Forum Dhammacitta

Topik Buddhisme => Diskusi Umum => Topic started by: savana_zhang on 20 April 2009, 07:35:27 PM

Title: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: savana_zhang on 20 April 2009, 07:35:27 PM
                       Nah teman2 ada lagi nih
klo di luar jawa banyak masyarakat cina pd umumnya yang masih tradisional tp jg buddhis dimana mereka sering mempergunakan bao shen fu atau jimat
nah sekarang apa pendapat anda apakah pakai jimat itu berdosa atau tidak apa-apa?
                       catatan;
jimatnya digunakan buat melariskan usaha misalnya
atau melindungi diri dengan bahaya(pakai pistol juga bisa sih)
bukan untuk nyelakai orang

tetapi pakai jimat so pasti berhubungan dg mahkluk halus lo
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Sumedho on 20 April 2009, 08:44:25 PM
boleh-boleh aja, asal siap dengan resikonya :)

tapi tentu saja penggunaan hal seperti itu tidak mendukung untuk ke arah pembebasan
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Brado on 20 April 2009, 09:12:26 PM
resikonya apa yah bro ?
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: gajeboh angek on 20 April 2009, 09:35:36 PM
secara Buddhis yang baik tidak mengenal dosa (melanggar perintah tuhan), tetapi sebab dan akibat. apabila sesuatu hal dilakukan secara lobha dosa (kebencian, penolakkan) dan moha, maka akan menimbulkan akibat yang tidak baik juga.

nah, motivasinya apa? mencari keuntungan, penglaris, cari jodoh, ada unsur lobha...
menghindari musibah, takut dikerjain orang sakti, ada unsur dosa...
kagak tahu (atau tahu tapi masa bodoh) bahwa setiap makhluk pemilik karmanya sendiri, berhubungan dengan karmanya sendiri, terlahir karena karmanya sendiri, terlindungi oleh karmanya sendiri, ada unsur moha...

kalau saya pernah dikasih jathukam sama Bhante, saya simpen karena kurang pas rasanya kalau langsung dibuang..., anggap saja tambahan hiasan buat di altar.
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Indra on 20 April 2009, 09:38:36 PM
ini gue kasih jawaban yang paling benar:

kalo bener jimatnya bisa bikin kaya, maka jimat itu WAJIB dipakai dan diproduksi sebanyak2nya trus dibagi2
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Sumedho on 20 April 2009, 09:58:38 PM
Quote from: Lokkhitacaro on 20 April 2009, 09:12:26 PM
resikonya apa yah bro ?

tergantung jimatnya ;D
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: ryu on 20 April 2009, 10:40:36 PM
Quote from: Indra on 20 April 2009, 09:38:36 PM
ini gue kasih jawaban yang paling benar:

kalo bener jimatnya bisa bikin kaya, maka jimat itu WAJIB dipakai dan diproduksi sebanyak2nya trus dibagi2
Batu Ponari bisa bikin kaya tuh oom =))
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Adhitthana on 20 April 2009, 11:13:38 PM
Kalo sudah terbiasa pake jimat, nanti lama-lama tergantung sama jimat

mao buka toko baru ..... cari jimat lagi
mao keluar rumah, pergi yg jauh kemana-mana mesti bawa jimat
kelupaan bawa .... gak PD, perasaan was-was
Hidup jadi gak nyaman .......

buat saja jimat dalam diri sendiri yaitu : berpikir yg baik. berbuat yg baik, berkata yg baik
ini jimat yg paling ampuh dan gak mungkin bisa hilang ......  :)
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: savana_zhang on 21 April 2009, 10:28:51 AM
              baik sekali saudara2 terima kasih atas comentnya n bagi yg lain harap berpartisipasi juga.tp ingat konteksnya yaitu tidak untuk mencelakakan orang lain.sementara ini kasus ini belum saya confirm dg guru2 kita di sangha tp kita kumpul2 dulu comentnya baru ntar klo udah banyak g tanyain n g posting jawabanya,n bagi yg punya pertanyaan lainnya posting juga donk
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: hatRed on 21 April 2009, 10:38:12 AM
ini namanya apa ya...

silabata paramasa ya? cmiiw
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: bond on 21 April 2009, 10:41:58 AM
Mau jimat ampuh?

nama jimatnya triratna--> Buddha, Dhamma dan Sangha. Kalo di pake terus bisa bawa hoki ;D
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Indra on 21 April 2009, 10:47:08 AM
Quote from: bond on 21 April 2009, 10:41:58 AM
Mau jimat ampuh?

nama jimatnya triratna--> Buddha, Dhamma dan Sangha. Kalo di pake terus bisa bawa hoki ;D

semakin besar semakin ampuh, kek gue kemana2 bawa jimat buddharupang 30kg+RAPB 1 set, bagian Sangha yg agak repot
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: bond on 21 April 2009, 10:55:21 AM
Quote from: Indra on 21 April 2009, 10:47:08 AM
Quote from: bond on 21 April 2009, 10:41:58 AM
Mau jimat ampuh?

nama jimatnya triratna--> Buddha, Dhamma dan Sangha. Kalo di pake terus bisa bawa hoki ;D

semakin besar semakin ampuh, kek gue kemana2 bawa jimat buddharupang 30kg+RAPB 1 set, bagian Sangha yg agak repot

Wah tangan om tambah berotot aja dong ;D
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Gunawan on 21 April 2009, 11:06:52 AM
Jadilah Pelita Bagi Dirimu Sendiri (Attadipa)
Jadilah Pelindung Bagi Dirimu Sendiri (Annasarana)
Peganglah Dhamma sebagai Pelitamu (Dhammadipa)
Peganglah Dhamma sebagai Pelindungmu (Dhammasarananca)

_/\_
Gunawan S S
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Hendi Wijaya on 21 April 2009, 11:14:17 AM
Quote from: bond on 21 April 2009, 10:55:21 AM
Quote from: Indra on 21 April 2009, 10:47:08 AM
Quote from: bond on 21 April 2009, 10:41:58 AM
Mau jimat ampuh?

nama jimatnya triratna--> Buddha, Dhamma dan Sangha. Kalo di pake terus bisa bawa hoki ;D

semakin besar semakin ampuh, kek gue kemana2 bawa jimat buddharupang 30kg+RAPB 1 set, bagian Sangha yg agak repot

Wah tangan om tambah berotot aja dong ;D

bantu2 sangha + latihan jadi ade rai ;D
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Brado on 21 April 2009, 11:36:00 AM
Quote from: Sumedho on 20 April 2009, 09:58:38 PM
Quote from: Lokkhitacaro on 20 April 2009, 09:12:26 PM
resikonya apa yah bro ?

tergantung jimatnya ;D

Saya juga ada sih, taruh di dompet, sejenis fu begitu, kertas kuning lipat segitiga, mama yang ngasih dulu sih, sampai beliau sudah tiada, tetap saya taruh di dompet, sekalian kenang2an, kalao gini salah apa kaga ? abis saya juga ga tau kegunaannya apa..
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Gunawan on 21 April 2009, 12:05:38 PM
Quote from: Lokkhitacaro on 21 April 2009, 11:36:00 AM
Quote from: Sumedho on 20 April 2009, 09:58:38 PM
Quote from: Lokkhitacaro on 20 April 2009, 09:12:26 PM
resikonya apa yah bro ?

tergantung jimatnya ;D

Saya juga ada sih, taruh di dompet, sejenis fu begitu, kertas kuning lipat segitiga, mama yang ngasih dulu sih, sampai beliau sudah tiada, tetap saya taruh di dompet, sekalian kenang2an, kalao gini salah apa kaga ? abis saya juga ga tau kegunaannya apa..

Anda yang bisa menilai sendiri yach;
Jika Benda itu bisa meningkatkatkan kualitas Batin anda , silahkan itu di keep dalam dompet anda... :)
Jika Benda itu tidak bisa meningkatkan kualitas batin anda , Daripada menuh-menuhin dompet anda mendingan di...... ;D
Kammasakomhi,kammadayada,kammayoni,kammabandhu,kammapatisarano

_/\_
Gunawan S S

Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: lophenk on 21 April 2009, 03:52:56 PM
Quote from: Virya on 20 April 2009, 11:13:38 PM
Kalo sudah terbiasa pake jimat, nanti lama-lama tergantung sama jimat

mao buka toko baru ..... cari jimat lagi
mao keluar rumah, pergi yg jauh kemana-mana mesti bawa jimat
kelupaan bawa .... gak PD, perasaan was-was
Hidup jadi gak nyaman .......

buat saja jimat dalam diri sendiri yaitu : berpikir yg baik. berbuat yg baik, berkata yg baik
ini jimat yg paling ampuh dan gak mungkin bisa hilang ......  :)


sangat setuju !!!
hal inilah yg kurasakan dulu ktk berhubungan & bergelut dgn jimat2 ini .
adalah satu kebodohan batin kalo menggantungkan diri kita pd jimat .

kita terlindung oleh karma kt sendiri , baik n buruk tergantung kt sendiri ,
jadi kembangkanlah kepercayaan pd diri kt sendiri !!!

Amithofo _/\_

Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Brado on 21 April 2009, 04:00:58 PM
Quote from: Gunawan on 21 April 2009, 12:05:38 PM
Quote from: Lokkhitacaro on 21 April 2009, 11:36:00 AM
Quote from: Sumedho on 20 April 2009, 09:58:38 PM
Quote from: Lokkhitacaro on 20 April 2009, 09:12:26 PM
resikonya apa yah bro ?

tergantung jimatnya ;D

Saya juga ada sih, taruh di dompet, sejenis fu begitu, kertas kuning lipat segitiga, mama yang ngasih dulu sih, sampai beliau sudah tiada, tetap saya taruh di dompet, sekalian kenang2an, kalao gini salah apa kaga ? abis saya juga ga tau kegunaannya apa..

Anda yang bisa menilai sendiri yach;
Jika Benda itu bisa meningkatkatkan kualitas Batin anda , silahkan itu di keep dalam dompet anda... :)
Jika Benda itu tidak bisa meningkatkan kualitas batin anda , Daripada menuh-menuhin dompet anda mendingan di...... ;D
Kammasakomhi,kammadayada,kammayoni,kammabandhu,kammapatisarano

_/\_
Gunawan S S



Hehehe.. balik lagi nih pertanyaan, kalo emang ga meningkatkan kualitas batin, sebaiknya gimana cara untuk menyempurnakannya ? Dibakar ? Atau langsung dibuang begitu saja ? Perlu baca paritta dulu ? Gimana ?
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Brado on 21 April 2009, 04:07:19 PM
Beberapa bulan lalu ketika Bhante Thailand yang diduga Arahat datang ke indonesia, ramai2lah berdana Kimpo, kemudian tambang setelah acara kimpo selesai digunting berutas2 dan kabarnya diperebutkan umat Buddha yang datang, sayapun dapat dari teman yang kebetulan datang dengan pesan darinya setelah menghadiahi saya utas tambang ini; "simpan di dompet ya?"
Apakah model yang seperti ini termasuk jimat jugakah ?
Mohon pencerahan teman2 nih..
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: bond on 21 April 2009, 04:21:19 PM
Quote from: Lokkhitacaro on 21 April 2009, 04:07:19 PM
Beberapa bulan lalu ketika Bhante Thailand yang diduga Arahat datang ke indonesia, ramai2lah berdana Kimpo, kemudian tambang setelah acara kimpo selesai digunting berutas2 dan kabarnya diperebutkan umat Buddha yang datang, sayapun dapat dari teman yang kebetulan datang dengan pesan darinya setelah menghadiahi saya utas tambang ini; "simpan di dompet ya?"
Apakah model yang seperti ini termasuk jimat jugakah ?
Mohon pencerahan teman2 nih..

Bisa dilihat dari dua sudut pandang.

1. Mereka yg tidak memiliki pengertian benar dan pandangan benar dapat berpikir itu sebagai jimat pembawa keberuntungan , keselamatan dsb yg membawa orang menjadi mempercayai ketakhayulan --->micchaditthi

2. Apabila utas tambang itu dapat mengingatkan pada anggota sangha tersebut yg telah berjuang dalam menjalankan dhamma dan dapat menginspirasikan kita agar lebih giat berlatih ketika melihat "utas tambang itu" maka hal itu sangat baik.
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: savana_zhang on 21 April 2009, 05:28:49 PM
             sebenarnya yg jd topic adalah apakah apakah jimat itu dibolehkan oleh agama buddha tidak karena soal berfungsi tidaknya itu urusan yg lainnya saudara2ku sedhamma.
             n buat yg ingin discard jimat lamanya harap ingat ya
dilarang keras untuk dibuang tp harus dibakar,karena jimat itu adalah kontrak(kayak kwitansi gt)
tp ini menurut TAO.gt sih yg dikabarkan soalnya g jg g pake jimat
              tp dari posting diatas bisa disimpulkan bahwa byk jg yg mengerti cukup banyak mengenai dhamma
karena byk yg berpijak dr sutta.bagus sekali
               yuk yg lainya posting juga donk sebanyak2nya ntar biar rame
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Gunawan on 21 April 2009, 05:43:28 PM
 [at] Bro lokhitacaro = Maksud saya lebih baik di Kembalikan atau di berikan kpd orang lain, Lebih Baik Jangan Melekat Kpd Hal-hal Klenik spt itu.... :( dan Lebih Bijaksana jika DHAMMA dan Kekuatan Perbuatan Bajik yang akan menjadi Pelindungmu.

_/\_
Gunawan
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: ryu on 21 April 2009, 06:20:04 PM
Intinya yang pakai jimat itu Buddhist dari aliran mana :D
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Lily W on 21 April 2009, 09:12:05 PM
Quote from: bond on 21 April 2009, 10:41:58 AM
Mau jimat ampuh?

nama jimatnya triratna--> Buddha, Dhamma dan Sangha. Kalo di pake terus bisa bawa hoki ;D

Wah... bagus tuh... 3 mustika (permata).... :jempol:
itu bukan hanya bawa hoki aja lho...Keinginan wajar manusia yaitu FUK LUK SIU (Bahagia, hoki & panjang umur) bisa tercapai sekaligus... ;D

_/\_ :lotus:

Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Lily W on 21 April 2009, 09:20:36 PM
Quote from: savana_zhang on 21 April 2009, 05:28:49 PM
             sebenarnya yg jd topic adalah apakah apakah jimat itu dibolehkan oleh agama buddha tidak karena soal berfungsi tidaknya itu urusan yg lainnya saudara2ku sedhamma.
             n buat yg ingin discard jimat lamanya harap ingat ya
dilarang keras untuk dibuang tp harus dibakar,karena jimat itu adalah kontrak(kayak kwitansi gt)
tp ini menurut TAO.gt sih yg dikabarkan soalnya g jg g pake jimat
              tp dari posting diatas bisa disimpulkan bahwa byk jg yg mengerti cukup banyak mengenai dhamma
karena byk yg berpijak dr sutta.bagus sekali
               yuk yg lainya posting juga donk sebanyak2nya ntar biar rame

Buddhisme tidak melarang jimat (jimat itu hanya objek dan objek itu adalah netral)...yang penting adalah bagaimana batin kita merespon terhadap jimat itu? apakah batin kita timbul Lobha, Dosa & Moha? silakan renungkan masing-masing yaah...

_/\_ :lotus: 
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Shining Moon on 21 April 2009, 09:21:50 PM
Kalau menurut Ajahn Brahm, jimat2an BUKAN ajaran buddhis (ada ceramahnya, kalau tidak salah yang judulnya Loving Life, Loving Kindness). Jimat, menurut Ajahn Brahm hanyalah tradisi saja (misalnya di thai ada amulet biar badannya kebal). Masih menurut beliau, baiknya jimat dibuat jadi gantungan kunci saja.
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: FZ on 21 April 2009, 10:59:51 PM
Saya rasa ptnyaannya gak tepat ditanyakan di sini.
Krn ptnyaannya lbh ke taoism. Jd gak bkl ada titik temu ?

Pertanyaan yg sama, perlukah menyembah Tuhan. Bg agama samawi perlu, bagi buddhist, tidak. Beda jawaban krn basicnya beda.

Jd dari perumpamaan itu, saya rasa jwbn yg diberikan akan berat sebelah terpatok pada 1 sudut pandang saja
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: marcedes on 22 April 2009, 12:36:31 AM
pake amulet/jimat sih gpp

asalkan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Mr.Jhonz on 22 April 2009, 07:02:54 AM
Lagi ngomongin jimat ya?
Bukan jimat yg dithread ngejunk kan?;D

oh ya,teman sy dulu nyimpan jimat yg untuk berantem lho..
Semenjak dia bawa jimat itu,jd emosian..
Terakhir dikeroyok ama 3 orang..teman sy memar2 tapi lawannya luka2..
Katanya si manfaat jimat itu,jika lg berantem jadi pemberani,trus ga terasa sakit,trus badan jd ringan.
Efek samping yg banyak, banyak masalah,dompet ga pernah berisi,dan pantangan dan ritualnya banyak...

Sekarang udah di lepas tu jimat(ga tahan)
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Mr.Jhonz on 22 April 2009, 07:09:50 AM
Oh ya..dalam mendapat jimat dan belajar ilmu
Jika kita ga kuat mentalnya.
Bisa gila lho..minimal sakit2an

dan ingat jangan suka kombinasikan jimat2,jangan jimat di dompet ampe lbh dari 1.bisa bentrok lho..

jadi bnyk efek negatif dari positifnya.
Mendingan jangan...

Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Brado on 22 April 2009, 07:41:29 AM
Quote from: Gunawan on 21 April 2009, 05:43:28 PM
[at] Bro lokhitacaro = Maksud saya lebih baik di Kembalikan atau di berikan kpd orang lain, Lebih Baik Jangan Melekat Kpd Hal-hal Klenik spt itu.... :( dan Lebih Bijaksana jika DHAMMA dan Kekuatan Perbuatan Bajik yang akan menjadi Pelindungmu.

_/\_
Gunawan

Kalau dikatakan saya tidak melekat, toh saya tetap menyimpannya sampai sekarang, tapi saya memang tidak tahu kegunaannya sih, itu saya pakai cukup lama dan itupun mendiang bunda yang ngasih, saya cuma simpen sebagai kenang2an semata
Kalau mau dikembalikan, kembalikan sama siapa ? Wong saya ga tau mendiang Bunda dulu dapatnya juga dari mana ?
Tenang aja bro Gunawan, saya masih berusaha untuk menjadi Upasaka yang baik koq..  ;D
Jangan sedih gitu ya..  :P
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: purnama on 22 April 2009, 09:04:10 AM

--- In Dharmajala [at] yahoogroups.com, "ardian_c" <ardian_c [at] ...> wrote:

beberapa kali berpikir apakah pantas menuliskan hal2 seperti ini ?
jika dituliskan bisa membuat beberapa orang merasa senang atau juga
merasa marah bahkan bisa mengundang perdebatan panjang, bahkan pada
sudut yang amat extreme akan menyangkalnya. Disisi lain akan digunakan
sebagai senjata untuk menghantam agama Buddha itu sendiri.

Tapi karena begitu banyaknya pemahaman yang salah, terutama dikalangan
generasi muda yang ironisnya adalah penganut Buddhism. Tidak lupa
dalam ingatan beberapa tahun yang lalu ada satu vihara besar yang
lucunya mengadakan perayaan Valentine tapi tidak mengadakan perayaan
hari raya Imlek padahal mayoritas umatnya adalah orang Tionghoa.

Pengaruh Buddhisme terhadap budaya Tionghoa dan sebaliknya itu amat
luas dan dalam sehingga sulit sekali membedakan yang mana itu Buddhism
dan yang mana itu merupakan bagian murni dari budaya Tionghoa.

Buddhism bisa mendapatkan pijakan dan penyebaran di satu wilayah yang
memiliki budaya yang tinggi dan tua, ini seharusnya menjadi suatu
kebanggaan masyarakat Buddhist itu sendiri. Disaat sekarang ini ada
banyak aliran lain yang dulunya menyangkal atau meminggirkan dengan
keras budaya Tionghoa sekarang perlahan2 mulai menyerap dan mengadakan
kegiatan yang berkaitan dengan budaya Tionghoa.
Ironisnya ada satu kawan saya yang mau mengajarkan kaligrafi dan
mengusulkan kegiatan yang bersifat budaya Tionghoa mendapatkan
tentangan dari pemuka vihara.

Sekedar pembuka mata, tulisan tertua sekarang ini berasal dari
Tiongkok dan disebut tulisan jiahu. Walau demikian hal itu masih
kontroversial, tapi penemuan2 arkeologis belakangan ini yang meningkat
pesat membuktikan bahwa 8500 tahun yang lalu sudah dikenal sistem
pertanian, perternakan dan pembuatan gerabah yang sistematis dan
tertata dengan baik.

Sebelum melihat baik atau buruknya suatu tradisi, perlu dipikir SECARA
JERNIH bahwa banyak tradisi itu mengandung suatu ajaran yang kadang
bersifat upayakausalya atau fangbian men.
Dimana setiap tradisi itu memiliki nilai luhur. Sebagai contoh,
Qingming atau Ceng Beng yang nilainya sebenarnya luhur yaitu reboisasi
atau penanaman pohon, merawat kuburan yang tidak terurus, memberikan
kebebasan bagi para gadis istana, melepaskan sekat2 pemisah antara
keluarga bangsawan dengan rakyat jelata.

Prof.Chen Yao Ting dalam diskusi kecil yang pernah dilakukan oleh saya
dan bbrp kawan, mengatakan bhw ada 2 budaya Tionghoa, yang pertama
adalah Ya Wenhua atau budaya tinggi/budaya yang bersifat filosofis dan
satunya adalah budaya shu wenhua atau budaya umum/budaya yang bersifat
pragmatis.
Sebagai contoh budaya shu adalah kepercayaan akan nenek Meng atau Meng
Po yang tertulis dalam kitab Yvli baojian atau jg terkadang ditulis
Yvli baochao. Dan kepercayaan nenek Meng itu begitu luas pengaruhnya
di masyarakat Tionghoa bahwa mereka yang akan tumimbal lahir diberikan
segelas air teh yang bisa menghapus memory mereka akan kehidupan
sebelumnya.
Sedangkan dalam budaya Ya, tentunya tidak dijelaskan seperti itu, tapi
lebih rumit dan bisa jadi akan membuat bingung masyarakat luas, bahkan
dijaman "modern" ( 2000 tahun kedepan kita semua ini adalah orang
kuno, jadi sebenarnya yg modern atau kuno itu TIDAK ADA, hanya mrk
yang masih kena jebakan konsep waktu yang membedakan KUNO MODERN atau
merasa dirinya sok modern )masih membingungkan banyak orang. Mungkin
banyak yang berlagak manggut2 tapi sebenarnya pusing. Karena
pengertian akan hal ini perlu kontemplasi mendalam, bukan hanya
membaca atau mendengarkan teks2 yang diulang. Inilah yang ditekankan
dengan keras oleh Zhuang Zi maupun Lao Zi, tidak terjebak kedalam
teks. Hal ini juga berlaku terhadap pengertian NIBBANA, perlu
perenungan dan kontemplasi bukan membeo pada teks2 saja.

Sekarang akan saya coba kupas beberapa hal yang berkaitan dengan
pengaruh timbal balik ini.

PENGARUH TIMBAL BALIK :

1.Patung , jelas sekali orang Tionghoa berbondong2 membangun patung
karena pengaruh Buddhism. Hal ini juga yang membuat seorang penyebar
agama lain dengan JELAS dan BERANI menuliskan bahwa Buddhism itulah
yang membuat orang Tionghoa menjadi penyembah berhala.
Ironis bukan ?
Tapi dibalik itu, ternyata membuat satu kemajuan yaitu seni pembuatan
patung menjadi begitu indahnya.
Buddhism awal sebelum terkena pengaruh Helenism jelas seperti orang
Tionghoa, bukanlah penyembah patung. Jadi baik mereka yang beraliran
Theravada, Mahayana maupun Vajrayana jelas2 mendapat pengaruh budaya
YUNANI. Hanya apakah mau mengakui atau tidak ? Bagi mereka yang mau
memurnikan agama Buddha atau mau beragama Buddha murni, buang semua
Buddha Rupang yang ada, karena itu jelas pengaruh budaya Yunani.
Orang Tionghoa purba membuat totem itu sebagai simbol dari klan atau
suku mereka dan dalam catatan Wuzhaque dituliskan bahwa simbol
persatuan orang Tionghoa itu adalah naga.
Awal mulanya mereka menuliskan nama leluhurnya disebilah papan sebagai
wujud tanda bakti mereka.
Kong Zi menganjurkan bakti dan mendorong agar orang Tionghoa
memperlakukan leluhur mereka seolah-olah masih hidup dan sebagai
panutan keluarga dan belajar menyadari bahwa tanpa leluhur terdekat
yaitu orang tua ,kita tidak mungkin bisa ada di dunia ini.
Bahkan Kong Zi secara terang2an mengatakan bhw tidaklah mungkin
menghormati Tian secara baik jika kita tidak bisa menghormati leluhur
terdekat dengan kita terlebih dahulu.

2.raja alam kematian, raja ke 5 yaitu Yuanluo wang atau raja Yama.
Sebelum masuknya Buddhism,orang Tionghoa terutama di aliran
filsafatnya tidak terlalu memusingkan alam kematian. Mereka hanya
yakin bahwa dengan berlaku bajik, pasti mendapat ganjaran yang baik.
Seperti yang tertulis dalam Daode jing, Tian Dao/Jalan Langit dekat
dan menjaga mereka yang berperilaku baik.
Pengaruh Buddhism menanamkan hal yang kuat yaitu tumimbal lahir.
Walau pra masuknya Buddhism, ada kepercayaan akan alam kematian yang
berlokasi di gunung Kunlun kemudian berubah di gunung Taishan dan
penguasanya yaitu Fengdu dadi, tapi pengaruh Buddhism memberikan suatu
pemahaman yang baru yaitu tumimbal lahir.
Dari pemahaman baru ini melahirkan serangkaian upacara
berkesinambungan berkaitan dengan perjalanan orang meninggal.

3.Budaya pindapatta.
Orang Tionghoa beranggapan bahwa mengemis adalah sikap yang tercela.
Jadi tidaklah heran vihara2 di Tiongkok itu para bhiksu dan
samaneranya bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tapi ini
baru sebagian dari masalah budaya, masalah lainnya adalah masalah
ekonomi, terutama pada masa Tang Wu Zhong, dimana ratusan ribu bhiksu,
bhiksuni, samanera, samaneri dipaksa kembali menjadi manusia biasa
karena dianggap menjadi parasit kerajaan dan juga parasit umat yang
menghidupi begitu banyaknya para bhiksu.
Vihara2 yang menghidupi sendiri dengan bercocok tanam tidak ditutup
oleh kerajaan Tang, dan semua itu berkat bhiksu Baizhang yang
menyadari hal itu.

4.jubah yang dikenakan.
secara umum pakaian bhiksu yang dikenakan adalah pakaian orang Han
atau yang disebut Han Fu. Bagi orang Tionghoa memperlihatkan bahu
adalah sikap yang tidak hormat bagi orang lain.

5.Hu/kertas jimat
banyak yg tidak tahu kalau dalam TRIPITAKA baik dalam bahasa mandarin,
jepang, korea ada metoda pembuatan jimat atau hu yang jelas2 mendapat
pengaruh dari Daojiao.
Perlu diingat kalau TIPITAKA sendiri sebenarnya ditulis ulang pada
abad ke 15 di Srilanka. Hal ini dituliskan agar jgn sampai yg
berpegang "TEGUH" pada TIPITAKA menjadi sombong. Bahkan ada
kecenderungan meragukan isi TIPITAKA sekarang ini adalah asli, ada yg
mencurigai kalau TIPITAKA sekarang ini mengandung hal2 yg bersifat
politis dan menguntungkan salah satu golongan saja.
Kertas jimat itu ternyata juga saya lihat di Thailand. Yg lbh absurd
dan rasanya budaya mistisme Tionghoa itu adalah tabu adalah dgn
menggunakan ukiran kayu seperti p*n*s sebagai jimat. Ironisnya jimat
itu dijual di toko Buddhist yg beraliran non MAHAYANA.

6.mantra
dipoint 5 ditulis mengenai hu, dan dalam hal mantra, ternyata ada
kata2 jijiruliling yang menjadi ciri khas Taoism.
Taoism sendiri menyerap kata2 OM AH HUM sebagai bagian dari mantra mereka.
Dong Mi atau Vajrayana timur yg sekarang ini masih berada di Jepang
menggunakan satu mantra pamungkas Taoism sebagai salah satu mantra
pamungkas mereka.

Sebenarnya masih banyak lagi, seperti kertas Wangsheng, Qialan,
songjing, kitab2nya, pengaruh Buddhism thdp Zhu Xi, pengaruh Taoism
thdp Huineng, pengaruh Ruism thdp Baizhang, banting semangka, qifan,
hari la ba, Maitreya, aturan kerajaan , 6 bunyi suara dsbnya.

Yg jelas budaya Tionghoa ada 3 pilar yaitu budaya penghormatan
leluhur, budaya keluarga dan budaya makanan.


Bogor 31 Juli jam 2:30 subuh


Ardian
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: dipasena on 22 April 2009, 09:15:56 AM
Penggunaan jimat ? boleh aja, tp jgn berpikir bahwa jimat yg memberikan keberuntungan dan kesialan bagi kita, karena bukan jimat yg mengatur kehidupan kita, melainkan perbuatan kita sendiri...

sy sendiri punya jimat, dilemari baju sy, klo mau ke pesta biar byk cewe yg ngelirik sy pake jimat sy yaitu kemeja yg keren, celana panjang formal yg matching dengan kemeja dan sepatu yg ok punya, tujuannya adalah menarik perhatian sebanyak-banyak nya terutama dari pihak wanita hahaha...

ada orang menggunakan jimat untuk mengusir mahluk halus, kesan nya seh ok... terlebih ditambah dengan cerita2 dan film2, tp coba aja klo ketemu sendiri dengan mahluk halusnya, trus coba gunakan jimat untuk ngusir... boro2 ngusir, ngeliat nya aja udah kabur duluan...:))
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: SarjanaHukum on 22 April 2009, 12:21:27 PM
Gunakan Jimat..sah-sah saja... asal membawa pikiran positif bagi yang memakainya.... berguna bagi dirinya dan tidak merugikan yang lain....

Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Gunawan on 22 April 2009, 12:22:07 PM
Hmmm......Pantesan banyak Pendapat-pendapat tidak enak yang selalu terlontar dari Umat Tetangga kpd Agama Buddha.
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: lophenk on 23 April 2009, 06:41:49 PM
kalo menggunakan jimat , jimat apapun itu ... biasanya akan membuat kita  jd tergantung

pd jimat itu , pdhal Hyang Buddha sdh mengajarkan agar kita percaya pd diri kita sendiri.

so ... yakin aja deh pd diri sendiri :)
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Mr.Jhonz on 23 April 2009, 07:59:32 PM
Hindari perbuatan jahat,
perbanyak perbuatan baik
sucikan hati dan pikiran
inilah jimat yang terbaik
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: Brado on 23 April 2009, 09:51:48 PM
Bagaimana dengan relik para suciwan ?
Sekarang banyak diperjual belikan berikut tempatnya, berupa kalung
Harganya cukup mahal, kisaran 400 ribu, 350 ribu bahkan banyak yang lebih mahal
Teman kantor ada yang sudah memakai, kata yang sudah memakainya di leher, bisa menetralisir pengaruh buruk, semisal : ilmu hitam dan lain sebagainya, juga menambah wibawa, tidak gampang emosi
Pertanyaannya, apakah ini juga sama saja diperlakukan seperti jimat jadinya kah ?
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: nyanadhana on 26 April 2009, 11:21:53 AM
maksudnya amulet Thailand dan semacamnya?
well,pakai saja dan tanam di otak baik2 bahwa amulet yang tadi dibeli adalah untuk berdana kepada vihara dan segala kegiatannya..kenapa amulet dirasakan bekerja? karena dana yang diberikan kepada vihara untuk menyokong semua aktifitasnya membawa manfaat baik dan kamma baik untuk anda.
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: lophenk on 26 April 2009, 12:15:30 PM
relik para suciwan ?

perlakukan saja sbg sesuatu yg dihormati , jgn mendewakannya .
kalo mendewa2kan relik itu , nanti bisa menjadi tergantung pdnya ... melekat !
intinya tetep , percaya pd diri sendiri :)
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: coedabgf on 26 April 2009, 12:46:24 PM
koq kenapa tanggapannya bisa berbeda yah antara Patung Buddha keluar air mata dengan peristiwa relik dan bahkan jimat-jimat (dalam praktek kegiatan sehari-harinya)?
apakah karena kebenaran yang selama ini dinyatakan sebenarnya adalah keakuan (ada kelekatan/kegengsian berasal dari keakuan karena sudah menyatakan pendapat kebenaran sebelumnya tentang Nibanna dan tilakhana pada forum), seperti yang guru Buddha bilang :
'Jika hati makhluk hidup masih melekat pada ciri, maka mereka selalu terikat pada ciri yang membedakan keakuan, manusia, makhluk hidup, dan kehidupan.'
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: kullatiro on 26 April 2009, 10:02:44 PM
well asal muasal jimat hu  seperti itukah?, bukan nya asal muasalnya adalah sutta atau parritta  yang di tulis di lempengan batu, kayu, sutra, dsb.

kita bisa lihat toh di potala ada sutta atau parritta di tulis di kayu yang melingkar itu yang bisa di gerakan ( tidak tau namanya).

aku rasa asal muasal nya seperti itu, kemudian semestinya menjadi pengingat akan Tri Ratna tetapi setelah melewati waktu yang panjang cermin cermin ini berubah fungsi oleh kealpan, kerakusan dan ternoda oleh manusia hingga yang kita kenal sekarang ini.

Patung , jelas sekali orang Tionghoa berbondong2 membangun patung
karena pengaruh Buddhism. Hal ini juga yang membuat seorang penyebar
agama lain dengan JELAS dan BERANI menuliskan bahwa Buddhism itulah
yang membuat orang Tionghoa menjadi penyembah berhala

ini seharusnya adalah cermin yang memperlihatkan pada kita sifat dan keagungan dari pencapaian suatu mahluk sehingga kita dapat mengikuti jejak langkah sang Buddha.

sebaiknya mengetahui sejarah suatu patung sebelum nya karena patung patung ini adalah cermin cermin yang di turunkan kepada kita dan seharusnya kita dapat memahami bahasa visual ini.
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: ika_polim on 27 April 2009, 03:30:22 PM
Quote from: savana_zhang on 20 April 2009, 07:35:27 PM
                       Nah teman2 ada lagi nih
klo di luar jawa banyak masyarakat cina pd umumnya yang masih tradisional tp jg buddhis dimana mereka sering mempergunakan bao shen fu atau jimat
nah sekarang apa pendapat anda apakah pakai jimat itu berdosa atau tidak apa-apa?
                       catatan;
jimatnya digunakan buat melariskan usaha misalnya
atau melindungi diri dengan bahaya(pakai pistol juga bisa sih)
bukan untuk nyelakai orang

tetapi pakai jimat so pasti berhubungan dg mahkluk halus lo


saya pikir jimat yg paling terutama adalah Pikiran sendiri!

sehubungan dgn 'mahkluk halus', juga berasal dr Pikiran sendiri!

ika.
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: savana_zhang on 12 May 2009, 10:08:35 AM
Quote from: coedabgf on 26 April 2009, 12:46:24 PM
koq kenapa tanggapannya bisa berbeda yah antara Patung Buddha keluar air mata dengan peristiwa relik dan bahkan jimat-jimat (dalam praktek kegiatan sehari-harinya)?
apakah karena kebenaran yang selama ini dinyatakan sebenarnya adalah keakuan (ada kelekatan/kegengsian berasal dari keakuan karena sudah menyatakan pendapat kebenaran sebelumnya tentang Nibanna dan tilakhana pada forum), seperti yang guru Buddha bilang :
'Jika hati makhluk hidup masih melekat pada ciri, maka mereka selalu terikat pada ciri yang membedakan keakuan, manusia, makhluk hidup, dan kehidupan.'
biarkanlah orang lain memberikan tanggapannya dan janganlah merancukannya
ingat jangan keluar dari topic lagi
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: masih belum tidur on 02 June 2012, 09:54:33 PM
selamat malam temen temen se dc,wa maw nanya sesuatu nih
kirakira benda apa saja yg bisa wa gunakan utk mendatangkan energi positif bagi rumah dan tempat usaha
saat ini wa memasang cermin ba qua dan menanam bambu kuning di rumah dan kantor
apakah temen temen ada yg pengalaman cara membuat benda berenergi positif penolak bala yah semacam amulet yg homemade gitu?
utk tujuan positif kok disamping membaca sutta/paritta perlindungan  :D
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: will_i_am on 02 June 2012, 11:22:22 PM
ada satu yang paling ampuh buat dijadikan pelindung, Kamma...

mungkin terdengar klise dan tidak memberikan jawaban yang memuaskan, tapi itulah kebenarannya.. :)
Title: Re: apakah penggunaan jimat itu boleh?
Post by: pengemis on 03 June 2012, 12:18:05 AM
Quote from: savana_zhang on 20 April 2009, 07:35:27 PM
                       Nah teman2 ada lagi nih
klo di luar jawa banyak masyarakat cina pd umumnya yang masih tradisional tp jg buddhis dimana mereka sering mempergunakan bao shen fu atau jimat
nah sekarang apa pendapat anda apakah pakai jimat itu berdosa atau tidak apa-apa?
                       catatan;
jimatnya digunakan buat melariskan usaha misalnya
atau melindungi diri dengan bahaya(pakai pistol juga bisa sih)
bukan untuk nyelakai orang

tetapi pakai jimat so pasti berhubungan dg mahkluk halus lo

ikut komen sobat...
Kalau ada Jimat yang bisa membuat manusia keluar dari samsara saya rasa sang Buddha sudah buatin buat kita... hehe,
atau jangan - jangan sudah dibuatin sang Buddha?

Jimat... saya ingin bertanya pada teman2
Menurut teman2 Kitab Tipitaka Jimat Bukan?(Jimat cuma beda ukuran) Jimat besar karena tulisan banyak...?
Tipitaka adalah jimat bagi saya karena selain tipitaka(yang menunjukkan keberadaan Buddha, dan dharma) dan sangha yang sesuai VINAYA, saya tidak tahu ada bukti otentik lain yang bisa memberi jalan keluar bagi penderitaan mahkluk sampai tuntas..
Itu pendapat saya hehe
        tapi kalau ada Jimat yang lebih bagus dari itu saya juga mao pake itu jimat..
Karena Ukuranya gede jadi ga praktis bawak2 itu jimat jadi di ingat
lalu boleh ga di ingat? ya lebih bagus dong bisa diingat hehe, jadi kapan waktu butuh kita cuma perlu mengingatnya kembali, misal dengan visualisi dalam pikiran, dalam tipitaka ini baris ini berisi itu dapat memberiku kekuatan menolak godaan..

lalu ada pendapat.. kita sebut saja salah satu jimat, (jimat A) saya tidak tahu jimat A ini tulisannya apa jadi boro2 ingat baca aja ga bisa... saya cuma tahu dari pembuat jimat A bawah gunanya untuk misal penglaris..
nah disini baru ada pertanyaan umum, boleh ga saya bawa jimat ini?
-boleh kalo jualan laris, hasil jualan kita pakai untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain(tanpa mengetahui kalau akibat kebahagiann itu membuat pihak yang menikmati jadi berbuat salah)
-lebih bole lagi kalau kita pakai untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain(dengan mengetahui kalau akibat kebahagiann itu membuat pihak yang menikmati jadi berbuat benar)
-sangat dianjurkan kalau kita pakai untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain(dengan mengetahui kalau akibat kebahagiann itu membuat pihak yang menikmati jadi berbuat benar sesuai dengan vinaya )
- tidak boleh kalau dipake untuk pamer, untuk merugikan orang lain, menurunkan moral kita, membuat orang iri, untuk meledakkan bumi dan bulan hahahaahaa

JIMAT hanya kata yang dipakai oleh kita untuk menggambarkan sesuatu atribut yang mempunyai nilai lebih dan sakral bagi pembuat dan pemakai, kalau dipikirkan lebih dalam, kata ini sangat luas maknanya... Sudah pernah liat jimat besar? macam2 bentuk jimat hahaha