//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - bond

Pages: 1 ... 5 6 7 8 9 10 11 [12] 13 14 15 16 17 18 19 ... 231
166
mangnya bhante Pa Auk Sayadaw vegetarian ya?


Yup

167
Untuk besok selasa pagi tgl 26 Apr, bagi yg ingin berdana makan pagi kepada Pa Auk Sayadaw dan 3 bhikkhu lainnya, silakan datang membawa makanan tanpa daging dan telur jam 5.00 pagi ke Vihara Pluit Dharma Sukha, Tel:6602725, dimana makannya jam 05.30 dan jam 06.30 beliau segera berangkat ke airport utk menuju ke Medan.


NB:
Untuk acara Dhamma Talk hari ini Senin, 25 April 2011
pkl. 18.30 - 21.00 WIB di vihara Padumutara (lihat page 1) akan diutamakan Tanya jawab mengenai meditasi. Jadi bagi yang ingin bertanya gunakanlah kesempatan ini.


Mettacittena,
Charles Hardono

168
Diskusi Umum / Re: Mengapa Asin Jinarakkhita Memelihata Jenggot?
« on: 25 April 2011, 03:14:39 PM »
menurut apa yg saya tangkap jg gt, maksud NPWP kalo Bhante Asin itu termasuk salah satu dr 4 tingkatan tersebut, maksud terlepas disini, dia nga mengetahui apakah itu sotapana, sakadagami, anagami atau arahat. so diantaranya gt.

Gue aja ngerti... ^-^ yang ngak ngerti biasa pake bahasa taliban  kale...

169
 Tgl 26 Apr jam 19.00 Wib akan diadakan Dhamma Talk oleh Pa auk Sayadaw di ITBC.

Tgl 27 April umat boleh dana sarapan pagi jam 6.00 dan makan siang jam 10.30 utk Pa auk sayadaw dan 10 Bhikkhu di Royal Sumatera jln. Doritis no. 196.

Tgl 27 April - 5 Mei diadakan retret oleh Sayadaw Pannanda(murid Paauk Sayadaw) di Vhr. Saddhana, Sidikalang. utk info n pendaftaran hub. 0811618726 (anto) atau 08163170885 (elina).

Semoga bermanfaat bagi kita semua, sadhu3x

171
dari bali? serius?

Serius dong...tapi maksud Samaneri bukan  ke padumutara he..he

172
Topiknya apa yak?

Tidak tahu.  Biasanya sih seputar meditasi dan penembusan 4km dan 8 jmb

173
kapan berangkat kesana?

mettacittena,
Tunggu tanggal mainnya he..he

174
DHAMMATALK di Vihara Padumuttara, Ps.Lama, Tangerang.

Senin, 25 April'11. jam 18.30 -21.00.

Bersama: Pa Auk Sayadaw.

Be Happy in Dhamma


Metta. _/\_

175
Quote
Profesi yang menghalalkan main sama pelacur tidak melanggar sila. :))

sama biksu bergitar lebih mulia mana?

Kelihatannya sama mulianya. :whistle:


176
Quote
nah profesi apakah yang lebih mulia dari pelacur, dilihat dari segi mana? dari luar atau dari dalam?

Profesi yang menghalalkan main sama pelacur tidak melanggar sila. :))

177
Jangan-jangan yang menanggap main sama pelacur tidak melanggar sila sepanjang itu tidak tertulis di tipitaka(ini sih cari pembenaran saja) suka jajan di tempat prostitusi =)), dan mungkin PSKnya ditanya kamu sudah kawin belum? atau masih dalam perlindungan ortu or saudara ngak? kalau semua jawabannya tidak dan si hidung belangnya masih single, langsung hajar bleh =)).

178
kalau saya pribadi berpendapat bahwa prostitusi tidak melanggar sila ketiga, selama syarat2 yang disebutkan di Tipitaka atau kitab-kitab komentar tidak dilanggar. selain itu, bagi saya pribadi prostitusi yang baik mungkin lebih baik bagi si pekerja, daripada orang bisnis biasa yang gak punya etika dan merugikan banyak orang.
dan gak lebih baik dari yang bisnis biasa tapi pake model-model cantik sexy buat iklannya.

Pandangan sesat nih...= miccha ditthi  :-?
 tidak sesuai dengan Ajaran Sang Buddha/Buddha Dhamma

179
Diskusi Umum / Re: Sayembara mencari kelemahan Tipitaka
« on: 18 April 2011, 05:25:25 PM »
Sayembara belut =))

180
Meditasi / Re: Vipassana Jhana
« on: 16 April 2011, 08:11:57 AM »
Sebenarnya bila dari Lineage Luangpu Mun Bhuridata  dimana beberapa muridnya yang terkenal seperti Ajahn Chah, Ajahn Kao Analayo, Luangta Mahaboowa , Ajahn Tet Desarangsi, Ajahn Lee Dhammadaro diantaranya memang pernah mengatakan tanpa absorbsi/ jhana memang bisa bervipasana dengan mengandalkan panna dan yang dimaksud disini adalah masuk ke upacara samadhi terlebih dahulu baru bervipasana tanpa melalui jhana jadi bukan melalui khanika samadhi. Oleh karena itu Mahasi sayadaw mengatakan bisa melalui khanika Samadhi karena kekuatannya setara dengan upacara samadhi(konsentrasi akses). Sehingga perlu dipahami bahwa vipasanna murni tidak melulu/selalu melalui khanika samadhi tetapi upacara samadhi jika tanpa jhana.  Jadi kalau bhikkhu hutan yang benar-benar mengikuti teknik dari Luangpu Mun Bhuridata tanpa jhana sudah pasti upacara samadhi bukan khanika samadhi kecuali ganti guru dan teknik.
Dan ketika masuk upacara samadhi sebenarnya banyak fenomena yang bisa muncul disana lebih jelas.

Jadi pernyataan Ajhan Chah bisa bervipasana tanpa masuk jhana bukan dari khanika samadhi tapi upacara samadhi.

Demikian Paauk sayadaw juga mengatakan bahwa di upacara samadhi bisa melakukan vipasana tanpa harus melalui jhana.

Persamaanya antara upacara samadhi dan khanika samadhi yaitu pada level tertentu khanika samadhi (level tertentu) bisa melihat jelas muncul lenyap fenomena sama seperti upacara samadhi.

Perbedaanya pada latihan upacara samadhi pada tahap awal yogi harus memasuki tahap upacara samadhi tersebut dan fenomena/nimitta yang muncul akan disadari saja sebagaimana adanya sebelum masuk upacara samadhi yogi hanya berpaku pada objek yang dipilih. Dan ia harus mahir dalam keluar masuk upacara samadhi. Sementara mereka yang melalui khanika samadhi , yogi langsung mengamati fenomena dengan objek jangkar sementara(bisa anapanasati /kembang kempis perut). Pada tahap awal yogi hanya bisa menyadari dengan bantuan mencatat tetapi semua fenomena yang muncul tidak jelas sekali sehingga persepsi disana bermain apabila ada pencatatan dalam batin. Jika fenomena menjadi semakin jelas dan pencatatan dalam batin tidak ada lagi hanya "sadar/tahu" saja itu fenomena muncul dan lenyap(jelas) maka perlahan persepsi mulai tidak ada lagi.

Mengenai jhana apakah harus ada nimitta atau tidak , jawabannya adalah jhana tidak harus muncul nimitta tetapi kejadian mereka yang memasuki jhana tanpa nimita sangat-sangat sedikit sekali. Oleh karena itu untuk memastikan itu jhana atau tidak adalah dengan menganalisa faktor2 jhana setelah keluar dari jhana di upacara samadhi dengan kekuatan atau gema jhana.

Pages: 1 ... 5 6 7 8 9 10 11 [12] 13 14 15 16 17 18 19 ... 231