Terima kasih atas penjelasan teman2.
Kalapa yg sy tanyakan ini berhubungan dg patisandhi.
sepertinya ada masalah istilah saja antara kalala n kalapa.
dlm kitab samyuktagama : kalapa adl tahap pertama dari embrio yg terjadi setelah 7 hari pembuahan.
mengapa dalam abhidhamma sehari2 by. ashin janakabhivamsa, penyelaras sayadaw u silananda hal 253:
bersama dg patisandhi citta n cetasika muncullah benih2 materi renik.
inilah yg disebut kalala ato cairan jernih.
cairan ini berbentuk sebuah tetesan, berukuran sangat kecil.
tetes kalala ini (tahap dini terbentuknya janin)
terbentuk dari kekuatan kamma perbuatan lampau.
kalala bukanlah air mani ataupun indung telur dari induk.
keduanya hanyalah pendukung kalala.
tetes kalala ini diibaratkan benih
mani n telur diibaratkan tanah persemaian ato rawa
kamma lampau adl petani
nah klo begitu ada ketidak selarasan dg kitab samyuktagama.
sy juga membaca buku mati di sini, hidup di sana by. b. aggacitta
yg sebagian penjelasannya dikutip dr a comprehensive manual of abhidhamma.
ini sy kutip sedikit dari hal 12-14
abhidhamma mengelompokan fenomena materi ke dlm unsur primer n skunder.
unsur primer disebut sebagai empat unsur pokok(mahabhuta) yg terdiri dari tanah,air,api,udara.
masing2 melambangkan kelunakan/kekerasan, ketidakterikatan/keterikatan, keadaan dingin/panas
dan gerakan/tekanan.
unsur skunder merupakan turunan dari (atau tergantung pada) ke4 unsur pokok, misalnya:
warna,suara,bau,rasa dan sensasi fisik.
4 unsur pokok merupakan dasar pembentukan materi dan tidak terpisahkan satu sama lain.
melalui berbagai kombinasi dg unsur turunan lainnya, mereka membentuk partikel elementer yg sangat
kecil disebut kalapa.
kalapa inilah yg merupakan dasar pembentukan semua materi, baik yg hidup maupun yg tidak hidup.
4 unsur pokok dan 4 turunnya: warna, bau, rasa, nutrisi selalu terikat bersama dan ada di dlm semua
objek materi, dari yg paling sederhana hingga yg paling komplek.
kalapa yg paling sederhana hanya terdiri dari 8 unsur ini, sedangkan yg paling kompleks terdiri dari
18 unsur.
setiap kalapa memiliki unsur 17 saat pikiran.
kalapa terbentuk dg 4 cara: kamma,citta,suhu(unsur api) dan nutrisi.
kamma menghasilkan kalapa pada setiap sub saat kemunculan pada citta kelahiran sampai dg saat pikiran ke17 yg mendahului citta kematian.
dengan pengecualiaan untuk citta kelahiran dan citta suatu pintu (yg ke2 nya merupakan citta hasil)
semua citta hasil dan citta funsional di alam inderawi akan menghasilkan kalapa.
hal 36
segera setelah citta kematian lenyap, maka muncullah cittakelahiran dlm suatu keberadaan (kehidupan)
baru-dengan objek yg sama dg yg ada pada proses kognitif terakhir dalam kehidupan sebelumnya
citta kelahiran ini merupakan citta hasil yg dihasilkan oleh kamma yg bertanggung jawab atas objek yg
tertangkap selama saat2 kesadaran terakhir yg menentukan sebelum kematian.
bersamaan dg kemunculannya, kamma yg sama ini menghasilkan kalapa2 yg memulai suatu reaksi
berantai dg menghasilkan lebih byk kalapa2 yg terbentuk dari nutrisi dan api internal, dan kemudian
melalui kombinasi dengan nutrisi dan api eksternal. sementara itu cita2 yg menyertai citta kelahiran
juga akan mulai menghasilakn kalapa2. semua ini pada akhirnya akan menghasilkan suatu kumpulan kalapa
yg rumit yg senantiasa muncul n hilang. kumpulan inilah yg dikenal sebagai janin atau tubuh spontan
suatu makluk baru(makluk neraka,hantu,deva ato brahma)
nah jelas klo dipenjelasan abhidhamma kalapa merupakan tahap dini pembentukan janin, bukan tahap pertama dari embrio yg terjadi setelah 7 hari pembuahan? jgn2 ada slh penterjemahan.
apakah org yg keguguran ada kemungkinan salah satu penyebabnya adl terjadinya pertemuan ovum n sperma tapi tanpa terbentuknya kalala n adanya kamma calon janin tersebut?
mohon penjelasannya ya, karena sy bingung maklum ga ngerti abhidhamma
terima kasih