Forum Dhammacitta

Topik Buddhisme => Diskusi Umum => Topic started by: tuwino gunawan on 30 April 2010, 03:11:41 PM

Title: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: tuwino gunawan on 30 April 2010, 03:11:41 PM
ada yang bisa bantu penjelasan tentang sanghyang adi buddha?? _/\_

kayaknya cuma di indonesia aja yah???
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Nevada on 30 April 2010, 03:15:44 PM
Tentu saja, istilah "Sanghyang Adi Buddha" hanya ada di Indonesia; dicetus oleh Buddhayana.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: ryu on 30 April 2010, 03:16:57 PM
hebat euy bisa bolak balik baca tipitaka, berapa lama bacanya =))
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Elin on 30 April 2010, 03:21:17 PM
dulu waktu Elin masih SD, guru agama Buddha memberikan penjelasan bahwa Tuhan di agama Buddha mempunyai sebutan Sanghyang Adi Buddha..

penjelasan tsb secara tidak langsung memberikan pernyataan bahwa dlm agama Buddha mengakui ada nya Tuhan yang maha esa.. maka nya sejak kecil, I believe in God.. maybe until now.. ;D
sekarang lagi mau belajar lbh banyak apakah arti kata tuhan yang sebenarnya dlm ajaran Buddhisme... :D
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: tuwino gunawan on 30 April 2010, 03:26:00 PM
Quote from: ryu on 30 April 2010, 03:16:57 PM
hebat euy bisa bolak balik baca tipitaka, berapa lama bacanya =))

yang dikoleksi disini kagak banyak deh., beberapa aja tuh...... :))
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Johsun on 30 April 2010, 03:37:05 PM
Tipitaka tdk ada, tp mgkn tripitaka ada..
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: dhammadinna on 30 April 2010, 03:42:22 PM
^ ^ ^ Tipitaka dan Tripitaka kan sama aja, kata "Tipitaka" dari Pali sedangkan kata "Tripitaka" dari Sansekerta.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Sunkmanitu Tanka Ob'waci on 30 April 2010, 03:44:05 PM
Quote from: Mayvise on 30 April 2010, 03:42:22 PM
^ ^ ^ Tipitaka dan Tripitaka kan sama aja, yang satu istilah Pali yang satunya lagi Sansekerta.

banyak orang boleh bilang sama. tapi saya sudah liat, isinya gak sama.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: dhammadinna on 30 April 2010, 03:45:37 PM
^ ^ ^ kok bisa? bedanya di mana?
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: ryu on 30 April 2010, 03:51:26 PM
Quote from: Mayvise on 30 April 2010, 03:45:37 PM
^ ^ ^ kok bisa? bedanya di mana?
pengen tau? kopdar aja ;D
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: adi lim on 30 April 2010, 03:51:53 PM
Quote from: Mayvise on 30 April 2010, 03:42:22 PM
^ ^ ^ Tipitaka dan Tripitaka kan sama aja, kata "Tipitaka" dari Pali sedangkan kata "Tripitaka" dari Sansekerta.

TIPITAKA isinya tidak sama dengan Tripitaka
TIPITAKA cuma Kanon Pali
Tripitaka ada beberapa bahasa .....
_/\_

Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: tesla on 30 April 2010, 04:20:56 PM
he?

Tipitaka ada byk versi kok...

salah satu nya versi "bahasa" dapat dilihat di *dhammacitta.org* (http://dhammacitta.org/tipitaka/)
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: bangun _pw on 30 April 2010, 04:23:52 PM
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=2331.0

sejarah sanghyang adi buddha
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: maya devi on 30 April 2010, 04:24:23 PM
Supaya mengetahui detail dan menghindari sifat fanatik terhadap sekte tertentu ada baik membaca buku biografinya Bhante Ashin Jinarakkhita.
:)


Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: tuwino gunawan on 30 April 2010, 04:31:44 PM
dah ketemu arti dan sejarahnya di link "Sejarah Nama Sanghyang adi buddha" yang di post oleh sdr./sdri. Nyanadhana tanggal 16 april 2008..... ;D
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Nevada on 30 April 2010, 04:34:24 PM
Quote from: Mayvise on 30 April 2010, 03:45:37 PM
^ ^ ^ kok bisa? bedanya di mana?

Coba dilihat terlebih dahulu strukturnya masing-masing...


TIPITAKA (KANON PALI - THERAVADA)

Sutta Pitaka
1. Digha Nikaya
2. Majjhima Nikaya
3. Samyutta Nikaya
4. Anguttara Nikaya
5. Khuddaka Nikaya

Vinaya Pitaka
1. Parajika
2. Pacittiya
3. Mahavagga
4. Culavagga
5. Parivara

Abhidhamma Pitaka
1. Dhammasangani
2. Vibhanga
3. Dhatukatha
4. Puggalapannatti
5. Kathavatthu
6. Yamaka
7. Patthana

------------------------------

TRIPITAKA (KANON SANSKRIT - MAHAYANA)

Mahapitaka
1. Agama
    - Dhirghagama
    - Mdhyamagama
    - Samyuktagama
    - Ekottarikagama
2. Jataka
3. Prajnaparamita
4. Saddharma Pundarika
5. Vaipulya
6. Ratnakuta
7. Parinirvana
8. Mahasannipata
9. Kumpulan Sutra
10. Tantra
11. Vinaya
12. Penjelasan Sutra
13. Abhidharma (pitaka ini berasal-mula dari Aliran Sarvastivada)
      - Jnanaprasthana
      - Samgitiprayaya
      - Prakaranapada
      - Vijnanakayasya
      - Dhatukaya
      - Dharmaskandha
      - Prajnaptisastra
14. Madhyamika
15. Yogacara
16. Sastra
17. Komentar Sutra
18. Komentar Vinaya
19. Komentar Sastra
20. Sekte
21. Aneka Sekte
22. Sejarah
23. Kamus
24. Daftar Isi
25. Komentar Sutra Lanjutan
26. Komentar Vinaya Lanjutan
27. Komentar Sastra Lanjutan
28. Aneka Sekte Lanjutan

------------------------------

KANGJUR DAN TANGJUR (TIBETAN TRIPITAKA)

Kangjur

1. Tantra
2. Prajnaparamita Sutra
3. Ratnakuta Sutra
4. Avatamsaka Sutra
5. Kompilasi Sutra Mahayana dan Sutra Hinayana
6. Vinaya

Tangjur

1. Stotras
2. Ulasan Tantra
3. Ulasan Sutra
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Mr. pao on 30 April 2010, 04:46:38 PM
Quote from: tuwino gunawan on 30 April 2010, 03:11:41 PM
ada yang bisa bantu penjelasan tentang sanghyang adi buddha?? _/\_

kayaknya cuma di indonesia aja yah???
tuwino udah baca brapa halaman ? Share dong disini.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Mr.Jhonz on 30 April 2010, 08:11:32 PM
Quote from: maya devi on 30 April 2010, 04:24:23 PM
Supaya mengetahui detail dan menghindari sifat fanatik terhadap sekte tertentu ada baik membaca buku biografinya Bhante Ashin Jinarakkhita.
:)



Tanya; bhante ashin jinarakkhita itu menganut tradisi apa ya?
Yg janggutnya panjang itu kan? Kok boleh ya??

Thank
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: andrew on 30 April 2010, 10:05:26 PM
Quote from: Mr.Jhonz on 30 April 2010, 08:11:32 PM
Quote from: maya devi on 30 April 2010, 04:24:23 PM
Supaya mengetahui detail dan menghindari sifat fanatik terhadap sekte tertentu ada baik membaca buku biografinya Bhante Ashin Jinarakkhita.
:)



Tanya; bhante ashin jinarakkhita itu menganut tradisi apa ya?
Yg janggutnya panjang itu kan? Kok boleh ya??

Thank

bhante Ashin menggunakan Adi Buddha karena kondisi saat itu...

bhante ashin berusaha menyelamatkan agama buddha agar bisa diakui sebagai agama di Indonesia...  bila tidak diakui sebagai agama... saat ini agama buddha tidak akan bisa berkembang seperti sekarang... bisa bisa nyaris punah... seperti kejawen... taois... konghucu...

sebenarnya berapa banyak sih saat itu (tahun 60an) pemeluk buddhis yang mengerti dharma ?  sangat sangat sedikit...

langkah bhante ashin ini membuat agama buddha diakui... yang kemudian.. mereka yang sebenarnya bukan buddhis..

dan harus memilih salah satu agama yang diakui pemerintah... mereka mau tidak mau memilih buddhis...
mereka ini sebenarnya bukan buddhis tapi taois , konghucu, kejawen...

yang kemudian generasi penerus dari penganut taois, konghucu, kejawen ini yang baru mulai mengenal dan tau ajaran buddha...

bila saat itu agama buddha tidak bisa diakui pemerintah... maka penganut taois, konghucu kejawen dan orang buddhis sendiri... mau tidak mau harus memilih agama antara Islam, kr****n /ka****k atau Hindu...
( hal seperti ini mengulang saat jatuhnya majapahit... yang memaksa orang buddhis mengaku beragama bukan buddhis ... dan akhirnya buddhis lenyap dari nusantara selama 500 tahun )

yang di bali mungkin akan memeluk hindu..
tapi yang dijawa... sumatera... kalimantan?  semuanya akan menjadi kr****n,ka****k atau Islam... dan agama buddha tidak akan mampu bangkit seperti sekarang...

dan tanpa langkah bhante Ashin pada saat itu... bisa jadi saya saat ini bukan lah seorang buddhis...

orang yang tidak berada pada masa itu mungkin bisa mencela keputusan bhante ashin...
banyak tokoh-tokoh yang baru muncul setelah masa itu mencela tindakan bhante ashin...
tapi apa yang akan dilakukan tokoh2 ini bila  berada pada kondisi pada saat itu...  ?
apakah bisa melakukan tindakan penyelamatan yang lebih baik ?

paling tokoh-tokoh ini cuma berani menjadi buddhis dalam hati... tapi di ktp beragama lain... pada akhirnya...
anak cucunya menjadi beragama non buddhis...  ( mengulang masa runtuhnya majapahit lagi )

dan walaupun Buddhayana menggunakan adi buddha... tapi dengan kondisi jaman saat ini yang telah berubah... Buddhayana pun telah mulai memberikan pemahaman sebenarnya tentang Buddhism yang berbeda dengan konsep Tuhan yang ada dalam agama lain...


yang membuat saya terbengong bengong...

tadi siang saya mendengarkan ceramah...  yang pada pembukaannya penceramah mengatakan

"sebelumnya marilah kita mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan  Sang Tiratana..."

dan jelas penceramah ini bukan dari organisasi Buddhayana...

dan tidak asing bagi saya... mereka yang  mencaci langkah yang dilakukan bhante Ashin ...

ketika mereka memberikan kata kata sambutan sering terdengar ucapan ...


" kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Sang Tiratana "

wakss....



Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Mr. pao on 30 April 2010, 10:50:56 PM
Di sini, saat kebaktian Budhayana sudah tidak ada lagi "Namo Sangyang Adi  Buddhaya."

Gak tau kalo daerah laen.

Apa yang dikatakan Andrew benar sekali. Jasa perjuangan tokoh2 generasi pertama patut kita hargai. Mereka lah yang mewariskan agama Buddha kepada kita semua. Mereka lah yang dengan nyawa terancam telah berusaha mempertahankan agama Buddha di bumi nusantara. Karena ada mereka lah maka ada agama Buddha. Karena ada mereka lah maka ada aku, ada kamu, ada Dhammaciita, ada kita semua.

Perlu disyukuri bagi mereka yang telah mengenal Dhamma,
Bagi mereka yang belum mencicipi dhamma masih terbuka kesempatan yang lebar tuk mengenal dhamma.

Semoga semua makhluk hidup bahagia.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: sukuhong on 02 May 2010, 07:06:09 AM
Quote from: Mr.Jhonz on 30 April 2010, 08:11:32 PM
Quote from: maya devi on 30 April 2010, 04:24:23 PM
Supaya mengetahui detail dan menghindari sifat fanatik terhadap sekte tertentu ada baik membaca buku biografinya Bhante Ashin Jinarakkhita. :)

Tanya; bhante ashin jinarakkhita itu menganut tradisi apa ya?
Yg janggutnya panjang itu kan? Kok boleh ya??

Thank
katanya sih tradisi Theravada Upasampadhanya di Myanmar
kalau di tradisi Theravada tiap hari Uposatha bulan terang (tgl 15 Lunar ) para Bhikkhu harus cukur rata.
jadi kalau Ashin Jinarakhita masih pelihara JANGGUT !, pastilah melanggar ................... !!!! silahkan bertanya kepada yang mengetahui Vinaya dan Sila.
kam sia


Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: sukuhong on 02 May 2010, 07:37:22 AM
Quote
bhante Ashin menggunakan Adi Buddha karena kondisi saat itu...
bhante ashin berusaha menyelamatkan agama buddha agar bisa diakui sebagai agama di Indonesia...  bila tidak diakui sebagai agama... saat ini agama buddha tidak akan bisa berkembang seperti sekarang... bisa bisa nyaris punah... seperti kejawen... taois... konghucu...
sebenarnya berapa banyak sih saat itu (tahun 60an) pemeluk buddhis yang mengerti dharma ?  sangat sangat sedikit...
langkah bhante ashin ini membuat agama buddha diakui... yang kemudian.. mereka yang sebenarnya bukan buddhis..

dan harus memilih salah satu agama yang diakui pemerintah... mereka mau tidak mau memilih buddhis...
mereka ini sebenarnya bukan buddhis tapi taois , konghucu, kejawen...

yang kemudian generasi penerus dari penganut taois, konghucu, kejawen ini yang baru mulai mengenal dan tau ajaran buddha...

bila saat itu agama buddha tidak bisa diakui pemerintah... maka penganut taois, konghucu kejawen dan orang buddhis sendiri... mau tidak mau harus memilih agama antara Islam, kr****n /ka****k atau Hindu...
( hal seperti ini mengulang saat jatuhnya majapahit... yang memaksa orang buddhis mengaku beragama bukan buddhis ... dan akhirnya buddhis lenyap dari nusantara selama 500 tahun )

yang di bali mungkin akan memeluk hindu..
tapi yang dijawa... sumatera... kalimantan?  semuanya akan menjadi kr****n,ka****k atau Islam... dan agama buddha tidak akan mampu bangkit seperti sekarang...

dan tanpa langkah bhante Ashin pada saat itu... bisa jadi saya saat ini bukan lah seorang buddhis...

orang yang tidak berada pada masa itu mungkin bisa mencela keputusan bhante ashin...
banyak tokoh-tokoh yang baru muncul setelah masa itu mencela tindakan bhante ashin...
tapi apa yang akan dilakukan tokoh2 ini bila  berada pada kondisi pada saat itu...  ?
apakah bisa melakukan tindakan penyelamatan yang lebih baik ?

paling tokoh-tokoh ini cuma berani menjadi buddhis dalam hati... tapi di ktp beragama lain... pada akhirnya...
anak cucunya menjadi beragama non buddhis...  ( mengulang masa runtuhnya majapahit lagi )

dan walaupun Buddhayana menggunakan adi buddha... tapi dengan kondisi jaman saat ini yang telah berubah... Buddhayana pun telah mulai memberikan pemahaman sebenarnya tentang Buddhism yang berbeda dengan konsep Tuhan yang ada dalam agama lain...
yang membuat saya terbengong bengong...
tadi siang saya mendengarkan ceramah...  yang pada pembukaannya penceramah mengatakan


"sebelumnya marilah kita mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan  Sang Tiratana..."
dan jelas penceramah ini bukan dari organisasi Buddhayana...
dan tidak asing bagi saya... mereka yang  mencaci langkah yang dilakukan bhante Ashin ...
ketika mereka memberikan kata kata sambutan sering terdengar ucapan ...
" kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Sang Tiratana "

wakss....

hanya ada 2 masalah bagi penceramah
1. penceramah memang tidak memahami dan mengerti mengenai TYME
2. penceramah mengerti mengenai TYME, tapi waktu mengucapkan kata TYME karena melihat situasi, kondisi, lingkungan disaat akan berceramah misalnya adanya umat tetangga, pejabat, dan lain2nya.

tapi kalau Anda sebagai umat Buddhis mengaku masih percaya adanya sesosok penguasa tunggal seperti kepercayaan tetangga artinya anda menganut pandangan salah (micchaditthi)

kalau mengenai Ashin Jinarakhita. kita jadi umat Buddhis yang baik memang harusnya menghormati orang yang lebih tua.

Tapi seberapa besar jasa Ashin J. terhadap perkembangan Buddha Dhamma di Indonesia tidaklah bisa di klaim sebagai jasa yang paling besar.
Karena masih ada perkembangan, proses dan perubahan terus menerus yang tidak bisa kita ukur dan semuanya berproses sesuai keadaan dan situasi yang ada.


Mengenai suka dan tidak suka terhadap seseorang walaupun orang itu baik adalah hal biasa karena Sang Buddha sudah sempurna tindak tanduk saja masih di fitnah dan di cela.
jadi di kehidupan ini memang banyak celaan dan hinaan.
prilaku setiap makhluk adalah tanggung jawab masing-masing. Perbuatan Baik dan buruk itulah yang diwarisi untuk yang akan datang.

kam sia

[gmod=Kemenyan]Beberapa kalimat dirubah per request/report[/gmod]
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: andrew on 02 May 2010, 09:10:44 PM
Quote from: sukuhong on 02 May 2010, 07:06:09 AM
Quote from: Mr.Jhonz on 30 April 2010, 08:11:32 PM
Quote from: maya devi on 30 April 2010, 04:24:23 PM
Supaya mengetahui detail dan menghindari sifat fanatik terhadap sekte tertentu ada baik membaca buku biografinya Bhante Ashin Jinarakkhita. :)

Tanya; bhante ashin jinarakkhita itu menganut tradisi apa ya?
Yg janggutnya panjang itu kan? Kok boleh ya??

Thank
katanya sih tradisi Theravada Upasampadhanya di Myanmar
kalau di tradisi Theravada tiap hari Uposatha bulan terang (tgl 15 Lunar ) para Bhikkhu harus cukur rata.
jadi kalau Ashin Jinarakhita masih pelihara JANGGUT !, pastilah melanggar ................... !!!! silahkan bertanya kepada yang mengetahui Vinaya dan Sila.
kam sia





bhante Ashin di upasampada di myanmar oleh Mahasi Sayadaw...  saya baru mengetahui hal ini ketika membaca buku biografi Mahasi Sayadaw...  ( biografi ini bukan dibuat orang budhayana, tapi oleh orang myanmar )

saya coba cari di internet ada juga sedikit artikel tentang ini...

http://www.mahasiusa.org/sayadaw.html


In February 1954, a visitor to the Sasana Yeiktha would be struck by the spectacle of a young Chinese practicing vipassana meditation. The yogi in question was a young Chinese Buddhist teacher from Indonesia by the name of Bung An who had become interested in this kind of Buddhist meditation. Under the guidance and instructions of Mahasi Sayadaw and of the late Sayadaw U Nanuttara, Mr. Bung An made such excellent progress in about a month's time that Mahasi Sayadaw himself gave him a detailed talk on the progress of insight. Later he was ordained a bhikkhu and named Ashin Jinarakkhita. Mahasi Sayadaw himself acted as his spiritual preceptor. After his return as a Buddhist monk to his native Indonesia to launch a Theravada Buddhist movement in that country a request was received by the Buddha Sasana Council to send a Burmese Buddhist monk to promote further missionary work in Indonesia. It was decided that Mahasi Sayadaw himself, as the preceptor and mentor of Ashin Jina-rakkhita, should go. Along with 13 other monks from other Theravada countries, Mahasi Sayadaw undertook such essential missionary activities as consecrating sima's (ordinating boundary), ordaining bhikkhus, initiating samaneras (novices in the Buddhist Sangha) and giving discourses on Buddha Dhamma, particularly talks on vipassana meditation.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: andrew on 02 May 2010, 09:19:51 PM
Quote from: sukuhong on 02 May 2010, 07:37:22 AM

Anda hanya mendengar jasa Ashin J. dari sepihak tapi anda tidak pernah melihat/mendengar prilaku Ashin J. dari pihak lain.


kalo dibilang saya hanya mendengar jasa bhante Ashin,  dan itu pun dari sepihak ( maksudnya dari Buddhayana ? )

tidak seperti itu...

saya dulu juga termasuk bagian yang anti Buddhayana dan bhante Ashin :)
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: El Sol on 02 May 2010, 10:39:45 PM
tentang Janggut..

Bhikkhu2 yg ikutin(ato setidaknya mencoba untuk mengikuti) Vinaya 100% cuma Bhikkhu Hutan (menurut aye)...

Informally, di Theravada sendiri, banyak Vinaya yg dah dilemahkan..:D

so, jangan heran aja kalo banyak Bhikkhu yg bertindak tidak sesuai Vinaya, soale kalo mo jalanin Vinaya 100% bener2 harus tinggal di hutan...;D



Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: sukuhong on 03 May 2010, 05:43:17 AM
Quote from: andrew on 02 May 2010, 09:19:51 PM
Quote from: sukuhong on 02 May 2010, 07:37:22 AM

Anda hanya mendengar jasa Ashin J. dari sepihak tapi anda tidak pernah melihat/mendengar prilaku Ashin J. dari pihak lain.


kalo dibilang saya hanya mendengar jasa bhante Ashin,  dan itu pun dari sepihak ( maksudnya dari Buddhayana ? )

tidak seperti itu...

saya dulu juga termasuk bagian yang anti Buddhayana dan bhante Ashin :)


makanye jangan anti bang Andrew
buang saja suka dan tidak suka itu. SATI
kam sia
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: sukuhong on 03 May 2010, 05:46:08 AM
Quote from: Mr. pao on 02 May 2010, 09:29:37 PM
Quote from: sukuhong on 02 May 2010, 07:37:22 AM
Anda hanya mendengar jasa Ashin J. dari sepihak tapi anda tidak pernah melihat/mendengar prilaku Ashin J. dari pihak lain.

Mohon sukuhong menjelaskan maksud kalimat ini karena menyangkut kesalahpahaman dan nama baik Bhante Ashin !

Ashin J. sudah almarhum buat apa lagi diungkit2 masa yang sudah lalu !
kebaikan dan keburukan yang 'mengikuti' kehidupan berikutnya para Pembuat.
kam sia.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Jerry on 03 May 2010, 10:47:32 AM
Berarti konsep "Sanghyang Adi Buddha" hanya rakit yang sudah usang. Menyelamatkan keberadaan Buddhisme yang masih seperti bayi baru lahir pada tahun 60-an. Tapi tidak berarti masih harus tak gendong kemana-mana kan zaman sekarang? Mbah Surip udah ngga bisa tak gendongin kemana-mana loh :P
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Mr. pao on 03 May 2010, 11:25:24 AM
 [at]  sukuhong.

Kalo hal2 kecil harap jangan ditulis seperti gitu karena bisa menimbulkan salah tafsir.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Mr. pao on 04 May 2010, 11:57:57 AM
Quote from: sukuhong on 03 May 2010, 05:46:08 AM
Quote from: Mr. pao on 02 May 2010, 09:29:37 PM
Quote from: sukuhong on 02 May 2010, 07:37:22 AM
Anda hanya mendengar jasa Ashin J. dari sepihak tapi anda tidak pernah melihat/mendengar prilaku Ashin J. dari pihak lain.

Mohon sukuhong menjelaskan maksud kalimat ini karena menyangkut kesalahpahaman dan nama baik Bhante Ashin !

Ashin J. sudah almarhum buat apa lagi diungkit2 masa yang sudah lalu !
kebaikan dan keburukan yang 'mengikuti' kehidupan berikutnya para Pembuat.
kam sia.

Mohon Sukuhong menjelaskan arti dari posting ini !
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: kusalaputto on 04 May 2010, 12:22:05 PM
mungkin maksudnya
kammadayado
kammayoni
kammabandhu
kammapatisarano
:)
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: maya devi on 04 May 2010, 03:04:04 PM

Alasan Sukong berjenggot baca aja selengkapnya dalam buku itu.

Mau tetap menggunakan Namo Sanghyang Adi Buddhaya ato ga tergantung pribadi aja, yang penting kita tau konsep Tuhan dlm agm Buddha serta latar belakang penggunaan kalimat itu.

Yang perlu kita ingat kita semua adl UMAT BUDDHA BUKAN UMAT SEKTE TERTENTU.
Sikap fanatik ---> akusala cettasika   ;D
Bukankah kita umat Buddha belajar menyadari kemunculan akusala cettasika bukan mengembangkannya.

Tampaknya yang fanatik langsung bereaksi  ^-^

:)






Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: tuwino gunawan on 04 May 2010, 06:20:09 PM
Quote from: maya devi on 04 May 2010, 03:04:04 PM

Alasan Sukong berjenggot baca aja selengkapnya dalam buku itu.

Mau tetap menggunakan Namo Sanghyang Adi Buddhaya ato ga tergantung pribadi aja, yang penting kita tau konsep Tuhan dlm agm Buddha serta latar belakang penggunaan kalimat itu.

Yang perlu kita ingat kita semua adl UMAT BUDDHA BUKAN UMAT SEKTE TERTENTU.
Sikap fanatik ---> akusala cettasika   ;D
Bukankah kita umat Buddha belajar menyadari kemunculan akusala cettasika bukan mengembangkannya.

Tampaknya yang fanatik langsung bereaksi  ^-^

:)


setuju bu................ _/\_
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: nyanadhana on 04 May 2010, 06:27:33 PM
Quote from: tuwino gunawan on 30 April 2010, 03:11:41 PM
ada yang bisa bantu penjelasan tentang sanghyang adi buddha?? _/\_

kayaknya cuma di indonesia aja yah???

yup coba baca kitab Shangyang Kamahayanikan dr zaman Majapahit.(bahasa Jowo) hahaha.
SAB itu sudah ada di zaman Majapahit dimana aliran Tantra berkembang. Adi Buddha merupakan tubuh Vairocana,kemudian zaman Indonesia merdeka ya lo tau lah Pancasila no.1 itu harus ada Tuhannya,jadi Buddhism mengadopsi Adi Buddha sebagai tertinggi.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: gurkha on 05 May 2010, 10:03:41 AM
Yang senang menyalahkan sukhong melanggar vinaya lebih baik introspeksi. Apakah diri sendiri sudah sempurna dalam menjalankan pancasila. Jangan sampai pancasila yang dijalankan adalah panca sila 1. ketuhanan YME, 2. Kemanusiaan adil yg beradab..dan seterusnya. Jangan hanya bisa mengkritik tapi coba lihat jasa apa yang Anda bisa berikan dibandingkan Sukhong. Bisa jadi gajah dan semut.

Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: sukuhong on 05 May 2010, 10:26:16 AM
Quote
Alasan Sukong berjenggot baca aja selengkapnya dalam buku itu.
Bu Maya yang baik.
Boleh tahu alasan Sukong berjenggot ! dan sudah berapa lama Ashin J berjenggot !
karena saya tidak pernah baca buku riwayat Ashin J.
mau cari dimana buku juga tidak tahu !
anumodana
_/\_
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: gurkha on 05 May 2010, 10:34:06 AM
^
^
[at] sukuhong
Ada yang salah dengan jenggot? Anda tau kapan jenggotanya ha...ha(lihat sejarah perubahan jubah sukhong, itu akan semakin jelas vinaya yang digunakan ). Ada-ada saja.  Kalau begitu bhikhu  banyak yang melanggar juga karena setelah botak ada rambut tumbuh kecil-kecil malah ada yang panjangan. Kenapa tidak plontos licin aja. Katanya supaya tidak repot urus rambut dan memperhatikan penampilan luar. Sayangnya tiap panjang dicukur, apakah tidak sama saja. ha..ha .

Kalau sejarahnya saja tidak pernah tahu maka janganlah asbun(asal bunyi).
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: nyanadhana on 05 May 2010, 03:23:08 PM
Quote from: gurkha on 05 May 2010, 10:34:06 AM
^
^
[at] sukuhong
Ada yang salah dengan jenggot? Anda tau kapan jenggotanya ha...ha(lihat sejarah perubahan jubah sukhong, itu akan semakin jelas vinaya yang digunakan ). Ada-ada saja.  Kalau begitu bhikhu  banyak yang melanggar juga karena setelah botak ada rambut tumbuh kecil-kecil malah ada yang panjangan. Kenapa tidak plontos licin aja. Katanya supaya tidak repot urus rambut dan memperhatikan penampilan luar. Sayangnya tiap panjang dicukur, apakah tidak sama saja. ha..ha .

Kalau sejarahnya saja tidak pernah tahu maka janganlah asbun(asal bunyi).

Sukhong berjenggot karena bagi dirinya sudah tidak lagi melekat pada keberadaan jasmani.argumentasinya : apakah seorang bhikkhu menjadi bhikkhu harus melekat pada alat cukurnya?
di sisi lain,jubah yang dipakai  Sukhong dan sampai akhir hayatnya,anda perlu tahu busuknya murid2 Sukhong yang tergila2 ingin menjadi pewaris Sukhong.Sukhong pada akhir hayatnya berkata mending telanjang matinya drpada diributin harus pake jubah apa.
apakah anda tahu Sukhong adalah oang innocent tp sayang murid2nya bengal semua.lebih kuat LDMnya
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: maya devi on 05 May 2010, 05:48:59 PM

_/\_
[/quote]
Quote from: sukuhong on 05 May 2010, 10:26:16 AM
Quote
Alasan Sukong berjenggot baca aja selengkapnya dalam buku itu.
Bu Maya yang baik.
Boleh tahu alasan Sukong berjenggot ! dan sudah berapa lama Ashin J berjenggot !
karena saya tidak pernah baca buku riwayat Ashin J.
mau cari dimana buku juga tidak tahu !
anumodana
_/\_

Om Sukuhong yang terhormat, coba cari buku itu diperpustakaan vihara.
Ntar saya juga akan cari kembali, supaya tidak terjadi kesalahan penyampaian. OK!!!

Terima kasih.
:)
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: sukuhong on 06 May 2010, 06:14:03 AM
Quote from: gurkha on 05 May 2010, 10:34:06 AM
[at] sukuhong
Ada yang salah dengan jenggot? Anda tau kapan jenggotanya ha...ha(lihat sejarah perubahan jubah sukhong, itu akan semakin jelas vinaya yang digunakan ). Ada-ada saja.  Kalau begitu bhikhu  banyak yang melanggar juga karena setelah botak ada rambut tumbuh kecil-kecil malah ada yang panjangan. Kenapa tidak plontos licin aja. Katanya supaya tidak repot urus rambut dan memperhatikan penampilan luar. Sayangnya tiap panjang dicukur, apakah tidak sama saja. ha..ha .

Kalau sejarahnya saja tidak pernah tahu maka janganlah asbun(asal bunyi).
at. tentara Gurkha
memang saya tidak tahu sejarah nya Ashin J.
tapi ketika melihat gambar2 Ashin J. kemudian berJenggot langsung terpikir kenapa seorang Bhikkhu boleh berJenggot karena Vinaya(tradisi Theravada) itu tidak diperbolehkan dan setahu saya yang pernah dengar bahwa Ashin J. itu di upasampada di Myanmar berarti ikut tradisi Theravada.
Dan gambar/foto Ashin yang berjenggot itu memakai Jubah model Theravada jadi yang memang semuanya menjadi tanda tanya !

Kemudian dalam perjalanan hidup Ashin J. ternyata dari Bhikkhu (tradisi Theravada) lepas jubah kemudian ganti jubah ala Mahayana ikut Bhiksu (tradisi Mahayana) kemudian berJenggot. Kalau tradisi Mahayana, vinayanya mungkin seorang Bhiksu boleh berJenggot, karena saya tidak pernah baca Vinaya tradisi Mahayana.

seperti itu ya kira2 sejarahnya, betul tidak bang Gurkha !

kam sia
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: sukuhong on 06 May 2010, 06:24:20 AM
Quote from: nyanadhana on 05 May 2010, 03:23:08 PM
Quote from: gurkha on 05 May 2010, 10:34:06 AM
^
^
[at] sukuhong
Ada yang salah dengan jenggot? Anda tau kapan jenggotanya ha...ha(lihat sejarah perubahan jubah sukhong, itu akan semakin jelas vinaya yang digunakan ). Ada-ada saja.  Kalau begitu bhikhu  banyak yang melanggar juga karena setelah botak ada rambut tumbuh kecil-kecil malah ada yang panjangan. Kenapa tidak plontos licin aja. Katanya supaya tidak repot urus rambut dan memperhatikan penampilan luar. Sayangnya tiap panjang dicukur, apakah tidak sama saja. ha..ha .

Kalau sejarahnya saja tidak pernah tahu maka janganlah asbun(asal bunyi).

Sukhong berjenggot karena bagi dirinya sudah tidak lagi melekat pada keberadaan jasmani.argumentasinya : apakah seorang bhikkhu menjadi bhikkhu harus melekat pada alat cukurnya?
di sisi lain,jubah yang dipakai  Sukhong dan sampai akhir hayatnya,anda perlu tahu busuknya murid2 Sukhong yang tergila2 ingin menjadi pewaris Sukhong.Sukhong pada akhir hayatnya berkata mending telanjang matinya drpada diributin harus pake jubah apa.
apakah anda tahu Sukhong adalah oang innocent tp sayang murid2nya bengal semua.lebih kuat LDMnya

tulisan bold hitam
tetapi harusnya seorang Bhikkhu (tradisi Theravada) harus menjadikan Vinaya dan Sila sebagai pegangan/pedoman dalam mempraktekkan Dhamma utk melatih diri. Vinaya berlaku kepada siapa saja (tanpa kecuali) yang ingin mempraktekkan kehidupan suci menjadi seorang Bhikkhu.
betul tidak bang Nyana !
kam sia
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: gurkha on 06 May 2010, 09:20:11 AM
Quote from: sukuhong on 06 May 2010, 06:14:03 AM
Quote from: gurkha on 05 May 2010, 10:34:06 AM
[at] sukuhong
Ada yang salah dengan jenggot? Anda tau kapan jenggotanya ha...ha(lihat sejarah perubahan jubah sukhong, itu akan semakin jelas vinaya yang digunakan ). Ada-ada saja.  Kalau begitu bhikhu  banyak yang melanggar juga karena setelah botak ada rambut tumbuh kecil-kecil malah ada yang panjangan. Kenapa tidak plontos licin aja. Katanya supaya tidak repot urus rambut dan memperhatikan penampilan luar. Sayangnya tiap panjang dicukur, apakah tidak sama saja. ha..ha .

Kalau sejarahnya saja tidak pernah tahu maka janganlah asbun(asal bunyi).
at. tentara Gurkha
memang saya tidak tahu sejarah nya Ashin J.
tapi ketika melihat gambar2 Ashin J. kemudian berJenggot langsung terpikir kenapa seorang Bhikkhu boleh berJenggot karena Vinaya(tradisi Theravada) itu tidak diperbolehkan dan setahu saya yang pernah dengar bahwa Ashin J. itu di upasampada di Myanmar berarti ikut tradisi Theravada.
Dan gambar/foto Ashin yang berjenggot itu memakai Jubah model Theravada jadi yang memang semuanya menjadi tanda tanya !

Kemudian dalam perjalanan hidup Ashin J. ternyata dari Bhikkhu (tradisi Theravada) lepas jubah kemudian ganti jubah ala Mahayana ikut Bhiksu (tradisi Mahayana) kemudian berJenggot. Kalau tradisi Mahayana, vinayanya mungkin seorang Bhiksu boleh berJenggot, karena saya tidak pernah baca Vinaya tradisi Mahayana.

seperti itu ya kira2 sejarahnya, betul tidak bang Gurkha !

kam sia

Memang dia di umpasapada di Myanmar. Lalu kenapa kalau berjenggot? siapa yang menentukan salah tidaknya jenggot dia ? kalau sudah berganti jubah lain lagi vinayanya? lihat betapa vinaya itupun tataran relatif juga.  Ada vinaya yang baku tidak bisa diganggu gugat dan ada hal-hal lain sebagai pertimbangan.

Lihat pernyataan Mr. Nyanadhana bilamana batin Sukhong tidak lagi melekat pada jenggot atau tidak demikian jubah tetapi yang paling penting adalah Dhamma. Nah Anda tahu batin sukhong?

Saya tanya anda apa yang menjadi landasan suatu vinaya?

Apakah anda pernah berinteraksi dengan Sukhong?

Kalau anda tidak menjawab pertanyaan diatas bisa jadi komplotan si Siti Nurbaya.

Memang benar apa yang di katakan si Sol Capoeira kebanyakan oknum umat di indonesia suka mengatur bhikkhu.


Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: sukuhong on 06 May 2010, 10:38:43 AM
Quote
Memang dia di umpasapada di Myanmar. Lalu kenapa kalau berjenggot? siapa yang menentukan salah tidaknya jenggot dia ? kalau sudah berganti jubah lain lagi vinayanya? lihat betapa vinaya itupun tataran relatif juga.  Ada vinaya yang baku tidak bisa diganggu gugat dan ada hal-hal lain sebagai pertimbangan.
Vinaya itu peraturan yang harus dipatuhi jika seorang bertekad jadi Bhikkhu (tradisi Theravada)
jika tidak mematuhi vinaya konsekuensi tanggung sendiri, selesai.
Quote
Lihat pernyataan Mr. Nyanadhana bilamana batin Sukhong tidak lagi melekat pada jenggot atau tidak demikian jubah tetapi yang paling penting adalah Dhamma. Nah Anda tahu batin sukhong?
sebenarnya yang kita bahas kebetulan naman Ashin J. yang berJenggot, jika memang ada 'Bhikkhu ABC' misalnya, kalau berJenggot juga akan dipertanyakan, Mengapa berJenggot, sedangkan jadi Bhikkhu tradisi Theravada tidak diperkenakan !
bila Ashin J sudah ganti jubah ke tradisi Mahayana, ya urusan selesai ! tidak perlu di pertanyakan lagi,

Andaikan suatu hari ada yang mempertanyakan lagi, mengapa bhikkhu boleh pelihara Jenggot ?
Kita juga bisa jawab bahwa Ashin J sudah jadi Bhiksu tradisi Mahayana. GAMPANG toh !
Tidak usah berbelit2 dengan menjawab berbagai alasan2 yang hanya sesuai dengan kemauan seseorang.
kalau hanya alasan tidak melekat, bisa saja semua Bhikkhu juga akan punya alasan bahwa batin saya tidak melekat lagi sama alat cukur dan Jenggot yang dipelihara, gitu lho bang Gurkha
Saya memang tidak tahu kondisi batin Ashin J. !
emank bang Gurkha tahu batin Ashin J. ?
Quote
Saya tanya anda apa yang menjadi landasan suatu vinaya?
anda sudah baca belum tentang Vinaya Pitaka ?
kalau sudah baca saya yakin anda tidak usah lagi bertanya llagi pertanyaan ini ! bang Gurkha
Quote
Apakah anda pernah berinteraksi dengan Sukhong?
saya tidak pernah berinteraksi dengan Ashin J.
Quote
Kalau anda tidak menjawab pertanyaan diatas bisa jadi komplotan si Siti Nurbaya.
Maksudnya apa ya komplotan siti nurbaya ?  :)) tidak ngerti bang Gurkha, tolong jelaskan donk  ^:)^
Quote
Memang benar apa yang di katakan si Sol Capoeira kebanyakan oknum umat di indonesia suka mengatur bhikkhu.
itu kan pendapat bang Sol ! pendapat dia, ya kita hormati aja.
karena saya tidak pernah melakukan perbuatan itu yaitu mengatur Bhikkhu. :))
kalau ada orang lain suka mengatur Bhikkhu, itu juga silahkan saja ! yang penting kita tidak !

kita hanya sebagai umat awam yang berlindung dibawah Tiratana tidak salah donk ! kalau mengamati fenomena2 apa yang muncul dan lenyap. 
jika ada fenomena yang tidak jelas, pasti boleh bertanya ! :-?
jika sudah terjawab ! ya udah selesai.

Saya juga masih proses belajar, bang Gurkha :))
kalau bang Gurkha sudah mengerti Dhamma ini dan bisa mengetahui fenomena2 yang ada ! Anumodana.

kam sia ya
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: tuwino gunawan on 06 May 2010, 10:48:07 AM
Mohon maaf.......topicnya soal sanghyang adi buddha...bukan soal YM. Bhante Ashin J.,
so buka topic baru aja.....Maaf yah... :-[

_/\_
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: gurkha on 06 May 2010, 11:02:36 AM
Quote
sebenarnya yang kita bahas kebetulan naman Ashin J. yang berJenggot, jika memang ada 'Bhikkhu ABC' misalnya, kalau berJenggot juga akan dipertanyakan, Mengapa berJenggot, sedangkan jadi Bhikkhu tradisi Theravada tidak diperkenakan !

Menurut siapa?

Kalau begitu kalau bhikkhu di hutan kepalanya tumbuh rambut dan berjenggot karena tidak ada alat cukur selama itu salah? ha..ha

Cari tahu dulu kenapa si Sukhong bejenggot, bukan main tuduh melanggar vinaya bang!

Quote
anda sudah baca belum tentang Vinaya Pitaka ?
kalau sudah baca saya yakin anda tidak usah lagi bertanya llagi pertanyaan ini ! bang Gurkha

Malah balik bertanya atau memang tidak bisa jawab bang sukuhonghiam.

Quote

saya tidak pernah berinteraksi dengan Ashin J.

Kalau belum sebaiknya tidak asal nyablak ha..ha. Anda sering langgar sila? koq bisa ya tuduh orang langgar vinaya! Sudah dapat informasi yang akurat? Tanya dari para bhikkhu senior .! jelas bang suku Hong Hiam

Quote
Maksudnya apa ya komplotan siti nurbaya ?  :)) tidak ngerti bang Gurkha, tolong jelaskan donk 

Pura-pura bego lu ya! Anda tidak jelas bagaimana dengan saya ha..ha

Quote
itu kan pendapat bang Sol ! pendapat dia, ya kita hormati aja.
karena saya tidak pernah melakukan perbuatan itu yaitu mengatur Bhikkhu. :))
kalau ada orang lain suka mengatur Bhikkhu, itu juga silahkan saja ! yang penting kita tidak !

kita hanya sebagai umat awam yang berlindung dibawah Tiratana tidak salah donk ! kalau mengamati fenomena2 apa yang muncul dan lenyap.
jika ada fenomena yang tidak jelas, pasti boleh bertanya ! :-?
jika sudah terjawab ! ya udah selesai.

Saya juga masih proses belajar, bang Gurkha :))
kalau bang Gurkha sudah mengerti Dhamma ini dan bisa mengetahui fenomena2 yang ada ! Anumodana.

Oleh karena itu kalau tahu proses belajar bukan sembarang tuduh jika demikian prosesnya belajarnya salah. Saya belum mengerti Dhamma cuma cuap-cuap aja ha..ha harap maklum!

Quotetuwino :
Mohon maaf.......topicnya soal sanghyang adi buddha...bukan soal YM. Bhante Ashin J.,
so buka topic baru aja.....Maaf yah... :-

Siap Komandan!  pertanyaan ini cocok untuk TS yang mulai tentang YM.Bhante Ashin J.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Mr. pao on 06 May 2010, 12:10:29 PM
Quote from: tuwino gunawan on 06 May 2010, 10:48:07 AM
Mohon maaf.......topicnya soal sanghyang adi buddha...bukan soal YM. Bhante Ashin J.,
so buka topic baru aja.....Maaf yah... :-[

_/\_
Maaf ya tuwino, karena ada satu komentar sukuhong yang belum jelas di jabarkan, dan kebetulan ada di thread ini, dan juga udah banyak dibaca orang, maka ada baiknya saya meminta kejelasan dari sukuhong.

Mohon sukuhong menjawab pertanyaan gw. T.Q.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: adi lim on 06 May 2010, 04:29:54 PM
UDAH JANGAN RIBUT
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: sukuhong on 06 May 2010, 04:52:39 PM
Quotesebenarnya yang kita bahas kebetulan naman Ashin J. yang berJenggot, jika memang ada 'Bhikkhu ABC' misalnya, kalau berJenggot juga akan dipertanyakan, Mengapa berJenggot, sedangkan jadi Bhikkhu tradisi Theravada tidak diperkenakan !

Menurut siapa? Menurut Vinaya bang Gurkha yang baik
Kalau begitu kalau bhikkhu di hutan kepalanya tumbuh rambut dan berjenggot karena tidak ada alat cukur selama itu salah? ha..ha, Bhikkhu wajib punya alat cukur bang Gurkha yang baik.

Cari tahu dulu kenapa si Sukhong bejenggot, bukan main tuduh melanggar vinaya bang! Justru tidak tahu bang Gurkha, kalau bang Gurkha tahu alasannya tolong jelasin kepada yang bertanya bukan marah bang Gurkha yang baik :))[/quote]

Yang tuduh siapa bang Gurkha !
saya pernah melihat gambar/foto Ashin berjenggot, terus bertanya ? emank salah !
emank Ashin J ada berjenggot atau tidak
?

Quote
Maksudnya apa ya komplotan siti nurbaya ?  :)) tidak ngerti bang Gurkha, tolong jelaskan donk
Pura-pura bego lu ya! Anda tidak jelas bagaimana dengan saya ha..ha
saya tidak pura2 bego, emank tidak tahu, ya jujur ngomong tidak mengerti
JUJUR itu perbuatan yang baik lho! bang Gurkha


Quote
itu kan pendapat bang Sol ! pendapat dia, ya kita hormati aja.
karena saya tidak pernah melakukan perbuatan itu yaitu mengatur Bhikkhu. :))
kalau ada orang lain suka mengatur Bhikkhu, itu juga silahkan saja ! yang penting kita tidak !

kita hanya sebagai umat awam yang berlindung dibawah Tiratana tidak salah donk ! kalau mengamati fenomena2 apa yang muncul dan lenyap.
jika ada fenomena yang tidak jelas, pasti boleh bertanya ! :-?
jika sudah terjawab ! ya udah selesai.
Saya juga masih proses belajar, bang Gurkha :))

kalau bang Gurkha sudah mengerti Dhamma ini dan bisa mengetahui fenomena2 yang ada ! Anumodana.

Oleh karena itu kalau tahu proses belajar bukan sembarang tuduh jika demikian prosesnya belajarnya salah. Saya belum mengerti Dhamma cuma cuap-cuap aja ha..ha harap maklum!
OK, ini terakhir saya merespon tulisan Bang Gurkha yang baik
Maaf ya !
kalau anda suka cuap-cuap, tidak cocok dengan tipe saya dalam diskusi Dhamma
silahkan cuap-cuap sendiri ^:)^

kam sia
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: maya devi on 06 May 2010, 05:04:12 PM
 :(

Sukuhong ga tau apa2 tentang Sukong ada baiknya tidak mengomentari.
Bahkan berinteraksipun blom pernah....  ???

ya udah d  :backtotopic:




Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: sukuhong on 06 May 2010, 05:17:17 PM
Bu maya yang baik,
Kalau anda melihat seorang Bhikkhu berjenggot kemudian ngomong bahwa Bhikkhu itu tidak sesuai dengan Vinaya, apakah salah ?

namanya juga forum dan diskusi !
kalau ada yang tahu permasalahan.
langsung menjawab aja bahwa Bhikkhu ini ternyata sudah bla bla ......... .......... maka boleh berjenggot.
urusan selesai !, karena pertanyaan sudah terjawab, gitu lho.
Jadi masalahnya kita yang bertanya ! tapi dituduh dengan menuduh ngomong sembarangan dan bla bla ......... !
memang kenyataan ada Bhikkhu berJenggot toh ! saya tidak omong sembarangan ! bukti foto juga ada.
Nah bu Dewi ada sedikit penjelasan bahwa Ashin J sudah ganti jubah. ya udah selesai kasus. saya tidak permasalahkan lagi.
tapi saya dituduh ama Bang Gurkha yang baik itu bahwa sok pintar karena menuduh Bhikkhu langgar vinaya dan seterusnya dan bla bla bla ............................ baca aja sendiri dari awal.
GITU LHO BU MAYA ! :))
tapi ini terakhir kali saya menanggapi masalah Ashin J berJenggot.
karena sudah jelas dan puas. ^-^
kam sia bu Dewi
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: tesla on 06 May 2010, 05:20:01 PM
Quote from: maya deviSukuhong ga tau apa2 tentang Sukong ada baiknya tidak mengomentari.

Quote from: Sukuhongsaya tidak pura2 bego, emank tidak tahu, ya jujur ngomong tidak mengerti
JUJUR itu perbuatan yang baik lho! bang Gurkha

akan lebih baik yg pernah interaksi dg Sukong kasih tau komentar2 Sukuhong yg salah.
blg org ga boleh komen rasanya gmn gitu yah...
tar org yg baru mo belajar dhamma jgn posting deh :(
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: fabian c on 06 May 2010, 05:28:13 PM
Quote from: sukuhong on 05 May 2010, 10:26:16 AM
Quote
Alasan Sukong berjenggot baca aja selengkapnya dalam buku itu.
Bu Maya yang baik.
Boleh tahu alasan Sukong berjenggot ! dan sudah berapa lama Ashin J berjenggot !
karena saya tidak pernah baca buku riwayat Ashin J.
mau cari dimana buku juga tidak tahu !
anumodana
_/\_

Bro Sukuhong yang baik, seingat saya bhikkhu Ashin Jinarakkhita mulai memelihara jenggot sejak tahun 1974.

Seingat saya, terakhir kali saya bertemu beliau sebelum memelihara jenggot pada tahun 1972.
Bila salah, teman-teman mohon dikoreksi, maklum sudah lama sekali.

  _/\_
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Mr. pao on 06 May 2010, 05:58:22 PM

Quote from: sukuhong on 03 May 2010, 05:46:08 AM
Quote from: Mr. pao on 02 May 2010, 09:29:37 PM
Quote from: sukuhong on 02 May 2010, 07:37:22 AM
Anda hanya mendengar jasa Ashin J. dari sepihak tapi anda tidak pernah melihat/mendengar prilaku Ashin J. dari pihak lain.

Mohon sukuhong menjelaskan maksud kalimat ini karena menyangkut kesalahpahaman dan nama baik Bhante Ashin !

Ashin J. sudah almarhum buat apa lagi diungkit2 masa yang sudah lalu !
kebaikan dan keburukan yang 'mengikuti' kehidupan berikutnya para Pembuat.
kam sia.

Mohon Sukuhong menjelaskan arti dari posting ini !

Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: kullatiro on 08 May 2010, 09:55:51 PM
sebenarnya pernah ada penjelasaan nya soalnya saya dulu pernah tanya soal ini kenapa bhante ashin ini berjenggot? sayang nya setelah di jelaskan karena dianggap tidak penting banget jadi di lupakan gitu (toh tidak berpengaruh pada usaha saya dalam pencapaian tujuan saya).

jadi back to topic, soal bhante ashin berjenggot tanya saja nanti bulan juni apa juli pada hari asadha di vihara Ashin jinarakhita yang di bangun khusus untuk penghormatan terhadap bhante ashin jinarakitha lebih jelas kesana saja.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Mr. pao on 07 June 2010, 09:25:15 AM
karena sukuhong tidak menanggapi pertanyaan gw yang terbuka maka dengan ini gw mereplay tulisan sukuhong prihal tanggapan sukuhong pada Bhante Asin Jinarakita yang dipm ke gw.

Quote from: sukuhong on 04 May 2010, 10:30:58 AM
mr. pao, maaf ya, ini agak kasar ya !
kembali lagi, emank selama Ashin J masih hidup anda mengikutinya terus sehingga Ashin J. pernah atau tidak melakukan perbuatan salah ! anda bisa mengetahui dengan pasti dan benar ? 
saya cuma bisa pesan sebagai teman2 di forum saling bagi pengetahuan, bahwa janganlah mengkultuskan seseorang, Bodhisatta saja masih melakukan Kesalahan dan melakukan pelanggaran Sila (baca Jataka).
kenapa saya ngomong demikian ! karena saya juga pernah alami !
jika orang yang kita kultuskan ada 'masalah' akhirnya kita kecewa ! dan kita sudah melakukan Akusala Kamma (perbuatan yang tidak bermamfaat bagi batin)
sebenarnya ini contoh kasus, kebetulan yang sedang dibicarakan adalah Ashin J.
Kecuali sammasambuddha yang sudah sempurna tindak tanduknya serta para Arahanta (berbuat sesuatu tanpa Kilesa) janganlah di cela.

kalau menurut anda bahwa penulisan saya mengenai Ashin J ada terkesan saya mengetahui ada melakukan kesalahan berat (saya juga tidak tahu ada atau tidak ! siapa pun tidak tahu kecuali Ashin J sendiri, serta perbuatan baik dan buruk yang akan menyertai di kelahiran berikutnya)

dan setiap pendapat/penulisan, semua di 'terjemahkan' pikiran masing2 pembaca.
karena mr. pao 'senang berat' dengan prilaku Ashin J harusnya sempurna sehingga ada yang menulis masalah prilaku Ashin J, anda langsung bereaksi. :))
sedangkan bagi pembaca lain belum tentu pikirannya seperti mr. pao. malah ada yang tidak kenal Ashin J dan cuek aja.
Dan saya menulis seperti itu bukan hanya untuk Ashin J, tetapi kebetulan lagi di bicarakan adalah Ashin J, jika yang lagi bicarakan adalah Mr. X dan sedang dibahas tentunya saya juga akan menulis pernyataan seperti itu juga kepada Mr. X.

Yang dibold hitam
Dimana saya bisa tahu prilaku Ashin J dengan benar, tepat dan pasti !
bicara saja tidak pernah.


mengenai pernyataan terhadap Ashin J ini ada kamma buruk !
setiap manusia melakukan perbuatan melalui pikiran, ucapan dan tindakan pastilah punya kamma (baik/buruk) jadi konsekuensi sudah pasti ada tinggal berbuah aja.

kam sia mr. pao yang baik.


apa yang post di bawah ini  hanya tanggapan pribadi sukuhong mengenai pengalaman hidup yang tidak percayakan diri pada guru manapun, dan dikaitkan dengan B. Asin, pribadinya juga sama sekali tidak pernah ketemu dengan Bhante Asin (yang dibold hijau), statmen sukuhong dibawah ini sama sekali tidak berdasar.

Quote from: sukuhong on 03 May 2010, 05:46:08 AM
Quote from: Mr. pao on 02 May 2010, 09:29:37 PM
Quote from: sukuhong on 02 May 2010, 07:37:22 AM
Anda hanya mendengar jasa Ashin J. dari sepihak tapi anda tidak pernah melihat/mendengar prilaku Ashin J. dari pihak lain.

Mohon sukuhong menjelaskan maksud kalimat ini karena menyangkut kesalahpahaman dan nama baik Bhante Ashin !

Ashin J. sudah almarhum buat apa lagi diungkit2 masa yang sudah lalu !
kebaikan dan keburukan yang 'mengikuti' kehidupan berikutnya para Pembuat.
kam sia.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: kullatiro on 13 June 2010, 07:39:17 PM
Quote from: daimond on 08 May 2010, 09:55:51 PM
sebenarnya pernah ada penjelasaan nya soalnya saya dulu pernah tanya soal ini kenapa bhante ashin ini berjenggot? sayang nya setelah di jelaskan karena dianggap tidak penting banget jadi di lupakan gitu (toh tidak berpengaruh pada usaha saya dalam pencapaian tujuan saya).

jadi back to topic, soal bhante ashin berjenggot tanya saja nanti bulan juni apa juli pada hari asadha di vihara Ashin jinarakhita yang di bangun khusus untuk penghormatan terhadap bhante ashin jinarakitha lebih jelas kesana saja.


Prasadha Jinarakkhita
alamat nya
JL. Kembangan Raya Blok JJ Puri Indah Kembangan Selatan

http://ashinjinarakkhita.or.id/gui.news.php?mulai=10 (http://ashinjinarakkhita.or.id/gui.news.php?mulai=10)
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: mudita damayanti on 19 June 2010, 02:58:46 AM
maaf.
mungkin ini salah.sanghyang adibuddha;
memeng nda ada,tpi inilah jawaban.dari pertanyaan mentri agama"siapa tuhanmu?
tentu harus jawab soalna tanpa tuhan akan tidak di perbolehkan agama kita di indonesia.
apa agama kita ada tuhan ? soalnya agama harus harus memenuhi syarat untk tingl di negara ini,yaitu;
1 kitab kita punya
2 tempat ibadah punya
3 nabi/yg menerima wahyu kita ada
4 nah tuhan kita blum ada,
   untuk itulah jawaban yg paling tepat
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: wong cilik on 22 June 2010, 08:49:09 PM
Hmmmmmm ini diskusi yang panjang. Pertanyaannya tentang tidak adanya Sanghyang Adi Buddha didalam Tipiṭaka dan telah berkembang menjadi panjang dan lebar dan akhirnya mengerucut lagi ke alasan lahirnya Sang Hyang Adi Buddha. 
Mumpung topic sudah mengerucut kembali ke Sang Hyang Adi Buddha yang tentunya tidak terlepas dari konsep ketuhanan dalam agama Buddha saya mau berbicara juga.
Sejarah Sang Hyang Adi Buddha sudah dibahas di link ini http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,2331.0/all.html dimana diskusi pertama dimulai tanggal 16 April 2008 dan masih dikomentari juga bulan lalu, yaitu pada tanggal 5 Mei  2010. Sungguh topic yang menarik tentunya. Di dalam link ini sebenarnya masih topic yang belum selesai disana yaitu tentang adanya penghapusan  komunisme tahun 1965 dan konsep Tuhan dalam agama Buddha. Ini menurut tangkapan pemahaman saya.
Adakah suatu keterkaitan antara kebencian terhadap komunisme, yang diidentikkan dengan Atheisme, yang sengaja diciptakan sebagai maneuver politik saat itu terhadap lahirnya konsep Tuhan dalam agama Buddha? Pada sekitar tahun 1965-nan terjadi sebuah maneuver politik di Indonesia. Dua pihak berkepentingan akhirnya memusnahkan komunisme di Indonesia yaitu Amerika yang bertujuaan melemehkan penyebaran ide komunisme dan Soeharto yang mengincar kursi pemerintahan. Dua kekuatan ini bersatu dan hancurlah Sukarno yang pada saat itu menggunakan ide NASAKOM, Nasionalisme, Agama dan Komunisme sebagai pilar ideology pemerintahannya. Sejak saat itu komunisme dilarang di Indonesia dan lahir pula konsep bahwa Atheis adalah juga tidak boleh di Indonesia. Sedikit banyak konsep ini semakin menguatkan ide bahwa semua agama di Indonesia harus bertuhan, kalau tidak, agama-agama ini akan menjadi komunis.
Situasi ini tentu menyulitkan pemimpin agama Buddha pada saat itu. Dan seperti diceritakan teman-teman di atas, lahirlah konsep Sang Hyang Adi Buddha. Dasar dari konsep ini adalah berdasarkan sūtra-sūtra Mahayana dan juga beberapa literature Jawa kuno seperti Sang Hyang Kamahayanikan. Dengan adanya konsep Sang Hyang Adi Buddha, agama Buddha diakui oleh pemerintah Indonesia dan diikutkan sebagai agama berdasarkan Kepres R.I No. 30 Tahun 1978, serta Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No.477/74054/1978 (18 November 1978).
Baru pada masa kemudian, setelah munculnya Sangha Theravāda Indonesia, muncullah konsep Ketuhanan yang lain dalam agama Buddha Indonesia yaitu Nibbāna sebagaimana dijelaskan di dalam Udana VIII.3. Pandangan ini dapat diunduh dari link ini  Sumber: Website Buddhis Samaggi Phala, http://www.samaggi-phala.or.id. Dengan demikian, muncullah dua konsep Ketuhanan yang sering disebut-sebut banyak orang dalam agama Buddha Indonesia saat ini yaitu Sang Hyang Adi Buddha dan Nibbāna. Untuk menanggulangi kebingungan dari pemerintah tentang hal ini, pada masa selanjutnya ada istilah bahwa semua agama Buddha di Indonesia adalah bertuhan dengan sebutannya yang berbeda-beda.

DILEMA
Demi alasan eksistensi di bumi Indonesia-lah, konsep Tuhan dalam agama Buddha Indonesia lahir. Dengan interpretasi dasi masing-masing sekte, lalu muncullah sebutan yang berbeda-beda antara lain Sang Hyang Adi Buddha dan Nibbāna sebagai Tuhan.
Walaupun dari sisi doctrinal agama Buddha, kita tidak seharusnya percaya akan adanya Tuhan pencipta sebagaimana disebutkan di dalam Majjhima Nikāya II. 101 dan juga di dalam Jātaka VI. 208, tidak mudah untuk mengatakan bahwa agama Buddha tidak bertuhan. Di dalam Majjhima Nikaya disebutkan bahwa "Jadi, karena diciptakan oleh seorang Tuhan yang maha tinggi, maka manusia akan menjadi pelaku kejahatan dan tidak merasa bertanggung jawab atas kejahatannya karena mereka ciptaan Tuhan dan kejahatan di dalam diri mereka juga ciptaan Tuhan. Jātaka mengkritik ide Tuhan pencipta dengan berargumen bahwa "Jika ada suatu makhluk yang merancang kehidupan dunia, kemuliaan dan kesengsaraan, tindakan baik dan tindakan jahat – maka manusia tidak lain adalah alat dari kehendaknya dan tentu makhluk itu yang bertanggung jawab".
Kalau tidak mengakui Tuhan, agama Buddha akan dikatakan sebagai agama yang tidak sesuai dengan UUD 1945 dan juga Pancasila. Dan tentunya ada kemungkinan tidak bisa hidup di Indonesia.
Inilah dilemma yang dihadapi generasi muda Buddhis saat ini dan juga selanjutnya. Dilema untuk mengakui Tuhan dalam agama Buddha sebagaimana konsep yang diwariskan oleh pendahulu kita ataukah kita menolak konsep ini. Keduanya pasti menuai resiko. Saya mengumpamakan bahwa konsep ketuhanan dalam agama Buddha ibarat kerikil kecil dalam saku kita. Kecil memang, tetapi kadang-kadang mengganggu pada saat duduk atau berjalan.

Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: tania on 22 June 2010, 10:00:02 PM
maaf kalau sudah ada post serupa sebelumnya, karena saya belum membaca keseluruhan thread .. tapi dikutip dari [spoiler]http://mitta.tripod.com/hakekat.htm[/spoiler] :

Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam agama Buddha kita dapatkan dari sabda-sabda Sang Buddha, seperti yang dituliskan dalam Kitab Udana :

"Atthi bhikkhave ajâtam abhûtam akatam asankhatam,no ce tam bhikkhave abhavisam ajâtam abhûtam akatam asankhatam, nayidha jâtassa bhûtassa katassa sankhatassa nissaranam paññâyatha. Yasmâ ca kho bhikkhave atthi ajâtam abhûtam akatam asankhatam, tasmâ jâtassa bhûtassa katassa sankhatassa nissaranam paññâyâ'ti:.

                  artinya :

"Para bhikkhu, ada Yang Tidak Dilahirkan, Tidak Menjelma, Tidak Tercipta, Yang Mutlak. Para bhikkhu, bila tak ada Yang Tidak Dilahirkan, Tidak Menjelma, Tidak Tercipta, Yang Mutlak, maka tak ada kemungkinan untuk bebas dari kelahiran, penjelmaan, pembentukan, pemunculan dari sebab yang lalu. Tetapi para bhikkhu, karena ada Yang Tidak Dilahirkan, Tidak Menjelma, Tidak Tercipta, Yang Mutlak, maka ada kemungkinan untuk bebas dari kelahiran, penjelmaan, pembentukan, pemunculan dari sebab yang lalu". (Udâna, VIII : 3)

jadi dalam agama Buddha, "Tuhan" memang ada hanya tidak secara gamblang disebutkan nama "Sang Hyang Adi Buddha" ataupun "Tuhan" .. :)
_/\_
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: wong cilik on 22 June 2010, 11:43:07 PM
Dear Tania....

Saya juga gak tahu dengan pasti sih...tapi menurut saya yang Tania sebutkan itulah yang saya maksudkan di atas dengan adanya konsep bahwa Tuhan dalam agama Buddha adalah Nibbāna. Konsep inilah yang dipercaya oleh sekte Theravāda inilah penjelasan yang saya maksud di websitenya Samaggiphala yang saya sebutkan di atas tadi. Disana ada penjelasan detailnya. KOnsep ini muncul setelah Sang Hyang Adi Buddha yang kini menjadi sebutan Tuhan dalam sekte Buddhayana.


Kalau Tania mengakui bahwa ada Tuhan dalam agama Buddha ya boleh saja. Ini kan hak pribadi. Saya gak bisa omong apa2 dong.


Tetapi kalau dibuat kesimpulan secara umum seperti yang Tania sebutkan bahwa "DALAM AGAMA BUDDHA TUHAN MEMANG ADA".....Hmmm harus dilihat dulu apa Tuhan yang Tania maksudkan di atas. Tuhan dalam pengertian seperti apa? Apa konsep Tuhan yang didefinisikan dalam KBBI atau agama lain bahwa Tuhan sebagai pencipta???? Kita check dulu dech pengertian Tuhan dalam KBBI seperti apa? Di dalam KBBI Tuhan didefinisikan sebagai " sesuatu yg diyakini, dipuja, dan disembah oleh manusia sbg yg Maha-kuasa, Mahaperkasa, dsb:  TuhanYang MahaEsa;  2. sesuatu yg dianggap sbg Tuhan: pd orang-orang tertentu uanglah sbg Tuhannya". (KBBI. Jakarta: Pusat bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008.  Hal. 1553.)


Pada saat kita membuka Udāna, penjelasan tentang Nibbāna di dalam Udana VIII.3 di atas kan bukan penjelasan tentang Tuhan. Buddha tidak menyebutkan bahwa itu adalah Tuhan. Itu adalah Nibbāna. Nibbāna bukan Tuhan.




Begitupula Sang Hyang Adi Buddha, Sang Hyang Adi Buddha juga bukan Tuhan seperti pengertian Tuhan dalam agama lain ataupun dalam KBBI.


Selama pengertian Tuhan yang kita gunakan adalah pengertian Tuhan seperti yang diyakini agama lain dan seperti yang didefinisikan oleh KBBI, Nibbāna dan Sang Hyang Adi Buddha bukan Tuhan, apalagi Tuhan pencipta, sangat bukan.


hehe,,,saya kok jadi galak ya kesane..... :o
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: tania on 23 June 2010, 12:52:03 AM
orang jawa tah, bahasanya "kesane" ..  8)

saya mengakui Tuhan seperti yg dsebutkan dalam Udana tersebut (yg sudah saya copas diatas), karena ketika saya SMP atau SMU (saya tidak ingat pastinya) pada bab "Ketuhanan dalam Agama Buddha" sebelum memulai penjelasan, kalimat itulah yg ditulis di bagian atas. jadi mungkin tanpa sadar saya telah melekat. Jadi kalau ada yg bertanya pada saya, apakah dalam agama Buddha ada Tuhan? akan saya jawab "ya" dg mengacu pada udana tersebut.

kesimpulan dari post saya sebelumnya, maksud saya adalah bahwa "sesuatu itu ada" (Tuhan attau apapun sebutannya), dan oleh karena "sesuatu" itu ada, maka jalan untuk mencapai nibbana itu ada juga.

correct me if i'm wrong,
_/\_
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: pemula on 23 June 2010, 01:38:22 AM
Quote from: tuwino gunawan on 30 April 2010, 03:11:41 PM
ada yang bisa bantu penjelasan tentang sanghyang adi buddha?? _/\_

kayaknya cuma di indonesia aja yah???

_/\_
Beberapa naskah Buddhis Kuno ada yang menjelaskan mengenai Sang Esa dengan mencantumkan berbagai penyebutan seperti misalnya Sanghyang Adi Buddha, Sanghyang Adwaya, Swayambhu Lokanatha, Vajradhara, Dorjechang (Tibetan Buddhism), Pen Cu Fo  (Chinesse Buddhism), dan Tathagata Gharba. Penjelasan-penjelasan mendetail mengenai ini bisa kita simak didalam kitab Namasanggiti, Svayambhupurana, Karandavyuha, Srikalachakratantra, Kala Chakra, Sanghyang Kamahayanikan, Guhyasamaya Sutra, Maha Vairocanabhisambodhi Sutra dan Tatvasangraha Sutra.

Seperti yang tercantum juga dalam kitab jawa kuno,  Kitab Suci Guna-Karanda-Vyuha (Dalam bahasa Sangsekerta) ;

"Ketika tidak sesuatu yang lain (Hanya) ada Shambu itu yang ada sendiri (Self-Exitent : Svayambhu). Beliau mendahului segala apa, juga disebut Sanghyang Adi Buddha."




Jadi, dengan demikian dapat diartikan juga sebagai "Tanpa awal, tanpa akhir, tak terbatas, tanpa perubahan, Maha tahu, ada sendirinya, sumber dan pencipta segala sesuatu, yang dapat menjelma dalam segala bentuk, tetapi tidak berbentuk" Oleh karenanya, Tuhan bukan bukan sebuah sosok, yang hanya dapat dibuktikan dalam suatu keadaan. "Ia kan selalu ada, benar dan Ia-lah yang nyata adanya".

Sanghyang Adi Buddha, dalam agama Buddha adalah konsep dasar dari "Segala Sumber ke-beradaan-Nya", dapat di-nyatakan dalam (Prima Inter Paris) dari 5 (Lima) Dhyani Buddha yakini ;

   Vairocana      : Sumber Cahaya.
   Akshobya      : Sumber Ketenangan.
   Ratna Sambhava   : Sumber Permata Semesta.
   Amitabha      : Cahaya Tanpa Batas.
   Amogasidhi   : Yang Maha Jadi dan Yang Tak Mengenal Kegelapan.

Oleh karena-Nya dalam agama Buddha, tanpa memandang status dan perbedaaan. Disetiap sesi kehidupan, seorang buddhis akan selalu berkenan menjalankan, melatih (Sila, Samadhi, Panna) "Melalui pikiran, ucapan dan badan jasmani Secara benar." atau dengan melaksanakan "Paramita", disertai penyelaman dan peresepan "Brahma Vihara" (Empat keadaan batin Luhur), yang juga sering dikenal sebagai "Apamanna" (Keadaan tanpa batas) sebagai proses perwujudan SANGHYANG ADI  BUDDHA, itu sendiri.

Selesai sampai di-sini
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Indra on 23 June 2010, 07:38:21 AM
Quote from: pemula on 23 June 2010, 01:38:22 AM
"Ketika tidak sesuatu yang lain (Hanya) ada Shambu itu yang ada sendiri (Self-Exitent : Svayambhu). Beliau mendahului segala apa, juga disebut Sanghyang Adi Buddha."

kata ganti orang ke tiga (BELIAU) digunakan untuk menggantikan Sanghyang Adi Buddha, apakah anda mengatakan bahwa Sanghyang Adi Buddha adalah sesosok makhluk super?

Quote

Jadi, dengan demikian dapat diartikan juga sebagai "Tanpa awal, tanpa akhir, tak terbatas, tanpa perubahan, Maha tahu, ada sendirinya, sumber dan pencipta segala sesuatu, yang dapat menjelma dalam segala bentuk, tetapi tidak berbentuk" Oleh karenanya, Tuhan bukan bukan sebuah sosok, yang hanya dapat dibuktikan dalam suatu keadaan. "Ia kan selalu ada, benar dan Ia-lah yang nyata adanya".

Sanghyang Adi Buddha, dalam agama Buddha adalah konsep dasar dari "Segala Sumber ke-beradaan-Nya", dapat di-nyatakan dalam (Prima Inter Paris) dari 5 (Lima) Dhyani Buddha yakini ;

Jadi menurut anda, kita diciptakan oleh Sanghyang Adi Buddha?
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: pemula on 23 June 2010, 08:51:42 AM
Quote from: Indra on 23 June 2010, 07:38:21 AM
Quote from: pemula on 23 June 2010, 01:38:22 AM
"Ketika tidak sesuatu yang lain (Hanya) ada Shambu itu yang ada sendiri (Self-Exitent : Svayambhu). Beliau mendahului segala apa, juga disebut Sanghyang Adi Buddha."

kata ganti orang ke tiga (BELIAU) digunakan untuk menggantikan Sanghyang Adi Buddha, apakah anda mengatakan bahwa Sanghyang Adi Buddha adalah sesosok makhluk super?

Quote

Jadi, dengan demikian dapat diartikan juga sebagai "Tanpa awal, tanpa akhir, tak terbatas, tanpa perubahan, Maha tahu, ada sendirinya, sumber dan pencipta segala sesuatu, yang dapat menjelma dalam segala bentuk, tetapi tidak berbentuk" Oleh karenanya, Tuhan bukan bukan sebuah sosok, yang dapat dibuktikan dalam suatu keadaan. "Ia kan selalu ada, benar dan Ia-lah yang nyata adanya".

Sanghyang Adi Buddha, dalam agama Buddha adalah konsep dasar dari "Segala Sumber ke-beradaan-Nya", dapat di-nyatakan dalam (Prima Inter Paris) dari 5 (Lima) Dhyani Buddha yakini ;

Jadi menurut anda, kita diciptakan oleh Sanghyang Adi Buddha?

_/\_
Hanya bagian kecil dari-nya.
Namo Sanghyang Adi Buddha,
Hanya satu konsep perwakilan.
("Yang ESA" & "Yang kuasa".)
Segala Sumber dari keberadaan-Nya.

sebelumnya, jika boleh bertanya?

1. manakah lebih penting, bagi kita. buang-buang waktu dengan mengetahui keberadaannya? / merealisasikan (menyelami) keberadaan-nya melalui Sila, Samadhi dan Panna (AGAMA / Aturan-Nya) yang telah di gariskan? "sebagai bentuk keseimbangan alam."

2. Tolong jawab dengan jujur,,, Dari lubuk batin yang paling dalam. Yakin-kah u? dan ada-kah menurut u? satu bentuk Yang Kuasa di semesta ini?

Hehe... untuk lebih lanjut, saya bukan seorang Buddha. ^^
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Indra on 23 June 2010, 09:13:55 AM
Quote from: pemula on 23 June 2010, 08:51:42 AM
Quote from: Indra on 23 June 2010, 07:38:21 AM
Quote from: pemula on 23 June 2010, 01:38:22 AM
"Ketika tidak sesuatu yang lain (Hanya) ada Shambu itu yang ada sendiri (Self-Exitent : Svayambhu). Beliau mendahului segala apa, juga disebut Sanghyang Adi Buddha."

kata ganti orang ke tiga (BELIAU) digunakan untuk menggantikan Sanghyang Adi Buddha, apakah anda mengatakan bahwa Sanghyang Adi Buddha adalah sesosok makhluk super?

Quote

Jadi, dengan demikian dapat diartikan juga sebagai "Tanpa awal, tanpa akhir, tak terbatas, tanpa perubahan, Maha tahu, ada sendirinya, sumber dan pencipta segala sesuatu, yang dapat menjelma dalam segala bentuk, tetapi tidak berbentuk" Oleh karenanya, Tuhan bukan bukan sebuah sosok, yang dapat dibuktikan dalam suatu keadaan. "Ia kan selalu ada, benar dan Ia-lah yang nyata adanya".

Sanghyang Adi Buddha, dalam agama Buddha adalah konsep dasar dari "Segala Sumber ke-beradaan-Nya", dapat di-nyatakan dalam (Prima Inter Paris) dari 5 (Lima) Dhyani Buddha yakini ;

Jadi menurut anda, kita diciptakan oleh Sanghyang Adi Buddha?

_/\_
Hanya bagian kecil dari-nya.
Namo Sanghyang Adi Buddha,
Hanya satu konsep perwakilan.
("Yang ESA" & "Yang kuasa".)
Segala Sumber dari keberadaan-Nya.

sebelumnya, jika boleh bertanya?

1. manakah lebih penting, bagi kita. buang-buang waktu dengan mengetahui keberadaannya? / merealisasikan (menyelami) keberadaan-nya melalui Sila, Samadhi dan Panna (AGAMA / Aturan-Nya) yang telah di gariskan? "sebagai bentuk keseimbangan alam."

2. Tolong jawab dengan jujur,,, Dari lubuk batin yang paling dalam. Yakin-kah u? dan ada-kah menurut u? satu bentuk Yang Kuasa di semesta ini?

Hehe... untuk lebih lanjut, saya bukan seorang Buddha. ^^

tentu saja anda bukan seorang Buddha, saya juga bukan Buddha, demikian pula dengan semua member di sini.

sebelum saya menjawab anda, sudikah anda menjawab saya terlebih dulu?
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: wong cilik on 23 June 2010, 10:35:37 AM
 [at]  Pemula....Sebaiknya Pemula jawab dulu tuh dua pertanyaan krusial dari Bung Indra.  Apa pemula menganggap bahwa Sang Hyang Adi Buddha adalah sesosok makhluk super dan Apa pemula berpikir bahwa kita diciptakan oleh Sang Hyang Adi Buddha atau bagaimana?


Kalau saya pribadi...dari lubuk hati yang paling dalam dan dengan kesadaran penuh menyatakan bahwa saya tidak yakin dengan adanya suatu makhluk yang Maha Kuasa dan menurut saya tidak ada makhluk yag Maha Kuasa di alam semesta ini.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: fran on 20 April 2011, 10:01:43 AM
Alkisah suatu ketika ada seorang pelukis yang baru saja tamat dari kursus melukis.  Dia menghabiskan waktu selama 3 hari untuk melukis pemandangan yang indah.  Dia ingin mengetahui apa pendapat khalayak ramai mengenai keterampilannya melukis.  Dia meletakkan lukisannya itu di sebuah persimpangan jalan yang ramai.  Dan dia meletakkan papan dengan tulisan yang cukup besar di bawah lukisan itu, "Saya melukis pemandangan ini.  Karena saya masih baru dalam profesi ini, saya mungkin membuat beberapa kesalahan dalam coretan saya.  Tolong Anda menandai kesalahan yang Anda lihat dengan tanda silang."

Ketika dia kembali di sore harinya untuk mengambil lukisannya, dia benar-benar terkejut dan hancur semangatnya melihat seluruh kanvasnya penuh coretan dan ada beberapa orang yang bahkan menuliskan komentarnya di lukisan tersebut.  Dengan patah semangat dan putus asa dia membawa lukisan itu ke rumah gurunya dan ... menangis sedih.  Artis muda ini dengan sulit berkata kepada gurunya, "Saya tidak berguna.  Semuanya sia-sia dan bila semua yang telah saya pelajari itu yang diperlukan untuk menjadi pelukis, saya tidak akan menjadi pelukis yang baik.  Masyarakat telah menolak saya mentah-mentah.  Saya merasa sepertinya lebih baik saya mati saja."

Sang guru tersenyum dan berkata, "Anakku, aku akan membuktikan bahwa kamu adalah seniman yang hebat dan telah belajar melukis tanpa cacat.  Kerjakan apa yang kukatakan kepadamu tanpa bertanya.  Aku jamin."  Walaupun enggan, seniman muda ini setuju.  Dua hari kemudian, di pagi hari dia membawa replica lukisan semula kepada gurunya.  Sang guru menerimanya dengan gembira dan tersenyum.  "Ayo, ikut aku," kata gurunya.

Mereka sampai di persimpangan jalan yang sama, di pagi hari dan memamerkan lukisan itu di tempat yang sama.  Sang guru meletakkan papan bertuliskan, "Saudara-saudara, saya melukis pemandangan ini.  Oleh karena saya baru dalam profesi ini, saya mungkin telah melakukan beberapa kesalahan dalam goresan saya.  Saya menyediakan kotak berisi cat dan kuas di bawah.  Saya mohon bantuan Saudara.  Bila Saudara melihat ada kesalahan, silakan mengambil kuas dan mengoreksinya."  Guru dan murid ini kemudian berjalan pulang.

Keduanya kembali ke tempat yang sama sore harinya.  Seniman muda ini tercengang melihat bahwa tidak satu koreksian pun yang telah dilakukan orang.  Mereka meletakkan lukisan itu di sana keesokan harinya dan di sore harinya tetap tidak ada orang yang mengoreksi.  Mereka melanjutkan aksi itu selama sebulan dan tetap tidak ada orang yang mengoreksi!

Inti dari cerita ini:
Orang mudah melontarkan kritik, tetapi TIDAK MAMPU UNTUK MEMPERBAIKI!
Kalau sedang menonton pertandingan olahraga di televisi, banyak orang yang berkomentar macam-macam, seakan-akan dia lebih mahir dari pemain yang bersangkutan.
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: Sunkmanitu Tanka Ob'waci on 20 April 2011, 10:11:35 AM
demikian pula dengan anda. apa hubungannya dengan topik?
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: icykalimu on 22 April 2011, 09:59:25 AM
ini penjelasan dari buku sanghyang kamahayanikan

Aliran Mahayana berkejakinan adanja Tuhan Jang Maha Esa dalam istilah Agama Buddha disebut dan dipudja sebagai Sanghyang Adi Buddha. ADI, kata asal AD artinja Pokok Permulaan ( Primordial, Oer, Oeraanvang ).
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: adi lim on 22 April 2011, 10:09:49 AM
Quote from: icykalimu on 22 April 2011, 09:59:25 AM
ini penjelasan dari buku sanghyang kamahayanikan

Aliran Mahayana berkejakinan adanja Tuhan Jang Maha Esa dalam istilah Agama Buddha disebut dan dipudja sebagai Sanghyang Adi Buddha. ADI, kata asal AD artinja Pokok Permulaan ( Primordial, Oer, Oeraanvang ).

pendapat anda atau memang aliran Mahayana punya keyakinan demikian ?
lebih detail !
Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: adi lim on 22 April 2011, 10:13:22 AM
Quote from: Indra on 23 June 2010, 07:38:21 AM
kata ganti orang ke tiga (BELIAU) digunakan untuk menggantikan Sanghyang Adi Buddha, apakah anda mengatakan bahwa Sanghyang Adi Buddha adalah sesosok makhluk super?

Jadi menurut anda, kita diciptakan oleh Sanghyang Adi Buddha?

dengan adanya kalimat demikian (bold), menyebabkan ada beberapa kelompok punya kepercayaan seperti itu  :)

Title: Re: bolak balik tipitaka tetap kagak jumpa yang namanya sanghyang adi buddha
Post by: lobsangchandra on 22 April 2011, 04:16:59 PM
Quote from: icykalimu on 22 April 2011, 09:59:25 AM
ini penjelasan dari buku sanghyang kamahayanikan

Aliran Mahayana berkejakinan adanja Tuhan Jang Maha Esa dalam istilah Agama Buddha disebut dan dipudja sebagai Sanghyang Adi Buddha. ADI, kata asal AD artinja Pokok Permulaan ( Primordial, Oer, Oeraanvang ).
saya mendalami mahayana tibetan, tidak ada satu konsep pun mengenai Tuhan YME atau Sang hyang Adi Buddha...

apa definisinya Tuhan, Allah dsb ??? dan saya pernah dengar ada yg mengkonotasikan Tuhan pencipta adalah dewa Brahma sbg pemimpin alam semesta ....bagaimana jelasnya ???  ???