(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.kompas.com%2Fdata%2Fphoto%2F2009%2F08%2F26%2F1528574p.jpg&hash=5a25d680e141daba343d62e7533bc5953004ba8c)
Tongkrongan tambah gagah
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.kompas.com%2Fdata%2Fphoto%2F2009%2F08%2F26%2F1530104p.jpg&hash=95e25df5e2a7c0a6d63c2d211d7900ff6398ba52)
Sangar, menyiratkan kedahsyatan
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.kompas.com%2Fdata%2Fphoto%2F2009%2F08%2F26%2F1531072p.jpg&hash=c6205e3a680687ec2ec07236ae167d7982a6abf2)
Tenaga menjadi 273 dk
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fwww.kompas.com%2Fdata%2Fphoto%2F2009%2F08%2F26%2F1533594p.jpg&hash=51f58755604b0d1181dedf97c77efa11fb5c22e2)
Indikator boost turbo terpantau
KOMPAS.com - Dari tampilan, Anda pasti tidak menyangka Mazda RX-7 ini produksi 2002. Tampangnya jadi lebih muda setelah menjalani operasi total. Enggak cuma bodi, sekalian jeroan yang sampai harus konsultasi sama "dokter" yang praktik di RE Amemiya, Jepang. Hasilnya, sedan dua pintu ini sungguh dahsyat.
Raifra sangat beruntung memiliki sedan kupe produksi terakhir. Gilanya lagi, ia sengaja mempersiapkan untuk dipermak luar-dalam agar memenuhi hasratnya yang gemar mobil berstatus eksotis. Bagi yang berpapasan sama Mazda RX-7 ini harap menahan detak jantung.
Karena, tenaga standar mesin rotary berkapasitas 1.300 cc dengan kode 13B-REW sudah didongkrak. Si pemilik menjejalkan turbo kit bolt-on bikinan GReddy. Namun bisa sampai terpasang tidak gampang. "Setelah berkonsultasi dengan RE-Amemiya (tuner khusus Mazda, red), mereka merekomendasi turbo GReddy," ungkap Dony, mekanik bengkel Hikari yang dipercaya sebagai builder sedan berkelir biru ini.
Boost dibatasi sampai 0,9 Bar, meski bisa mencapai 1,2 Bar lantaran jeroan mesin yang masih bawaan asli. Risiko lainnya, salah setting atau nafsu mengeset boost yang terlalu tinggi, mengakibatkan komponen dalam mesin jebol. "Dengan boost segitu saja, mesin sempat jebol," kenang Dony.
Selesai mesin, pindah ke bodi. Kit lansiran RE Amemiya memang paling sahih. Rumah modifikasi yang didirikan Isami Amemiya ini terkenal sebagai kreator komponen aftermarket untuk Mazda. Selain juga urusan mesin.
Hanya, untuk mendapat satu set body kit berbahan campuran plastik dan fiberglass butuh kesabaran. Menurut Dony harus menunggu tiga bulan karena diorder langsung dari Jepang. Tampilan pun terkatrol dan dari sisi fungsi cukup mumpuni menaikkan aerodinamika.
Yang pasti, tongkrongan Mazda RX-7 ini lebih ganas dan tampangnya lebih muda daru usianya. (Tomo)