Mau tanya pd yg mengerti otomotif..
Gw kan pake mobil transmisi automatic.. Nah, klo di traffic light lebih baik gw pindahkan ke N ato menginjak rem terus? mana yg sebenarnya lebih baik buat mobil spy awet, ga cepat rusak..
pindah ke N. kalo diinjek rem, lebih boros bensin dan mesin jadi panas juga
pindah ke N lalu handbreak klo jalan gak rata, klo rata gak usah
Quote from: calon_arahat on 28 July 2009, 08:21:38 PM
Mau tanya pd yg mengerti otomotif..
Gw kan pake mobil transmisi automatic.. Nah, klo di traffic light lebih baik gw pindahkan ke N ato menginjak rem terus? mana yg sebenarnya lebih baik buat mobil spy awet, ga cepat rusak..
sebenarnya si gak banyak perbedaan , soalnya kan mobil sekarang ada teknologi HOLD, kalau gak salah
tanya2 teknisi waktu servis mobil
idealnya juga begitu kan pada transmisi manual.. pake handbreak dan posisi N juga..
kalau mau main kopleng ama rem pada manual.. apalagi di tanjakan.. kaki itu bisa minta dipijat..
kekna ada perbedaan. liat aja RPM nya antara N dan D waktu di rem diem pada mobil matic
kalau hanya di lampu merah, tetap di D dan injak rem
pindah ke N kalau berhenti lama aja...
perpidahan transmisi walau kesannya halus, tetap aja ada friction.
yg bikin cepat rusak itu kalau lagi di tanjakan, utk mengimbangi gaya gravitasi, malah tekan gas, bukan tekan rem.
ini berlaku buat mobil transmisi otomatis maupun manual...
Quote from: calon_arahat on 28 July 2009, 08:21:38 PM
Mau tanya pd yg mengerti otomotif..
Gw kan pake mobil transmisi automatic.. Nah, klo di traffic light lebih baik gw pindahkan ke N ato menginjak rem terus? mana yg sebenarnya lebih baik buat mobil spy awet, ga cepat rusak..
Kalau pas di traffic light bisa jalan terus aja.
Kecuali traffic lightnya MERAH, nah baru perlu berhenti
tidak perlu pindah ke N, karna mobil pasti mengerti kalau
full brake berarti tenaga mesin tidak disalurkan/diteruskan.
Untuk hemat dan awet, antisipasi dari jauh sebelum
mendekatin trafic light. Kalau memang udah mau merah,
ya jangan menambah kecepatan lagi, dan sebailiknya begitu.
utk tanjakan bisa pindah ke 1, atau 2.
kira2 begitulah.
Quote from: johan3000 on 11 August 2009, 11:26:58 AM
Quote from: calon_arahat on 28 July 2009, 08:21:38 PM
Mau tanya pd yg mengerti otomotif..
Gw kan pake mobil transmisi automatic.. Nah, klo di traffic light lebih baik gw pindahkan ke N ato menginjak rem terus? mana yg sebenarnya lebih baik buat mobil spy awet, ga cepat rusak..
Kalau pas di traffic light bisa jalan terus aja.
Kecuali traffic lightnya MERAH, nah baru perlu berhenti
tidak perlu pindah ke N, karna mobil pasti mengerti kalau
full brake berarti tenaga mesin tidak disalurkan/diteruskan.
Untuk hemat dan awet, antisipasi dari jauh sebelum
mendekatin trafic light. Kalau memang udah mau merah,
ya jangan menambah kecepatan lagi, dan sebailiknya begitu.
utk tanjakan bisa pindah ke 1, atau 2.
kira2 begitulah.
untuk antisipasi kayaknya sulit.. kan ga semua traffic light dilengkapi dgn timer..
tanjakan ngapain pindah ke 1 atau 2? pakai D aja klo tanjakan2 standard bisa kok..
kalau utk tanjakan, dan ingin lebih RESPOSIVE (bertenaga dan percaya diri / gaya berkendaraan), ya pakai 1
nah secara umum bisa saja pakai D,
utk Nissan Levina apabila pada tanjakan+beban melampauin kemampuan D,
dgn otomatis transmisi akan pindah ke 1.
Adakah yg udah mencoba D secara otomatis pindah ke 1 ? mohon kabarin.
jadi santai aja deh... mesin bekerja utk manusia begitu!
^hebat yah teknologi makin cangih
makin otomatis saja
kalau tanjakan mendingan pakai 1, 2
bahaya kalau mobilnya gak respon tenaganya
Quote from: johan3000 on 12 August 2009, 11:08:04 AM
kalau utk tanjakan, dan ingin lebih RESPOSIVE (bertenaga dan percaya diri / gaya berkendaraan), ya pakai 1
nah secara umum bisa saja pakai D,
utk Nissan Levina apabila pada tanjakan+beban melampauin kemampuan D,
dgn otomatis transmisi akan pindah ke 1.
Adakah yg udah mencoba D secara otomatis pindah ke 1 ? mohon kabarin.
jadi santai aja deh... mesin bekerja utk manusia begitu!
cara taunya klo transmisinya udah berpindah gimana?
gw selama ini pake D bisa naek ke tanjakan2 di tempat parkir manapun, setidaknya yg gw pernah pergi.. ga tau lagi klo otomatis transmisinya berpindah..
Quote from: calon_arahat on 12 August 2009, 07:19:43 PM
Quote from: johan3000 on 12 August 2009, 11:08:04 AM
kalau utk tanjakan, dan ingin lebih RESPOSIVE (bertenaga dan percaya diri / gaya berkendaraan), ya pakai 1
nah secara umum bisa saja pakai D,
utk Nissan Levina apabila pada tanjakan+beban melampauin kemampuan D,
dgn otomatis transmisi akan pindah ke 1.
Adakah yg udah mencoba D secara otomatis pindah ke 1 ? mohon kabarin.
jadi santai aja deh... mesin bekerja utk manusia begitu!
cara taunya klo transmisinya udah berpindah gimana?
gw selama ini pake D bisa naek ke tanjakan2 di tempat parkir manapun, setidaknya yg gw pernah pergi.. ga tau lagi klo otomatis transmisinya berpindah..
Tongkat transmisi berpindah dgn sendirinya.
kalau tidak muatan penuh rasanya gak bakal pindah...