(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fpeople.sc.fsu.edu%2F%7Ejburkardt%2Flatex%2Fmonte_carlo_simulation%2Ftraffic_jam.png&hash=1b37fb78885149917a0324dbadfb9be43acec776)
kalo anda pernah tinggal atao ke DKI, nahhh tentu rasa macet dpt di hayamwuruk, mangga2, dsttt dsttt sungguh menghabiskan BBM maupun waktu...tapi apakah ada solusi utk kemacatan tsb ? kenapa kemacetan tsb terjadi ? adakah kota yg sama sekali tidak bisa macet ? bagaimanakah bentuk kota tsb ?
silahkan beri masukan...supaya topik ini tidak jadi macet juga.... :P :o
supaya kota tidak macet peraturan pertama
(1) di larang ada mobil pribadi/privat atau motor pribadi/privat
(2) gunakanlah kendaraan bersama.
(3) berikan pajak kendaraan pribadi / privat dan motor pribadi/ privat 100.000% (lsg modar :) dengarnya), naikan biaya parkir kendaraan pribadi (10.000%) baik di tempat umum maupun di area rumah pribadi, berikan pajak 1.000% bagi pembelian bahan bakar untuk mobil pribadi/privat dan motor pribadi/privat.
Quote from: kullatiro on 02 October 2013, 11:50:03 PM
supaya kota tidak macet peraturan pertama
(1) di larang ada mobil pribadi/privat atau motor pribadi/privat
(2) gunakanlah kendaraan bersama.
(3) berikan pajak kendaraan pribadi / privat dan motor pribadi/ privat 100.000% (lsg modar :) dengarnya), naikan biaya parkir kendaraan pribadi (10.000%) baik di tempat umum maupun di area rumah pribadi, berikan pajak pembelian bahan bakar bagi mobil pribadi/privat dan motor pribadi/privat 1000%.
sptnya bagus n masuk akal....tapi dicari solusi yg benar2..."gila"....
thx atas partisipasinya.... tapi sebenarnya kita2 kurang mengerti tentang masalah MACET...
:o
apakah di indonesia ada study tentang kerugian dari kemacatan itu nilainya berapa ya ?
bagaimana anda punya hak penuh utk merancang sebuah kota sejak awal (masih kosong sama sekali)...yg khusus menanganin kemacatan ? bagaimanakah bentuk kota tsb ?
Quote from: cumi polos on 02 October 2013, 11:59:51 PM
apakah di indonesia ada study tentang kerugian dari kemacatan itu nilainya berapa ya ?
Biaya macet di jakarta pada tahun 2012
Quote
Saya mencoba untuk memprediksi kembali estimasi biaya sosial kemacetan di Jakarta itu Rp 68 triliun/tahun atau Rp 186 miliar/hari," katanya.
"Di tahun 2003 itu Rp 17,2 triliun," imbuhnya.
http://m.detik.com/finance/read/2012/12/18/130929/2121339/4/ (http://m.detik.com/finance/read/2012/12/18/130929/2121339/4/)
Quote from: kullatiro on 03 October 2013, 12:04:22 AM
2012
Saya mencoba untuk memprediksi kembali estimasi biaya sosial kemacetan di Jakarta itu Rp 68 triliun/tahun atau Rp 186 miliar/hari," katanya.
"Di tahun 2003 itu Rp 17,2 triliun," imbuhnya.
http://m.detik.com/finance/read/2012/12/18/130929/2121339/4/ (http://m.detik.com/finance/read/2012/12/18/130929/2121339/4/)
duhh duit segitu banyak...gak taooo bisa buat beberapa LEGO LAND ya ?
itu kerugian duit/material....belum kehitung kerugian emosional.....lhooo
thx atas infonya bro kullatiro..
Klo mw mendapatkn solusi kemacetan
Harus tahu dulu faktor2 penyebab terjadi na kemacetan
Biasa na z faktor kendaraan melebeihi kapasitas jalan
Trz penggunaan kendaraan pribadi yg meningkat dbnding angkutan umum
Dan biasa na org malas nail angkutan umum
Krn sumpek, gx nyaman, gx aman, n panas serta berdesak2an
N klo kira2 gryn kasi solusi na
Dpt hadiah gx ??
Solusi na sbenar na gampang
Tp susah dterapkan
Cth na
Pengurangan pemakaian kendaraan pribadi
Dgn cra menaikan pajak kendraan
Trz penigkatan fasilatas dan transportasi umum yg efesien dan efektif
strategi yang dipakai di singapura: harga mobil dimahalin semahal-mahalnya. parkir mahal. masuk ERP mahal.>orang jadi pake transportasi massal
strategi yang dipake di cina:
- harga mobil biasa aja. setiap orang bebas mau beli mobil berapa
- namun ketika mau beli STNK (plat nomernya), disini letak solusinya. setiap bulan plat yang dikeluarkan sangat sedikit, dan dilakukan sistem lelang. sehingga 1 plat semurah-murahnya bisa seharga mobil kijang biasa (100 jutaan).
Quote from: allthingmustpass on 03 October 2013, 09:02:18 AM
strategi yang dipakai di singapura: harga mobil dimahalin semahal-mahalnya. parkir mahal. masuk ERP mahal.>orang jadi pake transportasi massal
strategi yang dipake di cina:
- harga mobil biasa aja. setiap orang bebas mau beli mobil berapa
- namun ketika mau beli STNK (plat nomernya), disini letak solusinya. setiap bulan plat yang dikeluarkan sangat sedikit, dan dilakukan sistem lelang. sehingga 1 plat semurah-murahnya bisa seharga mobil kijang biasa (100 jutaan).
Lain negara
Lain aturan
Lain negara lain jg watak org na
Ini lar maslah na
Watak org indon itu kbykkan darah tinggi n ego na jauh lbh tinggi
dan juga problemnya praktek sogok menyogok di indonesia sangatlah gampang..
ada duit.. semua mulus..
<gryn mode on>
emg maslah na ribet sih.. gx ngerti orang indon kpn mau maju ya
cape dddd
cape dddd
cape dddd
</gryn mode off>
:P
Quote from: Forte on 03 October 2013, 09:33:00 AM
dan juga problemnya praktek sogok menyogok di indonesia sangatlah gampang..
ada duit.. semua mulus..
<gryn mode on>
emg maslah na ribet sih.. gx ngerti orang indon kpn mau maju ya
cape dddd
cape dddd
cape dddd
</gryn mode off>
:P
Hehee
Ikut cpddd jg d
Watak org indon emanx gt
Ngotot mulu
Ingin perubahan
Tp NATO
Apalg klo soal bekendara
Sama2 gx mau kalah
N kebut sana kebut sini
Keliatan bnget berantakkan n kurang disiplin
Apalg kata na byk police gobanan
Tinggal buka dompet lgsg beres
Ini lah yg bikin indon susah maju n berubah jauh lbh baik
Tambahan lg
Uda slah masi ngotot bener lg
Hehee
Cpddd
makanya pindah ke luar negeri aja sis ::)
saya sebenernya sudah pesimis liat kondisi indonesia. ya bukan tidak nasionalis sih.
ya karena masih cari makan disini, selama tidak merugikan orang lain dan bayar pajak ya dinikmati sajalah..
ada yang bisa mulusin ane pindah ke singapore ga? jadi buruh kasar gak papa deh :))
Quote from: allthingmustpass on 03 October 2013, 09:44:22 AM
makanya pindah ke luar negeri aja sis ::)
saya sebenernya sudah pesimis liat kondisi indonesia. ya bukan tidak nasionalis sih.
ya karena masih cari makan disini, selama tidak merugikan orang lain dan bayar pajak ya dinikmati sajalah..
ada yang bisa mulusin ane pindah ke singapore ga? jadi buruh kasar gak papa deh :))
Rencana na mw pindah kewarganegaraan lg
Bukan cm pindah lg
Quote from: allthingmustpass on 03 October 2013, 09:44:22 AM
makanya pindah ke luar negeri aja sis ::)
saya sebenernya sudah pesimis liat kondisi indonesia. ya bukan tidak nasionalis sih.
ya karena masih cari makan disini, selama tidak merugikan orang lain dan bayar pajak ya dinikmati sajalah..
ada yang bisa mulusin ane pindah ke singapore ga? jadi buruh kasar gak papa deh :))
problem > peluang > business baru > duit...
jadi jangan lebih sering pesimislah broooo.....
Quote from: gryn tea on 03 October 2013, 09:45:37 AM
Rencana na mw pindah kewarganegaraan lg
Bukan cm pindah lg
sebelum pindah warganegara kan harus bertempat tinggal di negara tsb selama sekian waktu
minimal dapat PR di sing uda enak banget tuh
Quote from: cumi polos on 03 October 2013, 09:48:34 AM
problem > peluang > business baru > duit...
jadi jangan lebih sering pesimislah broooo.....
kalau ane karena memang seorang WNI, dijalankanlah
kewajiban dan hak ane disini. itu dulu
tapi kalau ada pada rumput yang lebih hijau di luar sana yang mau menerima, why not?
ane bahasa rakyat biasa saja bro :))
yuk balik ke topiknya...
kalau di jawa orang sering kesel karena macet, di sumatra orang sering kesel karena sering mati lampu + jalan bolong-bolong
Quote from: allthingmustpass on 03 October 2013, 09:48:44 AM
sebelum pindah warganegara kan harus bertempat tinggal di negara tsb selama sekian waktu
minimal dapat PR di sing uda enak banget tuh
Mending lgsg marrid ama warga negra sana
Lbh cpet
Hehee
Singapore negara kecil
N membosankan jg
Quote from: allthingmustpass on 03 October 2013, 09:48:44 AM
sebelum pindah warganegara kan harus bertempat tinggal di negara tsb selama sekian waktu
minimal dapat PR di sing uda enak banget tuh
gryn... ngajak ngobroll lah sama atmp..... supaya nambah semangat...
chat di FB atao apalahh....
ok back to topic...
sebenarnya cumpol inginkan solusi yg bener2 heboh....walaupun sulit diterapkan... ^:)^
Quote from: cumi polos on 03 October 2013, 09:48:34 AM
problem > peluang > business baru > duit...
jadi jangan lebih sering pesimislah broooo.....
Indonesia sbenar na prospek na bgus
Negara yg bisa berkembang n maju
Cm pemerintah n org2 na byk yg rasis n lbh mentingkan mayoritas n kurang adil ama minoritas
Quote from: cumi polos on 03 October 2013, 09:56:28 AM
gryn... ngajak ngobroll lah sama atmp..... supaya nambah semangat...
chat di FB atao apalahh....
ok back to topic...
sebenarnya cumpol inginkan solusi yg bener2 heboh....walaupun sulit diterapkan... ^:)^
Atmp apaan ??
K johan lg mw ikut pemilihan kepala daerah y ??
Quote from: gryn tea on 03 October 2013, 10:06:00 AM
K johan lg mw ikut pemilihan kepala daerah y ??
ehhh "saksi" aja udah perlu dibayarin...n itu bukan duit sedikit lhooo
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fmocoloco.com%2Ffresh2%2Fupload%2F2010%2F01%2Fmobile_house_project_by_donatello_amabile%2Fmobile_house_donatello_amab.jpg&hash=a522d1243b0cd0e98735cac97095b95959c02951)
moveable house (mobile house) :)) :))
Quote from: cumi polos on 03 October 2013, 10:07:53 AM
ehhh "saksi" aja udah perlu dibayarin...n itu bukan duit sedikit lhooo
Diskriminasi
1. Supir otomatis, supir yg dikendalikan oleh program komputer.
- setiap "keinginan" supir-supir mobil lain bisa diketahui.
sehingga bisa lebih cepat dalam mengambil keputusan utk
belok, pindah jalur, dipersimpangan, dll
2. Mobil antigravitasi, dan dengan supir otomatis.
3. Menciptakan teleportasi, seperti di film2 startrek
Quote from: sl99 on 03 October 2013, 10:51:02 AM
1. Supir otomatis, supir yg dikendalikan oleh program komputer.
- setiap "keinginan" supir-supir mobil lain bisa diketahui.
sehingga bisa lebih cepat dalam mengambil keputusan utk
belok, pindah jalur, dipersimpangan, dll
2. Mobil antigravitasi, dan dengan supir otomatis.
3. Menciptakan teleportasi, seperti di film2 startrek
boleh2... no3.... bagus... tinggal siapa yg mau ciptain..
wa pikir tidak perlu sampai no2 dan 3, nomer satu saja sudah cukup bila mobil nya sudah bisa terkoneksi ke sebuah system terpadu jalan raya jakarta terkomputerisasi misalnya nya maka setiap kendaraan bermotor (baik mobil, motor, bus, truck dan juga kendaraan lain nya) yang ada di jakarta terpantau dengan jelas tujuan dari mana dan akan kemana maka bisa di kalkulasi lewat jalur mana saja sebaiknya kendaraan tersebut lewat dan juga kendaraan lain nya akan teratur (tentu nya ini perlu smart car seperti smart car google yang bisa mengemudi sendiri secara otomatis)
Quote from: cumi polos on 03 October 2013, 10:09:39 AM
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fmocoloco.com%2Ffresh2%2Fupload%2F2010%2F01%2Fmobile_house_project_by_donatello_amabile%2Fmobile_house_donatello_amab.jpg&hash=a522d1243b0cd0e98735cac97095b95959c02951)
moveable house (mobile house) :)) :))
:jempol: :jempol:
Kereeennnn bangetttt rmh nya.....
Kalo saran yang menghebohkan ya buat "Lobang cacing" aja, dimana setiap kantor udah memiliki "channel" masing2. Setiap karyawan tinggal ketik channel itu lewat "online system" kemudian lobang cacing itu terbuka dan langsung menuju kantor masing2. DIJAMIN dah kagak ada kemacetan. :P
Quote from: Shasika on 03 October 2013, 09:55:40 PM
Kalo saran yang menghebohkan ya buat "Lobang cacing" aja, dimana setiap kantor udah memiliki "channel" masing2. Setiap karyawan tinggal ketik channel itu lewat "online system" kemudian lobang cacing itu terbuka dan langsung menuju kantor masing2. DIJAMIN dah kagak ada kemacetan. :P
hm, memang tidak macet tapi akan timbul masalah lain yaitu obesitas karena manusia nya jadi kurang bergerak dan membakar kalori dari asupan makanan.
menurut yang wa baca lupa entah dimana saat ini penduduk indonesia di kota kota besar seperti dki jakarta mempunyai masalah sendartry (apa gitu) dimana warga jakarta menggunakan terlalu banyak menggunakan mobil pribadi dan kendaraan motor pribadi hingga akibatnya kurang bergerak, hingga menimbulkan masalah dari diabetes, obesitas dan menyebabkan beragam macam penyakit lain nya karena kurang bergerak dimana penduduk negara negara eropa dan usa mulai berusaha untuk menghadapi masalah sendartry tersebut dengan menyediakan fasilitas untuk sepeda dan pejalan kaki juga komuter.
sorry double post
Double post ya?
Quote from: kullatiro on 03 October 2013, 09:58:28 PM
hm, memang tidak macet tapi akan timbul masalah lain yaitu obesitas karena manusia nya jadi kurang bergerak dan membakar kalori dari asupan makanan.
Orang tersebut tetap akan bergerak dan berjalan ketika dalam kantor, dia terus beraktivitas seperti biasanya, hanya tidak melalui jalan ketika berangkat dan pulang kerja, transportasi melalui jalur "lobang cacing" itu. ;D
Pan bro Cumpol butuh yang "heboh" katanya. ^:)^
Quote from: Shasika on 03 October 2013, 09:55:40 PM
Kalo saran yang menghebohkan ya buat "Lobang cacing" aja, dimana setiap kantor udah memiliki "channel" masing2. Setiap karyawan tinggal ketik channel itu lewat "online system" kemudian lobang cacing itu terbuka dan langsung menuju kantor masing2. DIJAMIN dah kagak ada kemacetan. :P
kemacetannya mungkin hilang, tapi kalo kebanjiran...maka banyak yg tewas di lubang cacing sewaktu hujan besar...
apakah itu termasuk pembunuhan tidak sengaja ? :o
klo gempa bumi....wahhh RIP dgn biaya kubur gratis.... bener2 HEBOH udah!
solusi cumpol....memang anehhh lah.......
1. penduduk tidak diperbolehkan MEMBELI TANAH, tapi hanya punya HAK RUANG. maksudnya...
rumah2 ditempatkan sesuai pengaturan dari sebuah software...yg mengatur dimana rumah anda
akan ditempatkan.... jadi posisi rumah anda adalah DYNAMIC.... utk mengetahui dimana rumah
seseorang, maka akan masukan no.ID, dan dgn HP n Applikasi tertentu, akan terjawab dimana letak
rumah tsb.... singkat cerita... minggu ini rumah anda dekat pantai...ehhh minggu berikutnya udah
berkemungkinan udah pindah..... ha ha ha....
2. Rumah, yg dimaksud rumah adalah bebas berpindah tempat...(spt mobile home), tapi jenis rumah ini
bukan saja dpt berpindah, tapi juga dpt ditumpuk....
3. rumah dalam tata kota adalah flexible dan dynamic....JALAN RAYA pun DYNAMIC...ehhh bisa berubah2 juga....
mau lihat peta terbaru kota ini... ya udah tentu akses aplikasi melalui HP.....
............
masalah selanjutnya masih dipikirkan...enaknya gimana...tapi sementara itu 3 point dulu... :P
Quote from: Shasika on 03 October 2013, 10:04:05 PM
Orang tersebut tetap akan bergerak dan berjalan ketika dalam kantor, dia terus beraktivitas seperti biasanya, hanya tidak melalui jalan ketika berangkat dan pulang kerja, transportasi melalui jalur "lobang cacing" itu. ;D
Pan bro Cumpol butuh yang "heboh" katanya. ^:)^
inipun hrs dipikirkan sistem ventilasi yg bagus... kalao tidak nanti ada yg kentut...wahhhh ratusan orang akan menikmatinnya... :o
Quote from: cumi polos on 04 October 2013, 09:57:58 AM
kemacetannya mungkin hilang, tapi kalo kebanjiran...maka banyak yg tewas di lubang cacing sewaktu hujan besar...
apakah itu termasuk pembunuhan tidak sengaja ? :o
klo gempa bumi....wahhh RIP dgn biaya kubur gratis.... bener2 HEBOH udah!
Tewas di lobang cacing ? :hammer:
Sepertinya bro Cumpol mengartikan kalimat saya secara harafiah, padahal lobang cacing yang saya maksud adalah tehnologi tinggi yang memindahkan sesuatu barang ke tempat lain tanpa perlu mengangkat ato memindahkan ato mengangkut ato mengirim ato menjinjingnya, tapi mentransfer barang tersebut dengan kekuatan "tehnologi canggih" sehingga materi padat diubah menjadi atom dan dipindah ketempat lain utuh kembali semula. :hammer:
Quote from: cumi polos on 04 October 2013, 10:07:02 AM
inipun hrs dipikirkan sistem ventilasi yg bagus... kalao tidak nanti ada yg kentut...wahhhh ratusan orang akan menikmatinnya... :o
Kentut ? :hammer:
Bagaimana mungkin partikel atom bisa kentut ? ketika bro cumpol melalui lobang cacing tsb anda udh berupa partikel atom :hammer: :hammer:
kalao kata kakao sih dijalanan udah macet kenapa nggak bikin
1.Subway aj kaya di Amerika, dan subway tersebut harus ada gorong2 yang gede buat pembuangan airnya langsung kelaut, Bawah tanah(kl nggak bisa tenggelem duluan ma banjir), coba aja ujicoba di Tangerang dulu ;D , pasti dapet respon yang baik oleh warga Tangerang :-[ ,
2.terus sumber utamanya lagi adanya angkot, pertegas, kalau angkot itu dibuatkan system pemberhentian seperti halte Busway, tidak boleh turun sembarangan, kl sembarangan sita aja Mobilnya sama aparatlangsung derek, masukin penggencetan Mobil Tua jadiin kaleng sarden ;D ,
3.Motor juga penyebab kemacetan, Batasi penggunaan Umur Motor, per sepuluh tahun, misalnya hanya motor tahun 2000-2010, 2010-2020, motor2 tua dilarang memasuki Ibukota, hanya diperbolehkan di daerah saja.dengan begitu orang akan mikir untuk beli motor lama ;D .
4.Mobil Pribadi juga sama, batasi dengan umur pemakaian Tahun Mobil, misalnya yang boleh lewat mobil tahun 2003-2013(untuk 10 tahun) dengan begitu orang tdk akan mikir untuk membeli mobil pribadi, mending ke angkutan umum.
5.Buat kereta cepat kaya di Jepang :-[ di film Wolferine, pasti orang akan memilih naik kereta itu karena cepat banget ;D , mungkin satu solusi juga.
kalau menurut saya solusinya: public transport yg nyaman, spt busway sebenarnya udah bagus, cuma masih kurang massive
Quote4.Mobil Pribadi juga sama, batasi dengan umur pemakaian Tahun Mobil, misalnya yang boleh lewat mobil tahun 2003-2013(untuk 10 tahun)
gimana dgn nasib rollroyce antik cumpol ?....apa gak boleh ke jalan ? :'( :'(
Quote from: tesla on 04 October 2013, 12:16:23 PM
kalau menurut saya solusinya: public transport yg nyaman, spt busway sebenarnya udah bagus, cuma masih kurang massive
solusi gampangnya ya digandeng aja...
gandeng 2, 3, bahkan 4 lahhh apa kurang masip bro ?
oh selain gandeng juga bisa numpuk ke atas..
Quote from: cumi polos on 04 October 2013, 11:35:05 PM
solusi gampangnya ya digandeng aja...
gandeng 2, 3, bahkan 4 lahhh apa kurang masip bro ?
oh selain gandeng juga bisa numpuk ke atas..
kalau gandeng berarti kereta api namanya.
utk rute panjang (antar kota) kereta api
atau kerennya udah ga pake api, tp pake listrik spt shinkansen
emg lebih efisien (rute panjang bisa dicapai dlm waktu singkat & murah)
--- hanya implementasi ini sptnya susah ya, perlu waktu dan dana yg besar
utk rute pendek bisa pakai bus,
atau mungkin pakai sepeda rental yg bisa dikembalikan di pos2 lain (jd ga harus kembali ke pos awal)
[size=78%]cuma mau ga yah orang2 beralih ke public transport...[/size]
Quote from: tesla on 05 October 2013, 07:30:53 AM
kalau gandeng berarti kereta api namanya.
utk rute panjang (antar kota) kereta api
atau kerennya udah ga pake api, tp pake listrik spt shinkansen
emg lebih efisien (rute panjang bisa dicapai dlm waktu singkat & murah)
--- hanya implementasi ini sptnya susah ya, perlu waktu dan dana yg besar
utk rute pendek bisa pakai bus,
atau mungkin pakai sepeda rental yg bisa dikembalikan di pos2 lain (jd ga harus kembali ke pos awal)
cumpol si yakin... bus bertingkat 2 dan gandeng 3... 2x3 =6
jadi kapasipas menjadi 6x...
kadang kala org melihat solusi yg terlalu rumit n mahal... spt MRT...(utk jangka panjang sih bagus..) tapi utk solusi cepat... ya bisa dgn bus gandeng aja...
tapi gimana sewaktu bis akan belok ? nahh... tinggal dipasang alat utk melakukan hal tsb...mekanik maupun PLC.... gimana menuru bro tesla ? :o :o
kesalahan mendesign sebuah kota... (sejak awal)...
1. manusia mudah bertambah
2. rumah mudah bertambah
3. mobil mudah bertambah
4. aktivitas berpindah tempat mudah bertambah...
kenap JALAN SULIT di LEBAR kan ? nahhh
seharusnya...
5. JALAN atao transportasi MUDAH juga DITAMBAH...
kesalahan udah ada sejak awal.... :'( :'(
Quote from: cumi polos on 06 October 2013, 07:13:57 AM
cumpol si yakin... bus bertingkat 2 dan gandeng 3... 2x3 =6
jadi kapasipas menjadi 6x...
kadang kala org melihat solusi yg terlalu rumit n mahal... spt MRT...(utk jangka panjang sih bagus..) tapi utk solusi cepat... ya bisa dgn bus gandeng aja...
tapi gimana sewaktu bis akan belok ? nahh... tinggal dipasang alat utk melakukan hal tsb...mekanik maupun PLC.... gimana menuru bro tesla ? :o :o
kalau tingkat 2 (double decker) belok bisalah haha... kalau udah di atas itu ga tau yah, bisa2 roboh ke samping pas belok :))
juga kalau terlalu tinggi takutnya nabrak portal
masalahnya sih mau ga pihak terkait menambah duit buat invest armada yg lebih banyak, trus peningkatan kualitas biar lebih nyaman.
liat aja busway itu udah bbrp tahun jalan tapi pertumbuhannya lambat sekali kan?
jadi bingung apa sih kerja para pejabat...
berhubung saya baru pulang dari KL dan naik GOKL (bus dalam kota yg full gratis)
jadi saya baca2 facebooknya:
(https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash2/545852_341023922658746_500476286_n.jpg)
Satu bas saja yang diperlukan untuk memuatkan 60 org pada satu masa. Betul tak keadaan KL serupa dengan gambar paling kiri sekali? Kalau satu orang, satu kereta - betapa byknya ruang yang kita perlukan. Mmg tak muat satu KL kan?
It only take a bus to transport 60 people at a time. And KL looks exactly like the image on the left, isn't it? Imagine just how much space we need if it's 1 car per person - the whole of KL won't even be enough right?
Help us get more likes so that more people will be aware of this free service!
sumber: https://www.facebook.com/goklcitybus
Quote from: tesla on 06 October 2013, 07:54:55 AM
kalau tingkat 2 (double decker) belok bisalah haha... kalau udah di atas itu ga tau yah, bisa2 roboh ke samping pas belok :))
juga kalau terlalu tinggi takutnya nabrak portal
masalahnya sih mau ga pihak terkait menambah duit buat invest armada yg lebih banyak, trus peningkatan kualitas biar lebih nyaman.
liat aja busway itu udah bbrp tahun jalan tapi pertumbuhannya lambat sekali kan?
jadi bingung apa sih kerja para pejabat...
dgn PLC n sensor2... udah tentu dlm belokan bus tsb gak akan terbaliklah...
portal lah yg harus ngalah (dicaabut)...bukan bus yg ngalah.....
soal penambahan armada bisa dilihat dari pendapatan pemda aja...
sptnya duit kecil lah itu...
(bus dalam kota yg full gratis)
padahal itu bus belum bertingkat n belum gandeng... :)) :))
apa efek dari sebuah kota yg bus (transportasi) nya GRATIS ?....plz masukan...
Quote from: cumi polos on 06 October 2013, 08:12:43 AM
(bus dalam kota yg full gratis)
padahal itu bus belum bertingkat n belum gandeng... :)) :))
apa efek dari sebuah kota yg bus (transportasi) nya GRATIS ?....plz masukan...
ya enak aja penumpangnya. busnya dilengkapi dg AC + Free Wifi lagi
mungkin utk pengusaha transport lain terpukul jg. krn ada bus yg berbayar dan taxi yg kemakan ceruk pasarnya
Quote from: tesla on 06 October 2013, 08:30:06 AM
ya enak aja penumpangnya. busnya dilengkapi dg AC + Free Wifi lagi
mungkin utk pengusaha transport lain terpukul jg. krn ada bus yg berbayar dan taxi yg kemakan ceruk pasarnya
klo bagi masyarakatnya ? gimana rasa bro udah ac wifi gratis lagi ?
Q kenapa kemacetan terjadi ?
A karna banyak mobil/motor/truk (MMT) berada di jalan
Q kenapa MMT berada di jalan ?
A. utk mencapai TUJUAN
Q apakah MMT mencapai tujuan udah optimal (shortest path) ?
A spt tidak !
Q bagaimana mengatur MMT mencapai tujuan dgn lebih optimal ?
A tanpa ada informasi dari setiap individual yg memakai jalan adalah sulit
Q bagaimana memanfaatkan info individual pemakai jalan ?
A setiap individual dipasang GPS dgn unique id yg menandakan perjalanannya
serta dari keluarga mana...
Q apa lagi yg diperlukan utk hal tsb
A rumah2 yg mobil... sehingga interaksi antar individual dpt ditentukan lokasinya
berdasarkan frequency antara individual dan tujuan yg dicapai
Q bisakah lebih jelas apa artinya itu?
A klo satu keluarga punya 3 anak.. dan rutinitas anak adalah sekolah, les sekolah, music...(SLM)
maka sebaiknya rumah dari keluarga tsb adalah dekat dgn SLM
Q apakah penempatan rumah tetap?
A ohh tidak rumah, semingg/sebulan tempatnya ditentukan oleh program yg menganalisa
frequency setiap keluarga...
.............
^:)^ ^:)^
Quote from: cumi polos on 06 October 2013, 08:50:40 AM
klo bagi masyarakatnya ? gimana rasa bro udah ac wifi gratis lagi ?
Kalau masyarakatnya, bermoral dan berpendidikan sih bagus banget. Tapi gue slalu heran sama masyarakat kita, semuanya cepet banget rusak. Ato kalo ga ilang apanya gitu... Apalagi yg gratisan, bakal rame2 satu kampung naik bus untuk keliling kota tiap hari. Isi bus akan hilang satu persatu mulai dari pegangan, tempat duduk sampai pintu nya kali. Belum lagi kriminalitas. Orang yang beneran perlu transportasi jadinya ga akan mau naik bus ini, mending pakai kendaraan pribadi. Balik lagi ke macet.
Contoh kejadian di airport baru Medan Kuala Namu, awalnya digratiskan masuk bagi siapa aja. Hasilnya... Orang-orang kampung pada kesana untuk piknik, gelar tikar, numpang mandi gratis di toilet, dsb, dsb. Dalam seminggu toilet bandara rusak, orang yang bener-bener mau ke bandara telat karna macet (gue korbannya :'().
mind set nya kita (orang indonesia) yang mesti dirobah doeloe kali, kita bukan negara yang pertama menghadapi soal macet kan? banyak contoh negara maju yang sukses dalam masalah transportasinya. Orang biasa yang bukan pejabat saja bisa melihat dan belajar setelah jalan2 dari malaysia atau singapore. Kenapa orang lebih "pinter" dan memiliki kesempatan menduduki jabatan pejabat malah tiap hari sibuk dengan hal yang lain.
Lagian kalau ada pejabat yang benar2 mau membereskan masalah macet, tapi begitu jabatannya kadaluwarsa dan ganti pemimpin yang lain, apa akan diterusin projeknya?
the number of passenger cars per 1,000 people in Southeast Asian countries, from Myanmar to Malaysia.
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fi1085.photobucket.com%2Falbums%2Fj424%2Fsn_lorun%2F1000785_668024566556636_269955380_n_zps8229ff0a.jpg&hash=ebd3a3a628b8b5c96bebee5ee3e30e7f23149f95)
apakah grafik diatas adalah akhibat dari kesadaran dibawah ?
sayang grafik tsb tidak memberikan info ttg waktu, kapan survey tsb dibuat.
info yg menarik _/\_
Quote from: tesla on 06 October 2013, 07:59:45 AM
berhubung saya baru pulang dari KL dan naik GOKL (bus dalam kota yg full gratis)
jadi saya baca2 facebooknya:
(https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash2/545852_341023922658746_500476286_n.jpg)
Satu bas saja yang diperlukan untuk memuatkan 60 org pada satu masa. Betul tak keadaan KL serupa dengan gambar paling kiri sekali? Kalau satu orang, satu kereta - betapa byknya ruang yang kita perlukan. Mmg tak muat satu KL kan?
It only take a bus to transport 60 people at a time. And KL looks exactly like the image on the left, isn't it? Imagine just how much space we need if it's 1 car per person - the whole of KL won't even be enough right?
Help us get more likes so that more people will be aware of this free service!
sumber: https://www.facebook.com/goklcitybus
Yah di ganti mobil mobil pribadi dan sepeda motor dengan sepeda (bicycle), adult tricycle bike (sepeda roda 3 dewasa), dan Surrey bike (sepeda roda 4).
Surrey bike single bench
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.industrialbicycles.com%2Fimagesindustrial%2FSingleBenchSurreyUltimate.jpg&hash=af13b25f137cea71b1d4476b9d483130f07e604a)
Surrey bike double bench
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.industrialbicycles.com%2Fdb%2Fimages%2FSurrey22.jpg&hash=a0a68957249af337e21b204662c86a8267d84e49)
Surrey bike triple bench
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.industrialbicycles.com%2Fimagesindustrial%2FTripleBenchSurreyLarge.jpg&hash=bdc1111c1efe046e0150b47a9a35eaed845d22c3)
http://www.industrialbicycles.com/Surrey_Single_Bench_Ultimate.htm
tricycle
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.industrialbicycles.com%2Fdb%2Fimages%2Fdesoto_model_c.jpg&hash=dfb98fbcdf44428b9b45392b1fa6863959439bae)
industrial tricycle
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.industrialbicycles.com%2Fdb%2Fimages%2F1heftyhauler%252026.jpg&hash=132fad10522ba88c02750ba636dd36439b9056fc)
http://www.industrialbicycles.com/
Family dual chariot
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.industrialbicycles.com%2Fimagesindustrial%2FParent%2520child%2520carrier.jpg&hash=8c084076ac722b151a12e614b9ab2f5b37ce52d4)
Parent child chariot
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.industrialbicycles.com%2Fdb%2Fimages%2FParent1.jpg&hash=fbe97d6601a5db073ea2216ce39a59d3b7661b95)
Double joy rider (sepeda roda 4)
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.industrialbicycles.com%2Fimagesindustrial%2FDoubleJoyriderNew.jpg&hash=0cd4be5c372d1908e5ce274c5e8c5b50890dc903)
http://www.industrialbicycles.com/index.htm