bertahan pada saat pelaksanaan dilaksanakan.

PAGE (8.)
Praktek dan mengerti Dhamma adl suatu kesempatan yg jarang dan sangat berharga. TDK BANYAK ORANG DI DUNIA YG MEMILIKI KESEMPATAN INI! Banyak orang yg terus bolak-balik dikendalikan oleh kebodohan dan nafsu, tdk tahu akan adanya KEMUNGKINAN KELUAR DARI RODA SAMSARA, RODA KESERAKAHAN, DAN KEBENCIAN.

PAGE (9)
Lingkaran nafsu kesenangan yg tiada akhir membuat pikiran kita berada dlm kekacauan dan kebingungan. KETIKA KITA BELAJAR UTK MELEPASKAN, MEMBIARKANNYA PERGI, MAKA PIKIRAN LEBIH RINGAN. Maka tdk ada beban, tdk tegang, dan kita mulai membebaskan diri kita dari gudang, dan budak nafsu.

PAGE (10)
BERKEMBANGNYA PANDANGAN TERANG berarti mengalami arus ketidakkekalan dlm diri kita. Jadi kita MULAI UTK MELEPAS, MEMBIARKAN PERGI, TDK MELEKAT DGN MATI-MATIAN PADA FENOMENA BATIN-JASMANI.


PAGE (11)
Tdk seorangpun dapat memastikan kapan kesempatan utk praktek akan datang kembali. Ada kondisi yg sangat khusus bagi kita di dalam linkungan seperti ini. Ini adl tempat yg sempurna utk mengeksplorasi diri kita, utk menemukan siapa diri kita. JANGAN SIA-SIAKAN KESEMPATAN INI.

PAGE (12)
Apa yg kita lakukan utk MENGERTI DIRI KITA adl hal yg PALING MULIA yg dapat kita kerjakan. Yg dapat kita lakukan adl membersihkan keserakahan, kebencian dan kekotoran batin dari pikiran. Ini adl………

PAGE (13)
…….SULIT DAN JARANG dan membutuhkan kedisiplinan yg besar. Kedisiplinan berarti menanamkan kualitas dlm pikiran yg membawa totalitas dan kesadaran setiap saat.

PAGE (14)
Tdk mengontrol dan memaksa nafas kita dgn cara apapun. HANYA MEMPERHATIKAN KEMBUNG-KEMPISNYA GERAK PERUT.

PAGE (15)
Hanya………. terus memperhatikan gerak perut. Tdk menghayal, tdk memvisualisasikan sesuatu namun hanya mengamati sensasi gerakan spt ini: ---~~~---~~~---~~~--- (ceritanya perut lagi kembung-kempis )

PAGE (16)
Jika pikiran lagi mengembara atau kacau, bawa kembali ke titik perhatian dgn lembut…dan bahkan jika anda tdk melakukan suatu apapun saat itu, tetap BAWALAH PIKIRAN ANDA KEMBALI, setiap saat ia mengembara bawalah ia kembali. Waktu anda akan benar-benar menjadi sangat bermanfaat (ST FANCHIS DE SALIS).



PAGE (17)
Saat kembung dan kempis, saat menarik nafas dan mengeluarkan nafas mungkin……..
Kadang-kadang: PANJANG
Kadang-kadang: pendek
Kadang-kadang: rata
Kadang-kadang: tdk rata
Kadang-kadang: DALAM
Kadang-kadang: dangkal
TDK MASALAH APAPUN YG TERJADI, INGAT, INI BUKAN LATIHAN PERNAFASAN, INI ADL AWAL LATIHAN KESADARAN.

PAGE (18)
KEGIATAN SEHARI-HARI: sangat penting mengembangkan kesadaran yg tdk terputus secara menetap yg berhubungan dgn aktivitas sehari-hari mulai dr bangun tidur di pagi hari hingga waktu kita pergi tidur. Tetap menjaga kesadaran. Dan dari saat pertama jagalah perhatian pada kegiatan bangun dan cuci-cuci. Pada saat bangun jagalah kesadaran pada kembung kempis mulai berjalan, akan duduk dan berdiri kembali dan saat akan makan…………….

PAGE (19)
…………..saat berbaring akan tidur, sadar dgn ‘kembung-kempis’ hingga saat-saat terakhir sebelum ketiduran. Perhatian seperti ini akan sangat bermanfaat dlm praktek meditasi. JIKA ADA PENDAPAT MENGATAKAN BAHWA PRAKTEK HANYA DILAKSANAKAN SAAT DUDUK DAN BERJALAN, SEDANGKAN SISA WAKTU LAINNYA TDK PENTING, PADA JEDA-2 WAKTU ITU…KITA KEHILANGAN MOMENTUM YG SEDANG DIBANGUN. Mengembangkan kesadaran yg kuat pada setiap aktivitas sepanjang hari membantu pikiran tetap terpusat dan tenang. Ini adl jenis tekad dan keseimbangan pikiran yg akan menghasilkan kesucian.


PAGE (20)
Melihat, keinginan, bergerak, menyentuh, mengangkat, membuka, menaruh, menutup, merasakan, mengunyah, menikmati rasa, menelan, sadar dgn seluruh rangkaian kegiatan yg dilaksanakan.
TDK ADA ORANG DIBALIK KEGIATAN TERSEBUT! TDK ADA ORANG YG SEDANG MAKAN! HANYA SERANGKAIAN NIAT, GERAK, RASA, SENSASI SENTUHAN BELAKA, SEPERTI ITULAH KITA. DAN BERADA DLM PERHATIAN PENUH SETIAP SAAT, KITA BEBASKAN DIRI KITA DARI KONSEP AKU.

PAGE (21)
Tdk ada sama sekali keadaan yg dianggap tdk berharga utk disadari. Pengertian benar yg dalam seketika dapat terjadi pada saat / ketika semua faktor pencerahan masak dan datang bersamaan dgn keseimbangan yg benar.

PAGE (22)
Yoseph Goldstein: Ketika saya berada di India, saya tinggal di lantai kedua asrama. Saya harus naik-turun anak tangga beberapa kali sehari, setiap kali memperhatikan saat menaiki anak tangga, bagaimana lutut harus bekerja, bagaimana beban berat berpindah.. ini suatu proses yg menarik. Dalam setiap kegiatan, pasti ada sesuatu yg menarik. Memperhatikan, mengamati bagaimana semua itu terjadi.

PAGE (23)
Biasanya kita makan dgn tanpa kesadaran. Rasa datang dan pergi begitu cepat. Saat makanan masih dlm mulut, krn begitu nafsu dan serakahnya utk menikmati sensasi rasa, tangan meraih utk mengambil makanan lagi, dan biasanya kita TDK SADAR akan keseluruhan proses tsb. Habiskan setiap makanan dlm mulut sebelum mengambil makanan lagi. Dgn cara ini, tubuh kita menjadi sensitive dan tahu berapa banyak makanan yg kita butuhkan. Sangat sulit utk makan berlebihan disaat kita makan dgn penuh kesadaran. MASUKKAN MEDITASI SAAT MAKAN INI KE DLM LATIHAN ANDA SEHARI-HARI SEHINGGA KESADARAN TDK AKAN PUTUS.

PAGE (24)
Tdk ada yg tahu kapan awan kebodohan akan menghilang. Hal ini bisa terjadi bahkan saat proses berbaring ketika mau tidur. SELALU PENUH PERHATIAN (SATI). Dalam setiap momen, tetap siaga, sadar dgn apa yg terjadi.

PAGE (25)
Meditasi mendalam tergantung pada kontinuitas kesadaran.

PAGE (26)
Gambar: ada seorang pertapa sedang bermeditasi di bawah sebuah pohon yg sedang berbuah ranum, dan satu dari banyak buah yg telah matang itu pun jatuh dan mengenai kepala pertapa tsb, dan diam-diam ada seekor monyet memperhatikan kejadian itu dan dgn lompatan tergesa berusaha menyambar buah yg jatuh tsb, lalu setelah mendapatkan buah itu, langsung dilahapnya tak bersisa, namun perhatiannya pelan-pelan mulai teralih pada pertapa yg tdk terganggu itu. Rasa penasaran mulai menggelayuti monyet itu dan kemudian melemparkan biji bekas buah yg sudah dimakannya itu ke kepala pertapa tersebut, namun lagi-lagi pertapa itu tetap tenang dan tdk terganggu sama sekali. Akhirnya monyet tersebut pun ikut bermeditasi

PAGE (27)
PERHATIAN MURNI (Ini adl kualitas pikiran yg merupakan basis dan landasan penemuan spiritual): artinya MENGAMATI SESUATU SEPERTI APA ADANYA. Tanpa memilih, tanpa membandingkan, tanpa mengevaluasi, tanpa meletakkan proyeksi dan harapan kita pada apa yg sedang terjadi; mengembangkan kesadaran tanpa pilihan dan tanpa mencampurinya.

PAGE (28)
Gambar: ada seorang pertapa yg sedang bermeditasi dgn mengamati bentuk-bentuk pikirannya yg muncul.

PAGE (29)
Pikiran yg tdk terlatih sering reaktif berpegang pada kesenangan, menolak yg tdk menyenangkan, bercengkrama pada yg disukai, menolak yg tdk disukai, merespon dgn keserakahan dan kebencian. PIKIRAN YG TDK SEIMBANG SANGAT MELELAHKAN. Jika perhatian murni terus menerus dikembangkan, kita belajar menyelami pikiran, perasaan, keadaan dan orang lain, tanpa ketegangan dari kemelekatan atau keengganan. Kita mulai memiliki pengalaman total dan lengkap dari apa yg sebenarnya. Itu terjadi dgn pikiran yg tenang dan seimbang.

PAGE (30)
Kesadaran akan perhatian murni tdk terbatas saat duduk pada pagi hari dan malam hari. Bila berpendapat bahwa menjaga kesadaran hanya saat meditasi duduk, sedangkan sisa waktu lainnya tdk perlu maka akan terjadi : penggalan dari kehidupan kita mengurangi pertumbuhan pengertian yg sesungguhnya. PERHATIAN MURNI DAPAT DITERAPKAN DAN TEPAT PADA SETIAP MOMEN, APAKAH KITA…. SEDANG DUDUK, SEDANG BERDIRI, SEDANG BERBARING, SEDANG BERBICARA ATAU, SEDANG MAKAN.
PAGE (31)
Kita harus mengembangkan perhatian murni pada semua objek, pada semua keadaan pikiran, dalam setiap situasi. SETIAP SAAT HARUS HIDUP secara SUNGGUH-SUNGGUH dan SEPENUH HATI.

PAGE (32)
Dalam masa latihan ini segala sesuatu dilakukan dgn lambat. Jadi kita memiliki kesempatan utk memeriksa apa yg sedang terjadi dgn hati-hati. Ketika perhatian penuh telah berkembang dgn baik, anda dpt melakukan kegiatan dgn cepat. Namun ini adl saatnya utk berlatih. Tdk tergesa-gesa, lakukan semuanya dgn lambat, diam dan sadar. Sejak anda bangun tidur, segala sesuatu dikerjakan dgn penuh perhatian sepanjang hari, lakukan semuanya dgn meditasi.

PAGE (33)
Ada nilai yg besar dlm memperlambat semua kegiatan kita. Tdk tergesa-gesa. Tdk ada tempat utk pergi. Tdk ada kegiatan lainnya yg harus dikerjakan. Namun HANYA MEMPERHATIKAN SEMUA YG TERJADI SETIAP MOMEN.
PAGE (34)
DIPERCEPAT PERLAHAN: Mempercepat dlm arti kata terus-menerus dan tdk kenal henti dlm semangat, tapi dikerjakan dgn tenang dan seimbang. Gigih dan penuh semangat juga sangat santai dan seimbang.

PAGE (35)
KELUAR DARI KEGELAPAN GOA --->>>>> MASUK KE DALAM PENERANGAN KEBEBASAN DAN KETENANGAN.

PAGE (36)
Manusia maju dgn cara yg berbeda. Namun tdk menjadi masalah dgn apapun caranya. Jika kita menghadapi arah yg benar, semua yg harus kita lakukan adl terus berjalan. BILA PERJALANAN ITU DITEMPUH 1 TAHUN, ATAU 60 TAHUN, ATAU 5X KEHIDUPAN, SEPANJANG KITA JALAN MENUJU PENCERAHAN, ITULAH YG PENTING.
PAGE (37)
Gambar: ada sekumpulan burung yg TERBANG KE ARAH YG SAMA, lalu ada seseorang duduk di dalam sebuah bungkusan yg dibawa oleh salah satu dari sekumpulan burung itu.

PAGE (38)
PERKEMBANGAN SELURUH KESADARAN DATANGNYA dari pengalaman berbagai hal SAAT PIKIRAN DIAM, bukan dgn pikiran dan konsep kita terhadap hal-hal tsb.

PAGE (39)
Dgn sungguh-sungguh memperhatikan bagaimana pikiran muncul tdk disebabkan oleh sesuatu dan menghilang kembali. Atau memeriksa rasa nyeri masuk ke dalam rasa sakit tsb (menyelam ke dalam sakit tsb). MELATIH PIKIRAN DGN GAGAH BERANI, TDK BERPIKIR MACAM-MACAM HAL NAMUN…DIAM DAN WASPADA.

PAGE (40)
Pada saat latihan kadang-2 nampaknya tdk banyak hal yg terjadi kecuali merasakan sakit, kegelisahan, gejolak, dan keraguan. Namun, sebenarnya kewaspadaan setiap saat dgn landasan perhatian murni (SATI) setiap saat, membantu melemahkan belenggu kemelekatan kita.

PAGE (41)
Semua YG KITA BUTUHKAN adl MENGHADAP KE ARAH PEMBEBASAN, tdk utk kemunduran, dan juga tdk menuju ke arah yg lebih gelap.

PAGE (42)
BERSABARLAH DGN DIRI ANDA SENDIRI . TETAP BERSEMANGAT! WALAUPUN MUNGKIN TDK JELAS TERLIHAT OLEH ANDA, ADA TRANSFORMASI BESAR YG SEDANG BERLANGSUNG !

PAGE (43)
Seperti buah, masak dipohon. Matahari menyinari pohon, buah menjadi masak, walaupun dari hari ke hari, prosesnya tdk nampak dgn jelas. Sama halnya, perubahan dan masaknya pikiran kita juga sedang berlangsung.

PAGE (44)
Sekarang ingatlah……… BUDDHA HANYA MENUNJUKKAN JALAN. Kita sendiri yg harus menapaki jalan itu. Tdk ada seorangpun yg dapat mencapai pencerahan utk orang lain. Kekotoran batin dari keserakahan, kebencian dan kebodohan ada dlm pikiran kita. Tdk ada yg menaruhnya disana. Tdk ada yg dapat mengeluarkannya. Kita sendiri yg harus membersihkannya.

PAGE (45)
Satu dari RINTANGAN YG TERBESAR dlm praktek kita adl KERAGU-RAGUAN. Sehingga menjadi lemah dan menghalangi usaha kita utk menjernihkan pikiran.

PAGE (46)
KERAGUAN: biasanya muncul tentang apa yg orang sedang lakukan dan tentang kemampuan seseorang melakukan hal itu.

PAGE (47)
Mungkin karena anda telah berada disini, pikiran menjadi bertanya-tanya: apa yg sedang saya kerjakan disini? Mengapa saya datang kesini? Saya tdk dapat melaksanakannya, latihan ini terlalu keras!.........
PAGE (48)
……………..Ini adl pikiran yg ragu-ragu, sebuah rintangan yg sangat besar dlm latihan!!

PAGE (49)
MENGENALI: adl jalan yg paling kuat, paling efektif dlm mengatasi apapun.

PAGE (50)
Karena rintangan menghadap kita pada saat latihan, maka SALAH SATU CARA UTK BEKERJA SAMA DGN RINTANGAN ITU ADL DGN CARA MENGENALINYA, memperhatikan dgn teliti dlm setiap momen. ~~sensasi nafsu, kemalasan, kegelisahan, khawatir, dendam~~ . Jika nafsu indria muncul, segera tahu bahwa ada nafsu indria dlm pikiran. Mencoba mengenali segera jika rintangan tertentu muncul, apakah itu kemarahan, kemalasan, kegelisahan, atau keragu-raguan?

(CONTINUE)

Pages: [1]
anything