Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Komunitas => Regional => Topic started by: allthingmustpass on 01 November 2013, 08:19:21 PM

Title: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: allthingmustpass on 01 November 2013, 08:19:21 PM
suhu saya ingin menanyakan mengenai vihara wimala dharma:
1. kapan saja jadwal kebaktiannya? benarkah jam 8 pagi hari minggu?
2. saya ktp tidak buddhis dan non suku tionghoa (NO SARA, cuma penjelasan ciri saya saja), apakah saya diterima? atau malah dikasih kelas khusus pemula (hehe), atau malah disuruh ke gereja disamping vihara tsb?  :D
3. tradisi apakah vihara tsb?
4. kenapa kalau saya beberapa kali lewat vihara tsb, terkesan terkunci dan tidak ada orang? kapan saja kira-kira terbuka buat bersembahyang?

terima kasih dan salam sejahtera bagi kita semua. mohon maaf jika ada salah-salah kata

salam metta,
Allthingmustpass
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: Indra on 01 November 2013, 09:11:24 PM
saya menjawab sepengetahuan saya, kalo salah mohon yg lain mengoreksi:

1. Kebaktian tradisi theravada, sebagian besar diikuti oleh pemuda, minggu jam 9:00

2. saya pernah melihat ada umat yg non-Tionghua di sana, dan ia tetap dapat mengikuti aktivitas vihara, saya juga pernah melihat non-Buddhis (wanita berjilbab) datang ke sana, juga tidak ada masalah, tentu setelah ditanya apa keperluannya.

3. Buddhayana, yaitu, yg mengakomodasi Theravada, Mahayana, dan Tantrayana.

4. pada hari2 tidak ada aktivitas memang biasanya tertutup, tapi tidak dikunci.
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: dhammadinna on 02 November 2013, 07:01:11 AM
Kalau jadwal kebaktian beberapa tahun yang lalu, kebaktian jam 8 pagi. Tapi kalau minggu ke-dua, kebaktiannya jam 9 pagi. Kadang suka ada meditasi juga, satu kali dalam satu minggu (sore jam 6).

Ini no telp. VVD kalau mau tanya-tanya:  (022) 4238696. Di hari biasa, mungkin tidak diangkat karena kantor dikunci. Tapi vihara tidak dikunci, jadi masih bisa masuk (masuk aja ke viharanya kalau mau liat-liat).

____________
Bisa juga, download pdf ini:

http://dhammacitta.org/perpustakaan/berita-vimala-dharma-153-juni-2013/

biasanya di bagian belakang buku, ada jadwal kegiatan. Saya tidak bisa download untuk liat (proses unggahnya selalu berhenti di 5%).
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: allthingmustpass on 02 November 2013, 02:07:14 PM
menurut pdf, untuk pemuda jam 8.00 hari minggu

terima kasih infonya utk om indra dan dhammadina

 _/\_
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: allthingmustpass on 02 November 2013, 07:31:13 PM
btw, kalau ada umat VVD di DC ini, saya minta PM saya dong. ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: Shasika on 02 November 2013, 10:26:48 PM
coba anda pm ke bro sunkmantu, dia kalo ga salah dlu juga umat sana, entah sekarang.
selamat mengikuti puja bakti pertama, semoga anda menemukan apa yang anda cari, jangan mudah patah semangat ya...

saran oma sering2 mengulang dalam hati yang oma kasih kemarin di Vihara (Brahmavihara). setiap anda merasa sedih, bingung, patah semangat, dengan mengulang2 dalam hati maka anda semoga berbahagia, semoga semua mahkluk berbahagia.

**) pesan oma, sebaiknya anda tetap berpegang ajaran dhamma, jangan yang adhamma. sering2 konsul di forum ini bila ada yg mau ditanyakan, selama oma join forum ini amat memegang teguh dhamma yang murni (mereka menolak dengan keras dhamma yang melenceng)

+1 dah utk niat puja bakti ke Vihara.
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: andry on 03 November 2013, 12:34:06 AM
setau saya bro indra adalah sesepuh vvd, namanya cukup disegani.

bila mau tanya ttg buddhisme disini saja.
bila mau tanya ttg seluk beluk VVD, ya ke vvd.saja
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: allthingmustpass on 03 November 2013, 01:01:13 AM
bro andry yang baik, saya memposting trit ini (tentang VVD) di subforum komunitas regional (VVD adalah vihara di kota bandung), saya rasa tidak ada yang melenceng dari aturan DC.

toh VVD juga sebuah bangunan umat buddhis, saya bukan bertanya tentang gereja/mesjid kan?



untuk permohonan PM ke saya jika ada umat VVD
itu karena ada pertanyaan pribadi yang tidak bisa ditanyakan langsung ke VVD dan terlihat bebas di forum DC kita ini.

begitu kira-kira. jika ada salah-salah kata saya minta maaf

salam metta
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: cumi polos on 03 November 2013, 06:51:51 AM
suhu saya ingin menanyakan mengenai vihara wimala dharma:
1. kapan saja jadwal kebaktiannya? benarkah jam 8 pagi hari minggu?
2. saya ktp tidak buddhis dan non suku tionghoa (NO SARA, cuma penjelasan ciri saya saja), apakah saya diterima? atau malah dikasih kelas khusus pemula (hehe), atau malah disuruh ke gereja disamping vihara tsb?  :D
3. tradisi apakah vihara tsb?
4. kenapa kalau saya beberapa kali lewat vihara tsb, terkesan terkunci dan tidak ada orang? kapan saja kira-kira terbuka buat bersembahyang?

terima kasih dan salam sejahtera bagi kita semua. mohon maaf jika ada salah-salah kata

salam metta,
Allthingmustpass

1. telp 108 tanya no telp vihara tsb..
2. minta bicara dgn pengurus wihara tsb (tanya jam kerjanya klo gak bertugas saat telp)
3. tanya semua telp tsb...
4. tanya klo pingin jadi pengurus, syaratnya apa
5. hasil nya bisa posting disini serta kasih referensi nama pengurus tsb...

kira2 begitu tohhh....
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: Indra on 03 November 2013, 09:07:11 AM
setau saya bro indra adalah sesepuh vvd, namanya cukup disegani.

bila mau tanya ttg buddhisme disini saja.
bila mau tanya ttg seluk beluk VVD, ya ke vvd.saja

pitnah
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: andry on 03 November 2013, 09:11:24 PM
pitnah
ooh... maap bila begitu bro indra.
saya pikir anda sepuh vvd dan cukup disegani.
ternyata tidak toh. maaf
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: Shasika on 03 November 2013, 10:28:06 PM
coba anda PM ke bro Andry ini, karena bro andry juga domisili di Bandung....

bro Sunkmantu domisili di Bandung juga, coba aja anda PM ke beliau....
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: dato' tono on 04 November 2013, 09:45:57 AM
suhu saya ingin menanyakan mengenai vihara wimala dharma:
1. kapan saja jadwal kebaktiannya? benarkah jam 8 pagi hari minggu?
2. saya ktp tidak buddhis dan non suku tionghoa (NO SARA, cuma penjelasan ciri saya saja), apakah saya diterima? atau malah dikasih kelas khusus pemula (hehe), atau malah disuruh ke gereja disamping vihara tsb?  :D
3. tradisi apakah vihara tsb?
4. kenapa kalau saya beberapa kali lewat vihara tsb, terkesan terkunci dan tidak ada orang? kapan saja kira-kira terbuka buat bersembahyang?

terima kasih dan salam sejahtera bagi kita semua. mohon maaf jika ada salah-salah kata

salam metta,
Allthingmustpass


 [at] mas bro allthingmustpass
1. Jika tertulis jam 8, coba mas bro datang 15 menit sebelumnya. ikuti aja jadwal yg tertulis di vihara tersebut.

2. mas bro, buddhist tdk memperhatikan ktp dan tdk ada pemeriksaan ktp pd saat memasuki vihara. umat buddha adalah mereka yang berlindung kepada tiratana, bukan karena dia berasal dari suku tertentu, buddhist terbuka untuk semua orang tanpa memandang suku.

pada saat mas bro ke vihara, coba tanya, siapa dayaka/pengurus vihara nya, klo ditanya keperluan, coba mas bro sampaikan bahwa mas bro ingin belajar dan mengetahui lebih banyak tentang ajaran buddha, pasti mas bro diterima.

klo uda ada niat ke vihara, jgn ngelirik sebelahnya lg mas bro... ;D

3. info nya, vihara tersebut aliran buddhayana.

4. klo ingin melakukan puja di vihara, bs setiap saat, mas bro bs datang ke vihara, klo ketemu pengurus/satpam, sampaikan jika mas bro mau puja di dalam dharmasala. kadang pintu memang ditutup, tapi tidak dikunci, coba dorong aja pintu nya.

mettacittena,
cucu oma devi  ;D
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: dhammadinna on 07 November 2013, 07:44:40 AM
btw, kalau ada umat VVD di DC ini, saya minta PM saya dong. ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan

Gabung di grup Facebook saja, bisa tanya-tanya di sana:

https://www.facebook.com/groups/pvvders/

Nama grupnya: PVVD. Singkatan dari pemuda vihara vimala dharma.

biasanya di bagian belakang buku, ada jadwal kegiatan. Saya tidak bisa download untuk liat (proses unggahnya selalu berhenti di 5%).

semalam kepikiran, seharusnya download = unduh. Upload = unggah.
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: Shasika on 12 November 2013, 06:14:41 PM
[at] mas bro allthingmustpass
1. Jika tertulis jam 8, coba mas bro datang 15 menit sebelumnya. ikuti aja jadwal yg tertulis di vihara tersebut.

2. mas bro, buddhist tdk memperhatikan ktp dan tdk ada pemeriksaan ktp pd saat memasuki vihara. umat buddha adalah mereka yang berlindung kepada tiratana, bukan karena dia berasal dari suku tertentu, buddhist terbuka untuk semua orang tanpa memandang suku.

pada saat mas bro ke vihara, coba tanya, siapa dayaka/pengurus vihara nya, klo ditanya keperluan, coba mas bro sampaikan bahwa mas bro ingin belajar dan mengetahui lebih banyak tentang ajaran buddha, pasti mas bro diterima.

klo uda ada niat ke vihara, jgn ngelirik sebelahnya lg mas bro... ;D

3. info nya, vihara tersebut aliran buddhayana.

4. klo ingin melakukan puja di vihara, bs setiap saat, mas bro bs datang ke vihara, klo ketemu pengurus/satpam, sampaikan jika mas bro mau puja di dalam dharmasala. kadang pintu memang ditutup, tapi tidak dikunci, coba dorong aja pintu nya.

mettacittena,
cucu oma devi  ;D
:)) :))

Cucu satu ini bener2 tahu bagaimana membuat nenek tua menitikkan airmata terharuuuu....
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: allthingmustpass on 03 December 2013, 06:34:31 PM
sori agak oot dari trit awal.. ane mau nanya lagi


bapak ibu yth, sekarang saya sudah pindah ke jakarta (tepatnya jakarta pusat)  :D

ada yang tau vihara yang di sekitaran jakarta pusat?

terima kasih
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: bluppy on 03 December 2013, 06:40:43 PM
sedikit buta arah sih
yg di bawah ini ada yg deket ngk ?


Vihãra Jakarta Dhammacakka Jaya
Jl. Agung Permai XV / 12
Jakarta 14350
Telp : (021) 6471 6739, 641 4304
Fax : (021) 645 0206

Wisma Sangha Theravada Indonesia
Jl. Margasatwa 9 ( Depan BBC )
Pondok Labu
Jakarta 12450
Tel./Fax. (021) 7591 4315

Vihãra Saddhãpala
Jl. Pakis Raya 19
Bojong Indah, Cengkareng
Jakarta 11740
Telp : (021) 581 8692
Faks. (021) 580 1092

Vihãra Buddha Sasana
Jln. Kelapa Nias Timur Raya Blok PE 2 No.17
Kelapa Gading Permai
Jakarta
Telp. (021) 451 4805
Faks. (021) 451 5042

Vihãra Mettã
Jl. Palmerah Utara IV /26
Jakarta Barat 11480
Tel. (021) 532 3058

Vihàra Ratana Graha
Perumahan Green Ville Blok AL-3
Jakarta Barat
Tel. (021) 560 4728
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: allthingmustpass on 03 December 2013, 06:50:25 PM
waduh ga ngerti juga sis, anak baru juga saya di jakarta :D
sekarang tepatnya saya ngekos sekitaran bundaran HI.


makasih infonya ya sis
Title: ask mengenai vihara vimala dharma dago bandung
Post by: Genasr on 15 April 2017, 05:56:42 PM
gan mimin/momod, mohon info jelasnya mengenai bnet dota nya..
apakah harus menggunakan koneksi wi-fi/dll kampus saja atau bisa di akses dengan koneksi broadband, sperti sart, flsh, dll...?
trus, info mengenai ip server dan lain2nya mohon diperjelas...
terima kasih...
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: angelina on 17 May 2017, 08:45:14 AM
Hallo salam kenal semua maaf saya baru, maaf kalau post saya melenceng di tempat yg tdk seharusnya tp pas ini topiknya bahas vihara yg di rekomendasikan tmn sy, sy mau belajar, adakah dsni memmber yg bs bimbing sy wkt sy dtg ke Vihara Vimala Dharma? Mohon bantuannya, trmksh
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: sala45 on 07 June 2017, 11:17:10 PM
untuk saat ini, vihara dago kosong.krn keadaannya yg di tengah pusat kota.shg kurang
sesuai u bimbingan seperti sila dan samadi.
Di masa lalu , ini yg paling angker, czndradimuka sagin. seperti wat bah pong di thai.namun saat itu
bdg masih sepi, dago lancar dan cipularang blm ada.

Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: sala45 on 08 June 2017, 12:16:18 AM
doble post
Title: Re: [ask] mengenai vihara vimala dharma, dago bandung
Post by: Ariyasacca on 17 April 2018, 05:31:36 PM
Apakah ada kelas dhamma (Theravada) di Vihara Vimala Dharma bagi yang tertarik dengan Buddhisme? Mohon infonya. Terima kasih sebelumnya!