Forum Dhammacitta

Topik Buddhisme => Diskusi Umum => Topic started by: MiZu_chang on 12 June 2008, 02:24:42 PM

Title: ASal MuLa MaNusiA
Post by: MiZu_chang on 12 June 2008, 02:24:42 PM
NaMo Buddhaya...


Sy Mau BrTanYa, MnUrUt pAHam Buddhisme dr ManA sBnaRny MaNusiA beRAsaL di alaM sEmesTa iNi ?

Thanks...
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 12 June 2008, 02:26:43 PM
manusia evolusi dari nenek moyang monyet..dan nenek moyang monyet berasal dari binatang air...dan binatang air berasal dari amoeba..dan amoeba berasal dari air..

ngerti?
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: williamhalim on 12 June 2008, 02:30:01 PM
Quote from: MiZu_chang on 12 June 2008, 02:24:42 PM
NaMo Buddhaya...


Sy Mau BrTanYa, MnUrUt pAHam Buddhisme dr ManA sBnaRny MaNusiA beRAsaL ?

Thanks...

Tulisan kok tinggi rendah kayak gitu? Memang 'mode' apa keyboardnya rusak?  :))

pertanyaannya mohon diperjelas, yg ditanyakan adalah, menurut Buddhism apakah:
~ asal mula kehidupan di semesta ini?
atau
~ asal mula manusia di bumi?
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 12 June 2008, 02:37:24 PM
 [at] atas

anak remaja...

maklum lar..
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: MiZu_chang on 12 June 2008, 03:07:34 PM
Klo bgTu sGala sSuatu yg da d alaM smsta ini braSal dr mn ?

ApkH dr "Tuhan (Sang Pencipta Alam)" ?
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 12 June 2008, 03:13:54 PM
bukan dari tuhan...

tapi dari "space" ato "kosong"..

dan Kosong dari mana?

kosong/space adalah bagian dari alam..

tidak terlahirkan tidak tercipta..

kosong gitu loh~~

CMIIW
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 12 June 2008, 03:15:27 PM
gini teorinya....

Space/kosong -> unsur2 pikiran/mind -> mind -> badan..dll..

CMIIW
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: F.T on 12 June 2008, 03:15:50 PM
Sepertinya sudah pernah di bahas sebelumnya, mungkin ada fren's yang ingat di thread mana pembahasan asal mula manusia ? Thanks :)

Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: MiZu_chang on 12 June 2008, 03:17:25 PM
ApkH "ke KosongAn" tu sNdr "KekaL" ?

Thanks...
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 12 June 2008, 03:17:39 PM
 [at] Felix

dasar tukang sensor!!...yg inget juga dah gk inget..gara2 loe sensor dan lock terus...bUEEHHHH~~

:hammer:
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 12 June 2008, 03:18:35 PM
Quote from: MiZu_chang on 12 June 2008, 03:17:25 PM
ApkH "ke KosongAn" tu sNdr "KekaL" ?

Thanks...

kosong itu tidak berkondisi...so mo dibilank ada ajah gk bisa... apalage kekal ato tidak kekal...
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: F.T on 12 June 2008, 03:24:13 PM
Quote from: El Sol on 12 June 2008, 03:17:39 PM
[at] Felix

dasar tukang sensor!!...yg inget juga dah gk inget..gara2 loe sensor dan lock terus...bUEEHHHH~~

:hammer:

duh! benjol !!! :-w , Koq gw jg gk inget yang mana gw sensor :-? ^-^

;)

:backtotopic:
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Lily W on 12 June 2008, 03:29:59 PM
Quote from: El Sol on 12 June 2008, 03:18:35 PM
Quote from: MiZu_chang on 12 June 2008, 03:17:25 PM
ApkH "ke KosongAn" tu sNdr "KekaL" ?

Thanks...

kosong itu tidak berkondisi...so mo dibilank ada ajah gk bisa... apalage kekal ato tidak kekal...

Bro El Sol...

Kalo tidak berkondisi itu termasuk di dalam tilakhana (3 sifat universal) yaitu Sabbe Dhamma Anatta (semua Dhamma adalah tanpa kepemilikan). Dhamma itu terdiri dari
~ Sankhata (berkondisi) : Anicca, dukkha
~ Asankhata (tidak berkondisi) : Nicca, adukkha

Semoga Sis mizu chang tidak binggung...

_/\_ :lotus:

Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: MiZu_chang on 12 June 2008, 03:41:46 PM
LaLu sbnarny, dr Mn maNusiA brASal ?

Dan, apkH bNar MaNusiA prTama tu AdaM n Hawa ?
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 12 June 2008, 03:46:08 PM
Quote from: Lily W on 12 June 2008, 03:29:59 PM
Quote from: El Sol on 12 June 2008, 03:18:35 PM
Quote from: MiZu_chang on 12 June 2008, 03:17:25 PM
ApkH "ke KosongAn" tu sNdr "KekaL" ?

Thanks...

kosong itu tidak berkondisi...so mo dibilank ada ajah gk bisa... apalage kekal ato tidak kekal...

Bro El Sol...

Kalo tidak berkondisi itu termasuk di dalam tilakhana (3 sifat universal) yaitu Sabbe Dhamma Anatta (semua Dhamma adalah tanpa kepemilikan). Dhamma itu terdiri dari
~ Sankhata (berkondisi) : Anicca, dukkha
~ Asankhata (tidak berkondisi) : Nicca, adukkha

Semoga Sis mizu chang tidak binggung...

_/\_ :lotus:



mohon penjelasannya..dengan detil dan lengkap..

Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 12 June 2008, 03:48:02 PM
Quote from: MiZu_chang on 12 June 2008, 03:41:46 PM
LaLu sbnarny, dr Mn maNusiA brASal ?

Dan, apkH bNar MaNusiA prTama tu AdaM n Hawa ?

sama sekali bukan Adam ato Hawa..

coba deh kamu pikir..

dalam alkitab dikatakan bahwa adam dan hawa kawin..dan lahir 2 anak lelaki..

gw lupa namane..

nah..ke-2 anak lelaki ini kawin sama sapa? padahal didunia cuma ada 4 orang(adam,hawa dan 2 anak lelaki tersebut)

ada yg bilank kawin sama mamanya..tapi kenapa di alkitab tulis mereka kawin dengan wanita lain?

trus kalo kawin sama mamanya..

pasti DNAnya rusak...dan jadi cacat anakne..

Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Lily W on 12 June 2008, 04:09:49 PM
Quote from: El Sol on 12 June 2008, 03:46:08 PM
Quote from: Lily W on 12 June 2008, 03:29:59 PM
Quote from: El Sol on 12 June 2008, 03:18:35 PM
Quote from: MiZu_chang on 12 June 2008, 03:17:25 PM
ApkH "ke KosongAn" tu sNdr "KekaL" ?

Thanks...

kosong itu tidak berkondisi...so mo dibilank ada ajah gk bisa... apalage kekal ato tidak kekal...

Bro El Sol...

Kalo tidak berkondisi itu termasuk di dalam tilakhana (3 sifat universal) yaitu Sabbe Dhamma Anatta (semua Dhamma adalah tanpa kepemilikan). Dhamma di situ terdiri dari
~ Sankhata (berkondisi) : Anicca, dukkha
~ Asankhata (tidak berkondisi) : Nicca, adukkha

Semoga Sis mizu chang tidak binggung...

_/\_ :lotus:
mohon penjelasannya..dengan detil dan lengkap..

Jadi kalo di bilang tidak berkondisi itu adalah kekal   (nicca).

Coba baca2 di link ini (ada dikit ttg tilakhana) :
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,2188.195.html

Sori...kalo membuat Bro El sol & Sis Mizu menjadi bingung... ^:)^

_/\_ :lotus:
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: gajeboh angek on 12 June 2008, 04:47:44 PM
Asal manusia ya dari orang tuanya. Silahkan tanya orang tua masing-masing.

Oh, maksudnya manusia pertama? Kalo Buddhis sih kayaknya gak keberatan dengan teori evolusi ya, jadi mungkin saja pithecantropus erectus itu. Namanya MIthocondrial Eve kalo gak salah.

Oh, maksudnya yang pertamanya lagi? Sebelum manusia? Ada sebab maka ada akibat. Telusurin saja kehidupan sebelumnya.

Oh, maksudnya yang benar-benar awalnya? Gak tau dan katanya sih gak bisa diketahui.
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Kokuzo on 12 June 2008, 06:37:10 PM
Quote from: MiZu_chang on 12 June 2008, 03:41:46 PM
LaLu sbnarny, dr Mn maNusiA brASal ?

Dan, apkH bNar MaNusiA prTama tu AdaM n Hawa ?

ya evolusi... kaya kata sesepuh2 di atas...

wew, kalo nanya disini sudah tentu jawabannya TIDAK!
kalo tanya di tempat lain jawabannya pasti iya...
jadi mana yang bener hayo?  ;D

Buat El Sol :
Kain dan Habel nama anaknya... ;D

*btw kalo ngetik kelingkingnya jangan di atas shift...  ^-^

Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Riky_dave on 12 June 2008, 07:25:30 PM
Pertanyaan ini tidak termaksuk dalam 4hal yang tidak usah dipikir2kan??
Kan salah satunya hakikat alam semesta...Manusia termaksuk tidak??

Salam,
Riky
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Riky_dave on 12 June 2008, 07:26:11 PM
QuoteSori...kalo membuat Bro El sol & Sis Mizu menjadi bingung...
Keknya dia tu bro deh bukan sis...

Salam,
Riky
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 12 June 2008, 07:32:40 PM
Quote from: Lily W on 12 June 2008, 04:09:49 PM
Quote from: El Sol on 12 June 2008, 03:46:08 PM
Quote from: Lily W on 12 June 2008, 03:29:59 PM
Quote from: El Sol on 12 June 2008, 03:18:35 PM
Quote from: MiZu_chang on 12 June 2008, 03:17:25 PM
ApkH "ke KosongAn" tu sNdr "KekaL" ?

Thanks...

kosong itu tidak berkondisi...so mo dibilank ada ajah gk bisa... apalage kekal ato tidak kekal...

Bro El Sol...

Kalo tidak berkondisi itu termasuk di dalam tilakhana (3 sifat universal) yaitu Sabbe Dhamma Anatta (semua Dhamma adalah tanpa kepemilikan). Dhamma di situ terdiri dari
~ Sankhata (berkondisi) : Anicca, dukkha
~ Asankhata (tidak berkondisi) : Nicca, adukkha

Semoga Sis mizu chang tidak binggung...

_/\_ :lotus:
mohon penjelasannya..dengan detil dan lengkap..

Jadi kalo di bilang tidak berkondisi itu adalah kekal   (nicca).

Coba baca2 di link ini (ada dikit ttg tilakhana) :
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,2188.195.html

Sori...kalo membuat Bro El sol & Sis Mizu menjadi bingung... ^:)^

_/\_ :lotus:

oh ngerti deh maksudne...

sebenarnya kosong itu...berkondisi..<--setelah berpikir2 lage..

karena tempat kosong bisa diisi..

nah itu deh~~
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Edward on 12 June 2008, 08:02:32 PM
Kalau kata dosen agama dulu. seinget gw sih tidak ada tuh yang namanya manusia 'pertama'...Alesannya sama kyk El sol bilang...
Nah jadi manusia itu muncul karena ada proses, yang sebelumnya hanya berupa arupa, karena berkondisi , menjadi rupa...dan terus berkembang sama seperti teori Darwin...Kalo lebih detilnya, gw lupa ~~" maap ye...
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: tesla on 12 June 2008, 08:15:53 PM
dunia ini tidak se-nyata bayangan kita lho ^-^

sederhananya:
pikiran adalah pelopor
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 12 June 2008, 08:24:30 PM
 [at] atas

sang Buddha pernah bersabda kok tentang makhluk hidup pertama(bukan manusia!)..

Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Dhyanaputra on 12 June 2008, 08:36:02 PM
Bukannya Sang Buddha bersabda, asal mula semesta ini hendaknya tidak dipikir-pikir? :D:)

jadi gak usah dipikirin.... :D
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Mangkok on 12 June 2008, 10:06:03 PM
Pernah dibahas di sini:

http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,2640.0.html

Semoga bermanfaat  :|
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 12 June 2008, 10:12:08 PM
Quote
Agama Buddha mengajarkan, asal kehidupan tidak dapat dijangkau oleh pikiran manusia. Walau demikian, Sang Buddha juga memberi gambaran bagaimana kehidupan berawal di bumi. Beliau menjelaskan, ketika alam-semesta mulai mengembang, alam yang telah ada barulah alam surga (alam-dewa).

Dan demikian mereka hidup, terdiri dari batin saja, senantiasa berbahagia, badannya mengeluarkan cahaya, bergerak di angkasa dengan jayanya, dan bertahan begitu sampai masa yang sangat lama sekali. Pada waktu itu bumi hanya terdiri dari massa air semata dan semuanya gelap kelam. Tidak ada bulan atau matahari, belum ada tata-surya, bintang belum terlihat, belum ada perhitungan waktu bulan, pertengahan-bulan, tahun atau musim, belum ada laki-laki dan wanita, hanya makhluk itu saja yang ada. Lalu setelah jarak waktu yang sangat lama, buih-buih yang menggiurkan terbentuk diatas permukaan massa air dimana makhluk-makhluk itu berada. Bentuknya seperti lapisan yang terbentuk diatas susu panas yang mendingin. Warnanya seperti dadih-susu (susu yang mengental) atau mentega, dan rasanya seperti madu murni. Lalu, beberapa makhluk yang bersifat rakus berkata: "Saya berkata, apa yang seperti ini !, lalu mencoba buih itu dengan jarinya. Ketika ia melakukannya, dia menyukainya, dan keinginan timbul diantara mereka. Jadi mereka mulai berpencar memakannya. Setelah itu, cahaya badannya menghilang; lalu bulan dan matahari, siang dan malam, bulan dan pertengahan bulan, tahun dan musim, terjadi.


Sang Buddha menerangkan lebih lanjut, bahwa badan makhluk itu bertambah nyata setiap mereka makan, lalu timbul ciri-ciri seksual. Mengenai perubahan tersebut, Beliau berkata, berlangsung "pada kurun waktu yang sangat, sangat panjang".4 Saat ini, setiap ilmuwan pun, tak dapat tidak sependapat bahwa semua yang dijelaskan Sang Buddha adalah sama dengan temuan ilmiah tentang asal tata-surya tersebut. Temuan ilmiah dan Sang Buddha, keduanya sependapat, bahwa permukaan bumi pada masa awalnya tertutup oleh air. Pula, keduanya sependapat bahwa kehidupan pertama mengambang diatas permukaan air, dimana mereka menyerap sari makanan. Keduanya juga sependapat, bahwa bentuk kehidupan awal adalah aseksual (tak berjenis kelamin), pula keduanya sependapat bahwa bentuk kehidupan ber-evolusi, dari bentuk yang sederhana ke bentuk kehidupan yang lebih kompleks, dan bahwa proses itu berlangsung dalam waktu yang sangat panjang.

diambil dari sini..

hxxp://www.samaggi-phala.or.id/naskahdamma_dtl.php?id=67&multi=T&hal=0

Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Adhitthana on 12 June 2008, 11:47:37 PM
terlintas dalam pikiran ...........
diantara makhluk2 bercahaya ...... mungkinkah kita-kita ada diantara makhluk2 bercahaya itu??....
kalo demikian kita bole dikatakan setua, seumur dgb guru agung kita Sang Buddha, para arahat
Bedanya kita masih berada di roda samsara trus menerus......
 
waahh...... kita sudah tak terhitung berkalpa2 di samsara  :(


kehidupan alam binatang gimana?? ....... gak pernah baca terciptannya berbagai macam binatang
sapa yg pertama penghuni dialam-semesta , alam manusia ato alam binatang?

diilmu pengetahuan ..... binatang lebih dulu menghuni dibumi, bahkan kita kalah tua sama kecoa, capung, buaya .....  ;D


Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 13 June 2008, 12:25:34 AM
kalo gk salah..ada beberapa amoeba bisa bercahaya...
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Kokuzo on 13 June 2008, 12:56:04 AM
kalo dari asal muasal dunia, binatang dulu lah yang ngehuni bumi. manusia kan evolusi lanjutan dari mamalia... mamalia dari reptil. reptil dari ikan(makhluk air). makhluk air dari amuba... amuba dari plankton... plankton dari air... air dari...... (ujungnya dimana hayo ;D)
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: El Sol on 13 June 2008, 01:04:01 AM
air dari campuran oksigen dan karbondioksida...

dan bisa kecampur kalo gk salah dengan bantuan petir...
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Edward on 13 June 2008, 01:21:43 AM
WAO BELAJAR KALI SOLLL!! MIDTERM, EMANKADA SOAL TENTANG AWAL MULA MANUSIA???  :)) :)) :))
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: GandalfTheElder on 13 June 2008, 05:35:18 AM
Hadirnya Para Makhluk
Dalam Aganna Sutta disebutkan bahwa pada masa Kalpa Pembentukan, para makhluk yang ada masih tidak mempunyai jenis kelamin. Hal ini sangat cocok dengan ilmu pengetahuan yang mengatakan bahwa organisme sel tunggal yang aseksual muncul pertama kali sekitar 3.000.000.000 tahun yang lalu, dan masa tersebut sekali lagi, cocok dengan Buddhisme, karena 3 milyar tahun lalu berarti dalam masa Kalpa Pembentukan.

Menurut John Mrydhin Reynolds, dalam Abhidharmakosha dan Shikshasamuccaya disebutkan bahwa kehidupan di planet bumi ini sebenarnya berasal dari tata surya lain. Matahari di tata surya lain tersebut meledak (nova), menghancurkan planet-planet yang mengorbit padanya dan membinasakan makhluk-makhluk hidup di sana. Setelah makhluk-makluk hidup tersebut semuanya meninggal, mereka terlahir lagi di alam Abhasvara, Jhana ke-2, salah satu alam Rupadhatu. (memang dalam agama Buddha disebutkan bahwa menjelang kiamat, para makluk pada saat itu akan banyak berbuat kebajikan dan melatih meditasi, sehingga mampu mencapai Jhana-Jhana, dan umur mereka pun menjadi sangat panjang).

Dunia Air
Aganna Sutta menyebutkan bahwa bumi pada mulanya terdiri dari air. Abhidharmakosha juga menyebutkan bahwa hewan pertama kali berasal dari air kemudian berpindah ke darat dan udara. Kedua pandangan tersebut juga bersesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Evolusi Tumbuhan
Dalam Aganna Sutta juga disebutkan bahwa "tumbuhan" yang paling awal muncul adalah yang seperti cendawan (jamur) – (bhumipappatiko), kemudian tumbuhan menjalar(badalata) dan barulah padi (Sali). Hal ini juga sesuai dengan ilmu pengetahuan, yaitu jamur muncul 542-251 juta tahun yang lampau (Awal era Paleozoik) bahkan mungkin 1 milyar tahun yang lalu, kemudian tumbuhan menjalar muncul pada Akhir era Paleozoik dan era Mesozoik, 251-65 juta tahun yang lampau. Yang terakhir, padi muncul sekitar 4000-5000 SM. Olhe karena itulah urut-urutan munculnya tumbuhan di Aganna Sutta sangatlah tepat.

Evolusi Manusia
Yang jadi problem adalah, Homo sapiens (manusia sekarang ini) adanya mulai ratusan ribu tahun yang lampau, sedangkan Buddha-Buddha dalam Bhadrakalpa sepeti Krakucchanda, Kanakamuni dan Kasyapa semuanya muncul jutaan tahun yang lalu. Sampai sekarang tidak diketemukan Homo Sapiens muncul jutaan tahun yang lampau. Inilah problemnya.....

Namun dalam teks Buddhis Mani Kabum disebutkan asal muasal manusia yang lebih cocok dengan ilmu pengetahuan, ketimbang yang ada dalam Aganna Sutta. Teks Zamatok Mani Kabum "dikirimkan dari angkasa" oleh Yang Arya Avalokitesvara ke alam manusia dan diterima oleh Raja Lha Thothori Nyentsen (Raja Tibet ke-28) dan leluhur Raja Songtsan Gampo. Arya Avalokitesvara memberitahu Lhathothori bahwa setelah 5 generasi, akan ada orang yang mampu membaca dan menguraikan Mani Kabum. Kemudian Raja Lhathothori pun menyimpannya sebagai harta suci.

Mani Kabum adalah teks Buddhis pertama yang diterjemahkan dari bahasa India ke Tibet oleh Thonmi Sambhota, yang menemukan huruf-huruf Tibet. Alkisah Thonmi Sambhota dikirim ke India oleh Raja Songtsan Gampo untuk belajar 360 bahasa. Setelah kembali ke Tibet, ia mampu membaca dan menguraikan Mani Kabum yang muncul tiba-tiba dari angkasa. Teks Mani Kabum menggunakan bahasa Gubta Nagara, bahasa di daerah Himalaya.

Dalam teks Buddhis bernama  Ka Khol Ma, disebutkan bahwa pada awalnya di negara salju Tibet tidak ada manusia satupun. Negara salju Tibet hanya dihuni oleh binatang karnivora dan herbivora, serta berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Negara salju Tibet dibagi menjadi tiga yaitu teritori atas (pegunungan salju), tengah (hutan dan padang rumput) dan bawah (padang rumput, danau, kolam).

Pada waktu itu di Lankapuri, tanah para Yaksha, raja para Dewa Ramana dan Yaksha Lanka "10 leher" saling bertarung untuk mendapatkan Dewi Zidanma. Kera sakti yang bernama Hanumada, murid dari emanasi Avalokitesvara pergi menghadap Avalokitesvara di gunung Potala untuk melaporkan pertarungan tersebut. Sang Avalokitesvara berkata pada si kera, "Kera. Apakah engkau memiliki kemampuan untuk bermeditasi di pegunungan batu bersalju di utara? Kera tersebut menjawab: "Saya nmemiliki kemampuan untuk bermeditasi di pegubnungan batu bersalju Tibet." Karena sang kera menjawab demikian, Avalokitesvara Yang Maha Welas asih mengajarkan si kera bagaimana bermeditasi untuk melenyapkan penderitaan, memberinya Sila untuk umat awam, memberikan instruksi Dharma yang luas dan menamainya sebagai Bodhisattva Kera. Kemudian Avalokitesvara mengirimnya ke pegunungan bersalju di utara. Setelah itu, Sang Bodhisattva Kera bermeditasi di sana.

Sejara ajaib, Bodhisattva Kera sampai di bagian utara Tibet yang bersalju dan bermeditasi di sebuah goa di tengah jurang atau ngarai yang curam. Seorang Yakshini datang menyamar menjadi kera dan datang menunjukkan alat kelaminnya pada Sang Bodhisattva Kera. Iblis wanita tersebut melempartkan dirinya ke tanah dan berposisi penuh nafsu, kemudian tak lama kemudian pergi. Iblis tersebut berkelakuan demikian selama 7 hari, tetapi Sang Bodhisattva Kera, yang sedang bermeditasi melenyapkan penderitaan, pikirannya tidak bergeming terhadap nafsu sang iblis. Pada hari kedelapan, sang iblis mengambil wujud wanita yang sangat cantik dan anggun, datang kepada Sang Bodhisattva Kera. Sang Bodhisattva kera melihat pertunjukan organ seksualnya dan melihatnya melepmparkan diri ke tanah dan berada dalam posisi penuh nafsu. Meditasinya pun goyah dan terganggu, seperti angina yang berhembus melalui retakan di dinding. Dalam pikiran Sang Bodhisttva Kera muncul kehendak untuk mengontrol sang iblis, namun tetap tidak melakukan apa-apa. Iblis wanita tersebut berkata: "Marilah kita menikah, engkau dan aku". Bodhisattva kera menjawab, "Aku adalah pengikut Avalokitesvara Aryapalo Yang Maha Welas Asih, menikah tidaklah diizinkan bagiku." Wanita cantik emanasi dari iblis tersebut berkata, "Oleh karena itulah aku marah kepadamu dan aku akan mati di sini, terlahir berulang kali di tiga alam apaya." Bodhisattva kera berpikir, "Jika aku menikah dengannya, maka aku akan melanggar ikrarku. Namun kalau tidak kulakukan, maka ia akan jatuh ke tiga alam sengsara, ini sungguh merupakan karma buruk". Kemudian, sadar bahwa hal ini bukanlah merupakan sikap seorang Bodhisattva, maka Sang Bodhisattva kera mengembangkan welas asih dan walaupun ia memandang mata sang iblis wanita sepanjang hari, ia tidak tahu apa yang harus dilakukannya.

Maka dari itu, si iblis berusaha menggoda Bodhisattva kera untuk berhubungan dengannya dengan mulai cara halus sampai cara yang kasar. Dan juga:

Bodhisattva kera berpikir bahwa sekarang ia akan bertanya kepada Avalokitesvara Aryapalo Yang Maha Welas Asih dan secara ajaib adatng ke gunung Potala, dan setibanya di sana, ia berbicara pada Aryapalo Yang Maha Welas Asih dengan cara: "Aryapalo Yang Maha Mulia, saya telah pergi  ke daerah bersalju dan bermeditasi di goa di tengah ngarai yang curam, namun seorang iblis wanita muncul di depanku dan berkata, "Marilah kita menikah, engkau dan aku". Saya ingin bertanya, "Apakah hal tersebut diperkenankan?" Aryapalo Yang Maha Mulia menjawab, "Menikahlah kalau begitu!" dan beliau memberikan tiga hadiah pada Bodhisattva kera. Avalokitesvara juga memberikan 5 macam beras dan berkah sehingga harta yang berharga dapat ditemukan. Kemudian Avalokitesvara berkata, "Bodhisattva Kera, kelak anak-anakmu dan cucu-cucumu akan menjadi para Buddha." Dewi Tara yang duduk di depannya juga berkata, "Semoga demikianlah adanya!"

Maka dari itulah Bodhisattva kera mendapatkan perintah dari Avalokitesvara Yang Maha Welas Asih dan Tara Yang Maha Mulia. Dan juga:

Bodhisattva Kera, takut kalau si iblis wanita akan meninggal, dengan segera kembali ke goa di Tibet tersebut dengan sihir (siddhi) dan menikahinya sesuai yang dijanjikan. Pada bulan kesepuluh, iblis wanita tersebut melahirkan seorang anak laki-laki, namun tidak mirip dengan ayahnya maupun ibunya, putra mereka tersebut tidak memiliki bulu di tubuhnya dan tidak memiliki buntut. Wajahnya merah dan makanan dan minumannya adalah daging merah dan darah hangat. Setelah melahirkan, iblis wanita tersebut kelaparan dan agar anaknya mendapatkan makanan, maka sang ayah (Bodhisattva Kera) membawanya ke komunitas para monyet yang hidup di hutan burung. Selama bertahun-tahun Bodhisattva kera memikirkan anaknya, "Apa yang dilakukan putraku?" Kemudian Bodhisattva Kera masuk ke hutan tersebut dan dilihatnya para monyet wanita telah melahirkan 400 anak. Ke-400 anak tersebut tidak mirip dengan kakeknya (Bodhisattva Kera) pun tidak mirip dengan ayahnya (anak Bodhisattva Kera dan Iblis wanita) maupun ibunya (para monyet wanita). Mereka tidak memiliki bulu maupun buntut, wajah mereka merah. Mereka tidak dapat keluar dari hutan dan dalam keadaan sekarat. Kakek Bodhisattva Kera merasakan welas asih kepada mereka dan mengumpulkan buah-buahan untuk dijadikan makanan mereka.

Avalokitesvara Yang Maha Mulia dan Maha Welas Asih berkata, "Bodhisattva Kera, bagilah makanan ini pada anakmu, cucumu dan cicitmu. Ambillah!" dan dengan mengatakan hal ini, Avalokitesvara melemparkan 5 macam biji-bijian yaitu gerst, gandum, beras, kacang dan miju-miju. Bodhisattva Kera, dengan membawa 5 macam biji-bijian, memandang kea rah pegunugan salju Tibet. Yang Maha Mulia (Avalokitesvara) memegang segenggam serbuk emas dan berkata: "Bodhisattva Kera, yang terburuk dari yang terburuk, anak-anakmu, cucu-cucu dan cicit-cicitmu akan mencari penghidupan dengan emas berharga, dan karena ini, terkadang satu persatu dari mereka akan secara tiba-tiba mencapai tingkat Bodhisattva. Hal tersebut menunjukkan sejarah awal mulanya pertanian di Tibet.

Kemudian Bodhisattva Kera pergi ke hutan burung di mana ia merawat anak-anak dan cucu-cucunya serta menginstruksikan mereka selama 3 bulan musim panas, bagaimana caranya menanam 5 macam biji-bijian dan menggunakan segenggam emas. 5 macam biji-bijian kemudian dengan segera matang dan tumbuh. Bodhisattva kera berkata pada anak-anak dan cucu-cucunya: "Anak-anakku dan cucu-cucuku, Avalokitesvara Aryapalo Yang Maha Mulia dan Welas Asih memberikan makanan ini untuk dibagi. Makanlah!" Empat ratus anak dan cucu Sang Bodhisattva Kera sangat bergembira. Maka penduduk di situ pada awalnya disebut Yarlungs Zothang. Maka sejak mereka makan, mereka menemukan jagung dan semacamnua adalah sesuatu yang enak, mereka menghitung jumlah biji-bijian yang tumbuh dan melihat bahwa ada ribuan dan ribuan biji. Oleh karena itulah tempat ini disebut Yarlung Tsesdang. Mereka juga memakan batang biji-bijian dan mereka pun menjadi kenyang dan mulai berpindah tempat (bermigrasi keluar dari hutan). Oleh karena itulah tempat tersebut dinamakan Yarlungs OlkhaGyugthang.

Namun kemudian, di antara anak-anak sang Bodhisattva Kera terjadi perselisihan, mereka saling takut satu sama lain dan kemudian merekapun terpecah menjadi 4 kelompok. Bodhisattva Kera kemudian mengadakan investigasi pada anak-anaknya, cucu-cucunya dan cicit-cicitnya dan menemukan bahwa 1 kelompok mempunyai hidung yang dalam sehingga dinamakan Klan Dong (18 Klan Besar). Kelompok selanjutnya memiliki pipi yang kurus dan ia menamainya klan Tong (Klan 4 Tuan dan 8 pelayan). Kelompok selanjutnya lagi memiliki rambut abu-abu dan dinamakan Klan Se (Klan 9 Mata). Kelompok terakhir memiliki bibiur dan hidung gelap sehingga dinamai Klan Mu (Klan 8 Warna Gelap). Dong, Tong, Se dan Mu adalah 4 Silsilah Asal, mereka adalah para masyarakat awal Tibet.

Beberapa teks Tibetan mengatakan bahwa perkawinan antara Bodhisattva Kera dan Iblis wanita berlangsung setelah Parinirvana Sang Buddha, yang berarti 2500 tahun lalu. Ini sangat tidak masuk akal apabila disejajarkan dengan teori evolusi, karena evolusi membutuhkan waktu ratusan ribu tahun sedangkan perubahan evolusi pada kisah Bodhisattva kera hanyalah 2500 tahun? Namun ini tak jadi soal, karena yang sebenarnya terjadi adalah kesalahan interpretasi terhadap kisah Bodhisattva Kera.

Kisah sebenarnya adalah :
Ketika Sang Buddha masih hidup di India, cahaya memancar menuju arah utara dari dahi Yang Terberkahi. Ketika Avalokitesvara dan beberapa Bodhisattva di Bodhgaya bertanya mengapa, Sang Buddha meramalkan : "Di masa depan sebuah dunia akan muncul di air kering di pegunungan salju utara. Di sana, generasi dari pernikahan antara Bodhisattva kera dan Iblis Wanita (pada zaman lampau)yang merupakan emanasi dari engkau, Avalokitesvara dan Tara, perlahan-lahan akan menyebar. Mereka akan menjadi makhluk hidup di dunia tersebut. Ketika kondisi dunia dan makhluk hidup yang sesuai telah dicapai, maka Buddha Dharma akan tumbuh berkembang di sana."

Jadi jelas ketika Sang Buddha meramalkan hal tersebut adalah jauh sesudah perkawinan Bodhisattva Kera dan Iblis Wanita. Dengan demikian evolusi manusia pada kisah tersebut terjadi sebelum Sang Buddha Sakyamuni hadir di dunia Jambudvipa ini. Maka dari itu tidak bertentangan dengan ilmu pengetahuan. Sang Buddha hanya meramalkan tersebarnya penduduk Tibet dan tumbuh kembangnya Buddha Dharma di Tibet, BUKAN meramalkan bahwa emanasi Avalokitesvara dan tara yaitu Bodhisattva kera dan Iblis Wanita akan saling menikah. Karena pernikahan tersebut telah terjadi jauh sebelum Sang Buddha Sakyamuni hadir di dunia ini.

Kisah Singkat Asal Mula Manusia Dalam Versi Yg Lebih Singkat
Pada zaman dahulu kala, masa yang sangat lama, Avalokitesvara mengirim seorang dewa untuk bereinkarnasi menjadi seorang kera untuk mempraktekkan ajaran Buddha. Ketika ia berhasil dalam menjalankan ajaran Buddhis, seorang dewi iblis batu yang tinggal di daerah tersebut mengajaknya menikah. Kera tersebut menjawab: "Aku adalah umat Buddhis emanasi dari Avalokitesvara. Apabila aku menjadi suamimu, maka aku akan menghancurkan ikraku." Lalu dewi iblis batu tersebut berkata, "Apabila kamu menolak untuk menjadi suamiku, maka aku akan mati di depanmu." Ia mengatakannya sambil berbaring di depan si kera.

Oh! Raja keraku
Tolonglah dengar kata-kataku
Aku bereinkarnasi menjadi iblis karena karma
Dan aku hanya mencintaimu
Karena cinta aku memohon padamu
Bila aku tak menikah denganmu
Aku akan mengikut para iblis di masa depan
Menyakiti berjuta-juta makhluk hidup setiap harinya
Memakan ribuan makhluk hidup tiap malam
Dan melahirkan iblis-iblis muda yang jumlahnya tak terhingga
Memenuhi Negara salju ini,
Membuatnya menjadi kota iblis
Dan para iblis akan memakan setiap makhluk hidup
Oleh karena itu berikanlah belas kasihanmu padaku.


Kera tersebut bertanya pada Avalokitesvara untuk petunjuk. Avalokitesvara menyetujuinya dan kera tersebut menikah dengan dewi iblis batu tersebut dan melahirkan enam kera muda. Mereka bereinkarnasi ke tubuh baru enam kali.

Kera muda yang terlahir dari neraka mempunyai muka yang gelap. Kera muda yang terlahir dari alam hantu kelaparan, sangat serakah terhadap makanan dan minuman, sehingga mempunyai muka yang sangat jelek. Kera muda yang terlahir dari peternakan, sangat bodoh dan malas serta emosi yang berlebihan. Kera muda yang terlahir dari alam ini berpengetahuan dan teliti. Kera muda yang terlahir dari alam asura sangat sehat dan kuat, namun mudah iri atau cemburu. Kera muda yang terakhir terlahir dari alam surga para dewa bersifat bijaksana, cerdas dan emosinya stabil.

Keenam kera tersebut dikirim ayahnya ke sebuah daerah bernama Niaojiling yang kaya akan buah-buahan. 3 tahun kemudian, ayah mereka datang melihat mereka dan menemukan bahwa jumlah kera muda berjumlah 500, buah-buahan di pohon-pohon sudah habis dimakan. Tidak ada makanan bagi mereka dan keadaan mereka sangat menyedihkan.

Ayah keenam kera tersebut meminta pertolongan Avalokitesvara. Avalokitesvara lalu bangkit dari tahta-Nya dan mengambil dari retakan Gunung Sumeru lima macam biji-bijian, yaitu: gandum qingke, gandum, kacang, soba dan benih gandum bir, menebarkannya ke bumi dan berkembang biak menjadi tanaman biji-bijian. Avalokitesvara terakhir menambahkan padanya, "Bantulah dirimu sendiri!?"

Kera-kera tersebut kenyang dengan biji-bijian tersebut. Rambut badan mereka semakin pendek dan tulang buntut (ekor) mereka juga semakin pendek dan secara bertahap belajar menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dan akhirnya menjadi manusia. Orang-orang Tibet percaya bahwa mereka adalah keturunan dari kera dan dewi iblis batu tersebut. Yang oleh Dalai lama ke-5, kera tersebut dianggap sebagai emanasi Avalokitesvara Bodhisattva dan dewi iblis batu adalah emanasi Tara Bodhisattva.

Terdapat fosil wajah-wajah kera di sisa peninggalan Neolitik di Desa Lhasa Gongqu. Masyarakat Tibet percaya bahwa penemuan tersebut berasal dari periode kera yang kemudian berlanjut ke periode di mana muncul makhluk Masang dengan kedelapan saudaranya yaitu setan malam, iblis, monster, naga, dewa pujian, dewa surga, dewa pohon,  dan hantu (mungkin yang dimaksud adalah Lha(deva), Ging (Peri gandharva/Apsara), Sadag(jin, asura), Mara, Tsen(dewa bumi), Nyen (Iblis rakshasa/elemental), Mamo(yaksha/ogre) dan Lu (naga)), yaitu era para makhluk-makhluk "ajaib". Lama kemudian, era manusia dimulai. Ada 4 klan utama, yaitu Ser, Mo, Tung, dan Tong yang kemudian terbagi menjadi enam kelompok suku. Kemudian untuk selanjutnya populasi rakyat Tibet semakin banyak.

Yang menarik dengan cerita di atas adalah miripnya dengan TEORI EVOLUSI!! Bahkan lebih mirip ketimbang Aganna Sutta. Yaitu dari manusia kera (manusia purba) berevolusi menjadi manusia (Homo sapiens). Proses perubahan oleh karena makanan dalam legenda kera di atas mirip juga dengan evolusi para makhluk alam Abhassara yang juga karena makanan.

Untuk periode makhluk-makhluk "ajaib", ini sangat umum dimiliki pula oleh legenda-legenda Negara lain, baik di Asia maupun Eropa.

Dalam legenda tersebut juga dideskripsikan pola hidup manusia purba yang dari mengumpulkan makanan sampai ke masa memproduksi makanan sendiri. Hal ini sesuai sejarah yang ditawarkan oleh ilmu pengetahuan. Termasuk dewi batu karang menyimbolkan Matriarki, yang seperti ada dalam legenda-legenda bangsa lain, di mana wanita sangat berperan. Dan lama-lama dari Matriark berubah menjadi Patriark (pria yang lebih berperan).


_/\_
The Siddha Wanderer
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Edward on 13 June 2008, 06:11:18 AM
Waw..Nice article....
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: ryu on 13 June 2008, 06:48:46 AM
Jadi banyak versi nih, mending milih adam dan hawa deh.
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: tesla on 13 June 2008, 09:10:10 AM
well, saya sendiri sudah melihat bahwa ilmu pengetahuan sendiri dapat berubah.

jadi lebih baik saya tidak membanding2kan yg dijelaskan Buddha dg ilmu pengetahuan.
dulu manusia berpendapat bumi ini datar, kemudian berubah menjadi bulat seperti bola.
dulu manusia berpendapat bumi pusat tata surya, sekarang jadi matahari.

tidak tertutup kemungkinan besok berubah lagi...

lebih baik saya tidak meragukan Buddha Dharma dg membanding2kan pada ilmu pengetahuan yg terus berubah. :)
sekarang kita ada kesempatan ber-koar2 Buddha Dharma sesuai ilmu pengetahuan bla bla bla... agama lain dodol...
tetapi ketika ilmu pengetahuan menyatakan hal yg berbeda lagi, kita lagi yg dipermalukan :))

ingat ajaran Buddha
sabbe sankhara anicca
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Dhyanaputra on 13 June 2008, 09:26:53 AM
sabbe sankara anicca... bahkan "dharma" itu sendiri bisa berubah :)
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Edward on 13 June 2008, 09:31:25 AM
anicca bukannya baerti tidak kekal, yang artinya bisa musnah?Tapi esensi dhamma kan tetap ???
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Kokuzo on 13 June 2008, 10:18:42 AM
Quote from: Dhyanaputra on 13 June 2008, 09:26:53 AM
sabbe sankara anicca... bahkan "dharma" itu sendiri bisa berubah :)

wah, pendapat sesepuh gimana?
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: gajeboh angek on 13 June 2008, 10:24:14 AM
Temen saya namanya Dharma, dia berubah loh, dari bayi sampai sekarang besar.

Dharma sebagai Ajaran Sang Buddha, berubah juga loh, makanya ada banyak aliran ...
Konon suatu saat Ajaran ini akan hilang juga.

Tapi kebenaran seperti ada sebab maka ada akibat, saya gak yakin ini akan berubah.

Perbedaan istilah aja kalih ya?
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: nyanadhana on 13 June 2008, 10:32:24 AM
tul tul bro Karuna,

maksudnya Dhamma itu bisa berubah2 memang ada niyama yang mengatur dan berubah2 itu karena pada saat kejadian tertentu, hukum itu baru di apply. sama seperti soal Global Warming dan begitu banyak bencana terjadi. itu karena manusia yang mentrigger kejadian itu sehingga Niyama akan merespon dengan berbagai gejolak di muka bumi ini. tetep aja balik lagi ke hukum sebab akibat yang tidak bisa diganggu gugat.

karena kita belum tahu , baru tahu , belum ngalamin dan baru ngalamin, maka kita mengenal Dhamma itu berubah2 namun Dhamma itu sudah tetap dari awalnya. sama seperti ketika Buddha menggariskan Vinaya setelah ada kejadian-kejadian yang mentrigger(memicu).
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Dhyanaputra on 13 June 2008, 10:33:56 AM
[at]  Saudaraku Edward & Karuna Murti;

Jadi, ada "sesuatu" di semesta ini yg tidak dapat berubah / bisa dibilang "kekal" ??
yaitu "ESENSI DHARMA" dan "KEBENARAN" yg anda rujuk itu?

jadi sabbe sankara anicca perlu batasan? :)

mohon bimbingannya..

_/\_
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Edward on 13 June 2008, 10:41:40 AM
IMO, dhamma bukannya tidak dapat musnah, justru dhamma bisa musnah.Tapi 'tetap' di sini sih menurut saya masih dapat musnah, tapi kaga berubah saja..
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: gajeboh angek on 13 June 2008, 10:45:54 AM
Yang dikatakan adalah :
Quotesabbe sankhara dukkha, sabbe sankhara anicca, sabbe dhamma anatta
Ini yang salah :
Quotesabbe dhamma dukkha, sabbe dhamma anicca, sabbe dhamma anatta


Yang dikatakan adalah "yang berkondisi tidak kekal", ini yang salah : "semuanya tidak kekal"
Ada loh yang tidak berkondisi ...
Hayo coba cari contohnya ...
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: tesla on 13 June 2008, 10:55:00 AM
dalam kata
sabbe dhamma anatta

dhamma ini tidak merujuk pada ajaran (termasuk Buddha), konsep, ilmu pengetahuan, dll...
hehehe...
menurut saya dhamma ini merujuk pada sesuatu yg diluar dunia :)

Buddha Dhamma sendiri menurut saya adalah sarana menuju ke dhamma yg dimaksud oleh Buddha.
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Dhyanaputra on 13 June 2008, 11:06:02 AM
Quote from: tesla on 13 June 2008, 10:55:00 AM
dalam kata
sabbe dhamma anatta

dhamma ini tidak merujuk pada ajaran (termasuk Buddha), konsep, ilmu pengetahuan, dll...
hehehe...
menurut saya dhamma ini merujuk pada sesuatu yg diluar dunia :)

Buddha Dhamma sendiri menurut saya adalah sarana menuju ke dhamma yg dimaksud oleh Buddha.
Hmm.. jadi inget kata2 Tio Sam Hong kepada Tio Bu Kie...
"pelajari semuanya, lalu lupakan semuanya..." :):):)
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Kokuzo on 13 June 2008, 11:08:23 AM
oic... ;D

Tengkyu sesepuh...
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: williamhalim on 13 June 2008, 12:44:23 PM
Penjelasan teoritisnya:

Sabbe Sankhara Dukkha <--- semua yg berkondisi tidaklah memuaskan
Sabbe Sankhara Anicca <--- semua yg berkondisi tidaklah kekal
Sabbe Dhamma Anatta <--- semua yg berkondisi dan tidak berkondisi*) tidak mempunyai kepemilikan/tidak mempunyai inti

*) yg tidak berkondisi adalah: Nibbana.
Jadi yg no.1 dan 2 merujuk kepada semua hal kecuali Nibbana
Dan yg nomor 3 merujuk semua hal tanpa kecuali (= Nibbana juga Anatta)

::
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Lily W on 13 June 2008, 01:54:38 PM
Quote from: El Sol on 12 June 2008, 07:32:40 PM
oh ngerti deh maksudne...

sebenarnya kosong itu...berkondisi..<--setelah berpikir2 lage..

karena tempat kosong bisa diisi..

nah itu deh~~

Nah...kalo berkondisi adalah anicca (tidak kekal).. ;D

_/\_ :lotus:
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Lily W on 13 June 2008, 02:33:09 PM
Quote from: willibordus on 13 June 2008, 12:44:23 PM
Penjelasan teoritisnya:
Sabbe Sankhara Dukkha <--- semua yg berkondisi tidaklah memuaskan
Sabbe Sankhara Anicca <--- semua yg berkondisi tidaklah kekal
Sabbe Dhamma Anatta <--- semua yg berkondisi dan tidak berkondisi*) tidak mempunyai kepemilikan/tidak mempunyai inti

*) yg tidak berkondisi adalah: Nibbana.
Jadi yg no.1 dan 2 merujuk kepada semua hal kecuali Nibbana
Dan yg nomor 3 merujuk semua hal tanpa kecuali (= Nibbana juga Anatta)
::

Jadi  tilakhana (3 sifat universal) itu yaitu :
1. Sabbe Sankhara Anicca
2. Sabbe Sankhara Dukkha
3. Sabbe Dhamma Anatta

Sabbe Dhamma Anatta (semua Dhamma adalah tanpa kepemilikan). Dhamma di situ terdiri dari
~ Sankhata (berkondisi) : Anicca, dukkha
~ Asankhata (tidak berkondisi) : Nicca, adukkha

Tilakhana --> mencakup makhluk hidup dan juga bukan makhluk hidup/benda mati.
Contoh :
Pulpen (benda mati)... karena isi pulpen itu bisa habis (tidak kekal/anicca) maka tidak memuaskan (dukkha) bagi kita. Karena anicca & dukkha itu maka itu udah pasti anatta.
Jadi Anicca, Dukkha & Anatta adalah setali 3 uang

_/\_ :lotus:
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Riky_dave on 13 June 2008, 02:34:21 PM
_/\_
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: MiZu_chang on 13 June 2008, 02:37:09 PM
Lalu, apKh yg Anatta juga pasti mengAndung unsur2 DukKha n Anicca ?
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Lily W on 13 June 2008, 02:42:17 PM
Coba perhatikan ini :
Sabbe Dhamma Anatta (semua Dhamma adalah tanpa kepemilikan). Dhamma di situ terdiri dari
~ Sankhata (berkondisi) : Anicca, dukkha
~ Asankhata (tidak berkondisi) : Nicca, adukkha

Sifat tilakhana adalah segala sesuatu yang muncul padam itu adalah Anicca & Dukkha dan itu sudah pasti Anatta.

Jadi Anicca, Dukkha & Anatta adalah setali 3 uang

Dalam Konteks Tilakhana :
Dukkha adalah Anicca..... seperti keping uang yang sama
Makanya dukkha di tilakhana tidak bisa di sebut penderitaan. Dukkha di dalam tilakhana di sebut tidak memuaskan.

_/\_ :lotus:
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: MiZu_chang on 13 June 2008, 02:57:41 PM
Jadi, Yang d ktkan willi tu ga bnar !!!

Bahwa, nibbana msh meNgAndung unsur2 anatta ?
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Lily W on 13 June 2008, 03:07:39 PM
Apa yang di katakan Bro Willi adalah benar.

Nibbana termasuk Asankhata (tidak berkondisi).
Asankhata termasuk Sabbe Dhamma Anatta.

Semoga bisa jelas ya... ;D

_/\_ :lotus:
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Edward on 13 June 2008, 03:12:24 PM
Dan dengan santai karen toopik yang dibahas cukup hangat, kita rasanya sudah  :outoftopic: neh... ;D
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: MiZu_chang on 13 June 2008, 03:16:45 PM
Jadi, nibbana juga anatta ?


KlO hkm Tillakhana adlh "Setali 3 uang"
Brarti d Nibbana msh trdpt Dukkha ?
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Sumedho on 13 June 2008, 03:20:25 PM
Tunggu dulu nih,

nibbana -> anatta

karena tilakhana (ada anatta dan dukkha)

maka nibbana itu ada dukkha.

Bukan begitu cara pikirnya sis :)
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Riky_dave on 13 June 2008, 03:31:03 PM
[at]atas
Sis?

Salam,
Riky
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Sumedho on 13 June 2008, 03:33:07 PM
sis = sista = sister = ncik = cici
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Riky_dave on 13 June 2008, 03:36:23 PM
Ditujukan kepada saudara?

Salam,
Riky
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Edward on 13 June 2008, 03:39:55 PM
MiZu_chang
Baru bergabung
*

Reputasi: 1
[Baik] [Buruk]
Online Online

Gender: Male
Posts: 12

Bro, cowo lho dy.....
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: MiZu_chang on 13 June 2008, 03:42:52 PM
Prhtian Untuk Sumedo → MiZu chang = Male
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Riky_dave on 13 June 2008, 03:44:04 PM
Makanya aye bingung...Kok dipanggil sis terus?
=))=))=))=))=))=))
Yang kena panggil juga diam aja dari tadi...
Pingin transgender ya?=))=))=))=))=))=))

Salam,
Riky
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Riky_dave on 13 June 2008, 03:44:44 PM
Quote from: MiZu_chang on 13 June 2008, 03:42:52 PM
Prhtian Untuk Sumedo → MiZu chang = Male

Akhirnya Datang JuGa...=))=))=))=))=))=))
Hajar............

Salam,
Riky
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Sumedho on 13 June 2008, 03:46:43 PM
maap maap  ^:)^
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Riky_dave on 13 June 2008, 03:47:13 PM
Quote from: Sumedho on 13 June 2008, 03:46:43 PM
maap maap  ^:)^

=))=))=))=))=))=))=))
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Riky_dave on 13 June 2008, 03:47:42 PM
Quote from: Sumedho on 13 June 2008, 03:33:07 PM
sis = sista = sister = ncik = cici

Padahal udah dijelasin panjang lebar....=))=))=))=))
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Dhyanaputra on 13 June 2008, 04:35:13 PM
Kok lama2 kayak Psikotest uji integent quotation (IQ) yah? :)):)):))

utak atik kata pake logika bolak balik ini maka itu sebab demikian jadi begitu..... :))
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Kokuzo on 13 June 2008, 06:59:23 PM
Nicknya Mizu seh... Agak2 cute gitu loh...

Balik ke topik... rantai sebab akibat itu kalo diibaratkan sebenarnya berbentuk seperti :
0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,0 (nol pertama dan terakhir adalah sama) jadi bisa dibilang lingkaran...
atau .......-5,-4,-3,-2,-1,0,1,2,3,4,5 (tak berawal tak berujung)...

Pernah ditanya umat theis soalnya ;D
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Riky_dave on 13 June 2008, 07:22:35 PM
_/\_
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: hate_do on 12 November 2008, 02:25:52 AM
Coba baca di http://www.mahavihara-mojopahit.or.id/edisi.php?edisi=tigapuluhenam
kemudian baca juga buku komik "Peradaban" jilid 1 karya Larry Gonnick..(dapat dibeli di toko buku gramedia terdekat.. 60rb kalo ga salah, hehe)
Setelah membaca, ambillah kesimpulan sendiri  :)

Pemahaman saya, ada relevansi antara keduanya (bermula dari air).. hanya saja satu dari segi agamawi (lbh sederhana dan terkesan seperti kisah dongeng jika tidak dipahami dengan benar)--> cocok dgn zaman tersebut, satu lagi dari segi ilmiahwi (lebih kompleks dan lebih bisa diterima dengan teori sel2, teori evolusi, teori senyawa kimiawi, dll)--> cocok dgn zaman sekarang

Coba bayangkan jika Sang Tathagatha menjelaskan kepada siswa2NYA: "Oh.. Avuso.. Bahwa sel2 tunggal berevolusi menjadi sel2 yg lebih kompleks karena terjadi ikatan senyawa kimia dengan oksigen/O2, dan seterusnya bla.. bla..bla.. ;D Ato bahwa gas hidrogen/H jika dicampur dengan oksigen/O2 jadilah air/H2O.. Dijamin banyak siswaNYA yang harus minum panadol utk menghilangkan pening di kepala ;D

Terlepas dari itu semua, Sang Tathagatha pernah berkata, "Oh, Avuso... Ketahuilah terdapat 4 hal yang tidak bisa dijelaskan di semesta ini sejak dari masa Buddha Pertama sampai sekarang. Apa sajakah itu? Yaitu pertama, Awal dari Segala Awal... kedua, Kemampuan gaib/abhinna seorang Buddha... ketiga, proses kerja hukum karma/sebab akibat... keempat, mm.. saya sudah lupa (bukan Sang Tathagatha lupa, tapi saya sendiri.. hehe, tp kalo tidak salah ttg Nibbana)." Lebih lanjut Sang Tathagatha berkata, "Jika bisa dijelaskan sekalipun... tidak akan bisa diterima/dinalar oleh akal/otak manusia karena keterbatasannya."

Berikutnya coba simak salah satu perkataan Sang Tathagatha lebih kurang 2500 thn lalu:
"Oh, Avuso... Bahwa dengan memiliki pengetahuan yang banyak, memiliki pengetahuan luas, mempunyai kemampuan gaib, dan sebagainya tidak akan menjadikan seseorang  itu suci. Avuso.. hanya dengan tekad kuat, disiplin, berlatih keras melenyapkan nafsu keinginan, menaklukan dan mengendalikan (pikiran) diri sendirilah yang bisa membuat seseorang menjadi suci, berikutnya mencapai dan mengalami keadaan yang tidak berkondisi/Nibbana."

Juga ada satu percakapan menarik antara Sang Tathagatha dengan beberapa siswaNYA yang terus bertanya ingin mengetahui jawaban misteri alam semesta ini.
" Begini Avuso, jika kalian berjalan di hutan lalu tidak sengaja terkena panah beracun kesasar... adalah lebih baik bagi kalian bertindak bagaimana, mencari tahu dari mana asal panah tersebut, siapa yang memanahkannya, jenis racun apa yang dioleskan di panah tersebut, lebih dulu... atau pergi mengobati luka kalian lebih dulu?"
" Tentu saja mengobati luka lebih dulu, oh.. Tathagatha", jawab siswa2NYA
" Benar, Avuso... jika kalian mencari tahu lebih dulu dari mana asal panah tersebut, siapa yang memanah kalian, jenis racun apa yang dipakai.. maka kemungkinan besar kalian akan meninggal lebih dulu akibat reaksi racun dalam tubuh tanpa bisa mengetahui dari mana asal panah tersebut, dan selanjutnya. Jika kalian mengobati luka lebih dulu, maka tidak pernah akan terlambat bagi kalian setelah sembuh untuk mengetahui dari mana panah tersebut, jenis racun apa yang dipakai, dan seterusnya... Begitu juga dengan pertanyaan2 kalian yang ingin mengetahui dari mana semuanya ini berasal/berawal, jika terus2an mencari jawabannya maka dikhawatirkan akan meninggal lebih dulu sebelum menemukan jawabannya, mengingat usia manusia itu terbatas. Lebih baik berlatih diri hingga mencapai pencerahan.. sampai saat itu tiba tidak usah Tathagatha jelaskan kalian juga sudah bisa mengetahui dan memahami semuanya."
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: markosprawira on 12 November 2008, 09:31:26 AM
dear hate,

mgkn perlu kembali diperjelas, bhw contoh dari buku dan asal dari air itu adalah asal muasal manusia di bumi ini...

sementara yg ditanyakan adalah asal mula manusia di alam semesta...... ini yg ga bisa dicerna oleh otak manusia biasa
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: hate_do on 12 November 2008, 08:24:35 PM
Sebab Pertama/Awal dari Segala Awal menurut para Buddha adalah salah satu dari 4 hal yg tidak bisa dijelaskan. Mungkin begitu juga halnya dengan pertanyaan asal mula manusia di alam semesta..

Seorang Upasaka bijaksana dan kaya raya di jaman Buddha Sakyamuni, Anathapindika, pernah ditanya tentang asal mula alam semesta, alam semesta terbatas atau tidak, dll yang sejenisnya.. Beliau mengatakan bahwa semuanya itu adalah suatu pandangan (konsep/ide/teori) yang mana kita ketahui bahwa konsep/ide/teori itu sendiri hanya bisa ada (keberadaannya tergantung pada) pikiran ini.... sedangkan keberadaan pikiran ini sendiri juga tergantung pada hal-hal lainnya (bisa dipelajari di Paticcasamupada)...inilah yang perlu disadari dari hukum sebab akibat ini. Semua yang bersifat tergantung pada hal lain adalah tidak kekal dan merupakan sumber penderitaan.

Berarti pikiran adalah sebagai pelopor terbentuknya ide-ide. Terbentuknya badan, pikiran, beserta unsur batiniah lainnya adalah tergantung pada kesadaran awal... munculnya kesadaran awal ini tergantung pada ketidakpahaman terhadap Dhamma.  Singkatnya, awal mulanya adalah ketidakpahaman terhadap Dhamma. Oleh karena ketidakpahaman ini, maka makhluk akan terus menerus bertumimba lahir, bila ketidakpahaman ini lenyap, maka lenyap jugalah kelahiran kembali... yg berarti tidak ada lagi manusia/makhluk-makhluk, yang juga berarti tidak ada lagi pertanyaan-pertanyaan "dari mana asal mula ini.. asal mula itu  ;D dan sebagainya."

Mungkin jawaban paling sederhana dan memuaskan dari semua pertanyaan tentang asal mula manusia di alam semesta, asal mula alam semesta, dsb.. adalah asalnya dari pikiran. Jika tidak ada 'pikiran' maka tidak mungkin akan ada pertanyaan2 tersebut.
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: JJ Lee_ on 12 November 2008, 08:30:06 PM
Quote from: El Sol on 12 June 2008, 02:26:43 PM
manusia evolusi dari nenek moyang monyet..dan nenek moyang monyet berasal dari binatang air...dan binatang air berasal dari amoeba..dan amoeba berasal dari air..

ngerti?

=)) =)) =))
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: FZ on 12 November 2008, 08:33:22 PM
Quote from: JJ Lee_ on 12 November 2008, 08:30:06 PM
Quote from: El Sol on 12 June 2008, 02:26:43 PM
manusia evolusi dari nenek moyang monyet..dan nenek moyang monyet berasal dari binatang air...dan binatang air berasal dari amoeba..dan amoeba berasal dari air..

ngerti?

=)) =)) =))
tambah sedikit.. reaksi pembentukan protozoa berawal dari pembentukan asam amino terlebih dahulu.. yang dijuga dibentuk dari reaksi-reaksi dari gejala alam seperti petir. cetusan2 listrik akan menyebabkan reaksi kimia yang akan membentuk asam amino.. (ini yang saya pelajari pas SMU kelas 3.. ntah masih valid gak ya) CMIIW


Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Johsun on 13 November 2008, 01:33:12 PM
Asal mula alam dan manusia dlam
Agama buddha:
alam semesta mrupakan proses hukum dhammaniyama,
asal dari makhluk cahaya, dan makhluk chaya dr manusia2 dibumi sebelum hancur, darimana asal manusia2 sblum bumi hancur, sama dr mahluk cahaya, dan st. . . . . .tanpa ujung pangkal.
Atau makhluk hdup dalam buddhs dapat disbut ada dngan sendiri, makhluk hidup=tidak tercipta, muncul sendiri,


Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: indramawan on 16 May 2011, 11:53:46 AM
Quote from: Johsun on 13 November 2008, 01:33:12 PM
Asal mula alam dan manusia dlam
Agama buddha:
alam semesta mrupakan proses hukum dhammaniyama,
asal dari makhluk cahaya, dan makhluk chaya dr manusia2 dibumi sebelum hancur, darimana asal manusia2 sblum bumi hancur, sama dr mahluk cahaya, dan st. . . . . .tanpa ujung pangkal.
Atau makhluk hdup dalam buddhs dapat disbut ada dngan sendiri, makhluk hidup=tidak tercipta, muncul sendiri,

saya sangat prihatin dgn pertanyaan saudara..

mungkin sebaiknya anda harus lebih banyak membaca ttg dhamma dan asal mula kehidupan lebih dalam.

karena menurut saya kalau dijelaskan panjang sekali...dan saya lihat pun cara berpikir anda berbeda dari pandangan buddhist..

sulit untuk disatukan..mudah2an disini ada bersedia menjawab pertanyaan anda,dan memberi pencerahan ttg pertanyaan anda.

salam metta,

sabbe satta bhavantu sukhitatta
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: Jowi Mikami on 24 May 2011, 07:34:02 PM
Liat deh di Agganna Sutta, di sana di jelaskan asal mula manusia yang dulu nya berasal dari alam cahaya dan proses" menjadi manusia.  ^:)^
Title: Re: ASal MuLa MaNusiA
Post by: lobsangchandra on 24 May 2011, 08:11:35 PM
Quote from: MiZu_chang on 12 June 2008, 02:24:42 PM
NaMo Buddhaya...


Sy Mau BrTanYa, MnUrUt pAHam Buddhisme dr ManA sBnaRny MaNusiA beRAsaL di alaM sEmesTa iNi ?

Thanks...
begini bro silahkan dipahami :

1. Ada awal mula dan ada akhir
2. Ada awal mula dan tak ada akhir
3. Tidak ada awal mula dan ada akhir
4. Tidak ada awal mula dan tidak ada akhir

menurut anda yg mana ? menurut paham buddhis tertentu seperti ini :

samsara = tidak ada awal mula ttp ada akhir
Kebudhaan = ada awal mula ttp tidak ada akhir