//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pacar Beda Agama  (Read 236669 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.589
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #30 on: 13 July 2007, 08:35:38 PM »
belum perlu dipecah sptnya  ^-^
*soalnya msh pd sayang nyawa... takut dijitak cewe 1 truk* =))

Ampun ma2 LB..  =)) Hehehe.. cewek 1 truk di bawah komando Jendral LB.. Seram booo..  >:D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #31 on: 13 July 2007, 09:46:54 PM »
Wah ternyata ada yang senasib nih sm saya.  >:)<
Kalau saya sih memberikan pandangan benar kepada dia, dan juga memberitahukan apa yang dipandang oleh agama dia bahwa Agama Buddha itu sesat/apa lah itu tidak benar.
sedikit demi sedikit apabila ada pengertian maka sebenarnya agama itu hanyalah bentuk pengkastaan yang di buat manusia yang harus di luruskan sehingga jangan sampai ada ganjalan2 yang nantinya akan menyulut pertengkaran2 mengatasnamakan agama.
« Last Edit: 13 July 2007, 09:57:48 PM by Sumedho »
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #32 on: 13 July 2007, 10:54:08 PM »
Bwakakakakakak...

ampe kemana" ngomongnya...

nah gw baca kan tadi ada yang bilang wanita mengandalkan perasaan... ini mank bener... (no offense to females  ;D) makanya susah" banget diajak berpikir logis...

apalagi soal doa itu... kalo seperti saran Morpheus, gw kasi tau gw 'doain' dia, n kalo ngefek, dah ketebak dia bakal bilang apa... Her god answered my pray... pasti   :-\

gw pengen nanya neh, jika dia sefanatik sekarang, apakah di kehidupan berikutnya dia berkesempatan mengenal Dhamma?



OOT dikit:
kk Hedi n Menyan mank hebat semangatnya... gw jadi salut... gw aja mulai benar" kenal Dhamma sejak 2004... dah baru sejak tahun ini saja gw mulai mencoba lebih banyak belajar dan memperdalamnya... waktu diantara 2004 sampe sekarang gw pake buat ehipasiko ajaran Buddha sendiri :P cuz gw basically dari keluarga konghucu, tapi disekolahkan di sekolah kr****n sejak tk sampe smp... bisa dibilang saya tau lebih banyak tenatng kr****n daripada Dhamma sendiri... makanya agak takut waktu pertama kali kenal Dhamma...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #33 on: 13 July 2007, 11:00:06 PM »
Bwakakakakakak...

ampe kemana" ngomongnya...

nah gw baca kan tadi ada yang bilang wanita mengandalkan perasaan... ini mank bener... (no offense to females  ;D) makanya susah" banget diajak berpikir logis...

apalagi soal doa itu... kalo seperti saran Morpheus, gw kasi tau gw 'doain' dia, n kalo ngefek, dah ketebak dia bakal bilang apa... Her god answered my pray... pasti   :-\

gw pengen nanya neh, jika dia sefanatik sekarang, apakah di kehidupan berikutnya dia berkesempatan mengenal Dhamma?



OOT dikit:
kk Hedi n Menyan mank hebat semangatnya... gw jadi salut... gw aja mulai benar" kenal Dhamma sejak 2004... dah baru sejak tahun ini saja gw mulai mencoba lebih banyak belajar dan memperdalamnya... waktu diantara 2004 sampe sekarang gw pake buat ehipasiko ajaran Buddha sendiri :P cuz gw basically dari keluarga konghucu, tapi disekolahkan di sekolah kr****n sejak tk sampe smp... bisa dibilang saya tau lebih banyak tenatng kr****n daripada Dhamma sendiri... makanya agak takut waktu pertama kali kenal Dhamma...


Memang benar bahkan kalau mau tahu Yang udah Kuat Kaya Beth*** / Udah Kemasukan Roh Tuhan sudah susah diterangin Dhamma/ kagak akan masuk.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #34 on: 13 July 2007, 11:12:01 PM »
Jangankan yang udah kuat n bisa bahasa roh segala bro...

ni cewe gw termasuk yang belum gitu kuat aja dah susah...

btw gw dah pikir"...

kayanya start dari diri gw sendiri dulu deh... gw belajar coba selalu nerapin Dhamma dalam kehidupan sehari"... sehingga semua sifat dan sikap buruk gw bisa ilang... mungkin dengan ngeliat operubahan dalam diri gw, dia bisa berpikir "apa yang udah diajarin dalam buddha sehingga dia bisa berubah gitu"... dengan begitu mungkin dia akan tertarik melihat apa itu Buddhisme, apa itu Dhamma...

any suggestion(s)?

 ;D

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #35 on: 14 July 2007, 12:01:48 AM »
Justru dari yang saya alami kebanyakan teman saya yang Buddhist Ce nya Krist emang susah diberi pengertiannya karena udah di cuci otak kali ya???
Katanya takut di hukum sama Tuhan lah, takut masuk neraka lah dll.
 :) :) :)
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #36 on: 14 July 2007, 12:04:58 AM »
Bahkan ce saya di vonis sama gerejanya supaya milih mao pilih Gereja ato co lu eh dia milih gw, jd di pecat dah ama gerejanya, trus dia pindah ke GKI ya lumayan lah ada sedikit perubahan walaupun tidak banyak tapi lebih baik daripada Gereja yang terlalu banyak aturan dan mengatur umatnya sampai sedemikian ketat.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #37 on: 14 July 2007, 01:03:55 AM »
hahaha... mau co mau ce sama aja bakal susah... bukan cuci otak, mereka ditakut"i dengan sosok tuhan mereka itu... mau gimana lagi... sepertinya sangat sulit memasukkan konsep tuhan dalam Buddhisme ke dalam pikiran mereka... yang beginian kudu dibuktiin sendiri... sama kaya gw dulu... mungkin mereka merasa takut, sangat takut malah dengan tuhan mereka.. berbuat dosa aja bisa dilempar ke neraka, apalagi berkhianat...

ada kisah nyata seperti ini :
setelah pacaran bertahun", si co ngaku ke si ce kalo dia pacaran dulu karna terpaksa... hanya karena taruhan ma temen... si cewe ga sedih... cuma bilang, "oh yauda kalo gitu. jadi sekarang gimana?". si co bingung kenapa si cewe ga sedih... si cewe jawab, "Buddha ngajarin buat tidak melekat"... si co kaget dan penasaran apa sih sebenarnya yang Buddha ajarin sampe si cewe bisa bertahan dan kuat dalam kondisi seperti itu... akhirnya si co minjem satu buku Buddhisme si cewe buat dibaca...

mungkin gw mau pake cara kaya kisah ini... yah... tunggu aja deh, kalo ada kondisi, baru bisa muncul... tunggu aja si kondisi muncul...  :P

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #38 on: 14 July 2007, 01:08:13 AM »
Bahkan ce saya di vonis sama gerejanya supaya milih mao pilih Gereja ato co lu eh dia milih gw, jd di pecat dah ama gerejanya, trus dia pindah ke GKI ya lumayan lah ada sedikit perubahan walaupun tidak banyak tapi lebih baik daripada Gereja yang terlalu banyak aturan dan mengatur umatnya sampai sedemikian ketat.

cewe gw juga pernah bilang di gerejanya dikasi khotbah tentang pacaran harus seiman...
gw heran dia yang rada fanatik gitu, tapi bisa gak kemakan sama khotbah ini... inilah salah satu alasan gw ga bisa ngelepas dia, n gw liat ada sedikit celah buat masukin Dhamma ke dia...
gw terlalu melekat sebenarnya... mau gimana lagi... alasan gw melekat karena dia melekat ke gw... kalo gw ga melekat ke dia, dia pasti bakal sakit hati, sedih, dan mikir yang macem"... makanya kudu kenalin Dhamma ke dia supaya sama" bisa tidak melekat...  :P

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #39 on: 14 July 2007, 08:00:26 AM »
Jangankan yang udah kuat n bisa bahasa roh segala bro...

ni cewe gw termasuk yang belum gitu kuat aja dah susah...

btw gw dah pikir"...

kayanya start dari diri gw sendiri dulu deh... gw belajar coba selalu nerapin Dhamma dalam kehidupan sehari"... sehingga semua sifat dan sikap buruk gw bisa ilang... mungkin dengan ngeliat operubahan dalam diri gw, dia bisa berpikir "apa yang udah diajarin dalam buddha sehingga dia bisa berubah gitu"... dengan begitu mungkin dia akan tertarik melihat apa itu Buddhisme, apa itu Dhamma...

any suggestion(s)?

 ;D

Sangat setuju Bro 7th. Kalau misalnya dia tidak berubah juga setidaknya kita juga tidak akan rugi, perubahan dan praktek Dhamma kita tidak akan sia-sia jg.
There is no place like 127.0.0.1

Offline davit_c

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 108
  • Reputasi: 2
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #40 on: 14 July 2007, 08:03:34 AM »
Salam kenal semuanya...  _/\_

first post nih :)

Wah, bro 7th kasusnya sama persis kyk gw... kecuali soal khotbah "pilih mana gereja ato conya" :D
 
mohon bantuan masukkan rekan2 di forum ini :)

klo cara gw, selain berusaha menerapkan dhamma dalam diri sendiri, gw juga mencoba mengenalkan dhamma sama dia... n satu hal lagi (untuk hal yg ini gw agak ragu apa yg gw lakukan ini salah ato nggak), gw bilang sama dia klo gw punya keinginan supaya dia pun tau apa yg menjadi keyakinan gw, selain gw tau apa keyakinan gw (btw, gw sama dia tuh satu sekolah waktu sd dan smp, di sekolah ka****k... wkt sma dia di sekolah di sekolah ka****k sedangkan gw di sekolah kr****n.. jd gw yakin klo gw tuh dah tau banyak ttg kr****n n ka****k)... n gw juga berpandangan dia mengenal buddhist dari sisi buddhist tradisi (konghucu), makanya gw pengen dia tau apa keyakinan gw, n salah satu caranya gw kasi pinjam dia buku "good question good answer", yg mungkin bisa kasi sedikit pengertian ttg dhamma dan ajaran Buddha...

mohon saran n tanggapan dari rekan2 :)  _/\_

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.589
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #41 on: 14 July 2007, 08:16:02 AM »
Salam kenal semuanya...  _/\_

first post nih :)

Wah, bro 7th kasusnya sama persis kyk gw... kecuali soal khotbah "pilih mana gereja ato conya" :D
 
mohon bantuan masukkan rekan2 di forum ini :)

klo cara gw, selain berusaha menerapkan dhamma dalam diri sendiri, gw juga mencoba mengenalkan dhamma sama dia... n satu hal lagi (untuk hal yg ini gw agak ragu apa yg gw lakukan ini salah ato nggak), gw bilang sama dia klo gw punya keinginan supaya dia pun tau apa yg menjadi keyakinan gw, selain gw tau apa keyakinan gw (btw, gw sama dia tuh satu sekolah waktu sd dan smp, di sekolah ka****k... wkt sma dia di sekolah di sekolah ka****k sedangkan gw di sekolah kr****n.. jd gw yakin klo gw tuh dah tau banyak ttg kr****n n ka****k)... n gw juga berpandangan dia mengenal buddhist dari sisi buddhist tradisi (konghucu), makanya gw pengen dia tau apa keyakinan gw, n salah satu caranya gw kasi pinjam dia buku "good question good answer", yg mungkin bisa kasi sedikit pengertian ttg dhamma dan ajaran Buddha...

mohon saran n tanggapan dari rekan2 :)  _/\_

Hoho.. Masih untung dikasih pinjem buku Good Question Good Answer.. Sempat kasih pinjam buku "Beyond Belief" bisa perang dunia nanti..

Pendapat saya :
Langkah Anda sudah bagus. Jika dia belum menemukan jati dirinya (agama yang dia pilih a.k.a masih ikut orang tua/orang yang berpengaruh dalam hidupnya). Kenalkanlah dia dengan agama Buddha. dan selanjutnya biarkan dia sendiri yang memilih. Apakah tetap di agama K atau hijrah agama Buddha.
Dan Anda harus menghargai keputusan yang dia buat.

Sukses untuk Anda dan si Doi.. ;D
 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline davit_c

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 108
  • Reputasi: 2
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #42 on: 14 July 2007, 08:56:39 AM »
Hoho.. Masih untung dikasih pinjem buku Good Question Good Answer.. Sempat kasih pinjam buku "Beyond Belief" bisa perang dunia nanti..
hehehe... kalau buku "Beyond Belief" menurut gw terlalu blak-blakan... :P rasanya buku itu cuma pantas diberikan sama org yg keras kepala kalau ajaran lain salah dan hanya ajarannya yg benar ;D

Pendapat saya :
Langkah Anda sudah bagus. Jika dia belum menemukan jati dirinya (agama yang dia pilih a.k.a masih ikut orang tua/orang yang berpengaruh dalam hidupnya). Kenalkanlah dia dengan agama Buddha. dan selanjutnya biarkan dia sendiri yang memilih. Apakah tetap di agama K atau hijrah agama Buddha.
Dan Anda harus menghargai keputusan yang dia buat.

Sukses untuk Anda dan si Doi.. ;D
 
Sebenarnya dia berada di keluarga buddhist, yg menurut gw hanya mengenal buddhist tradisi n ritual2 keagamaan buddhist saja... dikeluarganya dia satu2nya yg beragama ka****k, sedangkan cici n kakak2nya ada yg buddhist dan ada yg kr****n... dia juga pernah bilang kalau dia dulu itu buddhist wkt masi kecil n dia dah hijrah ke ka****k n gak mungkin hijrah lagi... kita juga dah sama2 sepakat kita bisa jalanin keyakinan masing2 n bisa menerima keyakinan masing2... sampai disini memang gak ada masalah... cuma ada beberapa keraguan ttg apakah akan bisa selalu gak ada masalah... misalnya jika dah menikah dan punya anak, gimana cara mengajarkan anak soal apa keyakinan dan hal2 lainnya yg diperlukan untuk perkembangan mental si anak di masa depan...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.589
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #43 on: 14 July 2007, 09:36:43 AM »
Hoho.. Masih untung dikasih pinjem buku Good Question Good Answer.. Sempat kasih pinjam buku "Beyond Belief" bisa perang dunia nanti..
hehehe... kalau buku "Beyond Belief" menurut gw terlalu blak-blakan... :P rasanya buku itu cuma pantas diberikan sama org yg keras kepala kalau ajaran lain salah dan hanya ajarannya yg benar ;D

Pendapat saya :
Langkah Anda sudah bagus. Jika dia belum menemukan jati dirinya (agama yang dia pilih a.k.a masih ikut orang tua/orang yang berpengaruh dalam hidupnya). Kenalkanlah dia dengan agama Buddha. dan selanjutnya biarkan dia sendiri yang memilih. Apakah tetap di agama K atau hijrah agama Buddha.
Dan Anda harus menghargai keputusan yang dia buat.

Sukses untuk Anda dan si Doi.. ;D
 
Sebenarnya dia berada di keluarga buddhist, yg menurut gw hanya mengenal buddhist tradisi n ritual2 keagamaan buddhist saja... dikeluarganya dia satu2nya yg beragama ka****k, sedangkan cici n kakak2nya ada yg buddhist dan ada yg kr****n... dia juga pernah bilang kalau dia dulu itu buddhist wkt masi kecil n dia dah hijrah ke ka****k n gak mungkin hijrah lagi... kita juga dah sama2 sepakat kita bisa jalanin keyakinan masing2 n bisa menerima keyakinan masing2... sampai disini memang gak ada masalah... cuma ada beberapa keraguan ttg apakah akan bisa selalu gak ada masalah... misalnya jika dah menikah dan punya anak, gimana cara mengajarkan anak soal apa keyakinan dan hal2 lainnya yg diperlukan untuk perkembangan mental si anak di masa depan...

Menurut saya, jika memang kedua belah pihak (Anda, Doi, dan kedua keluarga) sudah setuju.
Anda sudah boleh membicarakan bagaimana bagusnya mengenai masa depan.
Bagaimana mengenai anak, dst.

Biasanya pasangan yang beda agama cenderung mengajarkan kedua agama dan membiarkan anaknya memilih
Mana yang paling cocok dengan dia..

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pacar Beda Agama
« Reply #44 on: 14 July 2007, 10:14:54 AM »
Oh iya kalau misalkan Mengajak dan memberitahukan dharma apa nanti tidak akan dibilang "Membuddhakan" orang nih?
Kaya agama sebelah juga bukankah sama cara2nya?, banyak sekali teman saya yang Buddhistnya Kuat tapi tetap aja kalah akhirnya dia ngikut pasangannya pindah agama.
Mungkin karena ajaran Sang Buddha terlalu lunak yah jadi ke umatnya gampang sekali terpengaruh ajaran lain/kecantol ama Cinta he he he he...
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

 

anything